Seputar COMBI BRAKE…..Ciiiit!!!

Apa-an sih Combi Brake itu?

Combi Brake adalah suatu teknologi mekanis untuk mendistribusikan kekuatan pengereman antara roda depan dan roda belakang dengan hanya menekan satu tuas rem sebelah kiri saja.

Dengan teknologi Combi Brake ini, sepeda motor akan berhenti dengan jarak pengereman yang lebih pendek secara lebih maksimal dengan pengereman yang merata pada kedua roda depan dan belakang secara bersama-sama. Intinya Bobot kekuatan pengereman akan terbagi secara otomatis antara  roda depan dan belakang sesuai kebutuhan pengereman pada motor.

Nah Combi Brake ini sangat cocok digunakan oleh pengendara pemula maupun kaum hawa. Dimana dengan adanya teknologi Combi Brake ini akan membantu pengendara pemula untuk melakukan pengereman layaknya pengendara motor yang sudah Pro. Combi Brake akan mengambil alih kemampuan pengendara yang pro pada saat melakukan distribusi pengereman pada roda depan dan belakang, sehingga pengendara pemula-pun akan sangat terbantu oleh Combi Brake.

Bagaimana cara Combi Brake bekerja ?

Ketika tuas rem kiri (1) ditekan, maka equalizer gaya akan bekerja untuk mendistribusikan tenaga tekanan tadi menjadi dua; yang satu menuju rem pada roda belakang (2) yang satunya lagi menuju ke tuas ungkit (3) untuk menekan knocker yang akan menekan piston hidrolik (4) yang tentu saja akan bereaksi untuk mengaktifkan rem cakram depan. Pada proses ini power pengereman akan terbagi secara otomatis pada kedua roda depan dan belakang.

Nah Intinya justru ada di mekanisme Equalizer yang akan mendistribusikan gaya berdasarkan momen gaya akibat adanya perbedaan panjang lengan tuas kabel di equlizer.

Dengan segala kelebihan Combi Brake tadi, apakah lantas Combi Brake sangat ampuh dan tidak memiliki kekurangan sama sekali? tentu saja tetap ada kelemahannya, yaitu penyetelan rem belakang (drum brake) yang harus bener-benar PAS agar Combi Brake dapat benar-benar bekerja dengan baik.

Nah, jika di Thailand motor Matic Honda sudah menggunakan Combi Brake mengapa justru motor Matic Honda Indonesia tidak ada yang mengadopsi sistem yang bagus ini?

Apa alasan AHM melepas fitur ini pada motor Matic Honda yang beredar di Indonesia? Pertama mungkin alasan menekan harga. Kedua mungkin AHM menganggap biker-biker di Indonesia sudah dianggap canggih dan Pro, jadi gak perlu lagi perlindungan sistem pengereman yang canggih ini lagi.

Kalau masih belum puas dengan kedua jawaban di atas, mari kita bikin Combi Brake sendiri aja setelah tahu cara kerjanya. gampang kok!!! Bahkan bisa diterapin di Vario, Beat, maupun product matic di luar Honda macam Mio, Soul, Spin dan Sky-Wave.

Uhuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuy!!!


About these ads

19 responses to “Seputar COMBI BRAKE…..Ciiiit!!!

  1. yah, namanya juga rajanya matic. pasti yang PERTAMAXXX

  2. setuju bro, kalo pake combi brake pasti akan lebih aman. harusnya semua matic yang baru mengadopsi fitur ini, karena sangat bermanfaat bagi konsumen.
    Sukses buat komunitas matic dimanapun anda berada, dan motor matic apapun yang anda kendarai, salam dari sang rajanya matic!

  3. gurunya einstein

    @ komeng

    menurut saya, combi brake ini cukup berbahaya karena kalau penyetelan rem belakang sangat tidak pas, maka gaya berupa penekanan yang diberikan kepada tuas rem akan terbagi secara tidak merata (akan lebih terfokus pada rem roda depan). kalau kondisi jalan sedang licin, maka pengereman yang bertumpu pada roda depan akan menyebabkan motor menjadi selip dan sangat mungkin akan mengalami kecelakaan. bagaimana?

  4. @einstein
    Menurut ane sih gak sampe segitunya Bro.
    Bukankah di atas Bro K0meng sudah jelasin kelemahan fitur ini. Tapi gak sampe sebahaya itulah, ane gak setuju ama ente punya pendapat!

    Justru dengan equlizer, gaya yang bekerja pada tuas tekan tidak akan pernah terbagi dengan rata, gaya yang ada justru akan terdistribusi tidak merata sesuai dengan kebutuhan, lihat saja panjang lengan momen pada gambar peraga tidak sama panjang. Tentu saja momen gaya yang bekerja tidak akan pernah sama bukan?

    Nah kalo rem belakang tidak pas, alias agak blong, secara mekanis equalizer akan menekan piston rem depan dengan lembut, karena equalizer akan mluntir menuju kabel rem depan yang menarik pelatuk tuas piston.

    Yah ini mungkin maksud Bro Komeng, dimana kalo penyetelan rem belakang tidak pas, unjuk kerja rem depan juga akan terpengaruh, sama-sama kurang pakem dan distribusi gaya sedikit berubah kotribusinya.

    Walaupun distribusi gaya sedikit terpengaruh kontribusinya karena equalizer yang mluntir (panjang lengan momen sedikit berubah) tapi pengaruhnya gak sedasyat perkiraan Bro Einstein gitu lho. Justru sebaliknya dengan posisi mluntirnya itu saat rem belakang tidak pakem, justru pembebanan rem secara mekanis otomatis akan lebih terfokus ke rem belakang. Sehingga rem belakang akan dipaksa untuk bekerja extra biar lebih pakem dikit.
    Lho kok jadi panjang gini….sorry Bro Komeng, ane gatel ingin jawab einstein, eh gurunya einstein yang gak pernah belajar Fisika Mekanika-Dinamika ini….!

  5. @gurunya
    tuch udah dijawab lengkap dan jelas oleh Bro Dash.

    @Dash
    Mantafff, Uhuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuy!!!

  6. Bukti teknologi Honda yang paling maju sedunia, yang lain gak punya.

  7. @ Bro Dash dan Bro Komeng..

    mungkin yang dimaksut ama gurunya einstein adalah, bagaimana kalau kasusnya karena antara kampas rem depan dan belakang tidak sama, dalam artian kampas rem belakang lebih tipis ( bukan karena settingan rem )…???

    sorry bro, masalahnya ane juga pingin tau nih…???

  8. @plenyun
    Bro Plenyun jangan kawatir, seperti yang telah dijelaskan oleh Bro Dash, saya juga mengamini bahwa;

    Bila ketebalan kampas rem depan atau belakang tidak sama, misalnya yang belakang jauh lebih tipis maka secara mekanis equalizer akan menyeimbangkan pembagian distribusi gaya baik ke kabel 2 maupun 3 (liat bagan di atas) sesuai dengan kebutuhannya masing-masing.

    Jika kampas rem belakang jauh lebih tipis, ya gak masalah karena secara otomatis equalizer akan mluntir ke arah kabel 3 sehingga menarik kabel 2 (tuas rem belakang) lebih banyak dari pada menarik kabel 3 yang akan menekan piston rem depan dengan sistem pengungkit knocker.

    Uhuuuuuuuuuuuuuuuuy !!!

  9. gurunya_eintein

    @ komeng, n bro – bro semua

    MINAL AIDIN WALFA IDZIN

    MOHON MAAF LAHIR DAN BATHIN

  10. iya iya emang honda paling uhuuy dah…secara setelah selesai perang dunia 2 honda bisa bikin motor dari mesin2 sisa perang.

    MINAL AIDIN WALFA IDZIN

    MOHON MAAF LAHIR DAN BATHIN

    UNTUK SEMUANYA JUGA YA..MA..HA..

  11. @ semua nya

    Minal Aidin Walfa Idzin,
    Mohon maaf lahir dan bathin,

    semoga bro – bro semua semakin Uhuuuuuuuuuuuuuuuuy !!!

  12. gurunya einstein

    @ dash!

    tengkyu bro buat penjelasannya.

    Jadi dengan adanya combi brake ini justru gaya yang diterima oleh masing2 tuas piston akan berbeda sesuai dengan kebutuhan, sehingga seumpama rem belakang agak blong, maka justru rem belakang ini akan mendapat gaya lebih besar, agar rem belakang ini dapat bekerja extra sehingga dapat memberikan perlambatan yang hampir equal dengan rem depan. kira – kira begini ya bro? betul gak bro?

    mohon petunjuk om komeng juga.

  13. Minal Aidin Wal Faidzin

  14. Hati2 klo ngerem xixixi….

  15. ini salah satu tekno yg sangan brmnfaat bnget..
    tp kl kmpas rem blkang dah habis n dah wktunya gnti gmn?msak msh mau dpksa buat krja lbh keras daripada rem depan?kl dah habis y segera dgnti bro…

  16. coba aja kalo combi brake ini bisa dipasang jangan cuma di motor matic..
    hihi~

  17. met siang,
    mau tanya nih, saya punya vario 2008, bisa ga dipasangin combi brake kayak punya vario techno? kira2 di bengkel ahass udah bisa? berapa duit total biayanya?
    thanx banget atas infonya

  18. Sekarang ud ada ya combii break di vario techno,tapi apa ada kekurangannya?
    Contohnya klo penyetelan timing pengereman rem depan dan rem belakang yang tak sesuai,saya pikir klo ngerem mendadak terus rem depan duluan yg aktif tetep aja bisa kepeleset ato ngejungkel ke depan khan ya.
    Atau ada yang bisa ngejelasin?tolong dong yang tau bisa bantu

    Bisa kirim ke 2hard4remember@gmail.com atau bahas disini aja

  19. motic ane skywave bung share info ubah pake comby system tks

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s