Spesifikasi dan Keunggulan mesin Honda Blade 110R

Kali ini Gue harus mengakui, Honda Blade 110R ini memang benar-benar bebek Honda yang revolusioner. Model baru ini ditunjang dengan type engine yang memang benar-benar baru dengan desain mesin yang up to date alias modern, bahkan konsep mesinnya adalah efisien. Baik secara performa maupun proses manufakturingnya. Oke kita lihat spesifikasinya terlebih dahulu:

mesin belah blade 110r.jpg

SPESIFIKASI TEKNIK BLADE 110R
Tipe mesin                          : 4 langkah SOHC
Pendingin                           : Udara
Diameter x stroke           : 50 x 55,6 mm
Displacement                    : 109,1 cc
Tenaga maksimum          : 8,66 dk/7000 rpm
Torsi                                      : 8,42 Nm/5.500 rpm
Kompresi rasio                  : 9 : 1
Karburator                          : Keihin venturi 17
Kopling                                 : Basah, diafragma & sentrifugal
Pengapian                            : DC CDI

Dengan rancang bangun mesin yang memiliki konsep efisiensi baik secara performance maupun efisien pada tahap produksi, maka beberapa part-engine ini dirancang khusus. Diharapkan mesin rancangan baru ini akan memiliki efisiensi mesin yang tinggi dalam artian performa handal dengan input yang minim, input disini berarti juga konsumsi bahan bakar yang rendah / irit.

Untuk mendapatkan mesin  yang memiliki efisiensi mesin yang tinggi/baik ini, hal paling dasar yang diperhatikan Enginier Honda Japan (mesin type baru ini dirancang langsung dari Jepang) adalah bagaimana menekan gaya gesek yang ada pada mesin motor. Beberapa cara dilakukan untuk mengurangi friksi yang terjadi pada beberapa komponen mesin yang selalu bergerak dengan kecepatan tinggi.

Nah coba kita ulas satu per-satu, oke;

ROLLER ROCKER ARM

bedah-blade-a1-3

Head cylinder dengan tutup lebar untuk mempermudah penyetelan  valve, sudah seperti pada Vario atau Beat. Untuk mengurangi gesekan antara kem dengan pelatuk, rocker-arm sudah dipasangi roller seperti pada Yamaha Jupiter MX. Dengan adanya roller tadi maka gesekan yang terjadi antara noken as dengan pelatuk rocker-arm akan berkurang.Sehingga terjadilah efisiensi mekanis atau minimalisasi gesekan/friksi. Dengan berkurangnya gesekan, mesin semakin enteng berputar, tenaga lebih besar, konsumsi bahan bakar lebih irit dan yang pasti panas di sektor ini akan berkurang jauh, itulah sebabnya tidak perlu lagi adanya sirip-sirip pendingin pada bagian head cylinder ini. Sistem roller rocker-arm ini juga bikin buka-tutup klep lebih presisi, sehingga kompresi real pada dapur pacu akan maksimal. Inilah yang menyebabkan tenaga/performa mesin yang besar.

PISTON PENDEK & RINGAN

Piston dibuat lebih  ringan. Caranya panjang piston dibuat lebih pendek. Persis seperti desain piston Honda Beat. Jadi, bidang gesekan akan semakin sempit dan otomatis gesekan antara dinding silinder dan dinding piston akan berkurang banyak.

Untuk memperingan gesekan pin piston dibikin offset. Artinya posisi pin piston tidak di tengah-tengah diameter piston. Namun digeser sedikit supaya gaya resultan piston yang menekan stang piston tidak langsung tepat mengenai pusat crankshaft. Alhasil putaran crankshaft akan lembut dan semakin ringan karena gesekan pada dinding cylinder / liner juga berkurang.

Body piston dilengkapi lubang oli. Oleh pihak Honda, lubang oli ini biasa disebut oil-jet. Terutama pada alur ring oli. Maksudnya supaya aliran pelumas lancar lewat lubang itu. Ini juga yang bikin piston awet dan licin sehingga gesekan juga berkurang.

CRANKCASE OFFSET

Ketika piston berada di TMA (Titik Mati Atas), titik tengah pin kruk as dengan titik tengah pin piston tidak sejajar. Fungsinya tentu untuk  memperlancar putaran crankshaft dengan cara memberikan awalan momen gaya pada pin kruk as sekaligus mengurangi gesekan piston dengan liner ketika naik-turun di dalam silinder. Ini sepaket dengan Offset Pin Piston.

Selain itu, terjadinya gesekan sangat besar bila piston menonjok liner pada fase naik menuju TMA. Di motor dulu yang tidak dilengkapi crankcase offset, liner kerap cekung akibat ditonjok piston berkali-kali. Akibatnya gesekan akan semakin besar dengan semakin cekungnya liner.

Dengan penggunaan metode ini pada mesin Blade 110R, maka getaran akibat mesin akan lebih rendah. Selain didapat suara mesin yang lebih halus, rasa tidak nyaman pengendara akibat vibrasi mampu dielimir sistem offset.

KOPLING SISTEM MATAHARI

Masih dalam rangka memperkecil gesekan sekaligus untuk menghasilkan akselerasi yang jempolan, kopling Blade 110R berbeda dengan generasi C-Series. Sistem kampas kopling tidak seperti dulu yang dilengkapi 4 pegas spiral. Sekarang seperti di mobil yang manganut sistem matahari atau pegas diafragma. Kopling sistem matahari ini selain lentur juga mampu menekan kampas lebih merata. Bahkan sistem kampas kopling ikut dibenahi. Kini hanya memakai tiga lembar. Sehingga tidak menimbulkan banyak selip. Karena semakin banyak jumlah kampas kopling pada tipe kampas kopling basah akan lumayan menyumbang terjadinya slipper.

OVERSTROKE TORSI LEBIH GEDE
Jika melihat diameter x stroke yaitu 50 x 55,6 mm. Termasuk mesin overstroke atau lebih panjang langkah piston dibanding diameter.

Sistem mesin yang menganut konfigurasi Overstroke  mampu mendongkrak torsi gede pada rpm bawah. Lihat saja dari spesifikasi tekniknya. Torsi 0,86 kgf.m (8,42 Nm) pada 5.500 rpm. Lumayan dashyat untuk mesin 110cc yang diklaim irit.

Yang paling luar biasa adalah dengan desain mesin modern yang beraspek pada efisiensi di dalam proses produksi, maka lead time produksi, production process, dan biaya produksi akan lebih rendah.

Ujung-ujungnya ke HPP/unit akan lebih rendah, tergantung mau untung lebih banyak atau keuntungan ini akan di share ke konsumen.

Uhuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuy !!!








About these ads

144 responses to “Spesifikasi dan Keunggulan mesin Honda Blade 110R

  1. HEBAT DEH…
    Salut buat HONDA sekarang. Ternyata sang macan mulai bangun nih….

  2. muantebz dah….

  3. @anton

    bukan macan mas tapi bebek yang bangun. macan mah tetep jadul aih..aih..

    nah kalo yang ini baru bisa dibilang revolusioner n new. kapan megy n tigi direvisi mesinx yach?… btw emang udah seharusx ahm ngeluarin produk yg baru n banyak lha wong sdmx banyak, pabrik luas, dana ada, kurang palagi ya to.

    selamat bwat ahm-bladex, n nantikan juga ymki-vegazrx.

  4. oh ya masbro komeng katax r15 jadi launch juga bareng vegazr di jms bener ga masbro?.. atau ada brita laen lagi?..

    salam uhuy…

  5. Ada satu penyesalan dari saya atas diluncurkanya honda blade 110R terhadap yamaha, dikarenakan bentuk dari blade ini hampir mirip dengan yamaha X1 110/X1R 135, padahal telah diketahui banyak penggemar yamaha dari dulu hingga kini yang menantikan akan hadirnya varian X1 tetapi pihak YMKI tidak mengabulkanya karena khawatir produk itu tidak akan laku diIndonesia, sebaiknya YMKI melihat begitu banyak pengguna jupiter yang merubah bentuk jupiter ke X1/X1R ini berarti ada indikasi bahwa X1/X1R begitu diidamkan oleh pengguna jupiter ”mungkin ini bisa jadi bahan pertimbagan YMKI” .
    saya melihat Yamaha Indonesia sekarang ini hampir sama dengan AHM sebelum tahun 2007 dimana kaku dan kikuk untuk melihat kenyataan yang terjadi dilapangan (AHM selalu bilang kalau masih laku buat apa buat baru), AHM berubah setelah penjualannya hancur dan untuk pertama kalinya pangsa pasar dibawah 50%, sekarang AHM sangat aktif sekali melakukan terobosan2 baru untuk merebut kembali ‘kue kecil’ mereka yang telah hilang diambil yamaha atau mungkin juga ‘kuenya suzuki’ yang telah diambil yamaha, beda dengan yamaha kali ini yang sekarang terkenal adem ayem saja merasa nyaman dengan posisinya(saya harap saya salah dalam menafsirkan ini).
    kritikan terhadap vega zr mungkin adalah salah satu kekecewaan pengemar akan bentuk dari tampilan vega zr yang ‘katanya’ untuk anak muda yang doyan kecepatan, kecepatan tanpa diimbangi tampang yang bagus itu seperti sayur tanpa garam atau kecantikan dalam tanpa diimbangi kecantikan luar.
    (YMKI bisa belajar dari scorpio yang lebih cepat dan murah dari tiger tetapi tidak mampu mengalahkan penjualan tiger dikarenakan kalah dalam bentuk tampilan luarnya).
    Saya harap tahun 2009 adalah tahun kebangkitan yamaha minimal untuk tetap mempertahankan posisinya agar ‘kuenya’ tidak diambil pihak lain.

  6. Ada satu penyesalan dari saya atas diluncurkanya honda blade 110R terhadap yamaha, dikarenakan bentuk dari blade ini hampir mirip dengan yamaha X1 110/X1R 135, padahal telah diketahui banyak penggemar yamaha dari dulu hingga kini yang menantikan akan hadirnya varian X1 tetapi pihak YMKI tidak mengabulkanya karena khawatir produk itu tidak akan laku diIndonesia, sebaiknya YMKI melihat begitu banyak pengguna jupiter yang merubah bentuk jupiter ke X1/X1R ini berarti ada indikasi bahwa X1/X1R begitu diidamkan oleh pengguna jupiter ”mungkin ini bisa jadi bahan pertimbagan YMKI” .
    saya melihat Yamaha Indonesia sekarang ini hampir sama dengan AHM sebelum tahun 2007 dimana kaku dan kikuk untuk melihat kenyataan yang terjadi dilapangan (AHM selalu bilang kalau masih laku buat apa buat baru), AHM berubah setelah penjualannya hancur dan untuk pertama kalinya pangsa pasar dibawah 50%, sekarang AHM sangat aktif sekali melakukan terobosan2 baru untuk merebut kembali ‘kue kecil’ mereka yang telah hilang diambil yamaha atau mungkin juga ‘kuenya suzuki’ yang telah diambil yamaha, beda dengan yamaha kali ini yang sekarang terkenal adem ayem saja merasa nyaman dengan posisinya(saya harap saya salah dalam menafsirkan ini).
    kritikan terhadap vega zr mungkin adalah salah satu kekecewaan pengemar akan bentuk dari tampilan vega zr yang ‘katanya’ untuk anak muda yang doyan kecepatan, kecepatan tanpa diimbangi tampang yang bagus itu seperti sayur tanpa garam atau kecantikan dalam tanpa diimbangi kecantikan luar.
    (YMKI bisa belajar dari scorpio yang lebih cepat dan murah dari tiger tetapi tidak mampu mengalahkan penjualan tiger dikarenakan kalah dalam bentuk tampilan luarnya).
    Saya harap tahun 2009 adalah tahun kebangkitan yamaha minimal untuk tetap mempertahankan posisinya agar ‘kuenya’ tidak diambil pihak lain.

  7. diatas adalah curhat gue yang merindukan X1R 135.
    Kalau YMKI takut mengeluarkan X1R sebaiknya X1R gradenya dinaikin lagi aja dari MX dengan menggunakan injeksi dengan harga 16.5 -17jt dengan target penjualan 15rb/bulan biar sama dengan fu dan cs1.

  8. @Al K
    Iya Bro, ini perasaan yang sama dengan yang Gue miliki juga. Ah…mungkin ini perasaan para Y-Bikers semuanya ya?

  9. Satu lagi meng.
    Sìstem decomprsì diilangin.

    Kesimpulannya adalah si blade itu perpaduan antara jupi z and new shogun 110 R.

    Itulah hasìl intip2 ahm pada bebex2 digdaya dikelasnya dan jamannya masing2.

  10. sedih dech …

  11. tumben nich blog customernya pada ngisi2 dengan bahasa manusia…biasanya klo gw baca blog…ujung2 nya pada jelek2in Y or H…(pan mang saingan)…kadang2 ngasih koment yg nonsen atow bullshit, yg ujung2nya banggain diri2 sendiri gitu loh…gw salut bwt Y bikers yg punya pemikiran diatas…gak jlek2in honda, pdhal kan Y bikers…

  12. hmm..
    bagus juga strategi Honda dengan membuat mesin yg bener2 baru, sesuai tuntutan konsumen. kyknya Honda memang berfikir jangka panjang, gak terlalu reaktif dengan “pancingan” kompetitor.

    Berarti bener info dari temen yg bilang kalo nih mesin emang disiapin untuk turun di ajang balap motor.

    jadi pengen liat nih motor di JMS,
    sekalian ngajak anak nonton ASIMO ah…..

    setuju sekali sama Oom Al K,
    kayaknya Yamaha musti dibangunin dari tidurnya nih…

    mungkin Direkturnya dah kehabisan waktu untuk jadi pembicara di seminar2 marketing, jadi gak sempet mikirin strategi kedepan
    he..he..he..

    salam ojek!

  13. Saran nih buat YMKI : luncurin aja Yamaha X1R dengan mesin tegak MX 135cc, desain mirip2 blade tapi lebih keren plus radiator dan monoshock, tapi harganya di deketin. pasti keok angka penjualannya tuh si blade.

  14. hanamon…..

    macan yg gue maksud bkn si Tiggie, tapi macan si penguasa pasar. Honda kan perusaan motor terbesar, cuma sayang kemaren2 cuma tidur2 doang. Nah sekarang dah mulai bangun nih si macan motor……

  15. kali ini sepertinya Vega ZR harus mengakui keunggulan jagoan Sayap kepak Blade 110R. . nice work Gan !

  16. siap2 si macan motor mulai menunjukkan taringnya. taun depan yimihi bakal di KO abis. hahahahaha

  17. Wah kayaknya indoprix taun depan bakalan seru nih..

  18. Selamat Hari Raya Idul Adha (10 Dzulhijjah 1429 H)

    Semoga Allah menerima amal-amal kita, mengampuni dosa-dosa kita, dan menerima qurban kita sebagai bentuk takwa kepada-Nya.

    Amin Ya Rabbal `Alamin

  19. kalo bisa nih AHM keluar in mtor honda yg 140 cc jaman sekarang ni anak2 muda skarang cari mtor yg cc nya besar tapi harga motornya murah

    ya… klo di liat2 skrang nih penjulan mtor jupi MX makin banyak peminatnya . coba anda datang ke daerah kalimantan timur SAMARINDA di tempat saya paling banyak pemake jupi MX . klo honda kenapa nih gak ada jual motor yg ccnya lebih besar dari mx.

    klo saya pengen nih motor buatan dari honda, bentuk body motornya pake punya new supra 125 R thn 2008 ,trus pake model monosok n cc mtornya klo bisa di atas cc nya jupi MX . pasti deh gak salah lagi penjualan honda pasti laris manisss

  20. Ngapain juga pake cc besar tapi ga ada tenaganya. Mending cc kecil, irit tapi powerfull. Coba aja deh bandingin Juppie MX ma CS1 yg cc-nya cuma 125, Si Juppie ga ada apa2nya tuh. Itu baru namanya teknologi. Cc kecil tapi tenaganya gede.

  21. .............

    Yamaha membangkitkan raksasa tidur !
    Tahun 2007 Honda sempat beberapa bulan mengalami kekalahan dengan Yamaha. Selain itu Statement petinggi Yamaha juga cukup mantap, mau menggeser posisi nomor 1 yang selama ini dipegang oleh Honda. Yah.. untuk tahun 2007 selisih antara Honda dan Yamaha hanya 300 ribu unit saja walaupun masih terkendala masalah produksi. Dan untuk tahun 2008 Yamaha mengingkatkan produksi dengan pabrik barunya dari 1.8 juta unit menjadi 2.4 juta unit setahun dimana diharapkan pertumbuhan market share dari 39% menjadi 42%. hm…. fantastis !

    Tapi apa yang terjadi di Mei tahun 2008 ?

    Seperti Yamaha keteteran menghadapi Honda. Untuk penjualan per Mei 2008 tercatat terjual 541.797 unit motor ke market. Honda sendiri berhasil menjual sebanyak 250.891 unit, Yamaha 217.710 unit, Suzuki 66.202 unit, dan lainnya sebesar 6.994 unit. Secara kumulatif sampai dengan bulan Mei 2008,… total penjualan motor mengalami pertumbuhan 43.77% walaupun ada yang mengalami pertumbuhan dibawah 43.77%

    O..o … Siapa dia… ?

    Yamaha, mengalami pertumbuhan dibawah 43.77% yaitu sebesar 36.45%, Honda mengalami pertumbuhan sebesar 50.31% dan Suzuki 50.96%

    Sepertinya Honda berhasil menyumbat mulut Yamaha, dengan strategi Honda yang innovative. Memang Yamaha terlalu sibuk ngurusin indent dan buat iklan baru dengan gaya emak-emak yang menyindir. Memang meningkatkan penjualan, tapi Honda bergerak sangat cepat dan innovative dengan produk barunya.

    Yah… Honda sudah meluncurkan jagoan jagoan baru seperti Revo, Tiger Revo, CS1, Beat, yang teranyar yaitu Blade110R, dan jagoan lainnya yang bakalan menyusul lagi . So pasti akan meningkatkan penjualan sekaligus meningkatkan mindset serta loyalitas konsumen Honda.

    Yamaha pasti tidak akan diam saja, lalu apa yang kira kira akan dilakukan oleh Yamaha ?

    Apalagi kalau ngak ikut-ikutan keluarin produk baru. He he he ….

    Selain itu Yamaha pasti akan mati matian memperjuangkan Matic yaitu Mio dan Mio Soul, karena Yamaha cukup bergantung pada kelas ini. Belum lagi Honda sudah diperkuat lagi oleh Honda Beat yang sepertinya akan sangat mengganggu penjualan Mio. Untuk Mouvo pasti di kurangi deh produksinya… Toh ngak laku.

    Untuk kelas Sport Yamaha Vixion. Walaupun diserbu oleh TVS dan Bajaj Pulsar, belum lagi Honda Mega pro, seharusnya motor banggaan Yamaha ini tidak terlalu perduli. Malah mungkin Honda mega pro yang akan tertantang oleh Bajaj Pulsar.

    Yang pasti kekalahan Honda beberapa bulan di Tahun 2007, membuat Yamaha telah membangkitkan raksasa tidur !

  22. betul boz ada yang telah membangkitkan rakzaza yang tidur. zialnya malah nantinya rakzaza yang baru bangun terzebut pazti marah dan bakalan nginjak-nginjak ziapa yang membangunkannya. xixi. hayo peziapkan dirinya ziapa yang membangunkan rakzaza itu.

  23. apa-apa “enjiner Jepang”, terus guna nya banyak lulusan “enjiner” di Indonesia untuk apa?
    …….jadi karyawan perusahaan Jepang ?…

  24. salut ama strategi nya AHM, kalee ini bener2 4 jempol buat AHM, body baru-mesin baru-teknologi baru….. tapi perbaiki juga donk kelas seprot-nya? megipro bentar lagi kecundang tuch ama vixion dan kombinasi pulsar180 dan apache RTR….

  25. Tentang Si Megi kabarnya Honda dah siap2 menghadirkan Honda Hunk. Dengan Body dan performa yg lebih superior. Kita tunggu aja kelanjutannya.

  26. Ada satu penyesalan dari saya atas diluncurkanya honda blade 110R terhadap yamaha, dikarenakan bentuk dari blade ini hampir mirip dengan yamaha X1 110/X1R 135, padahal telah diketahui banyak penggemar yamaha dari dulu hingga kini yang menantikan akan hadirnya varian X1 tetapi pihak YMKI tidak mengabulkanya karena khawatir produk itu tidak akan laku diIndonesia, sebaiknya YMKI melihat begitu banyak pengguna jupiter yang merubah bentuk jupiter ke X1/X1R ini berarti ada indikasi bahwa X1/X1R begitu diidamkan oleh pengguna jupiter ”mungkin ini bisa jadi bahan pertimbagan YMKI” .
    saya melihat Yamaha Indonesia sekarang ini hampir sama dengan AHM sebelum tahun 2007 dimana kaku dan kikuk untuk melihat kenyataan yang terjadi dilapangan (AHM selalu bilang kalau masih laku buat apa buat baru), AHM berubah setelah penjualannya hancur dan untuk pertama kalinya pangsa pasar dibawah 50%, sekarang AHM sangat aktif sekali melakukan terobosan2 baru untuk merebut kembali ‘kue kecil’ mereka yang telah hilang diambil yamaha atau mungkin juga ‘kuenya suzuki’ yang telah diambil yamaha, beda dengan yamaha kali ini yang sekarang terkenal adem ayem saja merasa nyaman dengan posisinya(saya harap saya salah dalam menafsirkan ini).
    kritikan terhadap vega zr mungkin adalah salah satu kekecewaan pengemar akan bentuk dari tampilan vega zr yang ‘katanya’ untuk anak muda yang doyan kecepatan, kecepatan tanpa diimbangi tampang yang bagus itu seperti sayur tanpa garam atau kecantikan dalam tanpa diimbangi kecantikan luar.
    (YMKI bisa belajar dari scorpio yang lebih cepat dan murah dari tiger tetapi tidak mampu mengalahkan penjualan tiger dikarenakan kalah dalam bentuk tampilan luarnya).
    Saya harap tahun 2009 adalah tahun kebangkitan yamaha minimal untuk tetap mempertahankan posisinya agar ‘kuenya’ tidak diambil pihak lain.

  27. @mk
    jawabannya ada di artikel Honda semakin Yamaha dan Yamaha semakin Honda.

  28. branikah blade menantang jupiz yang jadi juara indoprix 2008 dikelas 110 n 125 cc
    kenapa CS1 ga brani tampil di indoprix?????

  29. Blade110R memang belum unjuk gigi, kita liat aja nanti jupiZ pasti dikentutin. Ngawur aja CS1 lawan JupiMX aja keok apa lagi lawan JupiZ yg cuma 110cc, keok telak kali…… Bravo Honda!!!

  30. jangan sampai ymki,..
    keluarin ini motor di sini :roll:

    sama :roll:

    khan kita nungguin FZ-150,.. ya khan bro semua? :lol: heheheh

  31. roller dah umum bro, di supra, pulsar jg ada..

    ga pake sirip jadi biaya material casting aluminiumnya kurang..lg2 costdown..trus ngurangi jumlah baut dan cup inspeksi ma klep…
    namanya over stroke kug lebih bertenaga dibanding overbore tuh gmn??? kl irit saya percaya honda mang irit…

    kopling sama aja mau pake pegas ato diafragma dah dihitung ma enginer jepang tuh…cm costdown ma jadi lebih ringan dikit aja bedanya…sekalian aja pake part dari cina kayaknya..hihihi..piss bro..

  32. kalo dilihat dan dari info yang q dpt mesinya blade=mesin VArio apanya yang baru???mesin blade adalah mesin vario kompresi di turunkan sehingga ga perlu radiator seperti mesin beat cuman pendinginya tidak peke udara paksa tapi pake sirip-sirip dan tentu saja ditambahin kopling dan gearbox karena bukan motor matic. cc-nya aja sama dengan vario atau beat strategi ini untuk efisiensi biaya produksi. sudah diduga sebelumnya. so biasa aja deh

  33. engineer jepang aja dibanggain
    engineer indonesia ga kalah bro

  34. silahkan buktikan di indoprix ga usah banyak omong kosong, buktikan CS1!!!! kami telah buktikan,piala telah ditangan ,reputasi berbuah prestasi
    we r champion

  35. mesin CS1 sama dengan mesin honda nova yang gagal di tahun 2000an.cuman kompresi sedikit dinaikkan input bahan bakar ditambah sehingga power naik tapi yang pasti tambah boros, q dah pernah coba temen2 yang punya juga mengeluh boros

  36. cs1 emang boros :D setiap temen gw yang pake bilang gitu… enakan motor 2 tak katanya tu da pada mo juwal2in… mending bli FU daripada CS1…

  37. Makanya klo ga punya duit jgn beli motor. Beli bensin aja gak kuat kok pengen beli CS1. CS1 dirancang bukan buat orang kere kayak elu. Tapi bwt org kaya yg pengen bergaya.

  38. @ heru
    “kalo dilihat dan dari info yang q dpt mesinya blade=mesin VArio apanya yang baru???”

    Spek Blade adalah 50 x 55,6 mm,sedangkan matic bersaudara mengandalkan 50 x 55 mm. Lah Nice sendiri 50 x 55,5 mm. Kiyotaka Fujihara,Chief Engineer Honda,Co.Ltd benar-benar membuktikan ucapannya..Motor yang baginya merupakan Fire Blade versi mungil ini memang fresh from oven..

  39. dapur pacu Blade dikembangkan dari dapur pacu Beat, sedangkan Beat sendiri adalah penyederhanaan atau spec down mesin vario

  40. Tiap orang memang punya pendapat tersendiri, tetapi bagi Gue, untuk mesin bebek Honda, ini memang mesin yang baru, keluar dari tradisi konservatifnya selama ini. Walau dikembangkan lewat saudaranya di lini matic.

  41. @anton
    “Spek Blade adalah 50 x 55,6 mm,sedangkan matic bersaudara mengandalkan 50 x 55 mm”

    ­klo piston sama dgn dia 50 tp stroke beda 0,6mm bisa dunk cetakan pistonnya sama trus dibubut/dimachining 0,6mm dikit aja di kepala pistonna gmn?

    @”Fire Blade versi mungil ini memang fresh from oven”

    apakah bener fresh dari open,bukannya teknologi otomotif dah lama? klo bener fresh berapa lama waktu pengembangan dan penelitian untuk blade??…ada yg tahu tentang motor share dunk..

    kira2 bangsa kita bisa bikin motor nggak ne??

  42. “Winning with Blade”… slogannya seharusnya begini “Blade pahlawan kesiangan”…

  43. Coba baca M+ disitu dijelasin perbandingan antara BLADE dan Jupiter Z. Di situ disebutkan bahwa BLADE menang segala2nya dari Jupiter Z. Coba baca deh….

  44. Alvaro Ibrahimovic

    “NO MATTER WHAT WE RIDE, BUT HOW WE RIDE IT!”

  45. Alvaro Ibrahimovic

    SALING MENGHARGAI SESAMA PENGENDARA MOTOR DI JALAN RAYA.

  46. haduh…pada ngeributin H ato Y,,harusnya kite semua bangga dong ama KANZEN, yang KATANYA desain para ENJINIR INDONESA!!! HIDUP KANZEN!

  47. honda memang dari dulu andalan saya,dari bapak saya sampai saya sekarang memakai honda.saya bangga pake honda…,pokokya honda keren,,,,,,,dech!!!!

  48. adiknya BLADE katanya mau launching akhir januari. Namanya REVO 110.
    Klik:

    http://www.otomotifnet.com/otoweb/index.php?templet=otonews/Content/0/0/1/7/3257

  49. Fans Yamaha…memang kolot..nih.,..
    tiap ada produk baru honda sll dibilang jadul kek, jelek kek…

    padahal sudah jelas ..justru motor yamaha tu..yg murahan….

    gue sendiri punya motor CBR 600RR, tp gak pernah olok-olok merk lain….

    tolong buka mata dan hati ketika ngasih koment…
    ada gak untungnya buat kita-kita kalo jelekin satu merk tertentu…
    apakah dg begitu kita merasa hebat…

    PEACE….

  50. @^

    Elo kali yg kolot… dasar manusia sok netral loe… Ujung2 nya jg njelekin merek laen… najis.. Gw punya YZF-R1 aja nyantai…

    PEE PEACE…

  51. Netral Motocycle

    dasar Dongo…
    gue rasa gesper bulshit punya YZF…paling Yamaha Fans Boy….
    keliatan sekali dari commentnya..

    please…dech..hari gini…fanatic buta…..
    gue shogun 110R pernah punya..
    suprax 125R pernah punya..
    mio punya..
    CBR600RR punya..
    blade…baru punya….(maklum baru beli..he..he..)..

    tapi gue gak fanatic ama Honda….

    gue bilang …semua rasa motor…hampir..hampir sama…
    masalah kecepatan…jg tidak berarti banget..(jakarta..macet gitu loh….)..
    dan gue akuin mio enak….tapi model masih cakep beat…(walau gk punya beat…)…

    tapi gue gak fanatic buta thdp Yamaha….
    Honda…punya…
    jg gak fanatic buta….

    apa sih untung nya….toh rasa …ridding impression mirip-mirip….
    jadi fanatic buta jg gk dibayar….ngapain…???

    Mobil jg ada…(Innova)
    tp lbh suka naik motor dari sisi ekonomis….

    GESPER paham????

    =======================
    gesper>>
    @^
    Elo kali yg kolot… dasar manusia sok netral loe… Ujung2 nya jg njelekin merek laen… najis.. Gw punya YZF-R1 aja nyantai…

    PEE PEACE…

  52. Netral Motocycle

    dear yamaha fans boy…
    gue suka ..kalo Yamaha Motor keluarin tuh Jupiter MX dengan lampu depan seperti X1R di thailand…

    keren booo…..dan pasti lebih bagus dari Honda yang ada saat ini….(untuk design model lo ya…)…bukan performance maupun harga…

    tapi kalo masih seperti sekarang..aku kira juga sama aja….

    kita sbg konsumen rasional saja lah…gak usah fanatic banget…toh spt aku bilang di atas…
    gak ada untungnya….

    Kalo yamaha keluarin MX dengan lampu depan spt X1R….gue pasti beli….cakeepp bo….

    ===PEACE===

  53. @ Sok Netral
    Nih kata2 loe:
    “Fans Yamaha…memang kolot..nih.,..
    tiap ada produk baru honda sll dibilang jadul kek, jelek kek…

    padahal sudah jelas ..justru motor yamaha tu..yg murahan….”
    ==================================

    Coba tolong dijelasin kata2 yg pas diatas ini…??
    siapa yg dongo? Dasar fanatik…

  54. Orang2 kaya elo tuh sok ngritik orang tp trnyata ngejelekin merek laen juga… malu oy… !! Gw punya YZF-R1 tahun 2006. Ga perlu gw adu sama punya loe, udah tau hasilnya apa.

    PEE PEACE

  55. Netral Motocycle

    dasar DONGO…capek dech….
    >>>
    gesper // Januari 19, 2009 pada 4:06 pm

    Orang2 kaya elo tuh sok ngritik orang tp trnyata ngejelekin merek laen juga… malu oy… !! Gw punya YZF-R1 tahun 2006. Ga perlu gw adu sama punya loe, udah tau hasilnya apa.

    PEE PEACE

  56. Netral Motocycle

    tolong baca lagi comment gue…
    gue gak fanatic buta…
    emang loe GESPER….

  57. jahh mantab nih,,,,
    emg jaman sekarang dibutuhkan kecepatan dalam berkendara, nah sebut lah AHM mulai menyadari kebutuhan konsumennya,,,
    banyak tukang ojek yg ngeluh karna mtrnya lambat, makanya AHM ngeluarin yg lumayan bisa ngebut untuk boncengan,,,
    banyak tukang ojek yg bangga dengan hadirnya BLADE, maka dari itu terjawab sudah keluh kesah persekutuan tukang ojek indonesia ( PTOI ) dengan hadirnya BLADE, sukses buat AHM

  58. knpa homda blade saya bru jalan 400 km kok suara mesinya berbunyi kyak ada yg kendor,,dan bunyi itu kadang ada kadang jga gk ada?

  59. Aku dah 2 tahun pakai MX tapi yah…kayaknya kurang bagus, tarikan berat, mesin kasar.. pertama saya reyen, saya dah mbatin kok mesinnya kayak gini ya kayak sekernya kena gitu.. ternyata ada temen kantor yang mengeluh sama. Emang ada beberapa yang dapat mesin bagus.. atau barng kali saya lagi sial dapat yuang kurang bagus..entahlah…tapi kini aku mou pakai BLADE aja karena semakin manteb dengan ulasan di web ini…thx bro…

  60. Aku dah 2 tahun pakai MX tapi yah…kayaknya kurang bagus, tarikan berat, mesin kasar.. pertama saya reyen, saya dah mbatin kok mesinnya kayak gini ya kayak sekernya kena gitu.. ternyata ada temen kantor yang mengeluh sama. Emang ada beberapa yang dapat mesin bagus.. atau barng kali saya lagi sial dapat yuang kurang bagus..entahlah…tapi kini aku mou pakai BLADE aja karena semakin manteb dengan ulasan di web ini…thx bro…

  61. @ PANJI
    Kasus kita sama bro.
    Saya sangat kecewa dengan kualitas Yamaha Jupiter MX, Motor saya baru beli 3 bulan dan suara mesin sangat kasar terutama di bagian head terdengar seperti ada yang kendor dan getaran masin sangat besar. saya sudah complaint dengan bengkel resmi dan jawaban mereka semua adalah memang suaranya kayak gitu. Sedangkan saya coba bandingkan dengan motor teman saya dengan type yang sama malah lebih halus mesin dia padahal umur motor dia sudah satu tahun lebih.

    Yang saya sayangkan kenapa semua service center yamaha selalu tidak menaggapi keluhan konsumennya?? mana garansi mesin 3 tahun yang dijanjikan?? Dan garansi blok 5 tahun yang dijanjikan. Saya mohon tanggapan dari pihak yamaha, karena saya beli itu motor pake uang bukan pakai daun.

  62. @panji & salman
    masukin aja di page; Suara Konsumen yang udah Gue sediakan.

  63. @ salman

    ada bro yang beli pake daun, tuh salah satu provider selluler….. hehehe

  64. kemaren gw kepikiran mo beli MX,…sebelum beli,…minjem dulu MX punya temen,…
    mmg tenaganya enak,…bobot motor jg cukupan…, motor lengket diaspal,…g kaya FU yg menurut gw terlalu ringan dengan tenaga segede kuda nil…
    cuman itu dia,…gasnya berat bgt…

    kpn nih MX injeksinya masuk?keburu gw beli fu lagi,…ngikutin jejak kk gw,…

    -PEACE-

  65. halaaah honda gw geber make jialing juga diem, hhahaha. .

  66. ah gw balap make yamaha cryoton jg lewaaaat

  67. Honda=tolol (andelin fanatic customer, ujung2nya mencret)
    Yamaha=bego (jadi jagoan mulai berulah, harga unitnya mulai irrasional)
    Suzuki=bodo (udah mulai naik daun, divisi after salesnya modol)
    Kanzen=memuakan (ngomongnya produk anak bangsa, harga jepang)
    kymco=kelaut (no comment, all rise!!! untuk kematiannya)
    vespa= budek (hidupkan manufakturnya lagi tuh!!! baru gua kasih komen!)
    mocin=mantaf (mereka yang membuka mata, hati dan pikiran akhirnya persaingan dunia permotoran kita jadi rame begini, meski kwalitas dan modelnya meski belajar ke jepang 3-4 tahun lagi)
    Harley davidson=payah (demi exclusivitas mengorbankan big market, komennya: ‘ngga mati ngga idup, tinggal tunggu nasionalisme suatu bangsa muncul. dan …………… matilah!)

  68. waduh…Honda Blade…
    pertama yang dalam pikiran gw, ni motor cuma striping yang keren dan model baru doank..
    akhirnya pas desember kemaren..gw mutusin beli SUpra X 125 yang CW…
    eh baru aja kemaren malem, dijalan lurus, gw coba kebut2an sama temen gw pake blade…
    Bedeh..SUpra gw K.O….
    beh pas 60 KM/jam suaranya knalpot udah kayak Satria aja, asli..gede bener..
    Mantap lah Blade…

  69. Eh…btw, ada yg tau kabar AHM bakal keluarin Supra X 125 Injection yang baru ga ??? monoshock….body blkg mirip cs 1…mesin PGM-FI.. yang ini gw baca di otomotif.net kalo ga salah..
    Bener ga si ???
    kalo iya moga2 jgn cuma ganti baju ah….nyesel juga jadinya beli Supra X….cuma ganti Head Light, Knalpot…sama nambahin Double Disc Brake… bzzz…..

  70. catatan U/blade 110 kalo bisa rantai cam diganti type silent & pompa oli jangan mengikuti kerja rantai cam mirip type mesin hsx 125 lebih ok ,… maju terus buat AHM

  71. Nice Info Broo… gantian kunjungi blog gw ok!

  72. Valentino_resi

    @125
    masak kalah sama blade??
    Ente bawa HSX 125 kurang berani kali????
    ato waktu perpindahan gigi g pas??
    ato motornya kurang terawat ya???
    motor baru yang belom 3000km lebih bagus ganti oli setiap 1000km, soalnya tuh mesin kan baru dirakit, kadang ada aja serpihan besi halus yg msh tersisa.
    dari penglaman aku, Motor baru biasanya dapet performa maksimal setelah 6000km.

    kalo soal topspeed, motor 125 mungkin 11,12 dengan motor 110cc. tapi kalo tarikan jelas beda, trs motor jaman sekarang dirancang untuk rpm yang lebih tinggi, jadi kalo mg niat kencang, motornya harus tetap ditahan di rpm menengah-atas.
    soalnya kalo sampe turun di bawah 6000rpm, tenaganya bakal ngedrop bgt, itulah kenapa motor balap bebek dikasih kopling. biar bisa gantung RPM kalo lg belok/turunin gigi.
    karena di HSX125 ga ada tachometer/lampu indikator pindah gigi maka pindah gigi mg jd pk feeling doank. Kl aku seh
    Gigi1-min30kpj
    gigi2-min60kpj
    gigi3-min90kpj
    gigi4-100kpj+++
    Ok bro dicoba lagi….

  73. siiip banget tuch blade…buktinya aq pakai blade,tarikannya maknyus.waktu aq coba musuh jupiter,vega zr dan gl max th-1995 LANCAR,aplgi aq pakai bensin pertamax tambah jempolan,acungan 2 jempol belum cukup buat honda blade..JAYA HONDA

  74. jiah blade body nya kurang oke … batok kepalanya mengucil ..hehehe

    mesinnya boleh jua tuh :)

  75. gw punya motor ini,..untuk ukuran 110cc, 2 valve, karbu 17 full standar,…..larinya lumayan banget.
    supra x 125 aja gw tekuk, naik puncak gw sendirian dg berat badan gw 86kg, cuma sih harus tega ama mesin,..scorpio yg boncengan gw babat….tiger boncengan juga,…
    sama MX sih kalah, tapi ga jauh2 banget,…..vega ZR,..hehe, sori bro,..bukan lawan yg seimbang….
    sayang aja nih motor gw beliin buat bini….
    mau gw korek, kagak tega,….
    cuma menurut gw getarannya lebih kasar sih dibanding revo cw gw yg putih,….cuma nariknya lumayan panjang,..minerva cbr kalah kok,……hm,…supra x 125 nya gimana ya?…kalo pake mesin teknologi ini, kayaknya bakalan lumayan tuh,…

    bagus deh, biar yg lain ikutan bangun, biar motor indonesia kagak ketinggalan jaman, yg cuma ganti2 cover body doang,…..hehe

  76. gabung aja…
    gua pake jupez…n wa coba blade temen wa…
    emang jauh lebih enak blade kok…
    yah wajar kan…
    keluar akhiran emang harus bagus donk…
    pa lagi denger2 kopling na adopsi dari kopling mobil (kopling matahari)…
    trus blade ccnya lebih kecil selisih 4 ccan kalo kgk salah ama jupez….
    kalo ccnya sama gua rasa menang telak buat blade…selisih 4ccan lbh kecil aja dah isa ngimbangin bahkan kalo pas isa mutusin…apalagi sama cc na…
    kalo yamaha isa pake teknologi sama seperti honda…gua rasa yamaha yang bakal diatas lagi…
    namun kenyataannya ngak…tetapi malah tertinggal…
    kita tilik lagi yamaha….jgn lupa ama RX-king…sang legend…

    terobosan baru motor bebek standar di kelas 110 honda melawan yamaha…
    moga yamaha ada lawan imbang juga tar ya…
    so ada temen honda…

    mohon MAAF bila ada kata2 kurang berkenan…

  77. masak iya sih blade lebih kenceng?

    salut deh kalo emang iya..

    Bagaimanapun juga, Honda selalu lebih unggul(katanya). Namun Yamaha terus menguntit dan berusaha keras menjadi yang terdepan(pasti). Suzukipun berinovasi tiada henti…(innovasi apanya ya?penasaran nihh..)

  78. honda blade 110 r memang benar-benar inovasi keren

  79. Honda blade. gw bru bli,bnr lu tuk ukuran 110cc si larinya kwenceng jga yah…jupiZ(2008) gw yg ud gw jual kga ad ap-apnya…(bkn brmksud mnjelekan si Y yah….)

  80. Honda BLADE emang TOP MARKOTOP GUT MARSOGUT. Gw juga baru beli kemaren yg Repsol edition (velg orange) abis jaul jupiter Z. tarikannya jauh lebih manteb Blade daripada jupiter Z. Tampangnya juga keren bgt. satu lagi, harganya lebih murah!

  81. HONDA BLADE memang mantap….saya sudah pakai dan beli…..ndak rugi deh…Bravo Honda

  82. Bravo…Honda!!! Terus Kepakan Sayapmu diatas Udara…hehehe

  83. Kali iNi Gw, bener bener salut ma Honda,, Blade ok. Pengen beli rasanya,,hehe

  84. honda blade tiada tandingannya.
    buktinya saya sendiri.

  85. pokoknya kamu2 yang suka ngebut!harus pake honda blade.khususnya yg repsol.

  86. MAJU TERUS HONDA

  87. gw akuiin sebagai pemakai blade 110R
    gw akuiin untuk tarikan mang mantap…di bnding dengan honda yng lainnya…
    tp apa bnr blade 110R itu irit???
    selama gw kendarain blade trmasuk boros juga (bukan maksud untuk ngejatuhin loch..)

  88. WUIH, gue sekarang pake honda blade, luar biasa bro… tarikanya mantap, top speedbisa ampe 112 km/jam, ampe mata gue nangis nih… sakikng kencengnya… hehe…
    masalah boros, isi 5000 tuh bisa ampe 60 km…
    irit sumpeh lah…

  89. ya okelaghhh kaloo beg beg beg begeethooo……

  90. okelah kalo begitu…gue jd mantep ma blade

  91. honda blade sangat hebat, karena saya sudah merasakannya sendiri

  92. absolute repsol

    tergantung yg make gimana… kalo santai mank bener2 irit. tp kalo buat kebut2n ya pasti boros lah…. pny gw jg gtu. malahan nh sdh tambah boros soalnya dh dioprek abis. tp masalah tenaga ya lumayan lah buat ninggalin 125 cc dan 135 cc

  93. masa sih 110 bisa ngalahin 125 cc?

  94. honda blade sy memang siiip.. tenaga g ada keluhan, tapi pada speed tertentu mesin terasa bergetar, sehingga getarannya terasa ke setang..apakah itu karakter aslinya atau cuman yang punya saya saja. terimakasih

  95. teknologi baru ? kalo menurut gw sih cuma perubahan sistem aja.

    design lebih ke MX, honda lagi kehabisan ide. soal irit itu sih tinggal stel gas aja.

    kalo mau yang lebih irit lw pake motor bajaj, honda kalah deh.

    blade and revo tandingannya vega zr.

  96. @Sasuke
    Kelebihan vega ZR apa dibanding Abs revo / blade?
    jgnkan vega ZR, New Jupiter Z aja gak ada apa2nya dibanding Abs revo.
    New jupi Z powernya cuma 8.12 Hp sedangkan Abs revo 8.66 Hp. dan ini tertinggi dikelas 110-115 cc.
    - Abs revo / blade : 8.66 hp
    - Smash : 8.43 hp
    - edge : 8.22 hp
    - vega zr/ new jupi z : 8.12 hp.

    apa pantes vega zr dan new jupiter z dibandingkan dgn abs revo/ blade?
    beda kasta bro!

  97. hebat deh blade muantabsz

  98. wah honda blade emang mantab ajib and topbgt wat pabrikan honda coba donk honda bladenya untuk visual warna dibikin aga fituristik lgi klo mslh tenaga emang salut deh jmpolan wat honda blade sya parnah tndingin jupiter z sya sma blade ternyata blade unggul krend abiez

  99. Aku Make Blade Juga… Sangat Memuaskan… Dari Segi Mesin Mantap… Tapi Aku Krg Suka Desain Lampu Belakang dan Batoknya Coba Lampu Blkngnya Dibuat Lebih Runcing Kayak New Jup Z. Batoknya Kyk Honda Beat….
    Mau Nanya nich Bisa nggak batoknya diganti ama batok honda beat ???? Thx….

  100. salut lah buat honda… nyesel gw ngambil vega zr… menurut gw konsumsi bahan bakarnya boros untuk 115cc… 1 liter hanya 40Km(kecepatan ga lebih dari 60km/jam, beban yg dibawa ga lbh dari 70kg)… dibandingkan dengan karisma yang 125cc jauh lebih irit karisma… korban iklan gw.. apes….

  101. cara membuat supaya montor bisa melaju kencang gimana? trim’s

  102. Numpang nanya, bln maret gua baru beli supra x 125 r, di speedo gigi 1 bisa sampe 40 kph, gigi 2 60 kph, gigi 3 100 kph, gigi 4 100up, dan gua baca di internet memang bener ada yg tes ride speed memang bisa sesuai speedo, tapi punya gua kok gigi 1 cuma 20 kph, gigi 2 40 kph, gigi 3 60 kph, gigi 4 nambah dikit dari gigi 3, padahal motor udah pernah aku servis sekali, apa karena waktu servis km masih 200an blm tembus 500 sehingga settingan masih dilimit? Mohon petunjuk…

  103. hutabarat sahap

    BRAVO HONDA.si SAYAP TUNGGAL.gimana kalau sayapnya 2,lebih mantappppp

  104. Jadi pengen punya blade… :(

  105. Nih cara sederhana bikin blade tambah sip lagi, elo cari leher angsa ato apalah namanya yg hubungin karbu dgn mesin, trus lepas n halusin tuh leher angsa dgn amplas or mesin, alhasil enak coy,,,

  106. cara bikin tuh kontol blade ngaceng di amplas dijamin kenceng

  107. baru beli kemaren nih, yg warna ijo putih…
    kesan pertama: keren abis…
    dari segi tampang, ada yg muji, ada yg njelekin… itu sih pendapat pribadi masing-masing…
    dari segi kencengnya,.. memang terbukti!! kalah tuh jupz sama vegz (sory bro, ini fakta, soalnya gw abis balapan sama spupu2 gw yg pake 2 motor itu.. gak tau mereka kalah karena apa, yg jelas gw yg menang)…
    piss..

  108. Mamaaaaaaa….
    beli’in honda blade..
    masa buat mendaki gunung lewati lembah mesti pake fit x, y keok lah..
    mau mau mauuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuu….

  109. Gue mo tny nich…
    maklum, org Jadul,
    ada gak Roker Arm yg sama ato bisa dipakekkn ke Suzuki Shogun 110
    dari Roker Arm Product Honda,
    krn sy pngn Modif motor Shogun 110 gue nich…

  110. Benysetiawan

    Memang mantap blade mx aja b’sa terkejar

  111. perasaan roller rocker arm,daisil silinder,pendingin sistem udara silinder,trhotle position n lain2 yg ada di blade,mx,xeon,cs1,,,dah ada di hsxq seri pertama 2005…
    ga percaya?? liat lg iklan ny dlu hsx awal2…
    dlu blum booming n skrg byak diadopsi…
    kilometer odometerq dah smpk 894000 blum pernah rewel apalg smpk turun mesin,,msh aman…

    HSX memang rajany bebek!!!

  112. q juga pgn bladeeee,,,,,!!!!!mau mau

  113. aku udh punya keluaran pertama, mantap

  114. jomblomacho

    aku baru abs revo110, 3minggu udah kupake. tp kok gir1 n 2 napas pendek. klo gigi 3 bisa 40 an, dan jika sudah 60 kpj teriak2 ni mesin. tapi biasanya klo sudah 40kpj langsung oper gigi 4.
    paling banter selama kupakai 60kpj.
    ganti oli di km 200 an. masih blum berani gas pol,maklum. takut piston lecet kena serbukbesi.
    Rencana mau ganti gigi biar sperti supra yg di gigi 2 aja 40kpj mesin santai.
    Terus ganti pake gigi apa ya, atau ganti gear rantai aja?
    Irit bro, bensin 2liter bisa lebih 114 liter.

  115. honda blade kelihatanya ok juga tuh!!!!!

  116. gw punya honda blade baru 6 bulan,,,,nyesel ngambil blade,,,mending supra jari2,atau new jupiter mx,,,,,
    napas pendek,100 kpj nembusnya lama jauuuuh bgt tracknya,,mesin super getaaar,,90 kpj dah kayak naik metro mini,,,,pasti terbelakang kalo di jalanan,,,,kecele bgt deh liat motor di jalan kenceng kenceng,,,emang si blm di modif,,,tapi abisnya sama aja kayak beli new mx,baru bisa lari kayak mx,,,tapi resiko mesin jebol cepet,,,,,SUCK

  117. Pingback: Kasus Spacy dan New Blade – (IMHO) AHM banyak belajar Mindset Konsumen R2 Indonesia | Teras Belitong Blog

  118. charlez pasca

    bro gua udah ngerasain tarikan blade yg bner2 asik
    gua cuman ganti karburator dgn cdi racing
    tarikan nya melebihi mx standart
    gila bnr2 asekkkk

  119. ngomong apa kalian semua kalian cuma ngomentari doank aja blagunya slangit dikit2 mirip segala macem lah., jadi orang itu harus KREATIF., INGET SIRIK TANDA TAK MAMPU.,

  120. Bahas motor lemot ya?
    Mending ambil supra 125 aja deh.

  121. Pingback: New Honda Blade « bladesurabaya

  122. harapan sy sih indonesia harus bs bikin dan pny motor sendiri dan merdeka dr jajahan produk luar negeri tujuannya agar anak bangsa pada canggih masak kalah dng india yg sdh pny motor sendiri.tdk hny itu sj tp dng bisa buat mesin sendiri dalam negeri tentu rakyat menjadi bangga dan lebih bahagia lg dpt pny motor yg murah gak sperti beli produk org yg harganya selangit iya kan bro?

  123. lumayan minerva vx buat giring bebek dijalanan jg mungkin lebih gagah buat pemuda

  124. BOS mau tanya” ni…?bos lo mesin honda blade repsol cepat panas dan mesin berbunyi agak gak enak ,apanya ya,,,,,? padahal habis diservice di deler honda,

  125. DHONA exelent

  126. OTAN MAESTRO

    Namanya aja Honda, padahal g niat bli motor , ehh… tiba2 lihat new Blade Repsol, kendati ngutang ma tetangga yg penting gue punya motor balap ala DANI PEDROSA.. sukses always buat HONDA.

  127. andreholigansbetawi

    Thaanx”z bgt buat AHM yg dach ngeluariin blade 110cc. Pnya gue dach biza ue adu tuch sm jupiter MX. Mksiiiih iia………..: )

  128. mantep dech blade…. juara…..

  129. Pingback: Suara Kasar Di Mesin Pulsar 135 | Alat Penghemat BBM

  130. Pingback: Mesin Pulsar 135 Kasar | Penghemat Bahan Bakar Mobil | Penghemat Motor Matic Post

  131. Pingback: Perbandingan Bensin Dan Pertamax Pada Honda Blade | X Power Penghemat BBM

  132. waw memang mntap,,,,,buat honda memang pling top. bngat….

  133. telek…..
    gw py honda blade….
    vega r 2006 jg punya….
    masih kalah jauh am vega….
    jarak tempat krja 50 km

    dgn blade butuh waktu 50 menit

    dgn vega bisa 35 menit….

  134. thxs bro,tu motor gue banget

  135. fhadil aqilla ramadhan

    Mesin nya kapan keluar

  136. Henry setiyawan slallu

    Blade jago ny mtor bebek

  137. slm knal. nanya nih kang. kenapa ya honda blade saya boros banget. dan tenaga di putaran atas nya malah loyo. tolong di update ya ke email saya hendriafrizal@yahoo.com

  138. slam kenal. nanya ni kang kenapa honda blade 110r saya boros banget. dan loyo di putaran tinggi?, kecepatan max nya mentok di 100km/h dan bisa mengkonsumsi 1,5 liter di 60km/h. tolong bantuannya dn update ya kang ke email saya hendriafrizal@yahoo.com

  139. Thanks for some other magnificent article. Where else could anyone get
    that type of information in such an ideal means of writing?
    I’ve a presentation next week, and I am at the look for
    such info.

  140. Emng blade raja’a d’klas 110 cc x y…mtor w yg blade 2009 udh 5thn w pke..msh mknyos….napas’a panjang bo…mx n supra x 125 kga da pa p a nye…saking knceng’a tuh mtor….spidometer w ampe jebol pdhl tuh mtor kga w borup .
    .the best blade…

  141. I do trust all the concepts you’ve offered to your post.
    They are very convincing and can definitely work. Still, the posts are
    very quick for novices. May just you please prolong them a little from next time?

    Thank you for the post.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s