Memukul permukaan air untuk menimbulkan Riak.

revo-100cc1

Sengaja kali ini Gue buat artikel yang judulnya sedikit nyeleneh, bukan apa-apa sich, tapi sebagai bentuk rasa kagum Gue akan “Bing Fa” Strategy Siasat China Kuno yang berhasil diterapkan oleh AHM dalam menggoyahkan positioning product Yamaha di kategory bebek  sebagai kompetitornya.

Inspirasinya dari film Red Cliff, emang cerita Three Kingdom penuh dengan berbagai Bing Fa yang apik.

Oke kita mulai…ceritanya gini…

Masih ingat REVO 100cc mesin generasi C series yang oleh banyak kalangan dikatakan sebagai salah satu produk Honda yang gagal karena life cycle produknya cuma hanya bertahan sebentar. Tapi…Gue punya pandangan yang berbeda dalam memandang hal ini. Ini strategy yang sangat sempurna.

Selagi berfungsi sebagai produk “batu loncatan” yang mengisi jeda antara pergantian produk Revolusioner yang sesunguhnya, Revo juga berfungsi untuk menahan dan bahkan memukul mundur laju kompetitornya (Vega R) yang saat itu sangat menekan Supra Fit Series. Sangat hebatkah strategy Honda? Ini belum seberapa!!!…Lho kok Bii…issa dibilang belum seberapa?

Masih ingat Judul di Atas…“Memukul permukaan air untuk menimbulkan Riak”…Yap Sungguh luar biasa Honda AHM dengan strategy-nya  ini.

Apa artinya??? Oke coba kita tela’ah perlahan-lahan.  Yamaha sebagai kompetitor tentunya harus selalu mengintip segala pergerakan dan kondisi musuhnya bukan? Nah saat musuh mengintip dasar kolam, agar pengelihatan jadi tidak tajam dan apa yang dilihat menjadi semu, yaitu bukan kondisi yang sebenarnya, tetapi kondisi yang ingin kita tampilkan pada musuh, maka dipukullah permukaan Air ini oleh Honda. Pake apa? ya tentunya pake Revo Donk!!! Terjadilah Riak sehingga Yamaha tidak lagi dapat melihat dengan jernih arah dan strategy Honda yang sesungguhnya.

Honda berhasil memperdaya Yamaha dengan strategy ini, lalu…apa tujuannya?

Karena tertipu dengan jajaran posisioning Honda yang seperti inilah Vega ZR keluar. Ya “memukul rumput untuk mengeluarkan ular”. Seperti “Memancing Harimau turun Gunung, untuk mengambil/membunuh Anaknya.” Tepatnya karena tergesa-gesa dalam mengambil keputusan, maka terjadilah jajaran posisioning produk di kategory Bebek Yamaha seperti yang telah diharapkan oleh Honda dengan pancingan posisioning Revo tadi.

Kini kartu simpanan Honda yang sesungguhnya baru dikeluarkan, Vega ZR sekaligus Jupiter Z di-Boom oleh Blade 110R. “Pre-Emtive Strike” mendahului launch Vega ZR. Sesudah itu giliran Vega ZR di serang lagi dengan “pasukan panser” Honda yang perlahan tapi pasti. Yaitu Absolute Revo 110cc, inilah Jagoan sebenarnya dari Honda, sang Absolute Revolution yang digunakan untuk menghabisi musuhnya.

Melihat jalannya pertempuran strategy ini, bagaikan melihat pertarungan Catur dimana kita menata pion catur kita untuk mengelabuhi strategy yang sesungguhnya, kemudian ketika semua bidak catur musuh telah tertata rapi mengikuti kemauan kita, barulah kita habisi musuh dengan mantap!

Kelihatan bahwa saat ini ritme Yamaha telah dipengaruhi oleh Honda, bahkan seperti dikontrol untuk mengikuti kemauan Honda.

Ya ini yang bisa Gue sampaikan dalam artikel Gue kali ini. Semoga bermanfaat bagi rekan-rekan.

Uhuuuuuuuuuuuuuuuuuy!!!

About these ads

114 responses to “Memukul permukaan air untuk menimbulkan Riak.

  1. Emang deh strateginya Honda Top banget, gue salut deh.
    tapi Blade ama Harv 110 modelnya kurang greget dikit padahal mesinnya oketa banget…

    buat Yamaha sempurnakan vega zr en kluarin dong produk yg baru, dah bosen nich facelift mulu abisnya!!

    maju terus buat Honda en Yamaha…. Ciayou..

  2. hebat ah artikelnya……btw red cliff 2 ktnya bgs y???blm smpt ntn T_T

  3. selalu keluarkan produk terbaik di kelasnya, jangan tanggung2 dong.

  4. Yaaa… emank ga salah AHM merekrut JLo…. strateginya terbilang sangat mumpuni, pasar terbesar telah dimenangkan AHM saat ini YMKI hanya mengandalkan mio series dan tentu saja Vixion ….. ga perlu berdarah-darah perang di bebek pahe yg jelas kalah amunisi, tapi perkuat posisi pasar batangan yg lagi naek daun, turunkan motor untuk nemanin Vixion dikelas lain seperti YBR125 untuk pesaing Thunder125 dan XCD125, trus FZ160 dgn kisaran harga sekelas Pulsar180 untuk membendung pasar Pulsar180 dan ApacheRTR serta menghantam Megapro ( ingat bentar lagi AHM muncul Megapro Reborn150 dan si CS1 berbaju sport : CBF Stunner 125), juga Bajaj akan melengkapi produknya dengan Pulsar150 dan Pulsar220, saat ini brand Bajaj terutama Pulsar 180-200 mulai bisa diterima masyarakat lho?…, klo YMKI dan AHM ga ati-2 pasar batangan bisa disapu mereka, …. turunkan R15 untuk kelas premium ( isyunya AHM ngeluarin CibieR150 ya? ) sekaligus sebagai lawan dari Pulsar220 Injeksi….. wokeeeee… produsen perang-konsumen Menang……….

  5. om komeng,

    baca artikel ini gue jadi merinding!! sumpah!!

    bukan merinding spt ketemu setan, tapi bener2 menginspirasi boss!!!
    Te O Pe Be Ge Te BoSSSSss!!

  6. Hmmmmmhmmm…….

    d’ best lah ……

  7. mantap sekali ilham bro komeng..

    di segmen pasaran 125cc-135cc gimana pula starategi AHM sama YMKI? esp segmen bebek sport?

  8. Bro kecret…
    Strategi yg yahud..
    Sebar umpan yg bnyak biar ikan pd nongol.. Hiakakakakaka
    Kompor nya ciamik !!!

  9. wow memang persaingan dunia marketing ribet habis

  10. Kata kasarnya “Honda mengelabui Yamaha” :D

  11. NAH, MAKANYA DARI DULU Q GAK MAU JADI MARKETING (BANYAK NGIBUL = MEMBOHONGI HATI NURANI ), LEBIH ENAK JADI KOKI
    UHUYYYYYYYYYYY……………..

  12. lebih enak jadi rumput yg bergoyang….halah

  13. Seharusnya pake judul Honda mengelabuhi Yamaha, pasti lebih rame!

  14. Dalam nih, ini menyangkut filosofi perang dagang dan br bisa meng-evalusi setelah terjadi. Rupanya konsistensi / trade mark hrs dipertahankan spy tdk terbius hal semu.

  15. cari duit dulu pakek beli nih motor……….! gw maunya beli R1….heleh,,,,,,,,,,

  16. klo market leader mengambil posisi sebagai market follower (strategi copy paste)….habis dech yamaha….juprie disikat blade, vegie r n zr ditelan bulet2 oleh revo 110, mx gua rasa penjualannya juga kalah dibanding supri x, jadi bukan ancaman buat honda, ke depan mungkin honda bakal keluarin honda sonic buat ganggu penjualan suzuki satria, nach lo, habis semua dimakan honda….

  17. analisis yang luar biasa :D

    i love the way you wrote this

  18. KEREN……………………………

    PASARPUN MERESPON:

    – Absolute revo terjual 28.189 unit dalam waktu 10 hari

    http://oto.detik.com/read/2009/02/12/092854/1083626/648/honda-absolute-revo-sudah-laku-28189-unit

    – Blade terjual 52.383 dalam waktu 2 minggu

    http://www.inilah.com/berita/otomotif/2009/01/10/74686/wuih-2008-honda-laku-287-juta-unit/

    atau:

    http://triatmono.wordpress.com/2009/01/14/membedah-artileri-honda-di-tahun-2008/

    -vega zr terjual 40.000 unit dalam 2 bulan

    http://oto.detik.com/read/2009/02/10/102639/1082286/648/baru-2-bulan-yamaha-vega-zr-sudah-laku-40000-unit

    dengan kata laen, rata2 penjualan:
    – Absolute revo = 2.819 unit per hari
    – Blade …………= 3.742 unit per hari
    – vega zr ………= 667 unit per hari

    gimana coba? Sangat2 LUAR BIASA!!

  19. @Taufik
    Thanks a lot Bro. Artikel di Blog Bro Taufik juga bagus-bagus lho.

  20. bener boss, yamaha kehilangan irama permainannya…. Be PAnicccc…..

    artinya saat ini yamaha tidak punya jalan mundur, hanya ada 1 jalan yang harus ditempuh, yaitu Vega ZR HARUS sukses karena kartu troof sudah keluar karena jebakan musuh. dan peluncuran new jupie non face lift mustinya dipercepat launch nya agar image yamaha tidak semakin menurun mengingat saat ini penyangga image yamaha (di kelas moped) yang cukup kuat hanya new vega zr. waktu terbaik untuk peluncuran menurut gue awal sem 2 tahun ini. lewat dari itu yamaha bahaya bosssss

  21. @RingPiston
    Menurut Gue kok strategy yang paling baik adalah memecah Jupiter Z jadi 2 produk baru yang satu nyawa tapi beda karakter. New Jupi Z harus semakin expressive di satu produk dan elegant design di product yang satu lagi. Jadi satu mesin, satu rangka, satu “NYAWA” tapi 2 karakter design yang berbeda segment dan penggunaan.

    Gimana? Uhuuuuuuy?

  22. bagus juga nih boss idenya, tapi kan konsumen tetep tahu kalo tuh motor cuman beda baju aja tapi isinya sama??

  23. @ring
    Apa konsumen kagak tahu kalo absolute revo itu ada spoke ada cw ada yang deluxe. apa sama positioningnya, apa sama segmentnya? apa sama karakter productnya?

    Kalo Jupiter Z yang baru nanti, yang satu katakanlah modelnya sporty modern bangrt dengan lampu dibawah kaya blade/X1, pokoknya racing banget dah. Yang satu lagi modelnya exsklusive kayak HSX125 yang baru. Kira-kira yang beli konsumen dari segment yang sama atau tidak? Kira-kira fittingnya di target yang sama apa kagak? trus positioning productnya sama kagak? Diferentiationnya gimana menurut loe?

  24. yup! i see!

    so, kalau jupie dipecah jadi 2 artinya positioningnya lebih tajam dan segmen makin jelas dan tidak akan fitting di target yang sama, karena differntiationnya pun makin jelas. kalau gitu sekali dayung kena langsung dua, HSX125 n blade. tapi mx ikut terganggu donk kena jupie yg sporty?? emang kagak sampe mampus seeh, tp terganggu juga kan??

  25. @ring
    HSX125, Blade, dan revo 110 Deluxe bisa terganggu. Revo 110 CW sedikitterganggu.
    MX…focus-in aja untuk lebih tajam ambil segment yang gila teknologi dan suka product premium. Serang gengsi konsumen. Selama ini khan segment ini tidak dimanfaatin dgn sempurna oleh MX, ya khan!!! Jangan diadu ama HSX125..itu mah lain kelas Bro…naikin lagi kelas MX…kacian MX kalau harus di set di kelas yang sama ama HSX125. Ini namanya bego… “MEMPERMALUKAN PRODUCT YAMAHA.”
    Dengan focus di segment yang premium tersebut…image premium Yamaha juga akan tumbuh dan payung Brand juga akan terangkat, pelan tapi pasti!!!
    Tapi prnya, Bro Ring harus pasang dulu cakram belakang di MX, dan memperbesar cakram depan MX, syukur kalau rear arm juga dimodel pisang ala racing!

  26. Intinya STP, bukan harus menang di setiap pertempuran, tapi yang penting adalah MEMENANGKAN PEPERANGAN!!!
    Jangan adu setiap pasukan dengan pasukan musuh yang sejenis. mis infantri dengan ifantri musuh, tank dengan tank musuh.
    Bisa khan saya kalahkan Ifantri musuh dengan Tank dan Tank yang menang segera bergabung dengan Ifantri kita untuk menghajar Tank musuh!
    Get the Point???
    Uhuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuy!!!

  27. * seperti sedang baca karya NICCOLO MACHIAVELLI 1469-1527 : The art of war

    YMKI n AHM Must Read this :roll:

    he he he lanjooot

  28. revo itu dibuat buat ngabisin stok seri C digudang soalnya mau bikin mesin baru..kasian yang udah beli

  29. Kalo stock mesin CS-1 gimana Bro?

  30. @Taufik
    itu buku: NICCOLO MACHIAVELLI 1469-1527 : The art of war. Buku apaan ya?
    Gue gak pernah denger, maklum masih bego dan butuh banyak belajar dari para sesepuh dunia permotoran di sini.
    Mohon dibimbing.

  31. gilee….gilee… analisa kelas tinggi dan gw bisa belajar dr sini nggak spt blog sebelah isinya cuman mencela dan mencerca….
    ayo para suhu keluarkan semua ilmu kalian dan gw akan menjadi muridnya

  32. gile, bener banget boss, kalo positioningnya MX diperjelas, MX kagak bakal terganggu ama jupie baru yang sporty, malahan jupie z baru yang elegance bisa mepetin HSX 125, kan selama ini pasar motor bebek premium elegance cuman diisi ama HSX 125, shogun juga kagak ada bau-baunya…

    Trus kalo liat kondisi vega zr yg kagak terlalu “WAH” penjualannya di awal peluncurannya ini, menurut bro Genesis gimana nih kira2 peluangnya, karena dari data bro anton di atas sepertinya vega zr nih “kesan pertama” nya kagak sesukses blade n abs revo???

  33. @Bro Genesis…

    itu buku terkenal karya machiavelli . . . isinya adalah tehnik-tehnik berperang..lengkap banget dimana tempat infantri…kavaleri dan teknik2 berperang lainnya . . . termasuk (jangan diikuti) mengbolehkan segala cara agar Menang !! he he he he . . udah ada versi bahasa ndonesianya koq

  34. @Ring Piston
    Vega ZR menurut Gue secara produk emang jujur aja relatif kurang pas ya. STP tidak tajam dan ….mmh silakan disimpulkan sendiri aja dech.

    Bisa jadi produk ini life cycle-nya juga singkat.

    Tapi bukan marketer sejati kalau tidak bisa buat kondisi ini jadi berbalik posisi bukan…?
    Pertama yang harus dilakukan adalah survei mengenai presepsi konsumen atas berbagai hal yang mempengaruhi keputusan pembelian di kategori low cub (bebek low price). Seberapa besar faktor-faktor tersebut berpengaruh? ini perlu kita ketahui indexnya satu-persatu dan diurutkan dari yang terpenting menuju yang paling tidak resistant.
    Selanjutnya berapa presepsi atas value konsumen terhadap vega Zr dan kompetitor di tiap-tiap index tersebut secara berurutan.
    Tentu saja gunakan Pareto model untuk menentukan tingkat kepentingannya. Nah di setiap index yang kalah, cermati, analisa dan ganti balik presepsi konsumen melalui cara sales, promotion, sevice way, event dan brand activasi. (kenapa, karena dalam waktu cukup dekat anda gak akan mampu ganti model produknya khan???) he he he…
    Ganti aja presepsi calon pembelinya. Balik segala kekurangan menjadi keunggulan product. Gunakan siasat “Istana Kosong”…Hua ha ha…paham khan…hayo…….
    Tapi ingat jangan offensive, harus deffensive pada strategy kali ini….”Istana Kosong”…
    Baca Sam Kok khan???

  35. @Bro Taufik
    Wah Bro Taufik juga suka siasat perang ya? Eh kalo suka yang beginian…baca jurnal USMC aja..langsung ditulis oleh beberapa Jenderal USMC. Saya rekomendasikan dech….beberapa mengenai enduring freedom operation dan desert storm operation.

  36. artinya, kalo boleh ngutip omongan para marketer “perception is more important than reality”. strategi ini emang cukup bagus, apalagi kalau perception yang kita tancapkan ke benak konsumen itu perception yang memang menjadi buying trigger konsumen dalam memilih dan membeli motor. TETAPI,,,, agar strategy ini dapat berjalan dengan LANCAR, ada dua cara yang dapat ditempuh:
    1. mengedukasi pasar melalui iklan yang dapat mencapai konsumen dalam jumlah besar, misal TV, MASALAHNYA, budget untuk iklan ATL ini sangat besar dan ini akan menjadi masalah mengingat saat ini yamaha sedang menghemat “tenaga”, ini tercermin di vega zr yang cenderung “ngirit abizzz”

    2. melalui salesman yang secara aktif mengedukasi pasar. MASALAHNYA, sistem salesman yamaha saat ini jauh dari siap untuk bertempur. (ini gue rasain waktu gue ngeliat2 launch nya vega zr dan abs revo, sales honda tuh lebih mau menjelaskan fitur2 kelbihan abs revo SEKALIPUN dia udh tahu gue kagak ada niatan beli, salesnya yamaha lebih cuek bebek saat tahu kalo gue kagak niat beli)

    sepertinya strategy bro genesis sangat bagus tapi kagak mungkin dilakukan….. gmn bro??

  37. wahhh.. koment ente2 klas brat smw..
    saluuttt..

  38. Ratu Adil Satria Pinandhita Sinisihan Wahyu

    gua gak ngerti apa maksud tulisan loe. loe tulisannya gak jago.

  39. @Ring Piston.
    Kayaknya Bro Ring masih terlalu dini menyimpulkan, Ingat saya katakan pake strategy atau siasat “Istana Kosong”.

    Nah….coba jelaskan siasat ini dulu…biar bro yang lain ikut cerita ini. nanti baru Gue jelaskan aplikasinya. Tapi kalu udah jelas disini, yang pasti pihak YMKI gak bisa copy paste siasat ini. Lha wong sudah jelas….he he he he. gimana? penasaran mau lanjut atau stop! karena kalau lanjut ya….konsekuensinya jadi bener2 “kosong” lho!!!

    Kalau Bro Ring Mau lanjut, cari tahu dan ceritakan ulang siasat itu di sini, ntar Gue jelasin…

  40. @Ring Piston.
    Tambahan…
    sebenarnya cara untuk membalik presepsi publik atau calon customer ada 1001, gak hanya 2 itu. Kalo mau pake 2 itu ya gak apa-apa sih, ….tapi khan gak harus budget besar, pake yang low budget high impact juga bisa khan.
    Nich jawaban untuk yang diatas:
    1 How to make your TVC, be deeply influence to the bottom of your customer insight. Gak perlu banyak/sering atau high budget TVC. Cukup TVC yang mengena dan tak akan pernah terlupakan aja walau intensity-nya kecil.
    2 Pake Shadow Sales & Customer Forces…he he he, murah effektive hingga beberapa bulan ke belakang. Selanjutnya sales-sales Anda yang Anda anggap lebih tololpun tetap bisa jualan dengan mudah.
    Apa membalik presepsi harus selalu dengan TVC dan Sales…ngak khan…banyak media atau bahkan komuniti yang masih bisa digunakan dengan dana minim banget.
    Apa selalu dengan cara-cara konvensional???
    Mau lampu katrok warna kuning jadi ngetren, gampang, sewa aja biker2 (motor lain merk juga oke he he he he huak huak…sampai batuk Gue) untuk pasang lampu modif warna kuning di motor modif mereka, kontrak aja 3 bulan atau 6 bulan. cukup 1000 orang keliling di 5 kota besar di Indonesia, effect-nya jauh lebih besar dari loe iklanin di TVC kalo lampu warna kuning itu ngetren lagi…. Uhuuuuuuuuuuuuuy khan???
    Mau lagi…nih adakan kontes modif pake lampu sein warna kuning. ho ho ho…serentak di beberapa kota di pulau jawa dulu aja. Yang lain pasti ikutan.

  41. wah wah wah, bro genesis suka sejarah juga ya???

    gue emang pernah nonton DVD “the romance of three kingdoms”, cuman ga sampe selesai, soalnya seri nya pjg bgt, 7 DVd masing2 8 jam.

    kalo ga salah, “istana kosong” tuh yg ceritanya sang panglima perang yg super jenius n bny akal (cu ge liang) sedang menjaga kota yg saat itu dikepung oleh musuh yg jumlahnya puluhan ribu,
    kalo yang dilakukan adalah mempertaruhkan nyawa utk menjaga kota, maka kota tsb pasti akan jatuh (tidak mungkin menang),
    tetapi yg dilakukan oleh sang panglima perang adl justru beliau memainkan “harpa” (semacam alat musik) “membuka lebar-lebar” gerbang kota, dan seakan-akan menantang musuh “silakan masuk kalau berani”.
    melihat situasi ini, musuh yg mengepung kota menjadi bimbang dan berpikir jgn2 ini jebakan, bgmn kalo ternyata di dalam kota ada ratusan ribu prajurit yg sudah bersiap2 (padahal sebenarnya kota tsb kosong).
    karena ragu2 apakah ini sebuah jebakan, maka musuh menarik pasukan dan tdk jadi menyerang kota. kota tsb selamat.
    bener ya bro genesis cerita yg itu kan??

  42. kalo dianalogikan ama strategy yamaha, spt nya bro genesis mau mengubah apa yg menjadi “kelemahan” vega zr justru menjadi sebuah “selling point” dgn cara menggeser persepsi/paradigma publik mengenai “kelemahan” tsb. kalau strategy berhasil, honda akan kebingungan karena pergeseran persepsi publik ini akan membuat iamge yamaha sbg trend setter makin kuat dan honda menjadi followernya, begitu bro genesis??
    mohon petunjuk….

  43. pasti yamaha bangkit

  44. @Ring
    Cerita ttg Siasat “Istana Kosong” itu bener….
    Cuman analoginya bukan gitu…
    Masih ingat kata2 gue, jangan offensive, tapi defensive? scroll up dech…!

    Nah…strategy mengubah presepsi publik di kelemahan jadi kelebihan cuma strategy di permukaan. Kayak Cu Ge Liang mainan kipas dan harpa di atas gerbang kota.

    Ini bukan inti dari strategy yang sesungguhnya. Mau main Head to Head lawan kompatitornya, mmmh Vega ZR pasti juga kalah, kayak pasukan yang cuma tertinggal sedikit di istana kosong itu akibat menyerang tempat yang lain (istilahnya di motor alokasi cashflow, riset, sales dan produksinya ada di kategory lain yang bertempur habis-habisan, misal di kategori matic)

    Nah dengan siasat ini, buatlah kompetitor berpikir Yamaha akan habis-habisan di sini, di type ini. Dengan segala upaya akan menerkam produk Honda Abs Rev 110, dan siap dengan strategy babat habis di promosi yang selalu “offensive” hantam produk kompetitor ala Yamaha. Lakukan juga upaya perubahan presepsi di publik atau calon konsumer. Lakukan perubahan Trend untuk melambungkan Vega ZR. Tentunya walau sekaliber Honda akan mulai berpikir 2 kali untuk “BENAR BENAR HEAD TO HEAD” dengan Vega ZR yang seakan siap melakukan serangan kamikaze jika diterjang dari depan. Heu heu…jangan lupa ini cuma strategy di permukaan…cuma di permukaan cuma bagian kulit dari siasat…

    Oke…selanjutnya strategy yang lebih dalam….

    Bagaimanapun juga…..
    ya bagaimanapun juga,
    dalam dunia otomotif, yang namanya produk akan memberikan kontribusi prosentase yang cukup besar (peranan paling penting/signifikan) dalam kesuksesan suatu type motor. Jangan pernah lupakan hal penting ini.!!!

    Jadi ini cuma siasat mengulur waktu sebelum New VEGA ZR reBorn….
    SELAGI saat ini pula-lah, segala aktifitas yang dilakukan pada strategy di kulit permukaan juga dilakukan untuk memuluskan strategy yang sebenarnya (strategy istana kosong)…lakukan gerakan bawah tanah untuk…mempersiapkan TREND BARU / TREND DRIVEN!!! Persiapkan landasan Presepsi Baru bagi konsumen tentang kelas produk “low cub” 110cc yang sangat menguntungkan bagi new vega ZR reBorn.
    Musuh pasti tak menyangka kalau segala aktivitas akan ditujukan dan dikonsepkan untuk produk reBorn tersebut, dikiranya segala aktifitas dan konsep yang dibuat akan terlihat tidak tajam dan efektif.

    Setelah pasukan yang pulang kembali ke Istana datang / product reborn datang!!! (cerita di atas belum lengkap Bro) barulah serang secara Head to Head product kompatitor. Habisi Musuh dengan segenap kekuatan yang Utuh ini!!!

    Nah jadi tahu khan kenapa strategy ini harus defensive, gak bisa offensive.

    CMIIW

    Nah konsekuensi-nya seperti yang Gue katakan diatas tentu saja ada setelah Bro RingPiston minta dijelaskan, Anda semua yang berkepentingan dengan strategy ini gak akan bisa copy paste…he he he…percuma…sebab musuh Anda juga akan pasti Baca. Heu heu heu….

    Uhuuuuuuuuuuuuuuuuuuy dulu lah….Bagi Gue gak ada pengaruhnya…perang makin panas Gue enjoy aja ngikutin jalan ceritanya.

    Uhuuuuuuuuuuuuuuuuuuuy sekali lagi…Jangan Menyesal telah bertanya ya Bro Ring, anggap saja kita bagi-bagi ilmu dan pengetahuan bagi banyak saudara kita sesama Bikers.

    Uhuuuuuuuuuuuuuuuuuuuy!!!!

  45. Walah2.. di blog yg satu ini pembahasannya sangat advance dan inspiratif, ga salah gw sering mantengin ni blog. Share terus ilmunya ya bro komeng, ringpiston dan yg lainnya. You guys rocks!

  46. KAgak mungkin gue nyesel ngobrol ama bro Genesis soalnya kerasa banget ilmu dan wawasan gue bertambah……

    apalagi kalo ampe bicara soal Bing Fa, ilmu, siasat dan strategy perang yg (gue heran) ternyata bisa diaplikasikan di dunia bisnis, dalam hal ini motorcycle……
    gileeee, kayak bener2 mau perang aje….. huehehehehehe

    entah gimana dgn bro-bro yang laen, gue rasa sih bro-bro yg laen juga sama, mereka semua pasti juga mendapat ilmu dan pengetahuan dari blog elu boss…..

    bener gak bro-bro bikers semua???

  47. Hebat, hebat…
    btw, utk sementara apa gak lebih baik warna sein ZR diganti saja? ini cuma warna kan?
    daripada membuat trend yg belum tentu juga berhasil.

  48. @Onthel
    Sebenarnya saat Vega ZR pertama kali keluar sempat terpikir seperti itu juga, Gue berfikir seandainya Gue jadi YMKI, option ini akan jadi jalan keluar yang paling mudah…tapi….
    Ternyata tidak semudah itu…
    ‘Napa…???

    Pertama, Karena warna kuning pada sein Vega ZR itu sudah ditentukan dari saat perancangan design di tahap awal. Nah itulah sebabnya warna ini jadi satu kesatuan desain dengan bentuk body bagian depan dari Vega ZR. Bayangkan warnanya putih bening…jadi rada lebih aneh dan gak pantas khan.

    Kedua, mengubah warna dari sisi produk juga tidak semudah itu dimungkinkan. Gue sempat penasaran, lalu buka dan pelajari semua komponen sein Vega ZR….dari situ ketahuan kalau produk ini tidak memiliki reflektor kaca…nah bagaimana bisa diganti dengan sein bening yang membutuhkan lampu bohlam berwarna kuning yang harus memakai reflektor kaca untuk menghasilkan cahaya kuning berpendar soft, yang tidak menyilaukan mata tetapi sangat jelas saat digunakan.

    Mungkin dari Gue segitu aja, ada masukan dan tambahan dari Bro-Bro yang lain?
    Biar lebih Uhuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuy!!!

  49. Wah masih melek boss, ternyata itu sebabnya ya, pasti banyak yg berpikiran kayak gw juga sblmnya.

    btw, siasat perang yg sama juga pernah dilakukan oleh tokugawa ieyasu waktu mempertahankan benteng hamamatsu….

  50. @Onthel
    Betul sekali…wah ternyata banyak yang Expert masalah siasat tempur.
    Bro Onthel suka baca sejarah Jepang ya?
    BTW pernah baca “5 Ring” gak?

  51. iya neeh, denger2 strategy n siasat perang jepang juga keren abizz ya bro??

    elu bener boss, gue pernah bayangin kalo warna sein nya diganti bening gmn, kok rasanya aneh ya??? gak matching gitu……

    btw, bro Genesis kuat ya ampe jam stgh dua pagi masih ngechat, gua mah jam 12 udh bobok… huehehhehehehe

    kalo masalah kunci jok yang ditaruh di blkg tuh gmn boss?? kan menyulitkan pengendara wktu maw isi bbm tuh musti muter ke blkg dulu kagak bs lgsg dr samping, bukannya baeknya diganti tuh boss??

  52. intinya untuk membalikkan keadaan dan mempecundangi honda LAGI, yamaha musti keluarin produk baru lagi, baik itu produk yg bener2 baru atau produk revisi (new vega zr reborn yg dibilang bro komeng). sepertinya saat ini yamaha sedang dalam posisi terjepit, dimana 2 produk andalannya udah disodok dari bawah oleh produk2 baru yg mejadi kartu truf yg menawarkan berbagai keunggulan baik dari segi kualitas produk, desain, fitur, dan HARGA! tapi sebenarnya yamaha, gua yakin bisa membalikkan keadaan, dan bila kita lihat dari sudut pandang yg berbeda, sebenarnya yamaha saat ini dalam posisi UNGGUL! mengapa??? jawabannya jelas, produk andalan honda yg sebenarnya kan udah pada keluar semua (abs revo n blade), klo dulu mereka pake “new” revo 2008 sebagai pancingan, kali ini giliran yamaha yg “memukul air untuk menimbulkan riak”, biar penglihatannya honda pada berkunang2 semua, kikikik :p, anggap aja vega ZetpRet ini sebagai produk pancingan! sekarang musuh yg begitu kuat dengan armada puluhan ribu udah terpancing masuk ke dalam benteng kosong, di saat mereka mengira mereka telah menang, dari dalam benteng ternyata keluar ratusan ribu pasukan yg siap memukul balik musuh dan memenangkan pertempuran. nah, prakteknya, yg dimaksud “ratusan ribu pasukan” yg berhasil membalikkan keadaan adalah berbagai keunggulan yg bisa ditawarkan oleh yamaha, mengingat saat ini yamaha berada dalam posisi yg sangat pas untuk bertindak sebagai follower! klo sebelumnya honda meng-copy paste yamaha, sekarang kita copy paste balik!!! tapi ada satu kuncinya, yaitu produk baru! mau tidak mau harus rilis produk baru, mengubah persepsi customer saja tidak cukup, dan tidaklah mudah! salah satu skenario yg saya tawarkan adalah perombakan vega ZetpRet (baik itu facelift atau penambahan fitur) untuk mengimbangi revo 110, atau jupie z musti didowngrade “kelasnya”, karena dimata masyarakat sekarang jupie z itu tuh udah kemahalan (karena serangan dari blade), jadi posisinya serba salah nih, seandainya nanti jupie z yg baru keluar, mau dilabeli harga brp? klo dibanderol dengan harga sama atau sedikit dibawah blade, jupie z lama pasti terganggu kan? klo jupie z lama turun harga…….hhmmm, kayaknya yamaha ga akan ambil langkah ini klo mengacu pada artikel bro komeng tentang sejarah duel honda vs yamaha…..pihak yamaha kan udah kapok main perang2an harga……tapi bagaimanapun P-rice merupakan satu faktor penting yg menjadi pertimbangan konsumen dalam membeli motor, jadi klo nanti “jupita zz” keluar, waspadalah, waspadalah dalam menetapkan harga, harus bijaksana! selain P-rice, ada satu faktor lagi yg sangat penting yaitu P-roduct, jupie zz-nya jgn ngecewain lagi kayak si ZetpRet bro, jgn pelit kasik fitur, dan satu lagi lagu lama, DESAIN, ini merupakan x-factor yg bisa menentukan suksesnya suatu produk, coab liat angka penjualan revo 110 n blade yg biposting bro anton, pada dasarnya kan keduanya merupakan produk yg sama, desain beda, tapi sama2 ok, dan sama2 laku, coba bandingin revo 110 cw ama blade, kan mahalan blade, tapi blade tetep laku juga!!! (memang blade launching duluan sih, tapi ke depannya gua yakin blade tetep akan laku juga walaupun ada revo 110 cw). gua setuju ama opini bro komeng soal desain jupie zz yg akan datang, kita counter aja honda pake strategi mereka sendiri, satu produk untuk berbagai segmen pasar, biar honda tahu gimana rasanya klo di-copy paste ama kompetitor, uhhhuuuuyyy! jupie zz yg sporty buat gangguin blade, sedangkan yg elegan buat menyodok suprie x dari bawah! wah ga terasa udah panjang banget corat coret gua, udahan dulu dech….

    ps: selama ini honda kan udah banyak menjiplak desain milik yamaha, sebut aja 3d front shield mx, desain bodi depan mx yg runcing, n lampu vega r, kenapa yamaha ga balas meniru desain honda? coba desain lampu depan suprie x 125 dipake di salah satu motor yamaha, pasti asik! soalnya gua naksir abis ama tuh desain, uhhhuuuyyy!

  53. iya bro komeng, bagus2 siasatnya, terutama hideyoshi.
    5 ring blm baca tuh, nanti ogud cari deh

  54. @Cup2X
    Bravo!!!!
    Bravo!!!!
    Bravo, Bro….!!!

    Melihat Komen Bro Cup2X, Bro Ring Piston, Bro Onthel, dan semua Bro yang lain….. Gue bahagia, ternyata masyarakat Bikers Indonesia sangat concern akan perkembangan dunia otomotif roda 2. Ternyata Bikers-Bikers Indonesia adalah Bikers yang High Educated dan memiliki pemikiran yang tajam – mendalam akan dunia Bikers itu sendiri. Bravo…Uhuuuuuuuuuuuuuuuuy

    Terhadap Komen Bro Cup2x yang begitu mendalam, Gue setuju secara garis besar.

    Mengenai Pricing Strategy, Gue ada sedikit pemikiran pribadi yang agak berbeda. Seperti ini nich;
    Menurut Gue, jika nantinya YMKI akan menelurkan 2 New Jupiter Z yang baru seperti pemikiran Gue, maka…Pricingnya tetap harus lebih tinggi dari yang lama…(secara marketing nich/bukan keinginan Gue sebagai Bikers). Strategy pricing ini bertujuan untuk memperkuat image Premium dari Yamaha pada segment yang expressive-aggressive seperti Blade. Pada segment ini harga tidak terlalu sensitive, justru Performance dan Sporty-Expressive Design factor yang lebih sensitive. Perkuat Image product dengan harga yang justru menjahui keatas dari kompatitor ( dalam hal ini Blade) Image Product + Price Perception Quality Image akan membantu untuk merebut kembali pasar di segment ini.
    Sedangkan Jupi Z Baru yang designnya Exclusive-Calm-Conventional akan bersaing dengan New Supra X 125 dimana dalam segment ini selain model yang menawan, harga menjadi faktor yang cukup sensitive, Taruh harga sedikit dibawah New HSX125. Hingga image Maximal Value tercapai.
    Dengan demikian strategy posisioning harga yang paling tepat adalah berada di bawah New HSX125 tapi diatas Blade 110 R. (Kedua product New Jupi Z berharga sama tapi beda pilihan model). Jupiter Z yang baru justru bukan di-Sandwich, melainkan memakan musuh dari tengah-tengah. Pricing dan Image akan bekerja sama dengan kuat untuk memperkuat Brand Preception Publik terhadap suatu product yang baru di luncurkan.
    CMIIW

  55. @Cup2x
    Gue rasa New Jupi Z yang exclusive akan tampak elegance dengan design lampu model New HSX125.
    Gue setuju banget dengan pemiliran Bro Cup2x…
    Tinggal gimana YMKI merespon keinginan dari mass kolaborasi ini. He he he
    Uhuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuy!!!

  56. bener nih bro, kemaren kita kelupaan bahas mslh P-rice…. tp utk mslh price sih, gue setuju ama bro GEnesis, krn tdk semua segment pasar itu price oriented….
    ada yg price oriented, ada yg value oriented, bahkan ada yang Quality oriented, kalo kayak gitu, harga selangit tetep aja laku keras…..

    kalo ide pemisahan jupie z,
    basicly, gue stuju ama ide bro Genesis, tapi yg jd ganjalan gue, kalo jupie z dibagi 2 spt itu, emang blade n HSX bakal terganggu, tapi itu berarti Vega ZR hrs berjuang sendirian menghadapi gempuran revo 110cc. kalau siasat “istana kosong” itu sukses sih, it’s okay, tp kalo itu gagal, seblm vega zr reborn hadir image vega zr udh keburu ancur duluan. gmn donk???

    gimana kalo kita kolaborasikan aja ide bro cup2x n bro GEnesis????
    jupiezz kita bagi jadi 3, yg 2 sesuai ide bro Genesis, yg satu lagi kita buat lebih minim fitur dan diposisikan sedikit di atas revo 110???
    supaya revo 110 cc juga terganggu….

  57. @Ring
    Vega ZR-mu akan lebih cepet mati kalau Jupi Z yang ver-3 lebih murah dan diposisikan sedikit di atas Revo 110. Kanibal akan terjadi…!!!maem temen sendiri…

    Jgn takut Vega ZR hrs berjuang sendirian…
    scroll up dulu donk…di atas khan Gue sudah bilang kalau;
    “HSX125, Blade, dan revo 110 Deluxe bisa terganggu. Revo 110 CW sedikit terganggu.”
    nah…khan…

  58. iya juga ya bro, bayangan gue sih jupie z n vega zr bakal nge sandwich revo 110cc….

    cuman gue lupa kalo revo 110cc tuh scr value diatas vega zr tp secara harga di bawah vega zr.
    nah kalo new jupie ikut2an masuk segment ini dan scr value di atas revo 110, bukannya nge sandwich tuh revo, tp malah ngebunuh teman sendiri…

    ya…. ya…. ya….

    bro Genesis selalu mampu melihat secara lebih KOMPREHENSIF…..
    gue belajar banyak disini bro.

    so, maw tdk maw vega zr HARUS reborn ya bro???

    menurut bro Genesis, kalo cuman menggeser persepsi publik, tanpa reborn, akan seberapa efektifitasnya??? bisa kagak ngalahin revo 110cc??

  59. @RingPiston
    Menurut Gue…(pribadi lho)
    Tetap Bisa kok…cuma khan capek, kaya perang kalah senjata. Ibarat cuma punya pistol harus lawan senjata serbu otomatis. Apa gak bisa menang??? selama strategy oke, ya masih mungkin menang khan??? Betul Gak???

    Tapi kalo dilengkapi product reborn itu ibarat bertahan dulu, sembari mempersiapkan strategy dan kondisi untuk keadaan terbaru nanti hanya dengan mengandalkan pistol yang dipunyai sembari menunggu senjata otomatis yang lebih ampuh datang, lalu balik menekan dan menghabisi lawan. Gitu.

    Silahkan Bro RingPiston fikirkan sendiri…
    Salam Uhuuuuuuuuuuuuuy!!!

  60. Sembari menunggu senjata otomatis yg lebih canggih…??? kira2 senjata Canggihnya YMKI buat membendung AHM iko opo om komeng?? masa ngak ada bocoran nya sih sampe sekarang??? please dech

  61. jupiter z dibikin 2 versi? mo gonta ganti baju? jiplak strategi ahm dong? jilat ludah sendiri dong?

  62. Berat, Mantap, dan Nikmat.
    Baca aja dari atas sampai ke bawah butuh 2 jam. Bukan kelamaan bacanya, tapi lama mikirnya.

    Ayo Lanjutin donk.

  63. klo jupie zz headlightnya model new suprie x 125, gua ambil satu!!! jgn kelamaan bro komeng, gua keburu ambil revo 110-nya honda nich….

  64. @xxl123
    Dalam kasus yang di-atas ini ya product reborn.

    @cup2x
    Lho…..scenario jupizz jadi 2 type itu khan khayalan gue…ini cuma alternative strategy jalan keluar menurut Gue Pribadi atas komentar Bro Cup2X dan Bro Ring Piston. Seandainya saja…

    Lha kalo sama YMKI diturutin ya syukur…apalagi jupiezz yang pake headlight model N-HSX125…GUe juga ikutan Beli Bro.

  65. tapi khayalan elu masuk akal banget bro, semoga bisa jadi masukan untuk pihak pabrikan, supaya cepet2 keluarin produk baru lagi. gue ikutan beli atu deh kalo ada jupi z yang calm….
    maklum, kan gue org nya calm….. hehehe

  66. mripat mentheleng ….. gulu kuenceng …… sirahku munyeng ….. Sampeyan iku makannya apa to? terus waktu buat kerja, di rumah trus sinau lsp…. Ngaturnya gimana? Top mleot ….! Saluuut ……

  67. MANTAF KALI ULAZAN DAN BAHAZANNYA BRO. SALUT BOS

  68. Saluut Brother atas pembahasannya yg sangat dalem, gak sekedar mencerca atau menjatuhkan orang lain tanpa dasar yg dilandasi fanatisme terhadap suatu merek tertentu, kalo Honda bisa cepet belajar, berarti YMKI jg bisa dunk,terusin Om Komeng…………..

  69. @Cute Biker
    Gue nerusin kalo masih ada yang nanya aja.
    Trims.

    Salam Uhuuuuuuuuuuuuuuuuuy!!!

  70. bacanya seeh terkesan ttg strategi diatas.

    Tapi 2 New Jupiter Z expressive-aggressive & Exclusive-Calm-Conventional kayaknya harganya antara blade en hsx deh (bener ga sehh? tolong koreksinya yah klo saya salah…tq)

    en secara cc misalnya new jup z itu masih 110 apa jadi bandingan ama hsx yg ccnya udah 125???

    pertimbangan lain buat om Genesis, apa ga jadi bomerang kalo jupiter z dijadiin exclusive en premium secara harga. Secara kan tau produk Yamaha harga lebih tinggi tapi fiturnya minim, ga kayak merk laennya.

    dari diferensiasi yg Om Genesis diatas berarti new jup z yang baru itu basicnya jup Z tapi ada 2 model ( koreksi lagi yah om….tq lagi)

    Agar lebih baik knapa gak buat produk baru buat bantu vega zr en jup z. vega zr, new jup Z, & produk baru(misnya ZZ).

    1.vega zr reborn tanding ama harv 110. vegazr reborn ini disempurnakan modelnya en fiturnya (kan tau ndiri modelnya yah gitu dech….). harga lebih tinggi ga apa2 yg penting model en fitur bagus trus ditambah iritnya…jadi nilai plus.

    2.new jup z tanding ama blade(secara cc sama). harga lebih tinggi dikit tapi model keren en fitur lebih dari blade (min sama fitur kayak blade)

    3.ZZ (ccnya dibikin mirip ama hsx) tanding ama hsx. ZZ produk baru dengan teknologi baru, biar ngebuktiin klo yamaha gak hanya facelift doang( kan Yamaha smakin di DEPAN), trus modelnya Exclusive-Calm-Conventional (kata om genesis…) harga mahal dikit dari HSX gpp dech…..:p

    4.trus mx yg lama dibikin lagi (diriset lagi aja pake apa degh…….jadi bingung sendiri….:p hehehe……)biar dari segala aspek bisa nyaingin cs-1 ( terutama kecepatannya, soalnya kata orang sehh cs-1 lebih kenceng daripada mx), ehh satu lagi, fiturnya harus dibikin paling maksimal biar benar2 premium dari segala motor bebek.

    maap kalo kepanjangan, maap kalo ada kesalahan penulisan, maap kalo ada kesalahan ide/konsep, en tolong dikoreksi.

    makasih……….(^-^)!!!

  71. @emBerBocor

    Betol Bro

    CC ya minimal 115cc atau mungkin syukur kalau 120cc / 125cc

    Gak, imagenya harus dinaikin lagi, sebagian image premium juga dari faktor harga.Tapi fitur dan model juga harus premium.

    Betol

    Yap, itu juga bagus, New Jup cuma satu, diantara expresive dan calm, tapi yang baru harus bener expresive dan revolusioner, misal Bebek yang pake mesin matic, bebek matic. Jadi Blade dilompatin jauh dan HSX125 juga terhantam Jupi z New.

    Good Idea!!! Salut…
    Uhuuuuuuuuuuuuuuuuuuuy.
    Ntar yang satu sampai 4 nyusul, lagi low bat

  72. @emBerBocor
    1 Siiiip.

    2Kalau pake strategy Jupi Z pecah dua, yang expressive emang harga lebih mahal dari Blade dan fitur jauh lebih sporty biar lebih Okey.
    Tapi kalau pake strategy option ke 2, Jupi Z new tetep 1, Jupi Z New harus berada di segment antara expressive dan elegant. Maka yang New Product, misal bebek yang fullautomatic harus lebih canggih, lebih modern dan lebih expressive dari Blade. Biar mantap dan Blade jadi ngoss-ngossan.

    3Justru biar aja Jupi Z yang baru tanding ama N-HSX125, kedua Brand ini udah dalam melekat di benak pembeli, kalau main catur, biar benteng lawan benteng aja. Kalo Jupi Z baru dilawani Blade? mhm…sayang image Jupi yang dah melegenda…tapi sih terserah YMKI aja, gue mah ngikut nonton aja. Tapi lebih baik produk yang baru menghantam new segment yang masih Green Ocean, penetrasi Brand lebih mudah dan biasanya bisa tahan lama dan melegenda. Contoh yang pasti tuch Mio.

    4. Oke…setuju…MX mah harus berubah frontal go to premium Class. Dual Cakram, rear arm pisang, delta box. dll.Mantappppppppppp!!!
    Uhuuuuuuuuuuuuy

    Justru Gue seneng ada Bro Ember yang punya pikiran mendalam kayak gini…Saluut dan yang pasti Uhuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuy!!!

  73. salut bro, obrolannya makin lama makin asyikk…

    wah, bebek matic??!! siip bgt tuh bro!!!

    secara image langsung naik drastis..

    cuman dari komen bro genesis n bro ember sptnya yamaha diminta head to head ama honda??? gak salah nih? kan selama ini yamaha selalu main di kelas yg tidak head to head ama honda??

  74. Makasih buat bro Genesis, jadi bisa tuker pikiran. bener deh blog yang bro bikin bagus banget ilmunya buat pembaca…….. paten bgt deeeh…

  75. nah ini baru berkelas komment nyah, bukan black campaign….bukan marketing abal2 yg cmn bisa cuap2….
    bravo marketing!!!!

  76. Jupi ZZ walo pake fitur sekelas Blade tapi klo masih pake mesin Vega Zr yg lemot, kayaknya berat deh ngelawan ketajaman Blade yg sudah sangat2 modern.

  77. @ring piston
    Gak Head to Head kok, perhatiin aja, harga kagak, psikografis juga selalu lebih ke samping kiri dan kanan. Nah…apanya yang head to Head?

    @emBer_Bocor
    Sama-sama, makasih juga bisa tuker pikiran ama Bro Ember. Semoga Blog ini bermanfaat bagi kita semua. Thanks sudah share pemikiran di Blog ini.
    Uhuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuy!!!

    @Girifumi
    Uhuuuuuuuuuuuuuuuuuy juga.

    @alia
    Kayaknya mesin ZR masih sangat mungkin di upgrade kok.

  78. Bro Genesis, dlm bisnis, tentunya ada yg namanya intelejen. info yg di sadap biasanya soal produk kompetitor yg akan muncul, riset yg dilakukan kompetitor, sampai budget. contoh paling nyata adalah kasus ferari vs mclaren.
    trus, dlm hal ini apa benar YMKI tidak tahu produk2 kompetitor bbrp bulan sblm di launching?

  79. bener juga nih bro, di otomotif rasanya kagak ada deh produk2 yg 100% head to head.
    tapi selain otomotif (misalkan konsumer goods) tuh banyak kan bro produk2 yg 100% head to head (terutama produk2 “me too”). tul ga bro??
    (sorry ya kalau agak OOT, coz pengen sharing2 aza seeh, gpp kan??)

  80. @ bro onthel

    begini bro, melalui artikel ini kita menemukan bahwa AHM neeh strateginya bener2 diluar prediksi YMKI, bahkan AHM tahu kalau YMKI akan memprediksi demikian (sesuai tipuan / kamuflase yang dimainkan AHM). nah, kalo melihat keadaan bahwa YMKI telah termakan siasat AHM, artinya intelejen YMKI tuh GATOT alias Gagal Total, informasi yg dikirim adl informasi yg “sudah dimasak”. (nonton aja film red cliff bro, pertanyaan bro onthel bakal terjawab, terutama perhatikan saat cao cao mengirim utusan untuk menemui chou yu)

  81. @ringpiston
    hahahaha, iya lucu banget pas adegan mau mata2in malah ditipeng ama Zhou Yu……..

  82. bener banget, tuh hasilnya kalo pake mata2 yg kagak bermutu. ditipeng abis dehhh…

    wah suka film strategi toh ya bro ember ini??

  83. bener banget, tuh hasilnya kalo pake mata2 yg kagak bermutu. ditipeng abis dehhh…

    wah suka film strategi toh bro ember ini??

  84. numpang nanya nih, supra x 125 ama vega r ama absolute revo mana yg lebih irit ya? mohon diberi pencerahan…
    yg onbjektif…

  85. @newbie
    lebih irit supra x 125.. why?? karena buat dapetin maximum torsinya udah bisa di dapet di RPM yang lebih rendah yaitu 400rpm dibanding vega dan revo.
    mau yang lebih irit lagi ya pilih HSX 125 yang injeksi.. :D

  86. betulkah? klo gitu gua mau ambil satu HSX 125 yg jari2, ga jdi ambil absolute revo, thx for the info!

  87. @r1ngpiston
    lumayan daripada lumanyun…..:)
    ehhhhh bercanda…

    kayaknya Zhou Yu nya yang kepinteran om bukan mata2nya yg gak mutu…

    @yang mau jawab, terutama om Genesis deh…
    padahal teknologi listrik dah banyak, kapan neh aptm keluarin motor listrik??? kayaknya pasarnya potensial banget deh. kan sekarang jamannya bukan ngirit lagi (maksudnya irit bbm) tapi free energy (ga bergantung ama bbm)…..

  88. @ringpiston
    ahahaha lumayan drpd lumanyun :) (emang hobinya nonton film bro, jadi yang ada di bioskop gua tonton—-kecuali drama soale bikin gua tidur)

    ah itu mah Zhou yu nya yang kepinteran, ga kirim mata2 aja taktiknya Cao Cao udah ktauan……

    @semua yg mau jawab, terutama Bro Genesis
    skarang kan udah banyak teknologi listrik, napa yah aptm ga aplikasiin ke motornya??? padahal kan potensial banget tuh pasarnya disini. apalagi sekelas Honda ato Yamaha (udah ada seh merk abal2 yg jual di sini–sorry klo salah, tlg koreksi :))yg nelorin, mungkin jadi booming tuh di indo. sbgai pertimbangan jaman skr jgn cari kendaraan irit (yah maksudnya masih bergantung ama bbm yg nti nya abis dah) tapi yg free energy (ga akan abis maksudnya..). tq

  89. @Onthel
    Begini Bro…
    Bisa jadi informasi intelejen dah masuk tapi tak dipercaya oleh jajaran para Sang pengambil keputusan yang dah mabok akan kepercayaan diri.
    Lagi pula, bisa jadi karena pukulan yang menimbulkan riak ini, gerakan yang sesungguhnya justru tidak ditangkap, yang dianggap dan diperhatikan malah bayangan semu yang sengaja diciptakan itu. Berhubung dah mabok…justru para pengambil keputusan di Yamaha mungkin malah over kepercayaan untuk mengangap bayangan semu yang diciptakan tadi sebagai kenyataan yang akan terjadi.

    mirip …kronologis perang Yom Kippur…nah khan!!!

    Uhuuuuuuuuuuuuuuuuuuy!!!

  90. @emBer_Bocor
    Emang saat ini teknologi sepeda motor listrik dah bukan barang impian. Apalagi dengan berkembangnya Bat-cell tipe Lithium Polymer yang ringan, kompak, berkapasitas besar dan dengan out put volt yang lumayan kuat, per cell 3.7 volt,.
    Tinggal pake berapa cell, kaliin sesuai kebutuhan volt-nya.
    Nah, dengan teknologi motor listrik (komponen mesin penggeraknya) yang semakin effisien, bertorsi besar dengan rpm yang tinggi dan memiliki friksi kecil, tentunya gak mudah panas juga…teknologi sepeda motor listrik juga semakin gampang untuk diaplikasikan.

    Tinggal yang perlu dipikirkan adalah nego-nego politik, upaya perubahan major resources energy ini dapat mengakibatkan perubahan struktur tatanan social-ekonomi dan politik yang dampaknya sangat besar.

    Kedua, bagaimana dengan kesiapan masyarakat sendiri untuk menerima suatu perubahan teknologi baru dalam kehidupan mereka.

    Ketiga, bagaimana dengan biaya dan persiapan segala sarana dan prasarana pendukung lainnya, seperti stasiun pengisian cell listrik, atau stasiun penukaran cell listrik yang kosong dengan yang penuh. Akankan Pom bensin yang kita kenal selama ini akan tutup atau malah berubah sesuai dengan kebutuhan perubahan jaman akan teknologi tersebut.

    Segini dulu aja, mungkin Bro yang laen juga pada tertarik untuk membahas lebih dalam dari Gue…

  91. @ bro ember
    bener bro, tapi film itu emang bagus banget, “menginspirasi”

    gue setuju bro, “perubahan itu perlu” (jadi kayak iklan aja)

    kalo kagak bisa sepeda motor listrik ya hybrid dulu lah…. gmn?

    @ bro Gen
    gmn bro, hybrid dulu bisa kagak?
    mustinya, selama demi kebaikan bersama (konsumen, produsen, negara, bahkan dunia) dimana dengan motor listrik kita bisa lebih efisien dan lebih ramah lingkungan seharusnya pemerintah dukung donk….
    gue sadar emang ini bisa jadi sprti revolusi industri di inggris, bisa mengubah tatanan social politik ekonomi….
    btw, kan mustinya ini malah bisa jadi bahan kampanye presiden, kalo gue capres pasti gue angkat ini jadi kampanye politik, kan lebih “unconventional” huehehehehe (kok jadi ngomongin politik gini….. gpp ya bro….)

  92. @ bro Genesis
    ada seh TA (tugas akhir) temen gua mau ambil konsep motor roda 3 pake energi listrik lewat aplikasi dari sebuah mobil (merk-annya rhs….:)) trus terbesit gua bikin yg roda 2 (motornya). ternyata teknologi ini sangat bisa diaplikasikan… :).
    dengan catatan HP nya sangat luar biasa untuk motor bila seperberapa teknologi listrik dari mobil ini langsung digunakan (setara motor sport—sorry itungannya udah ga ada, jadi gua lupa…). trus klo mau isi batere tinggal colok di rumah; bener loh kayak ngecharge hp… :) bener2 ebat jadi ga usah beli bbm.

    Tapi kata dosen gua konsep TA kayak gitu perancangannya amat mudah, gak jadi ambil deh tuh konsepnya…:( ( nb : perancangan yg mudah itu maaf bukan maksud meremehkan, maksudnya cuman ambil teknologi itu trus dijadiin motor— jadi itu maksud mudahnya. soalnya ergonomi buat motor yg bagus kan tinggal nyontek :)..)

    Masalah kesiapan gua jadi orang yg pertama beli deh (apalagi klo kualitas mantap), lagian di daerah gua lumayan banyak pake motor listrik( merk Taiwan klo gak salah.tlg koreksi lagi)—terutama ibu2 yg kepasar.

    Misalnya klo produk itu ada, kayaknya ngambil pasarnya gak akan seberapa ( dengan catatan produk ini adalah “produk yg penting sampe”), soalnya kan masih ada motor lain yg butuh minum bbm (karena tidak mungkin bila teknologi ini ada semua orang akan beralih.

    Trus klo misalnya pom bensin merasa terganggu, yah itu mah tinggal tunggu waktu. ingat sumber daya minyak pasti abis lambat laun…. klo minyak abis emang mau dibikin trus tuh pom bensin????

    @Ringpiston
    klo bisa langsung bagus kayak teknologi listrik ngapain ke hybrid.

    Honda (pabrikan inipun berpikir free energi lohhh……) pun masih pusing loh mau produksi massal mobilnya pake energi hydrogen cair. soalnya klo bikin stasiun pengisiannya masih maaaahahhhahahallllll……….(sama kayak mobilnya maaaahhhhhaaaallllllll banget).

    free energi—> gak bergantung ama bbm, rendah polusi, hemat biaya, dllll……

  93. saya pernah pingin beli motor listrik kalo nggak salah merknya trecko, sdh test ride malah kesannya nyaman nggak ada getaran
    tp setelah dipertimbangkan akhirnya nggak jadi beli karena itu motrik kalo aku amati kwalitas plastiknya aduuh jelek banget dah
    kedua waktu aku tanya jika ada komponen yg rusak gimana ketersediaan partsnya, jawaban yg aku terima nggak memuaskan kayak misal harus pesan dulu dr jakarta etc
    coba kalo yg ngeluarkan ATPM (AISI) lain ceritanya

  94. @genesis
    terkadang kita memang begitu terlalu takut dng perubahan (spt ketakutan beralih dr windows ke Linux)
    kalo ATPM ngeluarkan motor listrik saya yakin tidak akan terjadi perubahan tatanan sosial ekonomi scr instan mmg ada perubahan tp secara alami dan kita mmg blm bisa melepas ketergantungan thd BBM

    justru sekaranglah saatnya mengeluarkan motor listrik kenapa?… demand sdh ada btw supplynya msh blm sesuai keinginnan. malahan saya berfikirkan akan terbukanya peluang2 usaha semacam yg bro genenis sebutkan.
    lagian kl ngeluarin duluan dialah sang pioneer
    sekedar kasih pendapat aja bro sbb saya bukan orang marketing.

  95. Yaahhhhh, lagi lagi masyarakat yang jadi korban

  96. gw gk setuju….menurt gw honda yg selalu jiplak yamaha mulai dari beredar nya matic honda kopi tuh pgn punya matic juga tp paaran nya kurang bagus honda mang lebih irit tapi bwt style dan gaya dalam monuver di jalan yamaha no 1 coy… lu liat aja setelah yamaha keluarin fino honda bakalan keluarin matic ap pasti maksain lagi model nya

  97. eh icko, elu pikir nih men, elu milih pioneer yang sudah mati suri karena kagak pernah berinovasi atau elu milih follower yang inovatif???
    mio tuh udh mati suri krn kagak pernah ada inovasi apa-apa lagi, kagak ada fitur2 tmbhan apa-apa lagi. contoh tuh honda beat yang punya ribuan fitur2 yang bikin kosumen makin aman dan nyaman. orang buta pun milih beat men!!!
    mau komen tuh mikir dulu men, jangan asal tulis aja!!!

  98. Kalo menurut saya Yamaha itu pelit kalo ngasih helm buat konsumennya, helmnya murahan banget kecuali kalo beli varian Jupi MX & V-ixion.
    Pengalaman saya waktu beli ScorpioZ CW dikasih jaket ala kadarnya dan helm half face yg mungkin dipasaran harganya kisaran 50 – 80rb.
    Mungkin ada org Yamaha yg gak percaya & mau ngecek kebenarannya apa betul saya beli motor tsb.
    utk sekedar info pembelian, saya beli motor tsb:
    atas nama: Haris Irwansyah
    Merk/Type: Yamaha 5BP-Z Scorpio
    No. Rangka: MH35BP0067k087247
    No. Mesin: 5BP087307
    Thn. Pembuatan: 2007
    Tgl. pembelian : oktober 2007
    Nama Dealer: Yamaha Yes, Jl. walikota Mustajab Surabaya

    Saya tertarik beli motor ini karena : • akselerasinya • Bodi ama mesinnya proposional.
    Pokoknya cocok dg postur saya yg cuman Tinggi: 165 cm & Berat 62 kg

  99. @anton_ks
    Bro kira-kira PLN apa sudah siap jika seumpama orang se Indonesia beralih pake motor listrik?
    Jadi ingat kejadian PLN lagi krisis Batu bara gara-gara pengirimannya telat, hi hi hi hi hi

  100. @PAIJO
    kan diatas sudah gw sebutin,
    “kalo ATPM ngeluarkan motor listrik saya yakin tidak akan terjadi perubahan tatanan sosial ekonomi scr instan mmg ada perubahan tp secara alami dan kita mmg blm bisa melepas ketergantungan thd BBM”
    tidak mkg secara spontan orang se indonesia langsung pindah ke motor listrik.

    bro pernah dengar di daerah bantul setelah bencana gempa di thn 2006?…
    saat infrastruktur listrik rusak berat mereka berfikir bgmn caranya spy malam tetap terang … so mereka akhirnya bikin/ngrakit solar sell.
    spt yg sekarang banyak dipakai utk traffic light terutama jogja.
    dan memang skr ini solar cell masih mahal….tp ini kalo menurut saya justru peluang

  101. denger2 tahun 2009 ini honda mau nelurin spesies baru supra x, benarkah? ada yg punya bocoran infonya? kira2 bulan apa ya? klo memang bener gua mau pending dulu beli supra x nya….

    tlg share kelebihan2 dan kekurangan2 supra x 125 dunkzz…..

  102. denger2nya bulan juli ya? duit brp ya?

  103. @anton_ks
    Iya, prinsipnya Gue setuju ama perubahan, tapi kadang kala soal politik ujung-ujungnya dapat mempengaruhi keputusan strategic ekonomi.

  104. Bagus nich blog-nye
    Btw, ada info kah model2 baru yang bakal beredar taon in..?
    Kalo info yang diatas kan pengharapan kita sebagai konsumen
    Klo yang riil mau keluar ada datanya gak boss..?
    Mohon pencerahannya…. (^_^)

  105. jupie zz kapan nongolnya nih?

  106. @aRChie
    Product baru 2009, bocoran selalu Gue siapin Bro, tenang aja…ikutin terus Blog ini. Pasti penuh dengan Bocoran.

    @cup2x
    Sabar, ntar tahun ini pasti nongol

  107. Yo wes meng tak tunggu bocoran nya lagi,tapi yg tipe sport yah masa bebek maning bebek maning iki piye toh??? dah mo mei loh…! daku cape menunggu……..!

  108. yaaagh itulaagh strategy… so jangan mudah terjebak… !!! Kalau kena jebakan… yaaagh udaggh… advertising cost nya… yang jor-joran… impact berikutnya… monggo itung sendiri… layaknya abis arang besi binasa… ??? :D

  109. yah…hari gini masih mikirin bebek terus, gimana motor lakinya? jualan tigernya gimana? tuh tiger kamarin lampu depannya tambahin lagi atu biar seimbang trus namain Tiger revo plus ha…ha..

  110. kalo gituch ketahuan sekarang, siapa yang berfikiran jernih dan siapa yang berfikiran keruh ….

  111. Pingback: Prediksi langkah (produk baru) YMKI versi Mind Genesis | Mind Genesis

  112. emprit terbang

    ck ck ck ck ck, sampai gak bisa komen lagi

  113. josss

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s