Diskusi Asik dari komentar Bro Kakang Ali

Kali ini kita diskusi ringan aja Bro, biar makin banyak yang ikutan diskusi.

Berdiskusi dan menebak-nebak itu memang asik, apalagi ada data sebagai basic bahan perdebatan, pastinya jauh lebih asyik lagi. He he he… Alkisah Gue sedang membaca komen-komen para Bro-Bro sekaligus Sahabat-Sahabat Gue di lapak ini…eh ada salah satu Komentar yang cukup menarik perhatian Gue. Tak perlu tunggu waktu lama lagi….ini dia…komentar yang cukup menarik perhatian Gue, yaitu komentar dari Bro Kakang Ali. Dimana Gue secara pribadi menyayangkan jika komentar ini dilewati dan tidak menjadi Stop Point Discussion yang berharga. Oleh karenanya Gue berkewajiban mengangkat komen ini menjadi satu topik khusus yang membutuhkan diskusi dan pendalaman yang khusus pula. Oke ini dia komentarnya:

Kakang ali | Juli 14, 2011 pukul 10:12 am |

Smart atau faktor luck yang kita share sampai saat ini belum menyentuh kepada masalah target dan realisasi.

1. Target penjualan Yamaha yang 3,6 juta unit (http://otomotif.kompas.com/read/2011/01/04/14373238/Yamaha.Naikkan.Target.Penjualan.2011) sampai saat ini hanya berapa persen pencapaian.

2. Target Honda yang semula 4 juta unit malah di tertawain para FB termasuk Mbak Sheila yang (pro) YMKI dengan mengaitkan keadaan perekonomian.
Akhirnya AHM malah menaikkan target 300ribu unit lagi.
http://otomotif.kompas.com/read/2011/06/30/16390989/Honda.Genjot.Lagi.Target.Penjualan.Tahun.ini.Menjadi.4.3.juta.unit.

Sayang sekali komentar-komentar dan diskusi berikutnya tak begitu mengangkat dan menindaklanjuti pernyataan di atas, padahal kalau mau lebih diseriusi, dari untaian data sederhana ini dapat dilanjutkan dengan rajutan proyeksi prediksi masa depan. Misal saja hitung-hitungan matematis dan analisa dasar perkiraan produksi sampai akhir tahun ini bagi kedua belah kubu Brand Motor ini.

Lalu segera ikuti dengan membuat proyeksi kumulatif Market Share dalam 1 tahun, tapi ingat ada parameter penting disini, yaitu perkirakan stock yang terjadi di market karena suatu produk terserap atau tak terserap market. Lebih penting lagi… kita harus mengikuti time line Market Share bulanan dari Januari sampai ke periode Juni 2011 lewat data-data Bang Edo…Terus tariklah garis imajiner berdasarkan intuisi dan prediksi kita ke akhir December 2011 ini.

Tentu saja intuisi dan prediksi tadi haruslah dipadukan dengan hasil analisa data target produksi diatas (komentar Bro Kakang Ali) yang telah di olah ke dalam prediksi produksi real yang dapat dicapai. Kemudian diolah lagi ke dalam prediksi market share kumulatif tahun 2011 ini yang dapat diserap market. Setelah itu baru di Distinction Bulan per Bulan dari data Bang Edo, maka sisa 6 bulan kemudian dapat di Forecast dengan rapi dengan acuan prediksi market share kumultif tahun 2011 hasil olahan kita tadi.

Forecast penjualan bulan per bulan mendatang  juga harus di olah dengan data-data perkiraan Product baru atau line up baru ke dua belah kubu yang biasa disajikan oleh Kang Taufik di Blog TMC. Maka setelah diolah berdasarkan parameter dan faktor-faktor tadi secara koperhensif, akan didapatkan hasil yang cukup mencengangkan di bulan September-October-November-December 2011.

Ini cuma salah satu contoh tindak lanjutnya, sedang hal-hal lain yang masih dapat kita kupas satu-persatu lebih deeper and deeper again masih banyak lagi. Nah karena itulah Gue berkewajiban mengangkat “berlian” ini agar menjadi perhatian para komentator disini sehingga semakin berhargalah diskusi kita.

He he he….ayo dilanjut disini aja…diolah-diolah, diramesi dan didiskusikan bersama. Salam Uhuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuy!!!

About these ads

87 responses to “Diskusi Asik dari komentar Bro Kakang Ali

  1. smartinnovation

    Pertamaxxx!!!

    Baca dulu

  2. yellowhamster

    Numpang lapak Bro,mau promosi nih. Kalau mau kasih kado buat istri/pacar/kekasih/selingkuhan/pacar gelap,dll. Bisa
    kasih korean fashion jewellery seperti kalung yg dihadiahkan Gun Jun Pyo ke Geum Tjan Di di serial BOYS BEFORE FLOWERS, beli saja kadonya di Fellicia Jewellery http://www.facebook.com/felicia.aichen .Bagus2 barangnya lohhhh…So nice en cute.Harganya juga sangat terjangkau , gak bikin kantong bolong . Barangnya juga READY STOCK, jadi gak perlu nunggu lama. Yang pasti bikin istri/pacar/kekasih/selingkuhan anda HAPPY. Apapun motor anda, FELLICIA JEWELLERY pilihan pasti, IRIT di kantong, KENCANG efeknya, cepat membuat org yang anda kasihi makin menyayangi n lengket sama anda selengket ban BATTLAX.

  3. aslie deeper than before Bro Uhuiii

  4. Maos rumiyen

  5. nyomot dari kang edo..

    “Pada Januari-Juni 2011, Honda mencatat pertumbuhan sekitar 25,99% atau dibulatkan menjadi sekitar 26%. Sebuah pertumbuhan yang cukup besar jika dibandingkan dengan rival utama, yakni Yamaha. Sekadar gambaran, pada Januari-Juni 2011, Honda meraih sekitar 2,1 juta unit,”

    kalo ngeliat tren honda yg terus naik…kemungkinan target 4,3 unit akan terlampaui..apalagi kabarnya bln agustus, pabrik khusus matik akan mulai beroperasi..nampaknya inden spacy dan beat di beberapa daerah bisa diatasi..

    utk yamaha,
    “Sementara itu, Yamaha mencatat pertumbuhan volume penjualan sekitar 0,51%, menjadi sekitar 1,65 juta unit”

    wah…kalo ini saya kuatir..
    target 3,6 juta unit, bisakah tercapai?
    kalo jualan rata-rata perbulan di angka 250 ribuan aja, berarti di sisa tahun yg ada 6 bulan, cuma dapat 1,5 juta unit lagi..(belum lagi tren yamaha yg terus menurun)

  6. coba iseng2 olah data
    H:
    target awal 4 juta (set awal kapasitas 4jt/12 bulan = 334000/bulan) .. nah ada revisi naik jadi 4,3 (hebat juga nih …kalo ada masalah stok nga kejual di toko2nya H pasti nga akan ada revisi kenaikan)
    reality :
    Sem 1 tercapai 2,1 juta ==> kekurangan 2,2 juta untuk semester 2 ===> berarti tiap bulan kira2 bisa 367000.

    Y :
    Target udah ditetapkan 3,6 juta sejak awal dan tidak berubah ===> berarti Y otomatis udah punya capacity per bulannya di 300.000 …
    ;
    reality sampe sem 1 pencapaian Y : 1,65 juta ==>dibagi rata menjadi 275.000/bulan …ada lost 25000/bulan selama 6 bulan……pertanyaannya kenapa nga maksimal ..kalo nga salah Y itu pernah distribusi diatas 300rb…apakah ada problem stok yg nga kejual di toko2nya Y or masalah lain.

    3,6 – 1,65 = 1,95 jt ==> dibagi 6 bulan sem 2 ===> rata2 perbulan harus distribusi : 325.000/bulan ….wah tercapai nga nih…liat dulu deh langkah2 apa yg dilakukan Y

  7. Akhirnya 10 besar di warung para genius,permisi nyimak aja gan…..

  8. diskusi asik…nyimak ajalah…

  9. jangan lupa untuk melihat siklus tahunan juga bro, dimana bulan-bulan tertentu ada yg naik tajam (menjelang lebaran) dan biasanya agak turun di akhir tahun. tinggal dilihat saja data distribusi aisi thn lalu. salam.

  10. absen dulu aja…

  11. menyimak dulu sambil pelan pelan mencerna…

  12. lae togar anak medan

    akan didapatkan hasil yang cukup mencengangkan di bulan September-October-November-December 2011.
    ———————————————————————————————

    kalau ngak zalah bro ada yg melezit naik dan ada yg ndlozorrr/melezit kebawah. mungkin itu maksudnya.

  13. lae togar anak medan

    dan dari kutipan diataz, mungkin target 2x,xx % tsb menjadi kenyataan.

  14. Mau gak mau untuk meningkatkan sale YAMAHAL agar tercapai target 300 rb/bln harus manambah produk baru, krn kapasitas YAMAHAL sudah mumpuni di angka 300 rb/bln tapi jualannya tidak menacapai 300 rb/bln…
    Alamak nih…dengan kondisi sekarang yg makin menurun penjualannya krn produknya kalah sama kompetitor jadi pesimis nih YAMAHAL akan memenuhi target penjulan di angka 3.6 jt unit sampai akhir tahun.
    Kecuali dia menyetok produk disetiap delernya hingga luber gak peduli bakan terserap pasar/tidak… biasa demi gengsi

  15. dari dua pabrikan raksasa ini aja sudah 8 juta motor satu tahun…

    Luar……biasa

  16. pertanyaannya adalah : apakah karena motor jadi macet …atau karena macet jadi banyak motor ?

    apalagi kalo premium itu sudah tidak disubsidi harganya mahal …. efeknya : ada kemungkinan yg naik mobil pindah ke motor….orang2 akan cenderung menggunakan kendaraan yg irit bbm ………….kecuali transportasi macam MRT sudah ada , akan memberikan efek pengurangan kepemilikan kendaraan..

  17. Terima kasih untuk pencerahan dan membahas proyeksi penjualan semester kedua ini, walaupun komentator disini semuanya kelas berat, ane yg nubie mencoba untuk komen, mohon di koreksi bila tidak benar.

    Saya sangat terkesima dengan artikel Bro Kemeng : Yamaha Indonesia akan Kalah Telak tahun ini (2011). (http://mygoldmachine.wordpress.com/2011/03/24/yamaha-indonesia-akan-kalah-telak-tahun-ini-2011/) , dengan lantang Bro membuat prediksi : “Prediksi Gue Yamaha Indonesia bakalan Kalah dari kompetitornya tahun ini, bukan sekedar kalah, tapi KALAH TELAK.”
    Jujur saja pada awalnya saya berpikir Bro Komeng sudah gerot (maaf : geger otak) karena berani sekali secara radikal membuat prediksi yang boleh dibilang extreme malah salah satu blogger papan ikut mencibir prediksi anda.

    Prestasi AHM Semester I tahun ini sangat mencengangkan dunia permotoran dengan pertumbuhan 26% dan kompetitor terdekatnya hanya 0.5% saja. Dengan penambahan kapasitas dan speed produksi (ditambah produk2 baru sampai akhir tahun), bila tidak ada gejolak moneter dan politik dapat dipastikan Pressure AHM akan lebih dashyat lagi.

    Tulisan Bro komen diatas :
    “…kita harus mengikuti time line Market Share bulanan dari Januari sampai ke periode Juni 2011 lewat data-data Bang Edo…Terus tariklah garis imajiner berdasarkan intuisi dan prediksi kita ke akhir December 2011 ini.

    Ane mencoba untuk memberikan pandangan pribadi :
    Fakta sampai saat ini adalah bahwa dari data AISI terakhir Yamaha sdh dilevel 36,xx%, artinya dari rata-rata 2 tahun terakhir sdh terjadi penurunan sekitar 20%, bila Semeter II tahun 2011 kita mulai dati titik awal 36% dan melihat tendensi penurunan tahun ini yg bekisar 20%, maka sampai akhir tahun market share Yamaha dibawah level 30% adalah bukan hal yang mustahil, karena kompetitor utamanya menaikkan kapasitas dan speed produksi.

    Dari target tahunan yang YMKI canangkan untuk tahun ini sisa pada Semester II YMKI harus rata-rata mendelivery 325.000unit/bulan sedangkan Honda yang bekisar 367.000 unit/bulan, saya rasa untuk sisa pencapaian AHM jauh lebih realistis berdasarkan performance semester pertaman tahun ini.

    Yang ane minta lagi Bro Komeng (karena keterbatasan kemampuan ane), untuk memberikan pencerahan yang lebih mendetail mengenai tulisan dibawah ini untuk artikel selanjutnya.

    “Forecast penjualan bulan per bulan mendatang juga harus di olah dengan data-data perkiraan Product baru atau line up baru ke dua belah kubu yang biasa disajikan oleh Kang Taufik di Blog TMC. Maka setelah diolah berdasarkan parameter dan faktor-faktor tadi secara koperhensif, akan didapatkan hasil yang cukup mencengangkan di bulan September-October-November-December 2011.”

    Mudah2an artikelnya brojol dalam waktu yang cepat.

  18. Kakang Ali.

    Barangkali bisa disimpulkan kurang lebih MS YMKI total Akhir tahun lalu adalah 44,XX% Bulan june adalah 36.XX% jadi secara persentasi ada penurunan 8% . Dan jika Tren ini terus belanjut makan bulan December akan kurang lagi 8% sehinga bulan Dec MS nya kepala 2X.XX%. Gitu kali ya? Walaupun secara Year to Year tentu masih akan diatas 3X,XX%. Akan Tetapi Prediksi Bro Komeng tetap sangat relevan dengan kondisi Real.

  19. Yamaha mengalami penurunan di Mio CW dan Vega ZR.
    Kalopun fby bilang Mio masih digemari, tapi keadaan dah berbeda dengan taun 2010… silahkan cek sendiri di dealer.
    Kalo Vega ZR, di seluruh Jateng dah seret setelah lahirnya revo fit, penjualan ZR lama (sebelum minor change) gak lebih dari 500 biji sebulan di jateng

  20. kalo ane ngeliatnya tergantung dari manajemen ymki di paruh kedua tahun ini…melihat dari line-up produk yang ada sekarang,akan sangat sulit bagi ymki menghadapai AHM saat ini.semua produk-produk tulang punggungnya sudah babak belur,tidak terkecuali vixie di segmen motor sport.tapi ane ngga yakin kalo ms ymki anjlok jauh jadi2x.xx,karena image brand yamaha masih sangat kuat.perlu diketahui juga,market yamaha baru akan anjlok parah kalo dia kemakan dari atas dan bawah.dalam artian yang memakan pangsa pasarnya bukan hanya honda tapi juga suzuki ataupun kawasaki.karena kalo kita flashback kebelakang pangsa pasar yamaha melesat tajam karena banyak ms dari kompetitor yang terambil olehnya.

  21. Engine Enforcer

    Ck ck ck ck……

  22. Moga-moga aja YMKI meluncurkan produk anyarnya jelang lebaran atau pun pasca lebaran…sebagai peluru cadangan guna mencapai target penjualan tahunan.

    Ayo YMKI….. Kamu bisaaa

    AHM dengan PeDenya 4,3 juta tahun ini…? Tentu bisaaa :-)

  23. Kalo gw sih brantas produk produk yang cuma bikin numpuk diler…keluarkan model model baru tanpa biaya tinggi aka ganti baju saja,segera keluarkan Vega z fit,dan minta maaf atas iklan iklan yang dulu pernah berbau BC dan arogan…jangan hiperbola juga dalam ngiklan masak motor 5 tahun pistonnya baret aja enggak…bangun imej tandingan one heart…dan buat YMKI ojo dumeh…karna momentum lorenzo masih bisa diangkat.

  24. denger dari siapa ya, kayaknya Y dah revisi target ke 3.3.

  25. Safety Rider

    Setelah membaca ini dan mengingat kembali tulisan yg YMKI kalah telak, dimana grand strategy YMKI ga jelas saat ini.
    sekarang ane memahami, mengapa AHM memberi harga 33 juta untuk CBR 150.
    AHM mengetahui terlalu berat buat mereka menckd atau memproduksi cbr sendiri saat ini. sedangkan YMKI ga akan mengeluarkan R15 jika AHM ga ngeluarin CBR 150 ( ymki cm ngekor ahm aja). jadi daripada memberatkan diri sendiri lebih baik CBU, toh R15 masih jauh dimata, masih ada waktu setahun lebih, untuk itu. fokus ke pengganti honda tiger.

    ane berharap new tiger 32juta 250 cc, biar tetep masuk premium, sekarang 32 juta ga terlalu tinggi, minerva aja laku, dr pada 225cc sedangkan kompetitor akan 250 cc. walaupun keliatannya AHM ga akan ngelurain tiger 250 tp berharap aja.

  26. Soal forecast, jujur itu kerjaan sehari-hari bagi saya. Tapi kalau harus forecast dengan tingkat kerumitan dan banyaknya non linear variable serta komplektisitas parameter yang harus di substitusikan seperti petunjuk Bro Komeng. Jujur itu sudah diluar kemampuan pakar forecast sekalipun. Mungkin hanya sekumpulan genius yang bisa.

    Salute, sekali lagi salute.

    @safety rider
    setuju dengan anda Bro Safety, bagi saya CBR 150 dengan angka 33juta adalah langkah dan kebijakan yang sungguh tepat untuk keseimbangan image dan maket size bagi CBR itu sendiri maupun NMP 150 dalam menghancurkan line up sport Yamaha. Itupun setelah baca beberapa artikel disini saya baru sadar. sama seperti Bro Safety.

  27. apakah kesimpulannya Yamaha bisa capai share 2x,xx% ?
    bagi saya yang penting itu.

  28. jangan2 ymki ngeliat keluarnya cbr150 itu adalah decoy dari ahm untuk memasukan tiger250 , makanya ada tpt baru dari yamaha untuk mendahului ahm dengan memasukan sport 250 /maybe fazer,scorpio 250 or else…..wah kalo emang seperti kesimpulan dari si Y menurut gua salah langkah lagi..hehehe :D :D

  29. Engine Enforcer
  30. red district

    mana nich om bro SAS ama smart innovation……

  31. Engine Enforcer

    Bro Smart gak keluar kandang, mungkin lagi cari dopping.

  32. Engine Enforcer

    http://proud2ride.wordpress.com/2011/07/19/tren-penjualan-yamaha-semakin-mundur-di-semua-segmen-aisi-juni/

    buat tambahan ref Bro Komeng dan semua Bro disini, biar diskusi makin nyaho.

  33. smartinnovation

    @ Bro engine : justru kl mau cari dopping kan hrs keluar kandang Bro. Hue he he. Kl melihat data aisi dr link ente, dan sedikit berintuisi sesuai petunjuk yg pny warung, prediksi saya, IMHO, Y akan terjun ke MS 2X,xx di bulan november (prediksi saya sekitar 28,1%, dgn penjualan 180rb an unit), setelah bertahan dgn MS 31,2% dgn penjualan 210rb an unit di bln okt. Dengan total smt II Y menjual 1.330.000an unit. Prediksi saya lebih banyak didasarkan pada intuisi persentase terserapnya unit di market, kondisi demand motorcycle monthly tendency, dan adanya planning2 produk baru yg akan dilaunch. Secara jujur, saya akui, tentunya dalam hal prediksi saya, scr presisi, masih jauh di bawah Bro SAS, Bro kakang ali, dan Bro2 yg lain. So, CMIIW. I’d like to. Thank’s

  34. smartinnovation

    @ Bro engine : justru kl mau cari dopping kan hrs keluar kandang Bro, kan di dlm rumah cm ada vit c. Hue he he. Kl melihat data aisi dr link ente, dan sedikit berintuisi sesuai petunjuk yg pny warung, prediksi saya, IMHO, Y akan terjun ke MS 2X,xx di bulan november (prediksi saya sekitar 28,1%, dgn penjualan 180rb an unit), setelah bertahan dgn MS 31,2% dgn penjualan 210rb an unit di bln okt. Dengan total smt II Y menjual 1.330.000an unit. Prediksi saya lebih banyak didasarkan pada intuisi persentase terserapnya unit di market, kondisi demand motorcycle monthly tendency, dan adanya planning2 produk baru yg akan dilaunch. Secara jujur, saya akui, tentunya dalam hal prediksi saya, scr presisi, masih jauh di bawah Bro SAS, Bro kakang ali, dan Bro2 yg lain. So, CMIIW.

  35. Mhmmm, itu sih masih proyeksi 1 sisi. Jauh dari tutorial sang empunya Blog ini.

  36. smartinnovation

    @ Bro SAS : bisakah kita semua yg ada disini diberikan kesempatan melihat Prediksi Bro SAS yg pekerjaan sehari-hari nya adalah membuat forecast (seperti yg anda sampaikan di komen anda di atas)?? Tentunya jika Bro SAS bersedia sedikit berbagi ilmu dan berdiskusi lebih jauh mengenai hal ini di warung yg dengan rela membagi-bagikan ilmu yang terdahsyat ini.

  37. @ Bro smartinnovation,

    IMHO, Y akan terjun ke MS 2X,xx di bulan november (prediksi saya sekitar 28,1%, dgn penjualan 180rb an unit), setelah bertahan dgn MS 31,2% dgn penjualan 210rb an unit di bln okt. Dengan total smt II Y menjual 1.330.000an unit. Prediksi saya lebih banyak didasarkan pada intuisi persentase terserapnya unit di market, kondisi demand motorcycle monthly tendency, dan adanya planning2 produk baru yg akan dilaunch. Secara jujur, saya akui, tentunya dalam hal prediksi saya, scr presisi, masih jauh di bawah Bro SAS, Bro kakang ali, dan Bro2 yg lain. So, CMIIW.
    ———————————————————————————————–
    Menarik sekali berdasarkan analisa bro Smart, ( hehehe…setelah bersemedi ) yg memprediksi penjualan Y di bilangan 1,33 jeti dengan penjualan 210rb di Okt. Minta izin untuk mencoba mengutak-atik angka diatas.

    1. Saat ini, penyerapan pasar terhadap produk2 Yamaha lumayan jenuh (kecuali Byson) dibanding dengan kompetitor utamanya Honda, walaupun secara delivery naik 26% dibanding tahun lalu, masih terjadi indent untuk produk2 skutik tertentu (terutama Vario dan Spacy di beberapa daerah). Dengan kapasitas dan kecepatan produksi yg bakal naik dibulan ini, angka penjualan Honda akan naik, sedangkan Yamaha yang mulai jenuh dan tendensi yg turun akan semakin terkuras. Dengan penyerapan pasar yang mulai jenuh (baca: stock menumpuk di dealer) YMKI pasti akan men-slow down produksi di semester II ini. Market share Skutik Yamaha terus turun dari 45.8% di January 2011 menjadi 40.1 pada bulan Juni ini.

    2. Penjualan Honda di segmen bebek di prediksi bakal lebih moncer lagi karena adanya 2 produk baru lagi, ini tentu akan semakin memperlebar jarak dengan Yamaha di segmen ini. Dari data AISI Market Share Bebek Yamaha tergerus terus dari Jan 2011 = 35.1% menjadi 31.1% mungkin karena efek diluncurkannya Revo Fit sebagai Vega ZR Killer, ditambah dengan 2 produk baru lagi semester ini dapat dipastikan angka bebek Honda akan naik secara signifikan.

    3. Asumsi penjualan komposisi sport Y dan H stabil ngak ada perubahan.

    4. Penjualan diprediksi akan peak pada bulan Agustus, September bakal menungkik tajam dan delivery Honda serta Yamaha sama2 turun di September. sepertinya biasanya saat2 ini Honda pasti akan launching produk baru untuk “shake the market” agar pasar lebih bergairah, sedangkan Yamaha belum keliatan gebrakannya. Bulan berikutnya Oktober akan semakin ketinggalan sampai November (Prediksi Bro Smartinnovation dibawah 200ribu)
    Jadi saya rasa prediksi Bro Smartinnovation ada kaitannya dgn hal ini (CMIIW).

    5. IMHO, Bila memang benar prediksi AHM total demand pemain AISI di angka 8,1 juta unit (Dgn market share 53% total 4,3 juta unit), semester I Yamaha yg telah meraih angka sales 1.646.084 unit dan bila semester II ini YMKI berhasil menjual 1,330,000 berarti secara total katakanlah 3 juta unit angka akhir Yamaha akan berada di level Market share 37% untuk satu tahun. CMIIW……..

    Mohon pencerahannya Bro Smart dan Bro SAS. lebih sip bila juragan blog ini bersedia kasih komen. :D

  38. @ SAS
    Mhmmm, itu sih masih proyeksi 1 sisi. Jauh dari tutorial sang empunya Blog ini.
    ———————————————————————————–
    Mungkin Bro SAS dapat memberikan opini untuk sisi-sisi lain yang terus terang ane belum sanggup.
    Sebagai seorang petinggi di perusahaan finance kondang, dapat dipastikan Bro SAS mengetahui aspek2 lain selain rencana dan proyeksi penjualan (IMHO, mungkin ini yg dimaksud masih proyeksi 1 sisi aja) misalnya :

    1. Kondisi perekomian secara makro Indonesia, ya.. misalnya
    ke depannya arah kebijaksanaan pemerintah, baik isu pembatasan BBM, pembatasan motor, kebijakan moneter dll.

    2.Kesiapan dan policy jaringan penjualan masing2 ATPM. (denger2 Bro SAS juga lagi ikutan set up Dealer ATPM roda-2 di Sumatra :D ). Baik secara quantity maupun quality.
    Jujur saja, saya sangat tertarik dengan komen Bro => : SAS | Juni 18, 2011 pukul 6:51 am | <=: mengenai kekuatan jaringan penjualan. Menurut saya anda benar2 menguasai situasi di
    hampir di semua area. Sampai2 perang diskon yang menjadi penyakit dealer Y, promosi / activity diketahui dgn baik.

    3. Biasanya bila salah satu merek atau type mulai ditinggalkan masyarakat, harga bekasnya akan mulai jatuh. Untuk amannya pihak leasing akan menaikkan uang muka kredit demi A/R. Mungkin bro SAS dapat memberikan pencerahan untuk hal ini.

    4. Sebagai orang besar, Bro SAS mempunyai kesempatan untuk meeting dan berinteraksi ke semua ATPM serta mengetahui secara mendalam arah corporate policy masing ATPM.

    5. Dll…..

  39. Wah…ini akibat Bro Smart, kacau nich,

    @Kakang Ali
    Saya mundur teratur aja Bro…Biar Bro Smart yang paham bener kondisi di dalam perusahaan Yamaha yang menceritakan dengan detail. Apalagi khan Bro Smart sering meeting dengan direksinya.

  40. smartinnovation

    @ Bro SAS dan Bro Kakang Ali :

    Wah, Bro SAS kagak bs ngeles lg nih. He he he.
    Ada bbrp bukti lagi nih Bro. Tulisan Bro SAS di artikel 600.000 HIT.

    SAS | Juli 17, 2011 pukul 9:48 am | Banyak kenalan saya yang sukses di bidangnya masing-masing, banyak yang dipuncak pimpinanan, Direksi, bahkan Owner di berbagai perusahaan Nasional dan Multinasional. Bahkan saya juga sering bertemu dengan berbagai pembicara dan konsultan kelas wahid baik di Indonesia maupun di Asia. Justru di Blog ini saya merasa banyak belajar dan belajar lagi.

    Kira-kira, apa orang biasa-biasa saja bisa kenal dengan “Owner di berbagai perusahaan Nasional dan Multinasional” ??? Saya yakin, bahwa yang bisa demikian tentunya hanya segelintir Owner perusahaan2 besar skala nasional sekelas leasing A.

    Apalagi Bro SAS mampu menjudge bahwa komen saya adalah sebuah pandangan satu sisi saja. Saya jadi setuju dgn Bro Kakang Ali bahwa “Sebagai orang besar, Bro SAS mempunyai kesempatan untuk meeting dan berinteraksi ke semua ATPM serta mengetahui secara mendalam arah corporate policy masing ATPM.”.

    Kalau saya yang ilmu nya cethek gini, mana mungkin pernah meeting ama direksinya Y…. :-)

    Bro SAS, saya pikir kita disini tidak melihat status sosial kok, siapapun kita, kita boleh berpendapat dan berdiskusi dengan sehat disini. Kita lepas semua baju dinas kita, kita pakai seragam yang sama, yaitu seragam pengunjung warung Genius MIND GENESIS.

    @ Bro Kakang Ali : TEPAT sekali Bro! Saat ini Y hanya bergantung pada type sport, dimana di sport pun image Y semakin tergerus pasca launchingnya CBR 250 dan 150, meskipun kategori sport ini secara kontribusi ke total penjualan tidaklah besar, namun secara image sangat membantu image Brand dan keseluruhan kategori produknya. Dengan pertimbangan bahwa Grand Strategy H saat ini adalah memukul hancur sport Y, menurut hemat saya, kemungkinan H akan menelurkan New Tiger. Artinya, di kategori sport pun, Y “hanya tinggal menunggu waktu”. (Ibarat kapal titanic, kapal udh pada bocor semua, tinggal tunggu patah lalu karam. Kok jadi, bahas film nih. Hehehe).

    Masalah nya adalah data yang kita gunakan adalah data AISI, bukan penjualan ke konsumen. Jadi akan ada keterlambatan sekitar 1-2 Bulan. IMHO, Peak season ada pada bulan Agustus, sehingga di bulan September AISI nya masih bisa dipertahankan. Tetapi, menurut saya, kemungkinan, pada bulan september ini, H akan menelorkan lagi bebek barunya utk mengganjal pasar yang akan mulai lesu pasca lebaran (September), Sehingga, menurut hemat saya, di bulan september, secara penjualan Y akan merosot tajam, tetapi secara AISI masih bisa ditahan (karena penjualan agustus masih OK krn peak season), baru akan turun cukup drastis di bulan Oktobernya (menurut saya, bisa ke angka 210.000an unit, MS sekitar 31,2% an). Apakah H akan berhenti sampai disini? saya pikir belum, untuk menghindari produksi berlebih di desember (Hari kerja pendek karena banyak libur, dan masalah Nomor rangka dan mesin yang “kalah tahun”), H harusnya memaximalkan produksinya di bulan Okt dan Nov. Jika barang H memenuhi pasar, dan menjawab sebagian besar indent yang tjd di bulan Okt, artinya di november pun, AISI H tdk akan turun (Prediksi saya masih bisa di angka 410.000an, di atas peak SMT I yaitu 377.000an). Pertama kali menemukan angka ini pada saat menghitung, saya juga tersentak, tetapi menurut saya, saat ini, hal ini sangat mungkin dicapai H, krn angka ini masih dimungkinkan utk diserap pasar. Problemnya hanya : “Apakah H mau memukul hancur Y saat ini, atau masih menunggu saat yang tepat (bola sudah di tangan H, bkn lg di tangan Y)” agar biaya nya efisien, sambil mengupgrade lini depannya(dengar2 skrg ini H punya program perlombaan penjualan utk para Frontlinernya, CMIIW) untuk masa2 yang akan datang. Sehingga, sekali H MELESAT, tidak akan terkejar lagi oleh nomor dua dan nomor tiganya, (saat itu, “yang lain semakin ketinggalan”. Huehehehe.)

    Kalau H mau hajar Y saat itu, maka angka Y dibawah 200.000 SANGAT MUNGKIN, it can even be worse. Let’s see.

    That’s just another Humble Opinion Bro, any corrections are welcome.

    Saya yakin Bro SAS punya prediksi yang jauh lebih dalam dan luas dari kemampuan saya yang terbatas ini. Bisa di share di mari Bro??

  41. Saya yakin semua yang baca komen Anda setuju dengan saya bahwa Anda Bro Smart adalah orang yang dekat dengan direksi alias petinggi Y. Bukan komentar orang biasa. Bukan pengunjung warung biasa. Sedang saya cuma orang biasa yang kebetulan kenal dengan banyak orang penting seperti Anda-anda ini. Kebetulan saya juga bukan orang hebat seperti yang Anda tebak Bro.Saya aja masih berpikir keras, sedang Anda ada begitu banyak prediksi. Lanjut dech Bro Smart, bolanya udah di Anda. Thank You.

  42. Saya setuju kang. kalau baca komennya ya emang kayaknya begitu. Itu bukan komen orang yang dah pensiun. Pasti masih aktip di sana.

  43. smartinnovation

    @ Bro SAS : memang padi semakin berisi, akan semakin merunduk. Saya angkat 2 jempol utk anda Bro, ditambah lagi dgn sindiran halus utk komen saya yg anda nilai masih dangkal pemahaman dan terlalu sempit. Saya akui dgn jujur bahwa saya masih belum ada apa-apanya Bro, krn itu pendapat Bro SAS akan sangat memperkaya diskusi ini. Sayangnya, tanpa keikutsertaan Bro SAS, diskusi kita menjadi sangat berkurang bobotnya. Bola jangan dikasi ke saya donk Bro, bukankah akan lebih indah jika bolanya kita mainkan bersama. Toh, siapapun boleh bermain bola bukan? Mulai buruh pabrik, sampai manager, bahkan owner perusahaan besar pun tetap boleh bermain bola tanpa pandang statusnya.

    Lanjut Bro main bolanya………

  44. Mohon izin ikutan main bola Para Sesepuh.

    @Bro SAS:
    Sayang sekali Bos kurang berkenan memberikan wejangan yang lebih jauh dari berbagai sisi lainnya yang kami belum dapatin selama ini, terus terang saya baru menelusuri semua komen anda di blog ini sampai saya harus PRINT banyak komen2 yang High Level untuk bawa pulang (termasuk komen2 Bro Smart yg sangat mendetail sekali), membaca berkali-kali, menyimak lebih dalam. Saya yang biasanya selalu mengikuti acara Radio SMA*T FM merasa pembicara di acara talk show bisnis masih jauh di level anda. Salute sekali……….
    Mudah2an wadah diskusi bisa tetap berlanjut, hanya disini saja kita bisa mendapat komen2 yang berkualitas dan menambah ilmu.

    @Bro Smart:
    Dengan ilmu yg cekak, ane coba tanggapi komen bro diatas, CMIIW.

    IMHO, Untuk segmen sport dapat dipastikan Y akan mempertahankan sampai titik darah penghabisan, dapat dikatakan bahwa hanya disegmen inilah benteng pertahanan terakhir Y.
    Tapi upaya ini juga bukan pekerjaan yang mudah, harus mempertahankan keunggulan di segmen ini sekaligus mempertahankan V-ixion sebagai raja sport. Bisa saja dengan dengan mudah Y meningkatkan produksi Byson yang penyerapan pasarnya masih besar, tapi kita juga tidak tau seberapa besarnya dan juga berapa persen bakal mengkanibal V-ixion? Kalau ini terjadi bukan tidak mungkin NMP mengambil alih sebagai raja baru kelas sport mengingat jarak kedua pemain utama masing2 ATPM sdh semakin dekat. Dapat dibayangkan citra Y secara keseluruhan bila sampai sang Raja Sport lengser, pasti akan mempengaruhi image secara keseluruhan.
    Disini saya melihat Y menyadari penuh hal ini dengan tetap membatasi produksi Byson, membiarkan V-ixion tetap sebagai Raja Sport dan cepat atau lambat akan menggantikannya dengan Byson (atau mungkin New V-ixion) secara bertahap dengan jurus2 indah ala Y.
    Grand Strategy H untuk menghancurkan Sport Y masih belum sampai ke tahap menghancurkan, tapi masih pada tahap ”shaking” agar posisinya semakin lemah. (ditambah kondisi internal Y). Saya yakin AHM pasti mempunyai kartu as untuk menghancurkan Sport Y dan pasti ada jurus2 counter dari Y, tapi karena keterbatasan ilmu, ane hanya bisa sampai sini aja.

    Mengenai peak season, delivery perbulan pra dan pasca lebaran, no rangka dan mesin ”kalah tahun” yang merupakan siklus tahunan, terima Bro Smart sdh memberikan analisa secara mendetail. Saya setuju H pasti akan bertelor di saat-saat yang tepat untuk mempertahankan penjualan.
    Wah… sudah kepanjangan komennya hehehe….

    Mohon Para Sesepuh berkenan membei pencerahan.

  45. Y akan mempertahankan sport mati2an….sepertinya iklan vixion lagi gencar mulai minggu2 ini…

  46. Diskusi dilanjutkan abis menikmati yang ini Bung.

  47. wah kalau ini sih ibarat pertandingan tinju, lagi ada jeda istirahatnya

  48. Sedikit Info aja, Honda mulai menata, sedang Yamaha berusaha menjual. Semoga Info ini dapat dipergunakan Bro Smart untuk sedikit merefisi Forecast. Mohon juga Bro Genesis memberikan petunjuk pada kami-kami yang masih belajar pada kedalaman pemikiran Anda. Terima Kasih.

  49. smartinnovation

    @ Bro Kakang Ali : menurut saya, anda kurang satu kata Bro. ” Seharusnya”. “Seharusnya” Y mempertahankan kategori sport nya mati2an, tetapi jika kita lihat gerakan Y di pasar, tdk menunjukkan adanya perjuangan utk mempertahankan sportnya, meskipun, IMHO, saat ini sudah terlambat bagi Y utk mempertahankan tahta nya di sport. Next steps Y di sport telah dikunci oleh H, memang saat ini sport Y masih berjaya, tetapi jika langkah di depan telah diantisipasi terlebih dahulu, hanya tinggal tgg sampai lifecycle nya mulai jenuh, maka…. Meluncur tajam bagaikan pesawat kehabisan bahan bakar, dan saat itu tjd, tdk ada apapun yg bs dilakukan utk menahannya. Mirip dgn kejadian di kategori matic saat Y terlalu PD dgn mio nya. Saya jadi berpikir : apakah Y memang berpikir bahwa maticnya saat itu, dan sportnya saat ini sangat powerfull dan tdk mgkn dikalahkan sehingga tdk perlu peremajaan lagi, atau sebenarnya Y tidak tahu harus melangkah kemana utk meremajakan matic dan sportnya. Apa mungkin takut kl diubah nanti nasibnya bakal spt jup z dan vega zr??? Saya setuju dengan Bro SAS, Y berusaha menjual, “berusaha mencapai target produksi” yg telah ditetapkan, tanpa berpikir mengenai jangka panjangnya. Persis spt gambaran Bro Gen. “Minum obat batuk saja”, udh gt obat batuknya harganya 2M lagi (belum dihitung iklan TV dan siaran langsungnya, hadiah lain2, hadiah total dari bbrp periode pelaksanaannya, kl ditotal mungkin bisa lebih dr 10M). Mahal Amir ya tuh obat batuk!! Hue he he he. H bergerak dgn strategy dan taktik yg matang, Y bergerak reaktif yg tambal sulam. Krn sport “dianggap” belum bocor, jd tdk perlu diperbaiki alias tdk perlu “ditambal”. Mungkin, nanti jika vixion mulai turun drastis share nya atau malah sudah kalah, baru akan “ditambal”, yaaaa mungkin spt yg dikatakan Bro SKU : “iklan vixion diperbanyak”, atau “diberi helm utk setiap pembelian vixion”. Sekali lagi, minum satu sendok obat batuk.

    @ Bro SAS : saya sependapat Bro, H memang mampu menjalankan paralel processing, sambil menata internal, sambil menekan musuh scr image. Namun, jika melihat gerakan2 blunder Y selama ini yg justru memperparah image, dan drastis nya penurunan MS Y di bulan juni ini, maka, IMHO, saya sampai pada suatu kesimpulan bahwa “image bukan sebuah variabel yg linier”, krn itu, saya tidak perlu merivisi prediksi saya, kondisi paralel processing H, “kejar setoran” Y yg akan memperparah imagenya, dan kesimpulan bahwa image bukan sebuah variabel yg linier telah masuk perhitungan saya pada saat menghitung prediksi. Saya paham benar bahwa perhitungan saya mungkin masih terlalu sempit dan dangkal. Kalau Bro SAS berkenan, mungkin bisa join dgn memberikan sedikit forecast yg anda miliki utk didiskusikan jg Bro.

    Nice to discuss with u and all Brothers here.

  50. rasanya Y tahu yang masih ada kesempatan besar ada di sport sebelum terlambat seperti cub dan matiknya …. sepertinya ada gerakan untuk merefresh sport lineupnya sambil melakukan aktifitas gencar untuk menaikan image sportnya terutama vixi.

  51. Buat Y, semua sudah terlambat..

  52. @ Bro Smart,
    Setuju dengan Bro harus ada “Seharusnya” .
    Mengingat segmen sport hanya bekisar 8% dari total demand, mana yang lebih baik? merebut kembali singasana Skutik atau mempertahakan sport dengan segala daya upaya (maaf, menurut saya masih belum terlambat) yg menurut Bro “hanya tinggal tgg sampai lifecycle nya mulai jenuh” Masih ada cukup waktu untuk Y melakukan pembenahan diri yg mungkin tidak memelukan inventasi besar2an lagi, misalnya V-ixion diberi fairing dan disc brake belakang, Byson life cyclenya masih lumayan lama kan?

    Atau meminjam istilah Bro Smart “Paralel Processing” untuk kedua segmen yg menjadi andalan Y dgn dilakukan sekaligus?

    @Bro SAS dan Bro Smart,
    Dengan level stock saat ini saja, dealer Y sudah megap2 dan bahkan ada yg sampai tutup. Apakah Main Dealer Y sanggup menjadi “badan penyangga” menahan stock sampai 2 bulan stock? (Kalau jaringan Bro SAS pasti sanggup lebih hehehehee……..). Disamping itu di Jawa yg banyak Dealer Y yang DDS Y tentunya akan membebani financial dan cash flow Y. Apakah itu tidak bunuh diri?
    Info Bro SAS mengenai “Honda mulai menata, sedang Yamaha berusaha menjual” , kami sangat menunggu ulasan lebih lanjut dari Bos dan Bro Komeng. Juga ditunggu analisa yang lebih mendalam dari Para Sesepuh dan semua Bro sekalian.

  53. lama2 bosen nih nunggu juragan genesis kasih komen or nunggu artikel baru

  54. smartinnovation

    @ Bro Kakang Ali : Anda benar Bro. Memang belum terlambat bagi Y utk melakukan REPOSITIONING di kategory sport, yg mjd pertanyaan adalah, apakah Y MAU dan MAMPU melakukan itu dengan tepat. Jika prestasi selama ini adalah Genius, maka reposiotioning tsb bukanlah hal yg susah, namun jika prestasi selama ini adalah LUCK, maka dibutuhkan LUCK yg berkali-kali lipat lebih besar lagi. He he he.

    Mengenai pertarungan di kategori2 yg lain, IMHO tidak bisa dilakukan secara parsial, harus ada sebuah corporate strategy yg menyeluruh, yg didasari sebuah pemahaman yg mendalam dan komprehensif. Bukan sekedar paralel processing, namun langkah2 yg telah tersusun dan terplanning scr matang dan telah memperhitungkan semua aspek2 yg terkait. Satu hal yg mencakup kesemuanya itu adalah spt yg telah dibahas Bro Gen. Grand Strategy! Maukah Y yg sudah CONGKAK ini merendahkan hati, mengakui kesalahan, lalu sesegera mungkin memperbaikinya???

    Apakah Y mau melakukan itu??? Tentunya yg dpt menjawab adalah pihak yg lgsg kontak dan bekerjasana dgn Y. Benar kan Bro Kakang AliSTA?? He he he

  55. red district

    om kakang ali nih o rang yamaha yah…..

  56. Oh. Alista motor Jakarta ya?

  57. Melihat data-data MS dari Mbah Edo, terutama di Jawa, saya semakin yakin bahwa kesuksesan Y selama ini hanya luck. Terutama di segmen matic dengan Mio CW-nya. Lihat saja, di Jabar dan Jatim yang merupakan provinsi terbanyak penduduknya, Y benar-benar ada di level 2x,xx%. Di Jateng yang biasanya Y leading, sekarang telah kesalip.

  58. Lho emang Y di jateng telah keselip? berapa MS nya Bro?

  59. SoGood | Juli 27, 2011 pukul 2:35 pm |

    Lho emang Y di jateng telah keselip? berapa MS nya Bro?
    =================================
    Silakan buka-buka arsipnya Mbah Edo.

  60. Di Jawa Yamaha sudah berdarah darah, selanjutnya di Sumatera mulai tampak penurunan share dan terjadi tahap awal dominasi Honda. Di Kalimantan dan Sulawesi tinggal tunggu waktu. Sejarah berulang. Siklus berputar lagi, ini salah satu turn point penting yang wajib diikuti para pemerhati marketing.

  61. Blade baru bisa membuat m/s jupiter turun ke 45 persen. Sehingga MS Yamaha secara total bisa turun 5 persen lagi.

  62. Bagaimana menurut Bro Kakang Ali dan Bro Smart?

  63. Ayo Kakang Ali Dan Smart, ada yang ngajak diskusi nih. Saya yang nonton saja.

  64. smartinnovation

    Abis bongkar2 data Om Edo, ditemukan angka yang mirip dengan Bro SAS. New Blade, dengan target 33rb sebulan, yaitu sekitar 11% dari total demand motor bebek all brand, dimana pasar bebek berkontribusi sekitar 42% dari total demand semua kategori, maka angka yang didapat untuk kenaikan MS H adalah 4,62% (diasumsikan New Blade mencapai target dan tidak ada perubahan signifikan pada kontribusi motor bebek thdp demand all category, padahal, jika ada launching new product, tentunya kontribusi kategori dari new product tsb akan mengalami kenaikan).

    IMHO, saya mencoba mengomentari kehadiran New Blade ditinjau secara image, dimana kehadiran New Blade ini sangat kental dengan racing aura ambience. Sekali lagi H memperkuat Image Brand nya sebagai Brand yang memiliki Racing Aura, namun tidak meninggalkan DNA nya sbg motor yang tetap irit meskipun beraura racing (mgkn karena itu New Blade tetap 110CC). New Blade yang hanya 110CC, mempunyai aura racing yang bahkan lebih kental daripada jup z yang 115CC, ini diwujudkan dengan desain produknya dan acara launchingnya di JCC senayan kemarin, tinggal kita lihat bgmn iklan nya di TV, apakah senada juga?? Efek thdp kompetitor sudah sangat jelas. Brand kompetitor semakin pudar racing aura nya, yang sebenarnya merupakan DNA nya. Dibilang Irit pun juga tidak. IMHO, “pukulan” ini bahkan melukai image brand kompetitor di Sport kategory. Bedanya, kalau launching CBR 250 dan 150 merupakan pukulan yang ditujukan untuk primary market target dari kategori sport, maka kehadiran New Blade ini, akan lebih berimbas kepada secondary market target dari kategori sport. Just MHO. CMIIW.

    Next, kemanakah H akan melangkah untuk new product nya setelah lebaran nanti?? Bebek lagi, Matic, atau malah sport??

    Mhmmmm, New Matic with high performance maybe??

  65. Sip Bro Smart, ditunggu analisis dari bro-bro yang lain. Sekali lagi, saya yang nyimak.

  66. smartinnovation

    Ditunggu juga nih analisa dari Bro nhd

  67. Maaf, belum level.

  68. saya ga berani komentar di blok ini, yg jelas dealer H, di dekat rumah katanya dari awal tahun selalu targetnya tercapai artinya growth positif & achievmennya sampai 150 % dari target & katanya lagi hampir seluruh dealer H selalu growth positif (daerah kalimantan).

  69. @ Smart Inovation, 5 persen Bro, bukan 4.6 persen. Taruhan… Karena motor bebek tetangga akan nyusut. Jadi angkanya minimal 4.97 persen, sekitar 5 persen adalah kemungkinan teringgi. Coba hitung lagi dengan pertimbangan bahwa terjadi pergeseran pembelian sehingga punya tetangga nyusut. Bisa jadi jika persiapan kompetitor di alokasi unit baru ini bagus dan terjamin, maka angka 5.34 persen mungkin akan tercapai.

  70. Wahhh kerajaan ‘MATARAM SAKTI’ telah goncangg. . :mrgreen: jgn2 mlh mau hancur ?

  71. masih ada NSS “NUSANTARA YANG SANGAT SAKTI” :mrgreen:

  72. red district

    om smart dan om SAS
    hahaha…
    boleh ikutan nimbrung gak nich yg non marketing…saya pekerja kuli gambar nih……oke deh…saya cmn mo liat kasus blade aja…yg menurut TMC adalah strategi membenturkan secara psikis, kalo menurut saya, ms jupiz z gak akan terkoreksi banyak…ohya saya belom tau nih..ms jupiz versi burhan dan versi ZR, apakah ada penurunan atau tidak, karena kebanyakan pemakai jupiZR adalah kaum loyalist dan potential buyer yg mengharapkan motor murah kencang….biasanya dapat kabar/testimoni dari owner jupiz old..( burhan atau sebelumnya)…..gak perlu dijelasin lagi bagaimana galak dan mantepnya tuch motor….sedangkan blade adalah kiprah baru….yg menurut saya sekarang sepeti kehilangan jati dirinya……jadi selain loyalis…adakah potential buyer yg tau kiprahnya nih blade….( secara di road race, belom —bukan tidak yah……mendominasi),,,,,,,jadi apakah yg dijual……apa jadi malah blunder part I blade edition……

    ===================================
    kalo bicara desain mungkin saya atau teman2 blogsphere yg berjumlah ratusan tidak bisa mewakili 5000-10000 buyer….tapi pasti banyak juga yg bilang ( saya sebut aja )kehilangan identitas…..( misalnya di bilang mirip jupiz j, nyomot berbagai desain..)..apa menjadi blunder part II blade edition, karena orang lebih baik milih jupiz…..

    ====================================
    ohya kasus membenturkan secara phisikis dlu juga pernah dilakukan yamaha dengan xeon – vartech…kalo kita hitung value xeon lebih dari vartech, begitu price tag dan secara design juga gak beda jauh,,,walau gak sefrontal blade – jupiezr……nyatanya….vartech masih jauh sellernya…..

    halah saya jdi bingung sendiri nih….hahahahaha

  73. red district

    Alba -Tosin
    gak bakal hancur….loyalistnya masih banyak bgt kok……..

  74. @ Bro SAS & Bro Smart,
    Diskusi kelas berat nich,
    Bagaimana kalo saya menghitung dengan matematika sederhana melalui angka AISI Jan-Jun 2011.
    Avg Blade = 18.190 unit dan Jupiter = 30.034 unit.
    Bila New Blade capai target 33.000 unit dgn mencaplok New Jupiter 15.000unit. Prediksi Demand perbulan rata2 Semester II = 700.000 unit. maka New Blade berpotensi menurunkan secara total m/share Y = 2.14%. (Dengan asumsi pergerakan pergerakan demand bebek tidak signifikan).
    Mohon pencerahan dari Bro SAS dan Bro Smart.

  75. Ijin menyimak komentar para sesepuh yang sakti mandraguna…
    Masih harus banyak belajar dan mengamati semua hal sebelum memberikan komentar

  76. smartinnovation

    @ Bro SAS : mhmmm, dgn menghitung perpindahan pembelian seperti yg Bro sebutkan, maka angka yg ditemukan akan lebih dr 4.64% krn kenaikan H akan ditambah dgn penurunan Y. Satu lagi Bro, kalau ada produk baru di kategory bebek, artinya penjualan di kategory bebek pun akan bergerak naik, sehingga kontribusinya tdk bs dihitung scr flat, artinya seberapa besar penurunan MS total Y akan bebanding lurus dgn seberapa besar kenaikan kontribusi kategory bebek thdp total demand. Kenaikan 1% di kontribusi bebek akan menurunkan MS total Y sekitar 0.11%. Jika perhitungan perpindahan pembelian dan kenaikan kontribusi ini diakumulasikan, maka penurunan di atas 5% makin terlihat jelas Bro. I agree with you Bro. Saya mengakui kekompleksan anda dalam melakukan forecast. Thumbs up for you.

    @ Bro Red Ditrict : justru yg kehilangan jatidiri adalah new jup z bro. Jup z yg dulu terkenal dgn “galak dan mantepnya” performanya (saya pakai istilah anda), kini tidak lagi ditemukan di jup z yg baru ini. Justru celah ini telah dibaca H sebelumnya (langkah Y yg akan melakukan profit taking, termasuk di type jup z). IMHO, krn itu H menelorkan lebih dahulu Blade yg mempunyai image sporty younger ke pasar utk penetrasi awal, krn H tau seiring berjalannya waktu, target market dan loyalis jup z lama pasti akan mulai kecewa dgn jup z baru dan mengidamkan motor yg “setara” jup z lama, pada saat itulah new blade hadir menjawab kebutuhan tsb, bahkan memberikan jawaban yg “above expectation”, memberikan value for money yg jauh di atas jupz baru. Jika demikian, menurut Bro Red, loyalis yg dikecewakan apakah akan tetap menjadi seorang loyalis?? Lantas, apakah yg akan tjd pd MS nya?? Mari kita renungkan bersama Bro, mgkn ada pemahaman yg lebih mendalam dari apa yg telah saya utarakan.
    Mgkn Bro2 yg lain ada pendapat yg berbeda?

    IMHO, Mengenai Xeon dan Vartech, kasusnya tdk sama, segmentnya aja jelas2 beda, jd tdk bisa menggunakan pendekatan yg sama Bro.

  77. @Smart
    He he he, ternyata anda sudah mengerti yang saya maksud, bagus bagus kalau begitu. Ternyata di kubu Yamaha masih ada orang yang pintar ha ha ha… Sungguh sayang kalau dipaksakan Bro Smart.
    Biji Padi kwalitas 1 pun tak bisa di semaikan dalam ladang yang gersang dan keras tanahnya.

  78. @smartinovation
    mohon pencerahan lebih detail, dari bro Smartinovation karena saya belom menangkap penjelasan sampeyan. kalau penjelasan Bro Kakang Ali saya sudah nangkep dengan jelas.

  79. @ Bro Smart,

    “kalau ada produk baru di kategory bebek, artinya penjualan di kategory bebek pun akan bergerak naik, sehingga kontribusinya tdk bs dihitung scr flat, artinya seberapa besar penurunan MS total Y akan bebanding lurus dgn seberapa besar kenaikan kontribusi kategory bebek thdp total demand. Kenaikan 1% di kontribusi bebek akan menurunkan MS total Y sekitar 0.11%. Jika perhitungan perpindahan pembelian dan kenaikan kontribusi ini diakumulasikan, maka penurunan di atas 5% makin terlihat jelas Bro.”
    —————————————————————————————-
    Anda benar2 Smart Bro, tidak bisa di hitung secara flat. :D
    Melihat data AISI bulan Juni NJZ turun cukup dratis menjadi 19.923 unit dari peak di bulan Maret 37.328 unit. Dapat dipastikan terjadi daya serap pasar terhadap NJZ sdh berkurang bahkan sebelum New Blade di luncurkan.
    Di tambah melemahnya image bebek Y secara keseluruhan (juga level stock NJZ yang sdh mulai mengkhawatirkan) diperkirakan siklus dominasi H akan lebih dahsyat lagi.
    Untuk kenaikan kontribusi bebek sebesar 5% bagi H bukanlah perkara sulit dengan mengandalkan New Blade yang jauh lebih valuable dari NJZ (juga bebek Suzuki).

    Yang menarik selanjutnya adalah, langkah2 Y untuk mengcounter New Blade, langkah instant yg dapat dilakukan Y adalah pasang Rear Disc Brake, Ganti Grafik dan program hadiah lainnya. Mungkin Bro Smart dapat memberi penjelasan lebih mendetail.

    @ Bro SAS,
    Salah satu yang bakal memperparah kemelut dan kondisi Y adalah banyak Sub Dealer yang megap-megap bahkan sdh ada yg ditutup. Di tambah dengan penundaan (atau mungkin batal) rencana pembukaan network Dealer Group Yamaha oleh Perusahaan Besar Nasional terutama di Sumatera dan Jawa.

    IMHO, mungkin ini yang dimaksud dari kata kiasan “Biji Padi kwalitas 1 pun tak bisa di semaikan dalam ladang yang gersang dan keras tanahnya” CMIIW.

  80. red district

    smart inovation
    puas dengan jawaban anda…..

  81. red district

    kayanya belom ada trit tentang new blade nich om genenis….

  82. setelah baca2 dari koran terlihat bener2 pemandangan yang kontras…..di Honda , dealer2nya pada kehausan minta motor sama ahm khususnya matic , luar jawa tinggal nunggu waktu aja setelah kapasitas nambah , saat ini ahm udah di komplain abis2an sama dealer2nya yg di luar jawa karena supplynya kurang …..dilain pihak yamaha dealer2nya minta di perlambat supplynya…akhirnya tuh stok produksi dititip ke ekspedisinya…….

  83. smartinnovation

    @ Bro Markminus : udh dijabarin dgn sangat baik oleh Bro Ali Bro..

    @ Bro Ali : apa bisa mengcounter blade dgn cara spt itu Bro?? Solusi instan ini tidak menyentuh inti permasalahannya Bro. Kalau Y mau mematahkan serangan blade, maka, IMHO, NJZ hrs mendevelop spec mesinnya hingga performanya bisa di atas Jup Z lama, dan kemudian memposisikan NJZ reborn ini sebagai THE REAL JUPITER Z. Just MHO Bro. CMIIW.

    @ Bro SAS : saat kapal titanic sudah menabrak gunung es dan tdk lama lagi akan patah menjadi 2 bagian, maka org2 yg dapat dipastikan akan TIDAK SELAMAT adalah mereka2 yang tetap bertahan di dalam kapal dan bersikeras tdk mau menyelamatkan diri. Jauh lebih bijaksana jika awak kapal dan penumpangnya menyelamatkan diri sekalipun adanya cm perahu karet krn tdk ada kapal lain yg sedang melintas. Perahu karet ini akan mampu menyelamatkan mereka.

  84. Kalau prediksi Gue sederhana aja, dari awal tahun juga tetap ini, http://mygoldmachine.wordpress.com/2011/03/24/yamaha-indonesia-akan-kalah-telak-tahun-ini-2011/

    Kalau soal Forecast detail ntar bisa kepanjangan kalau dibuat satu artikel, he he he.

    Salam Uhuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuy buat semua Bro-Bro yang asyik berdiskusi sehat tapi tajam.
    Mohon maaf karena sempitnya waktu jadi tidak bisa menemani diskusi asyik di sini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s