FengSui for Brand, membahas FengSui Brand Motor Indonesia bag.1

Im Yang

FengSui for Brand, ya kali ini Gue mau membahas sesuatu yang baru di blog ini. Jika sebelumnya banyak artikel Gue mengenai bahasan Business dan Marketing Strategy, maka kali ini Gue akan membahas FengSui for Brand dalam penerapannya di dunia Business yang sudah teruji dan terkaji selama ribuan tahun.

FengSui sendiri terbentuk dari kata  Feng=Angin; Sui=Air, memang Chinese Language  sangat komplek sekali, kita tidak bisa menggabungkan arti dari dua buah kata pembentuk ini. Sebagai ilustrasi kata Ming=Terang; terbentuk dari dua kata yaitu Rek=Matahari dan Yek=Bulan. FengSui bukanlah ilmu yang mempelajari tentang angin dan air, apalagi ilmu tentang klenik. FengSui sendiri berarti ilmu yang mempelajari Aliran Chi atau Energy kehidupan.

Setiap kehidupan memiliki irama dan gelombangnya masing-masing, termasuk Brand. Kata pembentuk dan gelombang bunyi yang dihasilkan nama Brand juga memberikan dan memiliki energy, warna dan gelombang kehidupannya sendiri, yang akan menarik dan juga menolak energy, warna dan gelombang kehidupan yang lain. Inilah yang dipelajari dalam ilmu FengSui for Brand.

Jika kita membicarakan teori dan logika FengSui yang sangat rumit dan mendalam, tentunya akan sangat panjang dan berat untuk didiskusikan dalam blog ini. Penerapannya dalam dunia otomotif khususnya penggunaan terapan FengSui pada Brand-Brand roda 2 yang ada di Indonesia akan cukup menarik dan membuka wawasan baru jika kita pelajari dan analisa.

Sebelum kita bedah Brand-Brand yang ada pada aneka Produk Motor di Indonesia, ada beberapa hal yang wajib diketahui dan dipahami bersama;

  1. FengSui bukan satu-satunya faktor keberhasilan suatu Brand, ingat sebelumnya kita pelajari adanya Business dan Grand Strategy, Marketing Mix, Branding, Process dan berbagai hal lainya yang mencakup Condition, Customer, Corporate dan Competitor. Akan tetapi FengSui tetap terasa peranannya dalam dunia Business Modern dan diakui peranannya oleh para pelaku dunia Business.
  2. Dalam memperbandingkan hasil analisa FengSui for Brand, perlu dan dituntut mengetahui latar belakang dan kondisi market yang ada sehingga memiliki analisa yang tepat dan mendalam untuk menterjemahkan hasil analisa FengSui ini secara tepat dan mendalam pula.
  3. Tidak akan tepat, apabila menghubungkan analisa FengSui secara langsung dengan hasil / result. Ingat berbagai kondisi yang lain tidak kita hitung secara FengSui juga di sini. Perhitungan FengSui for Brand hanya untuk lingkup pemberian nama Brand yang baik secara FengSui.

Maka tidak akan tepat apabila analisa ini digunakan untuk memperbandingkan secara langsung 2 Brand Product dari 2Perusahaan yang berbeda kondisi marketnya apabila dilihat dari result unit terjual. Misal hasil analisa Brand Mio dibandingkan dengan Satria FU secara langsung, apalagi jika dilihat dari hasil unit yang terjual di market. Jika mau memperbandingkannya secara comprehensive, maka carilah 2 Brand Product yang dimiliki oleh 2 perusahaan yang sama besar dan kuat yang berada dalam satu kolam market yang sama. Hasilnya akan sangat menarik dan membuat para pelaku Marketing Modern akan takjub dengan hasil analisa ilmu FengSui for Brand ini.

Oke karena pembahasan bisa sangat panjang walau cuma untuk contoh terapan FengSui for Brand dan aplikasinya dalam business dan Brand Product Automotive Roda 2 di Indonesia, Gue akan bagi artikel ini dalam 4 bagian.

Bagian 1; mengenai sekilas mengenai dasar-dasar FengSui for Brand.

Bagian 2; mengenai FengSui for Brand di  Matic Category.

Bagian 3; mengenai FengSui for Brand di Cub (Bebek) Category.

Bagian 4; mengenai FengSui for Brand di Sport Category.

Selamat Menikmati, keep Uhuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuy!!!

About these ads

30 responses to “FengSui for Brand, membahas FengSui Brand Motor Indonesia bag.1

  1. Pingback: FengSui for Brand, membahas FengSui Brand Motor Indonesia bag.2 | Mind Genesis

  2. Bagus… Bagus… Ilmu baru lagi nih….

  3. Uhuy jarang banget artikel keluarnya…
    Blog yg sarat dengan ilmu

  4. lae togar anak medan

    ditunggu

  5. ternyata ada juga Fengsui untuk Brand, I kira cuman untuk rumah dan jenis usaha atau bisnis.

  6. feng sui bukanlah ilmu pasti yg bisa d terapkan pada semua orang.feng sui adalah: ilmu yang mempelajari bagaimana manusia menyelaraskan diri dgn alam untuk mendapatkan kehidupan yang lebih baik. nah, dalam artian melihat sebuah produk melalui fengsui, banyak faktornya yg membuat sebuah produk itu laku d pasaran. jd bukan hny satu atau dua faktor aja. moga2 berguna masukan ini mohon d share

  7. ^ buat yang diatas
    sepertinya belum baca artikelnya atau malah tidak mengerti; nich saya kasih COPASnya aja :)
    FengSui bukan satu-satunya faktor keberhasilan suatu Brand, ingat sebelumnya kita pelajari adanya Business dan Grand Strategy, Marketing Mix, Branding, Process dan berbagai hal lainya yang mencakup Condition, Customer, Corporate dan Competitor. Akan tetapi FengSui tetap terasa peranannya dalam dunia Business Modern dan diakui peranannya oleh para pelaku dunia Business.
    Dalam memperbandingkan hasil analisa FengSui for Brand, perlu dan dituntut mengetahui latar belakang dan kondisi market yang ada sehingga memiliki analisa yang tepat dan mendalam untuk menterjemahkan hasil analisa FengSui ini secara tepat dan mendalam pula.
    Tidak akan tepat, apabila menghubungkan analisa FengSui secara langsung dengan hasil / result. Ingat berbagai kondisi yang lain tidak kita hitung secara FengSui juga di sini. Perhitungan FengSui for Brand hanya untuk lingkup pemberian nama Brand yang baik secara FengSui.

    Nah kelihatan siapa yang baca dan yang tidak baca atau tidak tahu,
    Kebetulan I, biasa pake buat bisnis kecil-kecilan I punya, baru tahu kalau ada yang buat Brand. ini menarik sekali….
    Copas dari komen atas I, “feng sui adalah: ilmu yang mempelajari bagaimana manusia menyelaraskan diri dgn alam untuk mendapatkan kehidupan yang lebih baik.”
    I justru merasa melihat Brand dari sisi kaca mata fengsui menarik untuk dipelajari, karena seringkali membuka mata atas apa yang terlewatkan dari pikiran kita. bagai mana kita bisa menselaraskan Brand dengan tujuan perusahaan. bagaimana kita bisa memilih sebuah nama brand yang baik.

    seringkali nama akan memberikan pengaruh yang cukup besar bagi si pemilik nama tersebut, bagaimana orang lain akan melihat dia begitu mendengar namanya saat berkenalan. Bagaimana presepsi orang lain saat mendengar nama dari siempunya nama, bagaimana nama tersebut mempengaruhi hidup dan keputusan si pemilik nama saat presepsi orang lain keluar dan bereaksi terhadapnya.

    Mohon maaf bila I beri contoh, kebetulan I punya beberapa teman bernama Jhonny, orangnya Nakal…ini presepsi I, teman teman I juga memiliki presepsi yang sama. Guru matematika smp I juga pernah bilang, dari tahun ke tahun saya langsung tahu karakter anak dari namanya, “untung tahun ini tak ada yang bernama Jhonny”, katanya sambil berkelakar.
    Dan Anehnya, emang orang bernama Jhonny ya emang Nakal. Entah gara-gara semua orang bereaksi menganggapnya Nakal, sehingga dia fustasi dan nakal beneran, atau emang Nama mencerminkan si empunya nama. Sering orang tua dulu berujar, hati-hati memberikan nama kepada anaknya.

    masalah Brand, I rasa sama juga seperti yang diungkap artikel ini. Pemberian nama produk juga akan memberikan pengaruh tersendiri terhadap masa depan produk tersebut. Diluar faktor lain semisal kuantitas dan quality produk dan kinerja perusahaan yang bersangkutan.

    Oh iya, sekedar tambahan saja, sampai saat ini I tak pernah mau memperkerjakan karyawan bernama Jhonny di bengkel I. bukan karena sudah sentimen, tetapi pengalaman dan intusi masa lalu memperkuat dalil ini.

  8. dduk sila di pojokan . .. sambil ngunyah nguyah ilmu baru :D

  9. @Hendry
    Thanks udah kasih gue masukan Bro Hendry,
    Seperti yang sudah dipaparkan dalam artikel Gue diatas, Pengaruh FengSui hanya salah satu faktor pengaruh saja. Banyak faktor lain yang juga berpengaruh terhadap kesuksesan suatu produk, dan udah Gue jelaskan secara singkat di atas. Hanya saja boleh donk kalau faktor FengSui Gue masukkan, dan FengSui for Brand adalah salah satu pilar kecil yang ada di dalam FengSui itu sendiri.
    Seperti halnya dalam Business Strategy, promotion juga salah satu pilar kecil yang mendukung Marketing, Marketing adalah salah satu bagian dari Bussines Strategy. Nah itulah perumpamaan di sisi yang lain.
    Dalam Kesuksesan Suatu Produk, Baik Faktor Strategy, Knowledge, Operational – Tactic – Usaha Manusia (baca kerja keras), Modal – Pengaturan Financial, Doa (mohon Kekuatan yang Kuasa) dan Penyelarasan dengan Alam (FengSui) semuanya memiliki pengaruh. Bayangkan saja apabila faktor Knowledgenya minim, maka faktor FengSui akan semakin memiliki peranan contribution yang cukup besar untuk menentukan kesuksesan. Sebaliknya pada pelaku usaha yang memiliki Knowledge dan Strategy yang hebat, maka peranan faktor FengSui juga akan memiliki persentase contribution yang akan semakin kecil peranannya.
    Disaat kondisi Perusahaan tidak baik, Strategy tidak dapat dirumuskan, Knowledge juga minim, Faktor Doa pelaku usaha dan segenap karyawan yang ada didalamnya juga akan semakin besar. “No hope and do not know what to do”. Begitu pula faktor FengSui akan juga dominant terasanya.
    Apakah setelah kita yakin bahwa strategy kita jempolan dan knowledge kita luar biasa lantas kita tak mau mendayagunakan pengetahuan FengSui untuk memaksimalkan lagi? Bukankah pelaku Usaha yang baik pasti tahu arti kata “Memaksimalkan” dan paham dengan bagaimana menerapkan kata”Memaksimalkan” ini?
    Seperti halnya waktu kita dulu sekolah, belajar sebaiknya, persiapan untuk Test semaksimal mungkin, lantas Berdoa kepada yang Kuasa agar saat ujian kita diberi ketenangan agar nilai kita Maksimal. Bukan berarti lantas tak percaya diri lalu berdoa.
    Sama halnya pelaku usaha yang baik akan mengerahkan segala upaya agar baik strategy dan knowledgenya maksimal, berusaha secara maksimal, menerapkan FengSui juga dilakukan untuk memaksimalkan usaha, dan Berdoa agar diberi Kesuksesan. Bukan berarti tidak percaya diri dengan segenap strategy dan knowledge serta usahanya.

    Beberapa hal juga telah dijelaskan dengan sangat baik oleh Bro Speed Freak diatas. Semoga memberikan pencerahan.

  10. @Speed Freak
    Salam kenal Bro Speed, sebagai pelaku Usaha nampaknya anda sudah biasa dan paham dengan FengSui. Benar seperti kata Anda, FengSui adalah ilmu tentang Energy Alam. Bagaimana memaksimalkannya untuk mempermudah usaha Anda karena Anda menyelaraskan diri anda dan usaha anda dengan Energy Alam yang ada. Seperti Perahu dayung yang dilengkapi dengan Layar, menggunakan angin untuk memaksimalkan lajunya. Menggunakan saat yang tepat dimana dorongan ombak menambah laju perahu tersebut karena selaras dengan energy alam yang ada (arah arus air).
    Begitu pula dalam dunia usaha, banyak sekali energy alam, baik yang terlihat maupun yang tak terlihat. Ibarat perahu tadi, apabila ini adalah perahu yang besar, didukung oleh teknologi modern menggunakan motor tempel berbahan bakar solar, mungkin dengan mudahnya melawan angin dan arus. Walau tentu saja lebih maksimal bila laju kapal kearah yang selaras dengan arah angin dan arah arus air. Betul Khan?
    Sebaliknya bila ini adalah perahu tradisional dengan pendayung yang tua dan berjumlah sedikit orang, maka akan sangat berat bila harus melawan arah angin dan arah arus air. Akan lebih baik jika selaras dengan energy alam yang ada. Betul bukan?
    FengSui mempelajari segala bentuk Energy Alam, Mulai dari Segala sesuatu yang memiliki gelombang energy, misal; cahaya – spectrum gelombang cahaya (warna, dan kilauan), bunyi – gelombang suara (suara dan nada) sampai bentuk yang menciptakan energy, misal bentuk yang menyebabkan perbedaan ketinggian, perbedaan tekanan dll. Banyak sekali bentuk energy alam yang emang gak Gue kupas satu persatu dan tidak secara tuntas disini. Tapi Energy ini memiliki peranan dan pengaruh terhadap manusia, mulai dari energy yang harus dikerahkan sampai pada psikologi para pelakunya.

    Wah jadi satu artikel lagi dech. Uhuuuuuuuuuuuuuuuuuuuy dulu ah!!!

  11. @ Bro Taufik
    Silahkan dikunyah-kunyah.
    Thank You dah mampir mari Bro.

  12. @Bro Komeng
    Penjelasan yang enak dipahami dan sangat mengena Bro.Jadi tambah ilmu.
    @SpeedFreak
    Mantap Ilmu Anda dalam hal Fengsui. Jadi tambah ilmu baru.

  13. ilmu lagi nih

  14. Wah luar biasa nie…
    Bagi pengelola web ini Saya ada pertanyaan yg membuat saya shok beratSaya mempunya Brand pada produk food / chemicals food brand sudah saya bangun 7 tahun pada semester akhir tahun 2011 ini brand saya ancur 60% customer Kompline dikarenakan kualitas produk tidak sesuai dengan produk sbelumnya,ydi karenakan kesalahan Saya sbg pemilik perusahaan kesalahan PADA KESALAHAN TEKNIS SISTEM PRODUKSI yang mengakibatkan brand hancur.akan tetapi and user masih banyak yang mau menerima produk dgn brand saya itu ( brand TIGA BINTANG ) produk sekala nasional yg menlayani konsumen tetap untuk industri makanan 3 juta and user.Yang akan saya tanyakan BAGAIMANA CARANYA MENGEMBALIKAN BRAND TERSEBUT AGAR KEMBALI SEPERTI SEMUALA WALAU SUDAH ADA PERBAIKAN PRODUKSI KEMBALI SEPERTI KUALITAS PRODUKSI YANG SEBENARnya…..?
    mohon kepada para pembaca http://mygoldmachine.wordpress.com dapatmembantu solusi permasalahan saya ini,bisa kirim email ke arya_shu@yahoo.com

  15. Pertama-tama Gue butuh gambaran yang lebih jelas mengenai produk makanan Brand Tiga Bintang anda. Bagaimana segmentasi, targeting , positioning serta diferensiasi produk makanan anda jika dibandingkan dengan makanan sejenis. Tolong berikan detil yang jelas mengenai gambaran produk anda, kondisi market yang ada, kondisi perusahaan anda dan kompetitor anda.

    Tadi anda sudah menjelaskan bahwa sempat terjadi kesalahan TEKNIS PRODUKSI yang menyebabkan kualitas produk tidak sama dengan standar mutu yg ada (dibanding dgn produk sebelumnya). Pertanyaan Gue “apakah anda sudah menerapkan QC pada setiap lini proses produksi yang ada, atau bahkan mungkin anda sudah menerapkan QA? Jika sudah menerapkan , bagaimana dengan SOP di masing-masing proses produksi. mungkin bisa dijelaskan dengan lebih detil, apakah dan penyebab kesalahan teknis ini.
    Gue perlu gambaran yang lebih detail untuk dapat membantu Anda menjawab pertanyaan diatas dengan lebih akurat.

    Anda bisa menjawab di forum ini atau email ke : mindgenesismail@gmail.com

  16. Arti TIGA BINTANG menurut FengSui,
    Dalam Brand ini sukses dan gagal akan silih berganti
    Di dalam nasib buruk ada kebaikan dan dalam nasib baik ada keburukan.
    Jikalau langkah awalnya salah, akhirnya akan gagal.
    Apabila bisa mengendalikan diri, suksespun akan diraih.

  17. @mind genesis, terimakasih atas masukan teman semua dan itu semua dapat menambah pengetahuan gw. dan jangan lupa loh faktor hoki. krn ada pengaruh nya

  18. @HM Arian S
    wah mantab, bisa konsultasi dengan pakar spesialist yang luar biasa nich.
    kalau lewat forum ini lebih baik Bro, biar kami-kami juga belajar banyak. Jadi kami bisa memahami dan dapat pula ilmu dari Maestro Genesis di sini.

  19. Pingback: FengSui for Brand, membahas FengSui Brand Motor Indonesia bag.3 | Mind Genesis

  20. buat yg ga nyampe dijamin pusing baca artikel disini.

  21. hobahoba7@yahoo.com

    Feng Shui.. angin air.. unsur tanah mana? Api mana?

  22. @hobahoba
    dalam fengsui khan emang ada lima unsur, api tanah logam air kayu. bisa bahasa mandarin gak? feng itu angin, sui itu air. kalau digabung fengsui ya artinya aliran chi.

  23. smartinnovation

    Jd kelihatan siapa yg bacanya hurufiah, siapa yg ngomongnya pakai pemahaman. Bro Ciamik emang Ciamik. Kl baca komen2 anda, kelihatannya anda pny pemahaman yg cukup dalam mengenai fengshui, seorang praktisi / pakar kah??

  24. @smartinovation
    sering baca buku fengsui Om, tapi kalau soal fengsui bunyi ya baru kali ini, ini the big “O” menurut para pengamat fengsui.

  25. Pingback: FengSui for Brand, membahas FengSui Brand Motor Indonesia bag.4 | Mind Genesis

  26. pakar marketing, pakar strategi, pakar fengsui juga. Top uhuuuuinya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s