FengSui for Brand, membahas FengSui Brand Motor Indonesia bag.2

FengSui; 5 Elements

Langsung aja di artikel ini, Gue mulai aja contoh terapan “FengSui for Brand” pada Brand-Brand product motor Matic di Indonesia. Sebelumnya WAJIB BACA FengSui for Brand bag.1 dulu agar semua para komentator dapat berdiskusi dengan tepat. Pada bag.1, Gue menjelaskan secara singkat mengenai apa FengSui for Brand itu? dan bagaimana cara memakai dan menganalisa hasilnya untuk memaksimalkan proses business para pelaku business.

Berikut dibawah ini akan ada serangkaian Brand Name Product Motor Matic dan hasil analisa FengSui-nya untuk Brand Name Product tersebut,  Nah singkat cerita, mari kita nikmati bag.2 ini;

PCX

Brand ini bisa dipercaya orang secara benar, memiliki reputasi baik dan mencapai keberhasilan. Asalkan bisa mengutamakan kemurahhatian dan service yang baik, maka segala masalah bisa dirubah menjadi keberhasilan.

VARIO

Brand ini akan mempunyai banyak kemampuan dan  kreatifitas  untuk mencapai sukses. Asalkan dapat membaca kondisi pasar yang ada dan tidak produk centris dan harus peka terhadap keinginan konsumen.

SCOOPY

Hati-hati, jika kurang perhitungan maka Brand ini akan menemui hambatan dan kegagalan.  Image Brand ini akan timbul tenggelam tidak stabil, bisa gagal, bisa pula sukses bergantung sekali terhadap kondisi market dan optimisme pelaku usaha.

BEAT

Brand ini sulit berkembang sesuai ekspektasi dan impian pelaku usaha. . Sulit berkembang dan harapan tidak sesuai dengan impian karena selalau berpikir dengan cara yang salah.

MIO

Brand ini bisa mendapatkan Sukses dengan kepandaian, akan tetapi faktor intern sering mengalami masalah. Persaingan keras, sulit mendapat kepercayaan atau bantuan. Kalau bisa tahan ujian mental dan melewati hambatan,  baru bisa meraih sukses.

XEON

Brand ini sering menghadapi problema karena tidak memiliki tekad dan fokus  yang kuat terutama dalam berpromosi sehingga segala macam usaha untuk maju menjadi terhambat. Kualitas juangnya lemah, akhirnya meninggalkan impian di tengah jalan.

SOUL

Brand ini cocok untuk produk atau usaha dibidang pendidikan atau jasa yang mengutamakan kepandaian. Dengan kesabaran, semua kesulitan bisa diatasi dan diganti dengan kemajuan /sukses yang berarti. Tidak cocok untuk Brand yang digunakan usaha dibidang komersil.

FINO

Brand ini kurang memiliki tekad dan kepercayaan terhadap imagenya, sehingga usaha tidak  bisa berkembang, tetapi justru akan mengalami kegagalan. sering terjerumus dalam penipuan sehingga  kena masalah/urusan.

SKY DRIVE

Brand ini dengan kebajikan dan tindakan yang benar ,usaha yang besar dapat dilakukan. Punya reputasi nama baik dan usaha yang lancar. Bila giat berusaha terutama dalam promosi , masa depan akan cerah.

SKY WAVE

Brand ini bisa menjadi jaya asalkan pengusaha mampu menjaga nama brandnya dan tekun menangani keinginan konsumennya agar memiliki reputasi yang besar. Akan tetepi kalau malah mengabaikan keinginan konsumen maka nasib yang baik akan berubah memburuk.

SPIN

Brand ini akan mengalami banyak hambatan karena kurangnya tekad dari pengusaha terutama dalam berpromosi sehingga daya saingnya melemah dan akhirnya impiannya kandas di tengah jalan.

Uhuuuuuuuuuuuuuuuuy dulu untuk bag.2 ini, bagi yang belum membaca bagian yang lain silahkan klik di sini:

Bagian 1; mengenai sekilas mengenai dasar-dasar FengSui for Brand.

Bagian 2; mengenai FengSui for Brand di  Matic Category.

Bagian 3; mengenai FengSui for Brand di Cub (Bebek) Category.

Bagian 4; mengenai FengSui for Brand di Sport Category.

Uhuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuy for FengSui Bro!!!

About these ads

57 responses to “FengSui for Brand, membahas FengSui Brand Motor Indonesia bag.2

  1. Pingback: FengSui for Brand, membahas FengSui Brand Motor Indonesia bag.1 | Mind Genesis

  2. Masih belum ngerti. Kyknya musti balik lagi ke bag. 1 biar lebih paham.
    Baca dulu aaahhhh….

  3. Gunners tirani

    Sebenarnya telaah feng sui kan masuk akal om,trus sebab nya produk yang di atas mendapatkan pemaparan itu apa?contoh,rumah tusuk sate tidak boleh di buat pintu di titik tusuk sate,masuk akal.karena tingkat resiko celakanya lebih besar.kalo ada truk rem blong bisa gawat.
    Mohon pencerahan satu satu.

  4. Bunyi dan Gelombang suara memberikan presepsi psikologis terhadap calon konsumen maupun pelaku bisnis dan seluruh jajaran pekerjanya. Jadi Nama Brand bisa memberikan effect ke prosesnya. Untuk lebih jelasnya, bisa baca bag.1 Bro Gunners.

  5. Joss…….

  6. lae togar anak medan

    apakah dengan `pengucapan suatu nama produk` yang agak susah diucapkan berpengaruh terhadap penjualannya bro ?

  7. Copas untuk XEON
    Brand ini sering menghadapi problema karena tidak memiliki tekad dan fokus yang kuat terutama dalam berpromosi sehingga segala macam usaha untuk maju menjadi terhambat. Kualitas juangnya lemah, akhirnya meninggalkan impian di tengah jalan.

    kayaknya betul juga, Xeon kurang promosi nich, padahal secara kemampuan mesin matic cukup luar biasa. bisa – bisa kandas kalau tidak dipromosikan secara benar dan kontinyo, apalagi Yamaha kurang senjata di matic category, untuk melawan image Vario series butuh fokus yang gak setengah-setengah mas. kalau tetap ganti warna body dan striping aja andalannya, tanpa adanya fokus promosi dan image yang lebih baik bisa-bisa hancur impian di tengah jalan.

  8. Copas lagi
    MIO
    Brand ini bisa mendapatkan Sukses dengan kepandaian, akan tetapi faktor intern sering mengalami masalah. Persaingan keras, sulit mendapat kepercayaan atau bantuan. Kalau bisa tahan ujian mental dan melewati hambatan, baru bisa meraih sukses.

    Faktor intern apa ya? bisa bantu dijelasin donk? Persaingan keras sulit mendapat kepercayaan dan bantuan? Tahan ujian mental dan hambatan? bukannya Mio dulu langsung JOSS karena tak ada lawan? terus hambatan dan ujian mental apanya? tolong Bro-bro disini bisa bantu I, dijelasin ke I supaya I bisa ngerti. Terutama mohon penjelasan dari Bro Kakang Ali yang lavatarnya logo Yamaha dan Bro Smart yang katanya ordal Yamaha. Thank You kulo nuwun.

  9. Iya juga bang Speedfreak, penjualan Mio bagus kok, gak sesuai ama arti fengsuinya yang cukup jelek menurut aku.

  10. Mio pada awalnya tidak langsung joss seperti perkiraan Bro dan Sis. Justru penuh hambatan dan tantangan untuk memasarkan produk ini pada awalnya konsumen ragu ketangguhan sekaligus perawatan servis Mio bagaimana? Persiapan dan kesiapan jaringan 3S dipertanyakan. Shockbreaker belakang yang cuma satu dan pincang hanya disebelah kiri diragukan unjuk kerjanya, belum lagi seputar ketangguhan van belt atau cvt yang saat itu kontroversial. Penuh perjuangan dan mental baja untuk membranding dan memasarkan Mio.

    Setelah pasar menerima dan penjualan mulai manis, timbul banyak tantangan dan halangan dari kompetitor yang tiba2 masuk dengan berbagai produk baru seperti vario, spin, skywave dan bahkan beat. Tak hanya itu fino, skydrive, vario CBS Techno, Vario CBS, PCX dan spicy ikut meramaikan peperangan. Ini peperangan berdarah yang penuh halangan.

    Masalah internal tanya aja ama Bro Smart aja dech, Bro Smart lebih tahu.

    Betul dan cukup menarik analisa Fengsui ini, Bro Komeng ada ada aja idenya bikin artikel yang bener2 beda dan baru.
    Cukup menyentak juga bagi saya pribadi. Uhuuui Bro.

  11. smartinnovation

    Bro Gen selalu memberikan hal-hal baru yg FRESH. Semakin Uhuuuuuyy!!!

    Benar. Mio penuh halangan pada saat2 awal, dan setelah sukses pun, masih penuh halangan dan tantangan dari kompetitor2nya.

    Menurut saya keanehan malah di beat… Kesalahan apa yg diperbuat?? Dan mengapa tetap bs sukses??

    Mhmmm, butuh perenungan…

  12. @Smartinovation
    Aha Bro Smart dah keluar, internalnya masalah apa Bozz?

  13. @ Smart
    Kalau Beat sih udah jelas seperti analisa fengsui dari Bro Komeng. Hee he he
    Impian tak sampai. Under Xpectation untuk bisa menghancurkan Mio sendirian dan secara langsung.

  14. @Smart
    Beat sukses, gak kalau dibandingkan dengan Xpektasi AHM pada waktu pertama menelurkan model ini. Kalau kesalahan saya dah dapat dari perenungan singkat berkat artikel ini, fengsui membedah yang terlewatkan di otak saya yang sudah terlanjur terbiasa berfikir secara sistematis. Mau saya tulis sekarang juga? Ah jadi tidak seru, biar Bro Smart tebak dulu dalam 5 menit. Kalau gak bisa saya tulis deh.

  15. @ Smart
    Halooo Bro Smart? OL kah Anda? Kalau gak ada balasan saya jawab ya?

  16. @Smart
    Saya kasih waktu sampai malam hari aja ya. Tidak seru kalau Bro Smart belum tahu tantangan ini.

  17. smartinnovation

    @ Bro SpeedFreak : kl mengenai internal Problem yg confidential, tentunya Bro Speed salah alamat jika menanyakan kpd saya, krn saya sudah tidak berada di internalnya lagi… Menurut saya, Bro SSA yg mrp org nomor wahid di leasing A, tentunya sering bertemu dan berdiskusi dgn pihak2 papan atas intern Y, dr sana Bro SSA pasti pny info yg lebih yahud utk kita semua…

    Nah, jika kita analisa dari luar, IMHO, intern problemnya ada di Y sendiri. Menurut fengshui nya Bro Gen, mio sukses krn kepandaian, artinya “arsitek2″ yg ikut membidani kelahiran mio adalah mereka2 yg pandai tsb, namun saat ini, ketika mio telah sukses dan kmd menghadapi ancaman dari kompetitor2nya, mengapa “arsitek2″ yg pandai ini seakan “kehilangan visi” nya??

    Apakah benar mereka telah “kehilangan visi atau kepandaian” mereka, atau malah……. Mereka telah tergusur oleh “arsitek2″ muda yang SUKA-SUKA ??? Wisdom “arsitek” berpengalaman digantikan oleh “kecerdasan” arsitek muda yang SUKA-SUKA… IMHO, it’s the problem

  18. Nah betul khan, kalau masalah intern Yamaha Bro Smart emang Pakarnya. Siip. Nah beralih ke kesalahan Beat sekarang Bro Smart. Apakah kesalah Beat?

  19. smartinnovation

    @ Bro SAS : ane org kecil di perusahaan kecil Bro… Mohon dimaklumi kl tdk bs OL terus2an… Tp ane terima tantangan ente Bro. Sblm malam hari, ane usahakan jwb tantangan ente Bro…

  20. Panas-panas…makin asyik diikutin. Sip sip. Ada yang kebakaran bulu matanya.

  21. I tertarik begitu melihat arti kata Fino menurut Fengsui…kita lihat kedepannya…
    Bagaimana prediksi para pakar marketing di sini? terutama Mr Smart yang super sibuk, pekerja kantoran/pabrikan (“perusahaan”) yang tak bisa OL setiap saat.

  22. ilmu lagi nih…

  23. weleh weleh, susah juga ngunyah ngunyah nya nih bro komeng he he he . .. baca lagiii ahh

  24. @ Bro – Bro diatas, lanjutin aja diskusi cerdasnya. Coba cari hubungannya antara arti nama Brand dengan kondisi Produk yang ada, maka Anda akan tercengang. Gue sendiri juga terheran-heran, lha ya kok betul betul mencerminkan produknya.
    Uhuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuy!!!

  25. smartinnovation

    @ Bro SAS : IMHO, expektasi H thdp Beat sejak awal peluncurannya adalah Beat Up Mio. Kalahkan Mio. Sedangkan, melihat kondisi di awal peluncuran Beat, dimana pada saat itu Mio masih menjadi market leader di matic dengan Image yang masih sangat melekat kuat, ditambah dengan Image Brand Y sendiri yang masih sangat bersinar, maka jalan yang ditempuh H selain memenangkan Mind Share, adalah memenangkan Market Share melalui PRICING. Diskon besar2an, bahkan DP NOL, dilakukan secara besar-besaran untuk memenangkan Market Share. Akhirnya, efek balik negatif yang terjadi adalah selain menghancurkan image Beat sendiri karena muncul kesan “diobral”, juga Resale Value (Harga Second) untuk Beat jatuh di pasaran motor bekas. Padahal, bagi segment low end matic, Resale Value adalah salah satu faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian, mengingat bahwa selain untuk kebutuhan pemakaian, motor adalah juga untuk “tabungan”. Saya pikir ini kesalahan yang terjadi di awal peluncuran Beat.

    That’s MHO Bro…. Bgmn menurut Bro SAS?? Any Corrections are welcome

  26. smartinnovation

    @ Bro Speed :
    Saya hanya seorang gajian Bro, itupun digaji bukan karena kemampuan marketing, jd sangat-sangat terlalu berlebihan kalau saya dikatakan pakar marketing.
    Sejujur-jujurnya, di sini, saya lah yang belajar dari banyak Para Sesepuh dan Tetua – Tetua Marketing and Business yaitu Bro SAS, Bro Ali, Bro Safety Rider, Bro Kamen, dan Brothers yang lain, termasuk Bro Speed. Bahkan, kalau membaca komen Bro Speed di artikel bag 1, Bro Speed mampu memahami secara mendalam apa yang dimaksud Bro Gen, saya justru merasa Bro Speed bukan orang sembarangan, bukan pengusaha biasa, sebenarnya, saya lah yang harus banyak belajar dari anda Bro….

    Bagaimana kalau Bro Speed yang memberikan prediksi mengenai Fino ke depannya??

  27. Wah empunya Blog jarang jarang komen juga, sekarang turun gunung.

    @Smart.
    Good, tapi justru kesalahan terbesar Beat adalah salah membaca customer insight anak muda jaman sekarang. Kalau dulu anak muda selalu ingin sama dengan anak muda yang lain, cenderung follower. Maka jika satu pakai Mio, semua pakai Mio.
    Jaman peluncuran Beat adalah jaman crack budaya. Dimana selera Alay mulai muncul dengan keakuan yang tinggi, dimana Budaya anak muda narsis muncul. Dimana anak muda ingin sesuatu berbeda dari yang sudah ada. Dimana anak muda ingin tampil beda.
    Nah Beat terlalu mirip Mio yang sudah lebih dahulu menancap dibenak anak muda saat itu.

    Crack here…

    Seandainya perbedaan yang ada mampu mewadahi kebutuhan anak muda, misal dengan cover snap on your emotion atau justru hadir dengan cat transformasi yang bisa berubah warna jika suhu panas atau dingin, maka Mio akan hancur dalam waktu cukup singkat. He he he. Yang dibawah ini just kidding. Yang diatas serius.

  28. smartinnovation

    Kalau melihat jumlah dari prediksi yang baik untuk nama – nama brand produk Y dan H, maka H mempunyai lebih banyak prediksi yang baik untuk nama-nama brand produknya dibanding Y.

    H pny 2 Nama yg bagus, 1 yang sedang, dan 1 yang kurang bagus,
    sedangkan Y pny 1 nama yg sedang , dan 3 nama yang buruk.

    Mhmmm, jd sebuah pertanyaan, apakah H juga meninjau Nama Brand Produk2 yang akan diluncurkan nya secara FengShui ya?? Sedangkan Y apakah tidak menghiraukan faktor ini??

  29. smartinnovation

    Kok Bro Ali belum muncul ya?? Apa lagi sibuk menyiapkan dealer baru?? Xixixi.

  30. smartinnovation

    Atau lg pusing mikirin penjualan Y yg lg turun Bro?? He he he.
    Kalau secara fengshui nama Produk Y nya jelek, Nama dealer Anda musti bagus Bro…..Hihihi

  31. @smartinnovation

    kayaknya gak tepat juga bro apa yg ente utarakan diatas mengenai resale value BeAT.
    di pasaran harga second BeAT justru masih jauh di atas harga second mio untuk tahun yg sama.

    sbg contoh aja mio 2010 dipasaran udah bisa didapet dgn harga 7.5 jutaan sedangkan BeAT masih 8.5 jtan.

    monggo di cek di dealer2 motkas jakarta.

  32. @Smart and Pino Kio
    Mungkin pembahasan jadi beda karena acuan timming yang berbeda. Tahun awal2 Beat, emang resale value Beat masih jauh dibawah Mio yang resale valuenya perkasa. Sekarang benar apa yang diutarakan Bro Pino. Resale value Mio jatuh dan Beat yang Perkasa.

    @Bro Kakang Ali
    Apakah yang diutarakan Mr Smart benar Bro? Anda lagi mikirin buka Dealer Yamaha yang baru? Apa tidak salah? Lebih baik buka dealer Honda atau minimal Suzuki untuk kondisi saat ini. Dan saran Mr Smart cukup smart jika untuk nama Dealer harus cari yang Fengsuinya bagus, biar usaha lancar. He he he.

  33. @Pino Kio
    Soal Harga Resale Value Mio yang lebih baik dari harga Resale value Beat menurut Mr Smart tidak perlu anda ambil hati Bro Pino.Memang kebiasaan orang Yamaha yang selalu menganggap produknya jauh lebih superior dibanding kompetitornya.Apalagi jika berbicara mengenai keunggulan mesin dan resale valuenya. Dimaklumi aja Bro Pino. He he he.

  34. smartinnovation

    @ Bro Pinokio
    Yg saya sampaikan dlm komen saya di atas adalah kondisi pada saat awal-awal peluncuran beat Bro, bkn kondisi saat ini. Krn masuk tahun 2010, harga H di pasar mulai stabil, beat sudah jarang sekali didiskon besar2an, H semakin fokus memperbaiki Image beat dan menghentikan PRICING nya, sehingga harga jual kembali nya pun meningkat tajam, krn pada saat yg sama, mio sudah terlalu tua scr image dan diskon di dealer sudah mulai besar2an

  35. smartinnovation

    @ Bro SAS : Ha ha ha. Sindiran yg menonjok….!!!!! Semoga yg disindir tersadarkan…. Aminnnnnn…..

  36. @ Smart
    Iya juga, arti nama Brand Honda bagus2, minimal lumayan lah, sedang Yamaha kok hancur begitu ya?

  37. Wah tiba-tiba rame nich, rupanya ada yang tersadar juga (Bro Smart dan Bro Sas) setelah baca-baca analisa FengSui aneka Brand product Matic diatas.

  38. smartinnovation

    S malah lebih bagus2 artinya… Memang roda akan selalu berputar…

    @ Bro Ali
    Saran Mr. SSA benar juga Bro… Mungkin perlu dipertimbangkan masak2… Hingga bbrp tahun ke depan ini, bahkan tren S malah increase dan Y semakin decrease lho Bro…

    @ Mr SSA
    Mengenai group AS*O anda apakah tetap akan diset-up di 100 titik di indonesia Mr?? Ataukah akan direschedule?? Xixixi

  39. @Smart
    Kalau masalah A*C* biar Bro Smart aja yang pikirin, saya tak ambil pusing kok. Paling paling Anda yang pusing tujuh keliling.

  40. gunners tirani

    di prediksi bro sas dan smart dari internal honda,cuap cuap dan saling serang,tapi mojokin salah satu brand.
    Kalo ada dua produk dengan nama sama,gimana?

  41. @Gunners tirani
    ibarat 2 orang yang lain bernama sama, kemampuan dan value ke dua produk itu apakah pasti sama? kalau pun sama harganya bagaimana? kalau sama semua, produsennya sama, tokonya sama ya itu adalah produk yang sama, bukan 2 produk berbeda bernama sama :)

  42. Diprediksi Bro Sas dari kubu Honda dan Bro Smart dari kubu barisan sakit hati Yamaha :)

  43. Setahu saya setiap kali akan launching model PresDir AHM dan YMKI pasti dah tahu nama modelnya..dan pasti mereka-mereka (yang orang Jepang) ga asing dengan Feng Sui juga..masak mereka ga bisa mencegah “nama buruk” dilaunching? atau malah divisi marketing yang lebih punya Power?

  44. Walah jadi bingung neh soalnya yang di terjemahkan dalam Feng Sui diatas adalah BEAT seharusnya kan . BeAt (Be-Automatic) menurut ane mungkin lebih meiliki arti yang cukup baik dari sekedar BEAT (memukul) ? Tolong bro komeng kalau bisa dua kata ini di jelaskan perbedaan bengsuinya anta BEAT dan Be-Automatic. Thank sebelumnya.

  45. Wah luar biasa nie…
    Bagi pengelola web ini Saya ada pertanyaan yg membuat saya shok beratSaya mempunya Brand pada produk food / chemicals food brand sudah saya bangun 7 tahun pada semester akhir tahun 2011 ini brand saya ancur 60% customer Kompline dikarenakan kualitas produk tidak sesuai dengan produk sbelumnya,ydi karenakan kesalahan Saya sbg pemilik perusahaan kesalahan PADA KESALAHAN TEKNIS SISTEM PRODUKSI yang mengakibatkan brand hancur.akan tetapi and user masih banyak yang mau menerima produk dgn brand saya itu ( brand TIGA BINTANG ) produk sekala nasional yg menlayani konsumen tetap untuk industri makanan 3 juta and user.Yang akan saya tanyakan BAGAIMANA CARANYA MENGEMBALIKAN BRAND TERSEBUT AGAR KEMBALI SEPERTI SEMUALA WALAU SUDAH ADA PERBAIKAN PRODUKSI KEMBALI SEPERTI KUALITAS PRODUKSI YANG SEBENARnya…..?
    mohon kepada para pembaca http://mygoldmachine.wordpress.com dapatmembantu solusi permasalahan saya ini,bisa kirim email ke arya_shu@yahoo.com

  46. @nha
    Bro Nha, dalam FengSui nama Brand yang dihitung adalah bunyi yang dihasilkan dari sebutan di market, misal dimarket dikenal dengan beat ya itu yang Gue analisa. Jikalau memang penasaran dengan arti be-automatic, oke akan Gue coba bahas.

    Be-Automatic
    Brand ini memiliki banyak value, tapilemah tidak berkembang dikarenakan tidak memiliki passion. Sulit mencapai impian dan harapan karena tidak mendapat kepercayaan konsumen.

  47. yellow hamster

    hmmm…mangut..manggut..kalo yellowhmaster apa artinya bro?

  48. Pingback: FengSui for Brand, membahas FengSui Brand Motor Indonesia bag.3 | Mind Genesis

  49. kalau motor2 matic piaggio gimana bung? keren tuh, kayaknya feng shui nya bagus… :D

  50. MIO J

    Nama ini akan mendatangkan NASIB JELEK, usaha yang dilakukan akan menemui banyak hambatan dan mendapat banyak masalah atau bahkan bencana yang akhirnya menuai kegagalan besar. Produk dengan nama ini memiliki impian dan harapan yang besar, tetapi akan menemui banyak rintangan. Maju tidak bisa, mundur pun sulit.

  51. Waduh, namanya kok malah mendatangakan nasib jelek, gelap ah

  52. Pingback: FengSui for Brand, membahas FengSui Brand Motor Indonesia bag.4 | Mind Genesis

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s