Menciptakan Trend Setter & Brand Image Motor tidak harus selalu lewat jalur Convensional

Jika saja selama ini Iklan atau event Motor yang ada itu-itu saja jurusnya, Yamaha kali ini boleh berbangga dan membusungkan dada dengan menggebrak lewat Event yang boleh dikata Inspirational, Sensational dan sekaligus Out of the Box. Yamaha Matic Music Fest (YMMF) cukup extraordinary.

YMMF (YAMAHA MATIC MUSIC FEST)

Tidak seperti event music yang pada umumnya dilakukan oleh pabrikan roda 2, dengan sekedar mengumpulkan massa sebanyak mungkin, kemudian memasang promotion material sebanyak mungkin dengan alasan klise untuk “branding” dan tentu saja ukuran kesuksesan sebuah event akan diukur dari rame tidaknya acara tersebut.

Tidak begitu dengan event Yamaha Matic Music Fest, event yang menurut Bpk. Wiyanto Sudjono selaku Promotion Manager adalah “sebuah event music yang memiliki konsep untuk mem-blending trend terdepan yang sedang menghinggapi anak muda dengan image Yamaha sendiri sebagai trend setter”. Ya, kata kuncinya mem-BLENDING, TREND TERDEPAN ANAK MUDA, BRAND IMAGE PRODUCT. Ini cara pandang yang unique dan menarik. Bukan hal mudah untuk mem-blending trend anak muda dengan image produk, apalagi “trend terdepan”. Disini Konseptor Event ini akan selalu melihat trend anak muda yang terdepan, bukan mengikuti trend anak muda yang sedang berkembang, akan tetapi memiliki VISI melihat kedepan Trend apa yang akan menghinggapi anak muda dan meledak tentunya. Konseptor dituntut untuk memiliki VISION melihat masa depan.

Visioner Conceptor acara YMMF, Wiyanto Sudjono

Melihat dari waktu penyelengaraan mulai Mei-November 2011 dan besarnya event, tentunya memiliki persiapan yang mutlak harus cukup matang mulai dari konsep sampai detail operational dan tentu saja budgeting. Disini kemampuan memperkirakan trend anak muda yang akan booming dan tentunya muncul sebagai trend setter bukan perkara kecil dan mudah. Dituntut gabungan kejeniusan dan instinct yang kuat. Setahu Gue ini event yang cukup lengkap kategorinya dan memiliki kategori lomba Boyband/Girlband yang dikemas dalam kategori “Entertainment Competition”.

Nah kompetisi Boyband/Girlband ini yang menurut Gue luar biasa. Ini yang dinamakan menciptakan Trend Setter. Memang Boyband Indonesia mulai masuk di January 2011 dengan Sm*sh, mulai meledak di kisaran akhir February/awal March 2011 dibelantika music Indonesia. Namun kompetisi untuk menjadi Boyband dan Girlband bagi anak muda, sekali lagi yang terbuka bagi anak muda belum ada sama sekali. (Yang ada close recruitment audition oleh  label music industry di Indonesia). Di YMMF ini benar-benar kompetisi yang sifatnya terbuka bagi anak muda yang ingin berkompetisi dalam bidang music di kategori Boyband/Girlband. Ayo…Tepuk tangan, ini yang pertama untuk dunia music di Indonesia, apalagi yang mengadakan event ini justru bukan orang dari dunia music sendiri, melainkan Promotion Division dari sebuah perusaahaan yang bergerak dalam dunia Otomotive. Nah lho hebat khan? Mulai Mei 2011 pendaftaran telah dibuka…jelas ini yang pertama. Memang sekarang mulai ada kompetisi Boyband yang lain, tapi Yamaha telah mengukuhkan diri di kalangan anak muda sebagai Trend Setternya. Yamaha berhasil menciptakan dan menancapkan mind set “Trend Setter Brand” di anak muda, khususnya di Jawa Timur tempat event ini digelar. Otomatis anak muda akan mendapatkan image Yamaha adalah sebuah Brand yang Trend Setter, Innovative, dan paling mengerti dunia mereka. Inilah yang dinamakan dengan mem-blending trend terdepan yang sedang menghinggapi anak muda dengan brand imagenya sendiri sebagai trend setter persis seperti yang dikatakan Bpk. Wiyanto di atas.

Publikasi YMMF sendiri cukup baik dan menarik, dimana sudah mendaya-gunakan kekuatan media online seperti Blog, Web, FB, BB dll. Lihat saja acara ini sering diulas oleh Blogger Blogger, Bahkan Blogger Nasional dan berkelas seperti Bro Taufik & Bro Iwanbanaran juga mengulasnya.

Inilah yang patut dipelajari dan ditiru oleh pabrikan motor yang lain, menciptakan Trend Setter & Brand Image motor tidak harus selalu lewat jalur Conventional. Bisa lewat Creative Event & Media semacam ini.

Berikut Press Release dari Yamaha, silahkan dinikmati dan dikunyah-kunyah.

Terdepan di Kalangan Anak Muda,  Yamaha ciptakan trend setter untuk Boy/Girlsband di JaTim

Surat Kabar Lokal yang memuat berita acara ini

Kompetisi YMMF 2011 telah sukses digeber. Para peserta yang unjuk gigi, benar-benar mengeluarkan performance-nya secara maksimal. Ada empat kompetisi yang dilombakan, The Entertainment (boys/girlsband competition), The Euphoria (ajang lip sync on You Tube), The Real Music (band competition), dan The Exciting (battle dance dan cheerleader competition).

Dari keempat kompetisi itu, The Entertainment mendapatkan porsi khusus. ’’Sekarang lagi booming boys/girlsband di kalangan anak muda. Anak-anak muda di Jawa Timur juga memiliki potensi, namun sayangnya tidak ada kompetisi yang mewadahi mereka. Sayang banget, kan? Karena itu, kami ingin mewujudkan impian anak muda yang ingin berprestasi menjadi boys/girls band melalui ajang The Entertainment. Hingga akhirnya, mereka bisa ikut meramaikan belantika musik Indonesia untuk kategori boy/girls band,” ujar Wiyanto Sudjono selaku Promotion Manager Yamaha Jatim.

Tak sekadar kompetisi dan penyaringan, tapi Yamaha mengadakan pelatihan tersendiri bagi peserta The Entertainment yang lolos seleksi pada The Filtering. ’’Kami ingin peserta boy/girlsband benar-benar tampil terbaik dan mampu menunjukkan standar kualitas di level yang lebih luas. Karena itu, kami mengadakan karantina atau akademi selama lima hari, ujar Wiyanto.

Suasana saat pelatihan & asah bakat di Akademi

Dalam akademi tersebut, banyak materi yang disampaikan kepada peserta, mulai koreografi, vokal, aransemen lagu, fashion, make-up, hingga performance stage. Semua itu dibawakan oleh pemateri yang memang sudah ahli dan berpengalaman di bidangnya.

Menurut Wiyanto, boy/girlsband harus memiliki skill yang komplet. Dalam kompetisi boy/girlsband, peserta harus bisa memadukan kemampuan dance, vokal, dan performance stage-nya. Tak hanya skill yang komplet, penilaian utama justru terletak pada kemampuan peserta untuk memberikan entertainment sejati kepada penonton. Karena itu kemampuan untuk mengkomunikasikan emosi kepada penonton adalah point terutama pada kompetisi ini.

Kompetisi tersebut merupakan komitmen dari Yamaha yang selalu terdepan dalam mengikuti tren di kalangan anak muda. ’’Kami ingin membuktikan bahwa Yamaha selalu peduli pada potensi yang dimiliki anak-anak muda karena mereka lah calon-calon bintang Indonesia di masa depan,” lanjut Wiyanto.

Selain itu, Yamaha juga ingin menjadi bagian dari lifestyle anak-anak muda. ’’Diharapkan, motor Yamaha bisa menunjang aktivitas anak-anak muda yang begitu dinamis dan selalu up to date,” pungkas Wiyanto. Karena itu, di pengujung kompetisi, YMMF memanjakan anak-anak muda dengan menghadirkan bintang tamu 7Icons dan S9B.

Tidak hanya Press Release ini, Gue juga mendapatkan testimoni dari para peserta. Tentunya rasa puas dan bangga dirasakan oleh peserta-peserta kompetisi The Entertainment. Simak komentar para jawaranya.

Salah satu Group Girl Band yang menjadi juara di YMMF

Lynx

Oktavia Candra SMA St Louis 1, Surabaya

Untuk acara ini nggak ada persiapan khusus. Baru setelah masuk karantina, kami mendapatkan passion yang besar untuk menang. Acara YMMF ini sangat seru dan luar biasa. Apalagi didukung dengan fasilitas-fasilitas yang bagus. Misalnya saja ketika karantina kemarin, tim dari Yamaha memberikan pengajar-pengajar yang berbobot dan berkualitas. Kami bisa mendapatkan banyak pelajaran dari mereka. Yamaha sepertinya memang menyiapkan kami untuk menjadi yang terbaik.

Queenera

Fhally, mahasiswa Unika Widya Mandala, Surabaya

Ini merupakan kompetisi boy/girlsband pertama yang kami ikuti. Tak heran kalau kami begitu antusias untuk mempersiapkannya. Berlatih setiap hari dan sampai malam kami lakukan demi menembus final. Hasilnya, kami bisa jadi juara kedua. Ini juga berkat bimbingan selama karantina oleh tim pengajar. Beruntung kami bisa mengikuti semua tahapan-tahapan kompetisi itu. Dari sana, kami juga belajar untuk menjaga kekompakan. Kalau sudah kompak kan lebih mudah menyatukan nada dan gerak.

4Beat

Calvin, mahasiswa UK Petra, Surabaya

Event YMMF ini benar-benar berbeda dan nggak main-main. Karena itu, kami sangat excited untuk mencobanya. Asyiknya lagi, kami dibekali pelatihan selama karantina. Kami ditempa secara mental dan skill. Itu benar-benar pengalaman berharga. Hasil kompetisi YMMF yang mengantarkan kami sebagai juara ketiga membuat kami lebih percaya diri. Untuk ke depan, kami ingin tetap meng-explore skill untuk berkarir di musik secara profesional.

Promotion Manager Yamaha, Bpk. Wiyanto Sudjono menyerahkan hadiah Utama kepada para pemenang.

Lebih lengkap lagi dapat  dilihat di http://www.yamahammf.com

Selamat ya buat para peserta dan acara YMMF sendiri. Salam Uhuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuy!!!

About these ads

80 responses to “Menciptakan Trend Setter & Brand Image Motor tidak harus selalu lewat jalur Convensional

  1. yuhuu…………..artikel masih anget neh :D

  2. smartinnovation

    Promotion manager nasional nya mana??? Kok ndk dengar suaranya??

    Lagi sibuk mempersiapkan market share 50% utk akhir tahun ya?? Caranya gmn?? Buy one get one free??! He he he

  3. uhuuuy dapet podium !!!!

  4. kalo dibandingin sama tetangga sebelah yang konsisten sponsorin liga basket pelajar gimana bro? bukan nya target nya juga anak2 remaja.. apakah hasilnya penjualan honda beat yang udah mencapai 90ribuan unit/bulan itu efek dari salah satu kegiatan sponsor? soalnya bagi ane sendiri ane gak pernah tertarik beli produk hanya karena ada even2 atau acara macam gitu.. bahkan menancap dipikiran pun enggak.. :mrgreen:

  5. boombox walker

    @ kucrut bike’s :
    ane setuju Bro. DBL malah bisa datengin bintang NBA sekelas Nate Robinson. Trus AFF cup (walaupun bukan sponsor murni dari Suzuki Indonesia). apa ya itu juga convensional? klo yg biasa dilakuin ya emang tujuannya promosi. masa dana gede brand-nya ga ada. lucu kan. jadi wajar aja klo emang acara se-level promosi atau launch. soal gandeng blogger, ya itu juga strategi, supaya bisa diinfo scr “gratis” diblog. tujuannya sama aja bro, promosi.

  6. Lho itu masih disponsorin Honda?saya kira axis??? Lagian kalau tak salah punya koran Java Post.

  7. kenapa jawa timur? kita tahu jawa timur lumbungnya penjualan AHM dengan MPM nya. jadi YMKI benar-benar serius menggarap pasar jawa timur.
    AHM pun tidak tinggal diam, dengan DBL nya.
    kita lihat saja pertarungannya…
    uhuyyyy….

  8. Kalau basket sih emang anak muda. tapi orang tua juga bisa.

    Kalau Boyband anak muda, kalau tua Omband wk k k k k k k k

    DBL itu even Deteksi milik koran Jawa Post, bukan Java Post @Bro Sas.
    Honda salah satu sponsor di even ini. Dan Basket bukan trend yang diprediksi akan boomming di masa depan waktu even itu diadakan…dari dulu sampai sekarang yang namanya basket tetap basket.
    Kalau Boyband…mhm bisa buat acara kompetisi boyband pertama di Indonesia udah hebat, gak kepikiran sih. Ternyata makin lama makin booming di kalangan anak muda. Bravo Yamaha

  9. yang pasti orang indonesia yg baru2 ini membeli klub NBA adalah owner MD Honda yg di jakarta tuh

  10. Kalau “kata kuncinya mem-BLENDING, TREND TERDEPAN ANAK MUDA, BRAND IMAGE PRODUCT” Jadi, kompetisi basket, balap motor, bagi-bagi uang 2 milyar, kampanye safety, sumbangan motor ke SMK., goyangdombret, “manggul” motor keliling kampung halo-halo… itu gak termasuk, ya Bro Komeng! xixixi…

  11. @ Binladeen
    Kalau Kata Kuncinya mem-BLENDING, TREND TERDEPAN ANAK MUDA, BRAND IMAGE PRODUCT, maka …

    kompetisi basket, balap motor, bagi-bagi uang 2 milyar, kampanye safety, sumbangan motor ke SMK., goyangdombret, “manggul” motor keliling kampung halo-halo apakah termasuk TREND TERDEPAN ANAK MUDA???

    yang kedua, …apakah ;
    kompetisi basket, balap motor, bagi-bagi uang 2 milyar, kampanye safety, sumbangan motor ke SMK., goyangdombret, “manggul” motor keliling kampung halo-halo ingin di assosiasikan sebagai BRAND IMAGE PRODUCT yang bersangkutan??? dan apakah SELARAS dengan BRAND IMAGE PRODUCT yang sudah ada???

    yang ketiga,….apakah cara mem-BLENDING-nya sudah tepat atau pas???

    Ketiganya harus masuk, harus tepat, tak boleh salah satu atau salah dua saja memenuhinya. Jadi harus memenuhi semua parameter di atas.

    he he he he he

    Contoh kalau di kasus event YMMF ini, Boyband & Girlband jelas sebagai trend terdepan di anak muda. Bahasa lainnya Trend Setter. Jadi ada image Inovasi, Up date sekaligus Trend Setter. Image Yamaha yang hendak dibangun juga pasti Brand yang Trend Setter, Brand yang Innovative, Up Date, dan tentunya Anak Muda banget. mem-Blending-nya sudah PAS BANGET !!!

    Mungkin jika ada contoh dari merk lain, Gue akan sangat welcome, kalau memang bermutu dan layak, Gue Pasti jadikan bahan bahasan yang menarik secara Marketing & Promotion Discipline. So kalau ada info event bisa email di email Gue ya.
    mindgenesismail@gmail.com

    Uhuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuy!!!

  12. anda memang profesor falsafaat, asekkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkk,,,keren nih blog

  13. baca blog ini ga bisa cm sekilas… istimewa…. :mrgreen:

  14. Kok Yamaha Jatim ya? Apakah event sebagus ini tidak dinasionalkan saja untuk mendapatkan efek yang lebih luas dan dashyat? Bagaimana ini @ Bro Smart?

  15. asek……hehehehehe

  16. ada yg omongin DBL, hehehe, DBL bagian dari deteksi suatu kolom khusus dari jawapos yg khusus menggarap event anak muda, deteksi itu emang sangat identik dengan Honda, karena kerjasama yang sangat baik dan sudah terjalin lama antara deteksi dengan honda, jadi semua event deteksi, pasti honda akan jadi sphonshorshipnya, karena honda emang kurang kalo urusan konsep tapi ya punya banyak duit :p salah satu event deteksi yang terbesar adalah DBL itu dan kompetisi mading yang sekarang sponshor utamanya adalah axis, honda sponshor pendamping, sebelum2nya emang honda, tapi taukah bahwa launching pertama deteksi mading sponshornya adalah Yamaha??g bnyak yg tau kan :D

    kenapa bisa lepas ke honda?kalah duit kali ya hehehe

  17. gak mudeng

  18. Pertanyaannya , Event yg apik ini tujuan or sasarannya apa?

  19. menarik nih kalo pertanyaan gw di respon oleh Bro Komeng…

  20. contoh lain bola basket ya kang ?
    atau suzuki liwat piala AFF, cmiiw :D

  21. Trus sukses enggak blending imagenya. Ko kayaknya ga sukses ya. Terlihat dari market share makin mengkeret

  22. Tapi acara pencarian bakat seperti itu sekarang gak terlalu booming deh…
    Yang penting benar-benar menghasilkan sesuatu yang bermutu, bukan dipaksakan, seperti jaman pembalap karbitan jaman dulu…
    Apalagi kalo artis karbitan, lebih cepat tenggelamnya…
    Kenapa juga selalu di ranah hiburan, tetangga sebelah malah mendukung pendidikan kalo gak salah, Honda best Student ato apalah itu…

    *sambil ngantug…

  23. @Predix
    Goalnya? lah kok tanya gue, rasanya udah dijelaskan ama yang punya gawe secara tersirat di press releasenya;

    Kompetisi tersebut merupakan komitmen dari Yamaha yang selalu terdepan dalam mengikuti tren di kalangan anak muda. ’’Kami ingin membuktikan bahwa Yamaha selalu peduli pada potensi yang dimiliki anak-anak muda karena mereka lah calon-calon bintang Indonesia di masa depan,” lanjut Wiyanto.

    Selain itu, Yamaha juga ingin menjadi bagian dari lifestyle anak-anak muda. ’’Diharapkan, motor Yamaha bisa menunjang aktivitas anak-anak muda yang begitu dinamis dan selalu up to date,” pungkas Wiyanto.
    ==================================

    Udah menangkap belum Bro Predix?
    Gue akan kupas-kupas sedikit ya,….Yamaha dengan event ini ingin menciptakan presepsi publik peduli dengan kegiatan generasi anak muda yang tampil di depan. Suport potensi anak muda berprestasi, di bidang yang baru. (music trend setter saat ini) Adapun kegiatan kompetisi Boyband dan Girlband belum ada sebelumnya. Sehingga di presepsi anak muda Yamaha dianggap perduli pada generasi yang Innovative, modern. Yamaha dianggap sebagai trend setter, dll

    Jika Yamaha telah masuk sebagai bagian dari life style anak muda, maka anak muda akan menganggap Yamaha ini adalah product yang keren, anak muda banget, innovative seperti event-event Yamaha yang telah mereka tahu, Dinamis dan Innovative pada teknologi dan modelnya sehingga anak muda percaya claim promosi Yamaha seperti saat mereka mengikuti/melihat/mendengar event yang Yamaha telah buat untuk anak muda. Anak muda akan percaya bahkan walau tidak pernah dapat promosi product Yamaha, mereka akan mengira Product Yamaha pasti lebih Innovative dan Trend Setter dibanding product Competitornya.

    Ini penanaman MIND SET ke ANAK MUDA untuk menaikkan MIND SHARE-nya, sekaligus BRAND IMAGE PENETRATION secara tepat dan focus.

    Apakah langsung menghasilkan result penjualan…..semua penanaman image membutuhkan waktu seperti menanam pohon buah. Saat menanam sampai saat berbuah, butuh waktu.

    Uhuuuuuuuuuuuuuy dulu ah

  24. @ Taufik
    Honda lewat Bola Basket dan Suzuki lewat AFF itu semua memang penanaman Brand Image, ada blending-nya juga.
    Bagus menurut Gue, tapi yang Yamaha lakukan ini lebih Istimewa Bro Taufik. Mereka (Yamaha Jatim) membaca Trend ke depan, memiliki Visi dan memilih Image Event yang sesuai dengan Image yang paling Yamaha butuhkan saat ini. “Innovative & Trend Setter Anak Muda”.
    Bukan penanaman image asal tanam saja, yang penting anak muda. Bukan asal ikut sponsorship anak muda, disini bahkan mereka berani membuat event sendiri.

    Konsep luar biasa mereka yang gue bahas, bukan pelaksanaannya, karena Gue mengolah hanya dari berita yang gue dapatkan. Kalau Event ini “diseriusi” secara Nasional, tentunya akan cukup berpengaruh bagi kondisi pertempuran di masa depan.

  25. Yep….akhirnya keluar juga……
    pokoke gut puol deh Bro Komeng……
    sebenarnya gw dah baca sejelas2nya, tp gw cuma mau mencoba menggali apa yg ada dibenak Bro Komeng dalam perspektif pakar strategi…hahaha….suwer ga berlebihan lo ini……

  26. Sayang konsep emas tidak dilakukan secara Nasional. Apa berarti ini murni dikonsep oleh orang2 di area?

  27. Blending – Muda – Trendy …. emang kayaknya gak jauh dari urusan musik, deh ! Tapi kayaknya butuh cost gede. Padahal promosi yang samart dan efektif itu kan prinsipnya LCHI (low cost high impact). Contoh marketing LCHI itu ya nyebar fb untuk nyerbu blog-blog otomotif. Pabrikan gak keluar duit sesen pun. Tapi lewat sharing mereka tentang pengalaman memakai produk tertentu memberi dampak yang luar biasa pada brand tersebut. Sayang, kadang fb-nya gak ditrainig dulu tentang produknya atau produk kompetitor. Sehingga yang ada fanitisme buta sama merknya, dan BC habis produk kompetitor. Dampaknya apa? High Impac… tapi berupa antipati dan penolakan dari pengunjung-pengunjung blog atau konsumen potensial yang murni ingin mencari pencerahan. Jadi kesimpulannya jurus promosi atau marketing yang smart itu, yang LCHI itu !!!
    Sorry kepanjangan !

  28. Event local dampak nasional cukup LCHI menurut saya. Lagian sampe diulas di semua blog gede termasuk di sini.Bahkan anak saya tahu dari FaceBook temannya yang ikutan kompetisi dan kesaksian betapa hebohnya dan inovatifnya Yamaha via FaceBook. Murah dari pada mengandalkan FansBoy yang goblok2.

  29. Jgn lupa, Honda juga sponsorin Liga Super Indonesia.
    Hidup bonek.

  30. Honda = Bonek
    Yamaha = Anak Muda Keren

  31. Honda=Tua muda serasi
    Yamaha=Anak muda doyan 4l4y

  32. YAMAHA=yang makin asyik
    Honda=Hora ada apa-apa(g ada apa-apa)

  33. tambahi bro yg diatas

    tiger250=bangkotan operprice…..
    artikel cerdas kok komennya msh asal dan terlihat bodoh
    Stoop pembodohan otomotif

  34. smartinnovation

    Setelah mengunyah-ngunyah lagi artikel di atas, dan menghubungkannya dgn kondisi Y saat ini, saya pikir ini mrp sebuah kejeniusan.
    Mengapa??

    Kondisi Y saat ini, apa yg mau dikomunikasikan?? Produk udh overprice semua, pelayanan juga H sangat bagus, kl komunikasikan fitur dan produk sama aja bunuh diri, lha kompetitor lebih bgs dgn harga lebih murah. Akhirnya, utk menopang Positioning semakin di depan, dibuatlah Differensiasi dlm hal promosinya, menariknya adalah: krn jika fight di functional benefit pasti kalah, maka konseptor acara ini memutuskan fight di emotional benefit, melalui event ini. Sehingga image Y semakin di depan dapat ditopang melalui Differensiasi pada komunikasi promosi ini. Memang, ini hanya bertahan sementara krn tanpa didukung Differensiasi pada produk, dan juga hanya berskala lokal saja, bkn nasional. Inilah kebodohan org2 nasional YMKI. Terbukti juga bahwa mio suka2 tdk mampu memikirkan D pada Promosi spt konseptor acara ini. Bodoh kan?? Mgkn kali ini kerbau harus menyusu pada anaknya.

    Lha mikir strategy FI aja gak selesai2… Muter2 sendiri gak nemu jalan keluar!!! Wakakkakakak

  35. Mgkn kali ini kerbau harus menyusu pada anaknya

  36. yang pasti YAMAHA tak akan diam begitu saja, JUARA BERTAHAN….biasanya emang menang kali pada babak-babak akhir… :D

  37. Juara bertahan ? juaranya dimana?
    apanya yg dijuarai?

  38. yach juara bertahan di Kompetisi, dan yang dijuarai juga kompetisinya…dong,sob… :D

  39. @ Promotion Division Yamaha Jatim
    Mohon kirimkan foto2 untuk mendukung artikel ini, sayang kalau kosong tak sedap dibayangkan. Masa Press Release aja yang mampir di email Gue :)
    Thanks.

  40. Konsumen potensial Yamaka

    Yamaha emang jago dari dulu menggarap anak muda..mulai dr produk yg mengkesankan “cepat”,race dll..dan itu memang sinergi dg dunia anak muda..dan segmen ini sebenarnya mempunyai irisan dg suzuki..sayangnya suzuki koit,sehingga mau ndak mau mereka semua beralih ke yamaha, sehingga saat itu yamaha panen besar sehingga mulai berani menantang Honda..

    Dan menurut saya akhir-akhir ini honda sudah mulai mencoba untuk menggaet anak muda walaupun itu dg effort yg besar sekali..dan Beat menjadi hasil yg cukup bagus ketika konsumennya skrg banyak yg muda2 secara otomatis juga menggerus konsumen potensial yamaha..dan mrket share Y juga lumayan turun..dan trendnya semakin turun..

    Jadi perttarungan untuk merebut hearts share anak muda ini akan menjadi menarik di waktu mendatang..yamaha akan mati2an bertahan dan Honda berjuang untuk mengambilnya..

    Musik,olahraga dan balap menjadi clue atpm untuk masuk ke dunia anak muda…yamaha sudah mulai bergerak kembali memenangkannya dan itu dimulai dr jawa timur, seperti itu juga honda masuk di anak muda melalui olahraga DBL juga dimulai dr jawa timur..

    Menyimak terus..uhuuuuuyyyy

  41. @ Promotion Division Yamaha Jatim
    Mohon kirimkan foto2 untuk mendukung artikel ini, sayang kalau kosong tak sedap dibayangkan. Masa Press Release aja yang mampir di email Gue
    Thanks.

    —————————————————————————————-

    Oii….. Mario,
    Cepetan kirim tuh foto2nya, (kalo terlambat ntar gw telp ama Pak Robert, gimana tuh si Mario.. wkwkwkwkwk… ) mumpung ada kesempatan promosi gratisan. Gimana efek setelah acara ini, tolong kasih komennya juga.
    Soale info dari ordal daerah jatim itu penyumbang pertumbuhan negatif terbesar bagi Y.

  42. @kakang ali

    pak robet g kenal ama ane om….sya cuma sering jagong di dealer yamaha :p

    kalo soal sales y g bisa dilihat langsung, krn ini event branding….

  43. @Mario
    Justru itu, bagaimana pengaruh event ini terhadap Yamaha, apa Impactnya secara nyata bagi Yamaha Jatim dan Yamaha?

  44. @SAS

    kalo soal pengaruh jujur saya katakan saya belum liat itu terjadi secara nyata, karena ruang lingkupnya yg masih sebatas Surabaya dan sekitarnya, next rencananya mau expand ke all area, termasuk kalimantan, dan juga ini baru tahun pertamanya.
    yg bisa diukur hanya peserta yg banyak dan melebihhi target dan juga komentar2 dari audiance yg kita survei yg bnyak mengatakan kalo Yamaha itu inovative dan anak muda, brarti blanding image yg kita mau berhasil. :D

  45. kasihan jatim … pajak kendaraan naik …bloody battlefield

  46. @ Mario,
    Gimana korelasinya dengan Program Nasional Mio Suka Suka? Apakah digabung jalan bersama atau tersendiri?
    Kan namanya lain dari program nasional YMKI.

    Imho, sepertinya program Jatim lebih kepada image Y menyeluruh daripada Mio Suka Suka yang lebih spesifik ke Mio, CMIIW.

    Soalnya daerah lain juga program mirip mirip dengan emblem Mio Suka Suka.

    Kalo dari segi branding image dpt berjalan, apakah juga di survey ke audience sekarang pakai motor apa dan kenapa beli merk itu?

  47. @SAS
    Menjawab pertanyaan Mr.SAS yang mendalam, ijinkan saya mengomentari lebih jauh mengenai hal-hal yang ditanyakan oleh Mr.SAS diatas.

    * bagaimana pengaruh event ini terhadap Yamaha?apa Impactnya secara nyata bagi Yamaha Jatim dan Yamaha?

    Sebelumnya ijinkan saya sedikit menjelaskan tentang Even ini. Even YMMF ini memang ditujukan untuk penetrasi Brand Image Yamaha kepada segmen generasi muda yang lebih vokal dan dinamis, dimana anak muda yang masuk dalam golongan ini adalah mereka yang cenderung up date terhadap trend-trend yang terbaru, bahkan sebagai trend setter bagi kalangan anak muda yang lain.
    Dalam acara kami ini, terkumpul sebanyak 543 peserta Euphoria, 116 team Real Music, 74 team Exciting dan 42 team Entertainment. Dimana masing-masing team terdiri atas beberapa orang peserta (4-18orang).
    Inilah core target anak muda yang kami kumpulkan untuk mendapatkan penetrasi secara langsung mengenai Image Yamaha yang benar.
    Selanjutnya para pengunjung, suporter dan kerabat peserta yang hadir adalah 2nd layer target bagi kami. Tentunya anak muda yang up-date akan berteman dengan anak yang up-date juga. Acara/even yang trendy juga akan menyedot massa yang trendy juga.
    Anak muda trendy yang berkumpul dalam even kami adalah anak-anak yang sangat akrab dengan dunia on-line social media, facebook adalah lingkungan hidup mereka, blog-blog anak muda menjadi tempat curhat mereka, dan bbm pp status jadi luapan emosi mereka. Tweeter pun sebagai curhat dan media berbagi bagi mereka semua.
    Tujuan kami yang lebih besar dari sekedar even, adalah justru menciptakan gelombang New Wave WORM di kalangan anak muda trend setter ini. Inilah 3rd layer target yang justru paling luas dampaknya. Sebagai publikasi langsung, kami juga blow up secara online mengenai even ini baik di website resmi kami, website acara, dan blog coorporate kami, tak lupa di berbagai media on line lainnya.
    Untuk kahlayak yang lebih umum, sebagai 4th layer target, kami juga mempublikasikan acara ini bekerja sama dengan televisi lokal yang juga fokus di anak muda, radio anak muda dan koran-koran di kolom khusus anak muda juga.

    Dampak langsung dari acara kami tentunya ADA. Dari survei singkat terhadap para peserta dan pengunjung, mereka memiliki presepsi merk Yamaha adalah merk yang inovatif, keren, trend setter dan mendukung anak muda berprestasi (bid musik). Begitu pula terhadap produk-produk Yamaha, mereka berpresepsi produk Yamaha adalah produk paling inovatif, keren dengan teknologi tinggi yang paling maju. (hal tersebut mereka kemukakan tanpa harus mendengar promosi dan spesifikasi produk Yamaha dari kami :) )
    Beberapa dari mereka langsung tweet dan pasang status di FB dan BB bahwa; Yamaha perduli generasi muda lewat YMMF // Event Yamaha Keren banget // saksikan kami bersama Yamaha Matic Music Fest di….(tv/koran/www…./radio) // Motor Yamaha Paling Keren // Generasi Yamaha emang Trendy dan keren // kamilah Juara YMMF // dll.
    Bayangkan pengaruhnya terhadap teman-teman mereka di FB, Tweeter, Blog, Kaskus, BB dll.
    Tentunya ini adalah New Wave WORM yang kami harapkan dan berpengaruh terhadap Image Yamaha di Jatim, bahkan Brand Yamaha sendiri di tingkat Nasional.
    Blending antara Image Yamaha dan trend setter yang sedang menghinggapi anak muda telah berhasil dicapai lewat even YMMF 2011 ini.

    Sekian dan terima kasih.
    Mohon maaf jika terlalu panjang.

  48. @Kakang Ali
    Yamaha Matic Music Fest memang kami bidik ke all type matic Yamaha. (Mio, Soul dan Xeon)
    The Euphoria Competition (lip sync) – untuk Mio – semua anak muda bisa ikutan tanpa harus memiliki skill khusus seperti olah vocal dll. Ditujukan untuk mereka yang ceria, cheerfull, simple dan trendy (masih berkolerasi dengan Mio Suka-Suka walau program yang benar-benar berbeda)
    The Real Music Competition (band musik) – untuk Soul – untuk anak muda yang memiliki jiwa seni yang terasah dan memiliki skill bermain musik dan olah vokal. Ditujukan untuk mereka yang memiliki jiwa seni, ingin tampil berbeda dari yang lain, menampilkan gaya mereka sendiri, freedom (Free Your Soul).
    The Exciting Competition (battle dance & Cheerdance) – untuk Soul – untuk anak muda yang memiliki jiwa seni yang terasah dan memiliki skill menari dan koreo. Ditujukan untuk mereka yang memiliki jiwa seni, ingin tampil berbeda dari yang lain, menampilkan gaya mereka sendiri, freedom (Free Your Soul).
    The Entertainment Competition (boyband & girlband) – untuk Xeon – untuk anak muda yang memiliki kemampuan lengkap (vocal,koreo-dance, fashion), sebagai trend setter anak muda, dan tentunya yang memiliki kelas tersendiri. ditujukan kepada mereka yang Trend Setter, PD, punya kelas berbeda, extra ordinary people.

    YMMF ini walau adalah sebuah acara yang segmented pada matic category, akan tetapi juga berfungsi untuk mengangkat image Brand Yamaha secara keseluruhan khususnya di benak anak muda.

    Masalah survei tentunya sudah kami lakukan, mohon maaf rahasia dapur. :)

    Mudah mudahan penjelasan saya berkenan untuk menjawab pertanyaan dan keingintahuan Mr. Kakang Ali.

    Terima Kasih.

  49. da ada yg jawab…silahkan dikunyah2 informasinya hehehe

  50. ahay absen ach !!!!!!!!!!!

  51. smartinnovation

    Wah, founder nya udh muncul n konfirmasi. YMMF is an uncommon great event Bro, thumbs up for you!! Syukurlah msh ada org pintar spt anda di Yamaha, sayangnya justru yg ada di pusat tdk ada yg memiliki kemampuan spt anda. Memang kali ini kerbau hrs menyusu pada anaknya.

  52. @Wiyanto
    Jawaban yang sungguh mencerahkan dan membuka wawasan baru. Terima kasih atas jawaban dari anda yang sangat sungguh memuaskan dan menjawab lengkap keingintahuan saya.

    Memang beda kelas, beda kualitas jawaban.

    Di Blog ini, tulisan anda akan mencerminkan isi otak anda. Betul?

  53. @ Bos Wiyanto,
    Terima kasih untuk pencerahannya secara mendetail. Seharusnya apabila BOD YMKI membaca ini, dapat mengundang seluruh Main Dealernya duduk bersama, adakan pertemuan “THINK TANK” untuk mencari solusi terbaik ditengah prahara saat ini, saya yakin masih ada beberapa MD yang mempunyai pemikiran dan wawasan yang baik dan brilian, hanya saja apakah YMKI mau menerima atau tidak karena “GENGSI”.

  54. @ Bro Smart,
    Untuk kondisi yg sgt memprihatinkan saat ini, Kerbau harus menyusu pada anaknya juga ngak apa2lah, coba kita lihat acara YMMF jauh lebih baik dari Program Mio Suka suka terutama soal membangun image semua skutik Yamaha yang menyeluruh, apakah mungkin ini salah satu yg dimaksud bro Komeng, “think global, act local.” :D

    @ Bro SAS,

    Di Blog ini, tulisan anda akan mencerminkan isi otak anda. Betul?
    ——————————————————————
    Ngak berani komen karena belum level.
    (walau hati kecil sdh punya jawaban) :D

  55. mantaf ulasan dan komen2nya , disini bisa banyak belajar dari orang2 pinter disini …
    denger2 november ini MS yamaha 35% yah…so totalan sampe nov MS yamaha 39%…jadi yamaha tinggal 300 ribu lagi untuk capai target 3,3 juta nih…ayoo semangat ymki..go go go

  56. @Kakang Ali
    @SAS

    Mr. SAS & Mr. Kakang Ali yang terhormat, terima kasih atas respon dari Anda semuanya.

  57. knalpot guaring

    Maknyuuuus emang top, bapak manager top yang satu ini beberapa kali aku lihat turun langsung kelapangan ngerumpi ama kita anak club motor ini. nggak pake rikuh ngumpul bareng bersama kita. kita tersanjung pak. sukses selalu pak manager. Ide ide dan perhatian bapak untuk anak motor luar biasa.
    jambore yamaha jatim outbond kemarin luar biasa juga pak, sukses ya buat pak Wiyanto.

  58. Hebat yamaha bisa adain duluan, sekarang baru sctv dan indosiar bikin acara boyband dan girlband. Televisi kalah cepet ama motor. Good Idean Yamaha semakin terdepan.

  59. Kali ini, emang Yamaha bisa mendapat standing applause. luar biasa konsep dan visinya.

  60. lho juara 2 YMMF juga ada di SCTV ya?

  61. Mhm….sekarang semua jadi berlomba-lomba ikut acara semacam ini. Boyband competition dimana mana. Yamaha Top jadi yang terdepan. Emang pantas dijuluki sebagai Trend Setter. Selamat bagi Yamaha.

  62. saya takutnya ini cuma trend sesaat…tahun 2009 yang laku Pop Melayu..2010 Pop Riang ..2011 Boyband…, 2012 ?
    Salah langkah malah imagenya tambah ancur…yang beruntung AHM karena konsisten dengan image “irit”…

  63. Yamaha kalau mau tetap bertaji dan memiliki image “trend setter” harus selalu berubah menyesuaikan dan lebih tepatnya membaca image apa yang akan trend di 2012 nantinya.
    Untuk bisa begitu, butuh orang-orang yang pakar dan hebat membaca trend. Butuh orang Visioner salah satunya seperti Mas Wiyanto diatas. Bayangkan jika para visioner, planner-planner hebat dan ahli strategi pada cabut dari Yamaha. Coz gw denger banyak para orang hebat malah resign dari Yamaha Pusat. tidak tahu bagaimana dengan di area-area. Mudah-mudahan masih ada yang bertahan aja.

  64. @ aoitsukishrine
    Justru image trend setter ini harus dibentuk terus dengan mengkolaborasikan trend yang terjadi dengan image brand produknya yang mau dipresepsikan sebagai trend setter.
    Dibutuhkan key person dan pemimpin-pemimpin handal yang selalu dapat membaca trend kedepan dan memiliki vision. Akan sangat berbahaya jika orang-orang yang memiliki kemampuan hebat seperti ini jika pada keluar semua. :( sungguh berbahaya

  65. Keungguluan jaringan model pohon seperti ini adalah, dapat terbentuknya suatu kelompok yang dibutuhkan pada setiap saat.

  66. Yang Hebat-hebat pada ngundurin diri duluan, ntar sisanya yang hopeless aja.

  67. Silver Bullet

    Event yang luar biasa, menarik, inspiratif. Konsepnya hebat, bahkan Indosiar dan SCTV sebagai media televisi kalah cepat menangkap trend ini sebagai ajang kompetisi. Salute buat P Wiyanto dan Yamaha jatim. Sekali lagi salute Pak.

  68. awas, kompetitor juga sudah siapain event yang sama dengan budget lebih gede.

  69. Pingback: Siapa bilang Honda tanpa kelemahan??? | Mind Genesis

  70. Event yang mantaaap tap tap. kenapa tak ada kelanjutannya?

  71. mariodevan

    sundul lagi

    acaranya akan diadakan kembali untuk yang kedua kalinya

    apakah akan tetap dahsyat seperti sebelumnya pasca ditinggalkan key person dibalik event ini??

    http://yamahammf.com/

  72. Dear pak Wiryanto,
    Izin re publish ke Harian Jurnal Asia (Medan)
    Salam “Yama” sukses….

  73. Mantap eventnya. Keren konsepnya.

  74. Pingback: YMMF (Yamaha Matic Music Fest) | Wiyanto Sudjono

  75. Keren dan mantap konsep eventnya pak. selamat.

  76. btvokx jwtuijtd lahvunzxnk

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s