Shsssst Rahasia, Motor Hybrid cc kecil lagi dikembangkan.

Motor dengan teknologi Injeksi mulai banyak bertebaran di jalanan Indonesia, selain lebih hemat konsumsi bahan bakar, juga lebih rendah emisi gas buang. Tahun 2014 akhir diharapkan sudah mendekati 100 persen motor baru yang dijual sudah dilengkapi dengan teknologi ini. Artinya teknologi injeksi bukan lagi menjadi fitur berkelas. Tahun 2013 ini motor-motor bebek low end sekelas Vega ZR dan Abs Revo akan dilaunch dengan fitur FI. Ya setelah Mio-J, Beat FI akan keluar Vega FI dan Abs Revo FI di tahun ini. Pastinya Fitur FI tak lagi mewah/premium. Honda segera memasukan ISS di Mass Matic Premium. Standart Fitur akan mencapai tingkatan yang lebih tinggi. Begitu pula dengan harapan konsumen roda 2 di tanah air.

Dengan pemikiran Fitur FI tak lagi sebagai fitur mewah, Gue mencari informasi…mhm kira-kira nextnya mereka bermain dengan apa lagi untuk menguasai market yang paling empuk di dunia saat ini. ISS? tidak, fitur ini hanya sebagai pengisi celah antar gap teknologi injeksi dengan teknologi baru yang merupakan suatu lompatan yang cukup jauh dari teknologi injeksi. Jika melihat histories dalam teknologi mobil…mulai dari carbu-injeksi-mesin hybrid, maka kemungkinan yang sama akan terjadi di teknologi motor.

Nah ternyata benar…setelah korak korek info dari beberapa Key Person, ternyata salah satu pabrikan motor Jepang yang cukup besar di market Indonesia sedang mengembangkan teknologi Hybrid ini pada motor cc kecil. Uhuuuuuuuuuuuuuy khan!!! Memang bukan secara khusus dikembangkan untuk market Indonesia, akan tetapi basic mesin cc kecil adalah market asia global, khususnya asia tenggara yang merupakan market motor cc kecil yang paling besar di dunia, bagi pabrikan motor asal negeri matahari terbit. Nah market paling besar di kawasan ini adalah market Indonesia dengan kontribusi yang terbesar di kawasan ini. So ujung-ujungnya ya pasti muncul di sini.

Melihat peluang ini, walau saat ini masih ada satu pabrikan yang sangat serius mengembangkan teknologi Hybrid ini untuk motor cc kecil, maka di era ini teknologi injeksi akan menjadi semakin mass technology dan hybrid technology akan masuk sebagi fitur premiumnya. Perlu waktu untuk menggembangkan? ya memang, biasanya untuk lompatan technology yang cukup serius perlu waktu lebih untuk uji coba kelayakan di berbagai medan negara dan area tempat pemasarannya kelak. Tapi hal yang paling penting adalah kesiapan pasar untuk mulai menerimanya dan terlebih kondisi market itu sendiri, perlu tidaknya inovasi baru untuk menggoncang market yang lesu bagi posisi sang produsen.

Pokoknya Uhuuuuuuuy Dulu dah…..!!!

Yang merasa belum mengembangkan teknologi ini siap siap mengejar…kalau tidak juga segera mengejar, siap-siap semakin jauh sangat ketinggalan ntar…!!!

About these ads

39 responses to “Shsssst Rahasia, Motor Hybrid cc kecil lagi dikembangkan.

  1. yess..pertamax aman,,hehehe

  2. Salam uhuyyyy bro
    Lama ga muncul

  3. Salam Uhuuuuuuuuuuuuuuy juga Bro.

  4. Welcome back suhu komeng..

  5. Iya kelamaan tidur…wk k k k k

  6. hybrid??! brarti pake listrik donk???

  7. waduh…. bro komeng membuka tabir yg belum waktunya…..

  8. andai astra bikin merek motor sendiri

    hmmmmmm………..???

  9. mantabdah

  10. Hybryd pasti ngibrit larinya :mrgreen:

  11. hybrid pake tanaga apa?

  12. memang teknologi selalu berkembang…. mantap….

  13. berarti hybrid trus listrik 100% ya..wah langsung lompat ke hybrid aja ah untuk ganti motor daripada injeksi

  14. rem-nya bgmn bang komeng? blong support?

  15. aseekk muncul juga akhirnya artikel baru……
    wah hybrid?? boleh juga tuh, semoga bisa bikin motor 50cc bertenaga 20DK……

  16. btw hybrid antara apa nich? antara premium sama gas, listrik ato air? ato batubara skalian biar kepake langsung sm masyarakat indo…..

  17. andreykeren04

    teknologinya makin uhuuuuyyy….

  18. Uhuuyyy…
    Pabrikan mana yah yang dimaksud….Sepertinya Honda deh…
    Lama ga muncul sekali muncul 3 artikel baru brojol…

    Salam uhuuyyyy

  19. Salam Uhuuyyyyy………

    mencemati kalimat : ternyata salah satu pabrikan motor Jepang yang cukup besar di market Indonesia sedang mengembangkan teknologi Hybrid ini pada motor cc kecil.

    bisa saja Yamaha atau Suzuki. Tapi kayaknya Yamaha aja dech …..

    Ini peluang baru atau boleh dibilang mulainya babak baru dunia permotoran dunia. Jadi siapa yang bakal jadi first mover imagenya akan sangat berharga, menurut bro komeng, apakah bakal seperti prius menaikkan image Toyota secara global?

  20. Tambah lagi statement :
    khususnya asia tenggara yang merupakan market motor cc kecil yang paling besar di dunia, bagi pabrikan motor asal negeri matahari terbit. Nah market paling besar di kawasan ini adalah market Indonesia dengan kontribusi yang terbesar di kawasan ini. So ujung-ujungnya ya pasti muncul di sini.

    Sudah klop dan yakin 100% YAMAHA ! ! !
    :D

  21. nih beritanya dari otomotif kompas dot com
    TOKYO, JUMAT – Bukan Cuma pabrikan mobil di dunia kini berlomba-lomba bikin kendaraan hybrid. Produsen sepeda motor pun melakukan langkah serupa.Pemrakarsanya Yamaha Motor Co. (YMC) yang memulai proyeknya 2010 dan Honda Motor Co. (HMC) pada 2011.

    Kedua perusahaan sama-sama menggunakan mesin berkapasitas 50 cc dan menggunakan baterai litium yang kuat (tahan lama). Menariknya, sepedamotor itu tidak mengeluarkan karbon dioksida (CO2) atau nitrogen oksida (NOX). Selama pengisian baterai, emisi CO2 cukup rendah.

    Untuk sekali pengisian cukup mengeluarkan kocek sekitar Rp 8700 dan bisa menempuh jarak 50 km. Sementara Yamaha malah bisa melesat lebih jauh, yakni 100 km dengan sekali isi.

    Mengenai harga sepedamotor, Honda memperkirakan antara Rp Rp 26 juta sampai Rp 35 juta, sedang Yamaha berkisar Rp 17 juta. Dalam proyek berikutnya, Honda akan membuat motor elektrik murah dengan jarak tempuh cukup jauh.

    Honda melirik perusahaan Japan Post Service Co menjadi konsumen empuk. Malah unit pengiriman dari JPSC itu berencana memesan 90.000 motor untuk mengganti motor hybrid. Baik Yamaha maupun Honda juga mempunyai program menjual sepedamotor hybrid ini ke luar negeri. Tinggal mengikuti infrastruktur di negara yang dituju, termasuk fasilitas pengisian dan perawatan komponen.

  22. sepertinya yamaha yang start duluan…

  23. Gue gak bilang Yamaha, Honda, Suzuki atau Kawasaki….wk k k k k k

  24. :D :D nebak-nebak iseng aja bro… hehehehehe

  25. Bro Komeng,
    Secara tersurat emang lu kagak nyebut merek, tapi secara tersirat we know lagh…..
    hahahahhaaaaa……

  26. hadir uhhuuuy…

  27. kedepan, teknologi sepedamotor bakal makin canggih ya.
    perubahannya akan lebih cepat dari masa-masa sebelumnya.

  28. Wah langsung muncul 3 artikel baru!
    Uhuuuuuyy!!

    Di alinea akhir disebutkan mengenai kesiapan pasar.

    Karena sasaran penerapan teknologi hybrid ini adalah pada motor cc kecil, maka sebaiknya kita berkaca pada penerapan FI pada matic cc kecil yg sukses karena sblmnya teknologi FI ini sudah diterapkan pada motor kategori lain dengan cc yang lebih besar dan terbukti tidak menemui kendala apa2 sehingga penerimaan nya terbukti berhasil diterima dengan baik.

    Nah apabila teknologi hybrid ini sejak pertama kali diperkenalkan akan akan langsung diterapkan pada motor cc kecil, maka dibutuhkan “penyiapan pasar”, agar teknologi ini juga dapat diterima dengan baik, dan tidak berakhir seperti kymco.

  29. WOW deh

  30. waduh saya ketinggalan gak bisa menyambut kedatangan bro komeng.. wakakakakak..nunggu artikel sampeyan sampe lumuten

  31. wo komenku nyangkut

  32. ヤマハ を つぶす!

    thanks to mind genesis atas warningnya :D

    setiap sudut tidak boleh di beri kesempatan terbuka celah :D

  33. Komemtator nya pada sippp sippp semua,,, asik bcanya, no BC, :),
    lanjutkan agan agan,,,

  34. Motor Hybrid bukanya udah ada pada nggak nyadar aja…PCX iddle stop dan yang nantinya diterapkan di vario…pada saat keadaan diam sampai pas mau jalan kan pake tekhnologi ACG nya…iya toh…

  35. motor hybrid kayaknya emang sudah ada tinggal research n develop sedikit sudah bisa mass proo…

    http://wawwiwiwaw.blogspot.com/2013/01/kans-motor-matik-advanture-di-indonesia.html

  36. YMJET-FI merupakan kepanjangan dari Yamaha Mixture JET-Fuel Injection. Sebuah teknologi FI (Fuel Injection) yang unik dan khas Yamaha karena dikembangkan sendiri oleh para tenaga ahli Yamaha untuk diterapkan pada motor cc kecil, khususnya skutik. Secara umum, desain struktur tidak terlalu jauh berbeda dengan sistem injeksi konvensional dimana fuel pump berada di dalam tangki bahan bakar dan bensin disalurkan ke injector yang akan menyemprotkan bahan bakar bercampur udara yang berasal dari throttle body ke ruang pembakaran.Akan tetapi, Yamaha merancang perbedaan mendasar pada jalur supply udara yang dibagi menjadi dua, air assist passage (saluran pipa kecil) dan main air passage (saluran pipa besar). Kedua jalur supply udara ini bekerja bergantian dengan menyesuaikan kebutuhan udara yang dideteksi dari rpm mesin motor tanpa mengurangi tenaga yang dihasilkan. Deteksi rpm mesin dilakukan oleh ECU (Electronic Control Unit). Sistem kerjanya, ketika rpm mesin rendah atau dibawah 5 ribu rpm, udara disalurkan melalui air assist passage dan apabila rpm mesin tinggi atau diatas 5 ribu rpm, udara disalurkan melalui main air passage. Tugas untuk penggantian jalur udara ini dilakukan oleh dua klep sebagai ‘gerbang’ nya, yakni klep downstream dan klep upstream.Hembusan udara yang lebih kecil, membuat semprotan bahan bakar lebih sedikit dan proses pembakaran sempurna. Inilah yang membuat Mio J lebih irit bahan bakar, karena konsumsi bahan bakar akan menyesuaikan rpm mesin. Konsumsi bahan bakar bisa di tekan hingga mencapai 30%. Hemat bukan? Selain teknologi YMJET-FI yang mampu membuat konsumsi bahan bakar pada mesin lebih irit, masih ada teknologi pendukung yang membuat Mio J lebih irit dan tetap bertenaga. Teknologi pendukung yang dimaksud adalah Diasil Cylinder dan Forged Piston, Low Friction Engine Technology dan Fuel Pump.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s