Brand Association pada material Promosi dan Teaser

Image

Motor baru selalu bikin antusias, selain adanya perubahan spesifikasi, adanya tambahan fitur-fitur, dan teknologi baru…tentu saja event launching dan komunikasi promosi juga menarik untuk diikuti. Sebagai contoh gambar di atas ini!!!

Sebuah gambar/image tentunya berbicara lebih banyak dari kata-kata dan kalimat dengan besar space yang sama. Material Promosi di atas banyak berbicara; Gambar F-117 stealth yang iconic dengan teknologi pesawat siluman khas Amerika Serikat dipadukan dengan XEON baru berteknologi FI.

Bicara tentang Teknologi mutakhir? Ya, pihak Yamaha pasti berharap demikian. Image ini haruslah dikomunikasikan.

Bagaimana dengan Tag Line, “Keren, Cepat, Canggih” di bagian bawah gambar?

Walau faktanya pesawat F-117 ini bukan pesawat yang Cepat, tidak mencapai kecepatan Mach seperti layaknya standart pesawat tempur modern yang harus memiliki kemampuan itu. Keren relative, akan tetapi pesawat F-117 ini tak lagi muktahir di kelas pesawat tempur Amerika. Beberapa unit sudah pensiun dari jajaran dan gugus tugasnya. Fungsinya kini lebih banyak digantikan oleh multi role fighter F-22 yang berkemampuan stealth, diperlengkapi juga dengan teknologi yang jauh lebih canggih. F-117 memiliki kode F(fighter) yang aslinya sengaja diberikan sebagai pengkodean yang kurang tepat untuk mengkamuflase role sebenarnya sebagai Attacker (A) dari pihak Russia semasa akhir perang dingin. Jelaslah fakta berbicara perang dingin ini telah lama berlalu. Ya…anggap saja image F-117 masih cukup keren dan berteknologi muktahir untuk sebagian besar masyarakat Indonesia ketika melihat sosok jet F-117 ini.

Stealth? apakah hubungan Stealth dengan sosok New Xeon? satu bicara kemampuan Stealth, yang satu bicara kemampuan FI. cukup berhubungankah?Ya pokoknya ada kesan hi tech-nya, mungkin itu maksud dari si pembuat material promosi ini.

Menghubungkan 2 macam produk sebagai langkah dari menerapkan strategi brand association cukup penting menurut Gue? untuk membentuk karakter yang pas dan diterima secara pas dalam mind set konsumen juga membutuhkan pilihan yang cukup jeli. Awas jangan salah pilih. IMHO Pelajari dulu benda atau produk yang kita mau hubungkan satu sama lain. Jangan sampai miss, tidak sesuai dengan positioning produk yang akan kita iklankan. Hal ini akan berakibat presepsi (image) yang ada di masyarakat akan ter-defleksi dari positioning yang hendak ditancapkan.

Apalagi sebagai Teaser, maka material promo ini akan membentuk presepsi pertama di benak masyarakat yang melihatnya, dan kesan pertama susah dilupakan dan dihapus dari memori, sekali salah berakibat panjang dan fatal. Maka pemilihannya harus sangat bijak dan hati-hati.

Event Launch juga memiliki Prinsip yang sama. Ya kita tunggu saja dech!!!….Bagaimana Event Launch dari New Xeon FI ini. Semoga in line dengan Promo Teasernya.

Uhuuuuuuuuuuuuuuuuy!!!

About these ads

20 responses to “Brand Association pada material Promosi dan Teaser

  1. AMAN..UHUYY

  2. andai astra bikin merek motor sendiri

    hmmmmmm………..???

  3. Pengamat pesawat jg ternyata :D

  4. Yg lagi ditunggu dari new xeon ini adalah price positionnya. Akankah Yamaha merevisi posisi harganya? Kalau iya tolong dibahas ya bro….

  5. absen dulu baru baca bro.

  6. uhui….. pesawat akan mendarat di sentul….!!!

    —–

    lho masak matic mau kebut2 tan…. kalau mau kentjang ya NVL…. eh malah NVL ke gungung….. piye iki…. kwalik kwulak…

  7. mungkin pesawat nya harus Raptor…. heheheheheh… canggih dan tergolong masih baru..

  8. penting juga,

    yg penting harus sesuai dgn yg digambarkan oleh produk itu sendiri, dan sesusi juga tidak dgn peruntukannya .

    saya sich lebih sreg brand assiciationnya ke mobil mewah,
    yg kesannya elegan dan nyaman, namun bisa juga dibuat u/ cepat.

    cocok lha u/ skutik yg tujuannya u/ kemudahan dan kenyamanan naik motor.

    jika motor sport, boleh pake ini

  9. wah baru ada artikel lagi nich, dah vakum lama,

    kirain dah ngak aktif lagi

  10. utk orang awam macam ane sosok jet F-117 memang terlihat canggih. tp begitu baca tulisan ini, jadi terlihat biasa saja.
    nice info bro.

  11. yimm kan katrok bero semua konsumennya dianggap sama bodohnya dengan konsumen vega zr

  12. ane gak peduli sih mau pesawat stealth kek, pesawat turboprop kek, yg penting motornya.
    jadi inget iklan tiger revo pertama kali pakai pesawat F16 (kalo gak salah) hingga di daerah disebut tiger pesawat.
    trus apa hubungannya pesawat tempur dengan tiger yg motor turing, kenapa gak pake pesawat penumpang aja? kan cocok tuh buat perjalanan jauh?
    itulah karena gak penting juga sih iklan itu, mau apa kek gimana kek yg penting hasilnya sangar. itu aja.

  13. g tau knp n mn kalimat yg mnytkn tp,,
    1. aq ngrasa kyk yamaha sedang mnyiapkn produk yg lbh superior dbndng xeon fi,,!
    2. xeon fi tu xxxx :-)

    salam knl MG,,
    kaget trnyt blog strategi otomotif hdir dg 3 artykel br dpgi yg mndung,, :-)

  14. ternyata pesawatnya udah kadaluarsa ya…

  15. BocoranAkurat

    Kalau soal pesawat mah kagak ngarti tuh orang2, kalau soal Genset lebih paham hahahahaha

    Cuci Darah – Cuci Darah!! Darah Kotor dibuang ke Genset semua!!

    Semua Jajaran Management yang TIDAK BECUS kerja DIBUANG ke Genset semua!! Hahahaha

    Bahkan level General Manager pun dibuang ke Genset!! Wkwkwkwk

    Lha kalau semua KOTORAN dibuang ke Genset, pantes aja Genset nya NGADAT Wakakakakakak

  16. Saya sebagai orang awam ngeliatnya OK banget, malah kelihatan keren, larinya sekencang pesawat itu, dan yang pasti teknologi tinggi.

    Toh yang beli xeon kan kagak bakal ngerti sampe sebegitunya soal pesawat. Yang penting kan image kencang, keren, dan hi-tech nya nyampe.

  17. iklane blunder maneh

  18. Berarti memanfaatkan ketidak tahuan konsumen terhadap pesawat tempur untuk konsep iklannya ya…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s