Yamaha 2013 analysis; To Little To Late

Gue rasa semua orang bisa menebak pergerakan besar dalam perang Honda vs Yamaha di tahun 2013 ini. Honda yang telah menang mutlak di dua kategori, yaitu Moped (bebek) dan Matic di tahun 2013 ini melakukan serbuan dahsyatnya ke kategori Sport. Sedangkan Yamaha dengan kondisi dominasi Matic-nya telah tumbang hancur lebur, berusaha keras merebut kembali dengan berbagai refresh product dan new Matic Product di tahun ini.

Mio J series

Gue teringat kata-kata puitis seorang kawan lama asal Medan yang Gue segani. Beliau pernah berkata mengenai suatu kondisi yang pas untuk disebut “To Little To Late”. Nah inilah kondisi effort yang Yamaha lakukan di tahun 2013 ini. Yamaha is to little to late. Maksudnya segala effort yang saat ini dikerahkan Yamaha terlalu kecil jika dikatakan mau melawan dominasi lawan yang sudah terlanjur kuat (Brand Image-nya) sekaligus daya serang dan gempur lawan yang saat ini begitu besar. It’s to little. Effort Yamaha juga sudah sangat terlambat dilakukan tahun ini. Segala effort yang sekarang dilakukan dan sekaligus tahun 2013 ini direncanakan seharusnya dilakukan jauh-jauh waktu sebelumnya, yaitu 2 tahun yang lalu di tahun 2011. It’s to late. Yamaha is To Little To Late my Friend. So Sad to see that.

Ya….Semua gerakan Yamaha seolah terbaca lawan, bahkan Lawan seolah menguasai permainan, memimpin arah pertarungan selanjutnya bahkan menentukan arah pergerakan langkah demi langkah yang harus diambil. Perfect Strategy; adalah menciptakan strategy lawan. Sungguh ironis memang. Yamaha harus ikut dalam permainan ini.

YSport Plan reg

Memang Yamaha mengalami Resolusi mulai tahun 2012. Berani Fight Back. Back to DNA. Bahkan beberapa strategy yang dulunya pernah Gue tulis serasa diaplikasikan. Sayang dalam aplikasinya tambal sulam dan miss aplikasi terjadi, setidaknya menurut pengamatan dan kacamata Gue sih.  Ibarat memasak kare, lama memasak, besar api kompor dan kombinasi bumbu-bumbu dapurnya, semua tidak pas walau sudah ada resep masakan karenya.

Coba baca beberapa resep artikel lama dibawah ini.

https://mygoldmachine.wordpress.com/2011/11/29/menelanjangi-strategy-kebijakan-dan-kondisi-yamaha-di-2012/

https://mygoldmachine.wordpress.com/2012/05/02/kebijakan-dan-penerapan-positioning-paradox-pada-brand-motor/

https://mygoldmachine.wordpress.com/2011/11/23/bagaimana-sebaiknya-product-strategy-mio-j/

Setelah membaca beberapa artikel diatas jadi klop dech, To Little To Late khan!!! Artikel-artikel diatas telah LaaaaaaaaaMaaaaaaaaa muncul….To Late khan kalau baru dilakukan sekarang!!! To Little juga Effortnya jika cuma segitu segitu aja perubahan berarti dalam productnya.

Hal ini bukan juga berarti Honda boleh menjadi tenang-tenang saja, serangan Yamaha seperti membakar pohon Raksasa dengan sebatang korek api. Jika terlambat di tanggulangi juga bisa terlanjur terbakar juga kw kw kw kw kwek. Masak Kare saat ini bolehlah salah, hasilnya tak enak di lidah. Tapi dengan resep di tangan, dengan usaha dan semangat memperbaiki untuk lebih baik, pastinya resep tadi lama-kelamaan juga dapat dimasak dengan baik ditangan pemula sekalipun.

Resep Back to basic, Back to DNA, attack Youth culture sebuah ramuan yang tidak dapat dipandang enteng, bagai garam, gula dan merica.

Jupiter Z White Edition 2012

Jupiter Z White Edition 2012

 

Sedikit sinopsis resep kuno di artikel yang lama tertimbun waktu:

======================================================

………………………………

  • Lupakan untuk menguasai pasar menjadi nomer 1, tetap focus di DNA awal Yamaha yang membuat Yamaha Besar dan diakui kehebatannya. “Kencang, Desain Keren, Modern” yang sangat disukai oleh anak muda.
  • Potong Produksi beberapa line up Produk yang over, sehingga tidak terjadi penumpukan unit di dealer yang menyebabkan terjadinya price war antar dealer Yamaha sendiri (Canibalism Sales Net Work). Hal ini menyebabkan panic action dan panic condition di dealer-dealer akibat macetnya cashflow akibat unit yang sudah menumpuk.
  • Focus pada beberapa product yang masih dapat melawan di pasar dan masih memiliki brand image dan brand loyalty yang cukup tinggi. Serta product tersebut memiliki kontribusi penjualan yang cukup besar untuk menunjang kelangsungan hidup Yamaha. Misal di Jupiter Series. Segera develop product dan marketing strategy pada jajaran product-product ini.
  • Segera perbaiki product yang sudah tidak lagi sesuai dengan DNA Yamaha; Kencang, Keren Desainnya, Modern. Segera perbaiki Mio dengan New Product yang harus kembali ke DNA awal Yamaha yang strong. Mulailah dari Backbone product yang menopang kontribusi paling besar pada market size.
  • Jaga loyalitas Konsumen dengan ketersedian produk yang pas pada item product yang masih indent seperti Byson, jika perlu berikan Program Indent Berhadiah sebagai balas rasa terima kasih karena setia dengan produk Yamaha yang diminati konsumen.
  • Jaga selalu Loyal Konsumen dan para Brand Loyalist Yamaha yang seringkali tergabung pada komunitas-komunitas motor, baik club maupun on-line bikers communities. Jika share turun, merekalah yang seringkali menahan turunnya share hingga batas tertentu saja. Selebihnya share tidak akan turun lagi karena ditopang oleh konsumen loyal dan Brand Loyalist ini.
  • Keluarkan satu Super Premium Flag Ship Product, yang bisa menjadi kebanggaan Yamaha, baik bagi Yamaha sendiri, karyawan Yamaha, Brand Loyalist Yamaha (FBY) dan tentu saja bagi Konsumen Yamaha Indonesia. Misal R1 atau R6 atau V-Max untuk pasar Indonesia. Mereka mungkin tidak sanggup membeli product ini. At Least mereka bangga karena ada Product Yamaha yang masih bisa mereka  banggakan Superioritasnya.
  • Stop BC dan fokus perbaiki Image Product di Market lewat Re-positioning yang tepat dan teknik komunikasi yang tepat pula.
  • dan masih banyak lagi………………

Selengkapnya dapat Anda baca di beberapa artikel berikut ini:

https://mygoldmachine.wordpress.com/2011/04/03/kecap-no-2/

https://mygoldmachine.wordpress.com/2012/04/12/819/

https://mygoldmachine.wordpress.com/2011/06/17/605/

https://mygoldmachine.wordpress.com/2011/03/26/cari-kelemahan-dari-kekuatan-musuhmu/

https://mygoldmachine.wordpress.com/2012/04/17/siapa-bilang-honda-tanpa-kelemahan/

Setelah membaca semua resep artikel diatas, tentunya Anda akan dengan mudah menebak arah pergerakan dan strategi Yamaha di tahun 2013 ini. Sudah tergaris dengan JELAS!!!

Selanjutnya kalau ada waktu Gue akan bahas detailnya.

Salam Uhuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuy!!!

About these ads

52 responses to “Yamaha 2013 analysis; To Little To Late

  1. Stop BC dan fokus perbaiki Image Product di Market lewat Re-positioning yang tepat dan teknik komunikasi yang
    tepat pula. —————————————– saya sebagai pemerhati roda 2 tanah air sangat Prihatin dengan yang satu ini.

  2. bhahahaha….. saam auhuyyyyy

  3. tambahan
    Pecat Eko Prabowo wkwkwk

  4. Telatya yamaha? tapi pertempuran blm usai :D hayo yamaha kelauarin mio hlm xeon hlm fitur2 yg berjibun jangat pelit toh :D

  5. bc? mana ada bc. Yang ada mereka itu “smart”, anehnya yang menganggap smart adalah dirinya sendiri. Setau saya, orang smart jika orang lain yang menilai.

  6. artikelna mantab cuyyy,,
    kykna rada pesimis yamaha mmp brthan,,

  7. Hal ini bukan juga berarti Honda boleh menjadi
    tenang-tenang saja, serangan Yamaha seperti
    membakar pohon Raksasa dengan sebatang korek
    api. Jika terlambat di tanggulangi juga bisa
    terlanjur terbakar juga kw kw kw kw kwek.
    ^
    kira” langkah unik yg gmn yg akn diambil yamaha,, apkh da kaitnna dg hari nch,,?

  8. Gue Yakin reaksi lamban ini disebabkan oleh keyakinan berlebihan akan kekuatan product image mereka, terutama backbone product semisal Mio dan Jupiter Z.

    kira” terulang di vixion g,,? cz kmrn di slah st blog da statmnt dr petinggi yamha bhwa “honda mzh jauh buat mjd raja sport” (krng lbh gt)

  9. Artikel yg Top dah :-)
    Kontrol Emosi Top Dah :-)

    Yamaha harusnya memberi prioritas pada 1 hal lebih dulu :
    ” Kontrol Distribusi unit sampai ke level bawah”

  10. Ancur-ancurannya Yamaha di matic akibat kesalahan yang mereka buat sendiri. SATU, merubah Mio Sporty yang berdimensi yang imut, desain dinamis, dan performa joss menjadi Mio-J yang ndut, desain kaku/cupu dan performa loyo (meski dikonpensasi dengan keiritan). Parahnya lagi, pergantian dilakukan di saat pamor Mio Sporty sebagai raja matic mulai redup oleh Beat karbu yang makin moncer penjualannya. DUA, menghargai Xeon karbu gila-gilaan, padahal ketika itu sangat mungkin dibandrol sedikit saja lebih mahal di atas MioSoul, sehingga bisa mengantisipasi lebih dini pergerakan Honda di kelas 125 ini. KETIGA membrojolin Fino tetep pake karbu, yang sebenarnya sudah bisa diinjeksikan (brojol bareng sama MioJ kan ?!!). Sehingga imejnya udah telat, jyadul lagi (mentang-mentang motor retro !!!)

    Kedigjayaan Honda di matic saat ini ada pada Beat Fi dan Vario125. maka sasaran tembak harus diarahkan YIMM pada keduanya. Langkah brojolin XeonRC mungkin tepat, tapi kesan “downgrade” dan kurang berani dalam desain gue sangsikan kemampuannya mepet Vario125. Langkah berikutnya bikin varian matic entry level yang sama sekali baru dengan basis desain ambil dari raja matic saat ini, Beat Fi. jejelin fitur Beat-Fi tapi pake teknologi MioJ dan kasih harga 500rb lebih murah dari Beat Fi. Anggap aja sebagai tentara cadangan untuk menggantikan MioJ yang babak belur! (Sayang MioGT tetep keukeuh ambil basis desain MioJ yang mati gaya lagi cupu itu !!!)

    Dengan strategi perang setengah hati ini, kuprediksi tahun 2013 tidak ada kenaikan signifikan untk Yamaha. Apa yang dilakukan Yamaha sepertinya bukan “menyerang balik” …. tapi “sekadar bertahan” untuk tidak nyungsep lebih dalam !!! (Sorray kepanjangan komentnya !!!)

  11. Makanya keluarin xmax buat flagship matic. Ga perlu tmax. Xmax udah cukup rasional buat orang indo. Yang beli dikit ga masalah. Yang penting orang tau yamaha punya matic bongsor keren.
    Orang minta filano dikasi fino. Jelas2 desain filano 2 tingkat diatas fino. Rim 12 ga masalah kalo buat fashion scooter kok. Malah keliatan klasiknya.
    Buat sport keluarin yang 600cc aja dulu sementara nunggu 250 tahun 2014nya. Ada kebanggaan lah bener buat penunggang yamaha kalo yimm jual mogenya disini.

  12. @Blade-in
    ane setuju dgn ente…..
    semestinya mio J punya nilai lebih daripada beat Fi. ini malahan nilai kurang dgn power yg turun…..apa boleh buat…..hasilnya ga seperti yg diharapakan.
    butuh sesuatu yg lebih baik dan lebih canggih dari ACG stater dan Idle stop system (ISS)nya honda…..tapi punyakah yamaha teknologi yg lebih baik dari honda? (mari kita tanyakan kepada rumput yg terendam banjir…. :D

  13. manteb pembahasannya… time will tell lagh :P

  14. ヤマハ を つぶす!

    Yamaha sudah lemah ?? … Engga lha ….Peperangan masih belum selesai dan tuntas ….Honda juga belum berhenti untuk menuntaskan peperangan ini … ヤマハ を つぶす!

  15. butuh sesuatu yg lebih baik dan lebih canggih dari ACG stater dan Idle stop system (ISS)nya honda…..tapi punyakah yamaha teknologi yg lebih baik dari honda?
    ===================
    kalau jawabannya punya!! buktikan dan jual disini!! tapi harganya harus lebih murah, kalo lebih mahal mah percuma, ga bakal bisa nyalip honda!!

  16. ヤマハ を つぶす!

    titip pesan kepada orang dalam yamaha (jepang or lokal) yang dulu pertama kali menabuhkan jargon perang “how to kill Honda” di semua jajarannya … Hi Bro apa kabar , masih sehat ? :D

  17. To little to late apa too little too late.. ?

  18. yg pasti yamaha kekurangan model di matic
    seharusnya bikin yg berbodi bongsor seperti model masjesty 125 atau kymco dink 150
    jangan semuanya imut sprti sekarang yg hanya mngakomodir city-bike
    buat dong matic utk touring-bike yg nyaman dan fitur melimpah

  19. kembali ke DNA?

    setuju

    tapi u/ sport aja, tapi masalahnya yamaha lebih fokus ke indhie

    u/ bebek, ngak perlulah, populasinya dah semakin turun, dan juga balap motor sport mulai digalakkan

    u/ matic, setujulah balik ke DNA nya, tapi designnya juga harus sesusi + ditambar fitur yg setarap dgn kompetitor, harga sedikit diatas kompetitor ndak masalah, toh kualitasnya dah pada tau

    toh yg dicari dimatik itu khan lebih ke kenyamanan, bukan kecepatan

  20. blog super sekali

  21. Betul mas Uhhuuuy… Produk kebanggan Y apaan sih yg dijual diIndonesia? Paling V-ixion, Scorpio, Byson, Xeon minus Premium produk.

  22. toh yg dicari dimatik itu khan lebih ke kenyamanan, bukan kecepatan,,!
    ^
    masalhna yamaha jauh dr hal tuch,, suspensi kerasna minta ampun (oke mgkn untk akslras),, blum lage ban cungkring bngt (nyaman trgadaikn di jln g rata),,!
    coba buat metik basik dsain jup mx dbuat sbongsor vario pzt josss

  23. weleh….manteb ulasannya…mari buka mata dan pikiran…urun rembug dengan jernih… kan sudah ada poin stop BC gunakan teknik komunikasi yang baik (ini untuk semua fans kan ya??) :D :D
    @ヤマハ を つぶす!
    Hi Bro?? dalem nih….pake fiturnya sendiri :D :D

  24. “..Setelah membaca semua resep artikel diatas, tentunya Anda akan dengan mudah menebak arah pergerakan dan strategi Yamaha di tahun 2013 ini. Sudah tergaris dengan JELAS!!!..”
    IMHO…kompetitor juga nongkrong disini :D :D

  25. @ヤマハ を つぶす!
    Yang Jepang sudah lengser yang satu lagi lokal sedang kejepit.
    wkwkwkwk……………..

  26. Point stop BC itu utk pabrikan atau FB nya ya? atau memang keduanya sudah bersinergy? terbukti nggak efektif kan?…

  27. Stop BC dan fokus perbaiki Image Product di Market lewat Re-positioning yang tepat dan teknik komunikasi yang tepat pula.
    ==========================================================
    ini nih yang sampe sekarang masih jadi andalan petinggi YIMM dan FBY.
    ga cukup cuma BC buat ngelawan kompetitor kalau produk sendiri ga superior. brand Honda sudah terlalu mendarah daging di benak konsumen.

  28. Penampakan beat FI nggilani.
    Di mana-mana ketemu, walau baru beberapa bulan rilis.

  29. better late than never :mrgreen:

  30. Stop BC dan fokus perbaiki Image Product di Market lewat Re-positioning yang tepat dan teknik komunikasi yang tepat pula
    ===========
    maksudnya Stop mengikuti dan kepancing strategi AHM yg sudah pengalaman dalam strategi BC

    lebih bagus lagi kalo YIMM bisa mengambil alih MotorPlus dari tangan AHM

  31. STOP Takut ama Jacket…. Masa launching X-25 mundur gara2 bersamaan dengan launching Jacket Riger?????? CPD. Dasar Yamaha Cupu!
    Nama gue yang belepotan oli nih…

    Nih selengkapnya di sini

    http://bocoraninfoakurat.wordpress.com/2013/01/31/ternyataaaaa-saya-ngebocorin-pipa-yang-salah-bro/

  32. mudah2an ini bukan sekedar ngimpi…. nouvo sx dan xenter segera masuk ke Indonesia

  33. Kalo stop BC kayaknya berat deh soalnya itu udah DNA mereka :D

  34. TOO LITTLE TOO LATE…kaleeeeee!
    ahaem ketolong sama cherry belle bukan karena strategy keroyokan ataupun kualitas produk

  35. Sayangnya, YIMM masih kekeh dengan sport nya.

    TIDAK ADA BYSON INJEKSI TAHUN 2013 INI.

    Selengkapnya di sini

    http://bocoraninfoakurat.wordpress.com/2013/02/01/yang-lagi-nunggu-byson-injeksi-siap-siap-jamuran-wkwkwkwkk/

  36. Satu satunya yang bisa menolong Y saat ini hanyalah rasa kasihan dari H,
    atau pemerintah, dengan cara mebatasi produksi H sebesar 4 jt unit setahun maka Pangsa pasar yang delapan jt unit, 50% bisa dibagi oleh Y S K dll. Kalau kapasitas H tidak terbatas maka H bisa bisa akan mencaplok 80% MS Indonesia.

    Ada benarnya Brand Loyalis Y (FBY) tidak ada. dan ini sering diungkapkan oleh mereka yang mencoba meruntuhkan Brand Image H, dengan mengusik Brand Loyalis H sebagai penyembah merk dll, Namun apa lacur yang mereka perjuangkan berbanding terbalik dengan kenyataan. Ane rasa ini kesalahan nyata yang sampai saat ini tidak di mengerti oleh mereka yang mencoba menyingkirakan Brand loyalis H (FBH). Tapi katanya Smart, sungguh mengherankan?

    Ketika anda tidak memiliki jati diri membuat pernyataan tentang sesuatu yang baik maka jangan harap orang akan mengikuti anda. Karena tidak ada satupun dari perkataan anda yang dapat di pegang. Sebaliknya jika anda meiliki jati diri yang jelas kekeh dengan pendirian anda, walau orang lain tidak sependapat kemungkinan anda masih akan dihargai. Jadi pertanyaan ane Smartkah ente-ente yang mengaku ngaku smart?

    Saran Ane buat Y
    – Fokus dengan tujuan,
    – Kelola dengan baik resources yang ada dari Supplier sampai Konsumen.
    – Maintain dan Improvement sales Network dan After Sales Service
    – Jangam tergantung kepada Key Person atau Publik Figur seperti Rosi, tetapi bergantunglah kepada system yang baik. Karena suatu saat mereka akan pergi sementara system akan abadi selama perusahaan anda ada.
    – Banyak yang mengira bahwa system yang baik goalnya adalah Kualitas Produk yang tinggi. Kalau Y juga berpikir demikian maka sebaiknya merubah paradigma berfikir bahwa system yang baik Goalnya adalah Brand Loyalis, Artinya jika banyak yang mnenolak jadi FBY berarti sytem anda jelek walau mungkin bagus di atas kertas dan dalam teori. Dalam persaingan Bisnis modern system seperti ini boleh dibuang ke tong sampah, karena anda bukan perusahaan nirlaba.
    – Untuk Fansboy smart monggo di renungkan.

  37. Bagi Honda, ini masih Round 1. Masih banyak rencana besar untuk menghancurkan Yamaha. Cek BOCORAN nya di sini

    http://bocoraninfoakurat.wordpress.com/2013/02/01/bocoran-rintik-rintik-dari-pipa-ahm/

  38. motoralay | January 31, 2013 at 12:02 pm |

    Point stop BC itu utk pabrikan atau FB nya ya? atau memang keduanya sudah bersinergy? terbukti nggak efektif kan?…
    ===============================================
    gue demen komen ini : atau memang keduanya sudah bersinergy? terbukti nggak efektif kan?…

  39. soal BC tadi malem liat iklan Y yagn baru dan gue nilai lebih santun dari iklan2 lainnya bikin gue suka meski tetep kompetitor di sentil2 juga..udah ciri Y

  40. nha . maslahnya yg ngaku smart dalam bilagn pemake H bloon ga nangkring di sini :) karena di lapak bro koment jarng kebakaran ..jadi inget film predator dimana predator akan datang kalo di suatu area ad peperangan atau terdeteksi hawa panas..nah warung bro komeng adem jadi ga ke ditekk .. :)

  41. gue heran disini ga ada yang nongol macam, thole nobita jaos qwerty roy dkk,,,,mati kutu semua disini mereka,,,,kenapa ya???

  42. mungkin lain ceritanya kalau yamaha segera berbenah 2-3 tahun lalu.

  43. Mas komeng, masalah yg dihadapi yimm bukanlah karena agresifnya AHM

    Tapi adalah yamaha motor corp jepang tetap gk mau meningkatkan RnD dari yamaha di yimm indo,, itu saja

    Klo dah gini, tetap saja dari kemampuan yimm menelurkan produk gk bakal lebih baik dr produk ahm,

  44. rosyid kongkong

    Gan..apa ga kebalik tu…kok ada serangan yamaha…setahu saya yg gencar melakukan serangan adl honda…lihat saja..hmpr stiap yamaha pny model baru..pasti honda kebakaran jenggot..bhkn pabrik sbsr itu tidak segan segan ataupun malu untuk meniru yamaha yg notabene jauh lbh kecil dan dijual lbh murah…btl pa salah….

  45. @rosyid kongkong : baca artikel2 mindgenesis sebelumnya bro, tuh diartikel ini jg disediain linknya

  46. BC kan emang gen yimm!!
    Sampek kapan pun Gak mungkin hilang dah! :D

  47. kemane aje lo

    masa siiih…..kalo skrg mah so:so loh om komeng…sama aja….

  48. yang lain udah bisa bikin kalkun panggang, ini masi aja bikin kari….

    http://wawwiwiwaw.blogspot.com/2013/04/daaan-mio-j-pun-diasepin-beat-fi.html

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s