Membedah Bisnis Otomotif roda 2

Pemirsa, kali ini kita akan membedah mengenai seluk beluk bisnis roda 2, dalam episode ini kita akan bedah menggunakan SILET. Tajam – Menyayat – Menghiris wk k k k k.

Sering Brother dengar kata Market Share, sering disingkat sebagai MS, bahkan kata MS ini seolah sakti dalam menentukan performa suatu merk. Atau kadang kata; Growth, Sales target dan Demand, bahkan Image, kata kata berikut ini seringkali disebut sebut sebagai indikator claim kemenangan suatu merk atau pabrikan tertentu.

Hati hati loh, seringkali seperti layaknya pengacara artis di Indonesia, para Fans Boys “White Color” sering menggunakan sepenggal info ini untuk memutar balikkan presepsi.

Coba ikuti
diskusi dibawah ini;

MG: bagaimana pak D kabar kondisi Y saat ini?

D. : baik sekali Pak MG, over all penjualan kami mencapai target, bahkan diatas dari target kami untuk tahun ini. Kondisi kami sekarang jauh lebih baik, Kondisi sales Y tahun ini untuk periode Semester 2 berjalan NAIK dibanding Tahun lalu. (suara semangat berapi api)

MG: wah kondisi yang baik ya pak D. Y ada kenaikan donk untuk periode penjualan Jul-Oct 2013 dibanding Jul-Oct 2012 lalu, Omong omong bagaimana kalau total jan-oct 2013 dibanding dengan periode yang sama tahun 2012 lalu. Ada growth berapa persen nich pak?

D. : soal total pencapaian yearly growth kami masih berjuang pak MG, kita akan berusaha kejar di dua bulan tersisa ini untuk memperoleh hasil positive growth. (suara mulai lirih dan sedikit berat).

MG: kalau harus kejar di 2 bulan tersisa ini untuk capai yearly positive growth apakah tidak berat pak D? Kondisi jan-oct 2013 banding periode yang sama tahun lalu ada penurunan berapa pak D?

D. : kami berusaha untuk kejar di dua bulan terakhir ini karena trend penjualan NAIK pak MG, kondisi sales trends mulai juli 2013 sampai saat ini semakin lama semakin memBAIK. Trendnya POSITIVE untuk merk kami. (suara yang meyakinkan)

MG: penjualan Y trendnya naik terus ya pak, dari bulan ke bulan increase terus?

D. : ya begitulah kondisi market yang terjadi pak MG. (suara lantang dan mulai PD)

MG: kalau begitu kondisi demand bagaimana pak D? Saya dengar kondisi demand tahun 2013 ini bagus sekali, mengalami perkembangan yang luar biasa dari tahun sebelumnya. Betul begitu ya pak D?

D. : betul pak MG, ya begitulah kondisi pasar Indonesia saat ini. Persaingan semakin tajam dan kompetisi semakin keras. (suara lirih kembali, sepertinya beliau mulai tahu arah pembicaraan Gue, wk k k k, lalu ngapain pula menjelaskan persaingan semakin tajam dan kompetisi semakin keras)

MG: serius question pak, demand growth dan Y sales growth tinggi mana untuk tahun 2013 ini? (tembak langsung aja)

D. : ya itulah pak MG, seperti kami ceritakan diawal, kami akan berusaha mengejar ketinggalan kami. Dan trends penjualan kami terus memBAIK.

MG: jadi Market Share Y kecenderungan trendnya turun terus ya pak, karena demand membesar cepat bergerak naik dan walaupun trend sales Y increasing ini lebih disebabkan karena kondisi demand yang terus naik, akan tetapi kalau harus dibandingkan lagi maka yang terjadi adalah demand growth more increased than your sales growth, so Y harus berusaha keras kejar kondisi ini ya pak D. Rupanya kompetitor anda yang saat ini telah berhasil memanfaatkan peluang dan kondisi market di tahun ini.

D. : ya…, saya rasa pak MG malah sudah tahu banyak masalah ini.

MG:Last question pak D, bagaimana dengan target yang akan dikejar dalam 2 bulan tersisa ini, Apakah pencapaian positive dalam growth yearly total sales 2013 dibandingkan 2012 lalu (internal Y sales), ataukah growth penjualan Y tahun ini harus lebih baik dari growth demand yang terjadi tahun ini (MS Naik)?
Optimiskah anda mengejar target tersebut dalam tempo 2 bulan terakhir di tahun ini?

D. : Tentunya kami selalu membuat target yang masih realistis loh pak MG, dan tentunya juga, kami dengan segenap kemampuan kami akan berusaha untuk mencapai yang terbaik bagi perusahaan ini pak MG.

(mhmmm “target yang masih realistis”…..kata kata itu bikin gue hampir ketawa, pinter juga pemilihan kata kata yang sangat tepat sekali dalam menjawab pertanyaan Gue. Salut!!!)

MG: ya pastinya Pak D. semoga sukses!!!

kesimpulan:
Bikin target tahun ini kekecilan, sehingga ya kelihatan sukses mencapai target penjualan, padahal sebenarnya malah jatuh, kesalahan besar dalam vision memprediksi market condition kedepan dalam perencanaan business planning dan business mid term planning. (terlalu main safe dalam perencanaan atau justru permainan direksi pengambil kebijakan agar bonus tahunannya besar :) )
MS jatuh, karena growth sales dibawah growth demand yang terjadi, so kalau growth sales dibawah growth demand, maka pasti ada kompetitor yang memiliki growth lebih bagus diatas growth demand.
Usaha untuk memperbaiki kondisi yang tinggal tersisa dua bulan ini….”kami akan selalu buat target yang masih realistis” adalah sebuah ungkapan yang sangat tepat. Semangat ya Pak D!!! Banyak PR yang harus di kerjakan. Salut atas kepiawaian jawaban Anda.

Nah, mudah mudahan dari sepenggal diskusi ringan diatas ini dapat memberikan pencerahan bagi kita semua.
Bedah Ala SILET episode 1 selesai wk k k k k

Salam Uhuuuuuuuuuuuuy!!!

About these ads

33 responses to “Membedah Bisnis Otomotif roda 2

  1. eh sepi

  2. borong ahhh

  3. Ini sih bukan diskusi ringan, tapi bahasa birokrat

  4. mungkin juga bikin target kecil karena thn sebelumnya trendnya turun?

    walu growth deman naik, tapi ymii ndak bisa menangkap demand tsb.

  5. jadi demand nvl naek, karen lebih disebabkan demand motor yg emank naek?

  6. Mantabsss……….

  7. MG: penjualan Y trendnya naik terus ya pak, dari bulan ke bulan increase terus?
    ————-
    jangan jangann.. Pak De gak tau maksudnya increase itu apa? bagaimana Nobita? inget, 2 taon lalu di bulan ini loe mau ngemut kenalpot Force1, udah belon?
    ————
    kemaren gue juga ngobrol ma orang BAF, jawabannya kurang lebihnya mirip2 Pak De, tapi…akan memperbesar jumlah kredit dan makin menekan kreditur yang dah berjalan, agar seminimal mungkin O% tercabut leasing…
    ———–
    met berjuang kangwan…

  8. Setelah kalimat “target yang masih realistis”,akan ada kalimat penghibur diri yg lain,yaitu “kami hanya mementingkan kualitas bukan kuantitas”….
    Fanboynya bersorak “amiiiiiinnnnnnnnn…………………”

    kwek kwek kwek

  9. Hmmmmm Growth Sales dibawah Growth Demand ya,… selama price dan Qtt penjualan masih di atas Budget, maka iklim usaha masih kondusif la, yang repot kan kalau price dan Qtt sales berada dibawah budget, nah ini bisa berdampak pada restrukturisasi dan rasionalisasi (PHK).

  10. Buatlah target serendah ,dan sesimple mungkin dan akan kau jumpai hari2 yg memuaskan karena semuanya melebihi target

  11. memang kalau dalam dunia bizniz zuzah mengakui kelemahan dan kekalahan.jawaban yang tepat.hanya saza kompetitor tau akan situazi yang ada. zuper zekali maz komeng

  12. wow… alias we oo we…
    jawaban yang diplomatis sekali dari pak D. tapi sudah tertebak arahnya.. :)
    salut nih buat bro komeng yang ngasih pertanyaan.
    btw, kenapa ga sekalian tanya prospek tahun depan bro komeng??

  13. om uhuy mulai rahin ngeblog lg nih
    asiiik :-)
    maaf om, kalo bahasa’a kaya gitu dikhawatirkan para panboy dari perusahaan pak D nggak mudeng om
    bhahahahhaha,,,
    mreka’a kan tau’a yg penting ms naik ;-)

  14. asik, om uhuy mulai rajin ngeblog lg nih
    semangat om :-)
    tapi kalo bahasa’a kaya gini, dikhawatirkan para panboy dari perusahaan pak D nggak mudeng nih om
    bhaahhaahhaahah,,, :-D
    mereka kan tau’a yg penting ms naik/ produksi motor naik

  15. motor batangan

    Too much sugarcoating can kill you :p

  16. @bocah
    jelas nggak mudeng, buktinya pada nggak nongol batang knalpotnya disini. Apalagi main blayer mblayer, jelas nggak berani.

  17. bahasanya berat nih, out of my mind :-D

  18. mantap bro komeng…

  19. wah arkitel penjelasan bwt komentator yg kemarin debat nich.

  20. @nobita
    nobita ku sayang, dimanakah dirimu? Hallo nobita.. kutunggu dirimu nonggol disini.

  21. kredit lebih utama buat y seih

  22. @om bona
    wakakakakkak,,, :-D
    ngakak saya om
    ditunggu aja dulu, mungkin lg pd belajar dulu

  23. D? dyonisius beti? :mrgreen:
    gile om komeng linknya udah level atas :mrgreen:

    bahas H ama S juga om, bosen juga liat Y yang banyakan dibahas dimari :mrgreen:
    mumpung om komeng lagi on semangatnya

  24. abi ihsan dedi

    pukulan ms buat y ini lumayan mendidik, kalau gak, bakal gak ada improvement, di matic…just minta kunci magnetik, lock buat rem, ma interlock standard samping aja gak digubris (dah mendengar tapi gak dipedulikan), padahal itu yg terlihat oleh kelas low end matic…bukan dapur pacu balap
    Pas…ms berantakan…baru…satu2…fitur itu dilayani…
    Persaingan memang membuat sehat improvement suatu produk.

  25. Kalu ms masih bagus di sport takutnya r25 keluar dengan mesin downspex preketek. Masukan ini itu kagak digubris termasuk sasis pipa twin spar

  26. kerjakan sesuai kemampuan, itulah yang Terbaik

    kalo gak percaya tanya Pak Mario Teguh :p

  27. kemaren yg ngotot MS klas dewa dah mudeng pa belom ya?
    atau seperti biasanya lagi pake jurus ngeles dan pengalihan topik.

  28. masih belajar om :mrgreen: ajarin dong tentang MS biar pinter kek kaum kutang :lol:

  29. MAntep om diskusinya, kemungkinan besar Mr.D itu adalah salah satu dr para petinggi dr pabrikan Y..

  30. Dide Irvin | December 1, 2013 at 7:51 pm |
    masih belajar om ajarin dong tentang MS biar pinter kek kaum kutang
    ===========================
    ngapain lu cape2 belajar MS , kuli buruh kaya elu mah ngak perlu gitu2an segala …yang penting makan nasi sebakul dan latihan panggul beras dah cukup lha hahahaha

  31. sinyal nyala, seperti ada kaum kutang yg ayan :roll:

  32. Most other reverse searches force that you pay for any
    name. As my brother Jamar Booker informed me, men value young,
    attractive, healthy, faithful, and nurturing women.

    You would type in “70” in the little box under where it says “value” in cheat engine.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s