Mengulang kejayaan Tiger, Honda sudah jauh ketinggalan

lasona swimsuit

Kejayaan motor

  

Honda Tiger dengan kekuatan komunitas Tiger yang begitu raksasa dan luar biasa tentunya ingin diulang oleh Honda. Pertanyaannya;  Dapatkah?

Langsung aja Gue jawab singkat, Tidak akan dapat!!!

Alasannya bukan karena Honda tidak dapat menelurkan produk yang sehebat Tiger, atau produk yang fenomenal sefenomenal Tiger, akan tetapi lebih karena momentum yang tak dapat lagi diulang. Masih ingatkah dulu saat Tiger pertama kali di launch di Indonesia? Tak ada satupun motor sport yang memiliki karisma motor gede seperti Tiger saat itu. Dengan kubikasi mesin 200cc mampu mempesona banyak pejantan tangguh saat jaman itu, dimana motor laki menthok di 150cc, dan modelnya tidak seberotot Tiger. Tiger mampu membius banyak khalayak yang memiliki impian memiliki motor beraura motor gede saat itu, tak ada pilihan lain memang, hanya Tiger yang mampu mewadahi impian banyak pejantan tangguh saat itu. Komunitas  Tiger mulai tumbuh dimana mana, belum lagi hobi modifikasi bagi yang berinisiatif memiliki tunggangan yang berbeda dari milik orang lain, modif dengan limbah moge mulai menjadi main stream modification trends saat itu. Maka komunitas komunitas ini tumbuh menjadi para pasukan brand loyalist yang addicted dengan merk Honda Tiger.

Sayang Honda tertidur, disaat kemajuan jaman menuntut lebih, Honda masih terlena dengan angka penjualan Tiger yang memegang tahta. Bahkan saat MS tergusur oleh Vixion, Honda masih tak bergeming, mind set status qou masih mewarnai rapat pengambilan keputusan untuk product planning.

Saat ini Honda bermimpi untuk megulang kejayaan Tiger di masa lalu, persiapan dilakuksn dengan sangat matang, mulai dengan produk suksesor pengganti Tiger sampai dengan communities communication development strategy. Menurut Gue momen sudah leeeeewaaaat!!!

Saat moment yang paling tepat sebenarnya saat terjadi euphoria racing bike 250, yang sudah lebih dahulu “dinikmati” oleh Kawasaki dengan Ninja 250 nya. Lihat impian dalam hal mesin stereo, teknologi moge look like, bodi besar dan demam racing bike terpenuhi semua disini. Bahkan dari harga yang sedikit eksklusive memberikan dorongan untuk membentuk komunitas yang lebih eksklusive dengan basis massa yang banyak karena masih lebih terjangkau dari pada membeli real moge. Kasus sukses Tiger justru terulang disini, sejarah terulang dengan wajah yang berbeda. Lihat saja komunitas Ninja 250 yang banyak dimana mana. Sedikit eksklusive tapi memiliki basis massa yang besar. Tidak super eksklusive seperti komunitas moge 750cc up, tapi sedikit orang saja yang mampu bergabung. Komunitas Ninja 250 semakin membesar, cukup eksklusive tapi juga masih terjangkau walau banyak yang memaksakan diri :) .

Kalau sebentar lagi Honda hendak mereborn Tiger, sudah terlambat, sebaiknya menunggu gelombang momentum yang akan datang saja pada level ekspektasi pengguna yang memiliki level dan tingkat eklusivitas yang lebih tinggi.

Jika saat ini hendak mengulang kejayaan masa lalu Tiger, gue rasa momentum dah hilang kecolong ama Ninja 250. Peace!!!

Salam Uhuuuuuuuuuy!!!

About these ads

46 responses to “Mengulang kejayaan Tiger, Honda sudah jauh ketinggalan

  1. wow berarti emang ahm nunggu moment ya om

  2. Penyakit AHM dari dulu ya gitu……………sampe gregetan juga ane masak dari thn 2004 sampe 2013 mesin g berubah…???

  3. itu makanya harga tiger bekas udah lebih murah dari bebek.
    tapi lucunya onderdil masih tetep overprice.
    jadi orang bakal mikir 100x buat meminang tiger di dealer. kecuali mungkin bagi pemburu motor seken, dengan duit 10 jt udah dapet tiger revo wkwkwkwk…

  4. @ werengsawah
    Justru alasan harga bekas tiger jatuh, krn onderdilnya mahal. Tetap masih lebih mahal drpd bebek lah.

  5. menurut gw kesalahan tiger revo yang kemarin selain mesin yang ngak di upgarde body juga terlalu dibawa ke arah futuristic, yang biasa memperhatikan komunitas komunitas motor akan sangat jelas perbedaannya ambil contoh antara komunitas ninja sama tiger kalau mereka kumpul walaupun motor mereka ngak keliatan udah bisa ketauan itu dari komunitas apa mereka udah punya style masing masing, jadi mungkin Next tiger berikutnya modelnya harus yang lifetime honda punya kok vtr250, karakter mesin buat yang torque ini harus bahkan kalau bisa dibuat terbesar di kelas 250, menurut saya tiger masih ada peluang mengulang kejayaan walaupun tidak sebesar dulu, hadirnya ninja yang racinglook lebih merupakan sagmen baru mengingat motor fairing dulu hanya ada motor CBU

  6. Mungkin AHM berharap ribuan anggota komunitas Tiger itu rame-rame ganti motornya …. Kalau berharap dari konsumen baru, jangan mimpi. Mindset konsumen motor sport memang sudah mulai bergeser.

  7. we ow we…
    Honda sedikit terlena dengan tiger.. terlena dengan komunitasnya.. terlena dengan nama besarnya… dengan mesin tetap seri gl dan cuma rubah tampilan sedikit… bener bener terlena…

  8. Anggota komunitas tiger dah banyak yang migrasi ke ninin250, lebih bergengsi

  9. yach wajar saja sich, honda konsen yg 90 % ms

    honda lebih konsen ke bebek dan matik beberapa thn belakanagn .

    krena teranancam oleh yamaha,ini kayanya lebih penting ,

    jadi tiger dibiarkan saja

  10. Tiger…..masamu telah berlalu….

  11. sudah bukan jamanmu mbah :D

  12. kalau ingin jaya seperti dulu, yaa lakukan seperti dulu, yaitu “berikan lebih dari harapan”.

  13. Benul,,, eh betul itu.

  14. dulu sport paling gede ya cuma tiger.
    kalo yg kenceng sih banyak, ada ninja dan RGR, tapi keceng.
    laaah sekarang motor gede udah banyak.
    bison aja 150cc bodinya keker, belom pulsar 220 yg udah kaya monster.
    ditambah hadirnya ninja 250 malah bikin tiger tinggal nama doang dan hanya menyisakan knalpotnya saja untuk bahan modifan :D

  15. kalimalang rider

    pake mesin nighthawk 250 aja, biar jadul 2 silinder tp 1 karbu, yg penting sensasi stereonya dapet :mrgreen:

  16. Kalau mau mengulangi kejayaan Tiger, AHM harus ngeluarin Honda CB250 Hornet atau minimal VTR 250. Selain itu gak laku…

  17. absen uhuyyy,,, :-D
    seberapa lama honda harus menunggu?
    apakah honda bisa sabar?
    kita saksikan bersama2 :-D

  18. Saya rasa bisa, Jika AHM berani memasukkan Honda VTR250,.IMHO

  19. Yg paling nyakitin Tiger gagal menjadi legenda… Ga kyk King, meskipun udah discontinue tp namanya tetap cetar membahana dan masih disegani bak raja di jagat roda dua…

  20. jika mengejar eklusifitas,keinginan biker dan momentum yg tepat….
    Honda Tiger harus muncul lagi di cc berapa dan type apa Om Komeng….?

  21. tiger sudah ompong sekarang….

    tinggal suaranya rantai aja yg kemrosak..

  22. AHM wkt itu petingginya kn orang tua jd y gk tau selera anak muda makanya tiger gk ada evolusi,itu2 aja ,facelift sana sini tp mesin ttp sama.
    sekarang baru nyadar,,kapokmu kpn sih AHM???

    #tutup tanki njendul aja dr jaman majapahit ampe skrg msh dipeliara..!!!

  23. Terlalu ketinggalan. Itulah,sebabnya.

  24. vote for VTR 250, mini v configuration :-)

  25. motor batangan

    Berarti untuk menciptakan momen baru bisa dengan cara kasih yang lebih dari yang ada sekarang ya Om Komeng. Pake mesin V twin, V4, atau inline 4 bisa mengulang momen mungkin, walau pasti lebih mahal. Tapi kunci boomingnya tiger dan ninja adalah hal itu, hal yang sama selalu.

  26. Peluang tetap masih ada walaupun tidak akan sukses besar seperti kemarin. Era awal 95 an adalah masa dimana media (TV) belum menyebar rata di pelosok daerah. Mereka hanya tahu motor paling mahal dan prestisius saat itu adalah tiger dengan kubikasi 200cc dan mesin 4 taknya, sementara kompetitor lain (mungkin) masih sibuk bergelut dengan nafas 2 tak. Tak heran setiap habis panen di daerah2 kabupaten banyak yg kepincut untuk memboyong tiger (karena petani2 dulu sangat makmur) dan kemudian iklan “dari mulut ke mulut” tentang keberadaan tiger pun terus bergulir.

    Menurut saya inti jawaban dari artikel ini adalah PABRIK BARU = HARAPAN BARU.

    Kalau masih terus menutup mata telinga ya silahkan saja menerima konsekuensi dari loyalitas “Gentho aspalan” sekelas komunitas Tiger.

  27. Tinggalkan tradisi velg racing palang 5, tutup tangki njendul, tangki bocor, desain wagu ala nehi – nehi dan kekurangan2 lainnya yg terus diteriakan oleh konsumen sport honda. Fokus di segmen bebek dan matic sudah cukup! Sekarang giliran tahun 2014 ini segmen sport yg perlu membutuhkan “perawatan darurat”.
    Desain serba agresif, tajam dan gambot sedang ngetren bung!!!

  28. yah, sejarah kejayaan tiger mungkin tidak bisa diulang… walo gitu, gak mengurangi kejayaan Honda, Honda masih jadi top market share sepeda motor.. hehe…
    trend kan berubah,, mungkin bukan motor sport seperti tiger lagi yang disenangi pasar sekarang, melainkan matic…

  29. Setuju bro Haroem, mengulang kejayaan memang ga khn bisa diulang namun pasarnya udah beda sekarang, matic di Pulau Jawa lebih merajai ketimbang sport. Mungkin suatu saat kejayaanntsb akan diulang tp dengan produk Honda yang lain

  30. Kalo dari sudut pandang values yang di tawarkan gmn om? Kayak msn turunan cbr250 harga di bawah 30jt…??

  31. Intinya tiger baru harus lain dr yg lain biar bs membuka pasaran baru, Kalo tiger mau kembali mengulang kejayaannya seperti dulu, cara satu-satunya cara adalah bikin spek motor diatas spek motor 250cc yg bnyk beredar skrng…

    contohnya mesin 250cc tp udh pake 3 silinder, sok depan upsidedown, chasis diecast aluminium, double cakram depan, velk lebar depan 2,75 inch belakang 5 inch, desain bodi semirip mungkin kaya CB1000R terbaru…
    kalo mau nekan biaya R&D n lebih simple bisa boyong langsung VTR250 dr jepang yg udh streetfighter tp dgn upgrade kaki2 yg lebih advance…

    Ane Jamin konsumen pasti bakal klepek2 sama tampang n fiturnya, n juga klepek2 sama harganya yg Wowwwww,…. Ngakak….

  32. kebanyakan peminang moge “motor gede” lebih kepada ‘gaya’ bukan kebutuhan yg sebenarnya. konyolnya mrk memaksakan diri utk memilikinya.

  33. Buat kalangan blogger ikuti kontes menulis online “TOP 1 Citizen Journalism” http://stephenlangitan.com/archives/82937

  34. Sayang banget sih… tp mgkn yah.. marketnya dh beda. tp dengan adanya community motor tiger di berbagai kota semoga tiger ttp jaya…

  35. tiger? klo sekarang mah udah jadi TIkus GERing wkwkwkwk

    http://belalangmerah.wordpress.com/2013/12/16/ducati-berencana-membuat-skuter/

  36. TIGER SUDAH JADI MOTOR LEGENDA BAGI KAUM ADAM, KALO INGIN MOTOR LELAKI YA TIGER SOLUSINYA, DITUNGGU MODEL TERBARU, BIAR MAKIN MELEGENDA

  37. bapa suka turing

    Tapi kan itu masih teori, sebagai konsumen, gw masih berharap ada generasi tiger yg lebih “up to date”, walaupun diluar muncul barbagai demam moge, karena “aura” tiger dan komunitas nya masih menimbulkan hawa mistis untuk pengguna motor,….so lanjut terus bro tiger…..

  38. mungkin untuk motor tipe sport, AHM cukup terlena yah, makanya lg matengin strategi nih kayanya mau brojolin tiger yang lebih uptodate aja. tapi bisa dilihat dgn adanya komunitas yg loyal ama honda tiger, mungkin memang masih ada yg ngarep tiger brojol lagi dgn update terbaru…

  39. Ngga ngerti, tapi siapa yang ngga tahu Tiger. Itu motor sudah ada dan terkenal dari Jaman babeh gw muda. Memang sih ngga se primadona dulu, tapi coba aja munculin dengan inovasi baru, yakin laku.

  40. Yang di bawa bukan hanya motornya…tapi lebih ke image nya kali yaaa… kebanggaan sebagai keluarga tiger…makanya gw gak stuju buanget kalu tiger sampe ngilang….kalu edisi Tiger baru masih OK laah….

  41. Menurut ane bisa saja hal itu terjadi jikalau produk tersebut di desaign lebih berkaraktersitik, dan mempunyai fitur yang lebih dari yg sudah ada iya ngga sih

  42. mungkin setiap produk ada masa jayanya, nah gimana pasar menurut gw, sekarang lagi masanya matic jadi yah pasti untuk kelas Tiger tidak terlalu di lihat, tapi untuk motor level high end nya cukup di pertimbangkan lah klo keluaran Honda

  43. ya gpp laahh kan semua juga ada masanya… nah sekarang jamannya matic dooong krn jalanan udah mulai macet bangeett…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s