GT125, Yamaha New Hope, diPASTIkan Launching Awal Tahun 2014

Setelah sekian lama penantian, akhirnya GT125 masuk untuk memperkuat line up Matic Yamaha.

Sedikit Analisa cethak;

WHY?

  1. MS Yamaha terus jatuh di gerus oleh keperkasaan Matic Honda, Penguasaan Honda yang telah mencapai 70% di Market Share Matic Category, cukup bikin risau petinggi Jepang Yamaha. Bukan hanya risau, tapi sudah tahap Galau.
  2. Intern Yamaha Contribution pada Matic Category timpang, 90:10 untuk Matic 115cc : Matic 125c. Keseimbangan perlu dilakukan untuk menjaga kelangsungan perusahaan dimasa depan.
  3. Market Share Category Matic 125cc up Yamaha tidak mencapai 5%, sungguh memiriskan hati. Pada Matic Category 125cc up, Yamaha Mandul. Xeon Series tak berdaya melawan Vario Series.

EXPLORE:

  • Untuk Fight Back melawan Keperkasaan Honda di Matic Category, sudah terlalu susah untuk mengambil gain share pada Matic 115cc, terlalu sesak dan lambat untuk menaikkan share total Matic melalui cara ini. Cara yang lebih mudah untuk memperbaiki “angka Market Share total Matic” adalah dengan menaikkan  MS pada category Matic 125cc, masukan satu line up baru yang dapat diterima pasar, maka Yippy, tiba tiba angka MS Matic 125cc Category akan melambung naik. Ingat markas Besar dan Pimpinan selalu membaca angka-angka :) Bila angka MS naik, Pimpinan Happy, Bonus juga Naik.
  • Varian GT memiliki angka penjualan paling fantastik, Soul GT terjual diatas semua varian matic Yamaha yang lain. urutan nomer 2 adalah Mio GT yang terjual diatas varian Mio J Teen dan Mio J. Seolah kata GT membawa Hokki bagi Yamaha, maka untuk kelas 125 pakai aja kata GT, ya GT125. GT is magic word for Yamaha Indonesia.
  • Model Xeon seolah tidak diterima pasar Indonesia menurut survei orang Jepun, diganti model yang semakin Racing yaitu Xeon RC, eh penjualan malah anjlok, padahal harga sudah ditekan lebih murah lagi, margin dikurangi, biaya produksi ditekan, berharap quantity penjualan naik sehingga total margin naik, eh ternyata malah jeblusss blusss. butuh solusi baru nich! Jepang langsung mengambil kesimpulan 125cc butuh model Baru yang sudah efektif mengempur pasar. Model adalah segalanya bagi market Indonesia, Nah ambil aja model SOUL GT, si Cyclops yang memiliki angka penjualan tinggi.

WHEN?

Awal tahun merupakan momentum yang bagus, Bulan January awal mungkin terlalu riskan, karena roda perekonomian, distribusi dan konsumerisme baru aja mulai berputar kembali. Yang pasti Gaji konsumen baru aja abis buat liburan perayaan tutup tahun sekaligus Happy New Years. Menurut Gue angka yang bagus adalah akhir January atau sekalian saja awal Feb, misal 1 Feb 2014, manis khan. Orang baru aja gajian, jadi ada duit buat DP ini motor baru.

WHERE?

Kalau lihat situasi ekonomi kota Jakarta kok lesu ya? Penjualan motor pastinya tidak memiliki angka yang bagus untuk di daerah Kota. Kontribusi dan pencapaian penjualan motor di Kota Jakarta turun dalam 6 bulan terakhir dibanding luar kota. Mungkin saja bila First Grand Launching diadakan di luar kota di daerah-daerah yang lagi growth angka penjualan motornya dan memiliki kontribusi yang cukup besar secara Total, memiliki basis komunitas komunitas motor yang aktive. Jika tidak mau daerah pinggiran Jakarta, bisa pula di kota-kota sekitar Jakarta, atau bisa jadi luar provinsi boleh jadi acuan, misalnya saja Jawa Timur (Surabaya) yang memiliki pertumbuhan angka penjualan motor (demand) yang cukup baik.

Sekian analisa cethak nya.

Untuk analisa yang lebih mendalam bersambung dalam artikel berikutnya.

Uhuuuuuuuuuuuuuy Dulu.

About these ads

44 responses to “GT125, Yamaha New Hope, diPASTIkan Launching Awal Tahun 2014

  1. jossss namanya benar ternyata, GT125

    hyyp://wongndeso1994.wordpress.com/2013/12/16/yamaha-new-gt-125-165-jutavia-bbm/

  2. Susah kalau mau lawan Vario secara turunan PCX ini benar2 full fitur walau first gen banyak masalah tapi yang sekarang sudah bagus
    Sent from my BlackBerry® smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung Teruuusss…!

  3. Dgn bentuk yg mirip, gt125 hanya akan mengambil penjualan soul gt. Kapan yamaha tobat. Keluarin nouvo sx utk melawan vario 125.

  4. nouve sx ???
    oh no. , pasti jeblog
    sudah terbuktu konsumen indonesia maunya dek rata

  5. design dan ukuran body mestinya lebih besar lagi dibanding soul
    matic yamaha ukuran bodynya mirip2 , jadi percuma bikin Gt125
    ingat pembeli waria125 kbnyakan laki2 yg mapan
    mereka suka krna bisa mngakomodir buat keluarga , jg buat istrinya mskipun terpaksa sedikit jinjit.
    selama yamaha tdk bikin design/body yg lebih besar , waria125 akan semakin melejit.
    sayang sekali bila keunggulan mesin yamaha tidak diikuti perubahan di sektor body

  6. nouvo sx ga mungkin di jual disini, harga luar aja (thailand) sudah 21jt. kecuali downspek….tapi maukah konsumen indonesia? dek harus rata? menurut ane (yg pernah make nouvo Z) ga terlalu masalah….kalo melihat fiturnya SX oke banget apalagi nouvo 135LC tapi smua itu hanya mimpi….. :D
    mestinya memang saingan vario 125 adalah si SX ini yg secara fitur cukup bejabanlah…..tapi mungkinkah harganya sama dgn vario 125 ISS?

  7. kapan metik bongsornya keluar

  8. cuma akan makan soul gt .
    case sama dgn njzi yg kemakan ama njmx.
    maka ms cuma akan naek ngak significant

  9. memang ada ya fby yg mau pake rok sm lipstik, ntar ganti nama jadi sissy pl. fby cuma doyan sport.

  10. Selama Matic YIMM hanya terima longsoran Model matic yamaha Thailand…..g bakalan laku di mari……YIMM harus buat model sendiri untuk indonesia….klo g ingin smakin tenggelam maticnya..!!!

  11. kurang besar..itu aja..model dan fitur udah 11-12 sama vario. sayang dimensinya kalah telak.

  12. “Nah ambil aja model SOUL
    GT, si Cyclops yang memiliki angka penjualan tinggi” maksut bro komeng xeon GT..? Uda keluar kok harga 15.9jt..

  13. orang indonesia

    harus nya nih matic jd gen soul GT selanjut nya.. xeon upgrade pake nouvo 135LC tp dek nya rata… kelas 115cc kebanyakan model dimensi sama aja ama yg 125cc.. tuk pecinta yamaha yg tinggi badan 175 cm keatas ga punya pilihan.. kalo beli versi CBU tau sendiri harga nya..

  14. Harusnya pakai model MAJESTY125fi

  15. GT = Ganti Tebeng. bajak aja tuh desainer matic honda huehuehue

  16. yg pengen dikomenin sama yg diatas semua :D

  17. kalau yg dimaksud adalah xeon GT maka yamaha dipastikan bakal salah langkah lagi. ga bakalan bisa nyaingin vario cuma dgn model begitu

  18. kombinasi RnD yang budhi dan desainer yang malas/gak kreatif hasilnya ….. GT (gagal total) lagi sebagaimana para pendahulunya …..

  19. motor batangan

    Diliat dari cerita pak MG ini, kalo bener, berarti management YIMM setengah hati donk menciptakan produk matic di Indonesia.. sayang sekali.. apa yang laku tapi biar cepet aja? Bam! kopas model pake soul gt. Sempit amat ya pola pikirnya..
    Padahal udah banyak suara miring soal matik YIMM, ya dari model ya dari fitur yang kalah dari Honda.

    Liat Honda di segmen matik, mereka seakan tau apa yang konsumen mau dari produk di segmen ini, fungsionalitas dan kepraktisan! makanya dijejalkan terus fitur berbau 2 hal itu, bagasi besar misalnya, amat membantu utk penggunaan harian. Pun dari model tidak berlebihan tapi PAS di pandang mata, setiap sudut dan lekukannya terlihat manis. Untuk model, gue akui Honda memang jempolan mengambil garis tengah yang tidak terlalu ekstrim tapi banyak orang suka, ya di motor ya di mobil. Ibarat balap, utk urusan model Honda pintar ambil racing line, dimana apex maksimal speed optimal, hasilnya semua terasa pas. Ga terlalu racy, tapi ga kuno, ya ini kan segmen matic bukan sportbike yang kudu lebih tajam bin racy.

    Di matic ini Honda kaya Apple, konsumen bahkan belum tau mereka maunya apa atau butuh apa, tapi mereka tau apa yang pasti mereka suka, dan Honda bisa menangkap itu trus dijewantahkan jadi produk! menyediakannya duluan. Hasilnya yaitu, 60%++ market share matic tahun ini. Kasih fitur praktis dan fungsional yang mantab plus desain manis, kelar. KELAR.

    Saran gue sebaiknya YIMM berbenah lah, jangan cari antibiotik yang bisa menyembuhkan penyakit dengan cepat tapi cuma sesaat, ga sustainable kalo gitu mah. Dari dulu kayanya managementnya masih ribet sendiri aja.. Semoga pembenahannya yang kayanya sedang berjalan cepet selesai deh.

  20. jauh lebih strategis seandainya YIMM mengembangkan NewXeon dari desain Mio Soul lawas yang “everlasting” itu, ketimbang copas Soul GT. Atau kalaupun mau pake strategi copas, harusnya ambil desain motor yang di atasnya, Majesty series (SMax atau Majesty 400 misalnya). Bukan nyomot desain di level bawah …. (Sampai sekarang saya masih bingung, YIMM pernah 5 tahun jadi raja matic, tapi RnD nya masih gak tau apa yang membuat mereka jadi raja !!! Benar-benar kelewatan **tnya)

  21. seharusnya gak tambah fitur tus bol jilid sekian, jikalaupun ambil design dri nouvo sx vietnam jika tidak diimbangi fitur value y sma aj bakalan jd produk penunggu gudang saja kecuali jika yamaha mau kluarin matic dengan fitur melimpah dengan design yg lebih dri vario series
    kesimpulan : yamaha harus first mover dikelas metic, mungkin dengan kluarin metic 150cc dengan fitur melimpah dan design yg all out jika tidak y selamat nyungsep…..

  22. gimana kalo vario jadi 150cc…???

  23. uhuuyy…..kusus matik aja atau mungkin semprot atau bebek juga bakal kena virus GT om?
    piye analisanya sampean?

    bisa aja nanti ada Byson GT,nyomot rem cakram NVL arau jupiter Z1 pakai rem cakram belakangnta NJMX.hehehehehe…

    maklum bebeknya yamaha nilainya masih kurang dibandng kompetitor.

    sekalian nitip.

    Update harga motor yamaha Bulan Desember lokal Blitar,New Voxion Rp 23.5 juta. – http://wp.me/p208su-1C1

  24. sebenernya yang paling dtunggu adalah Nouvo SX, karena secara bentuk benar2 fresh (meskipun dulu Nouvo sudah ada, tapi kan udh discontinue beberapa tahun kemarin), benar2 macho, benar2 racy, dan benar2 high tech

    dan pembenahan yang kedua adalah soal kualitas,problemnya?? ya liat aja d Fan page Yamaha, karena tempat keluh kesah konsumen semua ada dsana, jd dmohon pihak Yamaha sekali2 baca2 deh fan pagenya sendiri.

  25. xeon GT buat ngabisin stock mesin digudang yg terlanjur produksi dr xeon rc…
    sebisa mungkin harus laku walapun dikit demi sedikit…

    ceritanya yamaha kapok maen 125cc cos kalah telak…

    udah masukin nuovo sx aj udah byk yg hahaha

  26. tanggal 7 ya launchingnya

    Ternyata Vixion dulunya pakai karbu toh? – http://wp.me/p208su-1Cb

  27. ngeliat kue cuma kebagian sedikit, tentunya mau dong lebih banyak. Karena gurih.gurih enyooyy
    titip mas
    Bagi yang ngeyel tetep mau pake knalpot racing bisa main2 ke sini

    http://motogokil.com/2013/12/25/exhaust-knalpot-racing-dilarang-nggak-masalah-bikin-silencer-model-kayak-gini/

  28. ketinggalan comment, gilak, strategi pasrah masa maen comot desain kasta yang di bawahnya, ada juga low end nyontek hi end, lah iki.. kepriben toh, bikin yang rada beda kek, kayak di kasih desain lampu yang lebih mewah, double atau triple headlamp mungkin, kalo gini siy, seperti menurunkan kasta aja.. meski time will tell sepertinya masih lebih worth soul GT kalo begini..

  29. Bocah tua nakal

    Aaaaaakkkkakakakakkk!
    Kl cuma dibekali fitur lampus senter macam soul GT, gak bakalan bs melengserkan vario. Saran dari Bro Asis Fandi diatas paling joss tuh!
    Buat desain sendiri untuk konsumen indonesia. Jgn cuma terima model dari thailand melulu.

  30. Tekonologi “motojipi” diganti jadi teknologi “motojiti”…

    kwek kwek kwek

  31. Asyik.. motor baru terus bermunculan. Apa manfaatnya?

    http://motobikerz.com/archives/614

  32. dulu waktu vario125 keluar …orang yamaha bilang motornya kegendutan dan ketinggian …di cela2 ngapain pake bagasi gede2 bikin badan motor jadi bongsor …..lha sekarang malah bilang xeon ngak laku karena bodynya kecil kurang besar …. cuma makan bangku sekolahan aja sok2an ngajarin honda bikin motor wkwkwk

  33. mantep, produsen berlomba-lomba memberikan produk terbaik!.

    Om komeng numpang share dan boleh di informasikan ke rerkan2 yang mungkin memerlukan.

    Kami perusakaan bergerak di bidang news & informasi saham yang berlokasi di SCBD sudirman membutuhkan tenaga sales/marketing dengan syarat sbb:

    Wanita, Lajang, dapat berkomunikasi dg baik, aktif & kreatif.

    Bagi yang berminat Mohon kirimkan CV ke lowongan@iqplus.info

    website: http://www.iqplus.info

    Terimakasih

  34. motor batangan

    Om Komeng kemaaneee niiiiii… Motor baru dah pada bermunculan tapi beliau menghilaaaanggg.. Kawak mau keluar 250 cc 1 silinder tuh Om, Yamaha dah mau keluar yg kedua, Honda juga dah riliiiss.. Artikel analisis dan terawangannya lagi dooonkk :D

  35. Yamaha itu Model paling keren di indonesia khususnya bagi anak2 muda,,! Yg pake honda cuma orang yang pelit, 0rang yg trll ngirit jd milihnya honda, yamaha bkn kalah m0del atau mesin tp yamaha cuman kalah ngirit, yg make honda trll takut habis duit gkgkgkg, ,!!!!!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s