Marketing Outlook : Prediksi Peta Strategy dan Kekuatan Brand Roda 2 Indonesia tahun 2014

Dear Bro & Sist MG lovers,

Salam Uhuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuy!!!

Setelah sekian lama tak jumpa, kini Mind Genesis (MG) akan hadir kembali mencoba memberikan penerawangan baru yang sebenarnya tidak terlalu baru, mengingat sebenarnya artikel ini seharusnya sudah MG tulis bulan Pertengahan Nov-Dec tahun lalu, tetapi karena kesibukan di tengah pekerjaan yang begitu full dan sangat padat, akhirnya kesempatan menulis artikel ini baru bisa terealisasi saat ini. Dipagi yang cerah, disela kesibukan sambil menyeruput Top White Coffee Instant yang baru saja dibeli tengah malam kemarin. Dari ketinggian lantai 21 sebuah Hotel yang nyaman dan tentu saja kebisingan pagi Jalanan sebuah kota no 2 di Indonesia yang tak kalah dengan Ibu Kota. Gue sempatkan menulis sambil menunggu meeting siang hari nanti.

Yah walaupun Gue terlambat menulis mudah-mudahan artikel ini tidak terlalu basi, mengingat baru saja tahun 2014 sudah berjalan 1 bulan, masih tersisa 11 bulan lagi. Semoga kerinduan penggemar “pemblejetan Strategi Pabrikan Roda 2″ sedikit terobati oleh hadirnya artikel ini.

Oke basa basinya dah cukup…

Langsung kita masuk ke topik Utama.

Bagaimana Peta Kekuatan dan Strategi pabrikan/industri Brand Roda 2 di Indonesia pada sepanjang tahun 2014 ini. Okeey kita bahas satu per satu…

Over All Histories….

Sepanjang tahun 2013 yang sudah berjalan, Honda telah berhasil baik mendominasi market roda 2 di Indonesia. Penguasaan merk serta penjualan di kategori bebek tetap tak tertandingi dan laju penguasaan merk dan penjualan di kategori matic bahkan telah mempora-porandakan barisan matic Yamaha. Hanya di kategori Sport, nampaknya Honda harus berusaha lebih keras lagi untuk melawan Yamaha yang kini berjuang mati-matian.

Sebaliknya Yamaha kian giat berusaha untuk Fight Back kembali dari keterpurukannya dengan meluncurkan berbagai model baru yang lebih energic untuk mendapatkan respon pasar. Dengan aktivitas Branding yang meningkat dan tentunya meluncurkan Flagship Product Moge seriesnya, Yamaha berusaha keras untuk merebut hati konsumen Indonesia sepanjang tahun 2013 lalu.

Kawasaki tentu saja mulai terancam dengan info dan propaganda 3 Brand lainnya di market Sport, selama 2013 ini Kawasaki berusaha menyiapkan senjata baru untuk bertahan di era Indonesia Sport Rising Market next 2014.

Suzuki yang seolah tanpa arah, mulai mencoba menebak market mendatang dengan menyiapkan beberapa produk untuk mencoba mengikuti arus trend motor 2014 nanti. Hanya bertahan dengan produk unggulan yang memiliki niche market, Suzuki susah untuk bangkit kembali, selama 2014 nyaris semua dealer Suzuki hanya menjual 1type produk utama saja, tak lain Satria 150. sedang produk lain nampak seperti stock mati yang tertumpuk di dealers.

Market Overview 2014

Bagaimana kondisi Demand motor 2014 di Indonesia?

Demand tendency 2014 ini akan mengalami perkembangan yang lambat, hal ini disebabkan terutama karena faktor ekonomi. Inflasi walaupun di katakan berkisar 6% akan tetapi itu adalah karena dihitung secara total dari semua lini, mulai pertambangan, telekomunikasi dst, sedangkan biaya hidup makanan, barang kebutuhan sehari-hari naik kurang lebih 30% , tentunya share of wallet akan berubah sangat significant bagi masyarakat kelas menegah kebawah. Kebutuhan hidup tentunya lebih penting dan mengurangi pembelian atau pembaharuan motor.

Kebijakan perbankan juga berpengaruh, DP besar akan merubah peta pembelian masyarakat Indonesia. Dihubungkan dengan factor pertama tadi, lengkaplah sudah. Tahun ini tingkat kompetisi semakin HOT. Demand diprediksi stagnant atau bahkan turun, sedang tingkat kepuasan dan tuntutan kualitas terhadap suatu  produk naik.

Di tahun 2014 ini juga diprediksi Rise of the Sport Market dan Rise of the Youth Market. Dimana sport diprediksi mengalami perkembangan market yang cukup besar, tentunya akan memakan market bebek dan sebagian market matic. Sedang anak muda Indonesia semakin memiliki authority power untuk menentukan sendiri pembelian merk atau barang yang mereka suka. Ditambah beberapa anak muda modern telah memiliki uang mereka sendiri.

Power of the Community, Community Market Driven bisa jadi senjata ampuh untuk memenangkan persaingan dan mengubah peta kekuatan market. Social Interaction dan Social Currency bisa jadi standart baru untuk mengukur Value suatu Brand dalam market modern ini.

2014 Global Strategy

Honda akan melakukan Aggressive Develope Market; aggressive attack dan penetrasi market dengan bombardir Produk Baru yang cukup banyak di tahun 2014 ini serta meningkatkan kapasitas produksi untuk membanjiri market dan meningkatkan Market Share secara signifcant. Motto tahun ini: Kill Yamaha.

Ditahun ini Honda akan mencoba beberapa variasi Strategy Product-Market yang belum pernah dilakukan dalam dunia roda2 di Indonesia market. Will See lah….

Dengan Tumbuhnya market sport, terutama sport Premium dan Sport Super Premium, Honda sekali lagi akan melakukan strategi klasik lamanya, yaitu membangun fondasi FOKUS dari bawah, step by step dari piramida market segment terluas. Brand ini tentu saja bisa melakukan hal ini karena sudah PD dan memiliki Brand Equity yang terkuat secara mutlak diantara semua kompetitornya. Fokus justru dimulai dari daily sport 150cc, begitu dikuasai, maka tahap demi tahap memakan market share secara total, hitungan margin dan bisnis yang bicara disini loh. Perlahan-lahan tapi pasti menancapkan kukunya dalam dalam, kemudian baru membunuh secara mendadak. Tidak seperti kompetitornya yang mudah tergiur dengan trend sesaat, Honda cenderung memiliki visi yang lebih jauh menatap ke depan. Indonesia Market akan seperti apa. Saat ini bisa dikata matic memiliki kontribusi demand terbesar, diikuti bebek dan terakhir sport. Akan tetapi kecenderungan market kedepan bebek akan terus mengecil, matic akan stabil atau bahkan negative-rebound sedang sport akan membesar dan kuat. Bayangkan saja bila piramida terbawah sport, yaitu daily sport yang low price model yang merupakan kue terbesar market sport nantinya dikuasai oleh Honda, gurih bukan secara bisnis??? Belum lagi semakin besar suatu kategori berkembang, nantinya piramida terbawah juga akan membesar mengembung menekan level level piramida diatasnya. Kontribusinya dibanding secara Total dalam 1 piramida yang sama juga akan membesar mengikuti perkembangan market yang ada. Gampangnya begini, sport premium 250cc dan sport murah 150cc kedepannya saat pasar sport berkembang membesar akan memiliki laju perkembangan yang berbeda, sport murah 150cc akan memiliki perkembangan lebih besar secara quantity sekaligus persentase dibandingkan dengan sport premium 250cc. misal : 250 saat ini 25% dr total sport, kedepan saat market sport membesar mungkin sport premium 250cc cuma 12% dari total sport. sedang sport murah sebaliknya. Honda cukup cermat hitung hitungan disini. Tidak tergiur “semangkuk bubur kacang hijau yang ada didepan mata”. Sedangkan untuk market bebek dan matic, strategi yang sama telah berhasil diterapkan dengan sukses. 1 Hal yang paling penting, biasanya hasil dari penerapan strategi ini akan membuahkan bonus kesuksesan berupa; puncak dari piramida juga akan dikuasai secara mutlak juga. Memang fokus dari bawah, tapi result akhir puncak piramida pasti terkuasai. Sekali lagi rumusan lama ini akan berhasil, Masuk dan pancing sedikit dari atas, Fokus dari bawah, bertahap kuasai M/S, dan image naik ke atas sehingga Puncak Piramida juga terkuasai.

Wah kepanjangan nich…ceritanya sedikit keceplosan…wk k k k. ganti acara Yamaha aja sekarang…..dech :)

Yamaha sebaliknya, dengan situasi yang cukup memprihatinkan di tahun 2013 lalu, menerapkan langkah hati hati dalam mengeluarkan produk baru di tahun 2014 dan seterusnya. Dengan matinya beberapa produk jagoan baru yang diharapkan menolong tetapi justru menjadi beban marketing, Yamaha akan lebih hati hati lagi untuk memilih produk yang benar benar cocok dengan market Indonesia. Dalam menghadapi Honda yang memilih strategy Aggressive Develope Market ini. Yamaha akan memilih (atau lebih tepatnya terpaksa untuk melakukan) strategy aggressive activity karena tidak mungkin untuk meningkatkan kapasitas produksi ataupun tidak lagi kuat untuk menambah lagi banyak varian produk baru. Yamaha akan defend kondisi marketnya dengan melakukan aktivitas promosi yang gencar berkesinambungan sepanjang tahun ini, mengisi bulan demi bulan dan minggu demi minggu. Bila Honda banyak menelurkan Product Baru, Yamaha akan mencoba menandinginya dengan isu isu product, aktivitas promosi yang gencar macam Yamaha Motor Show 2014 di banyak kota dari bulan ke bulan sepanjang tahun. dan tentu saja meningkatkan Y2C untuk masuk dan menancap kuat di pasar anak muda. Mengembalikan ke DNA Racing dengan berbagai aktifitas bercirikan Racing Spirit & Excitement andalan Yamaha. Dan berbagai aktivitas campaign lainnya. Detail akan Gue Bahas di Next Artikel untuk menelanjangi Strategy Promosi.

Beralih ke Kawasaki, sukses dengan Image Sport tak membuat Kawasaki harus lega, pertempuran mendatang diantara peperangan dua Raksasa bisa mengakibatkan mampus ditengah tengah peperangan kalau tidak mau menepi ke pinggir arena. Komunitas Market Base bisa jadi andalan, sebab saat ini Komunitas Kawasaki Ninja250cc adalah the Nowdays Tiger Community. Bagaimana Kawasaki bijak dalam menggarapnya dan bagaimana langkah bermain di Varian CC besar sebagai bagian dari Market Pole Strategy perlu di hitung masak masak.

Strategy bagaimana menyiapkan produk Massal 250cc sport bike perlu perhitungan tersendiri. Localize, Simple, Murah, Massal, dan tentunya harus Local Taste bisa menjadi senjata tersendiri dalam melihat perkembangan Trends Sport market mendatang. Bisa jadi loh 250 singgle silinder bike jadi jawaban terampuh Kawasaki atau jadi bumerang bila salah sedikit saja dalam penetapan kebijakan Pricing Strategy and Penetrating Image Executions. Next Pasar Sport Indonesia, 150cc dan 250cc akan jadi Massive Market. Chance Kawasaki ada di Sport Massive 250cc Market. Karena di Sport Massive 150, dua Raksasa Honda dan Yamaha pasti akan bermain panas. Hot Battle is not for the little one. Kecuali tiba tiba Honda mengincar di sini….bisa mati Kawasaki. Tetapi tak ada dendam antara Honda dan Kawasaki, Bisnis itu seperti hidup bertetangga, selama masih okey okey saja tidak perlu terjadi konflik, Perang masih tetap Honda VS Yamaha, maka semua peluru kendali telah diarahkan ke jantung jantung kekuatan strategic Yamaha. Semua mata melihat dan mengawasi pergerakan kompetitor utama. Kawasaki masih bisa dengan leluasa mengambil gebrakan dan gerakan manuever manuever di lahan makannya.

Sekarang Suzuki, Suzuki masih saja lamban, berusaha mengikuti trend yang ada, berusaha mengikuti arus tetapi selalu saja tertinggal karena tidak memiliki arah yang jelas dan arah pribadi. Mau Kemana??? Gak Tahu??? kira kira begitu, mata cuma bisa memandang ke 3 kompetitor lain dan pada binggung dengan manuever semua kompetitor yang memiliki arah dan ciri khas masing masing. Mau bergerak sendiri mengambil langkah gado gado, maunya masuk di semua produk, akan tetapi dengan tidak fokus.

Kalau mau dilihat lebih dalam lagi dikupas, bagaimana kok bisa jadi seperti ini, jawabannya ada pada kondisi bahwa; 95persen pemikiran para pengambil keputusan Suzuki hanya untuk memikirkan intrik intrik intern, perang posisi intern, perebutan kekuasaan, dan saling menjatuhkan posisi antar para pejabat manajemen Suzuki itu sendiri. Mau dibahas lebih dalam lagi juga nanti panjang dan malah menyakitkan jika dibahas, so lebih baik diakhiri sampai disini saja untuk Suzuki.

Overall Strategy 2014

Community Marketing, Social Currency Branding, Youth Market Rising Aggresive Activities, Next akan Gue bahas 1 per 1 dalam artikel mendatang.

 

Please Click This Banner, for Next article Clue.

Salam Uhuuuuuuuuuuuuuuuuy dulu!!!

Ikuti Pembahasan Marketing roda2 di Indonesia, Next yang lebih dalam dan lebih seru.

Pokoknya diblejetin abisss.

Bagi yang mau titip banner atau artikel, bisa contact email Gue, mindgenesismail@gmail.com

About these ads

48 responses to “Marketing Outlook : Prediksi Peta Strategy dan Kekuatan Brand Roda 2 Indonesia tahun 2014

  1. hmmm…. Rise of the Sport Market and Rise of the Youth Market…. #catet aah

  2. PRINTER SET GRATIS FREE, ikuti Valentine Photo Contest, buka dan cari di Sun indonesia. Buka link berikut http://www.facebook.com/sun.center.indonesia

  3. mantap ulasannya, plorotin aja semuanya cooy… biar nyooy… :-D

  4. @Fitready
    siap Bro
    yang setengah telanjang Gue pampang untuk umum, yang telanjang bulet Gue simpen untuk artikel berpassword biar kalangan terbatas aja.
    Uhuuuuuuuuuuuuuuuuuuuy!!!

  5. @SUN indonesia
    Gue udah terima email dr Bro Sun, entar sore ini tayang Bro.ditunggu aja.

  6. Motto tahun ini: Kill Yamaha.
    ========
    gile om,

    ahm dah siapin cb 150 rr fairing, kalu perlu refrsh cb 150.

    juga cbr 235 cc fairing lokal.

    250 cc 2 cilinder , biar kawak dan yamah yg berrantem.

    konsumen yg mau naek kelas, tinggal dikasih impor cbr 400 ke atas

    matic:
    maenkan skutik 150 cc pcx lokal, harga di 2o jt an

  7. iya om komeng, dimana2 orang bikin pondasi dulu sebelum bikin rumah :idea: , kadang strategi AHM diluar dugaan / buat atap duluan, wajar sj totaly MS ada ditangan mereka, manufer se ekstrim kompetitor pun (*sebenernya) bs dgn mudah dilakukan :lol:

  8. kill yamaha. jadi ingat yang lalu2x dengan motto how to kill yamaha

  9. @Oyo
    iya Bro, bedanya fokusnya itu loh, misal kompetitor lebih suka langsung nusuk di tengah dan fokus disana duluan.

    Misal nih ….

    Dulu saat Yamaha fokus di Jupiter Z1, Honda Fokus di Revo FI
    Saat Yamaha fokus di Soul GT, Honda fokus garap Beat FI abis abisan.

    Uhuuuuuuuuuuuuuuy!!!

  10. emang benernya sport entry levellah yang gurih kuenya. yamaha ga main disana apakah karena emang ga mau ataukah karena kekurangan plant?

  11. mathuk om Komeng,, dan kl bicara masalah fakta (walaupun tdk 100%) justru kejadiannya strategi unik AHM sulit dilakukan kompetitor neh!

  12. yamaha kayaknya butuh bantuan sijuki deh buat ngobrak abrik market share honda di semprot…

    tandingan verza blm ada soal e,apakah sijuki yg akan nembak verza dengan semprot murah pelan” trus buuummm sport 150 dohc piring juga ikut kluar…

    kalo bisa diobrak abrik dua raksasa bakalan seru nih

  13. dapat ditarik kesimpulan bahwa AHM sangat ahli dalam menyusun strategi pemasaran, beda jauh sama APM lain.
    suzuki malah gontok2an sama kawan sendiri, gimana mau maju.

  14. Mantap ulasannya

    Makannya apa toh kok pinter gtu hehehe

  15. Om Komeng ki jane profesine opo to?

  16. Artikel ini lengkap sekali, bahkan setelah baca berulang ulang baru nangkep ada jawaban strategi ninja 250 single silinder didalam tulisan ini.

  17. Kalau Kawak berhasil meramu Ninja mono jadi dagangan yang laris, akan muncul trend singgle silinder 250cc dan R250 akan kehilangan momen. IMHO

  18. Weh, marketing kunsultan dah mulai rembes

    Ambil ember dulu lah….buat penboy

  19. kesuwen antri

    Izin baca..
    Maklum pmbaca baru..

  20. Penjabaran yg relatif sudah gamblang Mas Komeng. Saya jadi teringat akan strategi yg diajarkan salah satu pedagang tionghoa yg diberitahukan kepada saya.

    1) Niat dan FOKUS pada pada satu bidang.
    2) Konsentrasi pada setiap pergerakan saingan / lawan.
    3) Perbaiki setiap kesalahan yg ada.
    4) Kreatif dan Imaginatif.

  21. Mau printer Gratis, lengkap dengan kertas dan tinta foto, ikuti Valentine Photo Contest bersama Sun indonesia, add twitter @sunindonesia dan join fb fanspage Sun indonesia http://www.facebook.com/sun.center.indonesia

  22. motor batangan

    Akhirnya om Komeng nulis laageeeeee!! hooreeee… happy new yeeaarrr..

    Baca dulu :mrgreen:

  23. motor batangan

    Makin kesini makin keliatan honda kelewat digdaya, overkill banget. Dia bisa punya strategi diatas karena sumber dayanya yang gede banget, beda sama kompetitor.

    Yamaha malah keliatan makin panik, rilis xeon GT yang tinggal kopas soul GT dan R25 & R15 yang mulai membosankan gorengannya tapi ga dirilis rilis, market bisa kecewa duluan dan beralih ke ninja SL kawak nih. Yamaha lelet ntar ilang moment lagi..

    Yamaha keliatannya memang mencari antibiotik, product macam apa yang bisa cepat mengatasi penyakitnya sekarang, panik, butuh cepet, alhasil beda dengan honda yang bisa perlahan susun strategi dan menghasilkan produk yang terkesan tidak terlalu istimewa tapi sebenarnya masing masing dari produknya memberi sumbangsih berarti utk market honda secara total. Jadi strateginya lebih jangka panjang, setuju, hasilnya keliatan kan makin kesini.

    Pasar yang kelewat didominasi oleh 1 brand biasanya jadi kurang menguntungkan konsumen, semoga ga kejadian di sini.

  24. Makanya, pernah aku bilang, SALAH BESAR kalo YIMM gak brojolin sport paket murah untuk bendung Verza. 14.000 unit Verza per bulan itu jangan dipandang sebelah mata. Karena dari situlah awan panas AHM akan menggerojok dan melibas Sport Yamaha !!!

  25. begitu konsumen bebek dan sebagian kecil konsumen metik pindah ke sport, boooom pasti yang kelas sport murah semacam Verza akan mengelembung seperti kata om genesis.

  26. saat Yamaha mulai masuk di sini, Honda dah gedhe duluan. udah mengakar kuat dan mengoyot tajam

  27. parah banget Honda… Yamaha mau di abisin, mungkin targetnya membuat yamaha cuma memiliki market share di bawah 30 %

  28. yamaha sudah dibawah 30% Bro

  29. Pingback: Market Bebek Low End dan ISSUE Penetrasi teknologi FI (Market Outlook 2014 Lanjutan 1) | Mind Genesis

  30. Pingback: Market Bebek Low End dan ISSUE Penetrasi teknologi FI (Market Outlook 2014 Lanjutan 1) | Mind Genesis

  31. Kesimpulannya WeLoveHonda

  32. CADAS

  33. pabrik baru ahm di karawang selesai dibuat , yimm bisa habis cuma dpt 20% Ms

  34. About Social currency Branding,
    Mhm….. di era modern market ini cukup perlu memperhitungkan dan menyertakan social currency branding, bahkan dalam perencanaan campaign & eventpun juga harus menyertakan dan memperhitungkan social currency factor, bagaimana create campaign yang memiliki result high impact to increase social currency bagi brand tersebut.

  35. MS gak penting…. kata fans yg ngaku smart…

    kwek kwek kwek…

  36. mana suaranya si deon tuh ….dulu semua jajarannya pada bangga2 pada plan how to kill honda aha hahahaha

  37. Juozzzz gandozz kotozzz kotozzzz kangbro. Ulasannya bikin saya ngowoh lan doweh. Toppp!!!!

  38. :-)
    sebelumnya saya ucapkan terimakasih kepada om komeng yg mau bagi2 bocoran uhuy :-D
    mantep lah, walaupun bacanya diulang bberapa kali, maklum otak agak kendor :-D

    di sini enak, komentatornya berdiskusi cerdas
    gak urakan, apalagi menghujat & menghina pengunjung lain kayak di warung yg itu tu,,, :-D
    tapi gak apa2,email saya udah udah di baned di warung itu,
    padahal banyak yg komen lebih parah dari saya, tapi tetep bisa berkeliaran di warungnya
    mungkin satu bendera partai sih ;-)

    #lirik ke atas

  39. Ternyata Bro Komeng ini Bro Triatmono, mengecoh Fansboy.

  40. ulasan global strategi untuk ahm dari bro komeng mulai kelihatan tuh…data aisi januari honda sudah menguasai segmen sport

  41. Pingback: Strategi Honda 2014 “Kill Yamaha!” | mario devan Blog's

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s