Menebak langkah Yamaha mempertahankan benteng terakhirnya di market Sport (Market Outlook 2014 Lanjutan 2)

Sebelum baca ini, sangat disarankan baca artikel sebelumnya, http://mygoldmachine.wordpress.com/2014/03/18/3-backbone-product-yamaha-telah-tumbang-satu-pilar-lagi-tumbang-kiamat-bagi-yamaha-indonesia/#more-1637

Market Sport yang begitu dinamis dalam 2 tahun terakhir ini memiliki daya tarik tersendiri, baik sport harian 150cc (mega Pro, Vixion, CB150R), Sport Premium 250cc (Ninja 250R, CBR 250, Ninja Mono, R25 nantinya), atau bahkan Sport murah (Versa)

Saatnya membaca Trend dan melihat kedepan (Vision)

Mind Genesis berpendapat bahwa Sport Racing Daily Use (Sport Harian Berfairing) akan lebih diminati. Kecenderungan konsumen untuk memasang fairing pada sport hariannya dan memodifikasi lebih racing look adalah indikasi dari animo trend ini. Model Sport Racing Daily Use akan menjadi TREND baru dan Standart baru dalam memilih motor sport harian.

Yang dimaksud dengan kriteria Sport Racing Daily Use ini adalah semacam CBR150 dan R15 dan sejenisnya. dimana untuk daily use, pertimbangan harga masih terjangkau tetap menjadi major concern disini. Model sport Racing sejati, bisa dipakai harian, dan harga masih terjangkau.

R15 sangat memenuhi kriteria tersebut, dan tentunya harus belajar dari Honda CBR150 yang melempem di pasar, maka melihat kembali deskripsi Sport Racing Daily Use ini maka pertimbangan Harga yang terjangkau harus benar benar diperhatikan di penetapan Pricing Strategy-nya. Idealnya dari Harga Vixion Lighting ini tambahlah harga Harga body full fairing (mass product pabrikan) dikurangi harga body Vixion, harga gear box set 6 percepatan dikurangi gearbox set 5 percepatan, maka bolehlah kita taruh di angka 2.5 juta. Nah tambahkan sendiri Vixion + 2.5juta = R15 wk k k k k (harusnya begini sih, kalau diatas ini berarti mau high profit pricing strategy lagi)

Bicara soal mempertahankan benteng terakhir, Yamaha tidak bisa tidak harus mempersiapkan pilar pilar baru yang cukup kuat di market Sport. Tidak seperti Honda yang cukup rata dan stabil di hampir semua lini Produk, Yamaha nyaris hanya mengandalkan Sang Vixion Lighting aja. Byson seolah tak kuat menyeruduk mega Pro, Versa melaju tiada Lawan. apalagi Scorpio Z yang tak berbisa membius market.

Menghadapi trio CB150, Mega Pro, Versa ini, Vixion tentu kelimpungan. Menurut MG, harusnya R15 bisa jadi tandem yang baik apabila harga di setting dengan tepat. Semurah mungkin…YES…semurah mungkin. Pendapat harga murah bisa mengkanibal penjualan Vixion lupakan saja. Pasti akan mengkanibal iya, tapi effect perluasan Pasar jauh lebih effective dan lebih powerfull melibas lawan. Toch 30-40 persen konsumen Vixion saat ini memang mengharapkan Sport Racing berfairing hanya saja tidak tersedia yang benar benar terjangkau sesuai koceknya. bila harus menambah 2.5 juta saja…pastilah disikat.

Jadi dengan masuknya R15 berharga murah, maka penjualan Vixion akan turun kira-kira 30 persen dan R15 akan membuka pasar baru sebesar 65 persen dari besarnya pasar Vixion saat ini. sehingga total duet maut Vixion dan R15 akan bermain indah di kisaran 135% dari besarnya market Vixion saat ini. Perhitungan angka 65% market R15 dr benchmark besarnya market Vixion adalah sebagai berikut, 30% kanibal penjualan Vixion, 90% memakan penjualan CBR150(kecil banget secara kuantiti), 35% memakan penjualan CB150, 20% memakan penjualan Mega Pro, 25% memakan penjualan Ninja 250R double dan mono (Pricing Power) dan sisanya buka pasar baru bagi yang selama ini menunggu-nunggu motor sport berfairing idaman keluar. Kedepannya 2 pilar Vixion as Naked dan R15 as Fairing Sport bisa saling backup dengan manis.

Langkah selanjutnya keluarkan Lawan Tanding Verza. MG berpendapat Byson yang cuma bermain di angka 2700-3400 bisa berjibaku dengan Verza jika di low spec-kan. Tanpa mid muffler yang hampir 2 juta sendiri, minorkan suspensi depan , buang monoshock ganti dengan double suspension saja untuk suspensi belakang dan ganti  beberapa item yang bisa dibuat lebih low spec. Nah pasti manis buat menghantam Verza yang bermain di angka 10.000an. Setting di 16 juta juga…wk k k k

Tapi nampaknya internal Yamaha masih sayang Byson, sehingga tidak sependapat dengan MG. Verza akan dilawankan produk baru Yamaha yang Low Spec juga. Nantinya YIMM akan memasukkan 1 varian baru yang head to head dengan Verza. Sedangkan Byson diposisikan untuk tetap melawan Mega Pro.

Internal marketing team YIMM Sport Mapping:

Vixion >< CB150

R15 >< CBR150

R25 >< CBR250 , Ninja 250

Byson >< Mega Pro

New SLPM150 >< Verza

New NWB250 >< New Tiger

New 3R ==> new market

Sedangkan MG berpendapat Byson dan Mega Pro tidak di satu kolam karakteristik konsumen yang sama. Bagaimanapun langkah Yamaha tidak akan pernah bisa melawan penjualan Mega Pro jika bersenjatakan Byson walau harga di pepet sama. Menthok penjualan Byson 40% dari penjualan Mega Pro aja sudah bagus. Psikologi Konsumen dan Market yang membatasi hal ini. So opsi ini menurut MG justru akan tetap memperlemah posisi Yamaha sendiri. Seharusnya team YIMM harus berani ngotot minta ke Induk Jepang 1 varian New Model untuk fight melawan Mega Pro yang emang Multi Role Daily Use Sport.

Untuk R25 paling tidak bagus untuk mengimbangi Ninja 250, jika Naked 250 masuk di pertengahan atau agustus 2015, tentunya sedikit terlambat, tapi masih lebih baik dari pada tidak melenggang masuk di 250cc Naked. Akan tetapi harusnya varian singgle Silinder 250 lebih cocok untuk meneruskan dan mengisi kekosongan di segment ini. sehingga bisa bermain di angka 33-35jutaan. Pilihan ada di tangan Team YIMM, akan tetapi masa depan Yamaha sudah terbaca. :)

Salam Uhuuuuuuuuuuuuuuuuy

About these ads

50 responses to “Menebak langkah Yamaha mempertahankan benteng terakhirnya di market Sport (Market Outlook 2014 Lanjutan 2)

  1. wouuuw

  2. New3R ternyata dah bocor juga disini…..wa apes benar nich Yamaha

  3. Trend kedepan pasar sport indonesia bergerak ke arah racing model spt thailand. Setuju

  4. Uhhuuuuyy aja..dan ini di luar usaha sales

  5. macantua.wordpress.com/2014/03/18/mau-ngebut-dimana-sih/

  6. Wah hampir satu pemikiran nie

  7. iya seh pergerakan yimm mdh terbaca :D euforia mlempem sblm release rentan di gempur dadakan dr belakang

  8. klo dri berdasar analisa om genesis ttg R15 mepet dgn nvl sangatlah msk akal, krn memang rumor ahm bru akan menyusul di semester ke 2 so dgn start lebih awal diharapkan akan dapat merubah market scra signifikan, kecuali ahm mampu meracik motor fairing 150 yg lebih ciamik dri R15 ( bsa dktakan design basic cbr600 misalnya, tp kyaknya gak mgkn ) so pertempuran segmen baru akan lebih panas nantinya so produk yg value for moneylah yg akan menjadi incaran konsumen
    jika memang yimm mau sbnernya akan sangatlah berefek besar jika mau repricing produk, misal turun harga 1-2 jetian tiap unit sport ( toh hrga nvl skrg emang udah diambang limit over ), bisa aj akan membuat uforia baru ditengah R15 rilis so akan menambah telak pukulan di segmen ini….

  9. 86LMINIEXCAVATORNS blm bisa tembus om….tepok jidat gue….

  10. kasarnya, dulu semestinya body byson mesin scorpio buat back up posisi vixion. pasti byk yg setuja. produk tdk perlu byk utk mengimbangi dana ahm yg melimpah. Sedikit tp berkarakter kuat. Byson body oke mesin memble. Scorpio malah kebalikane..

  11. “akan tetapi masa depan Yamaha sudah terbaca ”
    terbang apa nyungsep bro??

    lha kalo disini saja sudah bisa terbaca…bagaimana dengan hasil analisis dari kompetitor??
    Dimana soul yamaha di era 2 stroke?? sepertinya sudah hilang yah?? :D :D :D

  12. yg bikin penasaran strategi dari pabrikan mana yg dimaksud bro komeng strategi yg blm pernah diterapkan diindonesi… yg pasti bukan yamaha, wong udah kebaca secara gamblang :D

  13. motor batangan

    Yamaha juga kasih terlalu banyak bocoran sebelum produk rilis, terlepas dari sengaja atau tidak, terlepas dari yang bocorin vendor atau orang dalam. Ini jadi menggoreng produk baru terlalu lama hingga konsumen sudah gregetan duluan, lalu pindah ke lain hati. Gue rasa hal ini juga harus dirubah YIMM.

    Btw gue dah ngikutin petunjuknya dan password jurus rahasianya belum ketebak juga.. 86NS.. 86LNS.. salah semua..

  14. New Vikong Belajar Ngebut

    @motor batangan… dah bener om depannya 86L…M :mrgreen:

  15. Baru aja masuk di artikel berpaswod, wuih gila! Itu jurus rahasia banget diumbar disini, untung berpaswod, kalau tidak Fb dah mencak mencak tuch diskusi jadi panas. :)

  16. siap” perang hidup n mati dah kalo bener jurus rahasia dikeluarkan semoga konsumen yg lebih leboh diuntungkan…

    aku melu murtad dari merek favorit ane aja dah bruakakak

  17. Dan ingat YIMM itu kalo di kasih umpan bohongan nelen nya dalem banget…

    Begitu musuh nglempar umpan beneran YIMM lagi di UGD nyabut kail yang nyangkut di tenggorokan.

  18. @ New Vikong Belajar Ngebu

    Model : 80NS = 8+0 = 8 ( genap dan di atas tujuh)

    Operating Weight :7600 kg

    Standard Bucket Capacity : 0.32 m3 ( ini yg diminum)
    ===========
    ini khan om

    tapi kok ngak bisa msk juga, dah diutak-atik

  19. “To Win the Sale, Win Your Customer’s Heart”
    sayang tetep blm kebukak dgn 86L….

  20. …. Perusahaan mengikuti dari dekat beberapa hal yang dilakukan market leader, namun pada hal-hal yang lain perusahaan berjalan sendiri. Perusahaan ini mungkin sangat inovatif, walaupun demikian, ia menghindari persaingan langsung dan mengikuti banyak strategi pemimpin pasar yang jelas akan menguntungkannya. Perusahaan semacam ini sering tumbuh untuk menjadi penantang pasar di kemudian hari….
    hal ini yg harus diwaspadai market atpm….

  21. motor batangan

    @New Vikong Belajar Ngebut
    Hahaha percuma.. gue buntu neh. Di sepanjang kalimat no. 4 juga ga ada huruf capital samsek, jadi bingung mau masukin apa. Ga dimasukin apa apa pun ga bisa tetep.

    Btw, yimm katanya mau masukin matic 3 roda. Gue rasa walau ini langkah yg patut dipuji, kayanya akan segmented banget, ga akan nolong banyak penjualan yimm. Ya belajar dari bebek matic yamaha dan honda dulu aja, konsumen sini ga selera sama produk radikal, masih konservatif.

  22. 86L
    nah yg huruf kapital ini dari si gajah ini kan, kok gbs yah?

  23. ^ kayaknya 3 gagal, ketelen

  24. New Vikong Belajar Ngebut

    @bdt @motor batangan……. bukan itu maksudnya om :D … gajah belalai besi itu traktor kapasitas bensin 86L nah ente tinggal turun kebawah no.4 ada judul ente ambil huruf depannya 4 biji :mrgreen: ane tambahin lg dah ni 1 huruf 86L..EM :mrgreen:

  25. Komentator disini pada pinter pinter, diskusi sehat sampai tebak menebak paswod degan jitu…ck ck ck , bisa dibayangkan betapa panasnya fby dan fbh baca artikel berpaswod he he he heu heu heu. Untung aja fbh dan fby pada lemot.

  26. New 3R ==> new market semoga WR150 langsung ane beli posternya

  27. ew Vikong Belajar Ngebut | March 19, 2014 at 11:05 pm |

    @bdt @motor batangan……. bukan itu maksudnya om :D … gajah belalai besi itu traktor kapasitas bensin 86L nah ente tinggal turun kebawah no.4 ada judul ente ambil huruf depannya 4 biji :mrgreen: ane tambahin lg dah ni 1 huruf 86L..EM
    =========
    yachm

    ane tau itu mesin traktor merk IHI,
    tapi yg kapasitas bensinnya 86l kagak ada diasemua type

  28. DAK KETEMU TRAKTOR TYPE 80 NS

    kapasitas bensin 86 L

  29. Hahaha,, pilih model 80NS,,
    Klik,,
    Isi tangki 86L
    Truss,,,
    Masukkan
    Nomer urut 4
    Disingkat judulnya yeee,,

  30. kata ke-2 susah amat nyarinya

  31. @ until & Vikong Belajar Ngebut
    =========
    thankyou bantuannya ,

    dah bisa masuk

  32. @ until & @ Vikong Belajar Ngebut
    Thx U infonya…., msk jua akhirnya…..

  33. waduh nebak password salah muu :)

  34. kata kedua gak ketemu :(

  35. kunci kata keduanya emang ngak pas sih sama penjelasannya

  36. kalau dipikir sich pas juga kok bro… dan bro komeng dah kasih petunjuk dg menghilangkan huruf kapital pada petunjuk nomer 4.

    saya yakin hal tersebut memang disengaja.

  37. 5. Password terdiri dari gabungan 2 kata, kata pertama berapa banyak kemampuan si gajah ini minum. Kata kedua adalah semua Huruf Capital dari no.4
    =============
    tadinya saya pikir no.4

    yg dimaksud adalah petunjuk pasword padad point n0.4

    ternyata n0. 4 pada point produk tsb

  38. Tinggal keberanian YIMM untuk mengambil keputusan berani .
    Setelah brojolin R15 dan R25 dengan harga “wow”, segera juga brojolin sport murmer (jangan dianggap remeh 14rb/bulan Neng Verza). Untuk Byson cukup upgrade mesin agar bisa HtoH dengan NMP. Dan untuk suksesor Scorpio mending nunggu pergerakan Tiger230 aja !!!

  39. bdt please kasih clue lagi

  40. pilih traktor type 80 ns

    liat kapasitas bensinya

    liat judul keterangan mengenai produk tersebut no.4

    judul no 4 itu pasword kata ke dua.

    ambil 4 hurup kapitalnya

  41. aseeek ada 250 cc lawannya tiger.. BENER2 NGAREP PAKE MESIN WR250X.. JANGAN FAZER yaaa YIMM (dengerin dong jangan mbudeg).. matic nya masukin aja XMAX kenapa sih

  42. Seperti yg ane pikirkan.. Tp g kepikiran klo selisihnya sampe 2,5jt saja. Setelah melihat posisi honda yg jg siap dgn cbr150, hal tsb sangat logis… N satu lagi, release secepat mungkin.
    Soal Byson, mo di low spec jg g akan brsaing ma verza.. Spt halnya nmp, byson g sekolam ma verza.. Biarkan byson apa adanya, tinggal tambah rdb n fuel injeksi jgn ikutan body fz16 india lah… Jelek.
    Buat verza udah aja bikin garis desain sama trus bikin harga dbawah verza.
    250cc single cylinder ide bagus asal performance oriented ketibang naked 250cc, liat aja pasar z250.
    Pemikiran brilian om komeng, sayang artikelnya trlalu jarang.

  43. nih buat yang belum tau passwordnya –> 8 6 L F O E M
    *hapus semua spasinya

  44. mnrtkusih sport murah dari Yamaha harus punya pembeda dari Verza, misalnya monoshock (tanpa monocross) dan model yang lebih menawan. Kalau harga sih gak masalah selisih 500ribu lebih mahal dari Verza.

    mengenai R15 yang mengkanibal Vixion, ya memang demikian, tapi kenapa harus melihat sisi Vixion saja?? kenapa tidak membunuh CB150 misalnya?? atau Megapro mgkn?? kan konsumen motor sport punya selera tinggi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s