Brand Image tidak sama dengan TOM (Top Of Mind)

Saat anda dibawah terik matahari, saat rasa haus mulai menyerang, apa yang ada di pikiran Anda saat itu, bisa jadi Anda memikirkan Air Mineral, yang ada dipikiran Anda saat itu Pasti Aqua. Atau saat memikirkan soft drink yang ada di pikiran pasti Coca-cola bukan merk lain. Inilah yang dimaksud dengan TOM. (Top Of Mind)

Jika saat menyebut kamera dengan “Kodak” walau mungkin yang dimaksud merk Canon. Atau meyebut pompa air dengan “Sanyo”. Saat mengatakan sepeda motor adalah “HONDA” dan mengatakan ScooterMatic dengan sebutan “Mio” inilah bukan TOM, melainkan generalisasi Merk.

Nah belum tentu Produk yang memiliki TOM pasti Brand Imagenya Baik dan korelasi TOM dengan angka penjualan belum tentu berbanding lurus.

Contoh sederhana saat ingin membeli Pompa Air, bisa jadi dalam pikiran Anda merk Sanyo ada di urutan teratas, tapi Anda akan membeli Shimizu atau merk lain yang menurut Anda Brandnya bagus/kualitas produknya baik.

Atau saat ingin makan Donat, kata Dunkin akan menyentuh atap pikiran Anda, tapi Brand Image J.CO akan menuntun Anda untuk melakukan pembelian di J.CO.

Atau saat anda memikirkan kamera, bisa jadi kata Kodak yang paling menempel di urutan teratas pikiran Anda, tapi Image kamera yang bagus menurut anda malah merk Canon. Inilah Brand Image.

Brand Image tentu saja akan berkaitan erat dengan angka penjualan untuk jangka panjang, karena Brand Image akan masuk dalam presepsi konsumen jauh dalam alam bawah sadarnya. Memang TOM akan berpengaruh pada produk-produk yang masuk dalam kategory Impuls Buying dalam hal kecepatan pengambilan keputusan pembelian oleh konsumen. Tetapi untuk jangka panjang jelaslah Brand Image lebih Penting.

Brand Image bukan saja terbentuk oleh aktivitas promosi, tetapi terbentuk dan tumbuh oleh Filosofis Perusahaan, Behavior Perusahaan, Produk segmentasi, positioning, diferentiation, Produk Design, Servis, Sales Strategy, Promotion Activity, After Sales Services dan Public relation.

13 responses to “Brand Image tidak sama dengan TOM (Top Of Mind)

  1. fina imoetssssss

    nah gini donk kata2e ndk tll jelimet..
    enak dibaca e, lek isa kata2 e lebih disantain ya?
    jgn kyk org yg kerja di redaksi koran gt ok?
    cia yoo

  2. Manarik nich artikel, emang kadang tanpa disadari kita terbiasa dengan apa2 yang umum / membudaya dan dengan mudahnya masuk ke pemikiran kita. dan di negara ini mudah untuk menciptakan TOP ke konsumen, karena kultur kita yg nerimo, nurut ae.😀

    Salam Biker’s

  3. kalau mau makan paasti kepikiran nasi aku Meng, tp nasi bukan brand ya???

  4. @Kus
    suatu saat nasi bisa jadi dikasih merek, lha wong air sudah, gula sudah, telur ada, beras sudah, tinggal nasi bentar lagi…..
    kalo nasi campur ber”merk” wis akeh Kus!

  5. masyarakat kita beragam tapi seragam.

    `koyok unto`k melu ngenter wae`

  6. kalo dimotor yang TOP-nya kuat Honda.
    Tapi untuk Brand Image kayaknya sudah salip-salipan sama Yamaha.

  7. kalo di kampungku, biar naeknya Yamaha ato Suzuki, tetep aja bilangnya numpak (naek) Honda… Honda rasa Yamaha dan Suzuki.. hua..ha..ha..

    apalagi kalo naek angkot, bilangnya numpak (naik) Isuzu padahal udah bukan isuzu lagi….

    Salam Bikers

  8. @proud2ride
    Salam Bikers Juga!
    Uhuuuuuuuuuuuuuuuuy!!!

  9. rajanya_matic

    @ kus

    eh kus, nasi yang dikasi merek tuh udah keluar lho…

    namanya NASI BUNG KUS

    hehehehe
    :p

  10. @^
    Itu sudah saya patenkan, siapa pun yang menggunakan Brand Name itu maka wajib memberikan royalti ke saya. Ini masalah HAKI, serius!!!

  11. rajanya_matic

    @ kus

    waduh ampun bos, gue kagak jadi make merek elu deh .

    gue pake merek nasi otomatis duluan… hehe

  12. @Kus
    ohhhhhhhhhhhhhh nasi merk ” bung Kus ” ya?

  13. ha……..ha……….

    nasi KU KUS juga ya?

    untung jualan nasi cap LIWET

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s