Mati Aku, Ternyata Indonesian “Customer Trust Index” di Titik Terendah!!!

Kenaikan BBM kali ini memang tidak terlalu tinggi secara percentage, cuma 28,7% secara average total harga Mitan, Premium, Solar dan Petramax (Premium naik 33,33%). Tetapi rupanya masyarakat kita telah kehilangan kepercayaan terhadap Pemerintah Indonesia.

Berdasarkan Survei AC Nielsen, ternyata Customer Trust Index berada di level terendah dalam sejarah Negara Republik Indonesia yaitu cuma 13%. Hal ini berarti dari 100 orang, cuma 13 orang yang percaya kepada Pemerintah Indonesia, bahwa ekonomi Indonesia dapat pulih dalam waktu 6 bulan.

Jika dibandingkan dengan kejadian kenaikan harga BBM di tahun 2005 yang terjadi sampai 2 kali, yaitu pada bulan Maret 2005 (Premium dari Rp.1.810,- ke Rp.2.400,-) dan bulan Oktober 2005 (Premium dari Rp.2.400,- ke Rp.4.500,-). Pada saat itu tentunya memang terjadi penurunan terhadap Customer Trust Index, hanya saja penurunan index tersebut tidaklah separah seperti penurunan index kepercayaan konsumen yang terjadi pada saat ini. Pada saat itu masyarakat masih percaya pada janji-janji yang diumbar oleh Pemerintah, tetapi saat ini masyarakat sudah jenuh untuk mau mendengar segala janji Pemerintah dan tentunya tidak lagi percaya terhadap solusi yang diberikan Pemerintah untuk mengatasi masalah kali ini.

Kondisi ini sangat parah tentunya, ada apa gerangan yang terjadi di benak masyarakat Indonesia pada saat ini, sehingga tidak lagi percaya pada kemampuan pemerintah untuk mengatasi krisis ekonomi saat ini.

Ya tentu saja jika kita melihat dari sudut pandang customer (customer insight), maka sudah selayaknya mereka menjadi kawatir dengan masa depan ekonomi bangsa ini. Hal ini tentunya sudah diperparah dengan kondisi dimana kebijakkan pemerintah sudah mulai masuk dalam lingkaran setan yang berefek seperti bola salju yang menggelinding semakin besar setiap waktu untuk menggerus apapun yang dilewatinya.

Baca juga:

https://mygoldmachine.wordpress.com/2008/05/26/kebijakan-kenaikan-bbm-dan-public-trasportation-masalah-klasik-bangsa-yang-menjadi-blunder-ekonomi/

Tentu saja terjadinya Krisis Pangan di awal tahun 2008 ini, turut andil dalam memperparah turunnya angka kepercayaan konsumen terhadap pemerintah yang tidak berkutik dalam menghadapi masalah krisis pangan tersebut. Bahkan solusi yang diberikan oleh Pemerintah serasa berjalan di tempat saja, tidak berhasil untuk menunjukkan kemajuan dan perbaikan yang berarti di mata masyarakat kita.

Saat Customer Trust Index berada di Titik Terendah seperti saat ini, maka segala sendi perekonomian bangsa ini juga merespon secara negatif. Tingkat Pertumbuhan Ekonomi akan berada dalam kondisi terendah, bahkan dikawatirkan juga bisa minus. Tingkat Inflansi akan menjadi semakin tinggi dikarenakan level kepercayaan yang begitu rendah terhadap Pemerintah, tentunya akan berimbas terhadap kepercayaan kepada nilai Mata Uang Resmi yang dikeluarkan oleh Pemerintah tersebut.

Nah, rakyat jelata seperti kita, cuma bisa berteriak;”Mati Aku!!!”

3 responses to “Mati Aku, Ternyata Indonesian “Customer Trust Index” di Titik Terendah!!!

  1. trus kudu kepiye Meng? sebagai warga negara? Tp kalo aku gak peduli dengan angka kayak gitu, mungkin masyarakat gak percaya dalam 6 bulan bakal baik tp kan bisa beda kalau pertanyaannya diubah…aku jg gak paham hal ini sih. Peduli amat dgn angka, yang penting kerja…kerja…

  2. Ya, kalo masyarakat Indonesia berpendapat seperti Bro Kus semua, gue yakin negara kita bisa mampu melewati krisis ini dengan sukses.

    Masalahnya index ini juga mempengaruhi keputusan INVESTASI ASING, yang tentu saja erat hubungannya dengan pertumbuhan ekonomi makro Indonesia.

  3. oknum POLITIK yang bikin perekonomian indonesia ala brantah.

    perusahaan mau mengembangkan sayap lebih jauh, tapi ada faktor2 yang jadi ganjalan dan aneh nya bukan dari segi kompetitor tapi dari segi politik, apa lagi taun depan pemilu.

    ngelus DADA

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s