Survei Konsumen; perlukah Motor Bebek memakai DiskBrake Roda Belakang?

Seperti yang kita ketahui, Disk Brake Belakang menjadi semacam kosmetic bagi motor bebek. Secara teknis diskbrake belakang di motor bebek tidak terlalu berarti, justru disinilah letak kontroversi pemakaian diskbrake belakang pada motor bebek.

Melalui posting ini, mudah-mudahan aspirasi konsumen dapat didengar oleh pabrikan, jadi silahkan berikan aspirasi terbaikmu Bro!

Salam Bikers!!! Uhuuuuuuuuuuuuuuuuuuy!!!

26 responses to “Survei Konsumen; perlukah Motor Bebek memakai DiskBrake Roda Belakang?

  1. Selama 5 tahun memakai Jupi, saya baru 1x mengganti kampas Rem Depan sedangkan kampas Rem Tromol belakang sudah 3x, yang menjadi permasalahanya adalah untuk rem Tromol harus diperhatikan secara kusus karena tiap minggu harus menseting rem belakang dan juga bila akan seting rantaipun rem tromol ikut diseting juga, ada satu lagi neh kalau bisa AKI yang ada dimotor yamaha menggunakan AKI kering jangan AKI basah, cape euy kalau tiap 1bulan sekali isi air aki melulu.

  2. jupi z ku tragis udah jadi x1 , tiap tahun ganti ban depan delakang, kampas kopling, rantai + gear 1 set, kampas rem cakram depan belakang (barang raceing) accu sudah 3 tahun blm ganti (tuang air tiap turun). itu penggantian yang rutin tiap tahun.

  3. rem cakram belakang perlu buat yang doyan ngebut. apalagi buat yang doyan late braking.berdasarkan pengalaman saya selama naik motor bebek, memang kampas belakang lebih cepat abis dan saya udah pernah ganti teromol gara-gara kemakan sama kampas. jadi rem belakang cakram lebih oke.

  4. Permisi…..
    Menurut pandangan saia, penggunaan discbrake di roda belakang tidak saja untuk mendapatkan kualitas pengeraman yang lebih baik. Tapi selain itu juga untuk lebih menjaga umur dari velg itu sendiri. Ini dikarenakan pengikisan di poros Velg itu yang terjadi di saat kampas rem itu menekan dinding dari pros velg tsb.
    So….buat saia, lebih baik beli motor yang sudah dari sononya pakai double discbrake atau langsung nambah sendiri discbrake belakang daripada velg-nya cepat aus.

  5. lebih bagus dan lebih awet pake cakram…
    tapi jup z sy sendiri skrg pake toromol soalnya udah bawaan dari pabriknya mau diganti males ah… harus keluar biaya lagi, udah pake yang ada saja.

  6. Diskbrake belakang? wah belum pernah nyoba deh. kl saya pribadi sih yang penting roda depannya, soalnya kl ngerem depan duluan baru belakang. kebiasaan jelek sih, cuman mau gimana lagi susah mau ngilanginnya. hee.he…

  7. @k4sev
    setujuh, juga soal keamanan dan jarak pengereman lebih pendek.

    nilai tambah juga untuk motor…

  8. Buat saya mah discbrake belakang lebih condong ke hiasan. Tapi tetep aja gw ngerasa keren kalo pake motor yang ada rear db, haha..

    Btw, kok scorpio gak di kasi cakram belakang? tiger revo aja yang ccnya kecilan di kasih..

  9. rajanya_matic

    @fuelinjection

    gue udh naik motor sejak SMP bro, kagak pernah yang namanya ganti velg gara-gara rem belakang gue pake rem tromol…

    yang ada kalo pake diskbrake ntar waktu musim hujan bisa-bisa jatuh karena remnya terlalu pakem. . .

    soalnya gue pernah kayak gitu, . . .

    trus gimana dunk,….??

  10. pengalaman gw pas make satria yg double discbrake sih pengereman pake discbrake belakang emang suka bikin pantat motor liar, palagi kalo ngeremnya sampe mentok (tiba – tiba). Musti di kocok dulu .. nyebelin kaN ?

    Peace,
    2 stroke underbone lovers

  11. rajanya_matic

    @ adriano

    wah pengalaman elo mirip ama pengalaman gue tuh ad, pas pantat motor elo jadi liar tuh elo ngendarain motor elo dalam keadaan hujan gak ad??

  12. jangankan rem blk cakram, rem blk tromol aja dah ngepot2 geal-geol.

    klo motor berat/gede diatas 150kg bisa kali pake rem blk cakram, klo motor kecil berat cuma 100kg malah bahaya.

  13. @all
    Gue setubuh ama Pulsa, pake rem tromol aja udah ngepooot…poooooooot, apalagi pake rem cakram belakang bisa-bisa setubuh dengan aspal panas.

    bahaya khan.

    kibi kibi kibi

  14. DISK BRAKE belakang ? Setuju ….
    karena pake hidrolik,jadi tenaga buat ngerem lebih ringan…… kalo soal seberapa “pakem” sih tergantung seberapa kuat kita ngerem ,jadi bisa kita kira2 sendiri..
    Yang pasti Disk brake setingkat lebih unggul dari Drum brake….

  15. apit suhadi

    kalu gw sih setuju pake disk breake, soalnya selain memepercantik motor, pengereman bisa lebih optimal, kalu soal ngerem ngepot2 itu sih tergantung yang ngerem nya. soalnya kalau pake kampas tromol motor gw cepet aus……..

  16. real_injektion

    rear diskbrake setuju banget, selain nampak lebih garang, pengereman jadi lebih optimal, dan juga lebih hemat dalam perawatan. soal ngerem ngepot/geol itu tergantung kemampuan ridernya aja apa bisa atau tidak menguasai titik pengereman. yang pasti MOTOR TERLIHAT JADI LEBIH KEREEEENNNN…

  17. DB:
    1. Tampilan motor jadi ciamik (keren, gagah, macho)
    2. Rem pakem ga pake berdecit2 kaya curut kejepit kalo berdebu/lembab.
    3. Agak mahal dan ribet dikit pas tuker kampas

    Tromol:
    1. Cukup pakem, jarang ngelock saat ngerem
    2. Murah meriah saat ganti kampas
    3. kalo berdebu/lembab ada suara berdecit..cit..citt

    yah 50:50 dech!

  18. Disk Brake belakang lebih penting apalagi untuk matic karena pengereman menggunakan tenaga tangan yang kekuatannya relatif lebih kecil dibanding kaki.
    Aku setuju semua motor pakai disk brake belakang

  19. daredevil_02

    emmm…
    stju ma cakram belakang.
    kan skrang jaln raya macet n bnyk lubng2.
    cakram belakng thu bntu bnget kalo ngindarin 2 mslah itu…
    hehehehehhe….
    aku dukung pnggunaan cakram belakang dha…
    ^_^

  20. Bagus tuh

  21. Jon Avante

    Setuju disk brake…

    banyak keunggulannya, baik dari segi teknologi, tampilan maupun safety…

    kalau banyak orang berpendapat disk brake belakang yang kelewat pakem itu mungkin disebabkan pembagian distribusi kekuatan rem atau brake bias yang kurang sempurna (umumnya perbandingan untuk depan belakang yaitu : 60 : 40). Namun beberapa kasus pada disk brake non pabrikan (modifikasi) kurang memperhatikan pembagian kekuatan rem tersebut. Untuk kasus suzuki satria yang dikluhkan geol2 ketika hard braking, sebenarnya pihak suzuki sudah memperhitungkan kekuatannya, walaupun diameter piringan cakramnya sama depan belakang dan kalipernya sama, namun master remnya sudah disesuaikan kekuatannya. Saya akui memang sedikit terlalu pakem, mungkin suzuki agak sedikit kurang memperhatikannya, menimbang motor ini dibuat masal dan untuk menekan biaya riset dan spareparts mungkin ini alasannya cakram belakang satria khususnya piringan dan kalipernya sama seperti di depan.

  22. PERLU !!
    1.Biar kalo rem mendadak rem blakang juga kerasa banget, ga cuma rem depan, sampe2 menjulang gitu…haha..

    2.Kalo tromol, suka berdecit2…..ngak tau tu kenapa, memang si Honda Kharisma X tahun 2004 ku udah cukup lama, tapi baru beberapa bulan ini kalo rem blakang, SCRIIOOTTT…..buset, dah kek klakson bunyinya…

    Tapi, kalo motor dengan Double Disc Brake, pasti akan memakan biaya mahal….

  23. Cakram belakang Ok bt matik bro secara kan minim engine break tuh.Kan dongkrak penampilan dan nilai lebih jg kl ada discbreak belakang

  24. kalo ak sangat setuju sekali pakai doble disk brake,selain bikin irit pengeluaran juga lebih mantap………..! mengeremnya.kalo masalah jatoh ke aspal itu tergantung jokinyakan,kita harus pandai2 mengatur daya pijak kaki kita ke stang rem.ok

  25. Disc break belakang itu perlu modif biar tambah keren apalagi dipaketkan dengan ab forkx, kira2 harga berapa itu bro…?

  26. semua yg komen cuma dari sisi konsumtif, keindahan gk ada yg menanggapi sisi teknis meliputi keselamatan, efektifitas dan manfaat optimum..
    Karena ane gk tau teknisnya tp menurut hemat ogut bisa dilihat dari hal2 sbb:

    1. dari sisi user kita bedakan dari laki2 dan perempuan, laki2 cenderung urakan tp perhitungan dipikirkan sedangkan perempuan sedikit perhatian untuk hal perhitungan.

    2. Disk : Estetika keindahan, praktis disbrak Yes. ke ekonomian No, Keselamatan kurang krn orang cenderung PD dgn late brake.

    3. Drum : Estetika Keindahan No krn teknologi lawas, ke praktisan No. Ke ekonomian Yes, Efisien Yes krn lebih murah, Keselamatan orang cenderung lebih hati2 karena cara pengereman akan berbeda.

    kebayakan orang terlalu percaya thd disbrak maka cenderung mengabaikan prinsip keselamatan dan melakukan pengereman yang baik. makanya jadi makin urakan tuh biker2 jalan raya sudah kayak jalan di sirkuit aja bergaya Marc Marques bagi tuan Honda, dan VR bagi empu Yamaha. hehehehe.
    Bravo bikers indonesia mari kita jadi bikers yg peduli pengguna jalan lainnya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s