Suzuki Satria Fu150, Bebek Sport Jalanan yang sebenarnya!!!

Fu150 memang benar-benar BEBEK SPORT SEJATI!!!

Memang tak dapat dipungkiri lagi Team Suzuki satu-satunya yang “berani” menelurkan product yang bermain di segment yang terbatas tapi sangat jelas ini.

Terbatas? ya, berapa market demand di Indonesia untuk kategori ini, paling banyak sekitar 5.000-6.000an unit / bulan (di tahun 2007 yang lalu). Anggap saja growth demand pertahunnya mencapai angka 30%. Ini tetap segment pasar yang sangat terbatas. Berapa banyak orang yang benar-benar suka bebek dengan karakter real sport?

Sangat Jelas? Yap. sangat jelas sekali bahwa penikmat sport adalah dari kalangan biker sejati yang haus akan performa dan teknologi sport. Tidak akan dipungkiri lagi kalau kalangan ini tidak akan setengah-setengah dalam menyalurkan kebutuhan dan hobinya tersebut.

Kok bisa?

Ya, secara teknik rancang bangun mesin, FU150 benar-benar didesain dengan nyawa sport. Karakter mesin sport benar-benar tertanam disini, lihat saja DOHC 150cc untuk ukuran Moped/Bebek sudah cukup mewakili tenaga yang dapat dimuntahkan, over bore specification membuat mesin FU150 mampu meraung ganas di RPM tinggi yang tentu saja didukung oleh lubang pernafasan 4 valve DOHC yang memang terbaik untuk kondisi mesin yang dirancang bekerja pada RPM tinggi. Gigi close ratio sangat handal untuk memaksimalkan performa mesin di setiap kecepatan. Rancang bangun chasis “Ayam Jago” yang kokoh didukung monoshock di swing arm belakang untuk kestabilan terbaik. Pada sistem pengereman tidak ketinggalan didukung oleh Disc Brake berdiameter besar di roda depan, dan Disc Brake yang mumpuni di roda belakang. Satu-satunya kekurangan FU yang tidak seberapa kentara cuma di sistem pendinginan mesin yang masih mengandalkan pendinginan sirip udara yang sudah dibantu dengan oil cooler system. Seandainya saja pakai liquid cooler, bisa jadi ini bebek Sport yang memiliki semua keunggulan teknis.

Bagaimana dengan Yamaha MX?

MX didesain bukan sebagai bebek sport, tetapi sebagai motor bebek harian yang dilengkapi dengan berbagai fitur yang Hi-Tech dan berkarakter sporty. (bebek berkarakter sporty berbeda dengan bebek sport). Lihat saja dari desain mesin yang overstroke, karakter overstroke ini akan memuntahkan tenaga dan torsi terbaik pada rpm rendah dan menengah. Sehingga sangat cocok digunakan untuk keperluan sehari-hari. Itulah sebabnya MX cuma memiliki 4 tingkat percepatan, karena karakter over stroke ini memiliki band power yang lebih lebar dari pada square engine dan over bore, sehingga 4 tingkat percepatan sudah cukup untuk menyalurkan performa mesin ini dengan baik. Apalagi untuk keperluan sehari-hari 4 gigi saja akan membantu kenyamanan, jadi tidak terlalu sering oper gigi. Valve pada MX memang sudah multi Valve (4 buah), tetapi tidak DOHC, mengapa? ya kembali lagi bahwa DOHC memang lebih baik untuk mesin yang bermain di RPM tinggi, tetapi jika mesin tersebut bermain di RPM rendah dan menengah, SOHC adalah pilihan yang paling bijaksana.

Bagaimana dengan Honda CS1?

Rupanya juga masih kurang tepat jika CS1 diadu dengan FU150. Jika dilihat dari specification mesin CS1, CS1 memang pantas dikatakan memiliki mesin berperforma racing, tetapi lihat saja dari ergonomis, model stang dan desain, rasanya kok jauh dari rasa sport ya? Ergonomis posisi Rider lebih condong untuk Touring dan kondisi harian daripada mengacu pada posisi Rider motor-motor sport. Andaikata masih mau diperbandingkan, lebih baik Nova Sonic 125 sebagai lawan main FU150.

Bagaimana dengan Supra X125 dan Kawasaki ZX130?

Jelas kedua-duanya masih memakai horisontal Engine yang lebih ekonomis pada tahapan proses produksi. Supra X125 benar-benar motor bebek yang didesain untuk kenyamanan penggunaan sehari-hari yang lebih mengedepankan faktor kenyamanan dari pada performa mesin. Sedangkan Kawasaki ZX130 lebih ke motor bebek berkarakter Touring dari pada ke karakter Sporty.

Jadi tak dapat dipungkiri lagi bahwa; Suzuki Satria FU150 adalah Bebek Sport Sejati!!!

33 responses to “Suzuki Satria Fu150, Bebek Sport Jalanan yang sebenarnya!!!

  1. smuanya baguuuss mas …..
    tergantung selera masing-masin dan tujuan penggunaanya dan tentunya disesuaikan dengan buying power.

    ngomeng-ngomeng kapan nich MX baru keluar lagi??? udah kelamaan model yg sekarang..

  2. @k4sevBulan Juni ini ada minor change kok, ditunggu aja ya.

  3. Changcuters

    Meng loe bilang ame bos loe, YMKI tahun ini musti keluarin motor 250 Cc tapi harganya dibwah 30 jt…
    Bisa gak…?

  4. @Changcuters
    Ampunnnnnnn deh gue…………..
    angkat tangan ahhhhhhhhhhhhhh
    tapi semua aspirasi akan gue sampaiin deh.
    Ok, thanks a lot Bro
    Uhuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuy

  5. Changcuters

    Ntar kalo uda keluarin yang 250Cc gue beli dech atu and tar loe gue boncengin tapi baju loe musti yang tebel ya biar gak robek2 kalo dibawa ngebut….

  6. @Changcuters
    kalo gue aja yang diboncengin sampe robek-robek bajunya, apalagi elu man, bisa telanjang bulet didepan gue…hie hie hie
    uhuuuuuuuuuuuy!!!

  7. @k0meng
    yang dimaksud minor change apa nech? apakah perubahan kecil ini hanya ganti striping atau ganti baju?

    trus untuk major change kapan yach? ganti baju + ganti mesin gak?

  8. ini ada orang Yamaha muji produk lain…apa kata dunia??

  9. @Al K
    ya bener-bener minor, tunggu aja bentar juga nongol……

  10. @Kus
    Gue cuma berusaha untuk mengutamakan kejujuran dalam menulis berita di Blog Gue! jadi Gue pikir harus Fair juga dalam memandang, menyikapi dan menulis Artikel yang Gue Posting nich!!!
    Seperti kata @Abon Sapi, kalo jelek ya dibilang jelek, kalo bagus ya dibilang bagus.
    Uhuuuuuuuuuuuuuuuy Kus!!!

  11. Artikel di blog Anda sangat menarik dan berguna sekali. Anda bisa lebih mempopulerkannya lagi di infoGue.com dan promosikan Artikel Anda menjadi topik yang terbaik bagi semua pembaca di seluruh Indonesia. Tersedia plugin / widget kirim artikel & vote yang ter-integrasi dengan instalasi mudah & singkat. Salam Blogger!

    http://otomotif.infogue.com
    http://otomotif.infogue.com/suzuki_satria_fu150_bebek_sport_jalanan_yang_sebenarnya_

  12. yang baru dah pakai rear disc brake blom?

  13. lampu belakangnya di ganti biar tambah kerennn sedikit saran aja Uhuuuuuuuuuuuuuuuuuy !!! eh kelupaan jgn lupa cakram belakangnya yah Meng!

  14. @doha
    Siiiiiiiiiiiiiiiiiiiip……ntar gue sampaiin yang berwenang.

  15. @komeng
    mbok tanya sama Mas Tri ato siapa gitu biar ada fotonya, kian enak ngelihatnya, ada gambar motor baru kan bagus……

  16. heheh…ada yang nyebut2 gw nih…..πŸ˜€

  17. Betul apa yang dikatakan kus, kalau dah ada fotonya lebih enak untuk menilai kelebihan dan kekurangan produk yang akan muncul

  18. Iya cuman kurang fotonya, berita/artikel post-nya udah bagus, cuman mana gambarnya?

  19. Mas, maksudnya minor tuh ganti striping ya? sekarang jadi striping tribal..

  20. mantep banget.. FU gw emang tiada tandingan..πŸ˜€

  21. @b6417kmc
    kalo Tribal khan udah lama untuk varian MX AT
    MX velg casting tanpa kopling manual. kayaknya bakal ada motif baru ya?

  22. rajanya_matic

    @ komeng

    iya meng, gue setuju ama prenzzz tuh…
    kalo ada fotonya kan lebih seru

    wah, denger cerita elu gue jd pengen liat n nyoba si FU nih meng..

    menurut pengalaman elo, top speednya bisa brp sih meng? trus harga purna jual nya bagus ga meng??

  23. @rajanya matic
    untuk varian bebek yang berkarakter sport murni, harga jual memang tidak sebaik jika dibandingkan varian bebek sehari-hari yang penggunanya memang lebih banyak dan tentu saja peminatnya juga lebih banyak.

    kalo masalah top speed, dicoba sendiri aja Bro… biar lega he he he

  24. Meng mbok yao blognya di kasih gincu juga jangan cuma mx nya doang.. tu gambar di headnya mbok yo diganti… klo artikel ya dikasih gambar… pye to meng meng… klo alasanya ga ngerti Takon kanan kirimu kui loh mesti podo ngerti.. tolong meng tolong.. motor ae bisa dipoles masa blog kok standar wae…

    Meng rayu bos mu kui loh YZF R250 klo jadi keluar datengin ke sini … jangankan 30 juta meng.. 50 juta wae menurutku bakaln laris manis meng!!

  25. rajanya_matic

    @ Kemong

    mas kemong iki saudaranya mas komeng tah???
    kok mirip?? satunya KEMONG satunya KOMENG??? hehehe onok-onok wae…

    si komeng jangan disuruh jual harga 50 juta donkk, ntar gue kagak punya duit beli tuh motor, mending 30 juta kembali 5 juta aja, jadi kenanya cuman 25 juta… hehehe

  26. mana mio barunya??? lama bgt sih bocorannya

  27. komeng………………….komong……………………
    ni w kingkong……………….

  28. bdw kpn the new Mx kluar…?

    msx spOrt cc klh am Sf,

    desai wow, only one cc nya Krang Yahut….

  29. Satria FU150 emg ngacir cuy….
    Bwt hrian siap…
    Blap jg oke…
    Mntap dech………………

  30. Tpi knpa ya satria FU kbnyakan suaranya kasar gitu?😦.
    @all
    Klo motor baru gmn ni tmen2 cara merawatnya?
    Thanks for all

  31. knp sih zx 130 di stop, yg keluar skarang malah spport tereus

  32. Fu jelek buat RPM tinggi bro,,,
    gw jamin,,,
    soalnya DOHC yg di usung ama fu tuh DOHC yang sama sama mobil konvensional,,,
    karena camshaftnya cuma dijepit sama almunium,, gk kyk supra x 125, maupun MX dll yang sudah pakai laher untuk dudukan camshaftnya,,,

    sbenernya tinggal rubah saja headnya sama masang laher aja, itu dah cukup kok buat Fu buat ngejar RPM tinggi…

    ditambah lagi dorongan camshaft k klep hanya ngandalin gesekan tidak dibantu lg dengan laher sprti CBR 250R 2011,, ataupun CBR 250RR yang bisa tembus 18.500Rpm…

    sebenernya banyak kekurangan Fu di faktor2 sedehana yg sebenernya fatal bikin tenaga lebih merosot,, ya tinggal kitanya aja yang pinter2 ngerubah dan nambalin kekurangannya aja,,,

    ngerubah cylinderhead untuk masang Laher di camshaft saja perlu biaya sekitar 2.5jt an,, karena mesti bubut dan di cor almunium lagi,,,

    1hal,, Cs one dengan CC segitu msh sanggup ngalahin satria F dgn dirubah dikit mesinnya,,

  33. broo, ane pernah ngetes satria f 150 gw di trek lurus sekitar 2,5km-an lah,, trus top speedx sampe 147 km/h.. stlah gw ganti cdix dgn cdi brt dual band trus busix gw pake tdr iridium, akselerasix mantap abis cuy.. tman2 ane jd heran.. top speedx sampe 154 km/h.. yah cukuplah buat ninggalin motor2 sekelas lain.. etz, sayang kalo mindahin gigix t’lalu cpat motor gw kntut-kntut.. gw butuh saranx broo, agr motor ane gak kntut-kntut..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s