Seekor Ikan Hiu di Tangki

Orang Jepang sejak lama selalu menyukai ikan segar. Tetapi tidak banyak ikan yang tersedia di perairan yang dekat dengan Jepang dalam beberapa dekade ini. Jadi untuk memberi makan populasi Jepang, kapal-kapal penangkap ikan bertambah besar lebih dari sebelumnya. Semakin jauh para nelayan pergi, semakin lama waktu yang dibutuhkan untuk membawa ikan hasil tangkapan itu kembali.

Jika perjalanan pulang mencapai beberapa hari, ikan tersebut tidak segar lagi. Orang Jepang tidak menyukai rasanya. Untuk mengatasi masalah ini, perusahaan perikanan memasang freezer di kapal mereka. Mereka akan menangkap ikan dan langsung membekukannya di laut. Freezer memungkinkan kapal-kapal nelayan untuk pergi semakin jauh dan lama. Namun, orang Jepang dapat merasakan perbedaan rasa antara ikan segar dan beku dan mereka tidak menyukai ikan beku. Ikan beku harganya menjadi lebih murah. Sehingga perusahaan perikanan memasang tangki-tangki penyimpan ikan di kapal mereka. Para nelayan akan menangkap ikan dan langsung menjejalkannya ke dalam tangki hingga berdempet-dempetan. Setelah selama beberapa saat saling bertabrakan, ikan-ikan tersebut berhenti bergerak. Mereka kelelahan dan lemas, tetapi tetap hidup. Namun, orang Jepang masih tetap dapat merasakan perbedaannya. Karena ikan tadi tidak bergerak selama berhari-hari, mereka kehilangan rasa ikan segarnya. Orang Jepang menghendaki rasa ikan segar yang lincah, bukan ikan yang lemas. Bagaimanakan perusahaan perikanan Jepang mengatasi masalah ini? Bagaimana mereka membawa ikan dengan rasa segar ke Jepang?

Jika anda menjadi konsultan bagi industri perikanan, apakah yang anda rekomendasikan?

Bagaimana Ikan Jepang Tetap Segar

Untuk menjaga agar rasa ikan tersebut tetap segar, perusahaan perikanan Jepang tetap menyimpan ikan di dalam tangki. Tetapi kini mereka memasukkan seekor ikan hiu kecil ke dalam masing-masing tangki. Memang ikan hiu memakan sedikit ikan, tetapi kebanyakan ikan sampai dalam kondisi yang sangat hidup. Ikan-ikan tersebut tertantang.

Jangan menghindari tantangan, melompatlah ke dalamnya. Taklukanlah. Nikmati permainannya. Jika tantangan anda terlalu besar atau terlalu banyak, jangan menyerah. Kegagalan membuat anda lelah. Sebaliknya, atur kembali strategi. Temukanlah lebih banyak keteguhan, pengetahuan, dan bantuan dari orang lain.

Jika anda telah mencapai tujuan anda, rencanakanlah tujuan yang lebih besar lagi. Begitu kebutuhan pribadi atau keluarga anda terpenuhi, berpindahlah ke tujuan untuk kelompok anda, masyarakat, bahkan umat manusia. Jangan ciptakan kesuksesan dan tidur di dalamnya. Anda memiliki sumber daya, keahlian, dan kemampuan untuk membuat perubahan. Jadi, masukkanlah seekor ikan hiu di tangki anda dan lihat berapa jauh yang dapat anda capai!

Artikel oleh Peace Boy

19 responses to “Seekor Ikan Hiu di Tangki

  1. jangan pernah berpikir

    akugagal

    aku menyerah, wajar karna aku manusia

    tapi berpikirlah

    aku hebat

    aku kuat, wajar karna aku manusia

    human think

  2. rajanya_matic

    @ teha

    wah bro teha emang dewasa banget. . .

  3. rajanya_matic

    @ all

    kalo gitu kita kagak perlu takut ama yang namanya AFTA bro. . .

    siapa tahu justru dengan adanya AFTA bangsa Indonesia ini malah bisa maju pesat karena persaingan bebas. kagak kayak sekarang ini. . .

    ayo siapa yang setuju acungin tangan !!!
    hehe

  4. @rajanya-matic

    hehe……..

    justru aku masih mencari-cari makna dewasa

  5. @rajanya_romantic
    setuju Bro…..
    Kadang saya merasa bangsa ini bangsa yang cengeng, mudah menyerah, bukan pekerja keras… Siapa tahu dengan adanya pesaing, bangsa kita lebih tangguh….!!!!

  6. rajanya_matic

    @rajanya nasi BUNG KUS n nasi KUKUS

    hehe

    iya pren, tapi kita juga musti memperbaiki sistem pendidikan kita yang sekarang nih, yang ada pendidikan skrg nih bikin murid tambah blo’on n ga kretif bkn jd pinter…

    masa’ yg namanya pelajaran menggambar tuh selalu diajarin melukis 2 gunung dengan matahari di tengahnya???
    gmn mau kreatif??

    pdhl utk mampu bersaing kita musti kreatif, n musti bgs IQ, EQ n SQ nya kan??

    bener ga bro??

  7. rajanya_matic

    @ a’ a’ teha

    bagi aku, dewasa adalah kemampuan kita untuk memandang sebuah permasalahan dari berbagai sudut pandang sehingga keputusan yang kita ambil bukan sebuah keputusan yang “mentah” tetapi merupakan sebuah keputusan yang mempunyai dasar pemikiran yang KOMPREHENSIF, bkn pemikiran yang sempit apalagi yang emosionil

    menurut a’ a’ teha??

  8. @ matic

    dewasa bukan berarti udah berumur, melangkah bukan berarti semakin dekat sasaran, cara sikap pikiran perbuatan untuk menanggapi suatu masalah dengan arif bijaksana. kalo gak bisa melakukan jangan mencela, kalo mampu kasih contoh. komentar debat tidak menyelesaikan masalah, tindakan paling tidak ada harapan.

    to.

    Yth

    Para Peminpin-pemimpi

    jangan gembar gembor gontok2 kan di TV nyari dukungan. tau gak kami yang rakyat jelata saling bertikai membela ngomongan kosong mu.
    mereka gak tau apa masalah mu
    habis saling mencaci maki kalian salaman pulang dapat amplop, pendukung mu gontok2 kan gak ada habis nya.

    kalian dulu mencalonkan diri pakai modal ya, sekarang mau balik modal yang lebih gede ya? gak peduli kami, mementingkan diri sendiri ,
    yagolongan kalian ya,
    omongan pemimpin berarti komando bagi pendukung nya.

    JANGAN ASAL BICARA .

    KALIAN BERWIRASWASTA YA?
    LAPANGAN KERJA MEMBUAT PARTAI DAN ORMAS YA, dengan aling aling aspirasi dan ham ya.

    PARA PEMIMPIN ITU BUKAN DUKUNGAN NYA YANG BANYAK TAPI KEMAMPUAN NYA UNTUK MEMIMPIN ( AKAL OTAK NURANI)

    UANG
    UANG
    UANG
    UANG
    OTAK KALIAN CUMA UANG DAN UANG
    PEMIMPIN BUKAN UNTUK UANG TAPI UNTUK MENGAPDI

    maaf bos komeng jadi kemana-mana

  9. @Teha
    Sip….lanjutkan saja, komen Bro Teha bisa jadi refleksi dan proyeksi yang baik bagi kepentingan Pribadi, Golongan , dan Bangsa ini.

    Sengaja saya tulis dari lingkup yang terkecil dulu, baru naik ke atas. Karena menurut saya kedewasaan moral dan tingkat kemanusiaan tumbuh dari pribadi-pribadi yang berkumpul membentuk tatanan social yang lebih luas hingga pada akhirnya membentuk suatu bangsa yang bermartabat.

  10. kesel aja lihat tayangan TV penuh profokasi gitu.
    masyarakat kita itu seperti untok (buih), di suruh ngalor (ngalor semua) di suruh ngidul (ngidul semua) giliran di tanya ( pada ngapain?
    gak tau).
    mereka banyak ngomong janji2 kan nyari duit,
    mereka tu gak ada kerjaan.
    jangan dekat2 ama ANJING POLITIK setiap saat bisa menggigit, politik gak ada musuh abadi dan temen sejati.

    hemmmmmmmmm ………………….

    bos komeng
    sekarang aku lagi keluar tanduk dan berekor nih
    pingin tak sobek2 tuh para wiraswasta yang ngehabisin duit rakyat

  11. @Teha
    kalau gue belum bertanduk dan tak berekor, tapi keluar sayapnya, bukan sayap malaikat, tapi sayap kelelawar.

    hie hie hie

    BATMAN!!! Uhuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuy

  12. rajanya_matic

    @ teha

    gue setuju ama a’ a’ teha

    gue juga pernah liat para poliTIKUS itu nongol diTV n ngoceh2 ttg kinerja pemerintah, ada yang mencela, ada yang mendukung, intinya cuman satu kalo bisa gue yang jatuhin yang udah ada biar gue yang naik. tapi waktu dia yang naik, eh sama aja, tetep aja dia jadi sama kayak orang yang dia jatuhin. . .

    sama – sama korupnya. . .

    gue juga udah keluar tanduknya n sayapnya aja nih, tinggal taringnya aj yang belom… hehe

  13. Setuju banget Oom komeng…
    tantangan & hambatan itu untuk dihadapi bukan dihindari, toh kalau dihindari tetep aja gak menghilangkan masalah🙂

    btw ada “hiu” baru masuk tuh.. namanya hiu “beat”.
    Sebagai orang marketing YMKI kasih analisanya dong… gimana jadinya peta pasar skutik sekarang ?

  14. @proud2ride
    Secara umum seperti artikel : Geliat Matic Baru di Musim Panas.

    Secara Khusus, dengan masuknya Beat peta Matic Ekonomis pasti berubah, Produk baru pasti memakan share yang sudah ada. Untuk menghadapi masalah ini memang rumit, tetapi demand bisa ditumbuhkan untuk tetap mengangkat sales growth Mio secara internal.
    Atau….
    Bisa saja YMKI akan membuat market baru lagi di segment matic yang masih belum di pikirkan oleh kompetitor seperti yang sudah-sudah.
    Atau….
    Justru malah bersikap defensif saja terhadap ancaman matic, tetapi malah melakukan attack terhadap kekuatan utama Honda atau backbone category di Honda.
    Atau….
    Melakukan permainan serangan ala gerilliya sedikit melakukan serangan di category yang lain untuk melumpuhkan dan mengalihkan perhatian dari segment matic. Bisa saja serangan kecil ini membuat kompetitor menjadi membutuhkan resources untuk mempertahankan beberapa category lainnya dari serangan kecil-kecil ini.
    Atau….
    Melakukan Promotion Boom di bulan-bulan awal hiu ini mulai masuk di market. dengan tujuan menghambat pertumbuhan awal produk sehingga akan mengacau target pertumbuhan sales yang selanjutnya.
    Dan lain-lain……

  15. rajanya_matic

    @ proud2ride

    mengingat kuatnya image mio di pasar saat ini, menurut gue si beat tuh bukan “hiu”, tapi cuman “arwana”. ya udah, masukin aja ke aquarium n kasi jatah makan 3X sehari. udah deh, kagak bakalan bisa apa-apa.

  16. @ komeng

    tinggal pilih aja, hiunya mau ditaruh di red ocean atau blue ocean🙂
    btw backbone-nya Honda apa sih ? Revo ya ?

    @ rajanya_matic
    jangan salah Oom, dulu orang tahunya Yamaha itu rajanya di 2 tak, tapi buktinya bisa melesat mendekati Honda (pernah melewati malah)waktu beralih ke 4 tak dengan andalan Vega, Jupiter dan Mio. Jadi gak ada salahnya sekarang berhati2 dengan adanya saingan yg sekelas, bisa2 gak jadi raja matic lagi nih🙂

    Salam Biker’s

  17. @proud to ride
    Honda memang lebih merata di semua lini, tetapi di kelas Bebek Low Price sangat mendominasi. Disinilah BackBone yang sesungguhnya. Setelah itu kelas Bebek Premium 125cc menjadi penunjang BackBone.

    Saat ini Honda berusaha membuat BackBone baru di kelas low price matic dengan meluncurkan Beat.

  18. rajanya_matic

    @ proud2ride

    gue setuju sih kalo dibilang musti waspada, tapi bentar lagi kan mio bakal keluar yang baru lagi. lagian yamaha jadi pemimpin pasar di type matic kan kagak mudah, penuh perjuangan bahkan harus membayar dengan kegagalan nouvo toh?? jadi ymki pasti udh punya strategi buat ngatasin si beat…

    rajanya_matic dilawan?????

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s