Honda Beat, Strategy Jitu AHM

Setelah dinanti-nanti sejak pertengahan tahun lalu, akhirnya AHM jadi me-launch produk andalannya yaitu: Honda Beat yang diharapkan mampu memberikan kontribusi yang besar bagi penjualan Honda di segment motor matic. Memang kemunculan Beat ini dirasa paling pas, mengingat Honda sudah terlebih dahulu menanamkan image Matic yang canggih pada “Vario” yang sudah terlebih dahulu melakukan penetrasi pasar di segment matic ini untuk menghadapi kejayaan Yamaha Mio.

MIO >>>BackBone Yamaha.

Sebenarnya Market share dan penjualan Yamaha di Indonesia tidak terlepas dari 2 macam Produk andalannya, yaitu Jupiter Z yang memang terkenal sebagai motor 4 tak yang memiliki peforma tinggi, mudah dimodif dengan biaya ringan tetapi hasil yang luar biasa. Dan tentu saja Yamaha Mio yang mendobrak pakem trend roda 2 di Indonesia. Dengan dua Produk yang bermain di 2 kategori inilah YMKI berhasil memiliki Sales Growth dan mulai mengejar market share Honda yang selama puluhan tahun menjadi rajanya motor di Indonesia. Sehingga tidak dapat dipungkiri lagi jika kejayaan Yamaha saat ini terjadi karena adanya kontribusi besar dari ke dua produk tadi yang saat ini menjadi BackBone (tulang belakang/penyangga utama) penjualan Yamaha di Indonesia.

Strategi AHM (Honda)

Dalam dunia marketing, ada suatu ilmu menyerang yang paling baik, yaitu: “seranglah kekuatan lawanmu!!!”

Mengapa demikian,

Sebab jika menyerang kelemahan lawan, justru lawan akan cepat untuk menutupi atau memperbaiki kelemahannya tadi. Sama halnya dengan kita mengkritisi lawan supaya berkembang menjadi lebih baik.

Lain halnya jika yang diserang adalah kekuatan lawan, saat serangan telah dilancarkan, kekuatan lawan yang terserang tadi akan memperlemah posisinya secara total sehingga resources untuk memulihkan diri dan melawan kembali menjadi lebih berat. Tentu saja akan berpengaruh besar bagi langkah-langkah yang akan dilakukan di masa depan.

Honda Beat the low price skutic model.

Ya, perhitungan AHM memang sangat tepat dan jitu bila me-lauch produck ini. Strategi untuk menyerang Mio yang nyata-nyata sebagai BackBone Yamaha, satu dari kekuatan Yamaha adalah langkah strategic yang baik sekali. Mio yang selama ini telah menguasai market skutic low price model, kini harus berbagi market share dengan Honda Beat yang masuk dalam market yang sama. Head to Head dengan Mio.

Persiapan Amunisi Beat

Dalam menghadapi Mio yang sudah malang melintang menguasai medan market Low Price Skutik Model, tentu saja Beat harus ekstra berhati-hati. Minimal sejumlah keunggulan teknis haruslah di lengkapi sebagai senjata yang cukup untuk mematikan lawan yang sudah lebih dulu menguasai market di kategori ini. Nah Beat telah dilengkapi sejumlah piranti keselamatan yang lebih dibanding lawannya. Ada “Side Stang Switch” untuk menjaga mesin motor tetap mati jika standart samping diturunkan. Ada pula “Parking Brake”, piranti ini bekerja seperti hand brake mobil yang digunakan untuk menjaga posisi kendaraan pada saat diparkirkan pada area yang tidak horisontal.

Memang Mio sudah memiliki sejumlah keunggulan, yaitu komunitas pemakai yang lebih banyak, accesories dan spare-part after market yang lengkap dan murah, dan tentu saja sudah banyak bengkel umum yang menguasai produk ini. Tetapi tentu saja peluang Beat untuk masuk ke pasar ini masih sangat besar, mengingat nama besar HONDA yang sudah lama melekat di konsumen motor Indonesia dan penggunaan mesin yang lebih sederhana dari Vario yang sudah lebih dulu bermain di Premium Skutic Model.

Strategi Pelengkap Honda untuk melawan YMKI

Jika Beat diposisikan untuk menghabisi Mio sebagai salah satu BackBone Yamaha, maka harus ada satu produk baru Honda yang dapat menghancurkan BackBone Yamaha yang lain, yaitu Jupiter Z. Maka sangatlah masuk akal bila pada tahun ini, minimal akhir tahun ini NEW REVO 110 juga akan menghiasi jalanan di Indonesia untuk bersaing dengan Jupiter Z yang terlalu lama berkuasa di kelas Bebek Premium 110cc.

49 responses to “Honda Beat, Strategy Jitu AHM

  1. yap, perangnya makin seru aja nih…
    gimana yamaha? Jupiter MX di facelift dong…
    jangan lupa Mionya, dah tuwir tuh tampangnya…

  2. Hore kibi-kibi Juara 1, podium pertama, Jawara…..
    honda Beat ama Mio kalah semua……

    kibi kibi kibi

  3. lho masih kalah ama fanderlart…hiks hiks hiks….
    juara dua dech….

    kibi…ki..bi…….ki…bi…….

  4. hayo !!! kapan nyerang balik nih, masak diserang terus, tahun ini aja udah dua kali diserang, tetap uhuuyyy…

  5. @ Ha Ge
    Uhuuuuuuuuuuuuuuuuuuy
    baca juga di “geliat matic baru di musim panas” Bro.
    Yamaha juga pasang kuda-kuda kok…

    Uhuuuuuuuuuuuuuuuuuuuy

  6. @fanderlart
    Mio udah face lift, masih di ruang rias… bentar lagi nyamperin publik kok!

    Uhuuuuuuuuuuuuuuuuy

    MX juga masih pasang gincu….ha ha ha. nah tu dia mau nongol lagi ….!

    Uhuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuy

  7. MX nongolnya kapan nech dan bulan kapan? maklum dah gak sabar nech…. kirain pas acara motogp telur mx mo netes

  8. @Al K
    sebenarnya udah siap, tunggu Guru Besar beri ijin buat turun gunung, rencananya sih bulan ini ada yang minor changes dan segera di lauch di pasar. Tapi sekali lagi tunggu Guru Besar kasih ijin turun gunung.

    Uhuuuuuuuuuuuuuuy

  9. BEAT lebih kece SOUL kok, apa lagi di tambah silikon, turun gunung nya pasti moblong moblong kayak gemblong, kimplah kimplah koyok tahu mentah

    always in ahead of soul

    ha…………ha………..

  10. @teha
    emang bener” soul mate” dah kita ini

  11. sepertinya untuk MIO edisi pertama tetap harus diproduksi dan jangan di stop mungkin masih banyak konsumen indonesia yang masih menginginkan model lama mio walaupun tampilan biasa2 aja tapi seperti memiliki aura positif

  12. @Al K
    itulah yang bentar lagi nongol, seratus (100) buat Al K.
    Face liftnya tetap mempertahankan aura yang lama. Aura Mio yang manis dan membius.

    Kalo model yang Brand New, taon depan ada NEW MATIC yang Brand NEW!!!

    Uhuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuy!!!

  13. rajanya_matic

    @ Al K

    bener tuh Al, kayak gue ini yang udah terlanjur cinta ama mio, kalo bisa sih gue maunya mio yang lama tetap diproduksi sekalipun ada mio yang baru.

  14. rajanya_matic

    @ komeng

    meng, bocorin dikit donkkk…

    mio yang baru taon depan tuh mirip kagak meng ama mio yang sekarang??

  15. he…he…he…
    strategy baru dari Yamaha :
    ngikutin Honda yg cuma ganti baju doang
    Kalo Honda ganti baju dicaci maki, giliran Yamaha yg ganti baju ditunggu-tunggušŸ™‚

    Sorry, bukannya mau ngebelain Honda.
    cuma lucu aja gitu….

  16. @rajanya matic
    yang tahun depan bukan mio lagi, new varian, new species, new category!!!

    all new Uhuuuuuuuuuuuuuuuuuuuy!!!

  17. @proud2ride
    mungkin gara-gara “Touching Your Heart”

  18. Mio touch my Heart so Lovely and Tenderly…

    kibi kibi kibi

  19. @ komeng

    kalo infineon-z gimana kabar nya

  20. @teha
    apa itu infineon-z?

  21. @padhepokananime
    Salam juga, terima kasih.

  22. @Al K
    MX baru udah ada di pasaran tuch, liat aja sendiri…
    emang cuma minor changes sich, ganti decal/striping color. Tapi lumayan untuk memperpanjang darah.

    ah kaya main game aja….

    Uhuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuy

  23. @k0meng
    wah berarti penantian masih lama nech karena cuma ganti striping color aja.
    wah Vega ZR baru daftar ke Depperin nih jadi sudah ketahuan 2 motor baru yamaha akan muncul pada 2008 New MIO dan VEGA ZR.

  24. @ Al K
    BETOOOOOOOOOOOOOOOOL

    100 (seratus)

    Uhuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuy

  25. @ KOMENG

    yamaha nipon punya bos, aku pernah baca tapi rada samar

  26. @teha
    waduh pengetahuanku kalah sama dikau Ha, jadi malu nich.
    Coba aku cari-cari dulu ah….! abis kalo ke nipon mereka (orang jepang) cuma tanya; ” Bagaimana Market Yamaha Indonesia He?” “Honda ada movemento apa ka?” ….hi hi hi.

  27. wah…. nampaknya bakal seru neeh pertarungan beat vs mio, beat mengandalkan nama besar “honda” sedangkan mio mengandalkan “otomatis duluan” kita liat aja siapa pemenangnya ….šŸ˜Æ

  28. infineon z kalau gak salah pernah dipamerkan di Pameran otomotif pada tahun 2004, salah satu rakan kerjaku yang punya nouvo pernah pasang neh gambar motor itu jadi wallpaper di desktopnya, kalau direka2 mungkin nih motor bisa jadi new species yamaha tahun depan karena bentuknya kalau dari depan mirip X1 dan yang belakang sepertinya sudah menggunakan suspensi monosok dan double swing arm apalagi diAsil telah digunakan sama motor ini sebelum MX dan VIXION .
    kalau motor ini yang muncul tahun depan saya yakin nih motor akan laku kayak kacang goreng.

  29. Nih Bro…,
    ane copy dari motor plus …

    Di Jakarta Motorcycle Show 2004, Yamaha Motor menampilkan Infineon-Z. Suatu model yang menerapkan teknologi terkini. Menyatukan desain dan fungsi eksklusif Yamaha dengan visi lingkungan yang maju.

    Sebagaimana visi Yamaha, Infineon-Z mewakili produk Yamaha yang selalu terdepan. Seperti rangka sistem CF Die-Casting atau aluminium tuang. Selain ringan, mudah didaur ulang, desainnya juga fleksibel. Biaya produksi bisa ditekan 30%. Diterap di motor YZF-R6, R1 dan FZ6.

    Silinder blok murni aluminium dari pengembangan DiAsil (Die-Casting Aluminium Silicon Cylinder). Tanpa liner besi atau baja. Kinerja pendinginan 60% lebih baik dan 30% lebih ringan. Sama yang terdapat pada skuter Majesty 250 yang dijual di Jepang dan Yamaha XJR1300.

    Piston diproduksi dengan sistem CF (Controlled Forging). Sehingga punya kekuatan tinggi, ringan dan handal.

    Suplai bahan bakar Infineon-Z menganut sistem injeksi yang dikembangkan dari teknologi Formula 1 (F1). Kan di F1 ada kerja sama dengan Toyota. Di motor produk massal sudah diterap juda di Majesty 125 Taiwan.

  30. tapi kalau misal beneran motor ini bakal nongol tahun depan, harga nya berapa yah…???

  31. di thailand honda beat ini gak laku…
    masih kalah saingan sama saudara sendiri…
    clik & airblade…
    orang thailand seleranya tinggi…
    ogah beli motor yang minim fitur…

    tapi kayaknya hal ini tidak terjadi di Indonesia…
    kita lihat saja nanti…

  32. ya udah ditunggu nih Honda kejutanya

    hmmm…? buat nyaingin mio boleh juga

  33. Pendapat saya secara pribadi tetap memegang pakem kalo motor itu harus nyaman di pakai:)
    u/ vario, ini skutik muantap banget dipakai apalagi bergoncengan (ber2), irit dan full fitur safety. Pake turing enak deh.!
    Duo Mio cenderung ke arah lincah, u/ perkotaan yg macet sangat pas, namun fitur yg lain emang kalah telak dr Vario. Tp sekali lagi Vario vs Mio sebenarnya ‘BUKAN’ mewakili karena beda kelas.
    Untuk kategori bebek sampai yg sport, mesin dan kelenturan rangka tetep dipegang SCORPIO Z dan Jupiter MX. Cobain deh, ke-2 motor ini nyaman banget dipakai, bertenaga dan kl dipakai turing gak kalah ma motor laki merek2 yg laen..
    Kesimpulannya:
    1.Harga Jual + Irit? ya honda.
    2.Mesin OK? ya yamaha
    Merek lainnya saling menutupi kekurangan lah..

    regards,

    deden

  34. Kemarin malem kibi liat ada truck ngangkut motor matic, tapi ditutupi kain perak….jangan-jangan ini Mio baru yang dikatakan komeng ya!

  35. siapa yang jago spyshot hayo……..

  36. Kata komeng:
    yang tahun depan bukan mio lagi, new varian, new species, new category!!!

    all new Uhuuuuuuuuuuuuuuuuuuuy!!!

    bocoran dong meng…… quarter keberapa di 2009 ?

  37. @komeng
    dah ngak sabar nih liat mio baru di PRJ
    meng jupie MX kasih tempat barang dunk di bawah joknya

  38. rajanya_matic

    @ kibi-kibi

    iya, gue juga pernah lihat bi.
    gue juga curiga tuh motor yang diceritain komeng..

    tapi kayaknya tuh motor agak aneh ya… masa’ lampunya ada di atas ama di bawah.. aneh kaaann??

  39. si komeng kemana yah???

  40. bos komeng nungguin STAND di PRJ kali

  41. I’m back Guys…

    Uhuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuy

  42. beat is tHe beSt

    BEAT is the bestā€¦!!!gw udah ngbuktiin ndiriā€¦desainna kerenzz abizz modifna pun gā€™ sulitā€¦simple,n yang paling mantabz pemakaian BBMnaā€¦wuizzzz wuiritt abizzā€¦pokokna T.O.P B.G.T dech!!!bakaln kewalahan nech mio dengan kedatngan si ā€œbaby varioā€ iniā€¦ho ho hoā€¦.come on BEAT sikat MIAWā€¦

  43. Free Your Soul

    Sudah hampir sataon BEAT bak bik buk ngejar-ngejar si Meong… Tapi si Meong nggak juga kekejar. Yang namanya Follower itu kan tempatnya memang di belakang Pioneer!!

    CS1 yang didesign buat gebuk MX jeblog terus penjualannya. Blade yang disetting buat ngancurin Jupi Z, penjualannya gak sesuai harapan. Bulan April 09 kemarin cuma laku 36 biji !!!! Untung ada Abs Revo ! Kalo nggak, udah keok tuh bebek Honda !

    Kasian amat loe Honda. Ngeluarin produk apa aja kok kurang diminati konsumen.

  44. Setau gw CS1 dikeluarin bwt ngelawan FU bukan MX. Klo MX mah cukup dilawan pake HSX 125 aja udah gak bisa berkutik kok, so gak perlu tinggi2. terbukti ditaon 2008 CS1 sukses membungkam FU. Tp emang harus diakui pd awal 2009 ini penjualannya agak seret. tapi lap masih panjang, so masih banyak waktu bwt CS1 buat overtaking FU pd lap2 terakhir. Kita liat aja entar. Time Will Tell

  45. honda bisanya cuman ngekor… gak bisa lagi jadi pioneer. apa yang dikeluarin yamaha dia baru keluarin…. jadi kalo mau bikin ploduk liat2 dulu yamaha bikin apa… walah…. walah…. AHM mulai takut buat jadi pioneer… takut gambling, takut gak laku. gak PD amat…. emang sih, jadi follower lebih enak… kalo produk pioneer gak laku dia gak perlu bikin, tapi kalo produk pioneer dia buru2 bikin…. kebijakan AHM yang kayak gini ini semenjak dipegang ama si Miki itu. maklum dia kan kan eks marketing honda asia.so, maunya jualan yang jelas2 laku… namanya juga eks sales/ marketing… otaknya ya jualan…. ya tooo ?

  46. honda bisanya cuman ngekorā€¦ gak bisa lagi jadi pioneer. apa yang dikeluarin yamaha dia baru keluarinā€¦. jadi kalo mau bikin ploduk liat2 dulu yamaha bikin apaā€¦ walahā€¦. walahā€¦. AHM mulai takut buat jadi pioneerā€¦ takut gambling, takut gak laku. gak PD amatā€¦. emang sih, jadi follower lebih enakā€¦ kalo produk pioneer gak laku dia gak perlu bikin, tapi kalo produk pioneer LAKU dia buru2 bikinā€¦. kebijakan AHM yang kayak gini ini semenjak dipegang ama si Miki itu. maklum dia kan kan eks marketing honda asia.so, maunya jualan yang jelas2 lakuā€¦ namanya juga eks sales/ marketingā€¦ otaknya ya jualanā€¦. ya tooo ?

  47. redisantoso

    salut dengan Honda Beat……Keran aBiz

  48. honda beat emang ngeksis abisss, udah model keren, fitur ok, harga ok.
    bandingin sama si jadul mio….!! minim fitur, boros tapi lemot.
    kasihan banget ya si jadul….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s