Paradigma Keiritan Mesin Sepeda Motor

Dalam masyarakat kita, dipercaya bahwa mesin motor yang ber”CC” besar, atau motor keluaran merk tertentu diyakini lebih boros, sedang merk yang lain dipercaya lebih irit. Bahkan seringkali masyarakat sendiri tidak memahami apa yang dimaksud dengan konsumsi BBM pada kendaraan bermotor. Seringkali masyarakat hanya men-judge keiritan suatu motor hanya dengan feeling saja, tanpa melakukan metode pengukuran yang benar dalam menghitung konsumsi bahan bakar motor tersebut.

Seringkali orang-orang menilai suatu motor irit atau tidak hanya berdasarkan frekuensi pengisian bahan bakar, tanpa adanya pembanding yang setara, misalnya: pada saat si “A” memakai motor supra fit, si “A” mengisi bensin setiap 3 hari, pada saat si “A” memakai Satria FU 150, dia mengisi bensin setiap 2 hari. si “A” akan mengatakan bahwa satria FU 150 lebih boros daripada supra fitnya tanpa menghiraukan adanya perbedaan CC dan karakter diantara kedua motor tersebut.

Contoh diatas memang memakai perbandingan dua motor yang cukup ekstrim, tetapi itulah yang seringkali terjadi di masyarakat kita. Bahkan, seringkali pola mengendarai dua motor yang diperbandingkan akan berbeda. pada saat si “A” mengendarai FU150, dia akan menggeber mesin motor nya sampai “gas pool” karena FU sendiri memang nikmat jika dikendarai pada kecepatan tinggi. kebalikannya, pada saat dia melakukan tes dengan supra fit nya, si “A” cenderung akan memakai supra fit tersebut pada kecepatan sedang yang relatif konstan.

Uji tes konsumsi BBM ini seringkali tidak menghiraukan parameter-parameter yang lain, misal: lintasan tempuh yang berbeda, kondisi kepadatan jalan yang berbeda, waktu yang berbeda, kondisi cuaca yang berbeda dan kecepatan yang berbeda pula. Sehingga hasil dari uji test ini akan mendapatkan gambaran tentang specimen pengujian yang jauh dari valid.

Sebenarnya apa saja sih, parameter yang paling mempengaruhi keiritan pada motor?

Pertama, Cara mengemudikan motor, hal ini sangat vital pengaruhnya terhadap konsumsi bahan bakar pada kendaraan yang anda kendarai. Seringkali Image motor atau bahkan image merk motor akan memberikan kontribusi yang sangat besar pada cara bikers memperlakukan motornya? Tidak percaya?

Saat seorang pengemudi mempercayai bahwa motornya irit, dia akan terpacu untuk memakai kendaraannya dengan smooth, mengendarai pada kecepatan sedang dan kondisi bukaan gas yang konstan, jarang melakukan deep braking yang akan mengakibatan reaksi bukaan gas yang cepat untuk menghasilkan reaksi akselerasi yang kencang pula. Nah sebaliknya jika image motor yang dia kendarai adalah motor yang super kencang, bisa jadi pengemudi tersebut akan terpacu untuk mengoptimalkan kecepatan motornya. Dia akan berusaha untuk memacu motornya kencang-kencang sampai batas kemampuan motor atau dirinya. Selain itu urusan deep braking dan full acceleration akan otomatis jadi bagian yang akan sering muncul bersamaan dengan kondisi jalan yang dilewati. Apalagi saat berada di lampu merah-kuning-hijau, seorang pengendara motor yang berimage kencang pasti akan terpacu untuk membuka gasnya dalam-dalam pada saat lampu hijau menyala. dalam hatinya pasti dia berkata: ” motor gue khan motor yang kenceng, malu donk kalau sampai kalah cepat sama motor irit yang di sebelah”. Maka dari itu, si pengemudi motor berimage kencang ini akan berusaha membuktikan bahwa motornya adalah motor yang kencang. Anda pasti tahu khan bagaimana kelanjutan cerita ini. . .

kedua, kondisi lalu lintas jalan yang ditempuh tentu saja akan mempengaruhi konsumsi bahan bakar, misalnya jalan yang padat dan jalan yang lapang akan memerlukan konsumsi bahan bakar yang berbeda. perjalanan jarak jauh dan jarak pendek juga akan mempengaruhi konsumsi bahan bakar, bahkan cuaca yang panas atau dingin pun juga akan berpengaruh terhadap konsumsi bahan bakar.

ketiga, Tingkat konsumsi bahan bakar motor itu sendiri. Motor yang memiliki kapasitas mesin lebih besar relatif membutuhkan konsumsi bahan bakar yang lebih banyak. Dikatakan relatif karena hal ini juga tergantung pada kecanggihan teknologi yang diterapkan terutama dalam hal efisiensi mesin dan kondisi air fuel ratio yang dirancang untuk diterapkan pada mesin motor tersebut.

Ketiga hal diatas secara urut adalah faktor yang paling mempengaruhi tingkat konsumsi bahan bakar sebuah motor menurut versi k0meng. Bagaimana dengan Anda ???

Uhuuuuuuuuuuuuuuuuuuuy Bro !!!

79 responses to “Paradigma Keiritan Mesin Sepeda Motor

  1. menurutku sih klo sama2 4 tak bedanya cuman satu sendok teh jadi ngak keliatan borosnya hehehehe betul ngak bro kemeng…?

  2. pudiom ?

  3. Alhamdulillah

    podium tiga

    komennya ntar dulu om.

  4. saya komentarin parameter pertama yah.
    saya berpendapat gak sepenuhnya benar bahawa cara seseorang bawa motor itu dipengaruhi sama motornya, tapi lebih pada motor apa yang dikendarai saat belajar dan saat baru bisa naik motor. nah pada titik inilah motor yang dibawa berpengaruh. jika pada saat dia belajar menggunakan motor dengan karekter cepat biasanya sih sampe ubanan juga karakter itu yang melekat, biar dikata naik sepeda listrik juga maunya betot gas ampe mentok. begitupun kebalikannya, kl belajarnya naik motor pelan pasti mikir2 dia buat ngebut, takut duluan sih.
    karena biasanya karakter ini melekat sampe ubanan, dari situlah dia bisa menjugment motor ini irit, yang itu boros. karena dia bawa motornya dengan karakter sama
    ini sih pendapat pribadi saya

  5. Honda Cecek

    boros mah boros aja meng
    kaga usah banyak alesan
    nenek-nenek salto juga tau kalo yamamah borosnya minta ampun

  6. si jago irit

    @ honda cecek

    whakakakakakaka (ketawa sambil megang perut!!!)

    bener poool bro, kakeknya orang utan juga tau kalo yayamah tuh buoros setengah mati!!!!
    emang bedanya cuma satu sendok teh, tapi per meter!!!! jadi kalo pake 1km bedanya sudah 1000 sendok teh!!!!! huahahahaha

  7. gurunya einstein

    @ wongnjowo

    saya lebih setuju dengan komeng, karena pengaruh teman itu lebih kuat daripada nilai-nilai yang ditanamkan kepada kita. begitu pula pada saat seorang pemuda mengendarai motor, sekalipun sejak pertama kali dia diajarkan untuk mengendarai motor dengan cara irit atau pelan2, tetapi tetap saja teman2 sepergaulannya akan mempengaruhinya untuk mengendarai motor dengan cara memacu gas sampai mentok, apalagi kalau motor yang dikendarai adalah motor yang bermesin sport, sudah dapat dipastikan bahwa dia tidak akan mau kalah cepat dengan motor yang disebelahnya. saya bisa berkata begini karena saya sudah sering melihat anak muda kebut2an di jalan.

    yang saya kurang setuju adalah dalam hal pengaruh cuaca dengan konsumsi bahan bakar, menurut saya, cuaca memang sedikit berpengaruh, tp pengaruhnya sangat sangat kecil, hampir tidak ada.
    bagaimana om komeng?
    uhuuuy kan?

  8. walahhh akhirnya gerah juga si komeng dibilang yamaha boros?, ya emank ada paradigma di masyarakat yg meng-judge ‘kencang = boros’ ya kenyataannya sih emang hampir seperti itu, ini juga kesalahan yamaha dalam ber-iklan (versi komeng ya???) bahwa yamaha slalu kuenceng-kuenceng ampe berantakan tuch rumah orang dan robek2 baju sgala, ini yg dimanfaain suzuki(versi smash – indrabekti) dan (fitx) bahwa yamaha hanya menang kenceng doank tapi ga irit, makanya klo bikin iklan pikirin juga donk dampak psikologis masyarakat ya….. uhuuuiiiiii…..

  9. @ gurunya einstein
    he he he, pengaruh cuaca pada konsumsi bahan bakar lumayan juga lho, walau bukan yang utama. Begini Bro….Pada saat suhu udara dingin udara cenderung memiliki tingkat kerapatan yang lebih tinggi dari pada saat suhunya panas. Pada saat kerapatan udara tinggi, jumlah oksigen yang masuk keruang bakar akan semakin banyak. Tentu saja semakin banyak jumlah Oksigen yang masuk ke ruang bakar akan membantu proses pembakaran lebih sempurna. Selain itu kompresi sesungguhnya (kompresi tekanan dalam ruang bakar) juga akan lebih tinggi karena lebih banyak udara yang disedot oleh mesin (karena tingkat kerapatannya tinggi) ke dalam ruang bakar pada saat langkah hisap. Hal ini akan menghasilkan power mesin yang lebih baik. Bila power mesin baik, tingkat effisiensi mesin juga bertambah yang berakibat konsumsi bahan bakar untuk kebutuhan pada kecepatan tertentu akan berkurang. dalam kata lain akan lebih irit.
    Selain hal ini, banyak pula pengaruh suhu dalam reaksi dan effisiensi ruang bakar bila kita lihat dalam kaidah ilmu Thermodinamika. Seperti delta suhu yang lebih besar antara sistem dalam boundary dengan suhu lingkungan bebas di luar boundary sistem.
    Menilik ilmu Mekanika-Dinamika, maka Koefisien gesek bahan yang bergesekan juga lebih rendah pada saat suhu lebih dingin.
    Dan banyak lagi lho….jadi panjang kalo dibahas satu persatu di sini Bro….!
    Tapi tentu saja faktor utama tetap cara mengendarai, kedua kondisi jalan ( suhu cuma salah satu bagian saja dari element parameter yang berpengaruh) dan ketiga baru spesifikasi mesin kendaraan yang bersangkutan.

    Uhuuuuuuuuuuuuuuuuy Bro!!!

    @Wongnjowo
    Memang kebiasaan pada saat belajar akan terbawa sampai beruban, dan hal ini relatif susah berubah. setuju Bro….!!!
    Tetapi saat orang yang sama disodori kendaraan yang memiliki image performa yang berbeda tetap saja ada perubahan mind set cara mengendarai, cara membuka dan menutup gas, cara melakukan pengereman dan cara memperlakukan motornya bila berhadapan dengan motor yang lain. He…he…he…boleh percaya boleh tidak…silahkan pelototin teman-teman kita saat mereka mengemudikan kendaraan yang berbeda imagenya. Tetapi Pendapat Bro Wongnjowo emang benar adanya dalam skala perilaku makro, perilaku mikro-nya seperti apa yang saya coba utarakan ini.

    Contoh:
    Pada saat si A belajar motor, ia belajar naik motor yang irit, sehingga pola mengemudinya terbentuk sesuai dengan kendaraan yang ia gunakan, yaitu smooth dan santai. Dan seperti Bro Wongnjowo katakan hal ini akan tetap tertanam pada dirinya, perilaku mengendarai ini akan cukup dalam tertanam. Tetapi saat si A di sodori motor berkarakter sport si A akan cenderung lebih reaktif dan agresif dalam memainkan handle gas motor berimage kencang tersebut. Nah walau si A memiliki karakter mengemudi yang smooth dia akan cenderung untuk agresif pada saat mengemudikan motor-motor tertentu. Sebaliknya seorang yang memiliki karakter agresif dalam memgemudikan motornya, bisa jadi relatif lebih pasif saat di sodori motor yang irit dan berperforma rendah. Mau di buat kenceng jadinya malah kencing-kencing gak bisa ngebut nah buat apa kenceng lagi, pola mengemudinya juga berubah terimbas image dan real performa dari motor yang dikendarai bukan??? By the way, Nice Comment Bro!!! Uhuuuuuuuuuuuuuuuy Banget !!!

  10. Setuju sm k0meng, cntohnya gw yg dh biasa naek motor sport tryta gw mrsa lbh aman N nyaman klo naek sport dibanding kalo naek tipe matic atw bebek, akibatnya gw lbh pasif bawaannya, jd gak asal srudak-sruduk… Contoh kecilnya: kalo gw bw matic atw bebek maka gw akn lbh was2 lg kalo mo overtake kendaraan laen trutama mobil coz gw sadar kalo gw lg bawa mtr yg tenaganya kecil jd mgkn gw akn btuh wkt lama bwt menyalip, jdnya ragu2…nyampe ga ya??..nyampe ga ya?? Sdgkn kalo bw mtr sport sdikit puntir gazz jg udh kesalip tuh mobil.
    Laen crtnya sm org yg udh biasa bw mtr bukan tipe sport, lha wong bw motor yg tenaganya kecil aja agresif, brani N ga ragu2 kalo mo overtake…aplgi bw motor yg tenaganya lbh mumpuni…pasti lbh agresif bgt….

  11. jd kalo gw lg bawa mtr yg tenaganya ‘kecil’ gw mikirnya jd: ‘nyante aja ah…lha wong dipake ngebut jg perasaan larinya masih pelan, mlh cm bikin pegel tangan krna udh muntir penuh tp larinya ga sesuai dgn yg diharapkan…’

  12. @ all
    ship deh untuk analogi bro semua.

  13. Meng kok harga mio naik lagi jadi 12.085.000,- berarti mio dah naik 3kali nech dalam 1 tahun dari 11.485.000,- trus naik dibulan mei jadi 11.685.000,- pas peluncuran new mio harga new mio jadi 18.885.000,- trus sekarang belum genap 1bulan dah naik lagi jadi 12.085.000,-
    jadi total kenaikan harga mio jadi Rp.600.ooo,- kalau bisa harganya tetap 11.885.000,- , karena harga awal new mio itu yang jadi patokan saya untuk merencanakan memboyong new mio untuk istri tetapi bila harganya tetap 12.085.000,- membuat saya jadi berpikir2 lagi apakah jadi beli mio atau beli motor listrik aja, kebetulan istri hanya memakainya untuk disekitar rumah saja.
    maklum walau hanya beda sedikit saja untuk sekarang ini harga sangat sensitif

  14. Syarat irit itu banyak…dengan keadaan Jakarta yg kaya gini, paling lebih sering nyelip2 doang drpd jalan dng kecepatan konstan. Lagian klo dah pada jalan konstan sekitar 50-70 km/h smua motor juga pasti irit! Diatas itu boros..Nah klo kecepatan merayap (dibawah 40 km/h) trus naek turun kecepatannya, semua motor mah BOROS!! Pilih yg gesit/lincah n tarikan bawah dahsyat…

  15. @ si jagi irit..

    ” bener pooll,……. ”

    wahhh sampeyan ternyata tau to kalau yamaha itu boros…
    ane malah ga tau tuh….

    kekekekekekeke…….

  16. arifrahmanlubis

    Salam.

    Numpang pengumuman🙂

    Download ebook pemikiran Islam, pemikiran umum, biogafi tokoh, Fiqih, Al Quran, Hadist, Novel, Bahasa Arab, Pernikahan dan keluarga Islami di

    http://arifrahmanlubis.wordpress.com/38/

    Hatur nuhun.

  17. si jago irit

    @ dhenbaguse

    maka dari itu ane kasi tau ente, spy ente kagak kayak yg lain yg pada salah milih motor. gt.

  18. @Al K
    saran Gue sebagai temen simpen uangnya buat tahun depan aja, kalau mau beli motor matic tapi bisa kenceng juga enak buat istri ya tunggu taon depan aja Bro, suerrrrr pasti kagak nyesel !!!

  19. @Komeng
    Thank’s atas saranya, oke gue akan sabar lagi menunggu tahun depan, sepertinya tahun depan banyak kejutan dari Yamaha nech, sehingga pencinta Yamaha termasuk saya bisa memilah produk-produk Yamaha yang disukai untuk dibeli…

  20. yup, bener banget tuh bro
    sepertinya YIMM emang lagi ada project baru untuk motor metic. kalo dilihat dari body mesinnya sepertinya sih tampang metik barunya yimm ini bakalan lebih besar dari mio. he..he.. kl dengan ukuran body aku yang ndut ini, naik mio asli gak nyaman banget.🙂

  21. @ komeng..

    tahun depan nya kira kira bulan apa nih…, beneran tadinya ane mo ngambil mio tapi denger denger mo ada matic lagi yang lebih OK.., jadi penasaran ane.
    dulu ane penasaran sebelum beat keluar, begitu beat keluar ane dibikin penasaran ama new mio.., dan sekarang denger lagi katanya mo ada matic lagi yang lebih yahudd….!!!

    ( xixixixii…, alesan nya seeh penasaran, padahal actual nya cuman ga bisa beli…)

  22. super moped

    ternyata Yamaha juga mau ngeluarin matic baru, padahal ku pikir bakalan Kawasaki duluan, infonya gitu sih?

  23. wah Nouvo Elegance mo dikeluarin ya meng???…. gerah juga ama penjualan skywave yg lumayan ya? asyikkk….. kira2 kapan meng?

  24. Yamaha buruan brojol produk baru dong?? biar akhir taun masih bisa juara penjualan….amin!

  25. @MX135LC
    kayaknya taon ini kendala produksi di Yamaha membuat Yamaha harus tiarap dulu, nanti Taon depan bisa ngejooooosss
    Uhuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuy !!!

  26. Cinta_mati_Honda

    kalo HONDA CS1 itu CEPAT, TANGGUH, KENCENG ABISSSSS, N TAPIIIII MASIH IRIT..

  27. @CHM

    sumpee loeeee…? kencengan mana ama FU?

  28. ♥ PePePe ♥

    Nggak selama pengendara motor yg spek udah racing, berkendera dgn cepat.
    Kemarin pernah ketemu pengendara ninja 250, jalanan sepi tapi lari 60km/jam.
    Kemudian ketemuan di SPBU.
    Saya tanyain, lho naik motornya kok pelan2, rusak ya mas.
    Dia jawab, nggak kok, kalo cepet orang2 nanti nggak tau siapa yg mengendarai motor ini, lagian ini jalan bukan sirkuit.
    Gitu katanya.
    Walah, ternyata pengen pamer motor.
    Salut dech, ridernya safety riding meski motornya paling superior.

  29. si jago irit

    @ pepepe
    ngomong aja kalo kawasaki nya lagi lemot, gitu aja banyak alasan!

    @ ALL

    eh, dengerin tuh semua orang (dari sabang sampe merauke) mending pilih cs1 karena kencang tapi irit, ya itu motor yang bener2 motor, gak kencing di jalan!

  30. heheehehe CS 10 ngak kencing di jalan tapi ridernyA BEOL di jalan hehehehehhe alias kapiciritt di kentutin ama MX uhuuyyyyyyyyyyy

  31. si jago irit

    guru kencing berdiri
    murid kencing berlari
    motornya aja kencing di jalan,
    gak salah donk kalau ridernya pipis sembarangan. . . . huahahahaha

  32. drpada kencing di tahan2 kena G2 deh…
    alias Gagal Ginjal……he he

  33. Omongannya selalu menghina motor kencang krn penyebab kecelakaan, eh sekarang si dungu itu bilang” mending pilih cs1 karena KENCANG tapi irit”… waaaghh payah lo ga konsisten…!! Lo maen Supra Pit aja….

  34. @ MX

    eh dungu, emang lebih baik milih yang gak kencang, tapi kalo kamu terpaksa disuruh milih kan pasti milih yang kencang tapi irit toh, daripada kencang tapi pipis di jalan!

    dasar tukang ngeyel!!!

  35. CS1 irit ?
    jadi tambah rancu aja nih definisi irit seperti apa ?
    atau yg boleh menyandang gelar irit cuma motor honda ?

  36. @ si jago bla2

    Baca tuh komentar setelah punya mu…!! Kamu itu memang selalu njelekkin merek laen tp alesannya GA INTELEK SAMA SEKALI… CS1 irit…?? Mana buktinya..?? brapa angka nya..?? dasar tukang ngeyel dungu…

  37. kenceng tapi pipis dijalan masih mending lega…

    dari pada kenceng tapi ditahan2 biar irit ga pipis dijalan jadi sakit dehhh……

  38. @ ^

    hahahaha…….
    biar awet pipis bro…, biar kalau sampe rumah kamar mandi masih kebagian di pipisin… .P

  39. Kok gua waktu beli motor ga mikir motor yg mau gua beli irit apa engga yak?! gua incer aja motor yg menurut gw bagus sesuai selera gua, pilihan jatoh ke jupiter mx, tadinya mao ambil supra x 125, tapi gua malah di ledekin sama adek gua yang masih kelas 6 SD, katanya “ah..payah mas,masak mas naek motor ‘gituan’ kya bapak2, ga keren!!”, lha?? masak anak SD bilang begitu (tapi gara2 gua juga sih, bacaan adek gua sering gua kasih tabloid motorplus,gua kumpulin pas lagi dilema mao caro motor apaan, jadi gua pilih aja motor yg bisa gua pake pelan kalo sama pacar, bisa gue gas puooolll kalo lagi sendirian. Kebetulan ya gua beli motor ya emang sesuai kebutuhan gua aja, buat jalan2, buat wira-wiri ngantor, modelnya keren juga ga bapak2 amat. Beli bensin juga ga premium.habis lihatspek mesin yag kompresinya lumayan tinggi jadi sayang motor kalok dipakein premium….

  40. @ ALL

    kalian semua emang pada tukang ngeyel semua!

    gak ngerti bangsa lagi susah kok masih sempat2 memboroskan BBM demi ngebut di jalan yang meembahayakan orang lain. kalo mau ngebut di sirkuit sana, sekalian, menang dapat hadiah ato mati sekalian!

    mau jadi apa bangsa ini kalo semua rakyatnya kayak kalian! pada boros semua! pada goblok semua!!!

  41. @ all..

    ssttt…, orang paling pinter lagi ngambeg..
    xixixixixixiii…

  42. @all

    Kasian dia frustrasi… xixixi…. jgn nangis dong cup..cup..

  43. si jago irit ngomong gitu apa gak lihat CS1 ya ?

  44. emang CS1 boros yah???

  45. @all
    Honda CS1 1liter:45km Irit gak???

  46. @all

    MX ane 1 l : 52 km…..

  47. @si_jago_irit :
    iya mas pisss!, kita juga semua tahu dan setuju ko situ irit.
    Mas juga harusnya marahin sama yang pake mobil mewah, ko belinya premium, yg notabene bbm subsidi, salam goblok-goblokin juga yah mas kalo ngomelin nyang pake mobil tapi bbm nya premium. Saya aja biker tapi pake pertamax lho mas.
    Pokoknya mas ‘si_jago_irit’ mah uhuuyyyy!!
    Pokoknya yang penting strippingnya dinamis, uhuuyyy!!

  48. tinja 250r rider

    @mx135LC

    Bwahahaha lucu ente mx aj bangga ky dah pnya cbr,ninja,ducati,dll udahlah bro sekeren secanggih apapun motor lo tetap BEBEK bukan motor SPORT atau TOURING bebek tetap bebek bwt digoreng
    @cmh
    Jangan terlalu ngebela honda pasrah apa adanya
    @sijagoirit
    Jgn memakai kt dungu bahaya! Malaikat selalu mencatat keSOMBONGan kita
    @all
    Piss😀

  49. @tinja

    loe sendiri juga bikin diskriminasi. emang kenapa dgn motor bebek ? memangnya ada kasta yg membedakan motor bebek dgn motor sport ?

    selama belinya pake duit yg halal, pake jenis motor apa aja oke.

  50. @tinja
    iyah nih jangan gitu dukz ngomongnya kasian kan yg punya bebek ntar pada tersungging ayo minta maaf…!!!! hehehehehhehe

  51. @ tinja
    tinja says : …..Malaikat selalu mencatat keSOMBONGan kita
    nah itu kata kata nte yang : …sekeren secanggih apapun motor lo tetap BEBEK bukan motor SPORT atau TOURING bebek tetap bebek bwt digoreng

    emang nya ga sombong nte…, munafik loe…

  52. @ tinja

    ya kalo kamu pasti gak bisa sombong! namamu saja “tinja” apanya yang disombongkan??? baca namamu saja aku jijik, jorok banget!!! huahahahaha

  53. @tinja

    Maaf bro, komentar lo ga bermutu sama sekali… piss

  54. @tinja rider

    Bwahaha… kasian ente malah dimarahin para bebek riders…!! Kita para bebek rider memang bangga dengan tunggangan kami..!! lagh ente baru naek tinja250 aja udah kaya punya ducati…hehehe…sesama motor jepang kok meremehkan…??

  55. tinja 250r rider

    yah! Maafin gw ya please. Sorry gw aga2 berlebihan maaf ya please please. Gw mohon maaf mx135lc,cmh,sijagoirit,all mohon maaf lahir batin sorry kalau avatar gw beda gw pnya bnyak email skali lagi sori gw tunggu jawabanya

  56. @ tinja

    si jago irit juga seorang yang berdada lapang koq.
    apalagi sekarang bulan puasa, harus saling memaafkan. lupakan semua kesalahan yang ada.
    mohon maaf lahir dan bathin

  57. ninja 250r rider

    t ganti n aja ya? G enak
    Btw

    SELAMAT HARI IDUL FITRI 1429H MOHON MAAF LAHIR BATIN(masih lama oy!)

  58. Semua merk kaya kecap no-1 ngaku n ngaku paling irit.

  59. ninja 250r rider

    oiya napa gw ngejelekin bebek soalnya waktu itu gw lg naek motor gw malem2 di jalan sepi ga ada orang maklum jam 1 eh dari samping geng bebek nyalip sambil zig zag, yawda pas nyaris tabrakan gw banting stang. Jatoh di trotoar, tangan gw retak gara2 kena batu

  60. @ dash

    bukan masalah kecap, tapi memang ada motor yang boros dan ada motor yang memang terbukti irit!

    gitu loh men!

  61. memang ada yg “terbukti” irit tapiiiiiiii

    pada kondisi tertentu 😀

    gak berani ngasih garansi. kalo matic gue gak bisa 70km seliter duit loe kembali 😀

  62. Buah ha ha ha ha ha….
    gak bisa 70km/liter duit bensin diganti utuh gue beli Beat 10 Unit….he he he.
    Dasar AHM penipu….
    Gue juga bisa buat iklan akal-akalan soal speda motong yang bisa 1000km cuma setetes bensin, soalnya motongnya dinaikin kereta api, waktu diangkat bensinnya netes satu tetes dari selang karburator. Dasar Si Jago Ngibul loe.

  63. @tukang ngirit n tukang ngibulin orang…!

    hehehehehehehe tuh kan bener banyak yg ngak setuju ama komen2 ente,kirain ogut aja.hmm

  64. @xxl123

    Yg lo maksud tukang ngibulin org sapa brow? Gw bingung

  65. klo mau irit mah kandangin aja tuh motor.!!!

    bilang aja klo ga punya duit buat beli bensin.!!!

    gw sih cuma pake JUPIZ yg CRnya 9.3:1 & kudu pake PERTAMAX or SUPER.

    laen sama keris emak gw yg CRnya 9.0:1 dan HARAM di kasih PERTAMAX.

    dari segi konsumsi bahan bakar JUPIZ+PERTAMAX ga kalah irit sama Keris emak gw + PREMIUM.

    tapi klo dari pengeluaran uang ya iyalah JUPIZ gw boros secara harga pertamax lebih mahal daripada harga premium.

    jadi intinya yang pake hondul orang menengah kebawah(miskin) dan yang pake yamahud orang menengah ke atas gito loh…!!!!!!!

  66. ^^
    herhehehehehehe lucu lucu…!

  67. @abc
    masa ngak tau sih maksud gue…hihihihihihihihi

  68. @xxl123

    sorry kalo avatar gw beda tp btw gw ga tau sapa? Salam kenal

  69. @all yg pernah nyobain vixion, megapro ama scorpio. Kalo scorpio katanya boros ya bos? 1 liter plg irit dapet brapa? Vixion ama megapro, mending yg mana iritnya? Satu udah injeksi, satu lagi masih karbu.. Scorpio bisa direview ga kurang ama lebihnya apa aja? Thx b4.. Lg bingung milih calon neh.. Xixixi..

    Sorry ya oot..

  70. si_jago_irit

    @ infinity

    dari dulu, sampai sekarang, dan sampai seterusnya memang ada motor yang teknologi keiritannya patut diacungi jempol. gak ada yang bisa nyaingin. Namanya teknologi “the power of dream”.
    ngerti kan men?
    Sang Jago yang tak terkalahkan sampai hari ini. Honda the power of dream.

  71. ^^
    the power of dream di asepin sama yg semakin di depan heheheheehehe buktinya di moto gp, Uhuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuyyyy

  72. tes di m+ new megapro cuma dapet 30km per liter. ngetesnya geber2 gas lho. irit ga kalo segitu ?

  73. @ all,

    mau tanya, berapa km jarak yg bisa ditempuh dari masing2 motor di bawah ini dengan 1 liter bensin.
    1. jupiter-z
    2. jupiter-mx
    3. satria fu
    4. revo
    5. supra-x 125
    6. karisma 125

    Terima kasih all,

  74. @kampret

    Kalo ngetesnya geber2 gas, pol, itu trmasuk irit.. Tapi kalo bawa normal, itu boros..

    Mega pro tuh bakal ada major change lg ga ya taon 2009..

    Di blog sebelah ada yg bilang taon 2008, ada cbr ckd utk gantiin mega pro.. Tapi lom kebukti..

  75. vixion bisa 1:40 ?

  76. brader kampret

    tosss… jupiter mx gw beli premium 15 ribu.. bisa lari sejauh 210 km lebih….. percaya egk ? inti nya adalah gimana kita mencari solusi untuk menyempurnakan pembakaran… terserah motor lu apaan .. gitu coy…. piss ah

  77. Jupiter mx 1 liternya mang bsa sampe brapa km?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s