Sandwich Strategy YMKI pada motor Bebek di tahun 2009

Bisa jadi pertarungan di kelas Bebek ber cc ringan akan semakin panas di tahun 2009, lihat saja ancang-ancang AHM untuk menelorkan bebek baru, Revo 110 cc.

 

Tentu saja sasaran Revo 110 tak lain adalah untuk menghancurkan Jupiter Z 110 yang melenggang sendirian di kelas bebek premium 110cc. (Revo 100, Supra Fit X, Vega dan Smash masuk dalam golongan bebek ekonomis / low-end kategori). Revo 110 di set dengan Value yang sedikit di atas Jupiter Z karena merupakan produk racikan masa kini yang baru dari Honda. AHM rupanya sangat berambisi menghabisi Yamaha dengan cara melawan head-to head produk Backbone Yamaha, yaitu Mio dan Jupiter Z. Beat sudah dikeluarkan untuk menantang Mio, sedangkan Revo 110 diperkirakan akan muncul di akhir tahun ini.

 

Menghadapi Revo 110 (CZ-i) yang akan segera di lauching AHM di akhir tahun ini, bisa jadi YMKI akan melakukan sandwich strategy. Dengan cara menaikan value Jupiter Z menjadi lebih Premium (baik secara kapasitas mesin maupun desain) dan tentu saja dengan adanya Vega ZR yang sudah diarahkan untuk bermain di kelas Low-End tetapi dengan desain yang agresive.

 

Sandwich Strategy ini memiliki tujuan untuk menjepit produk lawan di tengah-tengah, sehingga calon konsumen cenderung untuk memilih produk yang tidak setengah-setengah. Pilih yang lebih baik secara value ya naik ke atas, pilih yang lebih ekonomis ya turun ke bawah. Nah yang ditengah lama-lama semakin terjepit dan semakin mengecil.

 

Sebenarnya Strategy ini bukan strategy yang baru. Yamaha sudah pernah melakukannya dengan menjepit Supra X melalui MX dan Jupiter Z, strategi ini cukup berhasil pada awalnya sebelum posisi Supra X lebih naik mendekati kearah MX, dan ganti menjepit / men-sandwich MX dengan New Supra X dan CS-1.

 

Nah, kita tunggu saja tahun 2009 nanti? Benarkah Sandwich Strategy ini masih tetap mumpuni untuk dipakai sekali lagi?

 

Uhuuuuuuuuuuuuuuuuy aja dulu !!!

Advertisements

34 thoughts on “Sandwich Strategy YMKI pada motor Bebek di tahun 2009”

  1. nganu… soal Vega ZR…
    apa memang YMKI lepas soal konsumen konservatif???
    kalau semuanya agresive kasihan bapak-bapak guru yang mau beli Yamaha…

    kecuali guru yang gaul…

    yang jelas jangan sampe boros en pake PERTAMAX

  2. @Hadi
    dijepit NEW Jupiter Z 2009 dan Vega ZR yang bentar lagi juga muncul, nunggu telornya Honda Revo 110 netes itu lho…

  3. soal ‘jepit-menjepit’ koq dibicarakan dimedia umum sihhh … hehehehe…… BTW kita tunggu apakah strategi ini berhasil

  4. strategi sandwich yang dijelaskan oleh bro komeng ini menurut saya memang cukup bagus, hanya saja yang menjadi keraguan saya adalah ketika bro komeng menyebutkan bahwa Honda menjepit MX dengan produk supra x dan CS-1.
    karena menurut saya CS-1 tidak cukup bagus diterima di pasar indonesia, sebagai bukti sampai kini penjualan CS-1 masih sangat sedikit.
    jadi menurut saya, kegagalan MX bukan karena CS-1 tetapi lebih dikarenakan segmen pasar jup MX lebih sempit dibandingkan pasar supra X sehingga sangat sukar bagi MX untuk dapat mengalahkan penjualan supraX.
    justru yang perlu diwaspadai honda adalah kalau YMKI meluncurkan vegazr, new jupiter z, dan New MX, karena kalau hal ini dilakukan YMKI, saya khawatir akan membawa bencana bagi revo110 dan Supra X nya AHM.
    Perang semakin seru dan konsumen punya semakin banyak alternatif motor pilihan yang sesuai dengan kebutuhan. baguslah.
    uhuy meng!

  5. tunggu aja indoprix sore ini. honda udah gembar gembor kalo “sang raksasa udah bangun” di adverorial M+ & otomotif. bisa naik podium gak tuh ???

  6. Kawasaki mulai cerdik bro, dia maen di pasar yg baru (sport ama varian2 yg ga bnyk rebutan ama atpm laen). Suzuki nih masih terancam dan ga jelas…

  7. Saya pengennya para atpm motor berlomba2 bikin produknya yg smakin baik, klo cuma satu ato dua yg saingan ntar kita2 cuma disuguhi model itu2 aja, kayak honda (ahm) kmr yg seolah memonopoli pasar shg pede bikin produk yg perubahannya ga signifikan

  8. ya yamaha cemen buanget ga bisa ngeluarin fersi baru………. keluaran kawasaki ninja250r, klo yamaha puya nyali tunjukin dong buat ngelengserin kawak250r, itu motor yg lagi mengguncang dunia motor mania indonesia broooooooooo….

  9. ymki katroxxx,,,,bisanya cuma ngandelin CC yg lebih gede dari produk AHM,coba dong bersaing melalui teknologi,,kaya teknologi honda yang semakin canggih,irit,kuenceeeng,,yamaha semakin ketinggalan,,,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s