History of Yamaha

 

“Saya ingin mempunyai pabrik sepeda motor” adalah kata-kata yang diucapkan oleh Genichi Kawakami (presiden pertama Yamaha motor) pada tahun 1953

 

Genichi Kawakami adalah anak pertama dari Kaichi Kawakami, Presiden generasi ketiga perusahaan instrument music dan elektronik Nippon Gakki (saat ini dikenal sebagai Yamaha Corporation). Genichi menyelesaikan studinya di Takachiho Higher Commercial School pada bulan maret 1934. Pada bulan juli 1937 beliau bergabung dengan Nippon Gaki, dengan demikian beliau adalah keluarga kawakami generasi kedua yang bergabung dengan Nippon Gakki Company.

 

Beliau dengan cepat meraih posisi manager salah satu anak perusahaan yang bergerak di bidang instrument musik (Tenryu Factory), kemudian beliau menjadi senior GM, dan beliau berhasil meraih posisi presiden generasi keempat pada tahun 1950 pada usia muda (38 th).

 

Pada tahun 1953, Genichi memaparkan, “saat perusahaan berjalan dengan baik, dan mempunyai kondisi keuangan yang baik, saya merasakan kebutuhan untuk mencari area bisnis kita yang selanjutnya. Oleh sebab itu saya melakukan riset”. Ia mulai mencoba memproduksi banyak produk, termasuk mesin jahit, sparepart mesin, sekuter, kendaraan multifungsi roda tiga, dan sepeda motor. Pasar dan faktor persaingan lah yang pada akhirnya membuat beliau berfokus pada pasar sepeda motor.

 

Ketika ditanya mengenai keputusan ini, beliau menjawab, “saya meminta kepala divisi riset, dan manajer – manajer lain mengunjungi pabrik –  pabrik sepeda motor yang sedang sukses di seluruh penjuru negeri”. Mereka kembali dengan mengatakan masih ada banyak peluang, sekalipun kita terlambat memasuki pasar”. Saya tidak ingin memiliki persiapan yang buruk pada saat memulai bisnis yang saya tidak kenal dengan baik ini, jadi kami mengunjungi pabrik – pabrik di Jerman sebelum mulai membuat sepeda motor 125cc yang pertama kami. Kami membuat riset sebanyak mungkin untuk memastikan bahwa kami mampu memproduksi sepeda motor sebaik sepeda motor yang ada di pasar. Saat kami memiliki kepercayaan diri tersebut, kami mulai bekerja.

 

“Saat anda mencoba membuat sesuatu, buatlah sebaik mungkin”. Dengan kata – kata ini sebagai motto mereka, tim pengembangan produk mengarahkan seluruh energinya ke dalam pembuatan prototype pertama dan lima bulan kemudian pada bulan agustus 1954, model pertama telah diselesaikan. Inilah Yamaha YA-1. Kendaran ini dilengkapi air-cooled, 2-tak, mesin 125cc silinder tunggal. Setelah diselesaikan, kendaraan baru ini disertakan pada tes endurance 10,000km untuk memastikan bahwa kualitasnya adalah kualitas motor kelas atas. Hal ini adalah sebuah hasil awal dari apa yang saat ini menjadi sebuah tradisi kreatifitas Yamaha dan semangat yang tak pernah kering dalam menghadapi tantangan.

 

Kemudian, pada januari 1955, pabrik Hamakita dari Nippon Gaki dibangun dan produksi dimulai pada produk YA-1. Dengan kepercayaan diri, dan visi yang baru, Yamaha Motor Co., Ltd diresmikan pada 1 Juli 1955. memiliki 274 pegawai yang antusias, pabrik sepeda motor baru tersebut memiliki kapasitas produksi sekitar 200 unit/bln.

 

Nah, kira – kira begitu lah sejarah berdirinya Yamaha Motor Company Bro!

 

Uhhhuuuuuuuuuy kan Bro!!!

 

Article By:

 

Yamaha Rider

15 responses to “History of Yamaha

  1. si jago irit

    Hahahaha

    Podium 1 !!!

    Meskipun irit, tetap jadi no 1!

    Ngapain pilih yang boros??!!

    Om Komeng, kasi sejarah Honda juga donk..!!

  2. hehehehe sejarah honda Gpp di ulas asal jangan sejarah AiiiiHM jijayyyy achhh mesin jadul ngak usah di inget2 sejarahnya hehehehheheheh Uhuyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyy

  3. hadi_bandung

    Uhuuuyyyyyyyyyyyyyyyyy juga.
    sejarah yang lain juga donk……

  4. Mending yang diulas: ” Sejarah Disalipnya AHM oleh YMKI” aja…. ukhuyyyyyyyyyyyyy

  5. wakakakak…
    bener tuh..
    itu baru sejarah..
    sejarah tuh gak bisa diubah, kalau emang pernah kalah ya kalah aja. namanya juga “pernah”, walaupun sekarang dah menang lagi, tapi kan “pernah” kalah🙂
    Ayo bro Komeng, sok atuh dibahas, kalau perlu ditambahin strateginya sampai bisa seperti itu
    daku tunggu artikelnya yach…..

  6. New Ngatini R

    Yamaha…..
    Motornya bagus…
    Alat musiknya pun bagus…

  7. gurunya einstein

    Slogan Mr. kawakami “Saat anda mencoba membuat sesuatu, buatlah sebaik mungkin” nampaknya menjadi filosofi YMC sampai sekarang. YMC tidak pernah menurunkan harga dan kualitas atau hanya ganti baju, yang diproduksi selalu motor yang Fresh. Yamaha Be The One.

  8. Yamaha YA-1 = AKA TOMBO

    Si Capung Merah…..

    salam kangeun buat kOmeng….

    bengkelsepedamotor

  9. @Bengkel
    Salam kangen juga Buat Bro Bengkel

    Salam Uhuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuy !!!

  10. Sebuah perusahaan hebat yang baru saja mengantarkan pembalapnya jadi juara dunia MotoGP…!! Mesin nya kencang, sasisnya fleksibel, tangguh dan dapat diandalkan… Bravo YAMAHA…!!

  11. tekuk terus honda, maju terus yamaha engkau mesin masa depan. bukan honda yg jadul banget dan banget.

  12. we love YAMAHA

  13. Yamaha Lovers

    maju terus yamahaa!!!
    you are the best of the best…

  14. hmm makasihh buat yang nulis artikel sejarah berdirinyaa yamaha inii..
    bermanfaat banget buat nyusun skripsi gw
    haha🙂

  15. hmm makasihh bangettt buat yang nulis sejarah yamaha ini
    soalnya berguna banget buat penulisan ilmiah gw
    haha

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s