Product Strategy for Moped (bebek) Category, in 2009

Gambar Bagan di atas merupakan pemetaan secara psikografis produk motor Bebek yang di jual di Indonesia. (produk Yamaha dengan warna Biru, Honda dengan warna Merah dan Suzuki dengan warna Kuning). Pemetaan kita bagi menjadi 2 psikografis konsumen, yaitu conservative dan exspresive. Sedangkan sumbu vertikal membagi produk motor bebek ini dalam kelas Value, dari atas yaitu Hi-end, Standart, dan Low price. Produk dengan warna dasar abu-abu tua adalah produk yang baru saja telah digantikan dengan produk terkini, sedang produk dengan warna dasar abu-abu muda adalah perkiraan Produk Baru yang akan segera muncul di pasaran. (paling tidak sekitar tahun 2009, bisa akhir tahun ini, sepanjang tahun 2009 dan awal tahun 2010.)

Jika kita mau membahas strategi pabrikan motor di kelas bebek pada tahun 2009, maka kita perlu flash back ke belakang sesaat sebelum produk terkini muncul di hadapan kita, Mari kita bahas satu-persatu di tiap kelasnya.

Yah kita mulai saja dari kelas Low Price. Di kelas ini, secara Historis Honda telah melakukan gebrakan dengan memecah merek Supra menjadi merk baru Revo dan Supra. Supra Fit mengalami perubahan face lift produk dan merk baru menjadi Revo, sedangkan Supra Fit S kini menjadi Supra Fit X. Dalam benak konsumen seakan-akan merk Supra berkembang menjadi Revo dan Fit X. Revo masuk di pasar ekspresif dengan menaikan value produknya dan Fit X bertahan di pasar Konvensional dengan value yang lebih rendah, sehingga Dominasi New Vega R mulai di serang dari dua arah ini. Untuk itu Yamaha mulai memikirkan strategi baru untuk lolos dari kepungan duo Fit X dan Revo, Vega ZR diharapkan mampu untuk menjawab tantangan ini. Yamaha mencoba membalik Strategi Honda. Yaitu head to head product by product, Fit X dilawan dengan Vega R (yang dahulu telah membuat Supra Fit series kelimpungan sebelum munculnya Revo) dan Revo akan dilawan dengan Vega ZR yang sama-sama ekspresif dengan value mesin yang lebih baik lagi, yaitu 113,7 cc (kelas 115 cc) dengan harga yang jauh lebih murah dari pada Revo. Hayooooooo !!! Uhuuuuuuuuy khan ??? Tentu saja value mesin 115 cc ini, diharapkan juga akan mengguncang kelas bebek standart baru Honda, yaitu Revo 110 yang akan datang dengan cuma menyuguhkan mesin 110 cc. Sedangkan Suzuki yang terakhir mengeluarkan produk bisa jadi memberikan value terbaik pada bebek kelas low price setelah mengintip para pesaingnya di kelas ini.

Pada kelas Standart, juga tidak kalah seru !!! Dimulai dengan kondisi Supra X 125 yang terjepit oleh MX dan Jupiter Z (Sandwich Strategy Yamaha), New Supra X 125 mencoba menggeliat dan meloloskan diri dari Sandwich Strategy dengan cara yang sangat “Indah”, yaitu menaikkan valuenya mendekati MX dengan penambahan fitur baru macam Double Disk Brake, Sporty Muffler, dan tentu saja desain yang ekspresif, dinamis, sporty tetapi tetap elegant. Sehingga tidak hanya valuenya yang naik, tetapi segmentnya semakin melebar dari konsumen konvensional yang tetap dipertahankan ditambah dengan konsumen ekspresif yang kini jadi tertarik untuk meminangnya. Oleh karena itu Yamaha dengan Jupiter Z seakan melaju sendirian, akan dihadang dengan produk baru Honda, yaitu CZ-i atau Revo 110cc.

Suzuki yang berada di tengah pertempuran Yamaha-Honda seakan bingung menghadapi produk-produk kompetitor di kelas ini mencoba menaikan value Shogun 125 nya tanpa strategy yang briliant menunjang produk barunya, sehingga kondisi Suzuki seakan-akan tidak terlalu ada perubahan yang berarti.

Yamaha Jupiter Z yang akan menghadapi tantangan CZ-i/Revo 110cc bersiap untuk memperbaharui diri lagi dengan mesin baru 113,7 cc (kelas 115cc), karena Vega ZR sudah memakai mesin dengan kapasitas ini. Jupiter Z baru akan memetakan posisinya lebih ekspresif lagi sesuai karakter Yamaha dengan menaikan value produknya melalui penggunaan mesin baru dan desain yang lebih modern serta lebih berani. Posisi ini akan menyebabkan New Jupiter Z lari ke atas dari Head to Head dengan Honda CZ-i/Revo 110cc, dan tentu saja juga diharapkan akan menggerogoti New Supra X 125 dari bawah.

MX yang kini semakin terdesak oleh New Supra X 125, jadi makin terjepit pit pit (gantian di Sandwich Honda) dengan munculnya CS-1. Jika saja Jupiter Z naik kelas, maka tidak dapat dihindari lagi oleh MX agar tidak tertohok dari bawah dan tetap survive harus segera mengambil langkah face lift, baik secara tampilan desain kecil-kecilan dan tentu saja dengan tambahan fitur macam double disck brake akan sangat berarti untuk menaikan valuenya dari kondisi yang sekarang. Tetapi Tambahan fitur diusahakan untuk tidak memperkecil segment produk itu sendiri. Dengan demikian New MX masih tetap Bebek sehari-hari yang Canggih dan Cepat, bukan Bebek Racing macam Fu.

Pada kelas Hi-End, Jika saja perubahan New MX ini dirasa kurang, bisa jadi di awal 2010 akan muncul lagi varian bebek racing Yamaha yang Sakti Mandraguna (diluar MX), sehingga bisa memperkokoh Yamaha sebagai “Rajanya Bebek 4 tak” yang Sejati. Bisa jadi Basis mesin yang diambil masih sama dengan MX yang sekarang, dengan multi katup DOHC, 150cc silinder V-ixion, 6 tingkat percepatan, double disck brake, delta box frame, suspensi depan teleskopic (jago). Jadi makin ekstreem saja kelas bebek jadinya. Buat nge-Sandwich CS-1 dan menyaingi Suzuki Satria Fu-150.

Setelah panas dingin di tahun 2008 menahan diri melihat Honda nelor terus, di tahun 2009 gantian pihak Yamaha bisa-bisa nelorrrrrr yang banyak. Satu Species Baru Yamaha akan keluar untuk benar-benar menghancurkan pasar bebek kompetitor sekitar bulan September 2009. Dengan Value di atas CS-1 tetapi harga dibawah CS-1akan merupakan senjata terbaik Yamaha di tahun 2009. Varian baru ini diprediksi juga akan menggoncang pasar kategori Matic sekalipun, Model Matic Hi-End macam Vario atau New Vario-i dan Sky Wave bakalan termehek-mehek dan gemetaran.

Overall:

Honda mungkin akan lebih Fokus pada kategori Matic dan Sport di tahun 2009, karena di tahun 2008 telah dirasa sukses di kelas motor bebek ini. Perhatian dan Upaya perang selanjutnya akan lebih diutamakan di medan Matic yang harus segera dikuasainya dan medan Sport yang mendapatkan banyak serangan dari Product Sport India yang murah tetapi perkasa selain dari Yamaha V-ixion dan Suzuki Thunder 125.

Suzuki akan lebih Fokus pada Marketing Promotion Strategy, Corporate branding dan Below the Lines Activities dari pada Strategy Product baru macam Honda dan Yamaha. Mengingat product-product Suzuki sebenarnya cukup berkualitas, hanya saja strategi STP (Segmentation, Targeting, dan Positioning) Produknya yang tidak Pas. Suzuki pada tahun 2009 akan lebih Focus pada Low Price/Low-end Product Market, Bisa jadi New productnya di kelas Low Price akan jadi jagoan yang sakti secara value karena muncul belakangan.

Yamaha ??? yang pasti, pabrikan yang satu ini akan berjuang mati-matian untuk menggusur Honda dari singasananya dengan bertempur habis-habisan di semua kelas dan semua kategori product.

Tahun 2009 jadi tahun yang Uhuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuy Bro !!!

70 responses to “Product Strategy for Moped (bebek) Category, in 2009

  1. Semoga di tahun 2009-2010, YMKI akan menggilas AHM…AMINNN!!!

  2. AMINNNN.

  3. walah lengkap banget bro…
    makasih dah baca artikel saya…
    bahasan tentang merek lain menyusul yah…

  4. wuiihhhh…. makin ma’ nyus aj nih otomotif di Indonesia…,
    ayo para ATPM, berlomba lombalah untuk menelorkan product baru…, tapi harganya jangan mahal mahal yah….,

    Berarti ane harus bersabar dulu aj lah…, semoga di tahun depan keluar motor yang cocok ama ane….

  5. @ komeng

    Bro…,
    beneran nih new vega zr nya bakalan keluar di awal tahun depan…? masih ada sedikit kendala ya bro…??
    terus terang rencana ane pingin beliin nih motor buat ade ane, secara emang dia kurang sreg ama model bebeknya tetangga….

  6. New Ngatini R

    Yamaha semakin di depan
    Motor saya New Vega R taun 2006, biarpun sekarang tarikannya agak berkurang dari 2 taun lalu, tapi tetep bandel, irit, sparepart ok, terus servisnya juga bagus dan muasin,
    Terusin perjuangannya Yamaha!!! Tingkatin terus kualitas motornya!!!
    Salam buat Om Komeng, websitenya bagus banget!!!!!!!!!

  7. Wah aku yg baca artikel nya jadi MERINDINGGG nih kayaknya lebih heboh dan rame dr perang RUSIA VS GEORGIA aku tunggu dech taon depan Uhhhhuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuyyyyyyyyyy

  8. dikelas Low-end katanya Fit-X baru akan dimunculin AHM, setelah YMKI ngeluarin VegaZR apa VegaR akan diskontinued? rasanya peminat VegaR masih cukup banyak koq, jika harga VegaZR naek sapa yg ngelawan FitX?….

    kelas Midle-end strategi menjepit SupraX dgn JupieZ dan MX masih cukup bagus… harusnya YMKI kembali ngiklanin tentang ke-iritan produk yamaha…. soal model jika Revo110 muncul dgn mengusung model CZ-i akan cukup menohok YMKI, YMKI harus melakukan perubahan yg cukup radikal pada design JupieZ, jgn sekedar poles-poles, design MX masih bagus tapi perlu dandanan lebih ya?…..

    kelas Hi-end, bener nih perlu ngeluarin bebek super? dalam harga yg berada dikisaran >16jeti ada 2 motor sport yg cukup tangguh lho yaitu Pulsar180 dan TVS Apache, sekedar saran sih munculin motor sport dgn kisaran harga antara 16-18 jeti, mungkin FZ150 ato vixie versi karburator juga gapapa……..

    kapan nihh dibahas strategi mongtor seprot-nya meng ??????? uhuuuyyyyyyy……….

  9. gak semudah itu buat YMKI melawan AHM.
    denger2 tahun yang lagi lewat hanya permulaan perubahan radikal dari AHM.
    tahun 2009 seterusnya AHM akan semakin mengganas, sampai titik pangsa 60% dipegang mereka. (kata suhuku yang ahli strategi mgt.-kebetulan lg dikontrak sm ahm)

  10. emank strategi AHM akan meng-ganyang pangsa pasar 60% mongtor indonesia, mereka punya segalanya: kapasitas produksi, duit buat biaya riset, jaringan 3s yg menyebar, dan loyalitas kastomer yg luar biasa……. harus bener2 dilawan dgn ngeluarin produk yg bagus dgn strategi harga yg pas juga….. btw dipasar seprot pasar AHM mulai ketir2 dgn naiknya popularitas Bajaj….. kalo ginie khan konsumen yg akan untung….. ayo dipilihhhhh dan dibayar…..

  11. @fanderlart
    Oke sama-sama, Gue tunggu bahasan selanjutnya Bro !!! Salam Bikers, bersama untuk kemajuan roda dua Indonesia.

    @dhenbaguse
    Vega ZR pasti keluar Bro, cuma emang mundur untuk otak-atik desain, biar positioning productnya pas buat goyangin revo 100 sekaligus kelas bebek 110 kompetitor. Harga juga diset untuk sangat bersaing. Uhuuuuuuuuuuuy khan?

    @New Ngatini R
    Salam juga, Thank You Bro !!! Uhuuuuuuuuuuuy!!!

    @Kecret
    Iya bener juga, kelupaan bahas NEW Fit X, rumornya emang gitu sih !, tapi berhubung kepastiannya masih kurang valid, gue kagak masukin dulu.
    He he he Vega R masih tetap dipertahankan oleh YMKI, lha wong jagonya irit sekarang khan Vega R (ver. Mr Testo Award Motor+) masak dibuang, biar bisa menghadang Fit X dengan Value yang lebih baik.

    saat ini strategi menjepit Supra X 125 dengan Jup Z dan MX sudah bocor, lihat bagan diatas; kehadiran New Supra X 125 telah menggeser positioning produk Supra 125 ini ke atas, lebih mendekat pada MX dan meluas ke pasar ekspresif, sehingga makin menekan MX. Apalagi gantian MX yang dijepit oleh New SX125 dan CS-1. lihat aja data AISI, secara nasional MX mulai mengalami penurunan share di kelas bebek 125cc ke atas semenjak New Supra X 125 keluar.

    Jup Z yang baru, bener-bener beda lho, keren Ueey, Uhuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuy !!! tunggu di sem 2 th 2009. Masalah MX emang Bro Kecret pandai sekali menebak kemauan pasar. Emang seperti itu. Uhuuuuuuuuuuuuuuy buat Bro Kecret !!!

    Kalo Bebek Super, nanti tergantung Market, khan jalannya masih panjang, paling-paling kalo jadi tahun 2010 awal lah, kalo momentum belum pas ya di undurin di sem 2 tahun 2010.

    Soal motong Sport, lagi-lagi Bro Kecret Hebat bisa memberikan prediksi yang tajam !!! Saluuut !!! Entar Gue juga bahas Motong Sport juga deh!!!
    Uhuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuy!!!

  12. @ xxl123
    jangan merinding Bro, lebih baik berdebar-debar menunggu kemunculan produk-produk baru…
    He he he Uhuuuuuuuuuuuuuuuuy !!!

  13. ymki bukan berperang dengan batu bro….

  14. perang skutik kapan dibahas meng?…..

    peta persaingan skutik pasar mio mulai ‘terganggu’ lho?, liat aja beat udah mulai berkeliaran dijalan, perubahan new mio 2008 hanya dianggep ‘pasang kumis’ aja oleh sebagian pelanggan, mereka inggin sesuatu yg bener2 baru dari mio ini, bentar lagi New Vario akan muncul juga (injeksi ga ya ?….) secara harga emank bukan lawan bagi soul, tapi patut juga dipertimbangkan khan? nouve elegance …. apa itu jawabannya? belom lagi hempasan dari skywave yg cukup menggoncang mind konsumen untuk beli soul? ada juga rumor keluarnya skutik kawasaki…. emank sihhh bukan lawan berat, tapi jgn pernah anggep enteng lawan couse banyak lho yg loyal ama kawak?….. move suzuki dianggep hanya mengekor AHM, blom ada berita munculnya new spin ya?…… tentang kymco sang pelopor skutik jgn takut…. slama mereka blom kuat ngegaji marketing selevel jLO sihh biarin aja… paling kegerus dikit…. so hati2 ama AHM…..

  15. @ Kecret
    Iya udah kepikiran buat nulis artikel, sport dulu apa skutic duluan ya?

  16. Terima kasih artikelnya bagus… teruskan ya… saya mendukung…

  17. @ komeng…

    yup…
    berarti YMKI ga buru buru untuk nelorin productnya, pinter… dia mau dengerin dulu apa comment dan keluhan para konsumen..
    semoga aja design ga seperti apa yang para konsumen keluhkan selama ini…., semoga tetep Uhhuuuuuyyyyy….

  18. meng itu matic trans keluar diatas CS1, si nouvo elegance dijual sgitu mang ada yg beli? parah harganya yg bener setara jupiter mx baru bener. gw jamin mampus skywave sama vario…jgn lupa inget dulu nouvo banyak gagalnya. dibenerin tuh mutu pelampung bensin sama velg racingnya.

  19. @ Cumi
    bagan diatas diurutkan bukan berdasarkan Price, tapi Value Product.
    Bukan Nouvo Elegance kok, lagi pula ini kelas bebek Bro….dinikmatin dulu aja.

  20. New Ngatini R

    Om Komeng, emang ntar di sem2 2009 bener-bener ada Bebek Super keluaran Yamaha? Kalo ada berapa harganya? Ccnya berapa?
    Kalo harganya OK, saya mau beli biar ntar jadi Vega R saya punya adik

  21. @ New Ngatini R
    Tahun 2010 awal, itu juga kalo jadi.
    tergantung dari kondisi real marketnya nanti.
    Karena yang kita lihat adalah prediksi berdasarkan kondisi market saat ini yang diproyeksikan untuk tahun 2009 dan awal 2010.

    Tapi prediksi yang deket-deket aja kayaknya gak mungkin meleset deh…market gak akan jauh bergerak/berubah…kecuali ada force major condition.

    Uhuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuy !!!

  22. gurunya einstein

    om komeng,
    saya pernah baca mengenai motor bebek matic dan sport matic.
    menurut bro komeng, apakah kedua species motor ini bisa diterima pasar indonesia?
    mengingat di luar negri species motor ini kan udh lama ada. gmn dgn AHM dan YMKI, apakah ada ancang2 untuk masukin motor2 ini ke indonesia raya ini??
    karena menurut saya ini merupakan sebuah celah pasar yang masih perawan, masih belum terjamah produsen motor yang ada di indonesia.
    Gmn menurut suhu Komeng?

  23. @ komeng

    mendingan bikin artikel motor sport duluan baru maticnya soalnya banyak yg nunggu motor sport baru dr YMKI dah ngak sabar nih vesi full fairing nya YMKI.Uhuuuuuuuuuuuuuuuyyyy

  24. honda semakin expressive namun tetap elegant!
    honda the power of dream!
    Yemehek siap-siap gulung tikar!
    Bhuahahahaha

  25. si jago irit

    Honda semakin expresive tapi tetap elegant!
    Honda the power of dream!
    Yemehek siap-siap ya tikarnya digulung!

  26. @xxl123
    Udah tuch sama analisanya sekalian.
    Kabooommmmm!!!!

    Uhuuuuuuuuuuuuuuuuuuuy!!!

  27. kucrut_bike's

    @cumi rebus
    ya eyaaaalah velg nouvo gampang peyang.. hajar lobang dikit langsung peyang.. maklum buatan lokal dari tegal klo gak salah.. ngejar cost murahnya sih…
    beda bgt sama merek tetangga yang pake velg Enkei.. makanya harganya beda sejuta sama yg pake jari2..

  28. Cinta_mati_Honda

    Kelamaan banget seh YEMEHEK keluarin produk baru?? tar keburu kelibas sama HONDA donk..
    emang YEMEHEK kuang modal banget seh ampe harus nunggu semester 2 thn 2009..huh kelamaan lah..
    udah emang takdirnya YEMEHEK kali untuk SELALU DIBELAKANG HONDA..

  29. kucrut_bike's

    sepi amat ni blog beda sama sebelah……

  30. si jago irit

    SETUJU !!!

    Yemehek Semakin Ketinggalan!

  31. Waduhhhh ini kakak beradik sama2 pake mesin jadul dah mulai unjuk gigi nih hehehehehehe Uhuuuuuuuuuuuuuuuuuyyyyyyyyy

  32. menurut aye, kunci menguasai pasar indonesia tuh ada 3:

    1) desain
    2) harga
    3) mesin
    4) sisi ekonomis (irit irit iriiiiit)

    masalah desain kayaknya cuma hal sepele, tapi coba kita belajar dari “NEW” revo 2008, ini membuktikan bahwa di mata customer urusan “bungkus” adalah pertimbangan yg cukup signifikan dalam membeli suatu produk…tempo doeloe, vega r sukses menggulung honda suprit pit, begitu keluar revo (yg notabene hanya suprit pit yg ganti baju), dominasi vega r mulai tergerus, kemudian coba kita lihat dua produk yg akan segera naik ring, revo 110 dan vega zr, vega zr mempunyai cc lebih besar dan denger2nya sih juga ga kalah irit ama produk AH-em dan lebihmurah pula, tapi klo desainnya seperti bocoran2 yg ada internet, belum tentu bisa menohok revo 110, meskipun revo 110 cc memiliki cc lebih rendah dan sekaligus lebih mahal, tetap bisa lebih laku!!! desain itu penting br! ibaratnya kita disuruhmilih istri masak kita pilih yg jelek? “inner beauty” itu penting, tapi kesan pertama datangnya dari outer look… itu sebabnya aye tempatin faktor desain di nomor satu bro…moga2 bisa jadi masukan yg berarti buat YMKI!!!

  33. Nih dia CZ-i udah masuk akhir Agustus 2008 pake nama “BLADE”, ayo…..makin rame makin panas!!!

    Uhuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuy!!!

  34. meng AiiiHM dah mulai ngamuk tuh YMKI gimana kok adem ayemm aja sih meng jadi ngak seru nih????

  35. @xxl123
    Serunya baru tahun depan, pasti rame…liat aja bagan di atas.
    Vega ZR tidak head to Head dengan Blade, justru lebih untuk menghancurkan pesona revo 100cc, sekedar mengguncang Blade boleh lah. Karena peforma mesin 113,7cc jelas lebih oke, Yamaha Gitu loh!!

    Uhuuuuuuuuuuuuuuy !!!

  36. @ komeng

    Bro…
    denger denger new jup-Z yang bakalan mo keluar sudah pake double disc.., bener ga bro..????
    ( kompor mode ON )

  37. para pecinta honda blm sadar aza,

    aku bilang model jadul, kamu bilang klasik.
    aku bilang usang , kamu bilang garang.

    ‘tiger’ di thailand gak masuk standarisasi bos.

    orang tailand lebih selektif , lebih maju dari masyarakat indonesia.

    yang obyektif dong, hoi bangun orang2 honda.

  38. @^
    ya emang
    Aku bilang gerobak, kamu bilang semerbak
    Aku bilang rongsokan, kamu bilang oke..kan…..

  39. Kapan Vega ZR nya meng…kapan…kapan…..kelamaan bertapa justru bisa-bisa tidak mengikuti kemajuan jaman lho!

  40. @komeng
    Saran ane, kalo emang bener 2009 YMKI mo nelorin satu species baru penantang CS 1, bikinin dong satu species gabungan dari mx, cs1 ama kawak athlete..

    Mesin mx ajah 135, bikin 5 speed, gear 1-N-2-3-4-5. Body mirip2 cs1, tapi jangan aneh gt jadinya, ane percaya yamaha bisa design yang lebih gahar dari itu.. Trus tangki bensin diletakin ditengah dong kaya kawak athlete.. (Mengingat kemaren2 sempet byk yang kecewa ama tangki cs1 yang masih di bawah jok). Dan jgn lupa, mesti ada bagasi dibawah jok. Tambahin juga secure-key. Mantap dah species baru YMKI.. ada tambahan? Hehe.. Maap ya meng, bukan maksud ane sok ngajarin.. Maap..

  41. @infinity
    kalo species barunya bebek-matic gimana? masih keren mana ama bebek-sport?

    Tapi saran Bro Infinity emang sip dah, kayaknya YMKI udah prepare utk bebek super 2010 basic mesin MX 5/6 tingkat percepatan, 150cc, dooble disk brake, bisa jadi injeksi, model jago super….!

    Uhuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuy khan?

  42. gurunya einstein

    @ komeng

    iya bro komeng, kan keenakan tuh si satria fu tidak ada yang menyaingi. kalau ymki mau buat motor bebek sport yang performance nya setara atau sedikit di atas satria fu, tuh satria fu pasti kalah.

    ada tidak rencana dari ymki utk masukin motor bebek sport dgn performance diatas satria utk tahun depan?

  43. Pithecantrophus

    Meng kapan vegazr kluar dah g sabra nih liat pretarungannya dg blade…
    Bebek matic maksud lo…??? Opo maneh iki…asal jangan mbendol ndase ya..

  44. @komeng

    taon depan kayaknya masih krisis ekonomi pasti pengaruh ke penjualan,kira2 jadi ngak yah YMKI ngeluarin produk baru taon depan?????

  45. @XXL123
    JADI SIH JADI, TAPI DENGER-DENGER TELORNYA MAU DI SUNAT, DARI 6 PRODUK BARU CUMA JADI 4 PRODUK BARU. PALING BANYAK CUMA 5.

  46. Wew…4 produk baru lebih dari cukup meng..!
    R15 gimana jadi kan? aku lihat FZ16 keren juga meng mo masuk indo ngak yah??

  47. takutnya R15 bisa disunat dikit gak jadi full fairing. mungkin cuma “half cowled”. Tapi yang pasti jauh lebih keren dari V-Ixion yang ada saat ini.

    Fz-150 plus lebih mungkin masuk dari Fz-16, lihat saja nanti. Toch saat ini kondisi Interst Rate leasing untuk pembelian secara kredit masih jadi agenda utama yang dibahas di semua lini Manajemen semua pabrikan roda dua Indonesia.

  48. real_injektion

    TETAP AJA USAHA MATI-MATIAN DARI YAMAHA BELUM BISA MENGGESER DOMINASI DAN KEJAYAAN HONDA.
    MAJU TERUS HONDA… AMIN

  49. Hahahaa… ngakak gue baca komentar2 yamaha mania disini. Katro kalian itu, persis dengan slogan iklan2 yamaha yang katro2, bisanya memprovokasi orang, vulgar.. menjelek2kan kompetitor, ngga etis dalam beriklan.

    Mimpiiiiiiiiiiii aja kali yehhh kalian itu.

    Kaga usah mimpi2 deh, kita liat aja kenyataannya sekarang.

    Performa MX yang katanya canggih & cepat dan semakin di depan itu (heboh banget iklannya) ternyata sama2 aja dengan Supra125 injection dan kalah telak klo di adu dengan shogun f1 apa lagi dengan Satria FU, kaga usah mimpi deh.

    Apaan tuh
    135 cc, kompresi 10,4 : 1
    4 valve sohc
    tapi
    powernya cuma 11,33

    bandingkan dengan supra yang
    125 cc,
    kompresi 9 : 1
    2 valve sohc
    powernya sudah 9,18 hp

    apalagi dengan shogun f1
    125 cc
    kompresi 9,6 : 1
    2 valve sohc
    powernya sudah 10,33

    bayangkan kalau supra & shogun kompresinya di naekin jadi sama dengan MX
    gue yakin powernya lebih dari MX

    belum lagi kalau CC-nya di naekin sama dengan MX.

    Mesin MX sama sekali tidak efisien.

    Punya fitur lebih dari kompetitor tapi power yang di bandingkan ngga sebanding dengan fiturnya.

    Coba tuh bandingkan dengn CS1 yang 125 cc sohc.. langsung KO tuh MX

    Kalau dengan FU??? huhhhhhhh jangan deh. malu2in aja tuh motor mx katro

  50. hehehehe ada orgil lagi orasi, surakkkkkkkk juhhhhhhhhhhhhh Huuuuuuuuuuuuuuuuuuuu hehehehehehehhehehehe

  51. @ orgil

    bagaimana kalo 125 loe lawan jupi z 110

  52. kalo gak ada fakta sih semua orang bisa ngomong 😀

    di M+ tuh shogun f1 kalah kenceng dari suprax 125 pgmf1 😀 kalo hasilnya gak bener pasti pihak suzuki komplain ke M+ 😀
    kalo shogun sp itu baru kenceng, cuma kalah top speed dari MX

    supra x 125 nantang MX ? lawan jupiter Z aja dulu bro

  53. “kalo dinaekin itu nya…anu nya… ”

    “Kalo” aja terus mas…!! Suruh pabrikan bikin aja CS1 135cc ato Shogun 135cc kalo sanggup…!! Pasti ngerasa lebih unggul kan klo sama..?? Nyatanya..?? cuma brani ngluarin 125cc doang.. Keluarga Supra X itu ga ada yg bisa nglawan MX… CS1 bisa ga sampe 130 kmh STANDAR…?? Bandingin kok sama FU…?? FU itu mesin eks moge mas…!! 150cc DOHC..

    dasar orang KATRO

  54. aku jadi bingung mana yang orgil mana yang waras, karena yang satu orgil, yang satu gila merek!

    sama-sama gila nya mungkin!!
    huahahaha

  55. ^^
    klo ente kayakna dua duanya ORGIL ama gila merekk huahauahuahauahauha 😀

  56. mending motor bagus motornya jadul 😀😀😀

  57. yg jadul itu si jago irit 😀

  58. Pempek palembang

    Hi,hi…
    Eh,lupa hi xxl123,kngen nech am u…Huahahaha
    meng,q mo nny….R15 brapaan hrgny??

  59. Pempek palembang

    Hi,hi…
    Eh,hmpir lupa…
    hi…. xxl123,kngen nech am u…Huahahaha
    meng,q mo nny….R15 brapaan hrgny??

  60. R-15?, Mungkin sekitar 27 jt-an kalau dijual ‘ma YMKI di Indonesia

  61. Pempek palembang

    Ehm…Bkal jd saingan brat cbr tuch…Lbh mrah lg…

  62. @komeng
    27jt kemahalan meng…! samain aja ama tigi jadul yg baru Mmbroojol itu 24jt di jamin Uhuuuyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyy

  63. Pempek palembang

    @xxl123

    napa???
    U sdih krena hrgana kmahalan?
    Ya Ga jadi dech melego r15 yg gk buang air d jlan….
    Yuuu…

  64. @xxl123
    kalo 24 jeti cuman dapet luarnya aja, paling full fairing velg dan disk brake depan belakang. Nah mesinnya khan beda Bro, percepatannya aja udah 6 speed, khan kalo sama kayak vixi 5 speed juga gak mantap.

  65. Pempek palembang

    @komeng

    q bs mnt spek

  66. Pempek palembang

    @komeng

    u tw spek

  67. bro, ane bongkar2 artikel lama ente nih. ane jadi nemu artikel yg ini. kalo ane baca, sepertinya prediksi ente masuk bener… vega zr bener, new revo 110 juga bener, HSX juga bener. tinggal nunggu new jupie z, new jupie MX ama new smash and new shogun aja neeh…

  68. hmm…artikelnya lebih condong yamahaers neh..please be neutral bro..

  69. tahun 2009 yang lain JAUUUHDI DEPAN……YAMAHA. Yamaha bisanya menjelek2kan produknya sendiri. Jangan pernah berharap vega ZR mampu bersaing dg revo 110 dan apalagi dg blade. Mimpiiiiiiiiiiiiiii

  70. Om Komeng emang yamahaers(btw emang peminat yamaha namaya yamahaers ya?)
    forum ini dah ditinggali ya?

    Om Komeng………
    saya mau nanya, JupiZ baru tolong kabarnya di up date dong

    makasih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s