Product Positioning Strategy for Sport Motorcycle in 2009

Pertarungan para Pabrikan Motor di medan Motor Sport semakin panas setelah dominasi Honda di kelas motor sport 4 tak berangsur-angsur mulai digerogoti oleh sport India yang fenomenal, Yamaha V-IXION yang “revolusioner” dan Suzuki Thunder 125 yang “Sport PAHE” abiss.

Tentu saja Honda tidak rela jika singasananya di kategory Sport terus digerogoti, maka dari itu celah kosong di kelas sport racing 4tak kemungkinan besar akan diisi oleh varian CBR 150 yang macho abis. Di tangan IU saja, motor ini laku keras dengan harga yang sangat tinggi, bayangkan saja AHM pasti mulai mengendus aroma keuntungan setelah melihat fenomena ini. Bukan tidak mungkin AHM kepincut ikut mengadu kekuatan dengan tambahan varian yang diidamkan banyak Biker di Tanah Air ini. Hitungan Rugi-Untung jelas terlihat didepan mata,…..so tunggu apa lagi…..!!!

Begitu CBR 150 digadang-gadangkan muncul di Tanah Air, maka kini ganti YMKI yang berkeringat dingin membayangkan V-IXION-nya kalah “altileri”. Maka sudah jelas dapat kita prediksi jika YMKI pasti menyiapkan Varian New V-IXION yang mampu menghadang ketangguhan CBR 150. New V-IXION pasti tampil lebih Racing Look, Sporty Abisss. Peningkatan Value jelas dilakukan YMKI untuk produk “remodeling” ini dan pergeseran design ke arah Sport Racing juga akan dilakukan dengan berhati-hati agar kesan Street Bike masih ada. (lihat bagan di atas) Hal ini dilakukan karena V-IXION dianggap berhasil melakukan penetrasi yang baik pada kelas Street Bike.

Sayangnya jika V-IXION di upping Value dan di geser ke arah Racing Look, maka terjadi kekosongan yang sangat besar di Touring Bike yang sebelumnya dapat ditahan oleh V-IXION standart, walaupun saat ini V-IXION jelas-jelas masih di kelas Street Bike harian, tetapi setidaknya mampu sedikit mengisi pasar Sport Touring 150 cc bagi pecinta motor Yamaha. Kalau begitu, Prediksi kita pasti menuju kepada FZ-150 yang keren abiss untuk pasar Sport Touring, sekaligus untuk mengisi celah di Daily Street Bike.

Nah masalahnya……, secara value harus di posisikan dimana? Apakah YMKI tidak “keblinger” juga dengan pasar Sport harian yang murah meriah macam Thunder 125? Toh penjualan Thunder 125 sangat manizzz di pasar ekonomis ini!!! Bayangkan jika konsumen harus menambah sedikit uang, tetapi akan mendapatkan value yang jauh lebih baik, kira-kira konsumen akan bagaimana? he..he..he…mudah ditebak bukan !!! Apalagi jika value di setting terlalu tinggi juga akan menghantam kakak seperguruannya di kelas 225cc si Scorpio Z yang bermain di Sport Touring juga !!! Khan sayang. Kemungkinan positioningnya akan di setting sedikit di bawah Mega Pro, jadi diharapkan Mega Pro akan terjungkal disodok dari bawah dengan produk Baru yang Heboh dan berpenampilan sangar ini.

Mendengar Informasi dari pihak intelejen-nya ini, AHM tidak akan tinggal diam, sebelum Mega Pro yang menjadi tulang punggung penjualan Motor Sport Honda “tumbang” digencet kiri-kanan (Motor-motor India terutama Bajaj Pulsar 180/200 dan nantinya FZ-150) maka Mega Pro harus lari bergeser menjadi New Mega Pro yang lebih berpenampilan dan berkemampuan Street Racing Look for Daily Purpose, bisa-bisa cc-nya ikut disunat; dikecilin jadi 150cc biar tetep “IRIT”!!!

Market Sport Touring yang ditinggalkan akan diisi dengan Jagoan Baru Honda yang lebih mumpuni untuk “Fight” di kelas ini, sebagai entry level sebelum Honda Tiger yang mungkin juga akan naik kelas menjadi 250 cc. Urusan Positioning, di setting untuk bergerak menjauh ke atas (value yang lebih tinggi) menjauhi FZ-150, juga untuk menekan Bajaj Pulsar 180/200 dari bawah, sehingga diharapkan Pulsar 180/200 akan terjungkal. Kira-kira dengan Value yang menempel dari bawah begini, konsumen pasti tetap memilih Brand Honda yang sangat kuat dalam pertimbangan dalam pengambilan keputusan pembelian sebuah Motor yang harganya juga lumayan Premium.

Ganti membahas Suzuki, Pabrikan ini yang sekarang harus move untuk menelorkan produk barunya juga, lihat kini sudah ada Bajaj 125cc yang persis menempel di bawahnya dengan sedikit lebih banyak mengambil market Street Bike murah meriah, tetapi tetap oke untuk urusan harian dan sekaligus Touring ringan. Pengalaman Suzuki dalam bermain di kelas Ekonomis Murah Meriah cukup manis selama ini, jadi jika Suzuki harus bermain di market Racing yang juga murah meriah, mereka akan berani. Paling tidak produk baru Suzuki ini akan di posisikan sebagai produk Sport Racing yang juga sedikit Street bike, sehingga secara value akan jauh dibawah produk Honda dan Yamaha. jatuh-jatuhnya ya Sport Racing yang murah meriah!!!

Kawasaki yang terlalu banyak bertelor di kelas Sport tahun 2008 ini mungkin akan absen dulu untuk tahun 2009. Simpan tenaga dan konsentrasi untuk strategy pemasaran dan promosi, sambil berusaha untuk memperbaiki jaringan-jaringannya.

Tahun 2009, tahun yang dinanti-nantikan para BIKERS, Uhuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuy !!!

76 responses to “Product Positioning Strategy for Sport Motorcycle in 2009

  1. masukkin donk posisi Bajaj. sekarang tidak bisa bicara strategry motor sport tanpa bajaj, beda dengan 5 tahun lalu..

  2. @ALA
    as You WISH…..MASTER !!!
    Ka Boommm !!!

  3. wahhh brarti bener donk mo muncul FZ150 ama R15 ya meng? masupin Pulsar 180 & 200 ama Apache160RoTR dunk biar ramee? sekalian analisanya ya…. hehehehehe…. kira2 Fazer 250 kluar ga?

  4. meng punya data penjualan mongtor sport thn 2008 ga? termasuk pulsar ama mongtor china ya? khan mereka ga masuk AISI ?

  5. Pulsar ama motor China gak masuk Aisi data, yang ada kanzen, dan Kymco

  6. Meng, kejauhan tuh value ninja rr ke ninja 250r nya.. hehehe
    Ninja RR uhuuuuuuuuuuuyyyy….

    Nah,, klo fz150 napa posisinya dibawah banget? secara tu motor lumayan keren.. tenaga lumayan..?? satu lagi yang mengganjal meng.. kenapa ga ada kelas 250 (selain ninja) ?? berarti ga bakal keluar dalam waktu dekat ini ya??

    dasar pengurutan value nya apa sih meng?? bukan harga kan??

  7. @komeng

    kok cuman tabel nya aja sih mana ulasan artikelnya aku ra mudeng heheheh soryy oot, mohon pencerahan nya? di liat di tabel kayaknya R15 jd kluar yah meng? berapa bulan lg nih????

  8. si jago irit

    Honda tetap yang paling tinggi!
    new sport 150 is the best!
    Honda the power of dream!

    scorpio dan vixion tetap di bawah aja ya. . .
    gak bisa kemana mana ya?? kacian!!!

  9. New CBR 150 tetap teratas!
    Honda the power of dream!

    Scorpi dan vixi tetep nangkring di bawah aja ya..
    gak bisa kemana mana, mending ke laut aja.. hehehe

  10. @lanang
    ninja rr ke 250 teknology-nya emang jauh Bro!

    FZ-150 emang dipositioningkan di bawah Mega Pro, secara cc aja udah kentara, nempel banget dibawahnya, biar yang di atas ketohok dikit!!!

    Mungkin juga Honda bakalan kecilin cc jadi 150 juga ya?

  11. wah aku baru baca hari ini langsung ada bajaj..
    gitu donk om komeng.. secara ane mantan penunggang GL Pro nya honda yang beralih ke Bajaj pulsar, jadi tau donk rasa enaknya naik motor murah tapi canggih dan enak dibawa ngebut, dan penampilan ok lagi..
    belum lagi suaranya yang ziing ziing..
    pokoknya puas..

  12. Iya jg sih meng., secara dohc pararel twin engine.. Tampang jg beda jauh.. Hehe, sayang ga kesampaian..

    yang penting,, tenaga ga beda jauh.. Akselerasi ga beda jauh,, top speed ga beda jauh.. Entah sapa yg menang,. Hehe.. Ngadem2i ati ga kuat beli yg seperempat liter. hahahahaha.

    Ditunggu fz-150 nya meng.. Uhuuy lg meng ah..

  13. ngomong-ngomong ada varian harga nya nggak! jadi bisa ngebandingkan motor yang satu dengan yang lain!

  14. @masteroemit
    kalau harga sih biasanya Honda cenderung menaruh 2-3 step diatas value produknya, yamaha dan suzuki cenderung sama dengan value produknya. Sedangkan Bajaj cenderung menaruh posisi harga 3-4 step di bawah value produknya. Kawasaki cenderung menaruh harga 1 step di bawah value produknya.

  15. @komeng
    di blog mas tri mio wajah paling baru dah di bahas loh meng? padahal kan MIO baru ,baru aja mbrojol iki piye tha? apa di kasih mesin injeksi??

  16. Sekedar info buat bro’ kOmeng:
    Di pabrik perakitan PT. BAI telah hadir beberapa unit BAJAJ PULSAR 220-Fi (injection engine).
    Tapi sepertinya ngga akan dijual dalam waktu dekat. Krn beberapa mekanik BAJAJ (yang gw kenal) sampai detik ini belum mendapat training untuk spec mesin Pulsar 220-Fi.

    Kalau mengenai produk baru dari YMKI di thn 2009, saia prediksikan adalah V-Ixion berfairing. Spec mesin sama. Bgm dgn Fazer? Ngga bakal keluar bro’ Meng. Krn secara pangsa pasar, peminat motor 250cc itu bisa dikatakan kecil sekali.

    Note: gw kirain kOmeng yang punya blog ini benar-benar KOMENG sang pelawak. Ternyata waktu gw ketemu ama KOMENG Asli di Pasar Festival Kemang – Jakarta Selatan (beberapa minggu yang lalu) and nanyain ttg blog ini, gw malah diketawain ama diaπŸ˜€ Wah jadi malu deh saia.

  17. @Black 77

    thanks atas infonya Bro !!!

    Prediksi Anda emang tajam Bro! salut!!!

    Oh kalo gue k0meng pakai nol, jadi k (nol) meng !!!

  18. meng, model vixion berfairing kayak gimana? ada perombakan di engine ga? kisaran harga FZ150 brapa meng?

  19. @Kecret
    Masalah harga FZ150 masih digodok, antara 17-18 jetian. Kalo New V-ixion, ntar begitu ada info tambahan, gue buatin artikelnya dech.

    Uhuuuuuuuuuuuuuuuuy!!!

  20. Wiiih kalo 17 jetian bisa laku keras tu meng. Penting jg nih meng, ymki harus tindak dealer nakal yg mengharuskan kredit kalo mw ambil barang langsung, kalo cash mesti inden bulanan. Kalo tetep kek gt capek deeeh.. Jangan mimpi ngalahin honda. Apalagi kalo honda dah punya line up seperti diatas.. Beraaaat. No offence yah.. Hehe.
    Satu lagi meng, kalo vixion jadi mw dikasih fairing jadi yzf150 ato apapun namanya ntar.. Gw usul, fairingnya yg bisa plug n play di vixi sekarang. Biar yg pake vixi bisa punya pilihan. Dan ga terlalu kecewa, secara tu motor baru lahir kmarin sore. Uhuy meng!!

  21. @komeng
    cepetan dukz meng vixion barunya di keluarin dah ngak sabar nih btw modelnya percis kan kayak R15??

  22. Meng Untuk FZ-150 harganaya paling tinggi 17.5 aja dan biar murah lagi jangan pakai Injection, karburator saya rasa udah cukup…
    tapi bener gak nech meng FZ-150 tampilanya sama kayak di India….

  23. bro k0meng, mana artikel barunya.. sdh seminggu masa artikel ini doank…
    ane tantangin ya, ente bikin suatu artikel misal ada org indonesia mau bikin motor sendiri merk “UDIN” atau “AMAT” atau “BAMBANG”.. gimana nih strategy nya biar bisa jadi tuan rumah di negeri sendiri..

  24. Artikel di blog ini bagus-bagus dan berguna bagi para pembaca. Anda bisa lebih mempromosikan artikel Anda di infoGue.com dan jadikan artikel Anda Topik yang terbaik bagi para pembaca di seluruh Indonesia.Telah tersedia plugin / widget kirim artikel & vote yang ter-integrasi dengan instalasi mudah & singkat. Salam Blogger!
    http://www.infogue.com/
    http://ekonomi-indonesia-bisnis.infogue.com/product_positioning_strategy_for_sport_motorcycle_in_2009

  25. gurunya einstein

    wah, salut buat analisa nya bro komeng yang uhuy!
    analisa nya bro komeng cukup menyeluruh.
    cuma, ada 2 hal yang menjadi ganjalan saya,
    mohon petunjuk bro komeng.

    1. mengapa cbr 150 yang digadang-gadangkan muncul membuat YMKI berkeringat dingin?
    bukankah pasar dari vixion adalah pasar street bike dan daily use? sedangkan pasar dari cbr 150 adalah racing? (seperti tampak pada gambarnya bro komeng)?? mereka bermain pada segment pasar yang berbeda bukan??
    mengapa YMKI harus takut??

    2. mengapa suzuki menelorkan produk barunya di pasar racing murah meriah di posisi antara mega pro dan ninja 150R?
    mengapa bukan di pasar racing yang high value?
    mengingat posisi brand suzuki saat ini sedang turun, bukankah akan lebih baik untuk menaikkan lagi brand suzuki melalui kelas sport lebih dahulu, apalagi image di masyarakat motor suzuki adalah motor yang larinya kencang sehingga akan pas kalau diposisikan sedikit diatas cbr150 nya honda? dengan harga yang tidak beda jauh dengan cbr 150, saya yakin image suzuki sebagai motor yang larinya kencang akan membantu untuk mengalahkan cbr150 di segment pasar racing.

    gimana bro komeng, ana butuh petunjuk bro.
    komeng semakin uhuy!

  26. @gurunya
    1. Untuk barang yang merajai market di pasar karena Valuenya yang baik (V-ixion), maka kalau ada kompetitor dengan speck/value yang sedikit lebih superior, maka otomatis speck yang lebih inferior akan dirugikan:
    lihat aja 150 cc DOHC, 4valve, sama-sama pake liquid cooled dengan radiator, sama-sama delta Box tapi udah pake faring ala racing. Toch barang ini lewat IU aja laris keras dengan pricing yang luar biasa tinggi, bayangkan jika masuk lewat tangan AHM dengan pricing yang wajar.
    Apalagi pake nama besar Honda, brand imagenya saja mampu untuk mengatrol harga, belum lagi valuenya yang emang oke, lain dengan kebiasaan Honda AHM selama ini.

    2. Dengan kondisi Suzuki yang terpuruk dibawah seperti saat ini, mengubah presepsi di kelas Sport akan butuh biaya yang besar dan cost promosi yang mungkin lebih besar dari keuntungan penjualan di kelas tersebut. Kalau mau ambil Image, Suzuki lebih baik mengambil posisi di kelas Bebek Premium (lho bukannya sudah dilakukan dengan FU-150 nya, lha tepatkan jawaban gue). Kondisi di kelas Sport, cukup dijawab dengan mengambil keuntungan dari quantities dan margin saja. Akan lebih bijak buat kelas racing yang murah meriah untuk menampung penggemar sport yang minim budget. Apalagi cocok khan untuk regulasi balap sport yang minim biaya untuk pengkaderan pembalap muda suzuki. lha lho……bangun image sekalian dengan biaya minim, sambil menyelam minum oli he he he he…lagipula kalo berani bertempur di kelas yang lebih tinggi akan cari mampus sendiri di tengah pertempuran gajah, pasar udah penuh dengan produk unggulan kompetitor….haiya…cari mati namanya.

    Uhuuuuuuuuuuuuuuy Bro!!!

  27. @Ala

    said: “ane tantangin ya, ente bikin suatu artikel misal ada org indonesia mau bikin motor sendiri merk β€œUDIN” atau β€œAMAT” atau β€œBAMBANG”.. gimana nih strategy nya biar bisa jadi tuan rumah di negeri sendiri..”

    Wah…..pasar di Indonesia tidak……….ehm belom cocok untuk produk motor dari buatan Indonesia sendiri.

    mengapa???

    Strategy yang baikpun butuh timing yang tepat agar berjalan dengan baik. Timing yang tepat juga butuh strategy yang tepat agar menghasilkan hasil yang maksimal.

    Menurut saya secara pribadi, TIMMINGnya belom tepat. Semasa bangsa kita masih belom menghargai diri dan bangsanya sendiri, bangsa ini tidak akan cinta pada produk dalam negrinya.

    Jadi kalo kita memaksa mau memproduksi motor produksi dalam negeri untuk saat ini rasanya akan mati konyol.

    “Ngenas” juga kalau memikirkan hal ini, sungguh memprihatinkan.

    Saat ini kita masih dalam keterpurukan rasa cinta tanah air dan sikap menghargai bangsa dan diri sendiri. Memprihatinkan memang….tapi Berjuanglah Indonesia!!!!

    Uhuuuuuuuuuuuuuuuuuuuy!!!

  28. Sebagai tambahan, banyak lho barang produksi kita yang di puja-puja dan diagung-agungkan di negri lain tapi tidak dihargai di negeri sendiri benar khan!

    Batik buatan lokal rasanya cukup cocok menggambarkan hal ini. bandingkan dengan Sari di India…Hayo…..!!!

  29. @El
    sorry Bro, nyantolnya kelamaan…… sebagai rasa penyesalan gue, gue kasih salam Uhuuuuuuuuuuuuuy dah oke Bro.

    Uhuuuuuuuuuuuuuuuuy El !!!

  30. Bro komeng, cuma pingin tahu aja pendapat bro Komeng, sebetulnya ciri2 motor yg termasuk di kelas touring gimana, kalo kelas street bike gimana trus kalau racing gimana, masih bingung dengan pengelompokkannya

    Sorry ya nanya2, kan gak ada pertanyaan yg bodoh. Yg bodoh adalah orang yg gak tahu tapi gak mau nanyaπŸ™‚

  31. Touring:
    – body biasanya nakedbike setang agak tegak dgn karakter mesin bertorsi besar dan tarikan bawah biasa aja, contonya pulsar dan tiger

    StreetBike:
    – body naked setang menunduk dgn karakter mesin tarikan bawah yg oke contonya Vixion dan TVS Apache

    Sport: body berfairing, setang biasanya nunduk, tarikan bawah dan atas seimbang conto: CBR150, FXR150

  32. gurunya einstein

    @ komeng

    kalau dikatakan bahwa suzuki hanya cari mati saja kalau bertempur di kelas sport yang lebih tinggi, mengapa justru kawazaki yg lebih kecil lagi jualnya justru mengincar pasar sport yang tinggi dan tetap terus exist?? begitu pula dengan bajaj yang notabene produknya malah 100% sport??

  33. @gurunya
    He he he jangan salah Bro…..Kawasaki itu, mengincar market Niche lho. Market Niche ini memiliki karakter yang lain dari pada yang lain, kalo kita bicara soal Brand Awareness, di market ini secara mass recognize gak begitu bagus, artinya ngak banyak orang yang bisa menyebutin brand macam zx250r misalnya, begitu ditanyapun gak banyak dari mereka yang tahu produk ini. Tapi bila kita lihat pada target marketnya yang kecil ini, brand recallnya sangat bagus, bahkan jadi TOP di target marketnya.
    kalau gak percaya tanya sama biker-biker yang memang suka kecepatan dan motor sport sejati (sport racing), pasti mereka bisa menyebutkan brand kawak zx250r secara cepat, bisa jadi TOP di beberapa para pengemar motor sport sejati.
    Hayoo bener gak???

  34. @gurunya
    Yang dilakukan Bajaj adalah flanking strategy, dimana masuk di pasar pada category lini produk yang kecil secara market category contribution. bajaj gak masuk di semua lini product, hanya sport yang notabene pasarnya sangat kecil dimata produsen besar macam Honda, Yamaha dan Suzuki. Biasanya Market Leader akan cenderung mendiamkan dan tidak terusik, karena tidak merasa terancam, sehingga dengan leluasa brand baru ini dapat masuk dan melakukan penetrasi pasar, penetrasi product dan penetrasi market. he he he…gimana Bro!!! setujukah?

  35. bajaj emang pinter ngambil lahan, jadi para ATM lain ga ngerasa digerogoti dan bajaj pun mampu melaju dengan sendirinya….
    salut buat bajaj… yang sekarang berani untuk head to head dengan Thunder, yah memang saat ini amat sangat susah sekali untuk menempel ke Thunder, tapi keberanianya untuk memberikan pilihan kepada konsumen patut diacungin jempol…

    Bro Komeng…
    baiknya Yamaha juga keluarin aj yang 125 cc model sport yah… mirip YZF 125, dijamin ma’ nyusss….

  36. Allo YMKI biasa murah dan berkwalitas… saya tunggu YZF R125… yoo lanjut

  37. gurunya einstein

    @ komeng

    iya sih, tapi kalau begitu, mengapa dengan pasar yang sangat kecil seperti itu kawasaki masih bisa exist?? padahal dari segi biaya produksi pasti akan sangat besar kalau hanya memproduksi dalam jumlah sedikit? bukankah akan lebih baik kalau kawasaki bermain di pasar yang sedikit lebih besar? di pasar touring misalnya??

  38. gurunya einstein

    @ komeng

    setuju sama bro komeng, tapi kan kalau cuma main di type sport saja, penjualan bajaj akan begitu2 saja? menurut bro komeng apakah bajaj akan meluncurkan produk2 baru di kategori yang lain?? LPM atau Matic misalnya??

  39. @kecret

    Thanks atas penjelasannya bro…

  40. Meng web site YMKI ko sering di acak2 sih? IT nya piye???

  41. @xxl123
    Iya, sering diacak-acak…..! he he he!!!

  42. @gurunya.
    Masih ingat, apa Brand Association dari Kawasaki. “Motor Sport Kenceng Sejati.”
    Brand Preceptionnya juga sudah jelas khan….!
    Lalu Brand Loyalitinya gimana? Sangat bagus untuk target segment yang dipilih oleh Kawasaki. Posisioning Jelas dan Diferensiasi dengan produk kencang lain semisal Yamaha juga jelas.

    Nah…kalo maksain masuk di kelas Touring sejati apa gak buyar tuch Brand Equity yang sudah di bentuk selama ini dengan hati-hati dan pasti, bisa-bisa brand equitinya tergerus erosi ketidak jelasan posisioning dan keraguan brand Associations-nya.

    Masih maukah Kawak bertindak Konyol begitu? saya rasa ngak deh. lebih baik melangkah dengan pasti pada rel yang jelas dari pada untung sejenak lalu menguap hilang tak berbekas.

    Masalah keuntungan kalo kuantiti unit-nya kecil ya pasti margin valuenya harus lebih gede dari pada kelas lain, misal mothong bebek khan?

    Soal Bajaj, kalao sudah manthap di kelas sport ini, barulah dia akan berani berulah mengijak di kelas lain. kalo sekarang masih belum mantap mau menginjakkan kaki di territorial Gajah-Gajah, bisa mati terinjak-injak. sabar dulu Bro, kalo timmingnya sudah tepat baru maju perang.

  43. gurunya einstein

    @ komeng

    wah, kalau gitu untuk saat ini kawak gak bakalan bisa masuk ke pasar bebek atau touring bike donk?? kalau dipaksain bisa2 brand equity nya hancur. trus menurut om komeng, kapan saat yang tepat bagi kawak untuk bisa melakukan brand extention??

    mohon petunjuk om komeng

  44. @gurunya
    bukan begitu maksudnya Pak Guru, ke bebek juga bisa, tapi harus berhati-hati, tidak boleh mengumbar product. Product Identities Sub Brand harus cocok dengan Brand Identity Coorporate. Sehingga Brand Imagenya masih se-iman gitu.
    Contoh kawak Athelete yang baru ini Gue pikir sangat tepat untuk mencerminkan Brand Identity Kawasaki di kategori bebek, sehingga dapat memperkuat payung merk kawak secara keseluruhan. Buakan justru mengerosi Brand kawak.
    Lain halnya jika Kawak nekat masuk ke kelas Touring…..he he he pikirkan Brand Equitynya dulu….
    Mau ke matic juga boleh…he he he seru toch !!! apalagi ada sport matic kawak….keren Uhuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuy!!!

  45. gurunya einstein

    @ komeng

    misalnya Yamaha, honda, dan suzuki kan ada beberapa produk tuh, apakah semua produk2 mereka mempunyai brand identity yang selaras dgn corporate identity nya??

    kalau honda kan bicaranya irit terus, apakah AHM harus selalu membuat produk dengan tema irit terus?? dan Yamaha harus selalu dengan tema larinya kenceng spt valentino rossi?? kalau begitu mengapa AHM akan memasukkan CZ-i yang dari segi model lebih terlihat sporty, bukan irit?? nanti bukannya akan mengerosi brand equitynya??

  46. AHM kan udah sadar kalo cuma mengandalkan tema irit & mesin tuanya bakal kalah dgn merk lain πŸ˜€

  47. @Gurunya
    Pasti sama!!!pasti selaras, sub brand harus sama dengan Brand yang memayunginya.

    Ngak, brand image Honda emang salah satunya saja irit sebagai komponen dari brand association-nya. Tapi Brand Identities Honda International khan gak melulu Irit, salah satunya Kencang di balap motor,tangguh mesinnya , kuat dan bandel serta mesin yang ekonomis untuk pemakaian sehari-hari, tapi mudah di-tune up hingga mencapai performa racing.
    Emang di Indonesia unsur irit dibuat lebih dominan sesuai dengan posisioning secara geografis behavior-nya.
    Rupanya pergeseran Trend di geografis Indonesia menyebabkan importance unsur irit juga semakin bergeser. Lha Brand khan juga sesuatu yang Dinamis, “Great Brand is a Living Brand”. Brand association-nya khan pasti harus mengikuti. Itulah yang dilakukan Honda AHM. Living Brand by develop it’s product.

    Eh Blade/CZ-i itu irit lho, dengan peforma yang juga Oke dan jauh lebih baik dibanding mesin C series Honda yang lampau. Jadi Brand Equitynya ngak akan tererosi, tetapi makin kuat.

    Ada satu hal yang cukup penting, yaitu Brand akan memayungi Product, tetapi peforma dan value Product juga akan memperkuat Brand Equity.

    Uhuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuy!!!

  48. kalo ngeliat Bedah mesin baru Blade110 di otomotif sepertinya mesin generasi CSeries udah mulai ditingalkan, mereka menciptakan mesin berkarakter overstroke yg diturunkan dari mesin vario/beat dgn berbagai penyempurnaan dan efisiensi, salah satu hasilnya torsi bisa dikait di rpm yg lebih rendah…. gimana ya strategi selanjutnya bahwa ternyata AHM skr bener2 mau fight dgn YMKI ga cuma dari segi model tapi juga mesin? sanggupkah YMKI bertahan dari gempuran AHM ?

  49. ^^
    Time will tell lah hehehehehheheeh

  50. ^^
    iye di otomotif jg problem CS-1 mulai keliatan tuh,….

  51. gurunya einstein

    @ komeng

    “Rupanya pergeseran Trend di geografis Indonesia menyebabkan importance unsur irit juga semakin bergeser” om komeng said.

    kalau begitu saat ini AHM akan mulai menata kembali brand associationnya ya?? menurut AHM apakah AHM akan tetap menggunakan image “irit” ini atau akan menggunakan image lain yang lebih dibutuhkan / diterima oleh pasar?? karena kalau AHM menggunakan performa mesin bagus (misalnya;) sebagai brand association nya dia akan kesulitan karena image performa mesin bagus ini sudah dimiliki oleh Yamaha. jadi menurut om komeng, AHM akan me “reposisi” brand nya sebagai brand yang bgmn??

  52. @gurunya
    berkata: kalau begitu saat ini AHM akan mulai menata kembali brand associationnya ya?? menurut AHM apakah AHM akan tetap menggunakan image β€œirit” ini atau akan menggunakan image lain yang lebih dibutuhkan / diterima oleh pasar??

    Bukan gitu juga, menata brand associationnya bukan berarti mengganti lho!!! cuma menata importance associationnya, mana yang lebih di pentingkan!! misalnya image “teknology masa depan” lebih diprioritaskan, bukan berarti lantas IRIT jadi hilang, mungkin cuma di nomer duakan gitu!!! kagak mungkin juga menghilangkan image irit untuk saat ini khan…?

    Misal urutan paling penting untuk brand associationnya: “teknology masa depan”, lalu “efisien (irit)”, lalu “Performa Tinggi” “kualitas Honda Jepang”, lalu “jaringan terbaik dan terluas”,”layanan terbaik”, dll……………..

    Nah….itu dia yang sekarang di tata Honda AHM, bukan no 1 irit, no 2 irit, no 3 irit, no 4 harga jual kembali, no 5 dll (itu mah masa lalu)….

  53. β–€β–„β–€β–„β–€β–„β–€β–„β–€β–„β–€β–„β–€β–„β–€β–„β–€β–„β–€β–„β–€β–„β–€β–„β–€β–„β–€β–„β–€β–„β–€β–„β–€β–„β–€β–„β–€β–„β–€β–„β–€β–„
    β–€β–„β–€β–„β–€β–„β–€β–„β–€β–„β–€β–„β–€β–„β–€β–„β–€β–„β–€β–„β–€β–„β–€β–„β–€β–„β–€β–„β–€β–„β–€β–„β–€β–„β–€β–„β–€β–„β–€β–„β–€β–„
    β–€β–„β–€β–„β–€β–„β–€β–„β–€β–„β–€β–„β–€β–„β–€β–„β–€β–„β–€β–„β–€β–„β–€β–„β–€β–„β–€β–„β–€β–„β–€β–„β–€β–„β–€β–„β–€β–„β–€β–„β–€β–„
    β–€β–„β–€β–„β–€β–„β–€β–„β–€β–„β–€β–„β–€β–„β–€β–„β–€β–„β–€β–„β–€β–„β–€β–„β–€β–„β–€β–„β–€β–„β–€β–„β–€β–„β–€β–„β–€β–„β–€β–„β–€β–„

    BERITA BAIK!!!
    Mari kita liat nich blog. keren abiss!

    MARI MENCARI KEBENARAN

    Masuk sini= http://mustahil-kristen-bisa-menjawab.notlong.com/

    β–€β–„β–€β–„β–€β–„β–€β–„β–€β–„β–€β–„β–€β–„β–€β–„β–€β–„β–€β–„β–€β–„β–€β–„β–€β–„β–€β–„β–€β–„β–€β–„β–€β–„β–€β–„β–€β–„β–€β–„β–€β–„
    β–€β–„β–€β–„β–€β–„β–€β–„β–€β–„β–€β–„β–€β–„β–€β–„β–€β–„β–€β–„β–€β–„β–€β–„β–€β–„β–€β–„β–€β–„β–€β–„β–€β–„β–€β–„β–€β–„β–€β–„β–€β–„
    β–€β–„β–€β–„β–€β–„β–€β–„β–€β–„β–€β–„β–€β–„β–€β–„β–€β–„β–€β–„β–€β–„β–€β–„β–€β–„β–€β–„β–€β–„β–€β–„β–€β–„β–€β–„β–€β–„β–€β–„β–€β–„
    β–€β–„β–€β–„β–€β–„β–€β–„β–€β–„β–€β–„β–€β–„β–€β–„β–€β–„β–€β–„β–€β–„β–€β–„β–€β–„β–€β–„β–€β–„β–€β–„β–€β–„β–€β–„β–€β–„β–€β–„β–€β–„

  54. gurunya einstein

    @ komeng

    lantas, seumpama AHM telah mereset brand associationnya, tetapi tanpa perubahan pada produknya (saat ini kita tahu bhw kualitas mesin Honda di bawah Yamaha) apakah AHM akan tetap bisa menjadi market leader?
    karena itu berarti Honda memberi janji kepada konsumen tetapi tidak mampu memenuhinya bukan?

    terus menurut om komeng bgmn dgn suzuki dengan kondisi brand image spt sekarang, apakah menurut om komeng suzuki masih punya peluang untuk naik di tahun depan atau malah semakin berpeluang untuk semakin terpuruk?

  55. @gurunya
    lha Vario, CS-1 , Beat dan Blade itu khan sudah bukti nyata mesin Honda generasi baru. Tanya aja ama Bikers yang tahu banget soal mesin, misalnya Bro Bengkel sepeda motor.

  56. ….gurunya:
    apakah menurut om komeng suzuki masih punya peluang untuk naik di tahun depan atau malah semakin berpeluang untuk semakin terpuruk?

    @gurunya
    Ya, peluang untuk naik itu ada di kaca mata gue, apakah team marketing Suzuki membaca dan memanfaatkan peluang itu? itu sih tergantung mereka.

    Yang pasti untuk menaikan Brand Equity Suzuki, kemungkinannya masih terbuka sangat lebar.

  57. gajadibelisuzuki

    om Komeng mana tulisan terbarunya? sibuk ya? apa lupa bro uda punya blog, uhuuuy!

  58. @gajadibelisuzuki
    Iya, ntar gue tambahin artikel baru deh, Uhuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuy juga !!!

  59. om komeng ada info tentang motor listrik tidak??? masukkin juga dong….???

    apa mungkin pabrikan ternama ngeluarin motor listrik di masa2 mendatang???

  60. @cid
    motor listrik merupakan produk masa depan yang sangat mungkin. Sebelumnya justru hybrid antara listrik dan fuel engine yang mungkin lebih dahulu keluar.

  61. om komeng YMKI kapan buat pabrik tambahan untuk produksi motor2nya, biar makin jadi raja-lah yamaha, produk fresh pada masuk tapi kalo kapasitas produksi judulnya nanti tetep keteter dan panjang indenya, bisa lihat kasus v-ixion khan? emang ymki ga gerah yak diledekin sama kompetitor, soal v-ixion yang inden, saya rasa kalo produksi digenjot saya yakin yamaha bisa sesuai dengan slogannya raja baru motor 4tak!
    Uhuuuyyy!!

  62. @Redbugs
    Oke…Good comment, Uhuuuuuuuuuuy!!!

  63. Brarti emang bener suara-suara yang mengatakan kalao R-15 yang Racing look bakalan muncul menggantikan Vixion ya? terus kedudukan model yang murah digantikan FZ-150 yang lebih kelihatan macho street bike ya? lalu gimana nasib scorpio Z? apa mau diganti motor 250cc yang baru macam Fazer 250cc? kalau dipikir-pikir sih analisanya diatas sangat masuk akal.

  64. OOY para apache Riders n Teman2 MOtor indihe,
    ada undangan gathering abis lebaran, 1210 besok pada dateng ya, tempat belum fix nih , menyusul ya …’

  65. iya nee om komeng,berita nyank baru mana ?.
    nyank ttg motor 250 nya yamaha ada gak?.
    i’m waiting.
    makacih.

  66. @k0meng
    Meng, YMKI ada ancang2 ga buat menghalang AHM di kls X-over? Jadi CS-1 ga ada musuh dong?

    Saran ane kalo emang ga jadi fazer 250 dimasukin di indo, design ulang dong baju buat scorpio.. Kasian tuh bajunya udah rada ketinggalan.. Paling nggak baju mirip model vixion deh, dari design tangki, ride position, monoshock, ama buritan.. Kalo bisa, head lamp nyaplok headlamp nya mio soul, sexy tuh.. Kebayang ga meng?

    @all
    Lam kenal yah, baru tau ada blog motor yang ‘berisi’ gini.. Ga kaya forum sebelah, cuma rame aja, tapi isinya junk smua..

  67. @Infinity
    karena market CS-1 kurang menjanjikan upaya untuk turun di kolam yang sama ngak ada dalam waktu dekat. Yang paling masuk akal buat YMKI mungkin bikin kolam baru yang lebih Asyik he he he…..new type of X over.

    Kalo untuk motor kelas 250cc ada ancang-ancang dari YMKI bikin flagship, dengan motor sport racing bermesin 4stroke, 2 silinder 125cc. Pendingin cair menggunakan radiator, pokoknya moge lah macam kawasaki ZX250R. Uhuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuy gak????

    Terima kasih atas pujian Bro Infinity, yang memacu gue untuk meningkatkan mutu dari artikel-artikel gue. Kita semua belajar bersama di forum ini kok, itulah tujuan gue bikin Blog ini. Thanks!!!

  68. @k0meng
    Uhuuuy bgt tuh, tapi harganya kudu max 30 jt.. Hehe.. Jangan semahal zx 250 donk..
    Vixion berfairing kpn neh launchnya?
    Jadi ngga?
    Nouvo 135 kpn?
    Iya bikix x-over yg baru.. Sport matic.. Pake fairing jg ya..
    Yamaha semakin uhuuuy..

  69. motor sport racing bermesin 4stroke, 2 silinder 125cc. Pendingin cair menggunakan radiator, pokoknya moge lah macam kawasaki ZX250R. …

    itu kapan rencana keluarnya bro…?????
    trus beneran nih tahun depan V-ixion bakalan re-new…????
    wahhh tak tunggu bro….

  70. Trus saran aja nih bro….

    harusnya YMKI tambah line production nya tuch…,
    sekarang permintaan pasar udah banyak yang ngantri.., kan sayang kalau akhirnya berpaling ke tetangga sebelah…., ane yakin YMKI bisa ko’

  71. lha… ko’ malah ane komplain nya ke sampeyan yah..??? πŸ˜€

  72. @komeng

    taon depan kayaknya masih krisis ekonomi pasti pengaruh ke penjualan,kira2 jadi ngak yah YMKI ngeluarin produk baru taon depan?????

  73. Lam kenal Meng,

    gw sndiri rider honda so far puas dng new megy. tp ga mungkin juga bisa ganti Viki kalo memang mo di upgrade kaya KRR,
    sbb menurut ane skr orang kita dah mulai krisis dng technologi, Ga kaya dulu PALING BANTER GANTI STRIPING..
    dan menurut gw si mesin seperempat liter masih prospeknya bagus, sekarang misal gw punya uang 30jt mending buat dp ninji 250 tuh, dr pada buat beli Boil seken. atau dp jazzy. buat gawe, lebih cepet ( ga macet )/lebih hemat ( bensin mahal compare dng mobil of course ) dan gaya bro, Lo Psd mana pake Ninji 250 atau ApV seken? Ninji dooong.. yah itu si opini gw ajah.

    Anyway .. KEEP ROOOCK… its awesome blog!!

  74. Om komeng ane mo nanya, apa di taon depan YMKI bakal ngeluarin new vixion? full fairing dan rear diskbrake ga?

  75. @den_twino
    Masih dalam wacana Bro, keluar pasti keluar new Vixi di awal sem 2 2009, entah makan mentah-mentah Full Fairing Racing Sport macam R-15, atau Half Cowled ini yang masih dalam wacana, mengingat akibat pengaruh krisis ekonomi dunia ada pengaruh terhadap kemampuan daya beli masyarakat Indonesia.

  76. Gue setuju jika tahun 2009 nanti jadi tahun yang panas di segment motor sport. Tuch indikasi udah Jelas, Tigi jadi perhatian serius di managerial AHM.

    Pada saat baca artikel ini, entah prediksi di atas benar akan terjadi atau tidak?.. emang bukan jadi perhatian utama gue, toch semua prediksi belum tentu dapet 100% bener…kita bukan Tuhan yang tahu masa depan.

    Tapi gue salut ama sudut pandang yang luas, menyeluruh, dan dalam dari sang penulis artikel. Terus terang Gue juga dari dunia otomotif walau beda jumlah roda…lha pemikiran yang tertuang dalam artikel ini sungguh dalam dan luas, gue perkirakan sang penulis pasti selevel Director atau minimal selevel GM marketing. Lha terus apa motifnya nulis di Blog yang seperti ini Bro?

    Tapi gue salut aja ama Bro K0meng. “This Blog Very Interesting One, Awesome.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s