Trend Asimetris menyentuh Design roda 2 tanah air

Emang sih kalo kita tidak terbiasa melihat suatu Design yang Asimetris, saat pertama kali melihat New Tiger dengan desain lampu depan yang asimetris akan tampak aneh. Ya…aneh.

tiger-asimetris-head-lamp

Apakah emang aneh…ngak juga, terus terang bentuk asimetris sering kita temukan dalam kehidupan sehari-hari, bahkan beberapa bentuk yang dahulunya selalu di buat oleh manusia dengan desain yang simetris, kini selalu didesain dengan bentuk asimetris. Contoh: bangunan rumah, potongan rambut, dan bahkan berbagai furniture di dalam rumah kita. Hayooooooooo…bener ngak?

rumah-tropis-minimalis

Lihat saja bentuk rumah kuno, seringkali bentuknya simetris antara kiri dan kanan, potongan rambut model kuno juga termasuk dalam bentuk simetris. Bahkan furniture kuno, seringkali bentuknya selalu dibuat simetris. Lha kalau jaman sekarang susah juga kita cari bentuk rumah yang simetris antara kiri dan kanan, jadinya bentuk rumah akan mirip puri berhantu hie hie hie….. Atau cari saja potongan rambut modern yang simetris, mungkin yang ada cuman model “Mohawk” ==> lho ini juga khan model kuno sejak jaman Indian kuno…. Yang ada sekarang adalah trend rambut asimetris dimana layer-layer rambut akan membentuk pola tak beraturan yang indah bahkan cenderung rancak. Bagaimana dengan Furniture? kalo modelnya simetris akan mirip dengan kaca rias dan almari nenek gue yang ada sejak jaman londho…he he he…

Bagaimana dengan trend asimetris pada sepeda motor?

Rupanya langkah AHM cukup berani dalam menerapkan desain lampu depan yang asimetris pada Tiger terbarunya. Baguslah ada yang berani memulai suatu langkah maju dalam sejarah desain roda 2 di Indonesia, Salut…!!!

Siap-kah masyarakat Indonesia menerima desain asimetris pada kendaraan roda-2?

……………………………………..???

Nah kenekatan AHM kali ini memang ditunjang dengan penggunaan mesin kuno tradisionil pada motor dengan target segment yang “modern-ekspresif-way of life community” ini. Tetapi bagaimanapun juga penggunaan desain asimetris ini juga bukti langkah cerdik marketing AHM ditengah himpitan dan keterpaksaan penggunaan mesin tiger tahun 90-an. Wah…wah…wah…seandainya saja desain lampu asimetris itu bukan lahir ditengah keterpaksaan untuk way out solution dari penggunaan mesin lama tiger tahun 90-an, tetapi lahir bersamaan dengan penggunaan mesin muktahir generasi terbaru untuk mesin model cruiser sport Honda berteknologi tahun 2008-an. Ya…seandainya keputusan yang terakhir itu yang menjadi pendorong untuk lahirnya desain asimetris pada head lamp New Tiger maka gue berikan Standing Applaus untuk AHM, dan tentu saja dengan Doubble Tumbs Up juga.

Apapun yang terjadi just; Uhuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuy!!!

58 thoughts on “Trend Asimetris menyentuh Design roda 2 tanah air”

  1. walahhh kalo mau asimetris jangan cuma lampu depan ama speedo-nya donk …!!!, bikin juga tangki asimetris kanan-kiri beda or suspensi asimetris kanan lebih panjang daripada kiri or skalean … pengemudinya asimetris ……

  2. tigi jadul mata jileng mesin reyot mau ngalahin VIXI huehueheueheueh MIMPI YANG TERTUNDA ,dah mimpi tertunda lagi jadi apa??? Ngigau kali yah hehehehehheheheheheh

  3. @si jago irit

    keren dagadu kui

    lha cewek aja komen tuh motor aneh bin ajaibx jelek banget, ko dibilang keren.
    kalo mau revolusi tuh keseluruhan jangan setengah2 body gonta-ganti mesin jadul ko dibanggain.

  4. Kl menurut saya,AHM berani mengambil tindakan untuk perubahan mode karena mau jadi yang paling lain dari yang lainya. Ga seperti YMKI yang ga berani berevolusi. Masa ngeluarin X1R ama R 15 aja masih mikir 1000 kali. Padahal tuh motor banyak yang ngantri…. Ayo yamaha tunjukan keberanianmu menyaingi perubahan jaman!!! UUhhhuuyyy….

  5. @apatis
    apa lagi otaknya si tukang ngiritttt lebih asimetris makanya komennya eror terus bhuahahahahahhahaahhahahahahaaahahaaha

  6. Huahahaha……………………… komennya gokil uabis…hahahahahhaha uhuk uhuk!
    salam humor bro..serius ne pd kbenyakan nonton film kartun!!!gara2 asimetris ney…huuuuuhuhuhu.

  7. kalian semua emang orang yang gak ngerti seni.
    gak canggih, gak maju, ketinggalan jaman, apalagi si xxl01010101 itu, mati hidup terus (01010101) bhuahahahahaha

    kalau maju jadi no1 kayak Honda itu kalian semua harus THINKING OUT OF THE BOX! ngerti ora?? harus menjadi trendsetter jangan jadi follower!

    sepertinya otak fans nya yemehek itu yang asimetris! pada miring semua! huahahahaha

  8. elu mau ngomong apapun, buktinya sampai sekarang Honda tetap no1 dan akan tetap jadi no1. mesin elu yang tukang kencing di jalan itu aja yang di keluarin dari BOX terus di bawa ke pasar rombeng!! huahahahahaha

  9. @hekers…
    stuju ma usul sampeyan,,,
    gw tambahin niy, lampu senter seblah kanan, lampu kiri pake lilin….
    Dari dulu begitulah mbah tiger,, cuma ganti baju ngga pernah ganti Daleman (mesin),,,

  10. Nih tiger wkt aq ma tmen2 ce q lihat di pameran. . .Wah, yg ce2 pada nyela semua n bilang ‘JELEK’

    Xixixi, pduli amat ma out of the box. . .Lu makan telek kebo aja sono, out of the box tuh. . .Gag ada yg nyamain. . .Wkwkwk

  11. @all
    kesimpulan nya si jadul tiger lampunya ASEMmetrik…asemmm dr dulu mesinnya asem mulu ….! Bhuahahahahahahahahahhahaahhaha

  12. emang susah ya ngomong ama orang yang gak ngerti desain!
    arsitek desain nya tiger itu JAUH lebih pinter daripada elu-elu pada, termasuk temen-temen cewek elu itu. pasti mrk cewek2 yg rambutnya dikepang 2 kayak sitinurbaya itu, yg gak ngerti mode alias katrok! udh gak ngerti desain, katrok pula, gmn bangsa ini bisa maju kalo org2 nya kayak kalian?? sadar men, desain hrs futuristik, spt HONDA YANG MENDAHULUI TREN alias TREND SETTER!! jgn kayak yemehek, udh katrok, jaduk, gak brani inovasi lagi, pantes ampe skrg ga bs jd no1. bhuahahahaha

  13. @jago ngurut

    ente tau gag, honda tu cuma bisa menang cuma gara2 honda masuk lebih dulu di indo daripada yamaha. . .

    gag usah bangga2 amat lah. . .

    lha nek bikin desain itu mbok ya yang orang2 umum bisa bilang bagus, kayak r125 ato gsx r

    motor kan bukan cuma buat orang2 yang sok iso n sok ngerti ngedesain. . .wkwkwk. . .

  14. gw sebagai desainer (bukan motor/baju alias arsitek) bakalan marah udah cape2 bikin dihina, udahlah jgn menghina toh anda tdk rugi baik moril ataupun materil coba bayangkan ketika anda lembur kerja capek pulang pagi, tp orang-orang bilang “ah, cuma cari perhatian bos doang paling cuma pengen naek pangkat”, bayangkan betapa marahnya anda saat itu, ketika istri dan anak menunggu di rumah, anda capek kerja respon orang seperti itu, cobalah bilang “bagus” walaupun hanya bohong tp akan menyenangkan hati orang,tidak ada konflik.
    (Mario teguh mode:on) walaupun ilmu saya masih jauuuuuuuuuuuuh…….. Dibawah beliau,
    Peace and safety riding

  15. oh iya, 1 lagi saya bukan orang AHM,YMKI,ISI,KMI,BAI,dkk, saya hanya amatiran tentang motor sekaligus desainer, jd kalau ada salah kata mohon maaf, dan tolong dikoreksi.
    Terima kasih

  16. @galuh

    ya jangan marah donk kalo desainnya dblg jelek

    ibarat orang garap ujian. . .Aduh uda susah2 belajar, uda mkir cpek2, tp nilainya jelek. . .Lha kalo emg jwbnnya salah ya salah. . .

    Kalo mnrtq bgus ya tak blg bgus, low jelek ya jelek. . .

  17. si suara mesin rusak
    org bisa maju kalo dihargai. dengan dihargai, org akan mengeluarkan best performancenya, bkn dgn dikrittik2 trs gt.
    saya sangat setuju sama bro galuh, siip bro, anda emang sungguh bijaksana, gak salah jd penggemarnya mario teguh.

    paling enak kita buktikan aja, kita lihat, biar konsumen yang menentukan siapa yang paling canggih n inovatif.

  18. @jago ngepriiiirit
    konsumen pasti lebih suka yang bermata normal dan gak pinceng sebelah. Atau jangan-jangan wajah dan mata aslimu juga asimetris seperti otakmu!

  19. @sound

    Terima kasih koreksinya mas! Orang memang harus di kritik untuk maju, jangan di puji terus, kritik adalah proses untuk dari baik jadi lebih sempurna, kalau di puji, orang memakai narkoba lalu orang sekitar/keluarga bilang “keren,bagus!” orang tersebut akan semakin hancur, “kritik adalah pujian yg kasar”
    Salam

    Ps:maaf kalau avatar beda(email sebelumnya sampah)

  20. @all

    Bukan maksud saya menggurui, saya hanya menyampaikan ilmu yg saya terima, itupun hanya sedikiiiiiiiiiiit…. Sekali jika dibandingkan ilmu yg anda2 punya, jadi jangan marah.

    Salam

  21. @ g 36c

    ya gara2 org kayak kmu itu indonesia gak isa maju. emang bener kata pepatah anda tdk bs mengajari anjing tua tipuan baru.
    cobalah think out of the box

  22. @jago geprit
    lha out of the box oke, jangan out of deboog (pelepah pisang) dasar semut ungu banyak cing cong. liat sesuatu dari luarnya doang. yang pinter dan liat liat kondisi dong! atau jangan-jangan kamu yang ngerancang desain si patang penceng itu ya!

  23. Bagus atau tidaknya model asimetris ini sangatlah relatif, semua orang berhak menilai dengan sudut pandang mereka masing2.

    Tetapi terlepas dari bagus/tidaknya, out of the box atau tidaknya, menurut saya langkah AHM ini merupakan sebuah langkah yang tepat mengingat segmen pasar motor sport tentulah mereka yang relatif agresif, dinamis (tidak konvensional / kaku) yang biasanya akan terbuka dan menyukai hal-hal baru, termasuk dalam hal desain, dan satu lagi, desain asimetris ini justru akan memperkuat product image honda di type sport, karena honda yang menjadi pioneer design asimetris ini, bahkan mungkin hal ini akan memperkuat brand image honda dalam hal modern design, dimana selama ini honda dianggap sebagai produk “jadul” dengan conventional design.

  24. menurut gw sich tigy baru lumayan oke, tdi siang liat dijalan..kayanya kren, (gak bilang mesin yah, duch cape dech dari jaman gw smp kali)..dri sisi designer, gw designer Net..mungkin kedepannya bisa jdi evolusi bagus dibidang design motor,,, walau awalnya siapa..(kya honda HSX..injection pertama, yg laennya follower)..jdi walau cuma perubahan kecil..(pasti dong cetakan, mesin, cost, dll pasti ikut berubah kan) ..gw pikir gak asal desain dech orang AHM bkin begitu..sorry gw bukan H minded yah..(gw ada 3 motor dgn 3merk)…gtu aja seh..hehehe…btw, kalau kritik mungkin sedikit membangun yah…beda kalau kritik mencela..(itu sadis dan gak berguna)

  25. si tiggy meski embah-embah,, tapi gya nya tetep ngikut anak muda dong..
    malahan lampu udah gaya eropa..

    yang laen,ngakunya anak muda tapi kok pake gaya jadul..?? gak pemberani kaya tiggy yang berani tampil beda…

    yang bilang tiggy revo jelek, ya gitu dech, wong ndeso, gak tau apa itu desain. berarti juga masih katrok.. orang eropa aja bilang bagus..

    hanya orang yang tak mampu beli yang ngejelek2in si tiggy revo..
    ato jangan2 takut kesaing ya…??

  26. Yamaha membangkitkan raksasa tidur !

    Tahun 2007 Honda sempat beberapa bulan mengalami kekalahan dengan Yamaha. Selain itu Statement petinggi Yamaha juga cukup mantap, mau menggeser posisi nomor 1 yang selama ini dipegang oleh Honda. Yah.. untuk tahun 2007 selisih antara Honda dan Yamaha hanya 300 ribu unit saja walaupun masih terkendala masalah produksi. Dan untuk tahun 2008 Yamaha mengingkatkan produksi dengan pabrik barunya dari 1.8 juta unit menjadi 2.4 juta unit setahun dimana diharapkan pertumbuhan market share dari 39% menjadi 42%. hm…. fantastis !

    Tapi apa yang terjadi di Mei tahun 2008 ?

    Seperti Yamaha keteteran menghadapi Honda. Untuk penjualan per Mei 2008 tercatat terjual 541.797 unit motor ke market. Honda sendiri berhasil menjual sebanyak 250.891 unit, Yamaha 217.710 unit, Suzuki 66.202 unit, dan lainnya sebesar 6.994 unit. Secara kumulatif sampai dengan bulan Mei 2008,… total penjualan motor mengalami pertumbuhan 43.77% walaupun ada yang mengalami pertumbuhan dibawah 43.77%

    O..o … Siapa dia… ?

    Yamaha, mengalami pertumbuhan dibawah 43.77% yaitu sebesar 36.45%, Honda mengalami pertumbuhan sebesar 50.31% dan Suzuki 50.96%

    Sepertinya Honda berhasil menyumbat mulut Yamaha, dengan strategi Honda yang innovative. Memang Yamaha terlalu sibuk ngurusin indent dan buat iklan baru dengan gaya emak-emak yang menyindir. Memang meningkatkan penjualan, tapi Honda bergerak sangat cepat dan innovative dengan produk barunya.

    Yah… Honda sudah meluncurkan jagoan jagoan baru seperti Revo, Tiger Revo, CS1, Beat, yang teranyar yaitu Blade110R, dan masih banyak jagoan lainnya yang bakalan menyusul lagi . So pasti akan meningkatkan penjualan sekaligus meningkatkan mindset serta loyalitas konsumen Honda.

    Yamaha pasti tidak akan diam saja, lalu apa yang kira kira akan dilakukan oleh Yamaha ?

    Apalagi kalau ngak ikut-ikutan keluarin produk baru. He he he ….

    Selain itu Yamaha pasti akan mati matian memperjuangkan Matic yaitu Mio dan Mio Soul, karena Yamaha cukup bergantung pada kelas ini. Belum lagi Honda sudah diperkuat lagi oleh Honda Beat yang sepertinya akan sangat mengganggu penjualan Mio. Untuk Mouvo pasti di kurangi deh produksinya… Toh ngak laku.

    Untuk kelas Sport Yamaha Vixion. Walaupun diserbu oleh TVS dan Bajaj Pulsar, belum lagi Honda Mega pro, seharusnya motor banggaan Yamaha ini tidak terlalu perduli. Malah mungkin Honda mega pro yang akan tertantang oleh Bajaj Pulsar.

    Yang pasti kekalahan Honda beberapa bulan di Tahun 2007, membuat Yamaha telah MEMBANKITKAN RAKSASA TIDUR!!!!

  27. Yamaha membangkitkan raksasa tidur !

    Tahun 2007 Honda sempat beberapa bulan mengalami kekalahan dengan Yamaha. Selain itu Statement petinggi Yamaha juga cukup mantap, mau menggeser posisi nomor 1 yang selama ini dipegang oleh Honda. Yah.. untuk tahun 2007 selisih antara Honda dan Yamaha hanya 300 ribu unit saja walaupun masih terkendala masalah produksi. Dan untuk tahun 2008 Yamaha mengingkatkan produksi dengan pabrik barunya dari 1.8 juta unit menjadi 2.4 juta unit setahun dimana diharapkan pertumbuhan market share dari 39% menjadi 42%. hm…. fantastis !

    Tapi apa yang terjadi di Mei tahun 2008 ?

    Seperti Yamaha keteteran menghadapi Honda. Untuk penjualan per Mei 2008 tercatat terjual 541.797 unit motor ke market. Honda sendiri berhasil menjual sebanyak 250.891 unit, Yamaha 217.710 unit, Suzuki 66.202 unit, dan lainnya sebesar 6.994 unit. Secara kumulatif sampai dengan bulan Mei 2008,… total penjualan motor mengalami pertumbuhan 43.77% walaupun ada yang mengalami pertumbuhan dibawah 43.77%

    O..o … Siapa dia… ?

    Yamaha, mengalami pertumbuhan dibawah 43.77% yaitu sebesar 36.45%, Honda mengalami pertumbuhan sebesar 50.31% dan Suzuki 50.96%

    Sepertinya Honda berhasil menyumbat mulut Yamaha, dengan strategi Honda yang innovative. Memang Yamaha terlalu sibuk ngurusin indent dan buat iklan baru dengan gaya emak-emak yang menyindir. Memang meningkatkan penjualan, tapi Honda bergerak sangat cepat dan innovative dengan produk barunya.

    Yah… Honda sudah meluncurkan jagoan jagoan baru seperti Revo, Tiger Revo, CS1, Beat, yang teranyar yaitu Blade110R, dan masih banyak jagoan lainnya yang bakalan menyusul lagi . So pasti akan meningkatkan penjualan sekaligus meningkatkan mindset serta loyalitas konsumen Honda.

    Yamaha pasti tidak akan diam saja, lalu apa yang kira kira akan dilakukan oleh Yamaha ?

    Apalagi kalau ngak ikut-ikutan keluarin produk baru. He he he ….

    Selain itu Yamaha pasti akan mati matian memperjuangkan Matic yaitu Mio dan Mio Soul, karena Yamaha cukup bergantung pada kelas ini. Belum lagi Honda sudah diperkuat lagi oleh Honda Beat yang sepertinya akan sangat mengganggu penjualan Mio. Untuk Mouvo pasti di kurangi deh produksinya… Toh ngak laku.

    Untuk kelas Sport Yamaha Vixion. Walaupun diserbu oleh TVS dan Bajaj Pulsar, belum lagi Honda Mega pro, seharusnya motor banggaan Yamaha ini tidak terlalu perduli. Malah mungkin Honda mega pro yang akan tertantang oleh Bajaj Pulsar.

    Yang pasti kekalahan Honda beberapa bulan di Tahun 2007, membuat Yamaha telah MEMBANGKITKAN RAKSASA TIDUR!!!!

  28. analisa anda bagus sekali bro, tapi ada satu hal yang perlu tambahkan. Yamaha selalu naik market share nya mendekati honda pada saat demand motorcycle secara total turun (coba anda cek 3 tahun ke belakang). kalau demand market motorcycle naik, yamaha akan ketinggalan lagi (turun market sharenya). hal ini terjadi disamping karena problem produksi yang dialami YMKI (yang berpengaruh pada product availability network yamaha), juga karena penjualan honda menang telak terhadap yamaha di pasar LowEnd, sedangkan di pasar Premium hampir imbang, di pasar matic yamaha masih leading dengan Mio nya. Pasar LPM yang merupakan kontribusi terbesar menyebabkan menangnya honda di pasar low end ini menjadikan dia tetap market leader. tetapi dengan krisis global seperti ini, pasar LowEnd akan turun drastis. mampukah honda mengalahkan yamaha di pasar MAtic dan Premium untuk mempertahankan posisinya sebagai market leader??

  29. Jaman udah berubah coi….. Hanya Honda yang bisa berani mengikuti perubahan dan tren setter dunia…..

    Kalo Yamaha cuma bisa menjelekan merk Honda… Tunjukin donk kehebatannya, Jangan Tong Kosong nyaring bunyinya.

  30. lampu depan = asimetris (gede sebelah)
    sok depan = asimetris (tinggi sebelah)
    tangki = asimetris (gede sebelah)
    jok = asimetris (gede sebelah)
    ban = asimetris (gede sebelah)
    arm = asimetris (panjang sebelah)
    helm =HARUS asimetris juga dunk…!
    itu baru namanya seni…!

  31. ehmmm… Kawasaki mantap bisa ngeluarin 250, Yamaha melesat dengan inovasi Vixion (setelah unjuk gigi dengan Jupiter-nya), Suzuki lumayan keren dengan Thunder-nya (sebagai alternatif pilihan untuk penggemar motor ‘lelaki’ dgn harga terjangkau, Honda melaju dengan beragam inovasi setelah tertinggal beberapa saat oleh Yamaha… kondisinya simple, di Indonesia, bikin produksi motor mesti ngeliat pasar – segmentasi… mesti mikir kondisi lokasi, kemampuan daya beli, kemampuan produksi.. setiap rider memiliki wacana, wawasan dan kepuasan sendiri-sendiri…

  32. Mantep nih komentnya Jaya…

    Mau irit —> Thunder 125
    Mau murah —> Vixion
    Mau nge-klub —> Tiger
    Mau gaya —> Ninja 250R

    Kalo mau ngebut, ya beli “moge” aja (lagian mau sekenceng apa sih di jalan umum???)
    Kalo kita pgn dihargai, harus bisa menghargai orang lain dulu.
    Whatever Your Engine, We’re Brothers…

  33. Oalaah yang kasih komentar “kosong” g karuan, ketara komentar Orang katrok, kepengaruh iklan, follower, prangai kalian dijalan pasti sok2an Moge’ers sok pawai kaya bajengan motornya pakai “magic jar” di belakang…. satu kata 4SUUUU…..!

    mo yamaha kek mo honda kek!! gw punya dan pakai dua2nya….masing2 punya kelebihan dan kekurangan. Yamaha emang responsif, gesit diawal, kenceng banget, tapi asli boros banget, mesin cepet berisik, terlalu sering eksperimen mesin (contoh kaya balancing engine yg buat meredam getaran, yang padahal selesai dengan memberi besi pada ujung handlebar..terbukti generasi jupiter keatas dah g ada lagi balancing engine), terus iklannya lebih kaya “MALING TERIAK MALING” jujur gw g suka.. biasa aja lah, yang wus2 tuh siapa to? komeng kan??

    Honda, mesinnya jadul emang si, mungkin pemikiran Honda itu adalah desain mesin yang terbaik, ya memang sampai saat ini “rasa” mesin yang paling nyaman buat saya adalah Honda, karakternya halus, dan tidak bising serta irit disetiap kelasnya. Namuun mboknya “tampang” juga diperbarui, untuk kelas bebek bodinya ampun lah “ngeprek” semua getar bo! mohon dikoreksi lah pihak honda agar lebih konsen ke perakitan jangan mengejar target aja.

    Oke itu aja……..salam. Kalian yang sok fanatik merek, TAEK LAH!!
    makan tuh merek, bela-belain…mang dikasih berapa sama pemegang merek?? kasih komen yang berisi, mulut sampah doang isinya…. jancok!

  34. I loved up to you’ll obtain performed proper here. The sketch is tasteful, your authored subject matter stylish. nevertheless, you command get bought an shakiness over that you wish be turning in the following. in poor health unquestionably come more in the past once more since exactly the same nearly a lot steadily within case you protect this hike.

Leave a reply to si jago irit Cancel reply