Honda semakin Yamaha dan Yamaha semakin Honda!!!

images-honda

Semenjak Honda dipecundangi dalam beberapa bulan di tahun 2007 oleh Yamaha, terjadi cuci darah dalam kubu management Honda (AHM). Naga ini mulai bangun dari tidurnya yang lelap dan mulai melirik kompetitor yang telah menusuknya itu. Dengan management yang gemuk tersebut, ternyata perusahaan ini masih dapat bergerak dinamis dan cepat setelah terjadinya cuci darah.

Dalam hal product, AHM cepat berbenah, dimulai dengan perang di segment matic mereka langsung berani menurunkan Vario yang unggul dalam sisi teknologi dibanding raja matic saat itu, Mio.

Untuk mengubah image “motor jadul”, mereka bahkan berani mengambil langkah cepat untuk mengubah desain Supra Fit yang segera habis masa life cycle engine-nya dengan model “sementara/peralihan” yang cukup revosional di mata Honda AHM saat itu, yaitu Revo.

Ikut-ikutan demam revolusi, bahkan Honda Tiger juga muncul varian REVO-nya. Sport sebagai flagship Honda Indonesia ini juga harus memberikan image yang baik bukan? Bahkan saat ini Trend Asimetris yang diklaim pihak AHM sebagai trend motor besar di eropa alias trend modern berani diaplikasikan lagi pada Honda Tigernya. Ini bentuk perlawanan Honda untuk menghapus image Jadul, mereka ingin menancapkan image Modern dan Pioner!

Saat ingin melakukan perlawanan maksimal di pasar matic, Beat yang lebih modern dari Mio juga tidak pelit-pelit dikeluarkan oleh Honda dengan harga yang cenderung kompetitif. Ada apa ini? bisa disimpulkan Honda sudah memegang kartu Truf dalam lini produk ini yang masih disimpan untuk moment yang tepat, untuk momen penghabisan.

Lebih gila lagi, keluar versi “gado-gado” ala AHM. Yaitu ; CS-1 yang aneh bagi sebagian bikers. Sebenarnya product ini untuk membuktikan bahwa Honda memiliki mesin high performance, cc kecil tetapi tenaga DAHSYAT!!! Image kedasyatan mesin ber cc kecil Honda ini untuk memuluskan jalannya Blade dan untuk membungkam koar-koar Yamaha dengan Jupiter Z 110cc-nya yang mampu menandingi bebek kelas 125cc.

Bahkan terakhir ini, naga kecil Honda dikeluarkan, Blade 110 R yang memiliki performances oriented tidak lagi mendengungkan kata-kata irit, yang didengungkan adalah kata “winning” yang mengacu pada performa yang luar biasa untuk mesin 110cc-nya itu.

Honda kini berubah semakin Yamaha.

images

Lalu bagaimana dengan Yamaha sendiri?

Setelah berhasil membungkam Honda selama beberapa bulan itu, kebijakan YMKI semakin konservatif saja, selalu bermain dengan Image yang seringkali diexecuting melalui Advertising, Promotion dan Promotion Activity.

Ingat selama ini Yamaha pernah membungkam Honda karena melalui kekuatan product mereka, bukan karena image coorporate-nya. Ingat Jupiter Z yang perkasa di jamannya, Mio yang masuk dalam dasar hati kaum hawa Indonesia, disukai wanita maupun pengemudi pria! kemudian muncul MX yang fenomenal dengan teknologi mesinnya yang luar biasa untuk kelas bebek di Indonesia. Masih kurang juga, V-ixion segera mengikuti sebagai Sport paling canggih di Indonesia untuk kelas 200cc ke bawah / light sport.

Mengapa kebijakan YMKI semakin konservatif saja?, selalu bermain dengan Image yang seringkali diexecuting melalui Advertising, Promotion dan Promotion Activity?.

Bukannya para petinggi YMKI tidak menyadari kekuatan Yamaha yang sesungguhnya ada pada product mereka, justru mereka merasa kekurangan mereka di bidang mengolah Image dibanding Honda. Maka tidak usah heran jika kebijakan mereka saat ini lebih bermain ke arah Image. Yang jadi masalah cashflow Yamaha itu sangat terbatas dibanding Honda, disaat mereka keasyikan membangun Image, justru Honda bangkit dan menggelontorkan berbagai Product unggulan. Yamaha yang terlanjur focus di Image dengan berbagai Activitynya, kini mati kutu. tidak mampu menahan serangan, andaikata masih bisa menelurkan New Mio di tahun ini, itupun tindakan tergesa-gesa yang terpaksa harus dilakukan untuk menahan gempuran Beat.

Masalah bukan hanya dari sisi operasional saja, dalam managerial kini banyak tumbuh manusia pemimpin berotak batu yang sudah terlanjur besar kepala dengan kemenangan semu yang sementara itu. Bagaimana mau berusaha, mereka sangat percaya diri dengan segala macam strategy untuk mengangkat penjualan melalui Image. Belum lagi semua jaringan Yamaha tidak terbiasa dengan sistem pelatihan yang modern, akibatnya terjadi lag dalam peningkatan kualitas SDM.

Satu-satunya senjata yang dahulunya pernah membuat Honda terpojok, yaitu Product yang hebat, kini malah terlepas. Ganti pihak Honda yang mempergunakan senjata itu dengan image besar Honda mendukung di-belakangnya.

Hayo…bingung nich Yamaha, sekarang mau kembali memperkuat product juga sudah terlambat. Product Planning gak bisa diburu-buru dalam waktu dekat, harus penuh perencanaan dan Visi ke depan. Belum lagi infrastruktur dan perencanaan proses produksi untuk mendukung product yang baru tersebut. Bahkan berbagai komponen pendukung dari aneka suplayer tidak bisa begitu saja tersedia tanpa kontrak yang jelas. Nah satu-satunya jalan bertahan dengan strategy semula, yaitu memperkuat imagenya sekuat-kuatnya, disemua lini product yang masih memungkinkan sambil menunggu saat yang tepat dan tenaga yang tersedia (cash flow) untuk kembali membenahi jajaran product-productnya.

Lihat saja kebijakan Yamaha saat ini, selama product masih laku, ya di Branding dulu aja untuk mengumpulkan tenaga (cash). Kalau product masih itu-itu saja, ya tugas bagian marketing-promosi untuk membuat jadi product yang bukan itu-itu saja.

Ya, kini Yamaha semakin Honda aja.

Ingat di bisnis motor ini, Factor Product sangat berpengaruh terhadap kesuksesan penjualan suatu merk!!! Moga-moga saja di tahun  2009 nanti, Yamaha kembali menemukan momentumnya untuk kembali mengeluarkan product yang berkualitas bagi konsumen pada umumnya dan komunitas Bikes pada khususnya.

Uhuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuy!!!

101 responses to “Honda semakin Yamaha dan Yamaha semakin Honda!!!

  1. pertamaxxx

  2. nomer dua hahahaha

  3. sekaligus nomer 3

  4. mending sportnya aja dl yg diseriusin…..fz16….r15…..fazer….hehehe😛

  5. @arrow
    waduh Bro, kontribusi sport khan kecil banget demandnya, paling juga 12% dari total demand.
    Bisa ruyam…hehehe…

    Bocoran-bocoran…emang ada sedikit keseriyusan disana sih YMKIna…ditunggu-ditunggu ajya. ya…

  6. memang itulah luar biasanya Honda, dengan mesin yang irit, tetap aja bisa lari kencang.

    sebaliknya emang ada yang boros tapi gak bisa lari. yaitu tuh motor yg suka pipis di jalan…. huehehehehe

  7. si jago ngipriiit

    heee seripit ngirit terus.

    siapa bilang Blade tuch irit. Ini penipuan halus cara Honda. CCnya kecil cuma 110cc, tapi mesin diowok-owok biar cepet dan performa gak kalah ama Yamaha. Tapi kalo udah diowok-owok walo cuma 110cc bensinnya bocor terkencing-kencing kaya yang 125cc. Bego lue kagak ngerti mesin apa?

  8. eh dungu bin oon, biar diowok2 diobok2, diapa-apain pun paling2 cuma beda bbrp %, gak mungkin jd kayak 125cc. logika dari mana?? dari hongkong?? mikir mas, pake otak, jgn pake dengkul

  9. si jago ngipriiit

    Bhuah ha ha ha ha…..
    Irit terus aja, padahal bocor alus kagak kentara!

  10. si jago ngipriiit

    eh mas…pernah ikutan road race belum..tuh motor 4tak 110cc bensinnya lebih boros dari pesawat ane! goblok dungu.

  11. Priiiiiit…
    cc emang salah satu faktor konsumsi bahan bakar pada mesin.
    Tetapi logikanya kalau pakai cc yang sama tetapi out put tenaga berbeda besarnya maka mesin dengan efisiensi mesin yang sama inputnya juga harus berbeda donk! ini Hukum thermodinamika Bro!!!

    Bisa jadi mesin dengan cc lebih kecil akan lebih boros kalau harus mengeluarkan out put yang tinggi.

    Uhuuuuuuuuuuuuuy!!!

  12. Hua ha haha..
    Si jago irit itu udah usang, goblok ketinggalan jaman. Mati aja loe ama bangkai Honda Legenda!

  13. si jago ngipriiit

    He he he…
    Liat aja orang blooon ngirit terus mana ada yang ngikutin…
    Jaman gini masih ngirit, apa kata dunia?

  14. Emang bisa cc lebih kecil tenaga lebih besar bisa lebih boros?

  15. Kalo bicara soal mesin, maka effisiensi mesin akan menentukan ratio output terhadap input.
    Misal effisiensi pada mesin 110cc 4tak sohc 2 valve mesin A adalah 44% maka dengan input 20 maka outputnya akan 8,8
    Sedang effisiensi pada mesin 110cc 4tak sohc 2 valve mesin B adalah 42% maka dengan input 20 maka outputnya akan 8,4
    Mesin yang lain yaitu mesin C dengan kapasitas 115cc 4tak sohc 2 valve memiliki effisiensi mesin 45% maka bila inputnya 19 maka outputnya 8,55. Jika inputnya sama 20 maka outputnya 9,0. Jika mesin C memiliki output yang sama seperti mesin A yaitu 8,8 maka inputnya19.5

    Bagaimana ilustrasi di atas bisa menjawabnya?

  16. huaammmmmm..y udh jgn brantem ah..sama2 tgl di indonesia tcinta kan?hehe..yah honda kan emnk irit,bnr kok stuju bgt..yamaha agak boros,tp balik lg k user na..kl memank kuat& ga masalah sm bensin ya wes gpp toh..gw jg pake motor honda&yamaha kok..pake honda grand krn irit na bnr2 raja irit,pake MX jg yg boros na ampon2 tereak2 meski cm jln ga jauh,wkwkw..tp gpp,kan ada klbhan masing2,yg 1 dibuat santai2 &irit,yg 1 lg kbuthan wkt&model na yg keren abis…makanya jgn brantem ya sodara2 ku tcinta,sesama user motor byk sisi yg bs dipandang kok,jd kelebihan kekurangan itu psti ada,tgl kita bgmn mnyikapi na ^^ peace bro ^^

  17. Wah komen disini semuanya pada melenceng dari tema artikel………………..
    Ue setuju kalau Honda semakin Yamaha dan Yamaha semakin mbahe Honda!
    Pergeseran yang saling bertukar posisi kayaknya!

  18. si jago ngipriiit

    @ jago irit
    Nah Kabuuuuuuuuuu loe…
    Emang irit terus bisa apa? ini bukan jaman romusa Jepang

  19. eh blo’on, tuh ada yg ngomong honda emang lebih irit. mau ngomong apalagi lu? daasar o’on!

    jaman susah gini ya hrs milih yg irit goblok?!

  20. si jago ngipriiit

    irit apanya? Supra fit aja kalo balapan ama jupiter z pasti lebih boros supra fit, apanya yang lebih irit!
    belom lagi mesin you punya supra pasti cepet ancur. mana onderdilnya mahal kali. ngirit belum tentu nyaman di kantong dan dompet.

  21. Emang spare-part Honda tu yang paling mahal kale. Sama mahal boleh tapi Kualitas kalah ma Suzuki. paling nyaman di kantong tu spare part Ymaha. so yang paling irit belom tentu ramah di kantong, saapa tahu irit malah bikin kantong bolong.

  22. yang irit bukan mongtornya tapi orangnya… jaman susah begini klo orangnya begajulan… sama aja punya montor apa aja… boros-boros juga…

  23. Bikin motor baru kan tidak gampang. Apalagi litbang perlu dana dan waktu yang banyak.
    Konsumen sih maunya kayak handphone, tiap bulan muncul yang baru.
    Kemarin YMKI all out di semua lini, sekarang ambil napas dulu. AHM kini mengeluarkan berbagai macam produk baru, tapi sebentar lagi juga ‘istirahat’, nunggu BEP..

  24. @bootdir
    Kayaknya tahun depan AHM masih mau glontor produk baru lagi. ada 4 lagi menurut info bro k0meng di artikel new honda 2009

  25. Yang jelas YAMAHA udah MEMBAGUNKAN RAKSASA TIDUR. Jadi…
    WASPADALAH!!!!!
    WASPADALAH!!!!!

  26. ada kembar siam ribut mulu…..ntar malah kapit cirit lagi….😛

  27. Honda semakin Yamaha dan Yamaha semakin Honda adalah kalimat yang cukup tepat untuk saat ini, bila melihat telur-telur yang dikeluarkan oleh kedua pabrikan tersebut, pada tahun 2008 ini kita bisa melihat honda begitu agresifnya banyak menelurkan produk2 yang bertujuan untuk memukul balik lawannya yang selama ini menyerang mereka.

    CS1 adalah telur pertama honda pada tahun 2008 yang berfungsi sebagai gajah pada kelas bebek yang bertujuan untuk menjelaskan kepada konsumen bahwa Honda mampu untuk membuat produk yang setara atau melebihi Yamaha Jupiter MX.
    Beat adalah telur berikutnya dari honda yang bertujuan untuk merebut Mahkota Raja Matic dari tangan Yamaha Mio apalagi Beat memiliki beberapa keunggulan dibandingkan mio seperti Secure Key Shutter, Parking Brake Lock, Side Stand Switch.
    New Tiger ?????(mungkin karena penjualannya semakin merosot)
    Blade 110R adalah telur terakhir Honda pada tahun 2008 yang bertujuan menohok Jupiter Z yang telah lama melalu lalang lebih 5 tahun sebagai raja 110cc dan juga sebagai pengganti revo yang masih mengunakan mesin lawas sehingga citra jadul pada kelas bebek akan hilang dari honda.

    jelas sekali sekarang honda sedang memainkan jurus yang sama dengan yamaha dimana jurus itu telah dimodifikasi, seperti Vario yang menyerang mio melalui Parking Brake Lock dan Beat yang menyerang mio melalui keiritanya, bukan rahasia lagi mio terkenal dengan borosnya.
    sedangkan untuk CS1 dan Blade honda tidak terlalu memikirkan keiritan tetapi menitik beratkan pada kecepatan serta Design yang ciamik.

    Sedangkan Yamaha pada tahun 2008 ini hanya menelurkan 2 produk yaitu Mio facelift dan Vega ZR, untuk Mio cukup terbantu dengan image Mio yang terkenal sebagai pionir Matic sehingga sudah tertancap dibenak konsumen bahwa untuk matic mio laj pilihan pertama sehingga mio masih merajai kelas matic, Vega ZR adalah telur yang dikeluarkan pada JMS 2008 ini membidik kalangan muda, yah sangat tidak adil membandingkan Vega ZR dan Blade 110R karena pangsa pasar yang dituju sangatlah berbeda, Vega ZR ditujukan untuk kalangan muda yang doyan kecepatan dengan dana terbatas serta tidak mengurangi keIRITAN, jadi Vega ZR cocok untuk anak muda yang masih mengandalkan dana dari orang tuanya.
    untuk Yamaha segeralah akhiri pesta kemenangan dan cepatlah bersihkan piring kotor serta segeralah untuk memikirkan kembali dalam perencanaan produk yang akan keluar diakan datang akan Bagus secara Design, Cepat untuk larinya serta Irit dalam konsumsi bahan bakarnya sehingga judul diatas bisa dirubah Yamaha semakin cepat dan Yamaha semakin irit.

  28. Yamaha go to laut aja,honda go..go..go…!
    We love u honda.
    @ngipritt modaro karo yamaha kono!

  29. yg mesinnya ancur itu ya jupitre mu itu!
    lihat tahun dpn, jupi z mu pasti diasepin ama blade!
    awas, raksasa tidur sudah bangun! siap2 yemehek digencet abiz!! hehehehe

  30. yamaha emg ga irit2 bgt,tp akselerasinya mantap bro,cocok dgn anda yg berjiwa muda.
    honda emg irit tp power ma kalah jauh ama yamaha deh.
    klu emg produk2 baru nya honda bisa diandalkan,coba bikin kejuaraan road race,yach pertama2 omr dulu deh,klu dah agak mumpuni,kita perang terbuka dgn yamaha ato suzuki kalo perlu kawasaki jg diundang,mana yg bener2 hebat.
    tambahan lagi,mau lbh irit lg pake motor listrik aja…..

  31. yamaha juara indoprix 2008 hooky krisdianto juara kelas 110 dan 125 cc tim yamaha tdr petronas, yamaha juga juara konstruktor 110 dan 125 cc
    trus dimana honda katanya kenceng
    CS-1 mana ko’ ga brani ikut indoprix
    takut diasepin jupi Z kale…..

  32. @heru
    Mas Heru, ente tau ‘ga klo motor Yamaha yg dipake Hoky K di berbagai ajang tu hasil riset langsung dari Yamaha SWEDIA bukan YMKI? SEKALI LAGI : bukan hasil riset mekanik YMKI! Dan komponen racingnya 80% adalah part dari luar?
    Jadi klo dipikir-pikir ndak ada yg patut dibanggain dari Jupie Z-nya si Hokky. Lah nyatanya Jupie Z pembalap lain yg hasil riset mekanik dalam negeri, (yg juga) menggunakan part luar aja belum bisa “bersuara” apa-apa. Gitu aja kok dibanggain? Klo dikadalin mah iya!
    Bukti lain? Liat aja Doni Tata yg ngga bisa apa-apa di GP 250. Fiuuuhhh…

  33. saia lagi ngebayangin gambar di avatarnya jago irit dan jago ngiprit brantem.. kocak juga nih..

  34. @xb12

    iyah kocak bgt
    wkwkwkwkwkwkwkwkwkwk!!!

  35. Blade, top speed nya cuma 110 kpj?? Sama dong kaya Jupiter Z n Vega R…..

  36. dari pembacaan di atas, saya rasa situasinya mungkin sama di seluruh asia tenggara..

    pelaburan besar-besaran yamaha seiring dengan pengambilan valentino Rossi pada tahun 2004 sudah membuahkan hasil jangka pendek, peningkatan sales yamaha yang mendadak di asean termasuk penghasilan pelbagai produk2 baru. kesan jangka panjang mungkin sudah mula dirasai sekarang..yamaha akan lebih kepada ganti baju kerana mesin2 semuanya masih baru. jadi memang ada betulnya kalau yamaha akan seperti honda sekarang.

    honda pula sudah memulakan enjin generasi baru untuk mengukuhkan lagi pasaran. walaupun enjin2 lama masih bersaing kuat.

  37. Kalo gue coba kok top speednya cuma 105km/jam. kalau diurut bisa 108km/jam sih.

  38. Lebih tepat “AHM semakin YMKI dan YMKI semakin AHM”

  39. Betooooool. Setuju

  40. Ga ada kata YAMAHA ataupun kata HONDA ..
    boleh dech diadu dua merek tersebut ma mtr saya ..
    SCOOTER PXE 200 1995 ..
    bensin irit tenaga dahsyat ..
    ayo dripada HONDA vs YAMAHA
    HONDA&YAMAHA vs SCOOTER EURO ..
    hahaha ..
    KING ma NINJA ja dilibas neh pake korekan SCOOTER di DAGO ..
    wkwkwkwkwkwk ..
    LoVe BiKeRs BRoTheR

  41. 7 tahun pake vega..

  42. hehehe saya malah pindah ke suzuki gara gara adanya skywave 125cc….

  43. anti fanatik merk motor… doyan semuanya…. whe he he he heeee….

  44. @Komeng,
    suzuki semakin apa Meng? Kawasaki semakin apa?
    YMKI kehabisa napas Meng…. Seperti prediksi awal, yang punya napas panjang yang akan menang di pertarungan yang panjang… Dan mungkin ada kuda hitam yang akan ambil keuntungan dari pertarungan itu

  45. dari survey,…
    faktor kenyamanan…….., penyebab jiwa muda memilih yamaha..,
    kalo yg tua pastilah memilih honda, udah seniorkan honda,, dgn system yg udah tua, perhatikan spesifikasi mesinya, dari astrea90 smpe revo sama, beda dinaikin cc nya doank, bgtu juga tiger revo,.N supra125,, cma naik cc nya!
    gimana dgn yamaha,.. udah biasa motor tu yg bisa baca perkembangan specnya yamaha, anak muda’kan,,. OK!

  46. kutunggu honda di indoprix pake riset manapun part manapun silahkan bebas ga da yang larang

  47. dipasar senggolpun tetep paling kenceng ga perlu jauh2 indoprix

  48. reply pertama gue di blog ini….
    kenapa nggak pakai filosofi mio bro komeng…tabur tuai
    mumpung blm ada yg keluarin motor listrik skr aja riset motor listrik …. pasti laku.
    ampe skr gue nunggu ATPM (dr AISI) ngeluarin motor listrik… coz ampir beli motrik made in china tp liat body plastiknya … hiiii ngeri nggak jadi deh

  49. judulnya dalem banget dan . . . Unik😀

  50. Thanks Bro Taufik

  51. inovasibisnistop

    Pernah gak kepikir kalo Honda sama Yamaha dikawinin? Pasti keturunannya bisa jadi spesies handal yang bisa bikin merk2 lain di seluruh dunia pada tunduk takluk dan berkata “Sendiko Dawuh”.Trus spesies itu dikasih nama “HoYama”,gitu looh….

  52. Yamaha tobat ugal-ugalan di jalan… makanya sekarang jadi kalem2 motornya…

  53. setuju ma genesis +taufik …taglinenya menancap ke daleeeeemmmmmmm-…….jleb-jleb-jleb………

  54. congrat oom Genesis, artikelnya bagus
    semoga petinggi Yamaha ikutan baca nih artikel.
    emang bener koq apa yg ditulis di artikel tsb. kyknya petinggi Yamaha mabuk kemenangan (yg cuma sekali). Yg dilakukan adalah berkoar2 di dunia marketing, apalagi dengan deketnya petinggi Yamaha dengan Hermawan dan Handy Irawan makin kenceng aja memperkuat image di dunia marketing, tapi lupa sama kekuatan produknya.
    kyknya perlu diganti aja nih dengan darah segar seperti yg dilakukan AHM dan terakhir Suzuki. Ternyata diem2 Suzuki juga mengganti jajaran petingginya.

    peace bro !

  55. Cupumaster-seiei

    Blm ada yg bisa mbuktiin blade ngalahin jupi z. . .Lihat spesifikasinya di web msg2. . .Jupi msh unggul. . .

  56. blade apa vega zr…?
    Polygon aja….lebih irit dan ramah lingkungan..he..he…he..

  57. begitulah hidup, ada kalanya dicaci maki. adapula saat bahagia.

  58. dah honda fokus aja buat mobil yg murah..ga usah ganggu lahan yamaha di motor…gt aja kug repot..
    sama dari jepun juga…

  59. @yamahal
    lha nanti karyawan Astra Honda gak gajian…. Karyawan Honda Prospect naik gaji……

  60. AKARTA – Pada pameran motor terbesar di Indonesia, Jakarta Motorcycle Show 2008 yang telah berakhir hari Minggu kemarin, PT Astra Honda Motor (AHM) berhasil menguasai peraihan penghargaan Motor Plus Award.

    Penyelenggaraan Motor Plus Award diadakan untuk memberikan penghargaan kepada motor-motor terbaik dari berbagai kategori. Dan AHM berhasil mendominasi hampir setiap kategori yang diperlombakan. Yang paling membanggakan tentu dengan berhasilnya Honda CS1 sebagai Bike of the Year 2008.

    Selain itu motor bebek sport keluaran Honda ini juga menyabet penghargaan Rookie of the Year dan desain terbaik. Selanjutnya untuk motor Ramah lingkungan terbaik diraih berturut-turut, Honda Revo, Honda CS1, Honda Vario, serta Honda Mega Pro.

    Sedangkan produk AHM yang menyandang gelar Best Fuel Consumption, yakni Honda Revo, Honda Supra X 125 PGM F1, Honda CS1, dan Honda Tiger. Honda Tiger juga digelari Respected Bike of the Year oleh Motor Plus.

    Terakhir, untuk kategori Best value berhasil diraih Honda Supra X 125 PGM-F1, Honda CS1, dan Honda Vario.

  61. artikelnya bagus2!
    lumayan bisa tambah wawasan
    yang mpunya warung, Top Banget deh! (sambil angat jempol)

    tapi komennya kok… hehehe! lucu2
    kayaknya pada punya dealer masing2 ya?!

    dilanjut aja broz!, hehehe :rol:

  62. @dikz
    Thank You da mampir dan ikut ngerumpi disini.
    salam Uhuuuuuuuuuuuuuuuuuuuy!!!

  63. Ya begitulah YAMAHA, hi hi hi jadi Lucu . . dulu saat Vario Baru keluar, Yamaha langsung tanggap dengan mengeluarkan Iklan dengan Muatan info bahwa ada matic ‘Gendut’ baru keluar . Tapi setelah itu, selang beberapa bulan Yamaha Mengeluarkan Mio Soul yang notabenenya . . . ‘gendut’ juga . Yang menarik untuk ditunggu . . . setelah dulu yamaha mengeluarkan Iklan dengan Muatan sesendok bensin . . . apakah di hari-hari kedepan Yamaha akan megeluarkan Motor dengan jargon irit?

  64. .. haya elo elo pada ngomoning motol punya nagala owe.. jadi duwih-duwih olang goblok masok kantong owe… janga skale2 pake tosaaa.. itu olang lual punya..hayyahhh….. ha..ha..hga

  65. Ya boleh aja Blade gembira sekarang, tapi tunggu aja pembalasan berikutnya dari yamaha. Vega Zr dikeluarin bukan utk nandingin Blade, tp utk ngejar kelas bawah. Blade dibandingin sm Jupiter Z aja kl baca tabloid otomotif terbaru masih kalah. Dan tentunya Yamaha jg gak akan tinggal diam, tahun 2009 ada kemungkinan ngeluarin Jupiter ZZ. Kl sementara ini Blade diklaim unggul ya jelas aja, wong keluarnya aja belakangan, jd udah tau kekuatan lawan. tapi Honda butuh waktu berapa lama untuk ngejar keperkasaan Jupiter Z dengan mengeluarkan Blade ini.

  66. @ GPL
    komennya sama semua mbleber kemana2… gak sekalian ke blog sebelah?? heuheu…

  67. kalo yamaha semakin honda dan honda semakin yamaha, lantas suzuki semakin apa??
    kawak nya semakin apa?? hehehehe

  68. bagaimanapun tetap angkat topi buat yamaha yang udh pernah mempecundangi honda meskipun cuma sekali. pertama kali dalam sejarah soalnya..

    tapi kalo yamaha udah semakin honda gini gmn donk?? semoga dengan persaingan antara yamaha dan honda yang diuntungkan adalah komunitas bikers yang bisa mendapatkan produk yang makin hari makin berkualitas.

    makanya bagi yamaha fans dan honda fans,

    peace broooo…..

  69. Itulah otomotif.
    Hasilnya selalu memenangkan YAMAHA.
    Sejak kapan Vega R lebih irit dari Supra Fit?
    Semua org jg udah pada tau mana yg lebih irit.
    gue pernah pake vega R dan gue jg udah pernah pake Supra Fit.
    Klo tenaga Power harus diakui Vega R lebih powerfull daripada Supra Fit. tapi untuk keiritan? jauh kemana-mana.
    Vega R lebih irit dari Supra Fit/ revo itu hanya terjadi di dunia hayal Majalah Otomotif.
    Saran Gue sama otomotif klo mau manipulasi data yg logis dikit lah…….
    daripada entar diketawain org…..

  70. Vega R lebih irit dari Supra Fit/ revo itu kalo bawanya pelan2. kalo bawa vega r nya ngebut ya pasti boros. supra fit bokap gue juga boros kalo dipake ngebut 😀

  71. bener pret….
    gw setuju ma loe klo motor dipakenya kenceng ya semakin boros. ini bener.
    tapi klo dibandingin lari dgn kecepatan yg sama supra Fit jauh lebih irit dari Si Ngatini R. Gw pernah make 2-2-nya jadi gw tau persis.
    makanya gw jadi ragu ma hasil2 otomotif. Karena gw buktiin sendiri.

  72. saya suka motor yamaha.

  73. Saya Juga….terutama R1 he he he….

  74. Hm.. Iya juga ya, dipikir2 mah, yamaha akhir2 ini ngapain aja ya?
    Kok udah ga ada produk2 yg penuh dengan inovasi kayak dulu lagi?

    Kapan nih yamaha mau kluarin motor sport baru?
    Masak cuman vixion aja trus?
    Dah gtu indennya ga masuk akal dah lamanya..

  75. kan kemaren dah ada yg “baru” dari yamaha.
    itu tuh….
    MIO MRONGOS………..

  76. @Yamaha Fans
    kan kemaren dah ada yg “baru” dari yamaha.
    itu tuh….
    MIO MRONGOS………..

  77. kucrut_bike's

    @yang bukan fanatik buta yamaha
    Awas ada ANJING GALAK.. klo maen ke blog ini.dia penjaga blog ini, klo ada orang yg bukan fanatik buta yamaha pasti dia MENGGONGGONG..tulisannya HURUF KAPITAL semua.. waspadalah.. waspadalah…

  78. Paimin+paijo+Bedu+dalijo+para mavia

    Gw suka pake yamaha.cocok bwt anak muda.berani di geber abizz.YAMAHA raja jalanan.

  79. @paimin & kawan2
    jgn gitu dong bro, gak enak sama yang udah tua hi hi hi hi….
    kucrut tuh dari fotonya keliatan udah berumur juga lho..he he.
    btw, yg raja jalanan itu bukan yamaha, honda atau merek lain, raja jalanan itu org yg gak mau mikirin orang lain di jalan, padahal jalan bukan milik pribadi, malah membahayakan keselamatan orang lain juga.
    kalo jatoh sendirian sih gak masalah, tapi kalo nabrak orang gimana hayo?

  80. Raja Jalanan itu Mobil Patwal Ama Motor BM/Polisi… Siapa yg berani ngelawan..??

  81. ini buat para rider khususnya pemakai mio:

    http://www.detiknews.com/read/2009/01/09/073407/1065483/10/biker-jatuh-di-slipi-terluka-serius

    klo udah begini gmn dong?
    safety riding aja lah……

  82. @^

    Apakah kecelakaan di jalan raya hanya terjadi pada pemakai MIO… ??

  83. @blade
    Wah kalau soal kecelakaan sih, harus lihat statistik di polda, motor apa yang paling banyak kecelakaan.
    mau tau motor apaaaaa….?

    jawabannya adalah “motor apes”

  84. Kecelakaan kebanyakan terjadi karena rider yg suka ngebut. ya kan? makanya SAFETY RIDING aja deh. Klo pengen ngebut sono di sentul. Emang jalan punya nenek moyang loe..

  85. dalam managerial kini banyak tumbuh manusia pemimpin berotak batu..

    meng lu kaga takut dipecat meng? hehehehe.. berani juga lu y.. salut gw meng ma lu.. hahahha..

  86. “MIO MRONGOS”????

    emang gigi nya mio besar2 ya kok sampe mrongos???

  87. cupumaster_seiei

    @blade

    emang di jogja ada sentul yaa??

  88. hemmmm…
    bener tuh judulnya…
    strategi pemasaran mereka ….hebat coyyy

  89. Nyawa Yamaha cuma sisa di Mio, jd jagain tu jgn ampe mati.
    Ntar kan repot hrs mulai dr level 1 lg.. hehe

    Dr dulu pd koar2 Jupiter Z & MX kenceng.. sama skali gw blum liat faktanya.
    Tp klo 2 mtr tsb disebut pelan n biasa aja, nha ini yg gw temuin di realita.. jalan raya brur.
    Hayo.. mo blg lagi di sirkuit? Itu nyedot dana brp? N pastinya ga mewakili mtr massal alias daily use.

    Semakin tinggi efisiensi, dg teknologi yg semakin modern, mk akan semakin irit dan semakin kencang (efisien & efektif).
    Irit or ga irit, tetep aja yg make yg ngerasain.
    Smua org juga pd tau Yamaha i2 mtr boros, pastinya lbh boros dr mtr Honda.
    Kmaren Vega dpt penghargaan sbg mtr irit, dibanggain bgd sm Yamaha di papan iklan.
    Membuktikan Yamaha kepingin jg dibilang mtrnya irit.
    Lho, katanya cm beda sesendok teh??

  90. Motor YAMAHA mana yg irit? Emang ada ya? Pasti versi majalah otomotif. Udahlah gak usah ditanggepin. Gak masuk akal. Mereka pikir org2 blon pd nyobain kali ya. jupiter Z aja yg borosnya ampun2 versi majalah otomotif jadi irit bgt. Paling irit malah bisa sampe 68 km/l. masuk akal gak? Padahal kenyataan dilapangan jauh bgt. gw jg udah pernah bawa Si jupie punya abang gw. Anjrit boros bgt man…. Tapi klo versi majalah otomotif tetap yg teririt. he he he…. (jd pengen ketawa)

  91. irit tapi gak mau peduli kenceng apa nggak ? ikutin gue, pake polygon.

  92. heee para pencinta yamaha hati2 ajalah honda semakin serem aja ni dengan gebrakan merek2 terbarunya, bisa2 honda menguasai 50% pasaran lagi ni.

  93. bener tuh…yamaha si tampang katro!!!
    body doang dibanggain…
    ngeluarin Vega ZR=ngrusak pasaran yamaha…udah jelek tambah dirusak lagi…

  94. Iya semakin Honda aja Yamaha.

  95. HINDA Supra x125 Juara indoprix 2009 di Sentul.. Luarrr biasa …. yang jagoin Yamaha pada bengong.. ko bisa yahh…??? hehehe tanya kenapa….

  96. Honda semakin Yamaha, kenceng di balapan dan Yamaha semakin Honda, makin irit dan harga jual kembali lebih baik. Pilih yang mana? Apa ini justru strategy Yamaha untuk memancing Harimau Honda turun gunung? Tanya kenapa?

  97. apakah harga jual kembali yang tinggi ini akan dirasakan juga pada vega zr? gue gak yakin.

    apakah harga jual kembali yang tinggi masih menjadi prioritas utama mayoritas pembeli, atau malah harga murah saat membeli? (get more feature for less price spt abs revo vs vega zr)

  98. @ringpiston
    I ambil kesimpulan berarti anda hidup di kota besar di Indonesia. ‘Dan pasti di Jawa. Yang pasti bukan dari kota kecil.
    Statement Anda diatas didasari pengalaman Anda dan pengaruh lingkungan kota besar pada pola pemikiran Anda.

    Nah bagaimana dengan demand motor yang sebagian besar ada di pedesaan.
    ;
    Jika Anda masih berpendapat jikalau bahwa demand di kota besar lebih besar, maka percayalah jikalau sebagian demand tersebut terdiri dari kalangan urbanitator yang pola pikirnya masih polah pikir wong ndeso.

    Nah silahkan dijawab sendiri.

  99. kaeknya honda mulai ngeluarin motor2 cepet ya, kek blade…… blade lmyan kenceng lho..

  100. Hmmm….
    Well… Ulasan bagus Bro.. ..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s