Fino; calm, bersahaja, elegant hadir di 2009

mio-fino

Kabar punya kabar, rupanya YMKI akan berencana merilis New Matic di 2009 untuk memperkuat posisinya di segment category matic. YMKI sadar AHM dengan Honda BeAT rupanya sudah mulai membayangi dan mengincar Mio. Bisa jadi kalau saja Yamaha lengah, Honda akan siap menerkam habis dengan serangan atas, tengah dan bawah secara bersamaan.

Lho serangan apaan tuch atas, tengah dan bawah? Ya di atas AHM sudah memiliki senjata simpanan yang sudah disimpan terlalu lama, yaitu Honda AirBlade si Matic High-End yang sudah lama meluncur di Thailand. Di tengah Vario bersama Agnes Monicanya sudah mulai bergoyang dangdut di jalanan (sejak kapan nich Agnes ndangdutan?) Di bawah, BeAT perlahan tapi pasti mulai menggerogoti Tessa Kaunang, eh salah maksudnya Mio.

Lalu bagaimana Strategy Yamaha, mau bermain aman di bawah dengan menelurkan pengganti Mio atau malah mencoba segmentasi baru? Produk semacam Mio Fino yang emang maniz abis jika dipake wanita yang calm, bersahaja, elegant dengan desain retro classic-nya

Intermeso bentar;

Bicara soal wanita,  wanita yang calm, bersahaja, elegant adalah type dambaan lelaki pada umumnya, jadi lelaki juga pasti ingin melihat wanita semacam ini. Atau bahkan malah wanita ingin dilihat lelaki dan dianggap type wanita model begini. So pasti wanita akan mencoba menampilkan dirinya dengan berbagai atribut untuk memperkuat image dirinya agar dipandang sebagai wanita yang begini di benak laki-laki. Ini model matic pasti laku di kalangan wanita yang ingin dipresepsikan begitu oleh lelaki. jadi ngelantur kagak karuan kalau bicara soal wanita….

Back to Our Topic…

Beranikah YMKI bermain-main dengan model matic Mio Fino yang memiliki engine yang sama dengan mio standart? mengingat Mio Soul sudah diposisikan sebagai maticnya Lelaki, dan Mio standart juga diposisikan sebagai matic wanita. Pada kasus Mio standart justru sebagian besar yang beli maupun yang pake malah Pria??? weleh weleh ada apa ini, miss posisioning atau generalisasi segmentation atau malah pergeseran posisioning??? atau karena effect WORM (word of mouth) yang mengatakan mio enak dipake dan engine-nya tangguh mudah di tune-up dan bore up mencapai performa tinggi dengan harga dan biaya yang murah.

Nah segmentasi-positioning produk matic khusus wanita sebenarnya kosong lho, kosong!!! Apa masih kurang tepat kalo YMKI bisa ngisi segmentasi-positioning ini dengan Mio Fino-nya? hayo unjuk gigi silahkan dijawab…monggo…

48 responses to “Fino; calm, bersahaja, elegant hadir di 2009

  1. Ditunggu finonya… semoga produk yamaha thailand yang belum masuk indonesia segera nyusul….

  2. Wuih, kacian deh… ntar ada yang binun nyebutnya: PINO, FINO atau VINO….

  3. Tambah katro aja neh. Mendingan gak usah dilaunching deh dari pada malu2in……

  4. Moped diciptakan untuk wanita malah dijajah pria, mio diciptakan untuk wanita kembali dijajah pria juga (seneng banget sech para pria pake motor untuk wanita, untung aja rok gak dipake juga :D)

    Pada awalnya mio diciptakan untuk wanita karena pada waktu itu YMKI melihat terjadi kekosongan pada pangsa pasar untuk kaum wanita, pada awalnya memang banyak yang menggunakan mio adalah kaum wanita tapi tidak sedikit kaum pria yang memakainya juga walaupun pada awalnya mereka masih malu-malu (mionya untuk istri/mionya untuk yayang), dengan berjalananya waktu kaum pria telah mendominasi dalam pemakaian mio sehingga membuat ‘roh kewanitaan’ dalam tubuh miopun hilang.

    Dengan hilanganya ‘roh kewanitaan’ pada tubuh mio, YMKI sebaiknya lekas memasukan ‘roh’ tersebut kedalam tubuh yang baru supaya ‘roh itu’ tidak gentanyan, Fino adalah tubuh yang tepat untuk menampung ‘roh’ tersebut sehingga sector yang telah hilang dapat diisi kembali, Fino memiliki banyak keuntungan untuk menjadi motor khusus wanita karena banyak memiliki perbedaan dari segi tampilan dengan motor matic lainya.

    Fino benar-benar untuk wanita

  5. boleh dong minta finonya 1…..demen sama modelna yg unik….😀

  6. Gw ga yakin kalo fino ini jg ga di serbu cowok, liat aja ntar. Cowok jg bakal bnyak yg make. Liat tuh, mio yg dimodip fino, klub fino banyakan cowok jugaaa!! Yg penting tu harga meng harga! Harga! Mau dibanderol brapa?

  7. Interupsi!mio ga bisa unjuk gigi bos..katanya kan:hari gini (pake) pindah gigi,capee deh… Begitcyu yg nempel2 di spatbor2 mio..

  8. weh !! yang bener nih fino mau keluar ?… matic yang satu ini pancen unique cantique abizz…
    gue pasti beli satu buat istri pas ulang tahun perkawinan ke 10 biar makin sayang … muah muah muah…

  9. setuju fino ini image kalem, bersahaja, klasik..
    tapi.. dimata fansnya, yamaha selama ini motor buat ngebut.. ga tau deh fansnya bisa nerima apa engga..

  10. @^

    kayanya pasti keterima, lha wong dah keluar dari pabrik yang udah keren aja suka di retro2in..

    piss!

  11. gurunya einstein

    bagus kok, imut, cewek yg naik pasti kesannya jadi cewek yg imut, innocence, elegance, pokoke imut2 lah.

    Bentuknya yang imut2 itu pasti bikin cewek gak kuat nahan diri, trus untuk merengek2 ama yayangnya untuk dibeliin.

    untung gue belum punya cewek. hehehe

  12. @^ RedBugs

    Akur bro…

  13. TMABAH KATROOOOO……………

  14. Wahaha, skrng jamannya Sport kok balik ke jaman Jadul, jadi inget motor seri taon 80’an, klo jatuh nie motor bisa ambruk jadi debu dehh, klo cari segmen cewe sih jangan harep laris manis, krn matic = cewe/cowo, matic sporty = cewe/cowo, mau dibilang motor cewe / motor laki tohh juga motor2 tsb bakal dinaiki oleh dua kaum tsb (adam&hawa)

  15. lebih baik yamaha konsen ke sport murah dari dibawah 15jt’an (125cc), 20jt’an (150-200cc), dan 27jt’an keatas (250cc), pasti laku dah motor sport yamaha dan dapat menghilangkan image HONDA sebagai pelopor motor sport. tapi semua itu tidak mudah, karena mayoritas pengguna motor bebek masih tinggi, namun lebih baik meningkatkan jenis motor sport dengan beberapa menu cc dibandingkan meningkatkan jumlah motor bebek yang bervariasi, karena rata2 motor bebek cuma ganti baju…

  16. antimotorsport

    spart sport pret… biar jadul tapi kenceng…

  17. antimotorsport

    biar katro bisa ngibrit…

  18. ini ada unsur seninya kentel bgt.. Enak dipandang.. Suwer dagh

  19. Dulu YAMAHA selalu bilang klo HONDA itu jadul. Eh sekarang siapa yg jadul yah? Jadi bingung…..
    Kemaren ada Vega Zr yg kato abis, ntar ada lagi yg lebih katro. Trus yg jadul sebenarnya siapa yah? he…..he…..73x

  20. udah bener, maintain low end skutik dengan mio series, jangan spekulasi masukin Fino deh… mendingan rnd-nya mikirin untuk merubah tampilan new Mio supaya lebih sporty dengan tetap mempertahankan harga seperti sekarang.
    Mio series bisa dibilang jadi trade mark-nya matic, kalo sampe masukin si Fino trus gagal.. nah.. bisa ancur tuh image mio series.
    kecuali kalo dibikin edisi terbatas. untuk kolektor, dijamin bakalan antri deh…

    Jack-O

  21. lumayan siy, modelnya, lucu, unik, jadul, bikin naksir…
    Honda sekalian masukin C50 injeksi pasti mantab…
    Retro everywhere…
    Muah2 di fantad buat semuwanya…

  22. inget2 motor tahun70an. yomohi ‘semakin jadul’ nggak sekalian ngeluarin sepeda onthel ta?. huahahaha

  23. Wisss… ini matic cantik banget! “Absolutely State of the Art!” (kayak stiker aja, :p)

  24. yamaha thai baru keluarin mio baru, kliatannya facelift mio soul, lampu depan kyk nouvo elegance😀

    http://www.yamaha-motor.co.th/Product/?ProductID=76

    bakal masuk indo gak ya?…

  25. Wuah… ternyata ini toh yg pernah gw liat di bintaro.. sampe2 gw bingung motor apaan nih..! ni motor ada tulisan Yamaha nya.. tapi kayak Piagio juga! Sumpeh gw mau bangetttss.. brp harganya? and kapan kluarnya?! duh.. gw lagi nunggu2 beli motor baru buat tahun depan!

  26. Vello-si-Raptor

    Wah si Fino kalo masuk sini bakal laku keras…!! Malah mungkin komunitas nya bakal lgsg terbentuk… !! Mio Soul dipensiunkan aja trus masukin si Nouvo Elegance… Dijamin Yamaha nomer satu nya skutik di Indonesia….!!

  27. mio yg baru mirip banget ama VArio. Aneh ya.hi hi hi jadi Lucu . . dulu saat Vario Baru keluar, Yamaha langsung tanggap dengan mengeluarkan Iklan dengan Muatan info bahwa ada matic ‘Gendut’ baru keluar . Tapi setelah itu, selang beberapa bulan Yamaha Mengeluarkan Mio Soul yang notabenenya . . . ‘GENDUT’ juga. Eh sekarang malah bikin Mio yg bener2 mirip VARIO. Gak malu ya?

  28. iya tuh, gak tahu malu! ngakunya semakin di depan, padahal semakin mengekor!

  29. Vario muncul mirip banget yach ma nouvo,
    gak salah tuch MIO niru Vario….
    bloon banget nech orang…… apa memang bloon

  30. waduh ini org sewot bgt yah. sekarg liat deh NOUVO yg lama sebelum VARIO lahir. Norak bgt tau…… Trus bandingin setelah VARIO muncul. Itu baru ada kemiripan. Klo begini siapa yg niru coba? …… NOUVO!!!!

  31. eh ternyata ada yang bloon juga neh
    Nouvo 200x
    Nouvo Z 2004
    Vario 2005
    susah yah ngomong sama yang bloon…
    dibilangin tetep aja oon

  32. asiik…mudah2an tahun depan ada rezeki, jd nambah motor bwt istri…mudah2an fino gak mahal amit2 dech, jdi bisa nemenin cs1 ku…(jadi punya motor yg orang bilang aneh, jadul,) yg pentiiing uniq, secara desain keren….fino i love u….yg branded minded kelaut aj deh…

  33. katrok…….banget…..
    kyakna ce model skrang g akan pantes pake motor model gitu katrok….
    kcuali eyang2 kita yang pada pake kebaya….
    naek tuh motor psti sip deh, sama2 jadulnya soalnya….
    coba byangin, ce km, pake jins, jaket model, helm udah corak sippp,,,naek tuh motor,,,pntes g seh???g banget deh…ymki smakin ngaco tuh…
    dah g kuat nahan gempuran vario ma beat,,,
    mending matic concept yg di blog tetangga tuh segera direalisasikan,,,ntar keburu mio sekarat…

  34. ini ratunya matic kaleeee???

    wah jatuh cinta nih gue, bisa jadi pendamping setia gue nih, saling mencintai sehidup semati. :p

  35. Gue sih suka banget kalo mio fino diproduksi di indonesia. Ini bukan soal buat cewek atau cowok, tapi buat yang suka retro style. Kalo gak suka jangan nganjurin gak di launching dong, khan kesian yang demen ama model retro (kayak gue). Sementara harga fino thailand dilego 25 juta, mahal banget, jadi pengen banget gue kalo nih motor bisa diproduksi di sini (harganya pasti bisa turun setengahnya mudah2an hehehe)

  36. Kalo tidak salah, model FINO cukup diterima di Thailand. Dan, pemakainya bukan hanya dari kalangan wanita saja. Wanita mungkin lebih mengharapkan motor yang ringan, slim serta feminine. Rasanya itu tidak tercermin di FINO, akan lebih tepat jika FINO diandalkan untuk membentuk sebuah segmen baru. Mengingat beberapa waktu lalu demam modifikasi yang mengarah ke retro style cukup meledak. Artinya, demand sudah ada. Hanya saja, seberapa besar demand terhadap motor dgn style seperti FINO ini yang masih menjadi pertanyaan besar sehingga YMKI terpaksa berpikir keras apakah perlu model ini dilepas di pasar kita. Jangan lupa, dari dulu orang Indonesia suka dengan konsep motor yang sporty. cmiiw..
    Kalo secara hitungan bisnis, mungkin FINO akan lebih menguntungkan. Kondisi perekonomian global saat ini sedang sulit, daya beli konsumen juga sedang turun. So, harga adalah kuncinya. Dgn banyaknya common part yang ada di FINO dan MIO, tentunya harga bisa ditekan. Tinggal, bagaimana YMKI mengedukasi pasar. Untuk hal ini, kemampuan YMKI tidak perlu diragukan dengan keberhasilannya membawa MIO sebagai raja motor matik .
    Secara pribadi, saya lebih mendambakan Nouvo Elegance hadir di Indonesia. Style yang sporty elegance, mesin 135cc… ehm, pasti maknyuss nehhh…

  37. Sekali lihat langsung jatuh cinta, cuma harganya yang bikin gak jadi ngelamar..

  38. mantab… klasik gitu loh…. tak enteni tekomu fino….

  39. Mio fino ini klo diperhatiin kok mirip bgt ama HONDA Scoopy yg beredar di Ausy sono yah. Coba bandingin gambar diatas sama ini:

    http://www.hondampe.com.au/repository/motorcycles/products/scooter/scoopy-06/introduction.aspx

    mirip bgt kan?

  40. bener2 mirip yah. yamaha apa yg terjadi padamu?

  41. bener2 mirip. yamaha apa yg terjadi padamu?

  42. Salah Coy!. Duluan Fino. Justru Scoopy itu yang ngikutin Fino, setelah melihat Fino digandrungi di Thailand. Tapi gua gak yakin Fino masuk tahun ini, walaupun peminatnya cukup banyak. Yang pasti mau dikeluarin adalah Mio Soul Z (lampu model Nouvo). Katanya sudah baris di pabrik. Mungkin Juni atau Juli ini dilounching. Bareng sama New Vario Combi Brake, yang juga bakal keluar dalam waktu dekat ini.

  43. @miomio
    waduh bro2 fanatik ya fanatik tp harus tetep realistis donk. Jgn karena kefanatikan itu justru merendahkan diri sendiri. Fino itu dah beredar diratan eropa udah lama bgt. Gw gak tau persisnya. sedangkan Fino klo gak salah baru diproduksi 2007 di Thailand. Mohon koreksi klo salah.

  44. @miomio
    waduh bro2 fanatik ya fanatik tp harus tetep realistis donk. Jgn karena kefanatikan itu justru merendahkan diri sendiri. Scoopy itu dah beredar diratan eropa udah lama bgt. Gw gak tau persisnya. sedangkan Fino klo gak salah baru diproduksi 2007 di Thailand. Mohon koreksi klo salah.

  45. classic sekali lampunya..

  46. kira2 harga mio fino berpa yya ??
    kaya na blum nongol dehh !

  47. gk kreatif jiplak model scoopy copo!!!

  48. SUDAH… MAKAN DULU SANA!!
    ADA TAI KERING AYAM SPESIAL TUHH!!
    AYAM KUUUUUUUU!!!! nyontek dari sontrek scoopy….ASOLAY COY .

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s