Menanggapi New Wave Marketing di dunia motor roda 2

vega-zr-display

Memilih motor memang bukan perkara mudah, seringkali keinginan kita tidak tersedia, tidak di-apresiasi dan bahkan tidak diproduksi oleh produsen. Katanya sekarang era New Wave Marketing? era dimana co-creation, colaboration, customize dan community adalah hal-hal yang sangat perlu diperhatikan oleh perusahaan. Tetapi nyatanya kok muncul Vega-ZR yang jadul gitu! Kok muncul CS-1 yang aneh itu, kok muncul Tiger Asimetris gitu! ada apa ini?

Ingat ini bukan lagi jaman Company Centric, tapi kata pakar marketing Hermawan Kartajaya sekarang ini udah masuk jaman Costumer Centric. Tapi nyatanya…. sekali lagi produk motor masih kelihatan bernuasa Company Centric. Sakarepe Produsen mau buat gimana.

Lha…mengapa bisa begitu..? Ingat ini juga produksi dan bisnis skala besar, skala regional dimana need dan want belum tentu sama di semua area market yang akan digarap. Kalo model motor basicnya berbeda-beda antar negara Asean saja bisa kehitung besarnya modal, cash flow hingga biaya produksi yang jatuh-jatuhnya HPP tiap motor akan naik drastis. Apalagi kalau mau customize produk? #*%#*#

Memang sekarang dunia berubah lebih customize, tapi khan bukan itu saja element dari Costumer Centric Model. Masih ada Community-community yang bisa dibentuk dan digarap untuk keuntungan perusahaan bukan? co-creation produk emang susah, tapi colaboration dalam suatu event dan activity adalah hal yang mudah.

Nah tinggal dilihat saja siapa jagonya New Wave Marketing di tahun 2009 nanti, Yamaha ? Honda? Suzuki? atau malah Kawasaki?

6 responses to “Menanggapi New Wave Marketing di dunia motor roda 2

  1. test ride vega zrnya mana????penasaran neh….

  2. keduaxxx

  3. sekaligus ketigaxxx

  4. yang penting irit bro, karena jaman krisis gini konsumen butuh yg efisien. irit community. ok?

  5. Meng komeng elu aja skarang jarang nanggepin yg komen..

  6. Maap Bro El….(sambil malu-malu tapi meng-IYA-kan dalam hati)

    Secara tanggap menaggapi sih Gue juga memberi kesempatan pada Bro-Bro yang lain, biar ada keseimbangan conversation dalam forum ini.
    Secara Ilmu, juga banyak yang bisa memberikan kontribusi yang sangat positif dalam forum ini, bahkan Gue akui sering mendapat ilmu, informasi, ilham dan inspirasi dari Bro El, dan juga Bro-bro yang lain.

    Terima Kasih Semuanya.
    Uhuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuy!!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s