Perang Strategy Honda-Yamaha 2009

images1

Selama Gue berada di Jepang, tidak ada orang yang membicarakan Honda vs Yamaha, yang rame dibicarakan justru krisis ekonomi global dan pengaruhnya terhadap beberapa perusahaan multinasional raksasa Jepang. Beberapa diantaranya memang adalah perusahaan otomotif, tapi bukan motor seperti di Indonesia, melainkan mobil. Dimana penarikan diri Honda dari keikut-sertaannya selama beberapa tahun ini di F1 telah menjadi pembicaraan yang cukup meresahkan harga diri banyak masyarakat di Jepang. Memang rasa Nasionalisme masyarakat Jepang sangat tinggi, bahkan pada generasi mudanya yang dari luar selama ini gue sangka cuek dan sangat ekspresif dengan berbagai dandanan cosplay-nya. Heuh….ternyata gue salah 1000%…Generasi Muda Jepang yang kelihatan sangat acuh dan eksentrik itu juga langsung berapi-api, manakala pembicaraan sudah sedikit menjurus kearah harga diri Jepang dalam kasus penarikan diri Honda dari F1 yang selama ini gue anggap hal kecil yang mungkin bagi sebagian besar masyarakat Indonesia bahkan tak berarti. Sedangkan kalau Gue singgung masalah Honda motor vs Yamaha Motor, ternyata hanya generasi tua yang tahu.

Dalam histories dunia otomotif roda 2 Jepang pernah terjadi masa perang Yamaha vs Honda di beberapa dekade yang lalu. Perang Honda vs Yamaha yang terkenal dengan “Price War Honda vs Yamaha” ini menyisakan sejarah kelam bagi Industri roda 2 Jepang. Khususnya bagi kubu Yamaha yang sangat terpukul karena peristiwa ini. Lalu….apa hubungannya dengan perang Honda vs Yamaha di Indonesia?

Cut…bentar….

Gue baru merasakan betapa ramenya pembicaraan Honda vs Yamaha motor ketika come back di Indonesia. Heuh…teman-teman bikers pada antusias membicarakan bagaimana jadinya Honda vs Yamaha di 2009 ini. Strategy apalagi yang akan dipakai kedua kubu ini?

Oke Back…to the last topic.

Yap…hubungan histories Price War yang pernah terjadi di Jepang, dengan persaingan Honda vs Yamaha di Indonesia?

Seperti yang kita ketahui bersama, selama 2008 ini Honda banyak me-lauch produk barunya untuk memperkuat image baru Honda AHM new generation, dimana banyak perubahan radikal di dalam tubuh management Honda motor Indonesia. Berbagai revolusi Inovasi dilakukan, termasuk dalam mengeluarkan beragam produk baru yang inovatif dan keluar dari pakem Honda Konservatif yang lampau. Selama 2008 Honda Indonesia di tangan management AHM, telah mati-matian mempertahankan share dari kubu Yamaha dengan berbagai cara. Mulai dengan banyaknya peluncuran produk baru, building new image, strategy aktivitas promosi yang copy paste Yamaha dengan power yang lebih besar tentunya, hingga diskon dan melakukan re-pricing strategy pada beberapa type produknya. “RE-PRICING” mhmmm jadi mulai sedikit terasa DE-JAVU dengan kondisi price war di Jepang ya?….gak pa-pa kok…Honda khan menang di POWER….bayangkan telah berkuasa lebih dari 30 tahun di Indonesia. Cash-Flownya kuat…Kalo di adu jual beli pukulan ala pertandingan full body contact, pasti menang ! lawan keok duluan kalo urusan power yang di adu.

Bagaimana dengan Yamaha selama 2008 ini? Urusan produk baru….payah, urusan discount biasa aja, strategy aktivitas promosi emang lebih ditonjolin, soalnya selalu di copy paste competitor…mau gak mau harus “semakin di depan”. Building Brand Image? Terasa semakin konservatif ala Honda tempo dulu. (baca juga Honda semakin Yamaha, dan Yamaha semakin Honda). Urusan Re-Pricing…? Jangan Harap!!! Para petinggi Yamaha Jepang udah “Kapok tujuh turunan” karena” Price War” di Jepang yang membuat Yamaha Motor Company nyaris gulung tikar. Nah…karena kapasitas produksinya mentok di tahun 2008 yang lalu, mau gak mau..ya Yamaha harus focus pada strategy marketingnya yang Defend habis-habisan dari serangan maha aggressive Honda. Segala strategi marketing digunakan dengan segala daya upaya untuk mempertahankan share yang telah dikuasai di awal tahun 2008. Walau beberapa diantara strategi Yamaha tersebut adalah konsep yang setengah matang dan diimplementasikan dengan tergesa-gesa dan sedikit serampangan. Paling tidak Yamaha boleh dikatakan berhasil mempertahankan pasar yang semakin dinamis tanpa amunisi produk baru yang revolusioner.

Memang saat terjadi Global Crisis yang mulai menyentuh Indonesia di September 2008 telah memberikan keunggulan Change of Condition bagi Yamaha Indonesia. Kondisi Demand motor yang turun drastis seperti menunjukkan betapa sales power Yamaha yang sesungguhnya sedikit terkuak. Masalah stok produksi yang kurang selama tahun 2008 ini tak lagi menjadi kendala di bulan November dan December 2008. Alhasil pada bulan November dan December 2008 lalu terlihat keunggulan share pada Yamaha.

Nah…saatnya meluncur pada topic pokok artikel ini;

Bagaimana strategy mereka menghadapi tahun 2009 ini?

Honda tetap akan berada dan Fokus di jalurnya yang baru…Urusan Segmentasi dan Fitting Produk sangat Jempolan, bahkan posisioning produk, terutama produk-produk barunya semakin jelas dan kuat. Honda menyadari dari siapa/konsumen yang bagaimana dia telah besar selama ini, dan sekaligus Honda menyadari terjadinya pergeseran karakter konsumen yang semakin ekspresive dan modern. Lini Produk Honda yang baru semakin memperhitungkan dengan matang peta-peta karakter konsumen motor Indonesia. Honda berambisi meraup dan mewadahi ekspektasi setiap konsumen di semua segmentasi karakter tersebut dengan beragam model dan type produknya. Lihat betapa bagusnya Honda mengatur bidak-bidak motor barunya. Di kelas 110cc sangat jelas terlihat dimana segment premium yang lebih berkarakter ekspresif-modern di-isi dengan Blade 110R yang aggressive, sedangkan di segment regular yang berkarakter lebih konserfatif-follower diisi dengan Absolute Revo 110 yang anggun, multi fungsi dan multi user. “Suka yang ekspresif disediakan yang special, masih mau yang konservatif-pun diladeni dengan sepenuh hati.” Lengkap!!!

Masalah Pricing Strategy…Honda mulai hati-hati, tetapi tetap berani menantang Yamaha yang pasti akan KO kalau terpancing melayani niat “Baik” Honda ini…Heu…heu…heu. Sedangkan Aktivitas promosi baik BTL maupu ATL, Honda akan habis-habisan meladeni Yamaha. Terutama dalam masalah Branding dan Image dimana Yamaha sebagai penantang agak sedikit diuntungkan dalam kasus ini. Soal Produk baru? Inilah kekuatan Honda, dan tentu saja Honda menyadari hal ini. Jurus ala Nokia yang menguasai pasar dengan beragam produk baru yang customize dan selalu up date jadi inspirasi bagi management AHM Honda Indonesia. So pasti tahun 2009, Honda akan tetap mengelontor pasar roda 2 Indonesia dengan beragam produk barunya. Uhuuuuuuuuuuuuy khan!!!

Lalu bagaimana dengan Yamaha menghadapi persaingan di tahun 2009?

Rupanya keunggulan Yamaha selama ini, yaitu factor produk dan value for money telah habis-habisan dirampas Honda selama tahun 2008 lalu. Untungnya secara prefektif Brand Image, justru Yamaha diuntungkan dengan semakin baiknya image brand mereka menurut survey beberapa lembaga independent. Bahkan beberapa hasil survey menempatkan Brand Image Yamaha sudah sedikit menang tipis diatas Honda.

Mampukah Yamaha melawan Raksasa yang telah bangun? Jika mau berperang habis-habisan di Produk, Yamaha sadar usaha ini akan sangat meletihkan dan berkepanjangan dengan menguras keringat darah mereka. Apakah mampu melawan adu life cycle produk baru yang semakin cepat saja. Bagaimana dengan cash flow yang terbatas? akan mampukah menandingi power serta resistensi lawan yang memiliki cashflow jauh lebih kuat. Sia-sia…itu mungkin kata yang paling tepat. Eit bukan berarti Yamaha tidak akan berbenah di produknya, Gue yakin Yamaha akan tetap fight untuk meluncurkan berbagai produk baru di tahun 2009 ini. Apalagi YMC Jepang akan mensupport penuh YMKI di tahun 2009 ini. Yeah…beberapa produk baru Yamaha akan meramaikan pasar motor Indonesia di tahun 2009 ini. Sure….karena YMKI sudah mensiapkan mental bertempur habis-habisan di tahun 2009 ini. Sedikit gambaran saja, YMKI pastinya akan mempertahankan kategori matic-nya dengan jagoan baru, memperkuat kategori sport dengan berbagai produk baru dan penyempurnaan produk terdahulu. Dan tentu saja kategori bebek yang sudah habis-habisan di serang oleh Honda juga akan di maintance dengan produk baru yang isunya udah gue muat sejak lama, yaitu New Jupiter Z.

Lalu kalo di factor produk Yamaha tidak dapat menang dari Honda, bagaimana kiat Yamaha untuk memenangkan pertempuran di tahun 2009 ini?

Jawabannya tidak muluk-muluk. Diawal tahun ini YMKI udah teriak-teriak kepada seluruh jaringannya di Indonesia untuk “rapatkan barisan”, dalam artian tentu saja selama ini Yamaha Indonesia menilai dalam tubuh Yamaha sendiri belumlah maksimal dalam hal kerja sama dan kekompakan dalam memperjuangkan merk Yamaha menjadi Brand Motor nomer satu di Indonesia. Rantai komando masih buruk jika dibandingkan dengan Honda yang jauh lebih solid.

Hal kedua adalah di sales factor!!!. Yamaha akan men-develop suatu system salesman yang selama ini masih jauh lebih inferior dari kompetitornya. Yamaha percaya di saat terjadi penurunan demand motor di Indonesia, salesman adalah kunci suksesnya. Pada saat krisis tahun 98, Yamaha berhasil memperkuat posisinya pada tahun-tahun berikutnya dengan kunci produk low price-nya yaitu Vega R, saat demand motor turun lagi di tahun 2005, justru sales Yamaha tetap growth naik karena kunci produk maticnya yang laris manis, yaitu Mio. Tetapi tahun 2009 ini, kunci kemenangan bukan lagi di produk, tetapi salesman. Why? Karena dengan perlawanan produk yang luar biasa hebat dari Honda, salesmanship system adalah satu-satunya kunci kemenangan yang masih dapat di raih oleh Yamaha. Saat demand motor turun, walk in ke dealer pasti turun. Maka salesman yang menyerang aktif untuk meraih konsumen yang masih belum menentukan keputusan pembelian adalah gerakan yang sangat efektif untuk membungkam lawan. Faktor terpenting untuk memenangkan persaingan di tahun 2009 adalah dengan meraup konsumen kompetitor. Demand makin turun, kalau mau penjualan tetap naik, ya curi saja konsumen competitor!!!

Selesai soal strategi…

Gambaran Gue…

mhmmm chance Yamaha untuk melakuan dan implementasi salesmanship system yang baik masih kecil, karena dalam hal salesmanship system, sampai saat ini Yamaha masih meraba-raba, lain halnya dengan Honda yang sudah terkonsep dengan jelas dan terarah…walau masih konservatif banget menurut pandangan Gue. Yah..kunci kemenangan tahun 2009 Cuma ada dua factor penting, yaitu:

  • Produk yang Value for Money-nya ter- baik, karena di saat krisis seperti ini, konsumen semakin pemilih. Konsumen akan memilih produk yang semakin ekonomis tetapi memiliki standart mutu yang semakin baik dan inovatif. Konsumen pilih yang murah, tetapi tuntutan mereka terhadap produk bukannya turun, tetapi semakin tinggi.
  • Sales sistem yang mampu meraih dan merebut konsumen competitor disaat demand yang semakin turun ini.

Sekian gambaran strategi menghadapi tahun 2009 yang semakin kompetitif menurut versi Gue, tak terasa sudah panjang lebar Gue menulis di artikel kali ini. Yah itung-itung media bales dendam atas lamanya cuti gak posting artikel selama Gue liburan. Rangkeeep aja biar puuuuas.

Uhuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuy dulu ahhh!!!

104 responses to “Perang Strategy Honda-Yamaha 2009

  1. manteb bro analisanya..🙂

    honda emang lagi ngamuk neh… tapi sayang banget.. makin kesini produknya gak makin user friendly…

    tebeng sayap makin susah buat bawa barang… behel belakang gak bisa buat ngiket barang bawaan… dll… ah,.. pake motor lama ku aja gak usah beli motor baru.. nyusahin malahan,. ::

  2. HONDA dilawan… he73x (sambil terkencing2)

  3. Bikin motor / mobil murah. komponen, bahan baku lokal juga bagus, kerjain di lokal juga kan bisa murah tuh. apalagi alasan yang bisa membuat mahal? pasti deh bayak yang beli. ujung ujungnya ya itulah yg dipilih. murah berkwalitas dan keren.. hmm , siapa yg mau duluan? apa nunggu merk lokal juga yang kluarin?

  4. Bro,
    kok masih ada dealer yang ngeharusin kredit ya, ini nih yg harus ditertibkan. kita yg gak mau disulitkan sama urusan kredit kok malah dipaksa kredit, saya yg melangkah keluar diler dg kecewa pun dicuekin, ini masih saya alami di beberapa dealer yamaha di surabaya hari kamis 29/1 kemarin. tapi untungnya di diler lain ada yg bisa cash.
    ayo yamaha, maju terus….!!!

  5. Saia kq ga isa komen?

  6. Jah… Komen panjang gw ilang…

  7. Distributor Yamaha

    @Onthel
    Dealer surabaya yang mana?
    Kami akan tindak lanjutin.
    Dalam kasus ini memang kami sudah berusaha menindak Dealer-Dealer nakal yang bermain dengan Leasing Company.
    Terima kasih atas pengaduan Anda, mohon informasi lebih lanjut untuk kami gunakan menindak Dealer Yamaha yang menyimpang dari ketentuan Yamaha.
    Sekaligus permalukan nama dealer tersebut dalam forum ini.
    Terima Kasih.

  8. Ceritanya saya mau beli mio model apa aja buat sopir, saya suruh dia datang ke dealer2 dg bawa fotocopy ktp saya, dia telp saya kalo gak bisa cash. akhirnya jam istirahat kantor saya mendatangi diler yamaha besar dekat kantor (tepat disisi flyover waru), bertemu dg CS. eh bener, ternyata utk mio hrs kredit, titik..
    saya heran, trus dipersilahkan bertemu dg spv nya, (namanya lupa, nanti kalo inget saya tulis). dg nada yg baik beliau tetap mengatakan bahwa utk mio memang harus kredit. saya yg jengkel jalan keluar diler tetep dicuekin. nyaris ambil beat….

  9. pas sabtu sore jalan2 ke royal plaza sm keluarga, ada yg jual yamaha, saya yg masih kesel langsung bilang ke sales yg memberikan brosur, kalo ada stock dan bisa cash saya mao bayar sekarang. eh ternyata bisa, langsung dikirim minggu pagi tuh. dealernya di mayjend sungkono, depan TVRI

  10. Distributor Yamaha

    @Onthel.
    Apakah yang di waru itu Dealer Yamaha Surya Sejahtera? mohon konfirmasi lebih lanjut.
    Karena kepala tokonya akan kami tindak!!!

  11. btw bagaimana nasib si vega ZR……kelaut aja,,,
    yamaha semakin termehek2……

  12. @Distributor yamaha,
    thanks untuk perhatiannya, nanti pulang kantor saya lihat lagi nama dealernya, saya tidak ingat jelas. yg pasti org2 awam kan taunya cuma dealer yamaha aja.

  13. Dari Marketing Mix 4P;
    Product
    Price
    Place
    Promotion

    Product cuma 25% aja, khan masih ada promosi, Placement, dan Price.

    Omong-omong soal Price, lebih murah belum tentu lebih unggul.

    Coba bayangin aja rokok malboro walau secara HPP bisa dijual cuma Rp.5000,- dan masih untung, tetapi gue yakin se yakin-yakinnya kalo dijual Rp.5000,- pasti gak laku lagi.
    Pricing harus tepat.

    Vega ZR emang secara product jelek, tapi 3 P lain bagaimana?

  14. @ distributor yamaha

    saya bulan juli kemarin inden mio sporty putih untuk bayar cash, sampai 3 bulan tidak ada kejelasan dikirim kapan. akhirnya saya ambil kawasaki athlete.
    dealer yamaha di nginden surabaya, kalo ga salah dealer tersebut baru.

    dan pada januari desember kemarin ibu saya inden mio yang sama tapi pada dealer yang berbeda. dan baru januari datangnya. kalo yang terakhir di dealer kali rungkut surabaya.

    om komeng maaf make blognya om, agak mangkel ma dealer yamaha yang nginden itu.

    thanks kalo di tanggapi

  15. honda akan mengalahkan yamaha dalam perang tanding ini.

  16. wakakakakakaka maju honda!!!
    tapi honda produksi bebek utk emasaran di indo kykna dah mulai kehabisan design,,,
    makin lama lampu belakang makin g futuristik,,
    mulae dari beat,trs disusulblade,,skrang mah revo yang jd pating pecotot kek gitu,,
    tapi soal mesin aq yakin honda diatas segalanya,,,,hahahahaha

  17. Yah udah untung yamha bisa mendekati Honda, jadi kalo ada saingan, pasti ada strategi, nah konsumen yang untung.
    btw Suzuki, Kawasaki..apalagi Kanzen, TVS, Bajaj mana…………..

  18. Yup.
    Yamaha Surya Sejahtera, Jl Raya Waru…..
    if you need any further information, please ‘eriktheaa@gmail.com’

  19. @distributor YAMAHA..
    R 15 kapan keluarnya ane dah nunggu dari juli 2008..! klo ni motor jadi keluar jgn di suruh kredit yah,..ane punya cash nih hehehehehehhehehehehe ini serius lho….!!!!! thanks

  20. Welcome back Brother….wah oleh2 dari Jepang mana nich……kalo ada boleh donk, dibaiin pas ketemu ama Rossi tgl 9 nanti, btw nice artikel brother…..ayooo maju terus Yamaha !!!

    http://proud2ride.wordpress.com

  21. Perang bintang deh…
    moga-moga dari perang ini Yamaha mengeluarkan produk-produk macam R15…
    Juga produk-produknya sudah jenuh tuh, dah harus didandani…
    kalau cuma proyek imej sih kurang, konsumen mau lebih…

    thx bro

  22. yemehek akan semakin termehek-mehek!!! huahahahaha

  23. bro kmeng kapan artikelna barunya…dah ga sabar niy

  24. Kayaknya Si Bro harus mengulas strategi pabrikan lain seperti Suzuki & Kawasaki. Nampaknya Suzuki sedang babak belur, sedangkan Kawasaki sedang mulai bangkit.

    Ditunggu artikel selanjutnya, Bro.

    Salam.

  25. mau sesuatu yang baru dan bermanfaat untuk selamanya?
    lihat nih http://www.herbaqu.wordpress.com

  26. @ distributor YAMAHA

    saya emang sangat kecewa dengan dealer2 yamaha saat ini kesan nya udah jelek soal penjualan (DEALER), saya gak perlu ngasih tau alamat dealer nya ( karena hampir semua ), gak menerima pembelian cash. saya harus keluar kota nyari dealer yamaha (sial banget). di daerah sekitaran bekasi tolong di tertipkan. inden sampe 5 bulan (gila kali tu dealer).

  27. @si jago irit
    bro, kayaknya ente harus siap2 ganti nama deh, soale iritnya jadi identik sama vega ZR tuh…

  28. Baca Otoinfo di Otomotif halaman.4 ada ajakan “YUK, CEK VEGA ZR ANDA!”
    disitu diulas kalo Yamaha mengadakan “promo servis gratis” untuk pemilik Vega ZR, katanya Vega ZR ada masalah kebocoran oli akibat crankcase yang diduga karena packing atau presisi atau apanya lah Gw gak ngerti.
    Wah gimana nich, kemaren padahal udah mo sempet ditawarin inden sama Sentral Yamaha tuh, kalo emang ada problem, saranku Yamaha keluarin soft recall kayak tempo hari Honda Vario yg secara gentle mengabarkan di media masa, atau seperti HPM dg Honda Jazz atau Toyota dg kijang Inova-nya.
    Tenang aja kok semakin Yamaha jujur dan terbuka aku malah makin ngefans sama Yamaha, ntar tinggal kasih DP kok, buat bawa Vega ZR-nya ke rumah Gw, btw aku mo kredit jd jgn dilamain ya inden-nya….hehehe

  29. apa yg terjadi padamu vega ZR? baru laouncing aja udah begini…..

  30. meng, nanya dong apa vega zr cuman test doang biar tau apa pasar indonesia bisa dimasukin trend dari vietnam? soalne slama ini kan banyakan trend nya dari thailand.

  31. ngak kok, itu emang murni produk yang disiapklan untuk masa krisis global, masalahnya Indonesia cukup resistant pada krisis kali ini. Ya, jadi lauch sempat diundur setelah krisis mulai terasa. Perkiraan Yamaha tentang krisis global masuk ke Indonesia emang bener, tapi perkiraan itu lebih cepet dari aktualnya yang baru terjadi di bulan October 2008.

    Cuman dari cara milih modelnya itu yang salah, di saat krisis kayak gini, masyarakat emang semakin pilih yang lebih murah dan value oriented. Masalahnya sekarang ini walau krisis, konsumen maunya barang yang tetep berkulitas dan menawarkan lebih dengan standart mutu yang semakin baik dan semakin inovative.

    Itu dia yang salah dari model Vega ZR.

  32. mas komeng, menurut saya design vega ZR gak dah yg salah, cmn beberapa fitur aja yg di down grade jd sedikit mengecewakan penggemar yamaha..tapi saya mo tanya kenapa vega ZR masih kalah performa nya ama vega R, apa kerana mengejar ke efeseiensi bahan bakar padahal cc lebih besar….

  33. @rebellion
    setuju dng pendapata anda…
    nggak ada yg salah dengan design ZR cuman masalahnya skr ini honda baru mengincar yamaha ibaratnya begitu yamaha munculin motor langsung pukul dng motor yg mempunyai fitur yg lebih dr ZR
    shg ZR menjadi lebih mahal dr motor kompetitor…
    so.. saya skr baru nunggu strategi apa yg mau dipakai yamaha (dan saya rasa kita bisa belajar dr kasus ini)
    .
    kemarin saya pegang langsung absolute revo memang terjadi perubahan besar2an di banding motor2 honda terdahulu al:
    1. kwalitas plastik lebih baik lebih kenceng mkg gejala ngorok di skt headlamp sdh tidak ada
    2. pemilihan warna yg sesuai selera pasar jg stripingnya
    3. akselerasi jg lebih baik dr generasi sebelumnya
    4. so berhati2lah yamaha
    btw …. pasar yg akan membuktikan

    piss to all

  34. Kalo gue rasa, bener saat ini konsumen semakin pemilih, jangan diharapkan kalau jaman krisis begini konsumen jadi tak terlalu perduli kwalitas, justru konsumen semakin pemilih dan lebih berhati-hati untuk membelanjakan uangnya.

    Tentu saja cari produk yang murah tetapi tetap berkwalitas. bukan produk murah yang tampil down grade seperti vega zr. Gak salah bila konsumen lebih memilih revo 110 dan blade.

  35. blade ma revo 110 emeng keren bgt………..

  36. revo sama blade keren tp ko masih aneh ya dilihat.

    ibarat kata ‘cewek cantik tapi bodi ga semok’. lihat aja revo 110 sama blade dari belakang….

    kalo vega zr ya emang yamaha banged desainnya….

    piss!

  37. @redbugs
    BENER BANGET DESAIN VEGA ZR EMANG YAMAHA BANGET. KATROK!!! DESAIN YAMAHA EMANK SEMUANYA KATROK…….

  38. om komeng, isinya artikel ini padat banget, rasanya kalo dipisah-pisah bisa jadi 5 ato 6 artikel deh.

    yang menarik buat gue adalah perang strategi ini seperti cerita david vs goliath, honda dengan resource yang sangat buesar sedang menyerang yamaha yang baru saja naik daun dan belum menghimpun resource yang cukup kalau harus adu power dgn honda yang sudah memimpin pasar selama 30th, apalagi yamaha tempo doeloe pernah hampir gulung tikar gara2 adu power. artinya satu2nya cara melawan honda adalah meningkatkan kemampuan prajurit (meningkatkan salesman system; salesman system yamaha ini akan banyak dipengaruhi oleh salesman system roda4). diharapkan, dengan senjata yang lebih sedikit, yamaha tetap dapat mengalahkan musuh karena kemampuan prajurit2nya yang meningkat dan berada di bawah satu rantai komando yang solid.

    kesuksesan yamaha dalam menjalankan strategi ini akan sangat bergantung pada kecepatan yamaha dalam menyiapkan “pasukan khusus” ini mengingat honda akan semakin menggunakan powernya untuk menghabisi yamaha secara “sadis”

  39. sedangkan kunci kesuksesan honda adalah :
    ADU POWER, yaitu:

    1. di bidang promosi, honda akan tetap mengekor yamaha tetapi dgn power yang dibuat berkali-kali lipat. dengan tujuan agar yamaha akan kehabisan ide dan akan melayani honda dengan memperbesar budget promosi. dengan demikian, yamaha akan masuk pancingan honda, dan cashflow yamaha akan bny tersedot ke promosi sehingga pos – pos cashflow yang lain akan berantakan.

    2. memaksa yamaha adu power dalam hal peluncuran produk2 baru yaitu dgn cara mempersingkat life cycle produk (mirip spt produk handphone, dimana konsumen hny memakai selama 1-2 th lalu akan ganti lagi, hal ini karena produk handphone yang baru selalu keluar hampir tiap bulan sehingga konsumen akan lebih cepat bosan). cara ini memang akan sangat menguras cashflow honda karena honda harus sesering mungkin mengeluarkan produk baru, tetapi ini akan bagus untuk membentuk image bahwa honda sekarang sangat up to date, dan yang paling penting, ini adalah cara yang paling jitu untuk menarik yamaha ke perairan “RED OCEAN”

  40. @rebellion
    Sorry Bro baru sempet jawab sekarang ye,
    Emang pada dasarnya Vega ZR dengan Over Stroke yang sedemikian besar dipersiapkan bagi masyarakat Indonesia yang suka otak-atik motornya.
    Bayangkan dengan sedikit aja di Bore-Up/Over-Size maka kapasitas cc akan membengkak dengan mudah. Dengan demikian diharapkan dengan biaya minim maka akan menghasilkan motor modifikasi yang memiliki performa dasyat.
    Emang untuk standartnya dibuat iiiiriiiit, biar ngejar image Yamaha adalah motor dengan cc yang sedikit lebih gede, tapi tetap lebih irit. Apalagi ini untuk segment bawah yang ngejar sisi ekonomis, baik untuk penggunaan harian, bisnis, maupun untuk kawula muda yang hobi kebut-kebutan tapi berkantong pas-pasan.
    Uhuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuy!!!

  41. ::FANTASTIS::

    Emang sekarang klo gw lihat YAMAHA udah kelewatan dlm membandrol produk2nya. Dengan teknologi yg gak seberapa emang gak sebanding dgn harga produknya. Bila kita lihat produk kompetitor terdekatnya dgn teknologi yg sangat mumpuni bisa dibandrol dgn harga yg sangat-sangat murah. Kayaknya tepat buat yamaha untuk segera merevisi harga produknya agar tetap kompetitif

  42. yamaha semakin honda, honda semakin yamaha, semoga saja dengan ada nya perang atpm, masyarakat diuntungkan dan semakin dimanjakan,,,bukan malah di rugikan….

    peaceeeeeee

  43. setuju sama limas…yamaha katrok…sempak…

  44. @r1ngpiston
    Gue kok gak sependapat ama salesman sistem yamaha bakal dipengaruhi oleh roda 4 seperti yang Bro Ring omongin.

    Menurut gue, ini jauh berbeda, presepsi konsumen, watak, kebiasaaan dan pandangan tentang spending uang berbeda. Kalao di roda 4 kita biasa main intensiti tinggi dengan target terbatas, misal sebar brosure 1 hari kita buat max 20 brocure saja, tapi dari 20 itu paling tidak dapat 1 hot prospek. Setelah itu intensitas hub sales-calon pembeli dijaga erat.
    Kalo roda 2 menurut gue harus main masive action sales Bro. intensiti lebih kecil, tapi target harus lebih luas. tebarin brosure paling tidak 200 buah untuk 1 orang salesman.
    Barrier to buy-nya juga beda lho… dari sini kita bisa ngukur kemampuan salesman kita. Gak perlu yang pinter untuk retensi jangka panjang, untuk roda 2 lebih baik fokus pada salesman yang model badak…bisa digenjot terus karna tenaganya kayak badak. Jangan ambil kesimpulan terlalu dini soal salesman. Mungkin perlu dipelajari lagi costumer insight dan sales insight di bisnis roda 2. Gak bisa begitu saja pakai sistem di roda 4 bisa-bisa malah kagak jalan…lha gajinya aja beda jauh..kwalitas salesman pasti jauh…apa bisa pake sistem yang sama.? sistem salesman harus menyesuaikan dengan bidang bisnisnya.
    sekedar berbagi pengetahuan aja soal salesman. Soalnya ini makanan gue sehari-hari.
    Omong-omong coment situ okelah…berbobot juga.

  45. Omong-omong soal target sales, kalo roda 4 sebulan paling terjual 5 unit aja udah oke, tapi kalo di roda 2, sales target sebulan paling tidak minimal 35 unit khan.

  46. @ xxx
    btw sales apa mas….

  47. @distributor YAMAHA
    Om distributor mana comentnya…? ada tindak lanjutnya nddak !! jangan2 distributor palsu…???

  48. tuh..dari distributor aja kayak gitu…g mutu…apalagi motornya???

  49. @rebellion
    Sales kompor !!!
    (kompor mode: ON)
    Buah ha ha ha ha ha

    Gak kok,
    Gue cuman Rajanya Sales, tinggal beri perintah kepada mereka….mereka akan jawab: “Siap Paduka Raja, PerintahMu adalah amanat Hidup kami.” “Kami tersanjung menerima amanat ini”.

    Terus…
    Sesudah beri perintah…”eit prajuritku , jangan pergi dulu…mari kita makan bersama dulu!!!”
    Kemudian mereka ikut makan bersama sambil ngopi dan merokok.

    Sesudah makan…
    Mereka berkata”Kami unjuk diri dulu Tuanku Raja, terima kasih atas makanan dan kopi ini, Kami Siap bertempur sampai MATI dan Pulang LARUT Malam.”

    Lalu…
    Sambil menghabiskan sisa rokoknya, mereka pergi siap tempur dengan tekat dan semangat ’45.

  50. @Ring piston
    Apa bisa life cycle motor dipercepat seperti Hand Phone. Bisa bangkrut donk pabriknya.
    Kebetulan saya kerja di bagian Produksi di salah satu pabrik di Jawa Barat.

    Nah menurut saya, banyak sekali yang harus dipersiapkan untuk pergantian model baru pada sistem infrastruktur produksi, line produksi, SOP tenaga kerja, hingga program otomatisasi pada mesin-mesin manufacture dan tentu saja Jadwal Produksi yang harus dirombak lagi untuk menjaga effesiensi maximum tetap berjalan.

    Kedua, Berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk itu semua (hal yang sudah saya sebut diatas). Berapa biaya per-bacth produksi? Line produksi baru? Cost of Production Time? Cost production per product? interval production costnya berapa?
    Berapa bulan BEP untuk instalasi semua hal diatas? belum lagi kalau harus menambah/membeli mesin yang baru. Yang pasti semua matras untuk bagian mesin, rangka, spare-part dan bodi product baru ini pasti adalah matras yang baru pula, berapa biaya matras ini…
    Dengan memperpendek life cycle produk, berarti meningkatkan HPP produksi secara significant. Ini adalah PEMBOROSAN yang berakibat pada tingginya resiko Bisnis dan berdampak langsung pada margin keuntungan kotor dasar (Bruto Base Margin Production).

    Bisa bangkrut donk, karena bisnis motor quantity margin-nya masih jauh dibawah quantity margin skala bisnis HP.

    Ya, itu saja.
    Semoga sharing ini akan membangun pengetahuan kita bersama.

  51. @ganteng
    emang kalo di Moto GP aja gak mutu, apalagi produk yang dibawa ke Indo sini….wah…bisa turun lagi jadi KW Indon.

  52. yah jelas…yang bikin rosi kalah kan sering gara2 motornya…yang meleduk lah, kebakar lah, ga bisa lari lah…lengkap deh penderitaan…

  53. Apalagi kalo naik Honda, bisa2 gak mau jalan lagi dari garis start…motornya ngambek, bisa -bisa nasibnya kayak Pedrosa.
    Kalo naik Honda yang sekarang ini, rossi gak mungkin juara 1, juara 3 aja udah untung-untung.

  54. @r1ngpiston
    Setuju ama si XXx, sales system roda 2 gak bisa aplay sales sistem roda 4. Mungkin lebih cocok kalau aplay sales sistem produk kesehatan dan sedikit ansuransi. Lebih cocok dengan behavior konsumennya.

  55. @gateng

    orang kok dungu b a n g e t sih, berubah gak harus nunggu 30 tahun, membuat produk bagus gak usah nunggu kalo ada yamg nyaingi, lo oon ato ap ya, kenapa A*M gak bisa jual motor nya keluar?, pada hal CBR thailand laris di indonesia, kenapa TIGOR di tolak masuk thailand. capek deh…………….
    ” kita malu kalo jumlah produk kita kalah sama YA*A*A” kita harus lembur target produksi naik” harus nya bukan jumlah produksi tapi kualitas produksi harus meningkat. yang masuk kerja selain bawa motor ho*da parkir di luar, capek deh……………………………………

  56. @teha
    setuju ama Bro Teha.
    Napa emang Indonesia yang harus makan produk jelek gini? harusnya kalo bisa Indonesia export ke Thailand, bukan malah export pesawat tukeran ama ketan Bangkok.

  57. antara honda lawa yamaha ya tetep menang bajaj pulsar lah, bajaj pulsar di lawan…

  58. @Teha
    Lama tak sua…Nice to see U again.
    Uhuuuuuuuuuuuuuuuuuuy

  59. om artikel barunya mana??? hehehehhehehe

  60. @ bonbon

    maksud gue mempercepat lifecycle jangan dipandang secara extreem produk baru tiap bulan boss, mksdnya kalau dulu pabrikan motor (dalam hal ini honda) meluncurkan 2 produk baru tiap tahun, kali ini akan menjadi 3-4 produk tiap tahun dengan tujuan agar image “jadul” itu berpindah ke YAmaha. dan ini akan berat bagi yamaha untuk mengikuti iramanya mengingat yamaha baru mjd no1 bbrp bulan, sedangkan honda udh 30th. gak mungkin donk kalo jadi kayak handphone, kan pabrik elektronik dan pabrik otomotif sangat berbeda line produksinya.

  61. @ bro bonbon

    anyway thanx infonya bro…..

    @ bro Xxx

    wah, gue jadi sungkan nih kalo ngobrol soal sales ama bro Xxx yang udh PAkarnya Selling and salesman….. (moga2 dgn ngobrol gini bisa saling memberi dan mendapat masukan bro…)

    menurut gue begini bro, gue sependapat ama bro Xxx mengenai konsep salesman roda 4 yang sangat berbeda dengan konsep salesman roda 2 pada pelaksanaan di lapangan. yang gue maksud dengan “salesman system yamaha akan bnyk dipengaruhi oleh salesman system roda 4” sebenarnya lebih mengacu pada system kontrol terhadap integrated concept yang pada dunia otomotif dikenal sebagai konsep 3S atau 3H (Sales, servis, spare part) yaitu meliputi kinerja sales counter, service counter, dan spare part counter, sampai salesman.

    dalam hal ini, untuk menjadi no1 di indo, yamaha mencoba mempelajari dan menerapkan kesuksesan Toyota yang telah terbukti menjadi no1 di dunia mengalahkan GM (sebelum krisis global). Tentu saja Yamaha tidak akan mengCOPY PASTE begitu saja system kontrol Toyota terhadap dealernya yaitu TNC (toyota network certification) tetapi akan banyak mempelajari system tsb dan mencoba menerapkan system tsb tentunya dengan adjustment di berbagai hal, mengingat system serupa sebenarnya sudah sangat umum diterapkan di hotel berbintang dan resto2 sekelas *5 ampe mcD, dimana di setiap bidang industry tsb system tsb telah diadjust sedemikian rupa agar sesuai dengan karakter industry tsb.

  62. yg dibeli customer itu imagenya atau produknya? membangun image yg kuat dimulai daari produk yg unggul, bukan produk setengah jadi macem vega ZetpRet…

  63. kok bisa disebut stgh jadi boss?? apanya nih yg stgh jadi??🙂

  64. nunggu aja deh mungkin Yamaha tahun ini bakal keluarin motor OK yg bisa bikin makin uhuuyyy…

  65. Pasar membuktikan:
    – Absolute revo terjual 28.189 unit dalam waktu 10 hari

    http://oto.detik.com/read/2009/02/12/092854/1083626/648/honda-absolute-revo-sudah-laku-28189-unit

    – Blade terjual 52.383 dalam waktu 2 minggu

    http://www.inilah.com/berita/otomotif/2009/01/10/74686/wuih-2008-honda-laku-287-juta-unit/

    atau:

    http://triatmono.wordpress.com/2009/01/14/membedah-artileri-honda-di-tahun-2008/

    -vega zr terjual 40.000 unit dalam 2 bulan

    http://oto.detik.com/read/2009/02/10/102639/1082286/648/baru-2-bulan-yamaha-vega-zr-sudah-laku-40000-unit

    dengan kata laen, rata2 penjualan:
    – Absolute revo = 2.819 unit per hari
    – Blade …………= 3.742 unit per hari
    – vega zr ………= 667 unit per hari

    gimana coba?

  66. kok lo kynya tau bgt soal pasaran sekarang…

    apa emang atas dasar survey…?

    or lo malah jd salesnya honda nich…???

  67. GA USAH PADA NGREMEHIN YAMAHA
    LIAT AJA BENTAR LAGI!!
    TUNGGU TGL MAINNYA!!
    OK BRO-BRO SEMUA!!
    PEACE!!

  68. EMANG GW BKN PENGGEMAR HONDA
    YA TAULAH PRODUKNYA PADA KATROK GTU
    DARI SEGI BODY PADA GA JELAZ,
    MESIN GA BEDA JAUH AMA YANG DULU.
    AKSELERASINYA MASIH DIPEGANG YAMAHA,GW YKIN MASIH BUANYAK ANAK MUDA YANG DOYAN AMA PRODUK YAMAHA

  69. suara pasar tentang vega zr udah terdengar jelek banget lho….
    gmn nih YMKI, masih ngotot juga?? masih maksa??

  70. Strategi Honda makin smart baik dari segi produk maupun dari iklan. Sesuai dengan motto Honda : ” Bagaimanapun Honda lebih unggul “

  71. setuju men, kalo dilihat, honda sekarang ini sudah jauh berubah dari honda 1 th yg lalu.
    semakin smart!
    semakin REvolusioner!
    dan tetap efisien, buktinya tetap pake mesin 110cc!!! yang goblok kan yang masang mesin 115cc, udh tau krisis gini masih juga nawarinyg boros!! dasar oon!!
    Bagaimanapun, Honda lebih unggul!!!

  72. ^ si jago irit
    Benar bro Honda sekarang sdh berubah, tapi ingat!!! Honda berubah setelah pangsa pasarnya digerus sama Yamaha.
    Bukannya dulu Honda pake mesin 100cc bro sebelum generasinya Revo dan Yamaha pake mesin 105cc di motor Cypton dan Vega, kedua motor ini dulu memang paling irit konsumsi BBMnya dibandingkan Kaze R Kawasaki punya.
    Sebenarnya motor Honda 100cc nggak ngirit2 amat seperti di iklannya, malah lebih irit Yamaha Crypton daripada Honda Grand Black Impresa!!
    Saya bisa komentar seperti ini karena saya punya ketiga motor tersebut!!!

  73. paijo

    kamu bisa bilang crypton irit tuh cara ngitung nya gmn?? kan kondisi jalan, cara membetot gas, dll harus dilihat dulu. jadi orang harus lagic jo!!

  74. Sori bro, inikan pendapat subyektif dan saya memang kebetulan punya ketiga motor tersebut (Honda Grand Impresa, Yamaha Crypton & Kawasaki KAZE R) jadi boleh dong membandingkan motornya.
    ceritanya begini bro, sebenarnya itu motor semuanya gue pake buat ngantor saja tiap hari P-P secara bergantian, kondisi jalan dalam kota surabaya jarak tempuh total -+ 30km jalannya Mulus Tdk Ada Lubang dan Padat Kendaraan tp tdk macet kayak Jakarta, trus riding style : pake helm half face, tdk zig-zag, maks. kecepatan 50km/jam.
    Cara ngetesnya begini bro:
    Jarum petunjuk BBM dlm tangki sama2 di posisi merah paling bawah, trus saya isi BBM 3liter.
    nah kalo saya pake Honda Grand BBMnya dapat 5 hari (diisi pagi hari, pas hari ke 5 pagi hrs diisi lagi takut kehabisan ditengah perjalanan).
    kalo pake Yamaha Cypton BBMnya dapat 5 hari (tapi hari ke 6 pagi hari baru saya isi lagi, itupun jarum petunjuk BBM diposisi merah paling atas).

    Sekali lagi ini pendapat subyektif bro!!
    Kondisi motor tahun pembelian sama cuman beda 4 bulan lebih dulu beli Honda Grand, adik saya beli Crypton krn tertarik modelnya, kalo saya beli Grand Impresa krn tertarik iritnya, trus tahun berikutnya saya beli KAZE R krn tertarik dengan rem depannya yg sdh pake disk brake (waktu itu baru KAZE R yg sdh pake disk brake).
    Ngetesnya juga sdh lama bro, waktu beli motor kira-2 tahun 1997 (Grand & Crypton) keduanya msh ada sampe sekarang, dan dari pengalaman ini sampe sekarang saya nggak pernah percaya kalo motor Honda Paling Irit.

  75. eet udah deh gk usah pda eyel2 an gtu.yg penting tu buktinya bro.gue dlu bukan pnggemar kdua pabrikan tsbt tp stelah gue bli kduanya dsini jlas bro dr segi akselerasi,top speed jlas yamaha yg pling unggul.cntoh ni ye vixion n megapro gue iritan yg vixion n kenceng lgi drpd yg atunya minumnya byk tp gk bsa lari sungguh mengecewakan.

  76. trus supra 125 n jupiter gue,klo top sped kyaknya imbang bro tp bwt jln dpgunungan supra kya orang sakit urat bro brat bget mw jln tp jupi gue uenak bro bwt dpegunungan mlah enak bro dajak goyang gergaji asyik bgeeeet goyang kiri goyang kanan pas bget sasisnya drpd yg atunya kya sakit urat bwaanya kaku mllu diajak goyang

  77. yang penting yonda atau hamaha harus keluarin produk terbaik buat rakyat indonesia. buktiin bahwa mereka menghargai rakyat negeri ini. produk terbaik menurut versi konsumen. bukan menurut versi mereka para atpm. gak usah kebanyakan ngomong di iklan. misal: malas ngeluarin produk baru , produk lama dikasih julukan legend….

    to : all bikers

    do not be too fanatic. jangan terlalu fanatis ama satu produk. keenakan atpm. bikin mereka malas berinovasi. bikin mereka malas ngasih yang terbaik. kalo produk yang kita pake jelek , ya kita protes rame2. jangan malah ngebelaian. hal kayak gini yang yang bikin atpm stagnan negeluarain produk2 terbaiknya.

    thanx for all

    thanx

  78. Free Your Soul

    Hondamaniax, tolong cermati data AISI Kuartal I 2009. Kekuatan Mr. H kini cuma ada di bebek kwek kwek kwek… Suktik dan Sport mahkotanya pindah ke Mr. Y.

    Di Skutik, Bi Eti dan Pak Rionya sudah gak sanggup ngejar-ngejar si Meong. Di Sport, duet si Macan dan Megi Preeet mulai ompong dipreteli (disalip) duet Vixi-Scopi. Gimana kalau Fazer 250 nongol. Habislah sudah Honda di motor sport.

    Saya prediksi di tahun 2009 Mr. H makin jauh ketinggalan di Matic dan Sport. Apalagi senjatanya tinggal Skutik Premiun Air Blade (yang pasarnya sempit) dan Honda Reborn yang sulit nyaingi si fenomenal Vixi.

    Untuk bebek … Mr H banyak-banyak berdoa (eh promosi) semoga konsumen jadulnya (maksudnya konservatifnya) tetap setia dengan desain dan performa Revo 110. Karena cuma Revo 110 saja andalan terakhir Honda setelah Blade yang katanya terbaik di kelasnya ternyata ‘terancur’ di penjualannya. (Penjualannya terus nyungsep. Bahkan di bulan Maret 09 cuma laku 7.500-an).

    So buat Mr Y, untuk ngalahin Mr. H gampang aja kok. Keluarin aja Jupi Z atau MX yang lebih fresh (untuk bantu Vega ZR yang ngos-ngosan ngejar Revo 110). Untuk Matic baru kayaknya nggak perlu dulu. Simpan aja Mio-gresnya untuk 2010 (Dijamin, Trio Bi-Eti-Pak Rio-Air Blade nggak bisa ngejar Meong n Soul). Sedangkan untuk sport, habisi aja Mr H sekalian dengan Fazer 250 atau R-15 yang oke banget. Pasti Reborn gak ada yang ngelirik.

    Mr. Komeng sampaein salam buat Mr. J.Lo. pintar-pintar jagain bebeknya ya. Lengah dikit, habis dicuri Mr. Y.

    Utuk para komentator, biarin yang perang Mr. H vs Mr Y aja. Kalian gak usahlah ikut-ikutan perang. Mendingan nabung aja yang banyak, supaya kebeli motor-motor berkualitas!
    Gimana, setuju kan ?!!!

  79. @ free your soul

    analisa yang bagus bro..

    tapi sampai detik ini H masih no 1 loh!!!
    hehehe

  80. @ Free Your Soul

    Haduh2…beribet juga ne baca artikel lo punya artikel…bahasanya kentut banget, jelek2in Honda..
    MegaPret la..bla bla…geje de..
    Beberapa hal yg mesti lo tau…
    1.Di tipe sport ada Fazer 250 cc …
    di Honda ada CBR …walu cuma 150 cc…tapi, dari harga aja udah keliatan kayaknya fazer lebih mahal…soalnya cc lebi gede..

    2.maksud lo konsumen honda yg jadul apa ??
    lo aja kale yg jadul…
    Dari segi model Yamaha juga ga menang kaleeee dari HONDA…

    3.Lo kira gampang noh, ngeluarin dan bikin Jupi Z dan MX yg baru ?
    kalo gampang mah Honda juga udah ngeluarin terus kaleeee….

    4.Blade Revo Supra Fit vs Vega ZR ma Jupie Z..ya menang B, R , S Fit la….

    banyakan mana si lo liat di jalan…cape deh kadang…

    “Utuk para komentator, biarin yang perang Mr. H vs Mr Y aja. Kalian gak usahlah ikut-ikutan perang. Mendingan nabung aja yang banyak, supaya kebeli motor-motor berkualitas!
    Gimana, setuju kan ?!!!”

    lo aja komentar ….swt jga deh…

  81. Iya lah….I ikut komentar juga napa? I konsumen juga lho. I beli juga lho! Yang pasti I gak mau beli H dan Y kalo gak ada produk baru berkualitas.

  82. pelacur motor

    Tahun ini pasti ada gebrakan mio baru. Gue kagak setuju kalau Free Ur Soul kate disimpen aja untuk 2010. Gue dapet info dari dealer Yamaha kenalan gue kalau bakalan ada mio baru, jupi Z baru dan scorpio baru dgn cc lebih kecil. Semuanya tahun ini Bro! Jangan beli Honda dulu… Tunggu aja barang yang oke punya dari Yamaha.

  83. Paling dikeluarin model Mio MX di Thailand. Itu Soul yang lampunya model Nouvo. Keren juga sih. Lumayan buat nguatin lagi lini skutik Yamaha, biar makin nggak kekejar sama Pak Rio dan Bi Eti.

    Warning!!! Bulan April Honda no. 2. Yamaha sudah jauh meninggalkan Honda dengan selisih penjualan 30.000 unit lebih. (Selisih Honda – Yamaha sampai April 2009, tinggal 11.000-an. Masih unggul Honda!). Melihat gelagat penjualan Honda yang terus nyungsep, kayaknya dua-tiga bulan lagi secara kumulatif Yamaha benar-benar jadi nomor 1 dech)

    Pengen tahu berapa banyak Blade yang katanya motor terbaik di kelasnya? 36 unit saja!!! Bener, aku gak salah ketik. 3 puluh 6 unit saja (Itu pun jangan-jangan dititipin ke bank buat hadiah he he he…). Bandingin dengan Vega ZR yang katanya super jadul itu. Masih laku 35.000-an tiap bulannya.

    Jurus dewa mabok Honda ternyata keok dilawan jurus Taichi-nya Yamaha.

  84. Free Your Soul

    125
    Sorry banget deh. Jangan marah-marah dulu. Jadul atau konvensional yang gua maksud tu, konsumen yang menganggap motor sebagai alat angkut, bukan sebagai life style atau buat kuenceng-kuencengan, seperti dikampanyekan si Komeng. Itulah yang menjelaskan kenapa Abs Revo yang desainnya back to Fit itu melejit di penjualan jauh mengalahkan Blade yang sporti abiez tapi benar-benar abieeez di penjualan.

    Oh ya, harga Fazer 250 kalaupun harus keluar tahun ini dijamin harganya gak jauh-jauh banget dengan Tiger Revo (jauuuh dibawah Ninja 250). Yamaha mungkin lagi bingung. Keluarin Fazer 250 atau Vixion ganti kulit jadi R-15 (harga tentu jadi lebih mahal). Kalau Vixion ganti kulit, otomatis tempat Vixion harus ada yang ganti (bagusnya sih FZ150). Tapi kayaknya gak mugkin skenarionya kayak gitu. Yang paling rasional, yach keluarin Fazer 250 buat ngelibas si Tiggi Revo.

  85. @ miomio

    info penjualan gitu dapet dari mana si ?
    penasaran gw sama kebeneran orang2 yg bcara tentang penjualan….

  86. Org pintar pasti pilih YAMAHA!!

    sniff… sniff

  87. Hanya org bodoh yg mau dibodo2in yg mau beli HONDA!!

    sniff..sniff

  88. Org pintar pasti pilih HONDA!!

    sniff… sniff

  89. Hanya org bodoh yg mau dibodo2in yg mau beli YAMAHA!!

    sniff..sniff

  90. anti guspur

    he..he..he..marah nih!!

  91. Free Your Soul

    Yah Guspur memang nggak mau repot sana repot sini. Guspur kan nggak boleh bawa motor. Gak boleh nyetir mobil. Gak boleh milotin pesawat. Apalagi jadi pilot “Indonesia Airlines” (he he he)

    @125 ! Komentator motor harus rajin-rajin nengok data AISI tiap bulannya.

  92. @ Free Your Soul

    nengok data AISI dimana ?? di web ??
    minta linknya donk..

  93. Menurut gw skr model mtr honda menjiplak yamaha.. coba lihat honda revo.. sekilas seperti jupiter MX. Terus honda blade.. sekilas mirip yamaha mio… gimana niy.. katanya sudah berpengalaman 30 tahun.. tapi knapa harus menjiplak… gak bisa inovasi yang baru apa..?

  94. Tambahan.. skalinya ada inovasi di honda CS1 modelnya gak karuan… motor bebek dgn body semok.. trus saya kira yang membelendung di bawah stang tangki gak taunya bagasi (aneh.. gak ada manfaatnya, cuma gaya saja ) tangki masih dibawah jok.. ckckck nyusahin klo mo ngisi bensin…

  95. @ P4ijo : bener bro kata lw, si H slama 30 tahun ini membohongi konsumen Indonesia… gw yg slama ini kompromi memilih merk Honda merasa KECEWA… ternyata Honda tidak seirit yang diberitakan. dosa honda dh gede bgt tuh slama 30 tahun… akhirnya gw pindah ke Yamaha, skr gw pake V-ixion… bener2 kenceng larinya dan juga irit.. dibanding new gusdurpro eh.. new megapro 160 cc. JADI gw rasa jargon Honda yang mengatakan “Irit” dan “Bagaimana pun juga Honda lebih Unggul” adalah bohong BELAKA….

  96. @ yohid

    namanya juga persaingan ..
    liat aja minerva yang bener2 copy paste cbr…
    nah loh..nah loh…

    Honda CS1 mungkin emang bagi lo ga karuan, mungkin lo belum siap dengan model CS1 yang mungkin bs dblg futuristik, bagi yang udah siap si, keren2 aja…

    liat aja ada sebagian yg demen ma FU baru dan ada juga yg ga demen ma FU baru..

  97. @ yohid

    itu kan menurut sudut pandang lo ..
    kenyataannya orang2 milih honda kan juga karena irit, buktinya aja honda dah dapet beberapa penghargaan kan..

  98. Acungkan jari tengah ..and say “FUCK U HONDA”

  99. Acungkan jari tengah ..and say “FUCK U YAMAHA”

  100. Acungkan jari tengah ..and say “FUCK U YAMAHA!!”

  101. Yah..begitulah mental ahm/anti ymki..bisanya cuma njiplak..HA..HA. .ha..

  102. NVR110&YZFR15

    Kita liat aja akhir taun ini siapa yg penjualannya paling gede buat taun 2009 YMKI or AHM, ok?

  103. makash info nya,,
    slide gw jd nambah,,

  104. dr honda lengser yamaha

    y honda mah bwt yg umur 30th ke atas dah, kl yamaha y ky w gini….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s