Wake Up Suzuki…Wake Up..Wake Up..Wake Up..2!!!

fu-150baru

Karena terlalu Panjang…jang…jang, maka Gue terusin “Wake Up Suzuki…..” di bagian ke-2 ini.

Biar cepet langsung aja.

Strategy berikut yang sangat penting adalah menperbaiki kualitas Net-Work (alias jaringan). Kenapa harus memperbaiki kualitas bukan kuantitas?

Sebab dengan kecilnya kuantiti sales Suzuki secara nasional untuk saat ini, jumlah jaringan Suzuki sudah cukup, coverage area sudah cukup. Yang jadi masalah adalah justru semua jaringan Suzuki untuk saat ini kelaparan dengan kondisi penjualan Suzuki yang memprihatinkan ini. Cash Flow Dealer jadi seret…ibarat buka warung tapi sepi pembeli. Kualitas up grade ini mulai dari stock management, front office service, hingga selling & promotion technique juga harus di improve oleh semua jaringan Suzuki. Paling tidak saat ini baik Honda mupun Yamaha juga melakukan perbaikan yang sama, tinggal bagaimana Suzuki dapat belajar dan berlari lebih cepat untuk mengaplikasikannya / meng-implementasi-kannya secara lebih baik namun juga lebih cepat. Bukan hal yang mudah memang, tapi masih sangat mungkin jika serius untuk melakukannya.

Sedikit siasat juga boleh…(lihat penjelasan di bawah ini)

Kondisi dealer Suzuki di Jawa saat ini memprihatinkan, penuh dengan masalah cash flow, harga jual juga hancur karena kondisi demand Suzuki yang relatif sangat kecil di Jawa. Jadi dealer-dealer yang ada akan berebut omzet dengan bertarung harga dengan sesama dealer Suzuki. Margin keuntungan jadi kecil dan tipis. Segala macam strategy penjualan-promosi juga tidak akan berjalan dengan kondisi cash flow yang tersendat dan tipis macam ini.

Sangat bertolak belakang dengan kondisi dealer Suzuki yang berada di luar Jawa. Sebagian besar dari meraka adalah “raja kecil” didaerahnya masing-masing, rata-rata memang Main Dealer. Dengan persaingan yang tidak terlalu sengit, dengan demand Suzuki yang relatif masih besar jika dibandingkan dengan area Jawa. Margin keuntungan mereka masih cukup tinggi. Sayang strategy penjualan-promosi mereka masih kuno / konservatif. Sangat jauh dibandingkan dengan kondisi dealer Suzuki di area Jawa.

Konklusi untuk Suzuki:

Beri saja kesempatan dealer-dealer Suzuki di area Jawa untuk mendirikan dealer di area non Jawa. Dengan tingkat persaingan yang kecil, dengan kemampuan mereka yang lebih advance, tentunya walau dengan modal (cash-flow) terbatas mereka akan survive. Hal ini akan memicu perkembangan kualitas dealer lain yang notabene dimiliki oleh pengusaha asli daerah setempat.

Sebaliknya agar adil, beri juga kesempatan bagi Main Dealer non Jawa untuk dapat mendirikan beberapa dealer di area Jawa. Dengan harga diri sebagai main dealer di area asal mereka masing-masing (non Jawa), tentunya mereka akan berjuang habis-habisan untuk memajukan dan melakukan segenap upaya demi eksitensi mereka sendiri di area Jawa. Ini suatu kesempatan bagi mereka untuk dapat memasuki area Jawa, mereka akan fight habis-habisan di area baru ini. Dengan modal besar yang mereka bawa, segala usaha penjualan-promosi akan dapat terlaksanan dengan baik. Suzuki akan memiliki power di Jawa. sekali lagi Gue ulangi…”SUZUKI akan memiliki POWER di JAWA” tidak seperti selama ini dimana mereka (dealer-dealer Suzuki) seperti lemas tak bertenaga karena kehabisan napas.

skydrive

Nah Strategy lain yang  juga penting menurut Gue untuk segera dilakukan oleh Suzuki, adalah  strategy untuk memperbaiki kualitas Salesmanship, baik secara management salesmanship, maupun kualitas SDM salesman-nya agar Suzuki dapat bertempur di kondisi 2009-2010 dengan demand yang terbatas ini. Persaingan akan semakin ketat dan semakin tajam. So preparation harus sesegera dan setepat mungkin.

Untuk sementara ini dulu deh…kalo kebanyakan juga sama aje Gue bikin Buku / E-Book. Cukup yeeee…..

Yang penting Uhuuuuuuuuuuuuuuuuuuy dulu untuk Suzuki!!!

Salam dari Kamen Raider Black dan kawan-kawan….!!!

19 responses to “Wake Up Suzuki…Wake Up..Wake Up..Wake Up..2!!!

  1. PERTAMAX aja deh🙂

  2. anton_aw05

    wah wah wah…..
    lagi ngebut nih. sehari 3 artikel. gitu dum produktif lagi. minimal 1 artikel/hari-lah biar tambah rame warungnya kayak warung sebelah.

  3. anton_aw05

    keren bgt bro strateginya.

  4. @anton_aw05
    Thanks Bro,
    Maunya sih tiap hari gue buka jajanan baru. Maklum sekarang Gue sibuk setelah berangkat ke Jepang December lalu. Kehidupan gue sudah lain. Sekarang ada yang bercuap-cuap kalo gue terus-terusan mengelus keyboard. hue he he he. Kapan hari juga udah libur lama gara-gara liburan lagi di Bali. Bukanya gak ada koneksi nir kabel, cuman….ya tahu sendiri lah… :))

  5. Amin..
    moga2 didengar oleh orang2 suzuki yg di atas.
    udah nulis 2 episode klo sampe ng ngeh kebangetan. ;(

  6. Oh ya 1 lagi…
    Suzuki, kurang Iklan di TV2 dan Kurang promosi Launching ..
    Lihat aja iklannya Jupiter MX, yg menurut gw lucu dan keren, soalnya ada si Komeng sama Rossi…
    Terus di segi promosi, liat Honda, Blade dan Absolut Revo sampe dibikinin acara Grand Launching di salah satu stasiun TV swasta…bikin OST lagi sama Nidji….
    “saatnyyaaa….bergayaa…..pake Absolute Revo….”…
    ntar deh gw bikinin lagu buat Satria..hahahah…..
    “saatnyaaaa…bergayaaaa…bertenagaaa….dengan Satriaaaa….” hahahaha…

  7. JANGAN LUPA BRO. TAMBAH PRODUCTNYA DENGAN MOTOR BATANGAN.

  8. NVR110&YZFR15

    Suzuki suruh bikin film power ranger-power rangeran trus rangernya suruh naikin motor itu

  9. r1ngpiston

    gue setuju bro gen.
    masukin yang dr luar jawa ke jawa n yg dr jawa ke luar jawa. It’s a Brilliant Strategy. melalui itu, banyak next step yang akan lebih mudah terselesaikan. Great!

  10. semoga iklan2 suzuki tetep dramatis dan elegan!!!…contoh dunk iklannya bajaj…mantap lah….

  11. pengen laku ? suruh rossi pindah ke SUZUKI

  12. Suzuki kurang iklan sama promo nehhh..
    pelit…
    Blom perna gw liat iklan satria muncul di tv..

  13. iyo, suzuki itu klo ada spart part rusak mesti inden lama, klo di bengkel biasa ato bengkel pinggiran aja banyak ga jual spare part nya, padalah produk nya bagus, ga bisa di tiru spt KW2 gt

  14. Suzuki ride the wind of change. Spt nya sudah tdk lagi. For now, Suzuki “terseret” wind of change!

  15. suzuki pnya slogan d jadi way of life tuh….

    Sebenarnya dealer suzuki d jawa tuh d malas x dan emang d gak ada spirit untuk fight…

    terus kalau masalah main dealer non jawa nya sndiri…mereka emang juragan di daerah masing-masing…masalahnya aja selama ini mereka tau cara jualan yg benar..cuma mereka tidak mau keluar duit untuk promosi dan sebagainya…

    so…gmana mau dsuruh buka dealer di jawa…sedangkan disuruh memaksimalkan daerah nya sndiri aja susah

    Kemarin tuh w ada ngobrol sama salah satu main dealer suzuki di wilayah non jawa…

    gw tanyakin pendapat nya dengan keadaan sekarang

    mereka malah jawab nya….itu masalah national nya suzuki, lgian ngapain habisin duit sendiri buat promosi and fight m sekala national…( nampak x gak mau berjuang untuk suzuki nya,)

    terus gw jg coba nanya sama dealer nya…dari dealer menyatakan kalau mereka tidak di kasih fight
    cth:
    Yamaha m honda di daerah situ telah main potongan / komisi hingga 1 juta, tapi suzuki cuma main di angka 300 ribu

    terus dealer suzuki nya ikutan main 1 juta juga, tapi malah di tegur main dealer nya…di bilang jangan rusakin pasaran…dimana hal ini dilakukan karna jumlah cabang main dealer sendiri lebih banyak dari dealer yang ada..jadi nya mereka tidak mau sampai cabang nya sndiri profit nya menurun…

    Sebenarnya yang harus dilakukan suzuki adalah
    1. Perbaiki segala management dalam ATPM nya
    2. After sales nya di per baiki
    3. Lakukan tindakan tegas terhadapa Main dealer dan dealer yang nakal
    4. Berikan target yang jelas…apabila tidak capai, langsung di berikan sanksi yang tegas

    selama ini main dealer suzuki adalah orang yang sangat dekat dengan para petinggi…jadi walau main dealer nya terbukti lalai dan tidak melakukan tanggung jawabnya..mereka tidak pernah di berikan sanksi….dan ini yang menyebabkan kondisi suzuki sangat terpuruk….

  16. mantep….
    tapi kalau menurut saya sih untuk MD non jawa pride-nya mudah dikilikitik.

  17. wacc…suzuki tuu emng aneh…!!!kO” liat aj…dr bentuk ny aj…dloe shogun ..bentuk nya baguz bgt yg Sp m yg biasa..tapi skrg body ny hancur…!!kl mslah mesin gue acungin jempol 4..!!
    tapi msak bgus cuma d mesin ndak lah…truzz yg k 2..satria FU yg bguz2..msalh skrg d bkin hancur..yg broe tu shruz ny yg bguzz tapi mlah yg broe yg hancur…payah suzuki..arsiterk ny ndak tau motor selera orang indo…!!.
    yg k 3..skydrive..bentuk ny ndak kreng sama skli…!!!napa suzuki cuma mnang d mesin tapi ..kalah d body n tampilan…trmzz..
    peace wat suzuki…!!

  18. semua motor sama aj, itu dulu, kalo sekarang mesti memperhatikan detail sperti mesin, garansi, serta harga

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s