Entering the Retro Stylish Trend

Pada dasarnya Xeon secara Product Planning bisa dipastikan untuk melawan Vario yang memang memiliki image matic Premium yang Hi-Tech dengan dipakainya liquid cooled system dan beberapa fitur andalan Honda. Di Thailand sono R&D Honda juga tidak tinggal diam untuk make over Vario dengan model dan desain yang lebih modern; Vario Techno adalah versi face lift dari Vario di Thailand. Akan tetapi  di Indonesia dipasarkan dengan diversification fitur yaitu “CBS” alias Combi Brake System yang hanya ada pada Vario Techno Model. Nah Xeon ini adalah lawan yang mumpuni bagi Vario atau Vario Techno. Dimana Vario memang lebih Complete secara fitur  dan Xeon lebih Sporty secara power. Dimana Hi-tech pada Vario (techno) diterjemahkan melalui fiturnya yang lengkap, safety dan user friendly, sedangkan Hi-tech pada Xeon diterjemahkan melalui modern metallurgy technology dan penggunaan desain elemen mesin yang modern.

Ketika Honda berencana memasarkan Scoopy di Indonesia, Yamaha justru harus berpikir ulang untuk memasarkan Fino. Langkah terlalu hati-hati ini terpaksa dibuat karena Yamaha tidak mau mengambil resiko apabila ternyata demand motor matic retro di Indonesia tidaklah begitu besar. “Play safety” dululah. Apalagi menambah 1 type baru berarti harus menyiapkan 1 line produksi untuk membuat produk baru tersebut. (belum lagi dengan stock dan berbagai kesiapan lainnya).  Akan lebih bijak jika pilihan menambah 1 line produksi ini jatuh pada type Xeon saja, karena Mio dan Soul sudah tidak dapat lagi membendung Honda dengan Vario dan Vario Technonya di segment matic Premium. Apalagi Mio harus berjuang keras menghadapi perlawanan dari Honda Beat yang semakin gencar saja lewat strategy pricing dan promotion communication-nya yang tajam dan sarat dengan sindiran berbau black campaign.

Kemampuan Financial yang serba terbatas ini membuat pilihan yang ada jadi serba terbatas juga. Bagaimana cara menghadapi  Scoopy? Nampaknya YMKI mencoba Strategy yang sedikit melenceng dari Grand Strategy yang seharusnya. Mencoba melawan arus trend Retro yang dibawa Scoopy dengan cara meng-influence pasar Indonesia dengan hal yang berbau modern dan Hi-tech lewat kehadiran Xeon. Disatu sisi, Vario dan Vario Techno akan sangat diuntungkan jika trend Modern dan Hi-tech yang digembar-gemborkan YMKI berhasil meng-influence pasar. Harus diakui apapun promosi yang dilakukan YMKI, Matic-matic Honda akan sangat diuntungkan. Sekuat-kuatnya trend Hi-tech dan gaya modern ini mempengaruhi pasar matic, trend retro tidak akan mati. Trend ini tidak akan terlalu membesar secara sistemik iya, tapi trend retro juga memiliki immunity yang kuat terhadap pengaruh trend yang lain. So pasti Honda telah memperhitungkan hal ini, jawabannya mungkin akan ada pada barisan matic Honda yang akan segera menyerbu sesaat lagi. Bagaimanapun saat ini Hondalah yang paling diuntungkan dengan Duo Vario dan Vario Techno pada pasar Hi-tech Modern dan Scoopy pada pasar retro-nya. Sedangkan Beat…masih tetap fight dan semakin focus untuk mencoba membungkam Mio yang kini semakin “menua” dengan bantuan dari saudara barunya; Scoopy yang menggerogoti  Mio lewat trend retro stylish-nya. Sedangkan Soul serasa bungkam saat trend retro Scoopy dan cannibalism dari Xeon mulai menggerogoti angka penjualannya.

Ibarat peperangan sudah tidak lagi seimbang, strategy dan tactic sudah salah langkah… Mhmmm, seharusnya apabila trend retro sudah tidak dapat dibendung lagi, Yamaha mau tidak mau harus siap dan harus tega menelan ludah sendiri. Fino harus dikeluarkan!!! Ya Fino harus mengisi market matic retro jika Yamaha masih ingin mempertahankan market share di segment matic yang begitu memiliki peranan strategic bagi kelangsungan masa depan Yamaha di Indonesia maupun di dunia. Walau first mover advantages tentu saja sudah diambil Honda dengan Scoopy-nya. Tag line Yamaha; “Semakin Di Depan” juga mulai kehilangan kesaktiannya sesaat  setelah Honda mengelontorkan Scoopy yang pertama di matic Retro, PCX yang pertama di matic Elegant-Sophisticated, Revo Techno AT yang pertama di bebek-matic. Ya…sayang sekali padahal tag line itu merupakan bagian dari Brand Character Yamaha yang selama ini begitu memiliki arti strategic dan philosophic bagi image Yamaha di Indonesia.

Fino yang bagaimana yang harus keluar di Indonesia Market? kalau menurut pendapat Gue bila opini ini dihubungkan dengan bidang consumer insight design. Fino harus diperbaiki desainnya jika mau eksis menyentuh hati orang Indonesia. Retro Style yang mendapat sedikit sentuhan Modern style. Jadi desain Fino yang sudah ada di Thailand harus di make over lagi sehingga lebih berbau modern lagi, tetap retro iya, tapi more modern retro stylish. Tentunya dengan striping graphic modern dipadu dengan design modern retro stylish akan sangat mudah untuk menghantam Scoopy dari hati konsumen Indonesia yang memiliki selera khusus bila dihubungkan dengan design dan mode.

Sebetulnya masih ada cara lain untuk membendung Scoopy tanpa harus menelurkan Fino dan merugikan barisan matic Yamaha lainnya. Yaitu dengan memperkuat image Stylish Matic pada Soul yang saat ini serasa tak begitu mendapatkan perhatian. Perkuat image bahwa stylish itu lebih baik yang fashionable stylish matic macam Soul yang lebih modern dari pada model retro Scoopy. Akan lebih baik jika Soul diperlengkapi dengan face lift dan make over yang lebih stylish lagi menggunakan cat atau pewarnaan neon yang akan memperkuat unsur stylish fashionable-nya. Lihat secara price positioning juga lebih head to head. Bandingkan dengan Xeon yang memiliki harga yang jauh lebih tinggi dari Scoopy, bagaimana mau fight secara trend? Soul justru memiliki chance untuk menggeser trend retro stylish ke trend fashionable stylish dengan harga produk yang bersaing. Tinggal make over dan face lift aja Soul…so gimana YMKI…mau???

Nah bagaimana pendapat Bro-Bro lebih baik Fino atau New Soul ReBorn???

Salam Uhuuuuuuuuuuuuuuuuuy dari Genesis.

143 responses to “Entering the Retro Stylish Trend

  1. keputusn untk masukin Xeon dulu sudah tepat, tinggal lihat aja scopy gmn…

    dan seandainya fino harus masuk tinggal di campaign aja matic retro pertama se-asean..nah ga jadi follower kan?atau masukin aja sekalian yg injeksi trus di campaign, the real modern retro pertama di Indo dan asean…sekarang yg jadi follower sapa ??sekalian memperkuat branding hi tech😀

    imho

  2. wah asyik nie artikelnya brojol terus😀 enaknya disini walau adu argument tpi ga membabi buta argumentnya, rata2 argument mencerdaskan…

    nice job bro Komeng

  3. Paul Gurita

    Waduh keduluan ama Mario Kempes aQu.

  4. lae togar anak medan bung

    wah gara2x baca jadi the big 5 aza dah

  5. lae togar anak medan bung

    kayaknya permak aza tuh si zoul , khan ngak susah2x amat. truz kalau menjilat ludah sendiri khan bro rada susah2x amat. bakalan dijadikan bulan2xnan deh.

  6. hm…..kalo campaignnya matic retro pertama se asean…memang bener, tapi image followernya di indonesia tetep kerasa….sama dengan matic…tetap saja image mio mengakar kuat.

    terus kalo mau dicekokin injeksi banderolnya mau berapa?apa mungkin nambahnya dibawah 1 juta?

  7. @ lae
    betul bisa juga tuh permak soul aja…dng spek down dari xeon

    @ sa469

    namanya usaha, daripada ditampilin polosan, setidaknya bisa meredam image folower…..retro pertama se asean kini hadir di indonesia (bahasa iklan😀 ) tergantung brojolny kpn, kalo da terlalu lama ya image followernya akn lebih kuat

    trend retro kan sebenarnya bisa dikatakan sebagai penanman image, dan penguatan branding…tulang punggung jualan tetap di mio vs beat…

    imho

  8. setuju banget sama bro komeng…
    soul didandanin lagi aja,, bisa lebih mak nyus…

  9. Dani Ramadian

    @Mario
    Jualan disini masak “datanya” dari luar???
    Yah, brarti selalu begitu dong Yamaha.
    Selalu bilang matic pertama di Indonesia,
    pdhl ada Kymco n Piaggio duluan…
    Hal² macam gini memang masyarakat awam
    ter”tipu”. Tapi kan nggak semuanya…

    Kalau sekarang gitu lagi…
    Yaaaa, terserah Yamaha aja lah…
    xixixi

    Bdw, tgl 7 n 8 iso brangkat ke Pacitan yo..🙂

  10. @mario & sa469
    Setuju pendapat Bro sa469, fino walau matic retro pertama di asean, tapi image ngikut akan tetap dominan di Indonesia. percuma aja kalaux begitux.

    Orang Indo ngak mau tahu pertama di dunia kek, pertama di asean kek yang penting cuma satu, pertama di Indonesia!

  11. @ dani

    yah sekarang kan pertandingan bukan cuma di Indo saja, tpi sekarang da pertandingan Global😀 sampe motoGP aja harus ikut2an perang untuk mendongkrak jualan, jadi sah2 aj toh wkwkwk

    sjauh ini bisa..mboh mane nek onok urusan mendadak😀

  12. @ paul

    da survei belum??
    jumlah n= berapa? kalau 1 type diwakili 100 orang saja error factornya masih lebih dari 40 persen.
    sekedar elo taho, survei yang dilakukan untuk mencapai error max 10% butuh N terdistribusi rata minimal 300 orang untuk tiap parameter yang dikaji.

    wkwkwkwk klo bilang hanya sekedar pendapat mending dikasih tulisan Imho

  13. @Mario

    tuch dah terbukti Mario dan Yamaha follower….copy paste comment Q di artikel sebelumnya…

    waka ka ka ka kak…dasar peniru
    jadul loe!

  14. Paul Gurita

    tuh kan ilmunya cetek ternyata…di kasih copas comentnya sendiri ga bisa jawab, langsung main fisik ngata2in hahahahaha, jng2 paul ga tau nie apa yg diomonginnya…wkwkwkwk…

  15. @Mario,
    ilmu sendiri cetek ngata-ngatain orang, buktinya waktu situ Q tanya gak bisa jawab surveinya valid ngak?

    jangan-jangan n=25 aja udah ngakunya survei. itu sih cuman ngerangkum jawaban orang, ngak valid surveinya.

    kalau mau adu masalah survei boleh, ini kerjaan Q sehari-hari. aQ ada di salah satu lembaga survei yang Top di Indonesia.

    Ayo kalau berani sini Q tantangin masalah survei mensurvei. berani adu ilmu kagak loe!

    Dasar follower yang ilmunya cetek!

  16. @ paul

    ilmu cetek dalam soal beradu argumen, yg bilang ilmu cetek survei tuh lho sapa wkwkwk

    Ayo kalau berani sini Q tantangin masalah survei mensurvei. berani adu ilmu kagak loe!
    ————————————————————-
    gak ah ga minat ntr waktu debat ujung2nya main fisik….ngomong ga pinter lah, dikatain balik ngamuk wkwkwk….

  17. orang yang berilmu adalah orang yang tidak menyombongkan ilmunya, tetapi menjawab dengan bijak dan memberitahu dengan bahasa yang bisa diterima setiap orang sehingga orang lain dapat mengerti.

    sesungguhnya sombong itu adalah sifat iblis…
    dan yang berhak untuk sombong hanyalah Tuhan YME… pemilik segala.. Maha Besar dan Maha Mengetahui Segala….

  18. ndaru_abizz_makan_siang

    hajar aja dgn jurus Black campaign yg udah biasa dilakukan yamaha…
    mau bersaing secara produk jelas kalah..
    satu2nya cara ya Black campaign…
    biar aja konsumen yg jadi korban.
    bukan begitu bro mario???

    😆😆

  19. ndaru_abizz_makan_siang

    @Dani Ramadian
    yah biasalah yamaha…
    kayak baru kenal yamaha aja sih…
    menang sebulan juga mengklaim menang setahun juga biasa dilakukan kok…
    yamaha gitu loh….

    😆😆

  20. @ Friz

    wah nyindir😀 iya nie da khilaf…..habis cumi-nya sukanya ngata2in melulu….ya sud sory ya paul….

    ntr dlm beragumen jangan main fisik lagi ya😀 tulus nie minta maafnya🙂

  21. @ ndaru

    oalah sampeyan itu lho yg biasanya BC, dibaca lagi tuh coment2ny sampeyan….

    waduh aku ngpain tangepin orng ini ya….
    haduh khilaf lagi…wkwkwkwk…y sud cao

  22. ndaru_abizz_makan_siang

    @Mario
    mana kata2 gue yg BC???

  23. sekarang dah kepalang basah,
    mending fino gak usah brojol sekalian…
    konsen ke soul aja di bedakin lg.

  24. betul mending soul tu di benerin…..design sudah oke permainan warna ok….tapi lebih oke lagi jika ada tambahan yang lebih mumpuni..

    hmmmm tambah rame jalan2 jadi retro..wkwkwkwkwk

  25. wah artikel diatas banyak sekali kata-kata sindiran halus dan info-info halus yang dibocorin secara halus juga. cuman bacanya harus berulang-ulang dan peka. Apalagi prediksi dan sarannya Oke banget.

    uhuui Bro Genesis.

  26. Pokokke gw kesensem sama buritan Scoopy yang mirip Angsa lagi ogah kawin, ditambah lampu belakang yang mirp permata besar di ekor angsa. Benar benar gimana gitu? sayang udah punya Beat buat JJS dan atar Bocah sekolah TK, jadinya ngak ikut indent.

    Kalau dibandingin sama Soul ya mendingan Scoopy deh! Ngak tau kalau Xeon.

    Menurut pengamatan GW sih Xeon banyak di display di Dealer, Tapi Scoopy susah banget liat di Dealer. Tapi menurut data Bro Mario Xeon masih lebih laris Scoopy apa karena target sales per bulan yang beda. Scoopy 10.000 sementara Xeon 25.000 kalau ngak salah.

    Anyway saya setuju kalau Xeon akan mematikan Soul jika jati diri Soul tidak dibikin lebih spesifik. Sementara memakan MS VArio cs gw kok belum yakin karena IMHO konsumen Honda cenrung lebih Loyal dari Yamaha.
    Dari pemantauan terbatas gw di suatu rumah yang basinya motornya produk honda cenrung ngak ada produk lain, sementara di rumah lain yang basisnya Yamaha di situ ada Suzuki, Honda taupun Kawasaki.

  27. Paul Gurita

    @Mario
    ditantang kagak berani. dasar…pengecut…tapi ya udah lahq kalau begitcu.

    lagian yang diomongin sa469 dan aQ adalah fakta di lapangan yang sudah terbukti secara empiris dengan sejarah pemasaran yang telah teruji di Indonesia. Ngak ada hubungannya dengan survei-surveian.

    Dasar pertanyaan yang bodoh dan mengekor. apalagi yang perlu disurvei. lagian survei loe ngak valid, ngapain dipercaya omongannya.

    @Ndaru
    emang bener omongan situ Bro, si mario ini bisanya cuman ngomong besar, tong kosong nyaring bunyinya, sok ngata-ngatain orang lagi.

    Yang mulai dianya juga dari tadi pake kata-kata yang jelek.

  28. @ Mario

    Kayaknya data tersebut masih berupa data Wholesale, sory yang gw maksut data real yang ketangan konsumen. Kalau data ini gw juga setuju Xeon lebih laris dari Scoopy sampai saat ini.

    Sebelumnya gw juga pernah komentar tapi lupa di artikel dan warung mana. Kalau Xeon bulan juni sudah didistribusi penuh ke dealer (sesuai kapasitas produksi) tapi Scoopy masih belum karena masih tahap awal, jadi produksi belum optimal, bulan july ini baru optimal. Akan tetapi distribusi Scoopy ke dealer langsung ketangan Konsument sehingga buat display saja jadi langka, sementara itu Xeon walau yang sampai ke konsument juga cukup banyak tetapi di Dealer sendiri tidak sulit untuk sekedar melihat lihat bahkan untuk Test Drive.

    Tapi anyway untuk Matic saat ini tidak ada satu merk yang superior terhadap merk lain.

  29. Paul Gurita

    liat coment ente…yg nyebutin ane sok pintar sebelumnya..sapa yg duluan….kan da aku bilang ini kerjasama ama slah satu lembaga survei….jdi bukan ane yg survei…lagian bukan bidang ane deh soal survei, klo analisa marketing bleh lah

    pertanyaan bodoh atau otak loe yg ga nangkep…u bilang sendiri kalo survei harus berdasarkan data bla..bla…kyak dosen statistik gue bikin ngantuk..trus u kasih coment

    “Orang Indo ngak mau tahu pertama di dunia kek, pertama di asean kek yang penting cuma satu, pertama di Indonesia!”

    nah argument ente tuh aku tanya valid ga?da disurvei lom….dibalikin pertanyaannya ga bisa jawab….malah ngata2in lagi….capek deh

  30. @ paul lagi

    ya sud deh gini aja…ente siapa dari lembaga survei mana?ane dari md jatim…..semua (kebanyakan) penghuni warung da pada tahu ane….da kurang valid apa…yg ga valid kan ente, asal darimana??da kurang jantan apa ane….

  31. Paul Gurita

    @Mario
    kliatan Gobloknya khan…

    he he he

    “Orang Indo ngak mau tahu pertama di dunia kek, pertama di asean kek yang penting cuma satu, pertama di Indonesia!”

    Ini gak butuh survei lagi, ini adalah fakta di lapangan yang sudah terbukti secara empiris dengan sejarah pemasaran yang telah teruji di Indonesia. Ngak ada hubungannya dengan survei-surveian.

    kalau elonya ngak tahu empiris itu apa?…ya maklum lah aQ. situ khan emang ngak ngerti apa-apa. sok ngerti marketing…empiris aja ngak ngerti. apalagi bidang survei…yang lebih njelimetin lagi.

    lagian yang comment ngak karuan dan ngak sopan ya ente duluan..
    dasar masih barbar!

  32. Paul Gurita

    @mario
    lagian aQ ngak percaya situ dari md jatim, mana ada orang md yang goblok begitu, apalagi pake ngikutin nama jatim segala, malu-maluin orang jatim aja.

    dari md koq pemikirannya cethak begithu.

  33. Paul Gurita

    @mario
    dari md jatim merk apa? yamaha kah?

    koq begitu blo’on dan kampungan githu!

  34. @ paul

    ya elah…banyak omong loe sendiri…ngaku2 lembaga survei…dari mana loe…?
    ane tau lah arti empiris…tpi buktinya mana??itu kan yg ane minta…ane orangnya terbuka kok…setelah dikasih bukti..oh iya betul, ane akan akuin karena ane suka belajar…..beda ama ente yg egonya tinggi

  35. Paul Gurita

    @mario
    kalau tahu apa sih artinya empiris itu?
    wak ka ka ka ka kak!

  36. wah wah wah…

    githu aja diributin…jelas-jelas ngak perlu survei lagi kalau masalah itu dah jelas.

    Orang Indo ngak mau tahu pertama di dunia kek, pertama di asean kek yang penting cuma satu, pertama di Indonesia!

    gue juga setuju kalau masalahnya ini.

    setuju ama Paul Gurita dech.

    thanks berkat kamu aku menang taruhan saat jerman vs spanyol dan belanda vs spanyol.

    pokoknya ngikut Bro Paul Gurita dech, pasti “Untung”.

  37. klo ane bisa jawab ente jawab y pertannyaan ane, sory bro ane sebenarnya ga suka deh ribut..jdi kita diskusi kepala dingin aja….oke….peace

    Data empiris berarti data yang dihasilkan dari percobaan atau pengamatan.

    nah sudahkah ada percobaan dan pengamatan?soal statement itu, tpi kenapa klo kita lihat dunia marketing masih menjual soal no 1 di USA (merk oli) no 1 di asia kini hadir di indonesia (merk makanan) no 1 dunia dll….

    peace ah, ga enak ribut kyak anak kecil aja, kita diskusi pake kepala dingin aja ya

  38. Paul Gurita

    Nah..dah tahu khan knapa ngak perlu survei lagi.

    Dari pengamatan aja dah jelas koq.

    nah yang jual no-1 di dunia itu apa oli paling laris di Indonesia? pengaruh iklan itu seberapa kuat?

    nah yang jual no-1 di asia itu apa paling laku di Indonesia? pengaruhnya apa juga mampu membius orang indonesia untuk beli makanan yang sama?

    di pikir-dipikir dipikir.

    bagaimana bila dikatakan no1 di Indonesia..

    kayak BC yamaha itu.
    pengaruhnya kuat khan!

    Nah tho….bener khan!

    makanya kalau mau kepala dingin dari tadi khan enak masa bawa nama md dan jatim segala, khan malu-maluin.

  39. @ paul

    lha ane kan da minta maaf dari tadi…trus ente malah bilang ane pengecut..ya ane bilang aja klo ane valid ada, ane jelasin gw dri md jatim….oke deh kita kepala dingin aja

    yup walau efeknya ga sebesar itu, tpi setidaknya mampu meredam efek folower seperti coment saya tdi, daripada ditampilin polosan…tnpa campaign seperti itu, gmna menurut bro?

    oh ya soal BC, saya jg ga stuju klo Y selalu dikaitkan dng BC, H jga sering lakuin itu……justru skg Y da tobat😀

  40. Woiiii kok menubakar bakar dibawa – bawa dimari, mendingan jesalsin ke gw yang ngerti ngitung power pakai dynotes, ada yang punya data perbandingan per produk ngak ya? Soalnya sepertinya power di brosur hanya claim sepihak.

    Bro komeng, Gw pengen tahu power dari NEW jupi dan Blade jika disandingaknan gimana? Demikian juga dengan yang lain seperti REVO dg Vega ZR
    HSX dg J MX, MGP dg Vixi, TG dengan Pio.

    Kalau pengunjung ada yang punya data mohon informasinya ya?

    Oh ya satu lagi ada yang tahu ngak berapa perbandingan gear belakang motor motor tersebut sebab sepintas gw liat Gear Motor Yamaha lebih kecil dari Honda apakah ini benar.

    Kalau benar artinya yang bikin motor Y kencang bukan karena teknologi dong tapi karena gear belakang lebih kecil ya kan? xixixiixiiii😀

  41. @ nha

    mau data dari ane?tpi ntr berat sebelah hehehe
    klo motor bebek dng spek yg sama, klo ada bedapun tidak lah jauh…karena tujuan dibuatnya tuh motor bukan buat diajak balapan….tpi sarana transportasi, mending test ride aja satu2 trus bandingin pake insting…😀

    cmiiw

  42. Legenda Rider

    Ane kira komenya banyak penuh dengan diskusi, ternyata kebanyakan debat kusir, kalo ada yg mulai debat kusir, atau menghina baik fisik, ataupun lainnya, ga usah ditanggapi aja. lewati aja.

    masih banyak kok yg nyari ilmu dengan niat baik disini.

  43. Legenda Rider

    maaf gan ane insyaf😀
    da minta maaf tpi malah dihina…..

    peace deh

  44. @ mario

    Data yang gw maksud adalah, kedua jenis motor dites di tempat yang sama dan pada saat yang sama juga.

    Kalau emang punya boleh di share aja bro biar yang lain ikut komentar, pengetahuan jadi tambah dan yang punya ilmu jadi tambah pahala. 🙂

    Masalah gear belakang benar ngak sih kalau motor Y cenrung lebih kecil (mata gear lebih sedikit). Soalnya mau ngitung sendiri di parkiran malu diliatin orang. 😀

  45. wowww… Nice Artikel bro Komeng…. tapi Komentator-nya koq malah padha debat Kusir yo?…. Yamaha emank smakin terjepit posisinya sebagai Raja Matic, jalan terbaik tetep ReDesign mio Soul… lupakan sementara kelas Retro, tunggu setahun ini untuk melihat perkembangan Retro tetangga… jika konsumen dah mulai bisa nerima design retro baru New Fino segera diluncurkan dgn design Retro-Modern, konsumen pasti dah mulai sedikit bosan ama scoopy…..

  46. @MARIO…. MARIO….
    Scoopy kapasitas produksinya cuma 10 ribu sebulan.
    bisa didistribusikan 9500 itu udah luar biasa klu lihat baru didistribusikan pada tgl 17 juni.
    berarti baru 13 hari scoopy mulai didistribuikan.
    tapi ingat, ini karena keterbatasan kapasitas produksi.
    kalu ente ngelihatnya data ini, ente sendiri yg akan rugi gak lihat gerakan sebenernya dari scoopy ini.
    lihat aja di PRJ, cuma diajang pameran aja bisa laku hampir 5000 unit!
    hampir separoh dari kapasitas produksinya.
    maka gak heran klo sebagian besar yg bisa diproduksi AHM habis buat PRJ dan didistribusikan ke dealer2 cuma sbg display!!
    coba ente nanya berapa lama indent scoopy? dan berapa ribu org yg udah indent?
    ente bakal kaget sekaget kagetnya org kaget!!!

  47. Menurut saya sih, solusi realistis buat Skutik Yamaha tuh simple aja…
    Kasih aja perangkat keamanan buat Mio Smile yang udah beredar ini, kasih aja kunci magnetik…itu aja kok sebenarnya…
    Kenapa? Karena Mio sebenarnya tanpa diapa-apain udah menang di mindset kok, cuman kalah di fitur kemanan aja…
    Ya itung2 daripada cuman facelift cover knalpot ama behel mending buat ngasih pengaman kunci magnet, trus tinggal ngolah lagi promosinya.. itu aja, itung2 buat memperpanjang nafas Mio, trus nghimpun tenaga buat ngeluarin amunisi baru…
    Perubahan kecil untuk hasil yang besar, itu menurut saya lho…🙂

  48. @Mario
    oh ya soal BC, saya jg ga stuju klo Y selalu dikaitkan dng BC, H jga sering lakuin itu……justru skg Y da tobat

    =============================

    ente gak pernah nonton TV ya?
    apa jgn2 malah gak punya TV???
    lihat donk iklan vega ZR terbaru yg ngatain kompetitor gak berkualitas, dodol, kebakaran jenggot, dll.
    klau dipikir2 siapa ya yg gak berkualitas, dodol, kebakaran jenggot?
    yamaha sendiri bro…
    bandingin aja spek Abs revo vs Vega ZR!
    bagai langit dan bumi!!!
    siapa dong yg dodol sebenernya????

    gue sih kasihan aja sama konsumen yg terus dibodohin iklan spt itu.
    okelah kalu produknya sendiri lebih bagus masih panets ngatain seperti itu, lha ini motor sendiri yg gak berkualitas, dodol, lemot, malah ngatain yg lain spt itu….

    kasihan bro konsumen yg awam….!!!

  49. @adicuzzy
    setuju bro….
    tapi klo cuma kunci bermagnet kayaknya masih terlalu inferior juga dibanding beat yg udah pake fitur modern spt SSS, PBL, aki kering, dll.

  50. @Ndaru
    Hehehe…
    Ya kalo bisa sih begitu, dikasih fitur komplit sekalian,…
    Tapi yaaaa, diliat aja lah gimana pelitnya Yamaha ama fitur kayak gitu, gitu aja masih banyak yang seneng Mio lho, terutama di daerah2…
    Nah, coba aja nyicil facelift kunci magnetik, kan harusnya YMKI berkaca bahwa selama ini Mio terkenal sering jadi incaran Maling,…

  51. Oiya, kayaknya facelift terbaru Mio udah pake Aki kering deh🙂

  52. coba baca …..
    http://iwanbanaran.wordpress.com/2010/07/26/wah-ternyata-yamaha-kalah-dibanding-kawasaki/

    mau maju ? riset harus terus dijalankan.. dan riset butuh modal…

  53. @adicuzzy
    oh gitu tho…
    lumayan tuh buat pabrikan sepelit yamaha mau ngasih aki kering…
    tp klu dilihat2 mio yg baru ganti baju malah jelek ya?
    tadinya strippingnya menutupi seluruh body, sekarang cuma dikit.
    yg tadinya pelindung panas knalpotnya ada sedikit bahan metal, sekarang ganti plastik semua.
    behelnya jadi lebih kecil dan tipis.
    harusnya harganya turun tuh banyak yg didown grade kok??!

  54. Wuihh kok panjang bener komennya, gak kayak hari-hari biasanya?

  55. ah cumi kok diajak ngobrol y g nyambung…

    @ndaru
    situ jg g liat tuh iklan pujaanmu,kyak ap?nyindr jadul,eh mlh kluarin yg lbh jdul….sama aj mah

  56. @kang komeng
    Maklum lama gak komen disini kang, sekali2 langsung panjang gitu🙂

  57. @ ali

    ah biarin aja, kerjaannya kn emang kyak gtu….
    coba liat ini…

    http://www.yamaha-friends.com/?act=articles&aid=381

    kayak H ga sering BC aja, smpe salesnya turun2 kejalan, dan blog2😀

  58. @ nha

    takutny ntr malah jadi debat kusir…..😀

  59. yahonsuwakanja

    adayg masih penasaran….
    kuacian cekali…

  60. Iya, gak sadar-sadar…
    kasihan kasihan.

  61. Legenda Rider

    @ Genesis
    yang Panjang bakar-bakarannya OM… heheheh.

    @ Mario
    Good job, brani minta Maaf, semoga yg lainnya jg bisa gitu, sedikit lapang dada lah, orang Indonesia pada asalnya suka yg rendah hati, jd kl mau nyeles tunjukkan kelebihan produknya, tp scr personal ttp rendah hati, kl ga konsumen bs illfeel duluan.

  62. @ALL

    untuk yang komentarnya menjelekan yang lain apalagi sampai menghina, tolong ga usah ditanggapin lagi, ntar malah ngelantur kemana-mana… jadi untuk komentar semacam itu tolong jangan ditanggapi dan jangan pula di balas.. ibaratnya seseorang yang menjelekan/mencaci orang lain didepan umum tapi orang yang dicaci diam saja dan tidak mangacuhkan bahkan pergi meninggalkan orang yang mencacinya sedangkan orang itu terus mencaci dan menjelekan orang tersebut…. maka bisa dilihat ada sesuatu yang “salah” tentang orang yang terus mencaci tersebut…
    apakah memang sifatnya yang begitu?
    atau ada hal yang lain?

    untuk itu tolong ga usah ditanggapi ok…
    yah ibaratnya lagi.. biarin aja dia ngomong sama tembok.. kalo emang betah ngomong sama tembok silahkan aja:mrgreen:

  63. @Mario
    jgn gitu donk, kasihan si thole, jaos, eqien, dkk yg udah belain yamaha mati2an…
    karena semua juga udah pd tau jurus black campaign ini yg udah membesarkan yamaha spt sekarang ini.
    makanya gak heran klo lihat thole, jaos, eqien dan anak buah2 ente yg lain udah sangat mahir klo urusan yg beginian…
    harusnya ente harus memambah gaji mereka karena kontribusinya yg luar biasa buat yamaha…
    hehehee…

  64. @ali
    ente ini gak bisa bedain mana jadul mana retro ya?
    sekolah dulu aja lagi deh……

  65. owalaaaagh mario… mario….
    ente gak malu ya nulis spt itu???
    ente mau lihat poster2 buatan yamaha ditempat gue yg BC scoopy???
    Honda cuma membalas bro!!
    lagian siapa sih org yg tahan terus menerus dipukul dan didholimi??ya sekali2 juga mau balas mukul juga.
    makanya ente ini klo gak mau dipukul ya jgn mukul dulu….

  66. @ Mario
    kayak H ga sering BC aja, smpe salesnya turun2 kejalan, dan blog2

    =============================

    klo thole, jaos, eqien/nobita itu siapa ya???

    😆😆

  67. @ Mario

    klo yg seperti ini gmn bro….

    ini iklan dibuat tahun 2006-an…

  68. tapi koq saya malah lihatnya ‘blunder’ yah dengan iklan tagline honda beat, pas cinta laura bilang “….yang lain jadul ah!” ke kompetitornya.
    nah koq malah, sodaranya sie beat ini tampanganya “retro”-jadul beneran.

    nah klo yamaha kekeh ga ngeluarin fino berarti yamaha konsisten usung “semakin di depan”, klo sampe keluarin fino malah blunder sama taglinenya.

  69. @jago merah
    jadul dan retro itu beda bro….sepengetahuan saya…kata2 jadul ini mulai rame saat yamaha mulai cucuk2an sama honda.
    dibeberapa koment blog istilah jadul selalu dialamatkan ke varian honda…macam tiger,megapro,supra-x 100…karena selama puluhan tahun belum ada rombakan besar terhadap produk2 ini, paling2 cuma ganti body aja

    sedangkan retro adalah konsep disain yang disasar pada produk honda dan yamaha (scoop dan fino). Kalo dibilang jadul dari segi tampilan (konsep) memang benar…namun fitur2 yang disematkan membuat produk retro menjadi tidak jadul

  70. @jagomerah
    jadul itu klo masih pake teknologi kuno dan atau gak punya fitur2 modern.
    contoh motor jadul itu mio, vega zr dan scorpio.
    semuanya masih pake teknologi kuno dan gak memiliki fitur2 modern.
    sedangkan scoopy itu retro-modern, meski desain retro tapi udah memakai fitur2 modern spt ksk, pbl, sss, auto-choke, ski kering dll.
    sedangkan fino itu retro-jadul, desain retro dan gak meliki teknologi dan fitur modern.
    jadi paling enggak ente bisa bedain sama2 retro tapi yg satu retro modern yg satunya retro jadul.
    gitu kurang lebihnya…..

  71. @ndaru
    secanggih apakah teknologi motor yg sampeyan bangga2kan..??
    Imho : teknologi mesin rata2 sama..mesin 4 tak yg sudah ada berpuluh2 tahun lalu ada…bukan mesin yg sama sekali baru…minumnya juga sama : bensin.
    Fitur?? Fitur2 yg ada perasaan cuman saklar(sss) doang atau tambahan aksesoris(cbs,pbl) yg tidak bisa dikatakan canggih…inovatif iya, canggih? Perasaan biasa aja..
    **
    @sales2:bosan dgn BC kalian semua…

  72. @paul
    mungkin ente emang jago dibidang survey karena itu memang pekerjaan ente.
    tp soal mario sendiri itu dia gak bohong, saia ambil ticket meet & greet rossi di sby ke kantor yamaha ambil sama dia, yakin deh dia memang orang yamaha jatim, dan nama jg pake nama aseli,, lepas dari survey nya gak valid di areanya, itu urusan internal kantor dia.

    sekarang ente sendiri dari mana? ayo dong gentle, jgn bilang orang lain palsu tp ente masih pake nick name gak jelas.

  73. Paul Gurita

    @Onthel
    Abis Q kurang percaya dengan kapasitas dia bicara koq kayaknya gak layak di kedudukan tersebut. hanya itu saja sih.

    Selebihnya aQ, kerja di AC Nielsen .
    itu saja yang aQ bisa bilang, tohh disini bukan untuk buka-bukaan kerjaan.

  74. @ndaru
    teknologi tuh di mesin bro,, bukan di fitur….
    kalo mo kasih fitur trus jd canggih, pasang aja gps, pasang modem3G sekalian LCD nya, dll dll…

    saia gak mau ikut2 an BC soal jadul, apalagi sbnrnya yg perlu dibenahi tuh dari produk sport H sendiri.
    please deh…

  75. AC nielsen?? AC merk baru ya?

  76. @paul
    Ok, AC nielsen emang top soal survey, mungkin mario harus pake kantor ente buat survey dia..

    btw, sbnrnya soal survey retro, dyon sendiri (dyonisius betty) yg bilang kayak gitu, saia denger sendiri kok,, dia bilang demand nya kecil dan sesaat, jd kalo ada org Y yg bilang kayak gitu ya pasti ngikutin omongan bos nya.
    kebetulan waktu itu saia dikasih kesempatan bertanya langsung pake video streaming ke juragan yamaha ini,, posisi saia waktu itu di redbox sby, dan om dyon di jkt.

    @vega.
    huss, itu bukan AC pendingin, tapi tegangan listrik AC .. lho..

  77. Sama-sama BC, jangan diperpanjang dech.

    Emang Yamaha mulai duluan, Honda nyusul. tapi dua-duanya dah saling BC koq.

  78. @Hide

    setuju sekali bro!

    lha wong koment netral aja ikut dicucuk-cucuk kok he…

  79. @hide & sa469
    BC sbnrnya gak mslh,, asal jgn SARA aja… namanya jg marketing….

    saia sendiri salut sama BC nya H, khusus utk iklan “yg lain jadul ach”, impact nya besar banget, walaupun kenyatannya berbeda, sah sah aja di iklan bilang begitu, namanya jg iklan.
    coba deh lihat produk lain jd tertekan dg image jadul, mantap kan pilihan kata2nya ??

  80. @Vega rider & Onthel

    lho siapa yg bilang fitur canggih??

    baca lagi komen gue diatas, gue bilang FITUR MODERN!!!

    FITUR MODERN bro bukan FITUR CANGGIH!!!

    fitur2 ini yg membedakan mio dan Beat, Scoopy dgn Fino.

    maka gak salah klo mio dikatakan jadul karena selain memang udah lama, teknologi biasa banget, plus gak punya fitur safety!!

  81. Legenda Rider

    Sepengetahuan ane yang mulai, menyerang secara langsung memang YMKI duluan, dan hasilnya cukup positif, karena untuk mengguncangkan image AHM yg begitu kuat ga cukup dengan iklan yg sederhana gaya ahm tenpo dl.

    image honda begitu kuat, mindsharenya mungkin nyampe 90%. secara etika bisnis ane katakan memang ga bagus, tp hukum dan regulasi Indonesia memang blm mengatur hal itu, hampir di setiap industri ada paling keliatan di operator telekomunikasi. di makanan jg ada antara royko dg masako. dll.

    memang masyarakat indonesia dg kualitas pedidikan yg masih kurang, mudah dipengaruhi dg hal-hal begini.

  82. @genesis
    wow … wow… wow….
    artikelnya bener2 manteb!!! kl boleh menilai artikel ini BOBnya mygoldmachine.wordpress.com
    orang2 atpm motor terutama ymki seharusnya membaca & mempertimbangkan artikel ini
    sekali lagi salut

    @paul
    hmmmm … anda kerja di AC Nielsen di bagian apa nih ….
    kok aku jadi meragukan AC Nielsen yah? mengingat anda sptnya sangat emosi menghadapi perbedaan pendapat walau misal sekalipun lawan anda itu salah.
    kl saya jadi anda, saya akan jalin persahabatan dng bro mario mengingat tempat kerja mario itu jg perusahaan besar, main dealer yamaha wilayah jatim bagian timur, bali, kalimantan & mana lagi aku jg nggak begitu paham. sekalipun bro mario ini bukanlah pembuat keputusan.
    ya OK lah skr ini perusahaan anda di kontrak ama ahm, tp apakah ada jaminan kontraknya seumur hidup? …..
    tp ya terserah nasib kita ada di tangan kita masing2
    thanks bro paul ….. peace

    o ya ada yang lupa … apakah produk cs1 & blade itu jg hasil survei AC NIELSEN??

  83. Bakarrrrrr!!!!!
    hahahaha….yang diributin dari hari ke hari, dari warung ke warung kok itu-ituuuuu mluluuuu…. jyadul ach….

  84. @moncer
    telaaaaaaaaaaatttttt …. hehehehe :p

  85. @sembalap
    iya om, sibuk ngojek ampe ga sempet ngopi2 di warung nech. gak kebagian gebuk-gebukan ahahaha…..

  86. ngomong-ngomong soal BC,
    coba buka ingatan ke era akhir 90-an, saat itu pasar motor Indonesia diserbu merek2 China terutama Jialing yg nyontek abis produk2 H dengan harga yg miring. apalagi saat itu lagi anget-angetnya krisis moneter (yg merupakan peluang emas buat barang murah) dan H sebagai market leader di INdonesia merasa kebakaran jenggot dengan booming mocin, dan dibuatlah iklan yg membentuk opini kalo mocin tuh kualitasnya buruk, baru seminggu spionnya udah patah, mesinnya mrotol dsb (padahal di Cina sononya Jialing tuh sodaraan ama Honda). So, urusan BC-BCan udah biasa dlm bisnis, dari zaman dulu juga udah ada. Gak Honda, Gak Yamaha sama aja….

  87. @ndaru
    fitur canggih & fitur modern ??
    terangin dong bro bedanya,, saia tambah gak ngerti…!!
    btw, terserah ente aja deh,, maksudnya ente, motor selain H jadul,, gitu kan?
    Oke deh…

    @moncer
    iya betul, ditambah lg ahm tidak menjaga icon nya dengan baik, si doel itu lho…
    gak bbrp lama kemudian, si doel jd bintang iklan jialing,, ha ha ha… gak lucu banget deh si doel itu, harusnya dia jgn mau kalo dijadiin contra icon

  88. @Onthel
    yg ane inget sih iklan “mocin spion patah” tuh nongol setelah si Doel hijrah ke Jialing. soale dulu yg bintangin tuh iklan bukan dia, tp ane lupa siapa.

  89. Masih rame aja ternyata….
    memang sih klo dipikir2 iklan2 y udah sangat kelewatan.
    apalagi iklan vega zr terbaru,…
    hmmm…
    miris gue klo lihat…
    produk sendiri yg gak berkualitas, murahan, dodol, dsb tapi justru ngatain kompetitor gak berkualitas, murahan, dodol, dsb.
    bener juga ya, kasihan aja sama org awam yg gak tau apa2…

  90. Menurut gw sih dgn keadaan yamaha global yg lagi gak “kondusif” dan ymki jd satu2nya tumpuan yamaha global alangkah baiknya ymki lebih hati2 dlm ambil keputusan termasuk juga dlm beriklan.
    masalahnya sekarang gw lihat honda udah gak main2.
    beda dgn honda dulu yg cenderung cuek…
    lihat aja setiap iklan BC yamaha langsung dibales dgn iklan sejenis.
    yg paling kentara, waktu yamaha mengklaim menang tahun 2008 (padahal cuma bulan desember doank menangnya) langsung dibalas dgn iklan klarifikasi dgn data2 valid..

  91. Klo yamaha terus2an bikin iklan yg kontroversi spt itu lama2 akan semakin kuat juga image yamaha sbg perusahan tukang ngibul….

  92. Keseriusan opini di blog ini jadi rusak gara-gara Bro Mario…

    Saya agak kesal juga sih terus terang…awalnya mengikuti artikel dan komen yang sangat bermutu, lama-kelamaan debat kusir jadi menu utama.

    saya akui dari awal emang gak komen, tapi jujur sangat menikmati artikel dan komen didalamnya. sekarang kok jadi turun kelas gara-gara opini-opini Bro Mario yang murahan.

    setelah hancur begini kok Bro Marionya malah gak nogol-nongol.

    JADI SEKARANG SAYA TERPAKSA KOMEN KARENA MAU PROTES ATAS TINDAKAN ANDA BRO MARIO!

    Termasuk BRO PAUL yang ikut-ikutan meladeni Bro Mario. Tolong STOP! orang macam dia gak perlu diladeni.

    Sial!

  93. @Mario
    tindakan dan komen Anda sama sekali tidak mencerminkan bahwa Anda orang yang educated mencerminkan suaraYamaha atau Main dealer atau apapun itu.

    sayapun awalnya sempat ragu kata-kata Bro Onthel jika melihat gaya opini anda yang sok tahu dan sok pinter tapi kosong tak berisi. jelas-jelas bukan orang yang tahu market roda 2.

    tapi setelah saya check ya ternyata emang benar. Sungguh sayang dan tak pantas.

    Maaf harus mengatakan ini.

  94. arielsupraporn

    @ porek

    eh, situ kan bukan yg punya blog, sok-sok an banget sih?????!!!!!!!!!!!
    ini forum bebas kok, siapapun boleh komen disini, termasuk bro mario.

    Lagian, apa yg ditulis sama yg punya blog kan masih sekedar teori, blm tentu juga bs dipraktekkan dan sukses. masih banyak faktor2 lain yg menentukan berhasil atau tidaknya teori dari yg punya blog.

    gue sebel liat orang sok-sok an kayak loe!!!!!

    ke laut aje loe!!!

  95. @supraporn
    kalau situ menghina aQ boleh lah….tapi jangan bawa-bawa yang punya Blog, sok bilang teori aja! kalau emang ilmunya situ ngak nyampe kesana ya pasti nangkapnya cuman teori.

  96. @Porek
    Iya benar. Sorry All.

    harusnya aQ ngak ngeladeni sih.

    Sorry.

  97. yahonsuwakanja

    wkwkwkwkwkwkwkwk….
    uhuuuuuyyyyyyy…………………..

  98. Bakaaarrrrrrr!!!!
    uhuyyyyy…………….. juga qiqiqiqi…….

  99. wkwkwkwkwk

    sotoy ….. yg satu udah diem masih aja dihina2
    @porek
    hehehehe …. sekali2nya koment marah2 ….. uhuuuuyyyy
    lagian ini forum umum bebas mau komentar apa saja tentunya kalo yg punya blog berkenan, kl nggak pasti jg sdh didelete

  100. @Porek ya biasalah bro sales klo lagi stress ya gitu.
    omongannya ngelantur gak karuan….
    😆😆

  101. @Onthel
    lho yg bilang canggih kan elu sendiri……..
    elu sendiri donk yg jelasin?!
    😆😆😆

  102. Iya deh fitur modern….berarti ndak canggih ya?

    @bro komeng : salam uhuy, artikelnya mantap. Cocok buat bakar2an hehe

  103. arielsupraporn

    @ paul cumi

    elu yg cethek, cuma bisa berteori aja, disuruh jualan jg blm tentu bisa, buka warung kopi aja mungkin ga lama juga udh bangkrut.

    jujur aja ya, yang punya warung ini pun kalau disuruh buka toko atau dealer atau buka warung kopi aja yg simple2 gt, belum tentu laris kok. semua ini kan masih konsep, masih teori, masih mentah.

    Ah Teoriiii……..

    apalagi elu cumi! cuma mimpi! heehehe

  104. Paul Gurita

    @^
    another mario.

  105. Paul Gurita

    omong2 mana si mario koq ngak muncul-muncul lagi ya?

  106. @ndaru
    komen lu yg ini, gw msh gak tau bedanya, apalagi disuruh nerangin :
    =============================
    lho siapa yg bilang fitur canggih??

    baca lagi komen gue diatas, gue bilang FITUR MODERN!!!

    FITUR MODERN bro bukan FITUR CANGGIH!!!
    =================================
    kalo soal jadul terserah elo aja,

    @vega rider
    ssstt.. terserah ndaru aja,, dia yg paling pinter disini

    @paul
    kalo mo tengokin mario di :
    yamaha-friends.com
    sekali2 jalan2 aja kesana, blogwalking, gw kadang2 mampir sana.
    kalo mampir di warung ijo pusing,, banyak banget komennya, bacanya kudu extra konsen gitu

  107. @Vega rider

    BENER BRO GAK CANGGIH2 AMAT…
    SEPERTI JUGA YG DIMILIKI NINJA250R.

    cuma yg begini aja yamaha agak bisa bikin gmn macam CBS, ISS kan????

  108. @Onthel
    makanya bro jgn asal mangap klo gak bisa nerangin….
    tengsin kan????
    😆😆😆

  109. pada dasarnya scoopy mesin beat, dan pada dasarnya pula soul mesinnya sama dgn mio, fino pun sama dgn mio….so, kalo fino kluar haruslah lebh baik dari scoopy (desain, fitur, harga, +injeksi kalo perlu). kalo mio soul di refresh, desainnya dibikin mirip2 xeon deh….

  110. @ om mario
    kalo emang penjualan Scoopy 9000 tapi target 10.000
    sedangkan Xeon laku 18.000 tetapi target 25.000

    keknya yang berhasil Scoopy deh kalo lihat target penjualannya😀

  111. @ndaru
    yg gw bilang canggih, gw bisa nerangin..
    contoh, megapro jadul, vixy canggih
    nagh, yg elo maksud tu yg gw gak ngerti, kan elo sendiri yg mangap diatas, gw tanya dong maksudnya apa?
    nih gw petik lg tulisan lu
    =============================
    lho siapa yg bilang fitur canggih??

    baca lagi komen gue diatas, gue bilang FITUR MODERN!!!

    FITUR MODERN bro bukan FITUR CANGGIH!!!
    =================================

  112. @motor kencang
    baiknya kita lihat Q4 tahun ini,, scoopy memang banyak yg inden.
    kalo msh awal2 gini msh belum keliatan,, kalo soal target sih, dg kapasitas honda gitu lho, gampang banget buat naekin produksi, kalo demand nya naik, pasti bisa dipenuhi.
    beda sama yg lain, hitungannya kudu ati2

  113. Paul Gurita

    @Onthel
    dah mampir ke sana, ke tempat mario, tapi males ah…ngak asyik.

  114. @paul
    maklum, kan blog bawaan pabrikan, jd komparasi dg pabrikan lain jg gak spt di blog independen. dah gitu gak bisa dong bahas produk dan strategi orang lain.. he he..
    disana buat komunitas aja, pas kebetulan posisi saia di sby, jd sering kopdar.

  115. bakar2an nih ye ?
    gw mau diferensiasi ah…
    prikitiww…

  116. ayo yang bakar-bakaran… ntar gw tambahin neh..
    mau bakar apa ?

    ikan ?
    ayam?
    cumi?
    udang?

    atau bakar rumah?

    wkwkwkwkwkwk…..

  117. Saya melihat stripping mio yg baru kok “keluar dari pakem” nya ya?? Apakah mio mau dibuat lebih “stylish” utk sekaligus menahan tren retro yg dihembuskan AHM melalui scoopy??? Tapi scr pribadi saya melihat kurang cocok. Bodi mio dgn strippingnya spt tdk menyatu dan terkesan dipaksakan. Gmn menurut bro2 semua??

  118. bakar2an?
    gak niyat jg sih,, tp kalo dah gak ngehargain orang lain mah gak masalah.
    kalo gw sih disini niyat cari ilmu, pilihan kata2 jg yg wajar, kan ini warung orang.

  119. kripikpedes

    Gila bener FB. Dimana-mana kerjaannya bakar warung. Diajak diskusi cerdas, malah sibuk sibuk jualan. Ditunggu nih saudara jaos dan thole untuk bantu Mario dari keroyokan paul, ndaru, au_ah…..

  120. jagung bakar…. jagung bakar….

  121. @ring piston

    coba ke http://www.yamaha-motor.com.vn/yamaha/

    striping yang dipake sangat berbeda dengan style di indonesia, aura racing malah tidak dijadikan strategi untuk meminat konsumen

  122. satriafu150

    numpang eksis

  123. Ayo! Kembali ke diskusi yg sehat dan berilmu. Tinggalkan jagung bakar, ikan bakar dan semuanya. Peace all!!

  124. Kalo dijalan scoopy lebih banyak dilirik dari pada si xeon.knpa?mgkn krn bentuknya yg ngegemesin dan menurutku ni kan jd legenda kayak si c70.dibanding xeon yg kelihatan wagu.

  125. @ om onthel
    iya juga sih om, gimana para pabrikan akan memenuhi demand itulah kuncinya

    kita liat dan tunggu laporan data aisinya om😀

  126. panda_loecoe

    mio emang pelit fitur tapi emang klo matic enak pake mio kemana-mana. klo hond* maticnya ama bebeknya rasanya ga enak, kecuali cbr 150 nya mantab….

    kayaknya klo pake fino rasa mio cuman baju retro…

    @genesis
    ini bener2 artikel yg bikin pinter. lama amat om mati surinya………..hehehehe

  127. @Bro Panda
    Maaf Bro Panda, Gue banyak banget kesibukan yang sangat menyita waktu.
    Inipun lagi berusaha menyisihkan waktu 5-10 menit untuk Blog ini.

    Uhuuuuuuuuuuuuuy!!!

  128. . Apalagi Mio harus berjuang keras menghadapi perlawanan dari Honda Beat yang semakin gencar saja lewat strategy pricing dan promotion communication-nya yang tajam dan sarat dengan sindiran berbau black campaign.

    INI SAYA COPY DR ARTIKEL ANDA……….
    Yg mulai black campaign adalah yamaha (waktu vario muncul trs beat, diserang habis2san oleh yamaha dg cr black campaign & kotor)
    di iklan beat black campaign nya dimanan brooo????

  129. @yonk
    Emang Yamaha duluan kayaknya yang BC, ngak lama ganti Honda yang gencar BC, bahkan lebih gencar dari Yamaha.
    aQ ngak mbelani sapa-sapa, Honda maupun Yamaha, tapi ya itu …dua-duanya kini dahh BC. apalagi Honda yang makin gencar…akhir-akhir ini iklan Vega ZR juga BC.
    pokoknya mBC semuanya.

  130. ^^ jagung bakar…. jagung bakar…. bakar teruss.. bakar terusss…

  131. black campaign?
    @genesis
    bahas khusus black campaign dong,, saia denger2 sih diluar sana lebih sadis,, kayak iklan pepsi dan coca-cola yg vulgar.

  132. wkwkkkkkk, panjang yak komen sama bakar2nya.

    masing2 ATPM punya dasarnya sndiri mwngeluarkan produknya, yagh disesuaiken antara harga produk, makin ‘mahal’ dikit ya fiturnya ya kerenan dikit. nah konsumenya juga githu, mbeli produknya timbang2 juga…apa mo cepet, mo keren, mo gaya, mo yg fiturnya keren dan kaya atau yg murmer (murah meriah)…juga diseusiaikan dengan kebutuhan…. contoh,saya aja y. kehilangan bebek ‘canggih’ di era-nya. mau gag mau kudu beli lg kan, nah saya sesuaikan… saya pengen jajl sport deh…pilih2… ada tigy, megy, thundy, pulsy, sama vixy (TVS ndak saya hitung, jarang banget jd masih ragu gt)… nah saya sesuiken harga (kudu pas sama kantong yg ketat dan money valuenya dong), lumayan larinya, irit, gaya dan dikit keren dah…lha ketebak deh diantara 5 jagoan td yg masuk kriteria saya td.
    jadi emg konsumen kan yg akhirnya pilih, parahnya konsumen indonesia kdg aneh juga.wkwkkkkkk

  133. @Yonk
    Mungkin temen-temen yang disini bisa bantu menjawab…
    TQ

    @Onthel
    kalau di luar sih cola vs pepsi atau nike vs reebok sudah BC habis-habisan menurut presepsi orang Indonesia. Tapi disana hal yang seperti itu juga masih lumrah dan masih dalam batas kewajaran.

    Budaya timur emang memiliki presepsi tersendiri dalam menilai suatu iklan. Etika dan nilai-nilai moralitas timur dan Indonesia khususnya sangat berbeda dengan barat. Jadi BC di sini dan BC di luar juga berbeda secara presepsi publik.

  134. I want to post quick hello and want to say appriciate for this good article. Y9gwZY6DhX6zFH

  135. Sebatas BCnya gak keterlaluan ya ga apa-apa, asal jangan menimbulkan kebohongan saja….
    Coca Cola vs Pepsi ato Microsoft vs Apple diluar sana, bagus perangnya, tapi tanpa menjatuhkan yang lainnya dengan kebohongan….
    Kita harus banyak belajar dari mereka…

  136. wah nyindir iya nie da khilaf…..habis cumi-nya sukanya ngata2in melulu….ya sud sory ya paul….

  137. maaf ne numpang komen…………….
    kalo saya ngeliat koment2 dari bro semua dari awal sampai akhir nmpak nya terfokus pada sebuah iklan yang d beri nama BC…….
    yang pasti nya itu hanya lah sebuah startegi pasar bagaimana menarik konsumen untuk tertarik membeli produk ny
    saya rasa lebh baik kalo bro2 semua yang sangat sarat dalam pengatahuan memberikna penjelasan akan motor2 tersebut
    seperti koment om legend supaya masyarakat bisa mengerti mana yang lebih baik
    ===================================================
    Legenda Rider memang masyarakat indonesia dg kualitas pedidikan yg masih kurang, mudah dipengaruhi dg hal-hal begini.

    thnks,,,,
    PEACE ALL

  138. ashley ninja saga!

    dideket meja gw kok bau tai ayam yah…..

  139. ahhh….ga booming neh motor ga seruuuu!!!!!!!!!
    belum kluar lagi,,males dagh..
    huft..

  140. sebenarnya kapan segh si fino ne kluar????
    perasaan omdo ajha degh..
    buktiin dongkzz!!

  141. makin sengit aja nih persaingan produsen motor.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s