Revo Fit, bukan sekedar Pricing Strategy

pict from: gilamotor.com

Sudah lama jari Gue gak menyentuh keyboard, tapi begitu Honda me-launch barisan produk bebek terbarunya, focus Gue langsung tertuju pada Revo Fit…ternyata ini arsenal maut yang akan menjadi kunci penentu untuk menghabisi barisan bebek lawan. Tergelitik juga akhirnya untuk mulai menulis kembali di blog yang dah lama mati ini. Dimulai dari mengingat password yang dah lama lupa, mencoba dan akhirnya Uhuuuuuuuuuuuuy !!! Got It!!! Gue akhirnya bisa masuk untuk menulis lagi.

Kembali ke fokus perhatian Gue, Revo Fit varian termurah dari bebek Honda, keluar sebagai pion catur yang Head to Head dengan Vega ZR. Nah …lho?  mungkin ada sebagian Bro dan Sist yang bingung…emang selama ini bukan Abs Revo yang Head to Head dengan Vega ZR???

Bukan , Honda cukup jeli melihat respon pasar bahwa Abs Revo mereka telah berhasil diposisikan sebagai product low end yang tidak terlalu low end. Bukan tetap product low end lagi, akan tetapi telah menjadi standart. Masih ingat History dari asal muasal pabrikan Jepang mengeluarkan versi bebek economisnya untuk menjawab tantangan motor China? Honda mulai dengan Legenda, lalu diperbarui dengan varian Fit series sampai pada suatu saat dimana New Vega R mulai menghantam muncul varian transisi yaitu Revo yang tetap di posisikan di Low End Product. Kata “Fit” hilang digantikan Revo untuk memperkuat image Brand Honda yang memang membutuhkan Revolusi pada waktu itu. Varian Abs Revo segera meneruskan tongkat estafet. Sampai disini Abs Revo tetap merupakan product low end. Hanya saja Honda mulai membangun image brand Abs Revo sebagai Product Low End yang tidak sekedar paket motor ekonomis, akan tetapi juga fashionable dan lebih berkelas untuk segment low end tentunya. Usaha ini telah berhasil, Abs Revo memang product yang dibuat untuk kelas bebek Low End, tapi telah mulai bergeser masuk ke bebek Standart.

Peluang ini juga sangat dimungkinkan terjadi akibat kompetitor utamanya terlalu kaku dalam memahami masalah segmentasi product dengan focus kukuh menghajar segment Low End dengan image yang Low End juga, bahkan terkadang terlalu low end menurut Gue pribadi. Bayangkan saja, tukang ojek juga gak akan mau membeli motor yang imagenya motor ojek, begitu pula tukang sayur dll. Apalagi anak sma, pekerja kantoran dll yang notabene juga berada diirisan segment market yang sama.

Honda cukup jeli melihat bahwa terjadi pergeseran kelas economi dengan dream dan benchmark mereka. Orang desa atau kampung pasti lebih suka dianggap pakai motor orang “kota” dari pada pakai motor yang memiliki image yang sama dengan strata level economi mereka. Itulah yang membuat Abs Revo unggul cukup significant, apalagi secara image product dibanding kompetitor terdekatnya. Nah kalau product Abs Revo ini imagenya sudah bergeser ke standart product, maka berarti ada kekosongan di segment yang sama dengan Vega ZR. Butuh satu line up baru untuk mengisi kekosongan ini. Sudah lama kiranya pemakaian kata “Fit” hilang dari peredaran, seandainya kata ini muncul lagi…maka yang terjadi masyarakat akan menganggap kini varian Fit muncul lagi. Masyarakat sudah lupa Abs Revo adalah regenerasi Fit yang lama. Yang terjadi masyarakat akan beranggapan kini Abs Revo memiliki varian Fit yang merupakan paket Economis dari Abs Revo.

Sebaliknya Vega ZR tetap memakai nama Vega sejak motor-motor Jepang berjibaku dengan Motor China, walaupun Motor China sudah tak lagi laku dan diminati..image low end product tentunya melekat cukup erat sebagai paket “PAHE” untuk bebek Yamaha.

Dengan masuknya Revo Fit, ini tak hanya sebagai sebuah Pricing Strategy bagi Honda, akan tetapi lebih ke IMAGE strategy untuk menyusun RE-POSITIONING semua line-up produk bebeknya. Dengan hadirnya Revo Fit yang akan dihadapkan untuk lebih menghancurkan image Vega ZR, maka Abs Revo akan lebih leluasa untuk betul-betul Head to Head dengan Jupiter Z. Asumsi CC seringkali cukup jadi acuan bagi pemahaman masyarakat umum. Maka sangat mudah untuk melawankan Abs Revo dengan Jupiter Z secara image. Blade yang tak powerfull dihadapan Jupiter Z akan dibantu dengan Abs Revo terutama varian CW sebagai garda utama dalam melawan Jupiter Z. Sandwich strategy di kelas standart akan betul-betul maksimal. Mau yang benar-benar sporty pilih Blade, mau yang Casual pilih Abs Revo, mengapa harus pilih yang setengah-setengah lagi.

Jika Abs Revo siap menghadang langkah Jupiter Z, maka Supra X 125 akan melenggang sendirian di kelas 125 cc tanpa lawan yang berarti lagi. Image Jupiter Z cukup di lawankan dengan Abs Revo saja. Bagaimana dengan MX? MX  tak akan terlalu berarti, toh segment yang di tuju cukup berbeda. MX varian Hand-C 5 Speed juga tak terlalu memiliki Superiority Advantages jika dibandingkan FU 150 Satria. Cukup terjepit diantara beberapa varian motor yang ada. Sedangkan MX varian Auto-C 4 Speed juga memiliki nasib yang sama bila diadu dengan Supra X 125. Intinya Sandwich strategy terkadang juga bisa menggunakan posisi product pesaing lain sebagai third party associate. MX cukup terjepit diantara Supra X 125 sebagai Bebek Casual dan FU 150 sebagai Bebek Sport.

Tentu saja RE-POSITIONING total line-up product motor bebek Honda berjalan mulus dengan adanya trigger key yang pas dan cukup tepat yaitu Revo Fit. Bagaimana dengan adanya harga yang cukup miring untuk produk Revo Fit ini. Bukan hanya sekedar pricing effect yang terjadi, melainkan image kompetitor utama yang ber-Head to Head dengan Revo Fit akan kelihatan Mahal dan Over Price. Sehingga secara berangsur dan berkesinambungan akan merongrong Total Brand dan Umberella Brand kompetitor.

Suatu strategy yang dashyat dan brilliant… terlihat seperti sebuah serangan tunggal pricing strategy akan tetapi daya rusaknya Maha dashyat. Jika kompetitor tak awas, maka kompetitor akan bereaksi 1 dimensional saja, dimana cuma akan fokus menanggapi serangan pricing ini saja. Dimana serangan sesungguhnya ada di Total Line Up Bebek dan Image Brand itu sendiri yang daya rusaknya jauh-jauh lebih dashyat.

Bagaimana menurut Bro-Bro dan Sist-Sist yang lain? Silahkan dikomen-komen.

Salam Uhuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuy!!!

67 responses to “Revo Fit, bukan sekedar Pricing Strategy

  1. Pertamax, good analisyst.
    Sekalian nitip jemuran macan pak.
    http://motoradul.wordpress.com/2011/03/19/1576/

  2. waduh blog ini yg ane tunggu2.
    pembahasan marketing strategynya luar biasa dalam.

  3. menurut ane revo Fit ini juga masih terlalau mewah kalau dibandingin dgn Vega ZR.
    Vega ZR masih pake behel dan foot step model besi keropos, masih pake aki basah, belum pake sistem rotary, spido juga gak pake indikator perpindahan gigi, belum pake Spocket Chain Stoper, spion juga model konvensional banget, sementara revo Fit yg dijual jauh lebih murah aja udah dilengkapi fitur2 yg lebih mewah.

    coba klau AHM bikin motor dgn spek spt vega ZR yg spt itu mungkin cuma dijual 10 jutaan lho.

  4. welcome back mas bro
    analisa yang hebat . . . seperti biasanya

    apakah ini sama dengan strategi Astrahonda dengan brand Limo dan Viosnya bro?? mohon pencerahan

  5. ^^ sory maksutku astra toyota🙂

  6. revo fit bukan sekedar pricing strategy, tapi grand strategy ahm yg menjadikan absolute revo itu sebagai sebuah standar utk bebek low entry..
    dan pricing strategy itu hanya termasuk strategi2 kecil yg dikembangkan dari grand strategy tadi..
    bukan begitu mas?
    welcome back..

  7. banyak yg gak tau kalo revo pahe jg gak pake indikator gigi kayak vega zr 😀

    sayangnya teknologi eft cuma menag di promo sales doang. faktanya cuma lari maks 90km/jam…. sudah banyak korbannya.
    seandainya titan itu merk honda atau suzuki, pasti jadi raja

  8. Selamat datang kembali bro komeng…
    Kaget juga tiba2 update…

  9. @Pino Kio
    Nah khan jadi terasa kompetitor over pricing apalagi jika dibandingin vitur-viturnya segala.
    @Taufik
    Kelihatannya ada perbedaan kasus di sini Bro Taufik, pada kasus toyota astra, antara limo dan vios sengaja image di split dengan cara membuat 2 brand yang positioningnya berbeda, sehingga diharapkan terjadi image yang berjalan sendiri sendiri walau tidak dapat dipungkiri masih akan saling menginduksi satu-sama lain. cmiiw
    @gv
    yaap. Uhuuuuuuuuuuuuuuy!!!
    @reborn
    seandainya Titan itu merk Yamaha atau Honda gitu mungkin Bro Reborn.
    @Komengtator
    Gue sendiri juga kaget kok tiba2 ingin nulis lagi. Uhuuuuuuuuuuuuuuuuuy Bro!!!

  10. mantab om mind genesis
    tapi beda revo fit ama revo absolut sw bedanya apa ya om?
    sama-sama sw tapi beda 600 rebu, mohon pencerahan😀

  11. Beda tipis aja ilmu nya tentang pemasaran dgn mas tri.
    Dalam dan teliti serta mengalir aja bahasannya. Salam kenal

  12. i like it Revo Fit, bukan sekedar Pricing Strategy | Mind Genesis now im your rss reader

  13. bro komeng kmn aja nih?
    ditunggu lho ulasan2 jeniusnya…

  14. ditunggu ulasan CBR-nya bro…

  15. @reborn
    seandainya Titan itu merk Yamaha atau Honda gitu mungkin Bro Reborn.

    iya, maksud saya begitu juragan 😀

  16. mantappp,,, komplit abisss

  17. @Motken
    Begini Bro Motken, kalau dijelaskan secara fitur sih di blog lain udah ada yang diulas abis. Jadi perumpamaannya kalaudi dunia mobil ya bedanya seperti Avansa – Xenia, kira-kira begitu. mudah-mudahan perumpamaan singkat ini bisa menjelaskan jauh lebih dalam.
    @ikhwannurahmad
    Salam kenal juga, jika berkenan bisa baca juga di artikel – artikel lama gue yang bahas masalah strategy marketing jika tertarik dengan dunia marketing. Salam Uhuuuuuuuuuuuuuuy!!!
    @EXCYBAND
    My Pleasure Bro, salam Uhuuuuuuuuuuuuuuy!!!
    @Mercon C
    Senang bersua dengan Bro Mercon lagi. Uhuuuuuuuuuuuuy Bro Mercon.

  18. seperti avansa dan xenia???jadi cuma beda nama doank donk, lainnya sama…..

    btw welcome back😀

  19. @ Mario
    Avanza dan Xenia kayaknya ada beberapa perbedaan fitur minor deh.

  20. lae togar anak medan

    lama ditunggu artikelnya eh baru brojol. welcome back bro.

    ulazannya oke.

  21. @ kamikaze

    oh iya ya?g punya mobil itu sih hehehehe

  22. Salam kenal mas…anda berhak dapat bintang *****

  23. tulisan lainnya mana mas bro?
    ditunggu……..

  24. @Mario
    Selamat datang juga Bro Mario
    @lae togar anak medan
    thank U sudah mau sangat sabar menunggu Bro, 1 tahun ini Gue sibuk banget handle consulting beberapa perusahaan.
    @New Boy
    Salam kenal juga Bro. Thanks
    @Pino Kio
    Sabar Bro, tunggu diskusi di tempat ini klimax dulu ha ha ha. disini hangat aja belum, apalagi panas dan klimax

  25. Pingback: Prediksi langkah (produk baru) YMKI versi Mind Genesis | Mind Genesis

  26. bahan bakunya FIT juga kayaknya….

    ane dulu pake supra fit…. huff ampun deh…

    cuma sebulan kredit trus balikin ke leasing…

  27. analisa yg mantap. membuka cakrawala soal strategi marketing. terima kasih.

  28. kurangi sedikit garam (fitur) taruh di harga 10jtaan…dijamin makin whusss….!!

  29. …dan yg beli, tukang ojeg, tukang sayur, anak sekolahan, orang desa, orang tua santai (ga melek teknologi, yg penting murah). dll.

  30. @hadi
    Dan itu segment pasar yang paling gemuk di Indonesia

  31. @ Bro Hadi
    Apa kabar, lama gak bersua lewat Blog ini Bro. Jadi kangen dengan diskusi yang dulu-dulu. Salam Uhuuuuuuuuuuuuuuy!!!

  32. Pingback: Yamaha Indonesia akan Kalah Telak tahun ini (2011) | Mind Genesis

  33. Joko_vega rider

    Mungkinkah bakal ada vega tanpa zr untk mengcounter revo fit ??

  34. welome back mas bro Genesis. Senang belajar analisis marketing dengan mas bro. Salam.

  35. akhirnya mas komeng muncul lagi dgn analisanya yg super mantabsss…. , sebenarnya RevoFit mungkin juga dibuat untuk meredam kemunculan Titan yg secara Spec/performa diatas Revo atopun VegaZR….

  36. Analisis marketing yang bagus. Salut …. Salut ….

  37. @Tulus Budi
    Bener Mas Budi, Suzuki kini mulai bangkit.

  38. vanz21fashion

    ooooooohhhhh damn!!! tulisannya sexy sekali… jatuh cinta deh.. belajar banyak dari tulisan2 masboss🙂

  39. untuk sementara Yamaha dan Honda tidak akan memperhatikan suzuki, terlalu jauh…
    Bro Komeng, udah gak di Yamaha lagi?

  40. legenda rider

    Akhirnya Mbalik lagi, weilcome back Bro, seneng bisa belajar ma Bro Genesis lagi.

  41. Welkom bek bro..

    Saya selalu kangen dengan ulasannya, dalam n tajam.. Jangan angin2an lagi y.. Nulis terus..🙂

    Ikhwannurrahmad : beda kelas bro, ini mind genesis.. Baca lagi tulisan2 lamanya..

  42. edyan analisis e😀 manteb.tp emang bentul sekarang keliatan over price bgt vega zr dengan model yg pas2an bila head to head sama revo fit

  43. the best 3 artikel … top banget.. mang kerjaannya konsultan ya kang.. ulasannya mantap, dah sulit nyari kata yang lebih lagi,.. moga2 makin sering kang brojolin artikel..

  44. bussseeet!!!!! bro komeng bangkit dari kubur!!!😀

    sudah lama kutunggu update postingan masbro, semenjak bakar2an di postingan terakhir…

    ditunggu terus analisa marketingnya yang superduper maknyossss *gak level dibandingin lapak sebelah IMHO!*

    BANZAI!!!!

    *maaf agak lebay, aseli bahagia gue masbro🙂

  45. analisis stp yang mantap……

  46. apa’an sii…??
    ga ngerti ni gw kaliii ini..

  47. emprit terbang

    atas
    kasihan kelasnya gak sampai. heu heu heu…

  48. ini tulisan yg saya suka…..🙂

  49. magnum rider

    wah bro komeng kembali..bkalan tmbah ilmu lbh bnyak neh..brojolin artikel terus ya bro..

  50. Rasana baru kali ini saya baca artikel Anda. Mantab, dua jempol.

  51. fuih….
    saia gak bisa berkata-kata

  52. smart-innovation

    @ emprit
    wkwkwkwkwk *ikutan ketawa

  53. mantap….

  54. udah baca tulisan-tulisan yang lama
    emaaaaaaaannnnng mantaf lho blog ini
    tulisan nya berkelas
    terima kasih ilmunya mas
    en jangan lupa sering update lagi ya tulisannya
    kulihat sering vacuum yaa
    salam

  55. @ikhwannurahmad
    Terima kasih atas pujiannya dan sarannya Bro Ikhwan.
    Salam Uhuuuuuuuuuuuuy!!!

  56. bro genesis
    ane mau komen :

    Yamaho hanya cocok utk kaum alay yg suka kebut2an & tampil norak!
    yamaho merupakan produk utk (kebanyakan) kalangan pribadi yg ngga punya jati diri, jadi nyari jati dirinya dg doktrin dg ugal2an di jalanan dg modal slogan “semakin di depan”

    slogan “semakin didepan” skrg mending diganti jadi “semakin terjepit” aja deh
    hehehehehe

  57. abs revo semakin baik positioningnya sebagai motor yang murah tapi diperhitungkan dengan menjadikan Nidji sebagai representasinya..
    menurut gw pemilihan figur ini pas banget.. krn jadi fresh dan energik kesannya..
    dengan adanya revo fit.. ini srangan yang menakutkan jugaa..

  58. @yamaho
    Bro, jangan kotori artikel bagus gini dengan BC donk.

  59. www.prasetyojanjang.com

    Finansial Honda yang memang lebih kuat ketimbang yamaha memang ga bisa dipungkiri lagi, kalau dibilang pricing strategy sch memungkinkan banget karena uangnya Honda masih bisa men-tacle margin yang sedikit berkurang.

  60. Pingback: Strategi AHM Yang Tidak Akan (Malu Jika) Dipakai YMKI « Apri for Human Being

  61. mantap……
    legenda & supra fit lawas jg berhasil ngocar-ngacirin penjualan mocin,vega,smash & kaze…skrg dipakai lg u/ngrusak vega zr,new jupie z,edge,titan… hehehehe

    lanjut!!! ONE HEART

  62. alifullohazhar

    Wah,,,… mantab bro analisisnya. Memang revo ini semakin mantab saja. fitur2nya memang sudah memenuhi standard mindset konsumen untuk produk yang berkelas. Seperti Secure Key shuter. Di revo fit yang jelas2 beda cuma di SKS itu sekilas saya lihat. Memang di Kata ‘Fit’ nya itu rahasianya ya. bener2 good analisis. jempol buat bro mind genesis

    sebagai pengguna revo saya titip artikel ya bro:mrgreen: http://alifullohmu.wordpress.com/2011/04/19/matik-idamanku-bagasi-gede-dan-seirit-bebek/

  63. Pingback: Revo Fit Mulai menunjukkan taringnya | Teras Belitong Blog

  64. semaskin di depan…..YAMAHA TENTUNYA

  65. vega zR katro bgt siy..!! malu2in image jupiter tuhh..!! gw sbg pengguna jupiter z jg males bgt ngliatnya.. jauh lah dibanding merk lain yg sbgai kompetiternya..!!

  66. revo fit? setelah beberapa tahun ahirnya ketahuan strategi ini gak berhasil, image FIT yg terkesan murahan sama sekali gak dilirik masyarakat,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s