Prediksi langkah (produk baru) YMKI versi Mind Genesis

Dengan kondisi Honda sudah menyiapkan varian tempur baru yang cukup lengkap di REVO series, dalam waktu dekat kondisi Yamaha pasti akan tertatih-tatih di all varian line-up Bebeknya. ( baca dulu di sini ) Terutama yang terserang secara langsung dengan hadirnya Revo Fit, yaitu Vega ZR.

Prediksi Gue, YMKI (Yamaha) pasti segera bereaksi meluncurkan varian face lift Vega ZR. Adapun pertimbangan Gue memprediksi hal ini dikarenakan beberapa langkah YMKI belakangan ini selalu direct reaction langsung untuk mengantisipasi serangan yang kelihatan dipermukaan saja. (Baca juga ini ) Seringkali AHM (Honda) sudah menyiapkan serangan yang tak terlihat dalam combo strategynya. Gue Perjelas lagi; serangan yang sesungguhnya justru tersembunyi dalam rangkaian yang memiliki kedalaman bertingkat. Bukan sekedar serangan yang terlihat di permukaan saja.

Analysis gampangnya begini, sering kali serangan Honda justru dilancarkan pada saat Yamaha sedang baru saja berupaya mengatasi serangan Honda yang terdahulu. Dan serangan yang baru ini adalah serangan yang memiliki tingkat kedalaman strategy serangan yang bertingkat-tingkat. So Bro-Bro pengamat dunia R2 Indonesia, jangan lihat serangan Honda hanya dari permukaan yang kelihatan saja. Analisa maksud dan tujuan-tujuan tersembunyi di balik serangan yang terlihat ini. Sebagai Contoh dari penjelasan Gue diatas. Gue yakin jika Abs Revo baru dan Revo Fit diluncurkan pada saat Yamaha sudah merasakan bahayanya gempuran matic-matic Honda yang sudah lebih dahulu memberikan pukulan-pukulan terhadap matic-matic Yamaha. Di saat Yamaha mulai baru saja bergerak melakukan aksi dengan Program Miliader Mio yang gencar di TV-TV. Honda merespon dengan serangan image CBR 250 dan re-positioning pasukan Revo Series yang me-re-positioningkan seluruh jajaran line up motor bebek Honda.

Belum satu serangan diatasi, Combo serangan lain segera dilancarkan. Bagai permainan bulu tangkis Indonesia nan cantik yang kita rindukan. Disaat cock di serangkan, musuh mulai berusaha mengatasi untuk membalikan cock, arah selanjutnya diatur terus dan musuh terus mengikuti. Ini adalah strategy untuk mempermainkan lawan mengikuti arah cock di arahkan. Saat baru saja cock didepan dikembalikan, di smash ke arah belakang, dengan tertatih-tatih musuh mengembalikan , pukulan ringan ke arah depan kanan, musuh mengejar dan tertatih-tatih sampai kehilangan keseimbangan untuk mengembalikan coak, sekali lagi di arahkan ke kiri belakang….abis dech. Seperti mempermainkan anak kecil tak berdaya.

Uppss kok jadi ngelatur di bahasan strategy…sorry, Gue lupa….kembali ke prediksi lagi. Kali ini reaksi YMKI cukup mudah ditebak….face lift Vega ZR secara body yang kelihatan aja. Secara mesin masih generasi mesin baru yang gak mungkin diperbaharui. Secara desain YMKI harusnya mulai sadar untuk produk low end, karakter konsumen Indonesia masih sangat terpengaruh pada aspek desain tampilan luar selain pada ecoomic value, hal ini berkaca pada kasus Abs Revo Honda.

Cukup di Prediksi langkah YMKI ala Gue yang belum tentu terjadi🙂

Sekarang kita masuk di sesi yang membuat Gue tergelitik untuk berbicara …eh menulis soal apa yang sebaiknya dilakukan YMKI untuk mengatasi kondisi di line up motor bebek. (sengaja Gue kotakin disini supaya gak panjang lebar ngelanturnya di Sport dan Matic yang bisa jadi pembahasan yang jauh jauh lebih panjang). Dengan kondisi Jupiter MX masih baru, Vega ZR berada di posisi telur di ujung tanduk, dan Jupiter Z masih dalam perjuangan membangun Image. Maka langkah alternatif bisa di tempuh. Yaitu menurunkan harga Vega ZR sedikit dibawah Revo Fit (strategy kamikaze) Vega ZR baru gak perlu muncul dulu. Jupiter Z muncul 2 desain, 1 tetap seperti semula, 1 lagi dibuat lebih elegant ( aura racing dan tambah yang baru aura elegant) keduanya di berikan double disk brake.  Jupiter desain baru di head 2 head-kan dengan Supra X 125 secara image lewat media promo dan brand activity. CC lebih Kecil, Lebih IRIT, lebih Kencang…kira-kira begitu komunikasi yang hendak disampaikan. Disaat kondisi Supra X mulai jadi perhatian dari Honda, barulah Vega Baru diluncurkan dengan Price setara Abs Revo atau bolehlah sedikit saja dibawah Abs Revo jika masih gak PD. Dengan begini Revo Fit VS Vega ZR, Abs Revo VS Vega Baru, Jupiter Z lama tetap sendirian jikalau Blade boleh tak lagi dianggap. Sedang Supra X 125 VS New Jupiter Z elegant (apapun namanya) dan MX Auto-C akan membantu menekan memberikan pressure dari atas terhadap Supra X 125.

It’s My Genesis Idea, How about You?

Uhuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuy!!!

60 responses to “Prediksi langkah (produk baru) YMKI versi Mind Genesis

  1. lae togar anak medan

    sedaaapppppppp

  2. lae togar anak medan

    homosec / hoby nomor second. xixixixi….

  3. lae togar anak medan

    berarti strategi ahm ibarat ada udang di balik bakwan. mantaffff bro ulazannya

  4. Badjul_Kesupen

    ckckckkk….
    ga nyangka strategi AHM memang maut.

  5. gilaa,,, mending yang ngelola warung aja deh yang jadi marketing directornya YMKI
    strateginya mantep benerr

  6. Ck ck ck ck… waktu baca jadi merinding Mas. Ini jauh lebih bermutu dari journal marketing sekaliber MarkPlus sekalipun. Vote. this Blog as Best Marketing Blog

  7. Thats a good analysis, tapi masalahnya adalah bagaimana dengan waktu, pendanaan, kapasitas produksi, dll. Kayaknya agak berat tuh YMH utk mengounter attack Honda. Terutama yg pasti adalah soal BUDGET/DANA/MODAL……

  8. bagus mas suggestnya..
    tapi dgn keterbatasan ymki, saia setuju dgn diferensiasi varian jupiter z aja..
    sebaiknya ndak ikutin ahm yg melebarkan varian revo di entry level dgn mengutak atik vega zr, percuma, tetep kalah kuat imagenya..

    mending ymki fokus ke celah yg ‘diberikan’ ahm, diantara revo dan hsx..
    celah antara hsx dan fu udah anteng diisi mx..
    mumpung disegmen itu blade masih terkapar..
    ayo ymki, mainkan jupiter z mu..

  9. @Ciwans
    Betul sekali jika masalah di Yamaha adalah soal Budget dana dan modal, bagaimana tidak jika Yamaha Indonesia harus juga ikut menghidupi Yamaha International yang terlilit finansial problem.
    Memenangkan pertarungan dengan Honda di Indonesia untuk menjadi absolute no 1 dalam waktu singkat, rasanya hampir mustahil. Tapi untuk mengcounter attack serangan honda sebenarnya masih bisa jika dengan strategy yang benar-benar tepat.
    Strategy yang tepat akan mampu mempertahankan posisi Yamaha di Kondisi terakhirnya. Dan sedikit demi sedikit memperbaiki kondisi secara simultan berkelanjutan untuk memenangkan pertempuran ini.

    Strategy yang Gue paparkan di atas telah memperhitungkan budget, pendanaan dan kapasitas produksi. Dimana mendesain New Jupiter Z yang Elegant adalah desain body yang hanya berbekal moulding injection mould yang ringan modal dan BEP tempo pendek. Mesin motor khan sama. Untuk Vega Baru juga mesin sama, body berbeda disertai beberapa penambahan fitur baru yang memang butuh dana dan mengurangi margin per unit. (bukan margin total quantity yang justru diharapkan naik dari naiknya quantity penjualan)
    Memang Kamikaze Vega ZR akan butuh cost, tapi musuh juga ikut mati, sangat efektive dan effisien dalam kondisi saat ini. (dalam permainan catur ibarat kuda tukar kuda). Dalam hal ini kuantiti produksi diseting kecil untuk meminimalisir kerugian yang pasti terjadi, akan tetapi sangat ampuh untuk membunuh image lawan.
    Dilain pihak kapasitas produksi vega ZR yang sudah dikecilkan dimanfaatkan alih-alih sebagai bagian dari strategy split model di Jupiter Z baru yang elegant. Jupiter Z lama kuantiti tetap ditambah jupiter Z baru yang memanfaatkan sisa quota produksi Vega ZR. (Line produksi Gue rasa untuk kedua tipe tersebut masih mampu tukar). Lebih baik fight di kuantiti penjualan yang masih mungkin dilakukan untuk memperoleh margin profit yang sebesar2nya dan menunggu timming yang tepat untuk meluncurkan New Vega sebagai fondasi penjualan yang baru. Sebenarnya kalau mau dibahas lebih komplex lagi kita bisa meng combain dengan penerapan synergy strategy antar category, mix dengan sport dan matic. Dan tentu saja penuh trik dan strategy berlapis-lapis. Cuman untuk sementara ini lebih baik kita batasi dulu dalam kotak kerangka pembahasan strategy di bebek saja biar tak bertele-tele sebagai bagian dari pembelajaran kasus studi market motor ini.
    Salam Uhuuuuuuuuuuy!!! untuk diskusi yang semakin menarik ini.

  10. menurutku sangat kecil kemungkinannya ymki mengcounter demikian ….

    sbb sekarang ini aku lihat ymki dlm kondisi panik mendapat serangan sporadis dr ahm shg kesannya langkah yg ditempuh selalu salah akhirnya cuman diam seribu bahasa alias bengong. lihat sj dr bbrp serangan gw melihat cuman byson yg manjur itupun msh terkendala produksi!. jujur gw pesimis bro ….

    tp gw sependapat dgn bro genesis dan kalo boleh gw tambah, keluarin Jupiter Z lama special edition (bukan new jup z lho!) , FINO dgn basis rangka & mesin mio sporty ini akan sedikit meredam meski jangka pendek sambil tetep konsen dgn matic injectnya, YZF R15 msh berbasis vixion jg utk memperkuat segmen sport sblm keduluan ahm dgn Cbr nya.

    meski nanti (info : red) ahm bakal ngeluarin 1 matic lagi + tiger monoshoknya

    tp paling tidak utk mempertahankan MS tahun 2011 ini yg kl kita amati sdh mulai tergerus …

    DAN Jangan sampai terlena SUZUKI jgn sdh berbenah secara produk oleh atpm bahkan skr ini tampilan dealer sdh mulai dipermak!!

    SO kalo tidak mau tergerus lebih dalam, SEGERALAH bertindak!! waspadalah! waspadalah!

  11. diskusi disini jauh lebih menarik.
    jadi belajar banyak nih….

  12. keren kerennn😀

  13. @Anton Ks
    Mas Anton, justru saya merasa YMKI bakalan bertindak seperti yang diprediksikan Mas Genesis yaitu ya cuma keluarkan Vega ZR baru.

    Sedangkan opsi pendapat Mas Genesis pribadi yang, memiliki solusi berbeda yaitu pake Jupiter baru, kemudian Vega baru justru tidak mungkin dilakukan YMKI yang sedang panic. Dalam kasus ini saya sependapat dengan Mas Anton, YMKI pasti panic action. Kalau saya nangkap sih, itu opsi yang seharusnya YMKI lakukan tapi tidak dilakukan YMKI karena YMKI pasti akan bertindak seperti prediksi Mas Genesis, yaitu hanya keluarkan Vega ZR baru.

    Benarnya ingin bahasan merembet juga ke matic dan sport, tapi ya sudah yang punya warung sudah wanti-wanti kotakan hanya di pembahasan moped.

    @ Genesis
    Ditunggu pembahasan di Matic dan Sport Mas Genesis.

  14. @Anton Ks
    tambahan Mas Anton, saya juga sependapat Suzuki kayaknya dah mulai bangkit dengan produk-produk barunya.

    Info juga: kayaknya Byson tidak sebanyak itu peminatnya, kalau produksi meledak saya yakin pasti juga jadi stock. Indent banyak ini mungkin juga karena konsumen indent keliling dari 1 dealer ke dealer lain.

    Waspadalah waspadalah he he he ikut ikutan Mas Anton

  15. smart-innovation

    Luar biasa ulasan nya bro. But, IMHO, ini cukup berrisiko bagi image vega zr, bahkan image brand Yamaha jika tiba2 harga diturunkan di bawah revo fit, bukan kah akan muncul kesan di masyarakat bahwa vega zr selama ini over price? “Kl ternyata bisa dijual dgn harga segitu, kok selama ini harganya mahal banget??” Mksd saya, bisa jadi celah ini akan dimanfaatkan oleh AHM, dgn black campaign misalnya. Atau malah bisa jadi AHM akan menetapkann harga di bawah planning yg skrg, apakah vega zr hrs diturunkan lg harga nya, mengingat kemampuan budget AHM utk kamikaze jauh diatas YMKI.

  16. @smart inovation
    Bro Smart, rasa-rasanye sih gpp. sejarah membuktikan new Supra X125 makin ngaciiir penjualannya setelah potong harga 1,5 juta pada saat era revolusi Honda. tanggapan konsumen juga positif ketika pabrikan pada bergerak kearah FAIR PRICE. Tull gak Bro-Bro semua.
    Untuk margin keuntungan yang dipotong bisa dikunpensasikan dalam bentuk bea promosi yang lebih murah meriah karena dah main di harga.
    Apalagi kwalitas Vega juga bagus lho. lebih bagus dari revo fit yang terbukti generasi buntut dari tahun ke tahun.

  17. mantap sebetulnya pembahasan disini
    tapi yang saya lihat , pihak dari YMKI sendiri bukan cuma asal diam saja. ibarat pepatah orang bijak. lebih baik diam mengamati suasana apabila sudah dimungkinkan untuk mengambil tindakan, LAKUKAN dan kalahkan musuhmu. saya rasa strategi yang akan dipakai oleh pihak YMKI seperti itu. sambil diam, sambil nyiapin senjata pamungkas. let’s see together😀

    daripada seperti honda, main keluarin barang dengan harga yang murah dan buanyak tipe seperti orang yang terburu – buru dan sangat tidak bijaksana. emank klo dilihat dari statistik penjualan honda saat ini unggul jauh dengan bermacam type yang dikeluarin. tapi apa bias kita jamin hal itu akan bertahan lama?? mending seperti pihak YMKI, diam, mengamati, mempersiapkan senjata pamungkas, keluar dan hancur leburkan. menguasai pasar dengan product yang sangat berkualitas dan bukan murahan…

  18. Boombox Walker

    Honda sudak melancarkan serangan diawal. dg sport dan bebek. yamaha masih “terlalu” pede dengan squad yg mereka punya. dan untuk beberapa bulan ini, 1-0 buat Honda vs Yamaha

  19. real_injection

    @ smart-innovation
    Emang benar Vega ZR itu OVER PRICE banget…..
    jika diliat teknologi dan piturnya jauh bila dibandingkan dengan Abs Revo, bahkan dari Revo Fit juga speknya masih di bawah….

  20. Vega ZR turun harga lalu tambah fitur…..insya Allah akan moncer.

  21. wah setuju banget….
    tpi kayaknya g akan dilaksanakan hiks….

  22. @all
    Gue perjelas lagi biar tidak ada kesalah pahaman di diskusi ini, dalam artikel ini Gue menulis prediksi Gue, yaitu YMKI bakalan menelurkan produk apa dalam menghadapi langkah AHM dalam waktu dekat ini.
    Sedangkan yang tertulis dalam artikel yang sama pada bagian bawah, itu suggest Gue SEBAIKNYA YMKI harus melakukan apa dan bagaimana. Tolong jangan dicampur adukkan. Dan YMKI gak akan melakukan yang Gue pikirkan ini. Karena dengan pola pikir strategic dan cara merespon YMKI selama ini pasti akan melakukan seperti yang Gue prediksikan di atas.
    Salam Uhuuuuuuuuuuuuuuuuuuy!!!

  23. Pingback: Yamaha Indonesia akan Kalah Telak tahun ini (2011) | Mind Genesis

  24. ulasan yg membuka pikiran …:)

    salam kenal mas …numpang belajar marketing disini mas

  25. menurut saya, intinya sih mana produsen yg memberikan banyak pilihan sesuai selera konsumen, dia yg akan menang ….. baik variatif masalah tipe produk maupun dlm hal harga, jadi konsumen yg suka begini dan begitu akan tercover semua ….

  26. Bagooos………lanjut terus. memang masalah utama ymki sekarang adalah kapasitas produksi dengan demand yg tinggi. sehingga menimbulkan dilema. tambah A, type B teriak. Bikin C type lama teriak. tapi mungkin dengan investasi yg akan datang baru, ymki bisa lebih flexible untuk mengcounter serangan ahm. Tapi tetap butuh waktu paling tidak 2~3 tahun lagi. Lambat tapi pasti saya yakin yamaha akan memilih indonesia sebagai basis produksi dan desain.

  27. Mau ikut Nambahinnn

    1. Setuju bgt Jupiter Z dibikin lebih Racing, tapi gak usah kebanyakan nambahin Value nya pakein Cakram belakang dan Kopling manual saja udah cukup.
    2. MOTOR BARU utk melawan segment Low end AHM, kalau menurut saya si, penurunan harga di Mio Soul atau penambahan value seperti side stand switch atau Park Lock brake, lalu di Mio Sporty sudah saatnya ganti model, lebih ke arah retro matic untuk bisa menyaingi Scoopy.
    3. Pertahankan dominasi motor Sport. Luncurkan Varian Sport dari Vixion. Varian Yamaha Vixion ditambah dengan Vixion baru dengan velg lebih lebar untuk depan belakang (minimal seperti Ninja RR), penambahan Cakram belakang, setang jepit dan agar lebih Sporty Fairing minimal seperti fairing Suzuki FXR jadi aroma Sport naked nya masih terlihat di Motor ini.
    4. Genjot kapasitas Produksi Byson agar demand & supply ada di titik impas
    5. REVISI New Scorpio Z, Velg 17 dengan lebar seperti kawasaki Ninja 250, Suspensi belakang dibuat lebih nungging, dan penambahan cakram belakang..

    Saya yakin dengan penambahan nilai pada produk-produk Yamaha akan membuat Image Yamaha dan penjualan akan meningkat.

  28. Vega ZR diturunin harganya ? Mimpi kaleee
    Silahkan dicek di lapangan, saat ini vega ZR sudah di discount habis, kalau dari price list-nya diturunin harganya justru bukankah akan menjadi blunder ?

  29. @kangojek
    Iya harga vega zr di pasaran bisa disc 1.7jt. masalahnya gak semua orang tahu, rasanya kok banyak yang gak tahu. harga jadi mengambang ya Mas Kangojek. Justru itu bukankah lebih baik jika ada kejelasan harga aja, dari pada ujung-ujungnya konsumen kesal kok harga Yamaha seperti tawar-menawar baju di mangga dua. Potong aja langsung harganya dari pada tawar menawar gak jelas gini.

  30. wah enak juga nih nongkrong di warung ini, lebih banyak diskusinya daripada hujat menghujat.
    @kamikaze
    tawar menawar terjadi karena tergantung keberanian leasing dan keberanian dealer (dan juga salesman-nya) untuk ‘mengorbankan’ keuntungan yang mereka dapatkan. Ujung-ujungnya apalagi kalau bukan supaya memenuhi target (tinggi) yang sudah ditetapkan dari distributornya, kalau target terpenuhi paling tidak akan dapat bonus insentif (tahunan) jadi kayak subsidi silang lah, daripada barang ditahan-tahan, mending muter dan dapet bonus target. Jadi kesimpulannya tergantung kondisi pasar. Masih ingat kan dengan peristiwa beberapa dealer Yamaha yang nakal, seenaknya menaikkan harga V-ixion ? dan juga dealer (termasuk merk lain) yg lebih senang menjual secara kredit dibanding cash ? semua balik ke kondisi pasar antara supply dan demand.
    Kalaupun mau diturunin price list-nya dikuatirkan akan terjadi persepsi selama ini harganya ‘over price’ seperti yang disampaikan bro smart-innovation diatas.
    Uhuuuyy…

  31. Honda 39 Years always Ahead

    hmmm sebenarnya strategi pion kamikaze untuk menghancurkan image produk kompetitor sudah ada dari dulu…vixi dgn injeksi dgn harga yg murah (padahal rugi/kamikaze) dihadapkan ke mgpro lama ..(masih inget vixi indent? kalo kredit dapat barangnya cepet kalo cash susah..karena kalo kredit memang dapet profit, terang aja dealer pada mati2an maunya kredit) …nah sekarang vixi udah naik jauh harganya …..nah si ymki pake taktik yg sama dengan byson sbg pion kamikazenya untuk menghambat NMP ..dimana kuantiti produksi Byson diseting kecil untuk meminimalisir kerugian ,dimana tujuan utamanya adalah pion kamikaze untuk menghadapi/menahan NMP agar vixi bisa melenggang sendirian (harga vixi udah naik).. but sampai saat ini NMP masih melenggang dengan profit yang memadai tuh😀 …

    hmm kalo gabungan Astra dan Honda memang mau kamikaze adu banyak resource sama ymki , boleh diliat hasilnya😀

  32. @kang Ojek
    Mas kang ojek, bagaimana dengan kasus potong harga di HSX125 yang berujung dengan presepsi positif di pasar dan konsumennya sendiri.

  33. menyimak dulu😀 NDOMBLONG baca tulisannya bro genesis

  34. Ijin nyimak juragan.. Topppppp markotop..😀

  35. legenda rider

    Pembahasannya hanya di bebek, jd ga bisa komprehensif melihat, serangan AHM yg kliatannya sudah siap tuk segala segmen dan setiap jawaban YMKI.
    Ane melihat sepertinya masalah ymki tidak Hanya kekurangan di GRand Strategy tp di Teknikalnya, dimana ymki selalu menghadapai dilema ketika mau merubah strategy, krn masalah teknik (keterbatasan line produksi, budget,dll), sehingga serba salah.

  36. legenda rider

    Pembahasannya hanya di bebek, jd ga bisa komprehensif melihat, serangan AHM yg kliatannya sudah siap tuk segala segmen dan setiap jawaban YMKI.
    Ane melihat sepertinya masalah ymki tidak Hanya kekurangan di GRand Strategy tp di Teknikalnya, dimana ymki selalu menghadapai dilema ketika mau merubah strategy, krn masalah teknik (keterbatasan line produksi, budget,dll), sehingga serba salah. ketika ingin mengaplikasikan dilapangan.

  37. @ Y-cat
    agak sulit memang langkah tersebut, kebetulan saja HSX125 bisa dibilang melenggang sendirian, gak ada kompetitor yg head2head bener. Pastinya AHM sudah melakukan riset terlebih dahulu sebelum memutuskan potong harga. Kalau Vega ZR mau potong harga juga harus extra hati-hati, yach belajar dari tetangga sebelah juga gak apa-apa kan ?
    Biarlah para petinggi Yamaha memikirkan langkah selanjutnya, kita cukup dengan diskusi diluar arena saja, sambil mengamati pergerakan dan belajar dari langkah2 strategi mereka.

  38. emprit terbang

    Artikel ini tamparan keras yang membangunkan hati yang beku dan pikiran yang mengerak

  39. yamha masukin r15, masukin juga fino….pasti kondisinya jadi lebih baik n imbang, dari pada masukin xeon

  40. mending diem dulu sambil ngeliat produk2 baru honda sambil bilang …”weleh weleh modyar aku… “

  41. weeeeeeewwww…berlapis-lapiss dalemnya…sayang saya orang yang termasuk visual…ini imho saja…lebih bagus kalo ada gambar ilustrasi untuk mendukung setiap tulisan….lama-kelamaan saya gak kuat untuk mencerna bacaanya ….maklum masih belajar…

  42. sedangkan untuk usulnya…saya kena ke penurunan zupiter z baru untuk lebih dimaksimalkan…misalnya turun harga dengan penambahan fitur atau tidak….kalo yg turun harga vega zr kayaknya sulit…

  43. Ane baca nih artikel dengan passion yaang meledak-ledak… yah… memang analisis yang Bro komeng paparkan sangat menggairahkan untuk dibaca dan dipelajari… bak oase di tengah padang pasir…

  44. mengamati aja deh…bahasannya tajem dan dalem….setajam silet…tapi gak selebay silet inpotainment

  45. nice info tapi gk mungkin dech…da mefeeeeeeeeeet…wkwkwkwkwkwk

  46. jaffar_legend of the crazy horse

    hehehehehe nimbrung ach,
    vega zr vs re-fit,abs revo vs vega baru,jupie z versi baru vs hsx 125.aga’ telat boz.sebenernya semua segmen hampir terkunci oleh AHM.yang bilang AHM,asal gelontor produk siapa bilang.posisi blade,cs-one,vartech cbs,cbr250r,scoopy,sebenernya hanya umpan untuk memancing mangsa.ketika mangsa terpancing baru deh di tembakkan pelurunya,hehehehehehe😆

  47. jaffar_legend of the crazy horse

    ^^^
    produk2 tersebut memang sengaja di keluarkan,untuk mengecoh saja.padahal tergetnya juga ngga banyak,hehehehehehehe😆

  48. jaffar_legend of the crazy horse

    satu lagi mengapa blade ama cs-one belum mau di ubah total dan cbr150r belum mau keluar dari sarang.karena ini adalah kuncian dari AHM selanjutnya,belum matic futuristiknya,belum tiger model terbaru.nah kira-kira sanggup ga’ YMKI ngadepinnya.harusnya YMKI sudah dari dulu bisa memenangkan persaingan ini di tahun 2009 lalu.sayang sepertinya mental manajemen YMKI bukan mental pemenang,sehingga strateginya mudah terbaca,hehehehehehe😆

  49. Hmmm…road map gw untuk YMKI beda dengan yang bro Mind Genesis paparkan.

    Dengan capital & terutama jaringan vendor part yang berbeda pondasi (terutama jaringan vendor part, AHM dibackup group Astra yang menguasai industri part manufactured berkelas tanah air!), kalau YMKI bermain head to head mengikuti road map AHM, YMKI akan kehabisan napas dan kehilangan pijakan.
    Senafsu & seagresif bagaimanapun YMKI berusaha untuk melakukan bom varian product & seabrek fitur menarik (yang sebenarnya tidak begitu fungsional) untuk mengimbangi bom varian produk2 AHM, ujung-ujungnya YMKI akan terbentur oleh kapasitas produksi & kecepatan respon dukungan dari vendor-vendornya.
    Hal yang tidak dialami oleh AHM dengan dukungan jaringan group Astra-nya.
    (case yang sama yang membuat kenapa launching produk baru dan berjubelnya varian roda dua di Thailand vs Indonesa).

    Yang dilakukan YMKI sekarang malah menurut saya sudah di track yang benar.
    Membangun pondasi perusahaan lebih kuat lagi dan mempererat komunikasi & loyalitas pengguna Yamaha.

    Sedikit kekurangan yang saya lihat malah kurang jelinya YMKI menonjolkan/memblow up keunggulan kecil yang dimilikinya yang tidak dimiliki oleh kompetitornya.
    Ini tidak perlu dana besar tapi cukup efektif mempengaruhi mind set konsumen.

    Contoh paling simpel.
    Di kelas bebek low entry, Vega ZR punya keunggulan rancangan sayap yang lebih mbok-mbok friendly yaitu bisa menahan barang belanjaan yang digantung di leher motor.
    Bandingkan dengan produk AHM: abs. revo, blade, maupun Supra 125.
    Sayangnya justru tidak disiapkan cantelan gantungan belanjaan di Vega ZR.
    Padahal kalau ini difasilitasi & di blow up, sedikit banyak akan mempengaruhi pemilihan produk oleh konsumen yang membutuhkan bebek untuk aktivitas transport berbelanja ke pasar, dalam hal ini mbok-mbok.

    Begitu juga dengan Jupiter Z, Mio series, Byson, maupun Vixion, gw melihat masih banyak celah yang bisa di-advertising-kan.
    Tapi gak mungkin gw paparkan di sini, ntar kepanjangan. Malah ntar jadi artikel, bukannya komentar…🙂

    Ok, matur nuwun buat pemilik blog, gw boleh urun rembuk & tukar pikiran di sini.

  50. benpiss^menurut ane itu mikrostrategy…gampang bgt dilawan..coz semua motor ada kelebihan masing2.

    menurut sy antara harga vzr ama njz masih kejauhan… harus ada yg ngisi lg. bisa vega zr yg diupgrade (menurut sy paling pas) karena blm waktunya ngeluarin njz baru (baru staun). shg vega zr bs turun harga dan*new vega zr* bisa lawan abs.rev

  51. smart-innovation

    @ ben piss
    “Yang dilakukan YMKI sekarang malah menurut saya sudah di track yang benar.
    Membangun pondasi perusahaan lebih kuat lagi dan mempererat komunikasi & loyalitas pengguna Yamaha.”

    bisa dijelasin bro langkah apa yg sudah dilakukan dan apa efeknya???

    “Contoh paling simpel.
    Di kelas bebek low entry, Vega ZR punya keunggulan rancangan sayap yang lebih mbok-mbok friendly yaitu bisa menahan barang belanjaan yang digantung di leher motor.
    Bandingkan dengan produk AHM: abs. revo, blade, maupun Supra 125.
    Sayangnya justru tidak disiapkan cantelan gantungan belanjaan di Vega ZR.
    Padahal kalau ini difasilitasi & di blow up, sedikit banyak akan mempengaruhi pemilihan produk oleh konsumen yang membutuhkan bebek untuk aktivitas transport berbelanja ke pasar, dalam hal ini mbok-mbok.”

    jadi positioning vega zr akan menjadi sepeda motor nya tukang jamu, tukang sayur, tukang rombeng gt yha bro?? (maaf, bukan saya ingin meremehkan / menghina pekerjaan seseorang, selama halal, semua perkerjaan patut dihargai). IMHO, Image ini justru akan merugikan vega zr sendiri yha??
    Saya setuju dgn artikel bro Genesis yg sebelumnya:
    “Peluang ini juga sangat dimungkinkan terjadi akibat kompetitor utamanya (Yamaha) terlalu kaku dalam memahami masalah segmentasi product dengan focus kukuh menghajar segment Low End dengan image yang Low End juga, bahkan terkadang terlalu low end menurut Gue pribadi. Bayangkan saja, tukang ojek juga gak akan mau membeli motor yang imagenya motor ojek, begitu pula tukang sayur dll. Apalagi anak sma, pekerja kantoran dll yang notabene juga berada diirisan segment market yang sama.”

    Bgmn menurut bro – bro yang lain??

    Keep nice posting and nice discussion

  52. Tukang Ngibul

    Pastinya dgn diskusi terbuka seperti ini konsumen/pembaca yg diuntungkan selain menambah ilmu marketing “akan mendpt produk-produk yg mempunyai nilai lebih”…. & para marketter di bikin pusing dgn diskusi ini yg mana langkah2 mereka bisa di ketahui oleh siapapun baik lawan maupun kawan

    Dan menurut gue nih langkah YMKI dgn mengadakan Sunday Touring langkah yg tepat….diskusi ngalor-ngidul tanpa diketahui pihak lawan & tanpa perlu “bayar” konsultan, cukup dgn jamuan bisa mendapatkan masukan2 yg cukup berarti….IMHO

  53. emang langkah selanjutnya apa??
    boleh dibocorin ga???

  54. @smart-inov
    betul…betulll.betulll.

  55. Ulasan yang sangat menarik ..

    Kalo diperhatikan dan disimak,,, strategi yang dipakai oleh Pabrikan Honda merupakan strategi yang sangat jitu ..

    Lihat aja hasil dari strategi dari Honda tersebut, nyaris perfect bro’ …

  56. bagus pembahasanya…lam kenal buat empunya blog…

  57. saya yakin strateginya mind genesis tidak akan dilakukan ymki, dan q yakin juga klo strategi itu diterapkan yamaha bukanya tambah maju tapi tambah kacau. krn menurut q itu strategi yg penuh emosional tdk berdasarkan keinginan pasar. q yakin vega zr tetep itu sampai 2014 tidak ada varian baru dan penurunan harga meskipun ada revo fit atau apalah, njz tetap itu sampai 2015, prediksi saya mio series baru akan di refresh min 2012.
    tolong anda skalian ingat prediksi saya ini. mudah2an saya prediksi saya keliru

  58. good article..

    ada banyak cara sih agar Y bisa mentackle H.. ga harus head 2 head antara produk dengan produk.. bs antara produk dengan program promosi atau sebagainya.. Intinya siapapun yang bertahta, harus jangan lengah..

    walo memang H lebih memperhitungkan dan tidak gembar gembor soal strateginya

  59. asemeleketedol

    segera terbukti lagi penerawangan ini, di TMC juga dah keluar TPT inpohnya.

  60. Fastestlap

    Kalau mau laris jualan Vega ZR, ini kuncinya bro :
    1.Mesin kudu diganti dengan Jupiter Z lawas,karena menurut saya mesin Jupie lawas sangat tangguh, liat saja di indoprix,semua masih mengandalkan jupie Z lawas.
    2.Spidometer sudah saatnya ada gear position
    3.Velg ganti palang
    4.Knalpot dipertahankan, tdk usah pakai catalysator segala, suaranya jadi ndak plong…
    5.Pegangan belakang sudah sangat expired sudah saatnya ganti
    6.Lampu belakang ganti
    7.Spatbor belakang ditambah tulang, biar tidak getar.
    Itu saja bro, lu akan liat secara signifikan kenaikan penjualan di segmen bebek..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s