Cari kelemahan dari kekuatan Musuhmu!!!

Sebuah pepatah Cina kuno jauh di jaman sebelum roman perang 3 kerajaan ada, telah mengatakan; “Kekuatan musuh yang paling kuat, justru adalah kelemahan terhebatnya”. Sesuai prinsip Yin dan Yang, Harmonisasi adalah metode untuk mencapai suatu kemenangan.  It Ching, kitab kuno yang membahas tentang Perubahan dan Harmonisasi menyatakan tidak ada kondisi yang sifatnya selalu tetap. Hidup adalah perubahan, dan untuk meraih kemenangan harus memberikan harmonisasi terhadap perubahan tersebut. Kekuatan atau kelebihan lawan tidak mutlak akan menentukan kemenangan, justru kemenangan akan diraih oleh pihak yang tahu bagaimana cara mengharmonisasikan keadaan. Jangan pernah melihat suatu keadaan atau kondisi lawan hanya sebagai kekuatan atau kelebihan lawan, pandang dari sudut yang berbeda untuk menciptakan harmoni, maka disanalah terlihat kelemahan lawan. Cari Kelemahan dari Kekuatan Musuhmu!!!

Seorang ahli strategy Militer Cina yang melegenda, Sun Tzu menyatakan; “Kenali Dirimu, Kenali Lawanmu, Kenali Keadaan dan Kenalilah Waktu, Seribu Pertempuran, Seribu Kemenangan!!!” Frase yang cukup singkat ini selalu Gue ingat kapanpun juga. Mengenali diri sendiri tidaklah mudah, tapi inilah yang terpenting. Tapi kita tidak bahas lebih dalam dalam artikel kali ini. Mengenali Lawan juga harus lengkap, Kelebihan sekaligus Kekurangannya juga. Nah inilah yang akan kita perdalam di artikel kali ini.

Biar lebih terlihat bagaimana aplikasi Yin Yang dan It Ching method dalam marketing strategy modern kita ambil contoh kasus yang panas saat ini. Yamaha vs Honda. Bagaimana kita melihat Honda. Grand Strategynya luar biasa; Line Up Product Lengkap di setiap segment. Model bagus selalu up to date. Image product dan Brand association begitu kuat, dengan “Irit”. Nah inilah kekuatan Honda. Agar timbul keharmonisan kita harus mencari belahan yang lain dalam Yin Yang.

Oke kita mulai;

  • Line Up Product Lengkap di setiap segment, ini kekuatan yang luar biasa, membuat lawan tidak diberi ruang untuk bergerak, ibarat strategy mengepung harimau dalam gerbang kota. Akan tetapi Line Up yang banyak juga membutuhkan konsentrasi yang total, budget yang besar, pengaturan ketersedian stock yang lebih rumit dan akhirnya sangat tergantung dengan kemampuan untuk mengolah buffer stock di produksi, berakibat pada effisiensi produksi, production time dan tentu saja cost produksi yang larinya pada margin keuntungan dan kebijakan pricing dalam proses marketing product-productnya. Dealer juga merasakan hal yang sama, modal untuk melengkapi semua varian juga akan semakin besar sesuai dengan bertambahnya jumlah varian dst…..
  • Disini kompetitornya Yamaha dalam kondisi buget yang minim, bisa mengambil jalan sebaliknya, lawan Yang dengan Yin. Jika kondisi yang dialami Yamaha seperti ini,  bisa mengambil jalan dengan focus pada beberapa line up yang vital saja. Perbaiki semua product di line up yang Vital tersebut sesuai desire market. tentu saja butuh dukungan R&D yang mantap pula. Jika product diterima pasar, tidak perduli jumlah line-up lebih sedikitpun akan dapat bertahan atau bahkan memenangkan persaingan jika disertai dengan quantity kontribusi penjualan yang memang besar di line up product pilihan tadi. Ibaratnya walau cuma bergantung pada 2 atau 3 product utama jika memang bagus dan diterima pasar akan dapat menghasilkan penjualan berkontribusi besar bagi Market Share secara total Brand.

 

  • Model Bagus selalu Up to date, ini juga kekuatan yang sangat mempengaruhi sukses atau tidaknya bisnis motor. Konsumen Indonesia adalah konsumen yang cukup uniq, Maunya ekonomis tapi selalu ingin dipandang memiliki sesuatu yang paling baru, paling up date dan paling keren (bagus modelnya), jatuh-jatuhnya gak ekonomis lagi. he he he. Apa gak ada kekurangannya. Lihat sisi lainnya dulu, model yang selalu Up to date semakin cepat keluar, semakin cepat usang, Life cycle time product-product ini juga semakin pendek. Walaupun Budget lebih kuat, Cash Flow lebih besar, jika Product Life Cycle Timenya pendek juga butuh biaya besar untuk memperbaharui riset dan develope product barunya lagi. Belum lagi biaya investment molding dan mesin-mesin produksi yang lebih baru. Penambahan line produksi dan gadget khusus, dll…..Napas jadi cepat walaupun kapasitas paru-paru besar.
  • Yamaha Indonesia dengan kondisi terkena masalah financial dari Induknya Yamaha International harus menggunakan cara sebaliknya. Life Time Product harus diganjal lebih panjang dengan product yang lebih elegant, bukan dengan product yang mass fashionable. Jupiter series harusnya adalah pilihan yang tepat jika dipilih sebagai back bone category sekaligus focus product. Dimana segment market dikelas ini lebih mengutamakan kepremiuman product dari pada letupan trend-trend singkat. (hal yang sama terjadi pada segment HSX125, bedakan dengan karkter segment market ABS Revo, Vega, Mio dan Beat yang cenderung cepat terpesona product rilis yang lebih baru). Pilihan lain harus ada product Matic Yamaha yang cukup significant memberikan kontribusi yang cukup besar selain mio, dengan life cycle produk yang lebih panjang tentunya. (pada kasus Mio, ini dipaksakan terlalu luuuuuuaaaaaaamaaaaaaaaa!!! :) udah seharusnya ganti baju dari tahun-tahun lalu). NB; Life Cycle harus dipahami benar kapan saatnya harus ganti, Life Cycle yang panjang bukan berarti diperlama seperti pada kasus Mio.

 

  • Image dan Brand Association yang begitu kuat dengan “Irit”. Di Indonesia Irit adalah kata sakti. Cuma kalau Irit ya jangan berharap Kencang, Cepat dan Powerfull. He he he.
  • Yamaha harus kembali lagi pada Soulnya yang dulu lagi, Kencang…pokoknya Kencang…tentu saja harus diimbangi dengan pembuktian product-product yang memang larinya bisa kencang. Brand Image Associationnya harus Dapat. Disinilah masalah itu terjadi, Produk Yamaha akhir-akhir ini tidak mampu membuktikan “Kencang” itu lagi. Yamaha seperti kehilangan jiwanya yang dulu. Mau tidak mau Yamaha harus ada pembuktian diri, dan image Kencangnya lagi. Back to Yamaha Soul, Back to Yamaha DNA.
  • Dst….

Nah jadi kelihatan khan aplikasi Yin Yang dan It Ching method pada Strategy Marketing Modern,

Dari pada terlalu panjang bagaimana Yamaha sebaiknya menyikapi kekuatan Honda, Yamaha harus mencari Harmonisasinya dahulu. Dari situ terlihat segala kelemahannya juga yang “sepaket” dengan kekuatannya.

Uhuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuy!!!

 

About these ads

84 responses to “Cari kelemahan dari kekuatan Musuhmu!!!

  1. pertamax

  2. Salam kenal bro,

    Mantaffff…..

  3. podium dulu…

  4. podium dulu…uhuy

  5. smart-innovation

    Waduh telat. Podium empat. Malem mingguan ditunda bentar. Baca artikel dulu

  6. @Kakang Ali
    Salam Kenal juga Kang
    @Smart-Inovation
    Jangan sampai kehilangan Pacar lho Bro gara-gara keasyikan Baca.

  7. Salam kenal bro…. ? (siapa ya namanya… he..he.. )
    Setuju terutama dg point terahir.. in case Yamaha… dengan keluarnya VegaZR dan New Yupiter Z, kelebihan image kencang di Yupiter Z lama tergerus karena yg sekarang “lemot” larinya…. secara cc naik tapi Power turun….

  8. ga kebagian podium. gara2terlalu memaknai. inspiratif sekali. untung ane jualan honda.

    salam,

    one heart

  9. @Azzam
    Salam kenal juga
    @Cinta Satu Hati
    Salam Uhuuuuuuuuuuuuy!!! Bro.

  10. uDien Kesiangan

    Image kencang yamaha agak sulit untuk dikembalikan saat ini mengingat di ajang motogp justru predikat itu disabet oleh honda ….

  11. Lagi2 artikel yg ok..dah sering nyimak,tp baru kali ini komen.salam kenal bro komeng uhuy :mrgreen:

  12. mangut² berasa kaya kuliah :mrgreen:
    soal image kenceng akankah masih akan dipegang tahun mendatang, CBR 150 kayanya bakal jadi motor 150cc terkencang yg memang jika dilihat dari harga mungkin akan segmented tpi image itu sendiri bakal melekat ke Honda so bisa ikut mendongkrak penjualan produk honda yg lain semisal NMP yg saat ini penjualannya merong-rong sang raja sport

  13. smart-innovation

    Kl Y hny fokus pada bbrp produk saja, artinya Y hrs “merelakan” market share pada H dulu utk sementara waktu, fokus pd bbrp, kuatkan disana dulu, baru fight ke yg lain lagi. Artinya Y berusaha memenangkan mind share dan heart share lebih dahulu baru memenangkan market share. Begitu ya Bro? Nice strategy.

  14. smart-innovation

    @ bro genesis: udh bro, td jemput nya telat, skrg pun malem mingguan jd ga konsen.

  15. Safety Rider ex Legenda Rider

    dengan demand yg terus meningkat, persaingan yg makin berat, n keterbatasan yg ada, memang mau ga mau itu yg harus dilakukan YMKI, (terus terang ane dr kemarin melihat sepak terjang AHM, ga tau apa yg bisa dilakukan YMKI).
    sekarang YMKI jgn terlalu berpikir pd MS, melihat demand motor INd yg terus meningkat setiap thn (thn ini perkiraan 8,2jt).ckp pertahankan Market Size yg ada dulu. Pilihan YMKI hanya dua turun MS 10 % atau turun MS 20%. 10 % jika fokus, 20% jika berharap bisa menyaingi AHM di semua segmen (seperti niat xeon yg menghajar scoopy, Vartech, ma vario lama), hasilnya adalah produk setengah jadi. target 25 rb tp ga pernah tembus 20rb (malah mio n soul yg kemakan). Mx berharap bisa mengganggu FU n CS1 serta menghajar HSX 125 sekaligus. krn ga fokus hasil jg ga fokus, image yg dibuat ga fokus, iklan dll ga fokus hasilnya mind share n heart share ga jadi diperoleh.

  16. * Line Up Product Lengkap : sekarang wajib, soalnya ada lebih dari satu motor di tiap rumah tangga, nggak enak kan kalau motornya seragam.
    * Model Bagus selalu Up to date : sekarang wajib, soalnya ada kecenderungan segera setelah kredit selesai, ganti motor baru. Bagi yg punya duit utk beli cash, drpd sering servis, setelah 5th waktunya ganti motor, masa mau beli yg modelnya sama persis.
    * Image dan Brand Association yang begitu kuat dengan “Irit” : sekarang wajib, bbm naik terus. Image kencang cukup dari moto gp, toh selama ini produk y nggak kenceng2 amat, moto gpnya saja yg kenceng.

    Tanpa power, strategi juga nggak banyak berguna.

  17. wah, kalo Yamaha nuruti saran sampeyan, brarti gak nambah motor2 baru, cuma poles sana sini dari produk yang ada dong!

    http://kangmase.wordpress.com/2011/03/25/pkb-2-pajak-progresif/

  18. temandang nongol, ngebut artikele

  19. setuju sekali dengan point terakhir. Irit vs Kencang. Menurut kangojek, biarlah Honda dengan slogan irit-nya, Yamaha gak usah terjebak ikut-ikutan masuk kesitu. Tetap saja dengan image ‘kencang’. Whuzzz whuzzz dan uhhuuuuyyy….
    nitip jemuran ya oom komeng, Honda juga mulai berusaha menaikkan image racingnya, silahkan disimak di : http://kangojek.wordpress.com/2011/03/21/saatnya-ahm-memperbaiki-image-racing/

  20. He he pasti dibaca orang Yamaha …

  21. mantaf bro ulasannya acungan jempol 2!!!! di beberapa blog terkenal comment saya mirip dgn artikel ini, yamaha gak perlu meladeni honda dgn varian yg byk, model yamaha sebenarnya sangat disukai konsumen terutama bebek dan matiknya krn kekuatan desainya yg menawan!!! kelemahan yamaha sekrg adalah overprice. padahal kekuatan honda hanyalah masalah harga dan keunggulan mesin, sdgkan yamaha mempunyai keunggulan desain dan kekokohan bodi/sasis, ini yg disukai konsumen. saya setuju dgn tulisan diatas agar ymki membangun kembali deretan jupiter series, mesin jupiter versi 2003-2005 adalah sangat bandel dan irit hanya masalah noise yg perlu diperbaiki. cuma satu yg gak setuju dengan tulisan diatas yaitu yamaha hrs kembali ke trahnya sebagai motor kencang gak peduli boros, ini menurut saya salah besar bro!!!, perlu diingat bahwa honda dpt memperoleh kepercayaan kembali konsumen karena dpt merubah persepsi konsumen kalo honda gak hanya irit tp jg bisa kencang!!!! dulu ktk mesin honda msh versi c100 series hampir di semua blog jd ejekan dan cercaan krn cuma irit doang gak bisa nandingi jupiter series yg 110 cc. nah skrg honda sdh merubah mindset itu dgn hadirnya abs revo dan blade, dan dpt kita lihat kecepatan keduanya bisa diadu melawan jupiter, meskipun blm setara betul….., nah menurut saya yamaha jg hrs bisa melakukan spt yg dilakukan honda, buat produk yg tetap kencang tp bisa irit…

  22. yamaha kudu kencang produksinya juga dong, masak 4 bulan inden byson mpe sekarang juga belom datang,,,,,
    http://jaranwesi.wordpress.com/2011/03/27/guru-ngonthel-dimana-engkau/

  23. LIke This…. :)

  24. @Udien kesiangan
    walau Kawasaki tak lagi ikut moto GP, image sporty kencang dapet dari productnya. Kalau mau kelola positioning “kencang” untuk menghasilkan image “kencang” bisa lewat berbagai macam cara, akan lebih baik simultan dan synergy antara cara satu dengan cara yang lain. Misal denger kata “Kawasaki Ninja”…kira kira yang terbesit di pikiran bikers apa……???
    @Marwoto Oto
    Salam Kenal juga.
    @Lufi
    Benar Bro, Honda image “kencang” mulai tertanam hebat, apalagi dengan adanya CBR bersaudara 250 dan 150. Jika Yamaha emang tak bisa segera memperkuat image lewat sportnya, ya di bebek duluan diperkuat. Tahun ini Gue rasa tahun yang sangat berat bagi Yamaha. Perlu diingat, Honda tidak akan pernah bisa memiliki image “kencang secara utuh dalam waktu dekat ini, karena Image”Irit”nya juga begitu kuat, jika dipaksakan, bisa jadi positioning “Irit” yang begitu kuat akan memudar seperti pada kasus yang berkebalikan terjadi di Yamaha sendiri. Jadi dosis “kencang” di Honda sebaiknya tak sekuat dosis “Irit” yang jadi positioning Honda selama ini. Jika dipaksakan akan terjadi Image blurring seperti yang terjadi di Yamaha. Pada Yamaha ini sudah terjadi kerancuan antara image kencang dan irit dll, sehingga Differensiation Brand-nya tak lagi kuat seperti dahulu, konsumen jadi rancu, Kenceng tak lagi terlalu kenceng, irit juga tidak irit tapi tetap diperdengungkan keduanya. Terus kosumen jadi bingung yang mana? Coba lihat iklan koran saat ini, Vega ZR “IRIT”. Nah terus motor mana yang masih memiliki image paling Kencang, bisa jadi sebagian orang menganggap Suzuki dgn FU 150-nya, dan sebagian orang memandang Kawasaki dengan Ninja seriesnya. Yamaha ???
    @Safety Rider
    Got Cha…kalau YMKI tetap seperti ini, pada kondisinya yang terkini kemungkinan besar turun min 20% jika mau segera berbenah secepatnya mgk bisa bertahan dengan cukup turun 10%. Good analysis Bro.
    @Joko
    Memang Power ibarat Yang dan Strategy ibarat Yin, keduanya perlu saling mengisi dan synergy. Akan tetapi keduanya sama-sama kuat, salah satunya saja Hebat akan cukup membuat gentar musuh. Jika gak bisa hebat di Power seperti pihak lawan, padahal Strategy lawan juga Hebat, artinya harus sangat-sangat Hebat di strategy, ibarat Strategy Kota Kosong yang dilakukan Zhu Gek Liang berhasil memenangkan pertempuran melawan Power pasukan musuh yang sangat Hebat nyaris tanpa power di pihak Zhu Gek Liang di Roman Sam Kok. Coba dibaca lagi dari atas dan direnungkan dulu sampai dapat pemahamannya Bro, Niscaya akan mendapatkan pencerahan yang berbeda dari sebelumnya.
    @Kangmase
    Gak begitu lho Bro, jangan salah mengartikan, Gue gak nulis begitu lho, coba baca lagi dari atas perlahan-lahan. Justru akan ada Focus Produk yang harus benar-benar Fresh dengan Positioning yang benar-benar kuat dan very very Different dengan kompetitor. Back to Yamaha DNA lagi.
    @Giant
    Maksut Gue Yamaha harus kembali ke DNA nya sebagai motor Kencang, Desain Keren, Anak Muda. Khusus image “Kencang” disini harus benar benar totally strong Image. Bukan rancu seperti saat ini. saat ini image Yamaha terlalu rancu.
    “Kencang tapi cukup Irit” itu baru benar, atau sebaliknya yang terjadi pada Honda “Irit tapi juga bisa Kencang”, bukannya kebablasan sehingga jadi Rancu dan malah Positioning Brand nya sendiri jadi gak jelas. Jadi porsinya harus benar-benar tepat, bukan “Kencang tapi Boros” (jaman 4 stroke vs 2 stroke engine), atau bukan “Kencang dan pasti Irit”(gaya iklan Yamaha saat ini), tapi porsi yang tepat, “Kencang tapi cukup Irit” toh dah sama sama 4 stoke Engine.

    Terima Kasih untuk semuanya.

  25. Masih ingat dengan kasus Suzuki Shogun 110. Dimana suzuki mampu menaikkan market sharenya dengan 1 produk yang mumpuni, namun terus blunder. Yamaha naik karena Mio-nya, sepertinya yamaha terlalu takut untuk merubah mio.

  26. koment pertamax,salam kenal mas bro.
    Tapi ane tetep salut dg yamaha karna telah sanggup menyaingi dominasi honda di industri R2 tanah air

  27. model yang terlalu up to date memang ngasih life cycle yang lebih pendek, tapi menurut saya kalo kasusnya HSX 125 tu nggak deh, kemungkinan sampai tahun depan gak bakal ada perubahan model, kecuali stripping doank yang baru aja diganti bulan ini…

    Strippping HSX terlalu keren, di motor apa aja nempel, ini efek membuat motor terlihat baru walaupun cuma ganti baju :D

  28. jadi keingetan klo bicara soal irit, di CBR 250 image irit ikut nyantol juga coz kenyataannya mang lebih irit dari kompetitor sih walau tuk segment ini konsumen mungkin ga terlalu mikir irit, tapi ya itu image irit ada di motor H ato di PCX yg ada fitur bikin irit a.k.a idle stop tapi bukan karna iritnya orang beli matik seharga 32jt
    so ane ngerasa Honda konsisten dgn brand image “irit” yang memang harusnya dijaga karna membangun sebuh brand image perlu waktu yg panjang, jadi amat disayangkan jika Y yg sebelumnya panya image “kenceng” di benak konsumen, tapi malah oleh Y sendiri image itu mulai buyar

  29. Tukang Ngibul

    Honda menanamkan bibit “kencang”nya di Blade Repsol…di tambah turun di dunia balap nasional….di dukung juga saat ini dgn barisan Repsolnya di moto gp…apakah hal ini akan membuat rancu image IRIT Honda….???

  30. Setuhu mas, sya pribadi sebagai konsumen 2 merk tersebut memang membaca demikian. Terlebih sy kecewa dengan Yamaha, sy beli merk Yamaha untuk memuaskan hasrat kencang, namun terakhir di line up New Svorpio Z, eh CDI nya malah dilimiter, malah keluar cuma 225 CC nggak jadi 250CC, akhirnya ya wes..nggak jadi beli.
    ======
    semoga pihak YMKI mendengar keluhan konsumen Loyalnya.

  31. Mantap ulasannnya kang komeng..
    emang skrg Ymh lg rancu,new jup Z ga bisa nandingin jup Z.
    semoga saja dg pemindahan R&D Ymh yg di Thai ke Indo,akan mengembalikan kejayaan Ymh. Piss.

  32. jaffar_legend of the crazy horse

    hehehehehe ikut nimbrung ach,kalo menurut ane inilah dilema yang paling besar yamaha saat ini.menancapkan image kencang sebagai DNA nya yamaha saat ini sepertinya lumayan sulit .ibarat buah simalakama,image kencang saat ini akan berbenturan dengan semangat safety riding yang sedang digalakkan.sedang image irit jelas kalah kuat sama HONDA.ingat menancapkan image kencang kalo ngga di kemas dengan baik,yang ada malah salah persepsi dengan menganggap kencang berarti harus ngebut sruntul sana sruntul sini,yang ada malah alay bergentayangan :)

  33. @ Mind Genesis
    Maksudnya Y global juga harus turun tangan utk bantu ymki. Nggak mungkin utk saat ini ymki bisa bertahan menghadapi ahm sendirian. Strategi sudah kalah, power apalagi, selisih jauh. Tapi yg terjadi malah ymki harus mendukung y global. Terbalik dgn yg terjadi di ahm. Jadi tanpa tambahan power, hanya keberuntungan yg bisa membantu ymki.

  34. jaffar_legend of the crazy horse

    memang karakter sebuah brand harus di bangun kuat sebagai pondasi untuk mengarungi kompetisi yang begitu ketat.tetapi apakah image itu akan langgeng mengikuti perkembangan jaman.di sinilah keuntungan AHM dengan image irit yang begitu kuat.jelas irit itu identik dengan penghematan dan penghematan itu adalah langkah bijak dan relevan sampai kapanpun,hehehhehe :)

  35. Safety Rider ex Legenda Rider

    @ Lufi
    Tajem juga penglihatannya, ane baru sadar (memahami dg jelas) yg dimaksud Bro Genesis, melihat contoh yg nt kemukakan.

    Selama ini di segmen apapun Honda selalu menjaga keiritannya walau itu bukan yg paling utama dicari konsumen di segemn yg diincar produk tersebut.

    fireblade terkenal sebagai moge paling irit, CRV (walo mobil) juga irit setara ama apv (padahal 2000cc vs 1500cc). waktu ke sumatra cm beda Rp. 2000, dr jawa (bogor), sama-sama full tank. New Megapro Irit, CS1 jg Irit.

  36. @Tukang Ngibul
    dah terjawab ama Bro Lufi dan Bro Safetey Riding tuch.
    @Jafar
    sangat tergantung cara penyampaiannya Bro, Kenceng but keep safety. Omong-omong orang beli motor biasanya selain tanya iritnya berapa km per liter juga pasti tanya berapa kecepatannya (kenceng gak?) walaupun pada prakteknya juga sebagian besar gak ingin ngebut pada saat pakai. (mirip cakram belakang, maunya ada fitur ini terlepas lebih pake atau tidak).
    @Joko
    justru obatnya di strategy yang tepat, luar biasa unconventional dan sangat tajam, dengan sedikit keberuntungan tentunya. he he he
    @Lufi dan Safety Rider
    akhirnya got the point ya Bro. Mantap.

  37. hmmm…
    bingung mau komen apa.
    cuma bisa terkagum2 aja baca artikelnya.
    saluuutt….!!

  38. hmmm….
    bingung mau komen apa.
    cuma bisa terkagum2 aja baca artikelnya.
    saluuutt….!!

  39. @ Mind Genesis
    Dgn kata lain berharap H salah strategi? Soalnya sekarang strateginya H masih lebih baik drpd strategi Y.

  40. harusnya think tank Yamaha harus baca blog ini n analisis artikel2nya :mrgreen:

    Mantap bro komeng ulasannya…..

    uhhuuuuuuuuyyyyyyyy!! :mrgreen:

  41. smart-innovation

    Kencang dan irit, sebuah paradoks, sepertinya bertentangan, padahal sebenarnya tidak. H tetap tajam di positioning irit nya, tetapi bkn sekedar irit, melainkan irit yang juga bs digeber jalan kencang, ini krn teknologi yg digunakan jauh lebih canggih, inovatif, dan efisien dibanding kompetitor. Kira2 spt itu ya Bro? Tetapi Y tdk mengcounter dgn positioning kencang yg tetap irit krn udh sama-sama 4tak, jd tdk akan beda jauh selisih bbm nya, tetapi riding experience nya jauh lebih unforgettable, melainkan malah merespons dgn menonjolkan keiritan vega zr pada komunikasi promosi nya sehingga positioning umbrella brand nya justru semakin blurr (tdk jelas), bahkan mjd ironis, katanya kenceng, kok irit??, bkn lg sebuah paradoks seperti yg disajikan scr bagus oleh H. Kok spt nya Y terlalu responsif dlm menanggapi komunikasi kompetitornya yha?? Sebenarnya H yg “meniru” promosi Y, atau Y yg ketakutan dan reaktif, mudah terpancing oleh komunikasi promosi H. Y bener2 udh kehilangan irama permainan, bertindak reaktif spt yg bro gen ungkapkan di artikel sebelumnya.

  42. smart-innovation

    @ bro joko: mgkn kurang tepat kl berharap H salah strategy ya bro, soal nya IMHO Honda skrg sudah punya strategy yg mantaap sehingga harapan H salah strategy sama seperti berharap hujan uang turun dr langit, sebuah tindakan pasif yg tdk akan membawa perbaikan apa-apa. Once more, IMHO, Y hrs “membuat” grand strategy, krn kl melihat dr reaktif nya tindakan Y, Y “tidak memiliki” grand strategy, semua tindakan adalah respon dr “kulit luar” keadaan yg tjd, yg notabene “kulit luar” keadaan tsb sengaja diciptakan oleh H utk mengecoh Y dan kemudian meluncurkan “serangan yang sesungguhnya” ketika celah telah terbuka dan konsentrasi musuh berada di “kecohan” tsb, bkn di “serangan yg sesungguhnya”. Sehingga dgn sedikit power saja, “serangan yg sesungguhnya” tsb bs berakibat fatal utk kompetitor. Selama Y tidak mempunyai grand strategy, saya setujuu dgn yg pny warung, akhir tahun ini Y bs mencapai MS 2x,x%. Just my humble opinion brow2… CMIIW

  43. klo menurut ane, strategy ini yg dulu dilakukan oleh honda ketika yamaha sdh mulai hampir menyusul honda. honda berusaha mengenali dirinya dgn introspeksi dimana dulu honda terlalu jumawa krn telah puluhan tahun menjadi penguasa. setelah itu honda mulai berbenah dgn melihat kekuatan yg ada pada yamaha, contohnya di segment matic dimana mio sdh menjadi raja setelah sekian lama, namun sampai skrg blm terlihat update dari mio ini, honda berusaha mengalahkan kekuatan mio tsb dgn menggelontorkan banyak varian di segment matic ini sehingga konsumen menjadi banyak pilihan.

  44. Batikguy Master Yang Taiji

    IMO dulu ah :D
    saat ini ymki lagi bimbang..ganti mio or engga yah ?? ganti .. engga..ganti …engga…inilah serunya krn makin membingungkan krn strategi responsifnya yamaha saat ini dirasakan yamaha tidak efektif

    asal tau aja saat2 ini honda dah ngarapin mio di ganti :D

    kalo diganti komplikasinya cukup banyak :
    1. stok mio lama buanyak, kasihan tuh dealer2 lagi kesulitan dana
    2. MS jualan akan jeblok karena perlu waktu untuk penetrasi mio baru..dan juga old mio itu tulang punggung ymki..kasian lagi tuh dealer2 penghasilannya makin mengkeret ….saat itu merupakan momentum honda menggeber habis dengan blitzkriegnya.
    3. AHM dah siap 2 peluru untuk antisipasi jika mio di ganti, ibarat AHM juga dah pasang laser dot merah di dahi ymki

    kalo ngak di ganti:
    1. masih ada cash flow bagi dealer2 krn produk tulang punggung. thats why ymki bantuin promo tuh mio
    2. mio akan mati secara perlahan2 krn usia dan AHM tetap akan stick keluarin produk baru tidak perlu nunggu ymki keluarin mio baru or AT baru.

    Artinya saat ini AHM bebas leluasa bergerak tidak tergantung dari satu produk..sedangkan yamaha terbelenggu krn produk tertentu

    hmm kalo sampe ymh pindahin r&d ke indonesia , logiknya org jpn yamaha akan ajak org jpn honda juga ..begitu juga sebaliknya …wkwkwk aneh kan :D its a politic we never know :D

  45. Tulisannya bagus2 bro love it

    Setuju banget, tahun ini YMKI musti turn around kalo ingin tetap kompetitif di tahun-tahun berikutnya. Dengan keterbatasan likuiditas, YMKI musti bener-bener fokus ama kekuatannya sekarang terutama di segmen skutik (yang akhirnya digerogoti Honda) dan sport 150 cc (bentar lagi ada CBR sebagai senjata mematikan). Segmen skutik ini musti diperkuat, selain facelift mio YMKI harus punya strategi untuk menghadang scoopy yg laku keras. Facelift Mio dan Vixion menjadi R15 (lebih bagus lagi R125 coz IMHO konsumen R2 kebanyakan tuch judge book by it cover) saya rasa nggak akan semahal keluarin produk baru seperti byson.

    Dus YMKI nggak usah pusing market sharenya tahun ini bakalan kalah, nggak usah pusing juga musti ngeluarin motor 250 cc buat ngelawan CBR 250 coz di sana ada Ninja (dan mungkin GW 250 nantinya) pokoknya di segmen motor sport above 200 cc nggak usah macem2 dulu karena udah ada Sun Quan dan Zhou Yu (Kawak, Suzuki, Bajaj, dll-mulai ngelantur)

    Dengan strategi facelift produk2nya yg paling laku dan sounding yang tepat seperti yang sudah bro Komeng tekankan “kencang kencang pokoke lebih kenceng” intinya berdayakan dulu apa yang ada dengan marketing yang provokatif dan facelift :D trus perbaiki dulu manajemennya terutama di tingkat middle and low management :mrgreen:

    salam

  46. Sekedar info utk yg mempertentangkan irit vs kencang. Menurut pengakuan Honda, dulu sewaktu menguasai f1 sbg penyuplai mesin, rahasia kemenangannya justru krn irit. Mesin vtecnya butuh lebih sedikit bahan bakar, jadi total berat kendaraan lebih ringan, dan akhirnya lebih kencang.

  47. Bicara mesin V-TEC, bukan mesin irit, tapi mesin yang effisien. Menghasilkan performa tinggi secara effisien, jadi focusnya bukan irit tapi effisiensi itu sendiri mengakibatkan pemakaian bahan bakar lebih irit untuk performa out put mesin yang sama kencangnya.

  48. @ smart-innovation
    Kalau yg punya warung ingin menonjolkan strategi, aku malah ingin menonjolkan peran power. Ahm bisa beri serangan beruntun krn powernya besar. Jadi selain strategi yg tepat, ymki juga butuh power dari yamaha global.

  49. Tulisannya bikin manggut manggut …

    Salam Kenal Mas…

    Enatah kenapa klo Ada kutipan dari tiga negara bukannya inget yang versi Samkok malah ingetnya yang versi komik alias Legenda Naga…:hammer

    Honda = Musashi Yamaha =Kojiro…:p

  50. @ Mecha
    Jadi bisa irit sekaligus kencang kan? Inilah yg berhasil honda lakukan.

  51. @Joko
    Kebetulan pernah baca sam kok juga, power yang besar tanpa strategi yang tepat juga percuma. lihat strategi kota kosong yang sempat dicletukkan oleh Bro Komeng. Mungkin yang dimaksud adalah strategi yang sangat luar biasa bisa mengalahkan power yang kuat walau musuh berpower besar dan juga memiliki strategi yang hebat.

  52. @ Mecha
    Dalam dunia nyata mungkin beda ceritanya, strategi dan power sama2 penting. Soalnya baik ahm maupun ymki jelas bukan orang bodoh krn mrk bisa sebesar ini. Jadi perkiraanku, kemampuan strategi mereka tidak akan terlalu jauh berbeda.

  53. Ngikut nimberung ah….

  54. @Joko
    coba deh baca lg artikelnya pelan² dah sangat jelas ko point artikel ini, bro komeng klo sy tidak salah menangkap ingin mengangkat di dalam strength (kelebihan) H, disitu juga terdapat weaknesses (kelemahan) H, nah dgn mengenali ini Y bisa memanfaatkannya semaksimal mungkin so bukan ga mungkin Y dgn strategi yg jitu bisa jadi lawan yg mematikan

  55. @ lufi
    Itu betul, dgn asumsi ahm nggak ada pergerakkan, tapi dua2nya kan sama2 bergerak dan sama2 pintar. Jadi utk memperbesar kemungkinan ymki menjadi lawan tangguh bagi ahm, alangkah baiknya yamaha global turun tangan. Bukan seperti saat ini, malah memperberat langkah ymki. Walaupun market India lebih besar, Indonesialah Kurusetra bagi yamaha. Tapi coba bandingkan line-upnya : http://www.yamaha-motor-india.com/product/index.html

  56. Safety Rider wx Legenda Rider

    @ Batik Guy
    Kl pendapat ane, ke khawatiran itu terlalu berlebihan, melihat dari langkah YMKI selama ini, bukankah ia pernah menjual Vega R bersamaan dengan Vega Zr utk menjembatani shifting demand yg tidak serentak,demikian juga masih dijualnya rx king bersamaan dg scorpio, berbeda dg honda yg lasg stop revo dg keluarnya abs revo, dan akhirnya hrs menelan pil pahit, n dikoreksi dg diluncurkannya vartech tp mematikan vario lama terlebih dahulu. pd akhirndya ane yakin diganti (tebakan ane air blade). setelah keluarnya vartech non cbs.

    artinya YMKI bisa keluarin produk mio baru tp menghentikan penjualan mio utk sementara waktu.

  57. @Joko
    AHM hebat di Strategi sekaligus Power yang kuat. YMKI gak sanggup lawan di Power pastinya. Jadi biar bisa mengimbangi, YMKI harus sangat unggul sekali di Strateginya. Masalah Yamaha pusat Back up, itu bukan alasan Bro, Honda pusat juga Back up. Intinya YMKI pasti kalah, karena gak bisa buat strategi jempolan seperti empunya warung ini.

  58. Safety Rider wx Legenda Rider

    @ Joko
    Yup, power itu perlu, tp yg ane tangkap prediksi Bro Mind Genesis dan ane adalah, YMKI bagaimanapun jg akan kalah power, dan dari sisi inilah saran Bro genesis ditujukan.
    Bagaimanapun Bro Genesis sdh memprediksi penjualan YMKI akan turun. tanpa strategi yg tepat MS bisa turun 20% strategi yg tepat 10%. jd bagaimanapun MS YMKI akan tetap turun dengan power yg kurang dan Grand Strategy yg salah terlebih dahulu. Dan saran ini ditujukan untuk mencegah penurunan MS yg drastis.
    Masaolah Power kemampuan YMKI dan Yamaha Global ttp tdk sebading dg Kemapuan Honda GLobal dan AHM jd kl dilayani, mnalah bisa makin ancur.

  59. @ Mecha, Safety Rider wx Legenda Rider
    Sebenarnya aku cuma menambahkan dari strategi Bro Mind Genesis perlunya yamaha global turun tangan secara total. Makanya aku menyoroti perlunya power bagi ymki. Walaupun kemungkinan besar masih akan kalah, coba bandingkan, jika kita di pihak yg lemah, pilih 1 lawan 10 atau 10 lawan 100? Walau perbandingannya sama, kalau aku tetap pilih yg kedua. (Sambil membayangkan ymki jualan r1 dan ahm jualan cbr1000rr)

  60. manggut” manteb nih! :D

  61. smart-innovation

    @ bro joko
    iya bro, ane setuju dgn pendapat ente kl Ymh Pusat sebaiknya bantu YMKI apalagi dlm kasus ini indo adalah the biggest demand and sales and profit contributor. Itu akan SANGAT membantu YMKI dalam mempertahankan MS supaya turunnya bisa dibawah prediksi bro Genesis HANYA JIKA YMKI memiliki Grand Strategy yg tepat. Jika YMKI tetap spt ini, tdk memiliki Grand Strategy yang tepat, selalu terkecoh dan bahkan sangat reaktif spt ini, bantuan POWER dari Yamaha pusat pun TIDAK AKAN banyak membantu. Malah bisa jadi POWER yang diberikan ke YMKI itu akan SIA-SIA, dipukulkan, tetapi sama sekali tidak mengenai musuh, apalagi sampai melukai, padahal Yamaha pusat sendiri saat ini blm benar2 kuat, yang akan terjadi adalah Yamaha pusat justru malah akan semakin kehilangan POWER. mungkin inilah juga alasan yamaha pusat setengah2 dalam memberikan power ke ymki.

    IMHO, karena itulah Bro Genesis menulis artikel ini dengan harapan bahwa para punggawa2 YMKI yang telah dimabuk kemenangan itu dapat sadar kembali, bangun dari mabuknya, dan menyusun Grand Strategy yang BRILLIANT, sehingga dengan bantuan yang sangat minim dari yamaha pusat pun, MS Yamaha masih bisa bertahan menghadapi gempuran maha dahsyat dari AHM. Saya pikir, jika YMKI mempunyai Grand Strategy yang BRILLIANT, maka Yamaha jepang pun pasti akan sangat mempertimbangkan utk membantu YMKI, memberikan POWER yang cukup. Apalagi jika YMKI mampu membuktikan bahwa Grand Strategy nya itu mampu menghadapi gempuran maha dahsyat AHM, ada kemungkinan bahwa yamaha pusat bukan hanya memberikan POWER keYMKI, tetapi juga sangat mempertimbangkan untuk memindahkan R&D ke Indonesia.

    Tetapi sampai sejauh mana semuanya bisa tjd, jawabannya ada di tangan para punggawa YMKI. Mampukah bangun dari mabuk secepatnya, krn kalau terlambat sedikit saja, semua prediksi Bro Genesis akan menjadi kenyataan.

    bgmn menurut bro lufi, bro rider, dan bro mecha??

    very nice discussion, very interesting blog.

    jd pengen neriakin: Uhuuuuuuuuyyyyyyy!!!!!!!!
    *komeng mode : on

  62. Terus satu lagi bro saran utk YMKI, 1. Utk advertising sebaiknya jgn provokatif, saya paling tdk suka dgn iklan2 dan pernyataan petinggi yamaha yg sering dan cenderung provokatif serta pongah, kembalilah pada era sebelum tahun2007 dimana iklan2 yamaha begitu santun dan informatif gak usah main sindir dsb
    2. Krn kekuatan yamaha terletak pada kekuatan desain dan kekuatan bodi, jd lebih baik iklannya jg ditonjolkan hal tersebut saja, rasanya kontra produktif kalo menonjolkan keunggulan mesin kalo cuma bisa kenceng tp boros!!!, gak perlu insinyur pabriklah kalo cuma bisa kenceng tp gak bisa irit
    3. Tag line yamaha Semakin Di Depan utk kondisi saat ini rasanya gak relevan, menurut saya lebih baik kembali ke tag line lama Touching your heart, kayanya lebih adem dan menyentuh hati siapapun

  63. @Joko
    yg mengasumsikan ahm tidak bergerak tu dikalimat ato paragraf mana??
    justru karna ahm dgn pergerannya dgn Line Up Product Lengkap di setiap segment, membuat lawan tidak diberi ruang untuk bergerak. Akan tetapi Line Up yang banyak juga membutuhkan konsentrasi yang total, budget yang besar, pengaturan ketersedian stock yang lebih rumit dan akhirnya sangat tergantung dengan kemampuan untuk mengolah buffer stock di produksi, berakibat pada effisiensi produksi, production time dan tentu saja cost produksi yang larinya pada margin keuntungan dan kebijakan pricing dalam proses marketing product-productnya. Dealer juga merasakan hal yang sama, modal untuk melengkapi semua varian juga akan semakin besar sesuai dengan bertambahnya jumlah varian dst…..
    nah dah jls bgt bro komeng menjabarkan di kekuatan AHM bukan ga ada kelemahannya so celah itu yg bisa Y manfaatkan

    klo dibandingkan dgn Y india, karna mang memungkinkan menciptakan produk dgn budget minim, bayangin dgn 22 juta Y india bisa bikin R15, Y disini cuma bisa bikin vixi dgn budget segitu padahal R15 merupakan turunan dari vixi, so kalaupun smua motor batangan Y di India diproduksi di sini tetep ga akan merubah banyak karena harga jualnya akan melambung tinggi dan pasarpun cuma 10% di motor sport so ga akan merubah banyak malah Y buang² tenaga dan konsentrasi tuk produksi masarkan dll so ga worth, seperti gali ling kubur sendiri menurut ane

  64. Safety Rider ex Legenda Rider

    @ Bro joko n Giant
    Ane jg mau nambahin,

    Yamaha global jg sudah mau menambahkan Investasi di Indonesia, tetapi sayangnya justru malah untuk menambah plant poduksi, bukan memperbanyak variasi model n mendirikan RnD di Indonesia. sampai awal tahun YMKI masih memprediksi penjualan n MS ga akan turun, minimal stagnan, sedangkan Market Size terus meningkat.
    dan ternyata salah besar.

    Power n suntikan dana tetap di perlukan tp jgn utk menambah kapasitas produksi, ttp utk :

    mengefisienkan plant produksi,
    mengalihkan line up yg lebih (mio) ke yg kurang (byson),
    mendirikan pusat RnD di Indonesia, n
    fokus utk tahun dpn (2012).

    utk thn ini lbh baik yamaha give up, utk menyiapkan kuda-kuda thn dpn, mengingat pengembangan motor bth waktu lama (min 6 bln di Indonesia).
    misal utk saingan CBR 250 Yamaha baru riset mesin 250cc buat pasar India (kemungkinan FZ series yg Murah) krn kl mesin yg ada (ybr 250) terlalu mahal. plg cpt, akir tahun br nongol spy shotnya, n tahun depan baru nongol di Indonesia.

  65. @ lufi
    Tidak bergerak melihat reaksi ymki atas gerakan ahm sekarang. Mungkin lebih tepat kata2nya : “ahm tidak bergerak lagi dari gerakan yg sekarang”, gitu ya.
    Lagian jaman dulu, vega lebih murah drpd supra x 100cc, vixion lebih murah drpd mega pro lama. Jadi kalau mau murah, sebenarnya bisa, asal mau prihatin lagi.

    @ Safety Rider ex Legenda Rider
    Kalau yg ini aku setuju. Gimana kalau utk menebus kesalahan strategi ini, yamaha global suntik dana tambahan lagi?

  66. @Safety Rider
    Informasi yang menarik…mhmmm.

  67. @Lufi dan Joko
    Sebenarnya komentar Bro Lufi udah terlalu jelas lho Bro. Ayo kita sama-sama baca dari atas paragraf per paragraf, kalimat per kalimat, kata per kata, komentar per komentar. Mungkin kita sama-sama bisa dapat point yang terlepas. Salam Uhuuuuuuuuuuuuuuuy!!!

  68. Mungkin ymki bisa belajar dari teman mrk di inggris, kenapa bisa jadi saingan berat honda. Perhatikan line-upnya.

    http://www.yamaha-motor.co.uk/uk/products/motorcycles/index.aspx

    http://www.honda.co.uk/motorcycles/

    Dan nggak perlu menaikkan cc melebihi kompetitor, itu bukan naik kelas, tapi drop out.

  69. cuma bisa manggut2 baca artikel ini.
    manteb…

  70. @ Mind Genesis
    Bukankah lebih afdol jika strategi yg tepat ditambah power? Maaf kesannya ngotot, aku lebih suka kalau persaingan antara ahm & ymki lebih terbuka dan keras, konsumen yg akan diuntungkan. Dan itu lebih mungkin terjadi kalau ada tambahan bantuan dari yamaha global. Lagipula, jika ymki bisa memanfaatkan kelemahan ahm, tidak berarti ahm akan berhenti menutup kelemahan atau malah balik menyerang kelemahan ymki. Jadi, kalau hanya mengandalkan strategi, masih terlalu berat peluang utk ymki.

  71. Safety Rider ex Legenda Rider

    @Mind Genesis
    over All thans utk masukan n pelajaran berharga ttg Grand strategy, Yin n Yang konsep dlm bisnis, n smuanya. terus terang ane awalnya super bingung dengan apa yg dapat YMKI lakukan. dg penjelasan ini, tyt masih ada peluang tuk bertahan.

    Ane sekarang berusaha memanfaatkan ulasan Bro genesis tuk mulai menata ulang Bisnis ane sendiri, membuat visi n misi grand strategy, rencana menengah n jangka pendek.
    kondisi usaha ne mirip dengan YMKI, ada saingan dg power jauh lebih besar dr ane, berani adu harga, ngirim spy ke toko ane tuk liat produk ane, copy produk dg ubahan sedikit, tp konsep Yin n Yang ni memotifasi ane lebih, ada peluang yg masih bisa ane kejar…
    thank Bro..

  72. @ Mind Genesis
    bukan komentar sy yg dah jelas, tapi mang penjelasan Mind Genesis yg dah jelas bgt ampe bingung mo nambahin apa lg xixixi

    @ Joko
    Lagian jaman dulu, vega lebih murah drpd supra x 100cc, vixion lebih murah drpd mega pro lama.
    “Jadi kalau mau murah, sebenarnya bisa, asal mau prihatin lagi”
    ===================================================
    ya aga berat bro coz cost produksinya beda pada saat itu dgn sekarang, salah satu contohnya UMR yg beda dulu dgn sekarang trus biaya bbm yg tuk industri ga ada subsidi lg dll dgn cost yg meningkat tentu harga juga menyesuaikan
    kalupun mau murah bikin produk baru seperti NMP yg lebih murah dari yg lama tapi dgn power yg ga terlalu berbeda istilah kerennya efisiensi

  73. @Joko
    Power dari mana lagi? itu kondisi YMKI dah maksimal ya powernya segitu. Yamaha Jepang kondisi keuangannya dah morat-marit githu.
    Masalah kelemahan yang di sebutkan Bro Mind Genesis rasanya kelemahan yang abadi menurutku. sulit bagi AHM untuk menutupinya.

  74. @ lufi
    Kalau ymki kesulitan production cost, hal yg sama dialami ahm, jadi kalau dulu bisa lebih murah drpd ahm, kenapa sekarang tidak.

    @ Mecha
    Rasionalisasi, tutup pabrik yg nggak efisien, pindah ke Ina. Soal sulitnya menutup kelemahan ahm, membalikkan kekuatan ahm jadi kelemahan juga bukan hal mudah. Jadi sama2 sulit, tapi bukan tdk mungkin.

    @ Mind Genesis
    Maaf, bikin ribut. Diskusinya masih sehat kan? :)

  75. @ Joko
    tutup pabrik yang gak effisien udah tuch, tapi keuangan masih morat-marit tuh kayaknya, masih napas pendek.

  76. JAFFAR_LEGEND OF THE CRAZY HORSE

    gue setuju ama joko,strategi tanpa power sama juga boong.kaya orang maen bola,sehebat apapun pelatih kalo yang jalanin ngga becus yah pasti kalah juga.

  77. Safety Rider ex Legenda Rider

    @ Mecha n Joko
    Yup Ymhai dah menutup lebih dari lima pabriknya di seluruh dunia, dan yg terakhir di Spanyol. kl dari sisi keuangan Yamaha dah lebih baik dari 2-3thn yg lalu, waktu masih dapet loss besar sekarang minimal dpt untung walaupun msh tipis..

  78. @Joko
    Simple answer Grand Strategy Honda better than Yamaha
    coba deh baca lg artikel Mind Genesis yg lain, banyak bgt yg bisa di jadiin plajaran, klo bicara soal power memang dibutuhkan tapi tuk keadaan skarang dgn keterbatasan power Y, Mind Genesis mencoba menawarkan langkah apa yg bisa Y ambil dgn melihat realita yg ada

  79. Yamaha punya peluang banget ko untuk bertahan.. asal mereka lebih buka mata dan lebih humble aja..
    Yamaha perlu pny konsistensi dalam mencitrakan produk mereka.. apa yg ingin disampaikan? Touching hati konsumen atau ambisi jadi yang paling depan? perhatikan karakteristik orang Indonesia dan calon consumer, produk yang seperti apa yang mereka inginkan?

  80. Agan yang punya warung, mohon nulis kembali, saya menunggu terus artikel Agan yang luar biasa memberikan pencerahan. Habis males baca warung lain yang ikut-ikutan mbahas Sun Tzu tapi sekenannya saja, cuma mengkaitkan saja, kayak main tempel aja, pembahasan yang menurut saya kurang pas. Setelah tahu blog Agan, jadi ilfil kalau baca artikel warung lain soal strategi. Cuma Agan yang bisa membedah secara dalam dan terpercaya.

  81. Pingback: Menelanjangi Strategy, Kebijakan dan Kondisi Yamaha di 2012 | Mind Genesis

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s