Pusat R&D Yamaha Asia Tenggara segera dipindah ke Indonesia!!!

Coba kita bayangkan, pasar terbesar Yamaha ada di Indonesia. Sedangkan pusat R&D untuk asia tenggara masih ada di Thailand. Padahal Indonesia sebagai penopang penjualan no 1 Yamaha di Dunia dan penopang Profit Margin no 1 Yamaha di Dunia. Yamaha Indonesia seakan-akan dianak tirikan dalam menentukan product development strategy dan product planning strategy.

Padahal untuk regional asia tenggara, pasti ada persamaan lini product yang dikembangkan dan disediakan untuk keseluruhan market regional ini. Artinya seluruh market di kawasan Asia Tenggara berkiblat pada taste dan trend yang sama yang berpusat ada di Thailand. Sedang untuk negara lainnya cukup menyesuaikan apakah juga akan ikut memasarkan product yang sudah disediakan, tentunya berdasarkan pilihan yang ada dan local survei market sebagai acuan dalam penerimaan model dan atributnya saja. Jadi bukan untuk menentukan arah perkembangan product sesuai dengan kebutuhan, keinginan dan arah trend yang ada.

Sebenarnya pilihan ini bisa dimaklumi, dahulu Thailand memang kiblat industri dan trend motor untuk kawasan regional asia tenggara, dimana demand motor bebek berkembang sangat pesat disana, dan Thailand selalu jadi trend setter bagi kawasan ini. Akan tetapi bukan dunia yang kita kenal jika tak mengenal kata “Perubahan”. Perkembangan motor di Thailand mulai stuck. Justru Indonesia jadi pasar terbesar dan “terempuk”.

Saat ini justru konsumen Indonesia memiliki taste tersendiri jika dibandingkan dengan beberapa negara lain di kawasan yang sama. Kenapa kiblat motor tidak dari Indonesia saja sebagai pasar terbesar dan trend setter baru motor Asia Tenggara? Konsumen Indonesia yang uniq tak bisa diberikan produk yang sengaja “dipas-paskan” untuk cita rasa Indonesia. Sebaliknya Product motor untuk konsumen Indonesia harus benar-benar special made for Indonesian’s taste jika ingin memenagkan “Heart Share” konsumen Indonesia.

Sudah banyak varian motor yang dahulunya dari negara tetangga dibawa ke Indonesia dengan sedikit perubahan untuk mencocokkan taste yang ada atau kondisi yang ada. Misal Xeon Indonesia dengan versi thailand sedikit ada perbedaan desain pada cover depan, Byson memiliki perubahan penutup rantai dan ban belakang yang lebih kecil, bahkan Lexam Vietnam berbeda head lamp dengan Lexam Indonesia. Masalahnya ini cuma perubahan kecil, bukan Special Made for Indonesian Taste from the basic. Celakanya lagi justru perubahan itu bukannya semakin bagus dan cocok, malah yang terjadi sebaliknya.

Memang memindah pusat R&D tidaklah mudah dan gampang, tapi ini justru langkah awal untuk bangkit dalam memberikan support lini product yang baik bagi pasar Yamaha di Indonesia. Produk tidak perlu banyak jika memang kalah di pengembangan, budget, kapasitas produksi dan yang lain. Cukup focus keluarkan product yang pas dan jawara. Niscaya market akan memilih product yang paling tepat tersebut. Ingat pasar motor itu sangatlah dipengaruhi oleh faktor produk yang tepat. Inilah chance Yamaha untuk bangkit.

Ayo YMC tunggu apalagi, segera prepare kepindahan Pusat R&D ke Indonesia.

Bagaimana menurut Bro-Bro Bikers Indonesia? Siapa yang setuju? Ayo angkat Tangan!!!

40 responses to “Pusat R&D Yamaha Asia Tenggara segera dipindah ke Indonesia!!!

  1. sepakat!

  2. Kurangi dulu biaya silumannya.

  3. Bersihkan dulu terorisnya

  4. Sepertinya masih sangat lama.

  5. Sony saja pilih pergi, kalau bisa, aku juga pergi, malu jadi orang Indonesia.

  6. Bagaiamana kalau seperti kanzen. Mental orang kita masih banyak yang lebih yakin buatan orang. Disamping biaya siluman, demo, bahkan stabilitas politik, dan yang paling mengerikan …teroris.

  7. harus itu bro, suzuki aja berani.
    kabarnya honda segera menyusul dgn memindahkan pusat RnD dari thailand ke indonesia…
    konon katanya indonesia akan dijadikan basis RnD honda dunia bersama india dan brazil dgn menggeser thailand

  8. sepertinya agak berat karena cost produksi di Indonesia lebih besar ketimbang di thai atau india, jdi untuk R &D disini butuh dana lebih ketimbang R & D di negara lain, tapi bukan berarti tidak mungkin we’ll wait and see

  9. Pingback: Cari kelemahan dari kekuatan Musuhmu!!! | Mind Genesis

  10. @nhd
    inpoh aja Bro, R&D dunia otomotif masih didominasi orang Jepun dari pada lokalnya Bro.

  11. @exyband
    inpoh darimana tuh? bukannya bakal tetep di thailand

    @om mind genesis
    apa ntar kalo R&D dipindah kesini biaya pajaknya jadi luar biasa meningkat?
    soalnya masalah gayus CS dan proses pemindahan yakin dehh,,, terlalu ber-belit-belit

  12. @Mercon
    masalah itu memang Uang “Berbicara”. Tapi nego kepentingan juga bisa mengkompensasi. Tergantung timming dan kepentingan dari pihak-pihak yang ada bagaimana mengkompensasinya secara tepat untuk kepentingan yang ada.

  13. setuju aja….. Effecnya akan terasa di jangka panjang, keuntungan bagi konsumen di Indonesia….🙂

  14. uDien Kesiangan

    kalau dilakukan secara bertahap bisa gak bro …

  15. Bro Mind Genesis
    Tapi tetap berharaplah, tetap banyak untungnya.

  16. Safety Rider ex Legenda Rider

    menunggu indonesia bebas dari pungli dalam 1-2thn ibarat menunggu hujan emas dari langit, kl 5 tahun lg mungkin bisa berkurang asal ada itikad baik dr semua orang.

    jd pilihannya adalah pungli atau dukungan thdp produk berkurang, sementara persaingan makin gawat,
    Pungli vs kalah saing? diitung untung rugi jelas pungli kerugiannya lebih sedikit.

  17. sip dah! tapi manajemen di Indonesianya sudah siap pa belum nih?

    http://kangmase.wordpress.com/2011/03/25/pkb-2-pajak-progresif/

  18. yg pertamax banyak bulu ketek nya

  19. ayo lah yamaha kamu bisa😀
    masa kalah sama suzuki.

  20. Semoga sajalah ….

  21. @kangmase
    Setahu Gue YIMM dan YMKI masih PMA di bawah YMC, beda dengan AHM (Astra Honda Motor). management tentu asing donk!

  22. Joko_vega rider

    Setuju..

  23. Pingback: Sales Yamaha do sambat *saling mengeluh | Touringrider's Blog

  24. Mungkin pabrik ke-3 YMKI yang rencananya mau dibangun juga sebagai awal pemindahan R&D Yamaha Asia Tenggara dari Thai ke Indo. Semoga terlaksana.

  25. itulah,..dunia,..dan warna warninya,…menurut saya,,.mereka telah terlena dengan kesuksesan slama ini,..tanpa antisipasi bahwa competitornya telah berfikir keras selama ini,..pasang strategi,…bahkan pasang jebakan (engih mboten mas broo???),..jangan bodohi konsumen,..karena informasi semakin mudah didapat,..perlu adanya perubahan signifikan,..jangan tanggung2,..bukan memperparah produk yg ada,…maaf ini cuman saran,…dan bukan jaman klingon,…atau keong racer,..ya tp terserahlah,..
    salam sukses buat semua bikers,….and bravo
    ,….bejho-palembang

  26. Maksudya kalo R&D nya disini jadi motor yg bagus trus model baru keluar disini duluan gitu? buktinya New megapro desainnya murni bikinan orang sini kenapa keluar pertamanya di india?

  27. sudah saatnya kita ambil alih rnd dari negara tetangga ke negeri kita. ayo tunjukan bahwa kita mampu…

  28. entah apa yg ada di benak petinggi YMKI saat ini.

  29. http://otomotif.kompas.com/read/2011/03/28/11033556/Yamaha.India.Persiapkan.Motor.250cc
    ————————————————————————–
    hubungannya dengan berita ini bagaimana dong?????????

  30. dealer nakal semakin banyak gak bih?

  31. Kalau mau pasti bisa, emang di Thai sana lebih baik dari di Indonesia.. buktinya kemaren rusuh juga..lebih parah lagi.

  32. @Mercon

    kalau gak salah Honda juga mau mindahin pusat R&D-nya dari Thailand ke Indonesia.
    ini linknya bro:
    http://otomotif.kompas.com/read/2010/05/21/10105787/Indonesia.Geser.Thailand.sebagai.Pusat.R.amp.D.Honda.di.ASEAN.

  33. contohnya desain jelek ala absolut revo yg jg ikut-2an dibawa kesini, sdh bodi culun, knalpot kaleng biskuit, tebeng/sayap depan wagu weleh2 kok yo byk aja yg beli

  34. ^ kalau sama si jyadul vega ZR gmn bro?

  35. Benar sekali, seharusnya dari dulu yamaha melakukan ini, terutama lagi pasar Indonesia perkembangannya lebih tinggi daripada pertumbuhan pasar motor thailang

  36. kalo itu terjadi bakal banyak varian motor yg beredar disini…asyik dunk jalanan indonesia makin rame…

  37. setuju lah..
    secara konsumen Indonesia, apalagi di jakarta, responsif banget sama hal-hal baruu.. langsung bisa diliat tuh tanggapan mereka sama suatua produk..
    apalagi skrg produk yamaha cenderung ga variatif.. terlihat kompetitor mulai lebih aktif mengeluarkan varian2.. bahkan suzuki

  38. malah tambah terpuruk ntr kang,,,jangan… kasihan…

  39. Hanya basa-basi dari yamaha, gak yakin…, Rombak dulu SDM nya baru pindahkan R&D ke Indonesia.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s