Jika Honda mau main “Kejam”.

Jika mengacu pada teori Yin Yang Strategy, akan sangat dashyat apabila dalam suatu strategy utuh melakukan synergy harmonisasi antara Yin Strategy dan Yang Strategy. Diartikel lalu, dibahas bagaimana Honda selalu memaksimalkan Flagship Product untuk mengangkat image all Honda Product dalam satu line up category. Jika Flagship Product akan memperkuat Image total line up product dalam satu category, bahkan meng-impulse image product antar category dalam satu umberella Brand. (Yang Strategy). Sebaliknya Bumper Product cenderung merusak image total line up product kompetitor di category yang sama. (Yin Strategy).

Synergy Harmonisasi Yin Strategy dan Yang Strategy ini sudah di terapkan Honda pada category Line Up  Motor Bebek-nya. Ada Product yang jadi Flagship, sekaligus ada Product yang jadi Bumper Product. Misalnya pada Brand Revo; Ada Revo AT sebagai flagship Revo untuk image “Hi-tech, pelopor dan trend setter” sekaligus ada Revo Fit sebagai Bumper Product untuk merusak Image bebek low end Kompetitor dan sekaligus menjegal penjualan bebek low end Kompetitor. Inilah Yin Yang Strategy, serangan complete yang utuh sekaligus harmonis, ampuh menghajar lawan. Jika kita perluas pada category bebek 110-115cc, maka ada Blade sebagai Flagship image “racy dan irit” dan ada Revo Fit sebagai bumper product. Kita Perluas lagi di segment motor bebek Honda, ada CS-1 sebagai flagship image “kencang, powerfull dan irit” serta Revo Fit sebagai Bumper Productnya.

Teringat komentar Bro Punk Locust di artikel CBR 150 VS R 15, “Seperti kata Sun Tzu ketika kekuatan kita benar2 mutlak, maka kepunglah musuh. ketika kekuatan kita lebih dominan maka seranglah musuh, ketika kekuatan kita dua kali lipat maka bertempurlah. Ketika seimbang, pecah belahlah. Ketika lebih sedikit, bertahanlah. Ketika tidak memadai , hindarilah.”

Nah Honda lagi berada di posisi kekuatan yang benar-benar Mutlak, maka kepunglah musuh“. Hal ini sudah dilakukan dengan baik di category motor bebeknya. Nah jika Honda mau main “Kejam”, Maka perlu dilakukan juga hal yang sama di category Matic, Yin Yang Strategy. Bagaimana langkah kongkretnya? Munculkan  Beat Fit ( kita sebut aja githu ya) sebagai bumper product untuk Matic Category, niscaya lawan akan terdesak mati langkah.

Apabila langkah ini dipadukan dengan Strategy “Harimau Putih di Depan dan Naga Hijau di Belakang”. Pasti makin Uhuuuuuuuuuuuuuuuuuuy!!!. Caranya; luncurkan dulu Harimau Putih si Beat Fit, eksekusi Mio secara masive, dan kemudian Naga Hijau di Belakang dengan cara meluncurkan Matic Injeksi Honda kemudian. (yang kabar anginnya sudah sering berdengung-dengung di beberapa warung wordpress sejak awal tahun ini.) Akan sangat sempurna strategy ini jika Matic Injeksi Honda yang baru ini ada di kelas matic Low End, bukan di Premium Matic. Jadi bergerak di target market yang luas dan memiliki daya hancur market secara masive.

 

Uhuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuy dulu!!!

 

82 responses to “Jika Honda mau main “Kejam”.

  1. Pertamaxxxxx

  2. PREMIUM…

  3. modalnya AHM gede banget sih yah, beda sma YMKI, jdi gak heran jika dia dengan mudah gelontorin produk baru, coba klw YMKI modalnya seimbang dengan AHM pastilah bisa berbuat bnyak, kita lihat saja gimana setelah pabrik baru yamaha di karawang beroperasi, ada yg bilang sih 6 bulan lagi…

  4. waduhhh…..makin terjepit aja nih main catur, ganti main domino aja mas….hehehe….
    ntp http://az147r.wordpress.com/2011/04/02/selamat-bapak-mendapat-toyota-yaris/

  5. Ini sihh nama ny main keroyokan…
    Jelas kalah, xixixi

  6. Ha sadis strateginya .. pasar toh besar semua bisa cari makan disini

  7. Uhuuuuuyyy!!!
    Fby makin resaaagh…..
    No hope. No proud.

    Wakakakakakakk……:mrgreen:

    Sapa suruh jd Fby, mending jg Fbh….. Gw Bangga Jadi Fans Berat Honda. Lo Jiper Jadi fans berat yahama.

  8. Apik..apik..apik… Nais strategi

    Sama dong strategy ying dan yang strategis pada yamaha low end sport pada ymki
    Dimana low end didapat pada byson sedangkan vixi sebagai yang nya…… Dan inilah yang coba dipertahankan sama ymki.

  9. ulasan yang keren om
    main kejam ama tetangga yg belagu kayaknya asoy tuh om
    uuhhuuuuuuuuuuuyyy

  10. Arif Vixion

    hey bung @kampret, sdhlah gak usah suka mencela, emang klw mencela ente dapat gaji sma AHM, gak kan, fanatik sih boleh2 saja tpi gak usah berlebihan, mksudnya share para biker di blog ini supaya didngerin sma petinggi ATPM, supaya gelontorin produk baru yang bagus seuai dengan selera sebagia besar biker..

  11. semua ada rejekinya sendiri2 bro. Rejeki (dalam hal ini penjualan) kan udah ada yg ngatur.

  12. benar2 uhhuuuuuyyy ulasnnya…

    sekedar usul aja bro komeng…
    tampilan halaman web nya bikin sedikit ber clear gitu biar mangstab😀

  13. klo liat di facebook yamaha motor indonesia, yang “like” 1 juta orang lebih. Kenapa ga ada usulan, bagi yang mengaku fans berat disuruh investasi Rp 1 juta/orang. Klo dikalikan hasilnya 1 trilyun. Bukankah cukup buat bikin pabrik baru lagi/modal buat inovasi motor baru???

  14. sebelum baca, ijin nebar jaring dulu

    FITNAH terhadap Motor Indonesia…..akankah kita diamkan ???..Ooo…tidak bisa.

    http://umarabuihsan.wordpress.com/2011/04/02/fitnah-terhadap-motor-indonesia-akankah-kita-diamkan-ooo-tidak-bisa/

  15. Ada yg bilang YMKI juga mau brojolin mio-i (injection).

    Jika menilik ‘kisah’ brojolnya Xeon yg kemudian di serang dengan Vario Techno (non CBS), menurut bro Komeng baiknya YMKI mending nunggu AHM brojolin matic-i nya duluan atau menjadi first mover Injection-Matic di kelas Low End sehingga pamor MIO pun bisa naik kembali, setelah akhir2 ini terasa semakin redup?

  16. kayaknya yamaha sendiri udah kurang inovasi deh, undian dua milyar itu kan ada karena IMHO kurangnya inovasi, jadi ketika udah masuk titik jenuh, jurus strategi marketing yamaha lainnya dikeluarkan,,,
    meskipun itu sebenernya gak ngefek😦

  17. Lagi-lagi mantaf artikelnya gan, jadi ketagihan nih… lumayan nambah ilmu & wawasan. Thanks.

  18. Tidak semudah itu nampaknya. Faktanya sampai saat ini Beat belum pernah mampu mengalahkan Meong. Matic Honda bisa menjungkalkan Yamaha, ya karena pake jurus primitif… KEROYOKAN.

  19. berati jurus kawasaki benar kalo lawan lebih kuat2… hindarilah…

  20. Blog ini nggak ada koment like yg link ke pacebok yak???

    Kalo menurut Gw YMKI harus ngajak lagi rossi balap di yamaha…
    gak nyambung ya…

  21. JAFFAR_LEGEND OF THE CRAZY HORSE

    deen | April 2, 2011 pukul 8:27 am |

    Tidak semudah itu nampaknya. Faktanya sampai saat ini Beat belum pernah mampu mengalahkan Meong. Matic Honda bisa menjungkalkan Yamaha, ya karena pake jurus primitif… KEROYOKAN.
    ———————————————————————————————
    AHM pasti sudah memperkirakan hal ituh,mengandalkan beat untuk mengalahkan market mio jelas butuh perjuangan dan kerja keras.untuk itulah di pakai jurus tebar jaring,cmiiw.dimana market mio di himpit antara beat n’ scoopy yang memang beda segmentasi.kesalahan YMKI adalah tidak melihat potensi scoopy yang dapat menggerus sedikit market mio.harusnya YMKI bisa membendungnya dengan FINO yang memang keren kalo menurut ane.jadi pasar matic retro akan terpecah dua.sayang statemen petinggi YMKI malah mementahkan potensi ituh,hehehehehe😆

  22. kejem amat, tapi harus, biar ymki cepet panas dan mengeluarkan jurus rahasianya

  23. Beat Fit ?? ide bagus

  24. ehhhmm mirip – mirip ama strategy perusahaan rokok…ketika Gudang garam sangat sangat kuat di GG filter dan GG Inter…dan Sampoerna kuat di A mild…maka yang dilakukan Djarum adalah memperbanyak merk – merk baru walaupun secara share rendah tetapi volume secara total sangatlah besar bagi Djarum..walaupun secara total juga masih ketinggalan ama Gudang garam….hal yang dilakukan untuk kategori matic..Honda merasa belum yakin bisa mengalahkan Mio dengan BeAT, mio sebagai first mover sangat ampuh untuk menambah lumbung penjualan yamaha..maka dikeroyoklah dengan type2 matic Honda yang lain dan mampu mengisi tiap celah segmen harga dan image product..
    bisnis adalah bisnis..bukan bandingkan siapa dengan siapa..tapi share dan volume menjadi penting buat eksistensi..segala potensi dikeluarkan untuk memenangkan persaingan..
    Bagaimana dengan Yamaha ?…berani merubah model mio menjadi New Mio ?..menurut saya Yamaha tidak akan berani merubah modelnya demi “volume” dan “image” company yang marketing yang ciamik karena mampu tumbuh / growth sampai saat ini semenjak tahun 2004.
    dan Honda tidak akan sampai kejam karena Honda & Yamaha sama dari Jepang :)…
    Salam

  25. @arif fiksi
    Biarin aja suka2 gw laaagh bro kan selama bertaon2 ini gw pake honda di oon2in dibego2in sakit ati bgt kan bro mana motor kriditan pulak lum lunas pulak njriiit bener lah trus skrg gw bisa bangga dikit ma honda ya sutra lah suka2 gw mo bales dendam pake komen apa mo nyantae suka2 gw dong mang apa urusan situ….:mrgreen: *

    It’s HONDA time broo….
    Yahama minggir dulu laaagh ngumpet dolo sono kaya thole masterkeong eqien dkk gw males nyebut nama2nya kecuali yg komenya cuman pertamak2 doang plus nyengir kuda 123 yaaagh maklum lah malunya ga gitu banget:mrgreen:

  26. Mudah mudahan Honda gak kejam.
    Mudah mudahan Yamaha gak modar.
    Biar harga motor nantinya gak dimonopoli Honda,anjriitt…

  27. paling enak jadi konsumen itu jangan sampai fanatik brand…. bebas memilih… dpat yang terbaik….

  28. @Cak Poer
    Dalam kondisi matic Yamaha terkepung seperti ini, sebelum benar-benar terdesak dalam kepungan yang lebih rapat. Ada baiknya focus pada satu serangan yang kuat dan baru lewat Mio-i, diharapkan kepungan musuh bubar atau paling tidak sedikit longgar. Ya, Mio-i harus secepat kilat keluar duluan sebelum keluar matic baru dari Honda apapun itu, apalagi kalau matic baru itu matic injection Honda. Paling tidak “Kuda putih terbang kelangit” sebelum ada serangan “Harimau Putih di Depan dan Naga Hijau di Belakang”.

  29. strategy yang dahsyat… tapi jangan sampai jadi bumerang bagi honda seperti masa lalu yang cepet merasa puas dengan produk2nya (tiger brother)

  30. sepertinya segment sport sasaran honda berikutnya, akankah startegy di segment matic jg di terapkan pd segment sport.

  31. Mangtap artikelnya, tapi Honda seperti nokia memborbardir pasar dengan beragam produk yang akhirnya kalah telak lewat serangan Androidnya google dan lain-lainnya. Akankah Honda seperti nokia?

  32. ckckckckkkkk…
    kereeeennn strateginya….

  33. kalau dipikir2 kasihan juga yamaha sekarang, udah gak berdaya…..

    tapi kalau lagi sedikit diatas aja sombongnya ampun2an.

  34. arif vixion : jangan mudah terpancing,bro…
    konspirasi bisa jadi…
    hehe

  35. Safety Rider ex Legenda Rider

    Sepertinya serangan ini jg sdh dalam prediksi Bro komeng, ms yamaha 2xx.xx

  36. seperti biasa. artikel strategi genius dari bro komeng

  37. Hmm. .bner jg bro. . .yamaha kalau lg naik dkit,wah somb0ngnya gak ketulungan. ..iklannya aj yg lain makin pasrah

  38. @Deede
    setuju… ngapain juga fanatik berat😀

    Kalau Yamaha makin panas, sapa tau produknya lebih spektakuler😀

    Ujung ujungnya juga konsumen lah yg dimanjain…

  39. Yahhh… nirup jurus Nokia mempertahankan dominasi gitu. Banyakin type, jepit sana-jepit sini …
    Kesalahan Y :
    1. Y kasih harga Xeon selangit dengan desain biasa-biasa aja (teknologi mesin boleh oce. Tapi siapa mau Forged Piston, Diasil, and bla bla bla kalo secara desain gak menarik, dan tetep kalah irit!)
    2. Y gak mau keluarin Fino (karena harus jilat ludah sendiri)
    3. Y kepancing ikutan repot brojolin Betik Lexam, ketimbang ngurusin barisan skutiknya yang sedang dipreteli habis-habisan ( ini yang bikin H leluasa “ngembat” skutiknya)…
    Kalo Y terus menerapkan jurus “reaktif”, kita akan liat, taun 2011, Y bener-bener KO !

  40. malang nian nasibmu yamaha.
    nasib yamaha lebih malang dari kota malang.

  41. kalau yamaha masih gini2 aja ya siap2 dikuliti abis2an sama Honda.

  42. mulakno ojo jumowo..

  43. Yamaha juga mengikuti saran Sun Tzu, kekuatan gak memadai, ya menghindar! gitu!

    http://kangmase.wordpress.com/2011/04/01/beli-motor-leasing-atau-pinjem-uang-ke-bank/

  44. Wajar aja klo yamaho kalah skrg sama honda.
    uda di tinggal sama rossi skrg di tinggal pula sama FIAT.

    Apalagi yg bisa di banggain sama si yamaho?

    teknologi motor pas2an, cuma ngandalin figur rossi & motor GP + slogan “semakin di depan” buat ngompor2in pemuda2 alay utk beli tuh motor rongsokan kayak mx buat kebut2an.

  45. Dalam mindset saya, Honda=Irit, Yamaha=Boros. Makanya ketika ingin matic, pilihannya Mio atau Beat. Mio=Boros, Beat=Irit.
    Akhirnya Beat yg jd dibawa pulang.

  46. vanz21fashion

    keliatannya serian fit pada produk AHM udah jadi pertanda motor bargain :-p

  47. Sip bro komeng🙂

    Yamaha memang harus bermain differensiasi, kalo mau ndandanin Mio…. fitur SUZI NEX bisa jadi acuan, speedo analog+digital, tangki BBM di depan, bagasi luas, asal velg pake ukuran 14″ aja.

    Kalo tangki BBM ada di depan, buat freetsyle stoppie masih aman ga ya?:mrgreen:

  48. smart-innovation

    Kalau kekuatan dominan, serang musuh, musuh akan kocar-kacir.
    Tetapi, kalau musuh DIKEPUNG, bukan lagi kocar-kacir, tapi bisa sampai “habis tak bersisa”, MS Ymh 2x,xx% semakin masuk akal, bahkan kalau kepungan ini dilanjut dengan massive power, pada jangka panjang, bukan tidak mungkin MS Ymh bisa mencapai 1x,xx%. Tinggal seberapa “kejam” AHM mau bermain. Dalam hal ini, bukan masalah “kejam”nya, tetapi musuh yang dibiarkan dalam keadaan masih “setengah kuat”, akan belajar dari kesalahan, memperbaiki diri, mengumpulkan kekuatan, dan akan muncul kembali menjadi musuh yang sangat berat dalam waktu dekat. Kalau musuh dihancurkan sampai terluka parah, akan butuh waktu lama untuk bisa bangkit, dan nyali nya pun tidak akan seperti semula. Kalau sampai strategy Bro Genesis ini benar-benar dilakukan oleh AHM. IMHO, Yamaha akan menyusul Suzuki.

  49. smart-innovation

    Benar-benar artikel yang SUPER MANTABB. Bro Genesis ini kerjaan/bisnis nya apa yha??? motor kah???? Jadi Penasaran :p

  50. Ini artikel keren banget bro,
    sesuai dgn reality,
    Bkn isapan jempol,
    dan bukan black campaign,
    One HEART 4Ever.

  51. Honda kalo KEJAM,Sah-sah saja toh,
    Pnya kapasitas dan potensi utk itu toh,
    Daripada kasih bernafas yg doyan ‘black campaign’,
    mending hajar aja toh.
    Bravo Honda…

  52. Ground zero

    Secara prinsip,ahm d ymki sesama jepang.honda jepun dan toyota managament.kayanya gak akan main kejam.kalo ms ymki 2x,xx %,kok berat juga ya,maaf ,beda pendapat,boleh kan.

  53. bener-bener berbobot… salut….

  54. kalau ane malah ngarepin ada predatory price

  55. lae togar anak medan

    salut to bro komenk dengan artikelnya yg bermutu.

    lagi ngorok aza ahm mazih zuzah utk dikalahkan apalagi udh bangun dan ngamuk. golap bah.

  56. Menakutkan superiority all out war-nya AHM, prediksi Bro Komeng emang muantap. AHM serasa ditelanjangi strategi ke depannya. YMKI punya kesempatan berbenah, entah dilakukan atau tidak. Emang artikel ini terkesan mengagungkan AHM, tapi justru saya menangkap malah YMKI yang diuntungkan. Tapi kalau cuma bisa “Semakin Pasrah” ya gak tahu lagi?

  57. Betul banget..

    Honda selalu memperbanyak varian di masing2 segmennya, maka luasan target segmennya pun jadi banyak.. oleh karenanya, meningkatkan MS juga gampang..
    research Honda juga kenceng, ini menambah baik segalanya..

  58. smart-innovation

    @ ground zero
    Saya tdk setujuu kl dgn pertimbangan sama-sama dari jepang maka ahm tdk akan “menghabisi” YMKI. Pertimbangannya: kalau ahm mjd pemegang market share mutlak (diatas 65%), maka image brand honda akan sangat kuat sehingga bahkan jika honda meluncurkan produk2 yg “downgrade” semacam supra fit, atau Yamaha dgn vega zr nya, maka produk itu akan tetap laku keras padahal keuntungan ahm per unit utk type2 ini lebih besar, jd secara keuntungan total yg akan didapat lebih besar dibandingkan jika ahm dan Ymh dlm kondisi persaingan ketat spt ini, dmn ahm dan Ymh harus sama2 meningkatkan kualitas produknya meningkatkan value for money utk konsumen. Intinya, kl honda menang telak, justru scr total jepang akan memperoleh keuntungan yg lbh besar. IMHO.

  59. @smart
    apa hubungannya total jepang sama keuntungan Honda? secara analisa awal saya setujuh dengan mas Bro Smart, Honda dapat margin yang lebih besar dengan produk yang marginnya besar karena gak perlu lagi bikin produk yang value for money nya tinggi lagi kalau Brandnya dah mutlak menguasai pasar. tapi kalau menyangkut-sangkut jepang, gak ada hubungannya lagi. Honda pokoknya Untung Besar. gak ada hubungannya dgn Jepang. Ini Perusahaan Profesional Bro.

  60. smart-innovation

    @ bro ramein
    Intinya melalui komen saya itu, saya mau jelasin ke bro ground bahwa secara professional bisnis, honda akan sangat dintungkan dgn kemenangan mutlaknya, bahkan jika kita harus menghitung faktor “politis” negara asal nya pun, keuntungan akan tetap lebih besar ketika ahm mendominasi bisnis R-2 di indo. Jd tidak ada celah faktor yg menguatkan pendapat bahwa “krn sama2 dr jepun, maka ahm tdk akan bertindak kejam thdp Ymh”.

  61. @smart
    klau pendapat Bro Smart yang soal honda bakalan bertindak kejam setuju, kalau soal politis negara asalnya daku gak setuju. Khan sudah jelas dalam komenku diatas.

  62. Dalam Bisnis gak ada hal yang kejam jika selama masih strategi yang wajar, bukan bayar orang untuk bakar pabrik kompetitor atau melakukan BC ke mana-mana.

  63. setuju banget….keluarin beat fit harga 10jt, dan beat injeksi harga jangan lebih dari 13jt, ganti desain body untuk penyegaran (jangan sama dgn beta yg sekarang)….dijamin maknyuuuuss!

  64. @hadi
    Setuju Bro Hadi. Maknyuuuuuuuuuuuuuuuuuuss!!!
    denger2 selain ada mio injeksi , honda bakalan muncul beat injeksi. masalahnya duluan mana?

  65. makin beringass ya ndaho….like dis dech artikelnya…sadis…xixixixixi

  66. www.prasetyojanjang.com

    kalo digituin malah ga ada persaingan mas bro…
    cukup pengap2 aja, trus dikasih nafas lagi…
    sebenarnya Honda malah nggak nganggap yamaha sesuatu yang harus ditakuti.
    buktinya, betul kata masbro… beat disubsidi sampe 10 jt pun mungkin aja…
    apa jadinya kalo gitu? meongnya kan mati semua…?
    nah Honda lebih kepada mengkompetisikan sesama produknya, antara beat cw dan beat sw, antara abs revo dan revo fit…

  67. bagaimanapun honda tetep unggul,yg lain ngungsep wae lah

  68. tergantung bro,, sapa dulu yg mimpin pasukannya,, biarpun pasukannya singa tapi yg mimpin keledai.. gimana?
    walaupun pasukannya keledai tapi yg mimpinnya singa, hayoo menang mana..?

    heeee,,,

  69. Pingback: Honda new Tiger: manuver serangan terakhir? « -BackStagE-

  70. honda emang brand yg udah sangat dikenal masyarakat banyak, semua produknya rata2 disukai n semakin banyak variant semakin menguatkan posisi honda untuk segment roda dua di tanah air, strategi ahm betul2 pintar n cerdas nie…

  71. powerpuffgirls

    Bukan masalah modal, tapi masalah mau belajar..itu sikap yang bisa dipelajari Honda..ga seperti yamaha “yang semakin pasrah”, hahahaha

  72. ymki pake jurus black campaigne, honda ngbales pake jurus bikin motor dgn banyak varian ehhh…ymki ga bisa bales yang ada makin pasrahhhh…..

  73. Sebaiknya AHM boleh juga mempertimbangkan hal ini..
    hmm beat fit ntar di banderol berapa yah???

  74. masa siiihhh sama-sama punya motor mau main kejam..
    yang sportif ajha..tanpa kekerasan!!!
    kan lebih enak gtu..
    gada berantem n musuhan!!!
    mau tipe ajha tp saingannya sehat..
    okeeeee….

  75. r1ngpiston

    @ di atas gue

    Kalau mau komen baca dulu artikelnya dan komen2 yg ada mas. Jgn asal nyerocos. Yg diomongin apa, komen anda apa.

  76. Abang_Bakso

    Semua ini menjadi kenyataaan dengan luncurnya HONDA SPACY…
    Maju terus honda supaya yg lain makin passrahhhh….

  77. Jadi kenyataan. Mantap

  78. mas bro genesis ditunggu artkel tentang matic2 baru honda?…

  79. Semakin banyaknya pilihan akan semakin memperkuat pasar Honda, hal ini akan membuktikan bahwa Hondalah yang terdepan…. semangat Honda…

  80. Hayo hajar aja yamaha jangan dikasih hati……………………………………. Masa motor bisa bikin tenda roboh…………… Iklan gak mendidik…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s