Mahabharata CBR 250R vs Ninja 250R, dan analysis Honda CBR 150 vs Yamaha R15

Kemunculan CBR 250R yang fenomenal dalam waktu singkat memberikan perlawanan yang cukup signifikan bahkan melampaui Ninja 250R di tahta sport premium 250cc. Padahal di segment sport premium berfairing, konsumen Indonesia cenderung untuk memilih produk yang superior secara performa. Konsumen tipe ini cenderung menyukai akselereasi, kecepatan dan power mesin yang berciri khas racing, suka dengan hal-hal yang berbau racing dan tentu saja ergonomis khas racing tidak menjadi masalah bagi mereka. Bagi sebagian orang cukup mengejutkan bahwa CBR 250R mampu menguasai pasar secara singkat dengan penetrasi yang cepat dan imagenya mampu terserap oleh masyarakat luas sebagai motor sport racing premium 250cc. Bagi sebagian pengagum motor sport speed lover cukup kaget dengan fenomena terbaru ini, di mana CBR 250R dengan single pistonnya, mampu memberikan perlawanan dashyat terhadap Ninja 250R dengan twin pistonnya di market, bagaikan MD mampu mengungguli Jupe sebagai ikon bomseks Indonesia dalam sehari  . Secara performa jelas ninja 250R memiliki keunggulan nyata, baik secara spek mesin maupun real performa untuk racing. Tapi market berbicara lain.

Untuk menganalisa fenomena ini, Gue mencoba untuk membedah kasus ini berdasarkan epic “Mahabharata” atau juga dikenal sebagai “Kurukshetra War” yang sangat inspiratif. Dalam kisah epic ini, diceritakan pada masa persiapan perang, Duryodhana dari kubu Kurawa dan Arjuna dari kubu Pandhawa , bersama-sama menghadap Krishna untuk meminta pertolongan. Duryodhana datang terlebih dahulu dan menemukan Khrisna sedang tidur, lalu dengan sombongnya dia yang menganggap dirinya sederajat dengan Krishna, duduk di sebelah kepala Krishna dan menunggu Krishna bangun. Beberapa saat kemudian Arjuna datang dan dengan kerendahan hati duduk di dekat kaki Krishna dan mengambil sikap memuja keagungan Krishna.

Ketika Krishna terbangun, dia melihat Arjuna terlebih dahulu dan memberikan kesempatan pertama kepada Arjuna untuk mengajukan permintaan. Lalu Krishna berkata kepada keduanya bahwa dia akan memberikan “Narayani Sena” (Pasukan besar, agung dan sakti yang dikomandoi oleh Khrisna sendiri) kepada salah satu pihak dan sebaliknya dia akan memberikan Dirinya, tanpa pasukan, tak bersenjata, dan tanpa kesaktiannya ke pihak lainnya. Krishna melakukan hal ini karena kedua belah pihak adalah temannya dan dia tidak ingin melukai salah satu pihak dengan tangannya sendiri, dengan kekuatannya, kesaktiannya dan senjatanya. Karena Arjuna diberi kesempatan pertama untuk memilih, Duryodhana khawatir Arjuna akan memilih pasukan Narayani Sena, akan tetapi ternyata Arjuna malah memilih diri Krishna yang tak bersenjata untuk membela kubunya. Bagi Arjuna, dia merasa hanya mengenal Krishna sebagai teman ,maka dia lebih memilih Krishna pribadi untuk berada di pihaknya walaupun tanpa senjata dan kesaktiannya. Sebaliknya Duryodhana merasa Arjuna telah mengambil keputusan yang paling bodoh. Akhirnya keduanya pulang dari kediaman Krishna dengan perasaan yang sama-sama puas.

Di kemudian hari, Arjuna meminta Krishna menjadi Kusir kereta perangnya. Ketika perang berlangsung, Arjuna dengan kusir kereta perangnya, melaju tanpa halangan, menaklukan dan mencerai-beraikan musuhnya. Walaupun tanpa senjata, dan Krishna sendiri tidak melakukan serangan, Kharisma Krishna yang begitu agung, membuat gentar prajurit-prajurit musuh. Dengan adanya Krishna di kereta itu, tak ada seorangpun prajurit musuh yang bisa menyerang kereta tersebut, karena aura Krishna begitu perkasa. Sebaliknya prajurit Kurawa yang telah berkoalisi dengan Narayani Sena, tercerai-berai karena pasukan Narayani Sena tidak berani melawan Krishna dan memilih untuk menghindar, akibatnya pergerakan prajurit kurawa dan siasat tempur yang telah dipersiapkan jadi kacau balau.

Dari sepenggal cerita di atas, Gue mengkorelasikan karakter Krishna yang begitu agung dan berkharisma bagaikan sebuah Brand yang memiliki kharisma yang kuat. Bahkan kekuatan tempur yang nyata dari pasukan koalisi Kurawan – Narayani Sena tidak mampu melawan kharisma Krishna. Tidak ada artinya sebuah produk yang memiliki keunggulan value, performa dan fitur, apabila tidak didukung oleh brand yang berkharisma melekat pada produk tersebut. Bisa terjadi produk yang sedikit lebih inferior dibanding produk kompetitor baik secara value, performa dan fitur, justru akan memiliki keunggulan yang nyata apabila pada diri produk itu melekat Brand yang dashyat dibanding brand yang melekat pada produk kompetitornya. Kasus CBR 250 vs ninja 250 sudah cukup dapat dijelaskan dengan gamblang oleh cuplikan cerita Mahabharata di atas.

Bagaimana seandainya dengan next pertempuran yaitu Yamaha R15 vs Honda CBR 150R. Kita sama-sama mengetahui bahwa spek R15 masih jauh dibawah CBR 150R. R15 masih SOHC sedangkan CBR 150 memiliki mesin DOHC injeksi yang jauh lebih modern dan nyata secara performance, desain body yang lebih modern, muffler tren terkini dan beberapa keunggulan lainnya. Bukan berarti R15 tidak memiliki keunggulan sama sekali terhadap CBR 150, akan tetapi bila kita compare product to product, jelas CBR 150 memiliki keunggulan nyata. Bagaimana dengan brand yang diusung, Jelas secara jujur Kharisma Brand Honda masih lebih kuat. Jadi berat bagi Yamaha R15 jika harus beradu dengan Honda CBR 150. Kasus ini tidak bisa dianggap sama dengan kasus CBR 250 vs Ninja 250R, dimana CBR 250 yang lebih Inferior secara performa mampu memberikan keunggulan nyata di market. Justru akanlah mirip kasus diatas jika seandainya CBR 150 itu adalah produk Yamaha dan R15 adalah produk Honda.

Sekian kajian ala Mahabharata kali ini, baca juga yang ini, CBR 150 vs R15.

Salam Bikers, Uhuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuy!!!

162 responses to “Mahabharata CBR 250R vs Ninja 250R, dan analysis Honda CBR 150 vs Yamaha R15

  1. beoleh lahh pertamax,,,
    penjelasanya mantappp bangett,,,,

  2. tapi lain ceritanya kalo seandainya CBR150R yang duluan dilaunching,,, ehh,,, si R15 launching dengan harga lebih murah, iklan yang profokatif dan kreatif, serta promosi yang menggila ditambah iklan 2 milyar??

    Siapa yang gak mau bro komeng??
    R15 bisa aja ngalahin CBR…😀

  3. vanz21fashion

    dengan harga vixion sekarang menginjak 22juta rupiah, murahnya sebuah R15 akan ada di harga berapa?
    R15 dirilis duluan keliatannya cukup riskan malah, CBR150R jadi bisa dipatok di harga yang bisa menggetarkan R15. Tarohlah CBR150R dibandrol lebih mahal 2-3 juta rupiah dari R15, tapi kondisinya R15 SOHC dan CBR150R DOHC, dengan ‘hanya’ beda 2-3juta rupiah, saya si percaya konsumen bakal lebih ngelirik CBR150R.

    Mengenai CBR250R VS Ninja250R, saya lebih ngeliatnya ke arah permainan harga, secara branding, untuk Ninja250R menurut saya udah berpengaruh kuat juga.

    Pada saat CBR250R menawarkan harga lebih murah 6.5juta rupiah, pemikiran2 seperti, “ah, gw kan bukan pembalap”, ato, “CBR250R juga ga pelan2 banget lah” ato pemikiran2 yang istilahnya ‘memaafkan’ kekurangan CBR250R pun bermunculan.

    Lain halnya bila CBR250R non C-ABS dihargai sama dengan Ninja250R atau cuma lebih murah 2-3juta rupiah, hasilnya besar kemungkinan adalah hujatan.

  4. mantaaffff lah,,,,

  5. wedew…. ternyata aura brand bisa menghipnotis kaya aura kasih xixixi
    btw setuju bgt karna brand juga tercipta karna pembuktian produknya selama bertahun2 so membangun brand image sangat penting buat produsen jadi produsen harus tetap menjaga brand image yg disandang dgn pembuktian di produk2 yg dikeluarkan, so honda user yg ingin naik kelas ga akan meragukan kualitas CBR 250 walaupun ada ninja yg lebih superior dan ini bisa dilihat dari penjualan ninja yg tetap stabil dikisaran 1000an unit, jadi bisa dibilang CBR 250 tidak memakan kue N250 melainkan membuka pasar baru

  6. tunggu hari H ajalah…🙂

  7. masiy setia dgn R15😀

  8. Artikel yang keren, lain dari pada yang lain.
    Pada dasarnya semua motor pasti ada pengagum fanatique seperti Bro yang diatas ini. Tapi market secara total juga bicara lain.Brand yang berkarisma mampu menjual image yang positif bagi produk yang bernaung dibawahnya.Misal produk2 Suzuki menurut pendapat I bagus bagus lho, sayang Brand Suzuki sendiri masih kurang menunjang.
    Salam Marketing.

  9. wow ada artikel baru tho?
    ane udah nunggu2in dari kemaren nih…
    baca dulu ach….

  10. penjelasan yg luar biasa dalam,
    memang jujur brand masih bisa bicara lebih.
    itu kenapqa bajaj dgn varian pulsarnya yg memiliki performa dan value yg jauh diatas motor2 jepang tetep aja gak berkutik ngelawan motor2 japang.
    Brand image memang bisa bicara lebih…

  11. kalau ane lihat sih bukan cuma Brand yg membuat CBR laris manis.
    selain Brand yg kuat, CBR juga unggul dari fitur dan teknologi.
    sedangkan Ninja cuma menang pd jumlah silinder doank

  12. Faktor 3S Jga berperan besar!

    Brand Kawasaki kalah jauh di bandingkan Honda jumlah Dealer resmi ny, pdhl produk kawasaki kualitas jempolan!

  13. hiks…hiks…nggak ngerti…..waaaaa…

  14. strategi cakrawuyuh jg d terapkan honda xixixixi teknik kepungan berlapis… terlihat jagoan yg gagah berani abimanyu / mio mulai kelelahan di medan laga, persis abimanyu yg mengetahui cara mendobrak dan memasuki barisan lawan tanpa tau cara keluar nya, mio sukses menjadi trendsetter pendobrak dan pemimpin peperangan dlm beberapa episode, akan tetapi tanpa facelift dan bala bantuan apa jadinya? Akankan mio menjadi abimanyu ataukah arjuna sang ayah yg dapat menuntaskan peperangan formasi cakrawuyuh walaupun sang putra telah tewas d medan laga? Mari kita tggu episode mendatang kisanak… Uhuyy..

  15. @bro mind
    untuk kasus cbr vs ninja
    selisih hargalah yg sangat brpengaruh bro,
    klo soal nama, ninja vs cbr imbanglah di indo
    tp gw nilai AHM cukup pintar menset hrga cbr shg tdk mnjd blunder…
    coba KMI meniru strategi pricing ninin ATPM Kawak Aussie,
    pasti lain ceritanya…

  16. kisanak preziosi…
    Bahaya… Kalo pake metode potong harga malah bkin resale value jatoh dan penggemar setia sakit hati, sekaligus bkn image ga baik / operpress xixixixi… Menurut saya lbh baik pake metode pancing gurami… Pancing dan kail d lempar, tapi air d permukaan di obok2 sambil siap2 jaring.. Buat nangkep ikan yg naik ke permukaan..
    Gampangnya…
    Facelift ninja250r dan kash konsole digital.. / pancing dan umpan
    Kemudian discount dan promo klx250 yg significant harganya sehinga memecah konsentrasi pasar / obok2 permukaan air
    Cmiiw..
    Uhuuuuuy lg deh:mrgreen:

  17. Tapi ada yang bilang kalo r15 ini wajib keluar loh… He he…
    Kalo menurut ogut sih….
    1.jika r15 keluar duluan,….maka ahm akan maen harga,….dan…jelas akan bermasalah dengan r15,..di tambah kapasitas tmki yang udah mentok(katanya),
    2.kalo r 15 di keluarin belakangan nungguin cbr,ini oke ,bisa berjalan strateginya,dengan catatn cbr di bandrol di atas 30jt.r15 mungkin bisa di taruh d angka 26jtan.tapi ini juga akan ada sedikit masalah,yaitu,…dengan angka yang masih berdekatan dengan fixi,bukan tidak mungkin akan jadi perang sodara..begitu juga cbr,…
    Dan kalo cbr di bandrol di bwh 27 jt,..wah…tambah runyam….mo di kasih harga berapa fixi

    mungkin yang masuk akal,,,ya facelift aja fixi jd r15

  18. Paidjo_Padjah

    manteb ulasannya.
    cuma bisa baca doank, takut komen.

  19. smart-innovation

    @ bro mercon: IMHO, segment motor sport tidak akan pernah tertarik pada yg namanya undian2Milyar, bahkan utk segment skutik, bebek, dll undian 2Milyar tdk akan mengubah seseorang yg henndak beli produk H mjd beli produk Y gara2 undian 2Milyar, jujur undian 2Milyar ini malah bikin ilfil, apalagi kl diterapkan utk semua produk Yamaha, kesannya seperti barang gak laku yg dipaksa jual (malah ngerusak image). Soal harga, pembeli motor sport bkn menilai harga secara flat (harga produk A dibanding B, begitu saja) tetapi lebih kepada perhitungan value per money (benefit dibanding harga produk). Yg ketiga masalah iklan, sekali lagi segment sport adalah bukan org awam yg bisa dikompori/dibodohi/ diprovokasi dgn iklan2 yg provokatif, segment motor sport adalah para bikers yg “melek teknologi”, jd tanpa iklan pun, kl produknya bagus, pasti bisa laku, cth nya ya ninja 250, tanpa iklan provokatif pun tetap laku keras.

    @ vanz: ninja 250R kuat di “product image”, CBR 250 selain kuat di “product image”, juga kuat di. “Brand image”. Product image dan brand image adalah 2Hal yg berbeda bro. IMHO, justru perbedaan itulah yg hendak diungkap oleh yg pny warung melalui artikel ini.

    @ Mr Long: IMHO bro, ada kok produk yg ga ada after sales servicenya tapi tetap laku keras, bahkan tdk ada service centre nya di indonesia dan sempat “tanpa garansi” tapi tetap laku seperti kacang goreng, itu tuh si “smartphone” blackberry. Juga harley davidson yg service centre nya cm ada di kota besar dan biasanyaa hanya ada 1. So, in my opinion, intinya bkn di aftersales service bro, lagian org ndk akan beli motor sport krn bgsnya after sales service kan?? Yg dicari pasti performance nya.

    @ bro preziozi: menurut gue bro, sama seperti penjelasan gue ke bro mercon, yg dicari adalah value for money, bkn harga flat nya

    @ bro arsenal: kl r15 keluar setelah cbr 150. Yamaha sudah tdk semakin di depan bro, udh gt teknologi kalah dgn cbr 150 lg. Udh follower, teknologi kalah. Umbrella brand image nya makin tergerus bro.

  20. bro..sekalian..saya kira ymh memang perlu melakukan perubahan2 jika r15 di rilis di indonesia…mesin klo ngandalin versi sohc kurang kuat tanding cbr 150..toh bisa aj r15 di indonesia beda sama versi india..Rasanya emang engine yg paling perlu upgrade rilis r15 versi indonesia untuk vs cbr150 ..untuk lainnya ymh masih lebih bgus desainnya di banding cbr..desain lebih pilih r15 jadi..jdi sector mesin yg perlu upgrade..klo tuh r15 keluar dohc tanding lawan cbr 150 ya masih masih seimbang…macam knalpot cbr itumah biasa aj…secara new r15 turunan r6 ..tau khan r6 best design…

  21. vanz21fashion

    @smart: ya, mungkin hal itu memang berpengaruh, but untuk kasus Ninja250R Vs CBR250R, kecenderungan lebih ke arah harga masboss. Baik Kawasaki dan Honda udah punya nama, bahkan sebenarnya di Indonesia, untuk sebuah varian motor sport khususnya sport full fairing, Kawasaki udah lebih dulu menancapkan taringnya dengan varian Ninja sampai dengan Ninja250R yang pun dirilis lebih dulu dari CBR250R. Hanya saja memang kekalahan Kawasaki ada pada layanan after sales yg ga semembludak Honda.

    So, kalo kesuksesan CBR250R dikatakan lebih karena sebuah branding image, menurut saya si ngga, lagi2 kembali ke pricing. Perbedaan lebih murah 6.5juta rupiah dari Ninja250R ngebuat kelemahan CBR250R ‘dimaafkan’, kondisi ini bisa terjadi bila secara branding image kedua produk berada di posisi yg bisa dikatakan seimbang atau beda2 tipis.

    Kasusnya bakal berbeda bila membandingkan 2 produk yg punya branding image yang terlalu berbeda, contoh Kawasaki dengan Minerva di mana Kawasaki punya brand yang bisa dikatakan ada di range image yang baik, sedangkan Minerva masih meninggalkan image motor plagiat, motor low quality dan lain hal sebagainya.. Dengan branding image yg terpaut jauh, kelemahan2 yang ada di minerva sulit ‘dimaafkan’ meskipun harganya lebih murah dibanding Ninja250R dari Kawasaki.

    Perlu diingat juga bahwa branding image itu layaknya produk masboss, dalam branding image ada kelebihan dan kelemahan, untuk kasus Honda Vs Kawasaki, secara image brand Honda punya apa yg Kawasaki ga punya begitu juga sebaliknya, Kawasaki punya apa yg Honda ga punya.

  22. @smart and vanz21
    Menurut I, justru Ninja memiliki image yang lebih kuat sebagai produk sport racing. Performa lebih sebagai motor sport yang cukup layak diperhitungkan sebagai juara. Narayani Sena ya Ninja itu, memiliki senjata performa yang luar biasa.Siapapun tahu, kalau diadu ya menang Ninja 250 dari pada CBR 250. Nama besar Ninja ya nama besar Narayani Sena. Tapi apalah artinya jika diadu oleh Nama Besar BRAND HONDA.Karakter Khrisna dan AURAnya ya Aura Brand Honda ini. I cenderung menganggap Arjuna yang kalem ya CBR 250 ini.memang Arjuna memiliki kemampuan bidikan panah yang luar biasa dan senjata sakti seperti halnya fitur Injection dan C-ABS pada CBR.tapi tak ada artinya jika kekuatan arjuna harus melawan kehebatan Narayani Sena yaitu Performa 2 silinder dan mesin berkarakter Sport sejati. Justru Khrisna (Brand Honda) yang ada di kereta Perang Arjuna yang sejatinya membuat Arjuna CBR berhasil memenangkan pertempuran melawan Narayani Sena Ninja. Masalah Harga itu toh sudah sama-sama wajar secara pricing.Tidak ada keunggulan yang bener bener spesial. Kompensasi harga sudah masuk akal dan sangat wajar. I sependapat ama warung ini, justru faktor terpenting disini ya I rasa ya Brand Honda yang melekat pada produk CBR itu sendiri. Sehingga penyerapan market terhadap CBR 250 dan Ninja 250 berbeda.

  23. Jikalau kesuksesan CBR dianggap karena faktor Pricing, I tidaklah setuju. Tak akan sampai meledak seperti ini. Di segment Premium, pricing tak terlalu signifikan menentukan pilihan konsumen terhadap pembelian sebuah produk.Konsumen premium cari kualitas dan merk. Bukan Harga. Kalau kelas produk motor di bawah 20 juta iya, tapi ini kelas 30 juta ke atas!

  24. Kalau Minerva VS Ninja secara kwalitas berbeda jauh. Gak perlu bandingin Brand, bandingin kualitas produk juga sudah I anggap jauh dan tak layak dibandingkan.

  25. wes tunggu cbr150 perang sama R15 klo keduanya jd keluar😀

  26. smart-innovation

    @ bro vanz

    Nice discussion bro. Sebuah brand yg sangat powerfull, bahkan tanpa aftersales sama sekali pun, akan tetap diburu orang bro, cth yg kita temui adalah awalmula blackberry di indo, “tanpa garansi resmi” pun, blackberry sangat bagus penjualannya dan brand image nya bahkan sangat mengganggu nokia, dmn notabene itu tanpa aftersales service sama sekali, bahkan tanpa representative office, itulah luar biasanya sebuah brand image. Sehingga setiap produk yg diluncurkan blackberry, apapun type nya, sangat disukai oleh target market masing2 type tsb. Nah saya lihat dalam kasus ninja vs cbr pun, faktor utama yg paling berpengaruh dalam pertarungan ini lebih kepada brand image vs product value, bukan pricing strategy vs product value (dalam asumsi brand imagenya hampir sama kuat). Karena: 1. Brand honda jauh lebih kuat drpd brand kawasaki, tidak beda tipis spt yg bro ungkapkan. Buktinya abs revo laku keras, sedangkan blitz tidak. Seumpama dibalik, honda menjual blitz dan kawasaki menjual abs revo, maka blitz akan lebih laku drpd skrg, dan abs revo tdk akan selaris skrg, begitu juga dgn type bebek premium dan skutiknya. Jd, konklusinya: brand image honda menopang product image CBR 250, dan product image ninja menopang brand image kawasaki sbg pencipta motor berperforma luarbiasa. Jd brand image kedua produk tsb sangat jauh berbeda, product imagenya lah yg sedikit berbeda. 2. Untuk membuktikan bahwa faktor brand image dalam kasus ini lebih dominan drpd pricing nya, kita coba balik kasusnya mjd demikian: manakah yg lebih laku: product minerva yg berselisih 6,5jt dgn ninja (faktor pricing) atau Honda CBR 250 yg beda hanya 2-3jt dgn ninja (faktor brand image)?? Krn, IMHO, pertimbangan “memaafkan kekurangan fitur yg ada krn harga yg lebih murah/selisih jauh dgn product lain yg dibandingkan) adalah bukan karakteristik primary segment motor sport, jd target market ninja 250R tdk akan mempunyai pertimbangan tsb, dan target market CBR 250pun akan membeli CBR 250 BUKAN karena pertimbangan tersebut. Lebih jelas lagi, konsumen di luar kedua target market tsb lah yang akan mempunyai pertimbangan “memaafkan” ini. Dan konsumen ini belum tentu pada akhirnya melakukan pembelian, seringkali hanya mempertimbangkan, krn memang konsumen jenis ini adalah di luar target market CBR maupun Ninja. Itu opini ane bro, senang berdiskusi dgn ente bro. Bgmn dgn bro2 yg lain? Nice to discuss with you all. Apalagi ama yg punya warung, yg “sakti mandraguna”. Hehehehe.

  27. @ Smart
    Sepertinya tidak bisa membandingkan karakter Brand Sport dengan yang terjadi pada Bebek Bro. Semisal You balik blitz merk Honda dan Revo merk Kawasaki, ya jelas lah. Pasti revo tak laku. Tapi disini Ninja adalah brand produk yang jauh mengungguli kekuatan Brand Kawasaki sendiri. Ibarat You tanya turis asing antara Bali dan Indonesia. Tapi maksud You bener. I coba bandingkan seandainya CBR 250 itu merk Minerva gimana? Atau merk Bajaj? Apakah selaku pake merk Honda. Begini aja jika Minerva mengeluarin produk sport racing dengan fairing yang memiliki spek setara bahkan lebih dari CBR 250, dgn mesin DOHC injeksi dan C-ABS, atau mungkin mesin L 2 silinder ala Ducati sekalipun dengan pricing yang jauh lebih murah. Apakah akan lebih laku daripada Kawasaki Ninja 250 R?

  28. smart-innovation

    @ bro sas
    Setujuu ama ente bro, cm cara ane jelasin blm bs segamblang dan se-mudah dimengerti seperti kl ente yg jelasin bro. Abis ngebaca komen ente, komen ane terasa mbuletisasi, hehehe

  29. @ Smart
    Kalau menurut You punya opini bagaimana dengan R15 vs CBR 250?

  30. smart-innovation

    @ bro sas

    Bener bro, product image ninja bahkan jauh lebih kuat drpd brand image kawasaki sendiri. Bahkan, product image ninja lah yg menopang brand image kawasaki (spt komen ane). Seumpama kawasaki tdk menelorkan produk ninja, barangkali brand nya akan jauh lebih lemah drpd skrg. Cm itu sengaja ane balik supaya bs dimengerti perbedaan antara product image dan brand image.

  31. @ smart
    Sorry, maksud I, CBR 150 vs R15. Bagaimana? Apakah R15 benar2 tak berkutik karena kalah produk sekaligus sedikit kalah Brand? Atau ada keunggulan lain dari R15 misal desain bodinya? Masalah desain sih selera ya kalau menurut I punya pendapat, kalau I lebih pilih CBR 150 secara desain lebih fresh modern. R15 buntut Vixion gak terlalu berbeda dengan Vixion berfairing.

  32. Masalah Hp BB dan mtr kasus ny berbeda bro!
    Klo hp mahh tukang service pinggir jalan juga bisa tohh yg jual dan spare part ny banyak di itc roxy mas dan terpengaruh gaya hidup artis yg sk mejeng bb di TV sehingga masyarakat jdi latah pke bb…

    Harley,??
    Sebulan yg terjual berapa unit bro,??
    Coba bandingan kan sm honda atau kawasaki lahh klo ga tega, hahaha

    perlu Tengok lahh bajaj
    harga murah, kualitas prima tp karena issu 3S yg kurang baik ga sedikit lohh banyak konsumen r2 yg brpangling ke brand mtr lain…

    Untung ny ini kawasaki meski 3S kurang di banding honda tp Nama ninja series itu sendiri udah menjadi jaminan performance dan First mover di segmen sport 250cc mangka ny moncer penjualan ny… Tp karena skg ada CBR 250cc… Yha mulai keliatan pengaruh 3S… Ibarat orang buka 10 toko sm 1 toko di suatu propinsi pasti berbeda penjualan unit ny perhari…

  33. smart-innovation

    @ bro sas

    ane kagak setuju dibilang tidak berkutik bro, mengingat image vixion yg sudah bagus di indo, apalagi kl ini versi upgrade nya. Cuma kalau melihat kuatnya image CBR 250 saat ini, maka image CBR 150 sebagai “adiknya” tentunya akan sangat berat utk dilawan oleh R15. Apalagi brand image Yamaha yg saya lihat mulai meredup krn tidak konsistennya produk value, komunikasi promosi dan brand image yg selama ini telah tertanam di masyarakat. Jadi, CBR 250 pasti akan mempunyai image yg lebih kuat daripada R15, tentunya penjualannya juga akan demikian, tetapi ini juga sangat tergantung pada desain R15 yg akan dilaunch di indo, spec mesinnya. tp kalau sampai kalah telak kemungkinannya kecil bro. CMIIW

  34. @smart-innovation
    lohh,,, bukanya iklannya sekarang begini
    “Beli motor yamaha apa saja dan menangkan undian 2 milyaaaarrr…!!” begitu kahh? ato saya yang salah denger yaa??😎
    nah, mengenai value for money, IMHO lho,,, apa dalam studi byson VS NMP terkesan aneh, kayaknya bukan masalah harga atau fitur, tapi mutlak tampang yang jadi pertimbangan utama orang indonesia,,, pertimbangan byson yang desainnya lebih bagus dan fresh itu ngalahin NMP yang secara fitur lebih lengkap, mesin yang bagus dan harga yang lebi murah😀

    *btw, smart-innovation tu kayaknyaa,,, Yamaha Lexam yaa?:mrgreen:

  35. @smart
    Kalau menurut I sih dengan kondisi Yamaha saat ini, sudah tak memiliki power untuk merubah banyak R15. Paling hanya sedikit tune di mesin dan desain bodi. Kalau sudah begini tak lagi memiliki keunggulan berarti lagi untuk berhadapan dengan CBR150. Bukan tak laku sama sekali, tapi lebih tepatnya tak berdaya. tak

  36. @vanz21fashion
    Kalo dari persepsi saya bukan masalah pricing deh bro,,, kalo pricing dengan selisih 6,5 juta doank sih gak lebih dari 20% selebihnya,,, coba deh dipertimbangin➡
    1. Nama besar honda VS nama KAwasaki (Brand)
    2. Nama Besar CBR VS Ninja (Brand)
    poin satu ama dua itu harganya udah lebih dari 5 juta lhoo…
    3. Desain yang lebih fresh dan up to date VS Ninja yang orang udah bosyen
    4. Fitur digital spido, injeksi dll VS Fitur seadanya…
    5. Masalah mesin,,,, orang juga udah tau kok konsekuensinya, juga tau kalo torsinya lebih gede
    6. Iklan yang minim tapi dikemas secara menarik, dan dibahas oleh beberapa blogger Indomotoblog VS gak ada iklan dan gak dibahas ama blogger,,,

    kalo ditotal poin 1,2,3,4,6 mungkin udah punya harga 10 juta lebih ituuhh🙄

  37. smart-innovation

    @ bro Long

    Image sebuah brand bukan hanya ditentukan oleh jumlah 3S atau aftersales service nya , atau ketersediaan spare partnya saja bro. ketersediaan spare part, jumlah 3Snya, pelayanan 3S nya, yg kalau dirangkum mjd satu kata adalah “aftersales service” nya, bukan pemicu utama seseorang memilih sebuah produk, baik itu motor, handphone, mobil, maupun lemari atau furniture, dll. salah satu contoh yg saya kemukakan adalah blackberry yg tanpa aftersales service tetap laris manis di indo, ini merupakan salah satu contoh extrim yang saya pilih utk menggambarkan kekuatan brand image.

    kembali ke kasus motor, kalau yang menjadi faktor utama pemicu pembelian adalah 3S dan aftersales servis, maka seharusnya suzuki thunder lebih laris drpd kawak ninja, krn jml 3S suzuki jauh lebih banyak dibanding kawak. tetapi kenyataannya tidak demikian kan?? sesuai dengan opini bro Long bahwa

    ” Nama ninja series itu sendiri udah menjadi jaminan performance dan First mover di segmen sport 250cc mangka ny moncer penjualan ny… ”

    Nah, dalam kasus ini, in my opinion, product image jauh lebih kuat dibanding aftersales service. Apalagi utk segment premium sport, karakter konsumen tentunya menomorsatukan performance dan design, dan menomor sekiankan aftersales service. that’s IMHO bro. keep nice discussion.

  38. smart-innovation

    @ bro mercon
    bener bro, kl ga salah iklan nya emang gitu kok. beli motor yamaha apapun, bisa ikut undian 2 Milyar. Tapi IMHO, aktivitas kampanye promosi 2M itu gak ngaruh sama sekali bro, gak akan buat org yg belum mau beli motor jadi mau beli motor yamaha, dan gak akan ngubah org yg mau beli merk H jd beli merk Y. setuju bro?

    Value for money adalah Benefit dibanding harga. benefit bukan hanya soal teknologi dan performance (functional benefit), tetapi juga desain dan image produk itu sendiri (emotional benfit). Nah utk kasus byson, byson sangat kuat di emotional benefitnya (desainnya) sedangkan NMP kuat di functional benefitnya (fiturnya), dan ternyata dalam kasus ini konsumen lebih mengutamakan emotional benefit, lebih mengutamakan penampilan daripada performa dan kualitas mesin.

  39. @Mercon C
    Setuju ama You. Cuman di nomor 5 gak semua orang ngerti. Gak semua pembeli tahu detail. Justru nomer 1,2,3,4 akan lebih dominan pengaruhnya.

  40. @ smart
    Secara fitur tetep Byson lah. Fitur jelas lebih unggul. Secara performa mesin mirip.

  41. Arif Rakhman

    pengajaran yang baik dan mengena memang sebaiknya menggunakan perumpamaan atau peribaratan. ditunggu peribaratan selanjutnya, om genesis

  42. Mangka ny bro di komen ane yg pertama ga ada kata “mutlak 100% karena pengaruh 3S seseorang memutuskan membeli suatu barang” Tp cuma bilang “cukup berperan besar”… Jdi 3S Disini yg ane maksud cuma faktor pendukung suatu produk agar bs laris di pasaran…

    Klo soal “Product image lbh kuat di banding aftersales service” ane setuju krn dlu jga pernah beli Ninja ga mikirin 3S ny!

  43. @ Bayu
    R6 the best desain itu juga mengaplikasi knalpot “mid muffler” desain. Sama persis seperti CBR 250 dan CBR 150. Lha R15 masih pake model tabung biasa githu. Apanya yang sama kaya R6? I jadi gak ngerti?

  44. @smart-innovation
    yup, memang menarik kalo ngebahas fungsional benefit dan emosional benefit, Yamaha memanfaatkan betul selera orang indonesia yang mengutamakan tampang diatas segalanya,,,😀

    Yup, memang masih dalam rangka iklan yaa,,, nah, tapi ada pengaruhnya kok,,, Bulan pertama undian,,, cuma Beli Mio doank, bisa ikut undian khann?? misalnya ada yang pingin beli matic 110, antara Beat dan Mio,,, khan pertimbanganya :
    – Beli mio… Bisa kemungkinan menang undian biarpun kemungkinan kecill… ya khann,,,
    – Masalah irit, fungsional dll,,, itu cuma beda tifiss:mrgreen:➡ hasilnya,,, bisa diliat,,, Mio menjadi matic terlaris, meskipun secara penjualan total skutik Y dikalahin H yang maen keroyokan,,,

    Beberapa bulan kemudian,,, Beli motor Yamaha apa saja, bisa ikut undian,,,
    Hasilnya
    – Penjualan abs Revo anjlok, Bebek Yamaha langsung ngalahin penjualan Honda secara total

    Kemungkinan kalo R15 juga dikemas secara menarik dengan desain yang notabene adalah versi bonsai dari R6,,, gak menutup kemungkinan hasilnya begini
    – Tampang sama kerennya,,, tapi bisa menang undian 2 milyar walaupun kecil

    segitu aja,,, thanks,,,
    *diskusinya menarik😀

  45. Bagus ceritanya Kang.
    Keep posting yaa…

  46. wow ternyata diskusi disini sangat menarik.
    lanjutkan bro…

  47. hmmm…
    klo menurut ane cepetnya CBR250R menjungkalkan dominasi Ninja250 lebih disebabkan gabungan BRAND IMAGE HONDA dan PRODUCT IMAGE CBR sendiri.

    kita tau disini bahkan diseluruh dunia brand honda jauh lebih populer dibanding kawasaki.

    begitu juga dgn nama CBR.
    disini CBR udah populer dulu sebelum produk CBR brojol.
    sedangkan ninja baru dikenal baru2 ini.

    gambungan Brand image honda yg kuat dan nama CBR yg sangat populer ini yg membuat CBR250R dgn mudah menjungkalkan Ninja250.

  48. @bro smart-innovation

    ane kurang sependapat klo undian hadiah 2M itu gak berpengaruh.

    memang itu gak akan mempengaruhi semua org, tp gak bisa dipungkiri jg banyak org yg beli produk y gara2 hadiah itu.

    ini terjadi sama istri ane sendiri.
    tadinya istri negitu kesengsem sama scoopy dan vario techno, tapi begitu lihat iklan yamaha yg nayangin pemuda desa yg dapet hadiah 2M, istri ane jd mau beli mio dgn harapan bisa dpt hadiah itu.

    ane yakin diluar sono banyak org yg punya pemikiran sama dgn istri ane.

  49. smart-innovation

    @ bro mercon yg lagi dilema

    FBY ya bro? Atau malah kerja nya di YMKI??? Xixixi. Piiss!!
    YMKI emang kebetulan masukin byson yg tampangnya disukai masyarakat indo, sehingga ketika kalah fitur pun, msh bs bertahan menghadapi NMP, tp itu dgn jumlah penjualan yg blm maximal lho bro, menurut saya, YMKI tidak berani menggelontorkan byson ke market, tdk seperti megapro. CMIIW. Karena, seumpama supply byson ke pasar dinaikkan 2X lipat atau 3X lipat, di market pasti over stok utk type byson, jd YMKI sengaja tidak menambah supply byson ke market agar tdk segera over supply, krn kl over supply diskon pasti mulai besar, dan dealer tidak profit utk type ini, pdhl saat ini diskon semua type motor Y selain type sport sudah sangat besar. Jd, tidak dapat dikatakan bahwa byson sudah mengalahkan NMP. Lebih tepat dikatakan kl byson belum sampai pada titik maximal kemampuan jualnya yg sebenarnya.

    Mengenai undian 2Milyar, jauh lebih besar efek negatifnya dibanding efek positifnya bro. Menurut saya, terlalu mentah dan one dimensional kl dikatakan bahwa kenaikan mio diakibatkan undian 2Milyar bro, bahkan seorang penghobby judi togel sekalipun tdk akan mengambil keputusan membeli mio krn undian 2Milyarnya bro, hr ini, kl ada org yg membeli mio, itu semata-mata krn nama besar mio yg sangat luar biasa di masa yg lalu, image mio sbg pelopor matic itulah yg dibeli, bukan undian 2Milyarnya bro. Justru image Brand Yamaha malah semakin tercoreng ketika beli motor Yamaha type apapun dpt undian 2Milyar, kesannya seperti produk yg udh mulai ndak laku dan kehabisan akal untuk menaikkan penjualan, imagenya justru menjadi: “motor2 Yamaha skrg ini kok kurang diminati yha?? Buktinya sampai dikasi undian2 gt”. Apalagi utk segmen sport bro….. Apakah seseorg akan memilih R15 dibanding CBR150 krn undian 2Milyar??? Kalau undiannya 200Milyar mungkin akan menjadi pertimbangan bro kl utk segment bebek/skutik, tp utk segment sport mungkin butuh undian 2Trilyun utk mengubah seseorg yg mau beli CBR 250 mjd beli R15. Hue he he. Pisss bro, just my opinion

  50. Sesuai judulnya komen diskusi di sini Mahabharata. Makin menarik nich.I jadi stay tune on lap top terus.

  51. smart-innovation

    @ bro exyband: bahkan seorang penjudi togel yg sangat-sangat hobby bermain togel pun tidak akan membeli mio krn ada undiannya. Dia akan tetap menggunakan “rumus khayalan” dia utk menghitung angka togel yg akan keluar, dan tetap berjudi togel krn dia yakin rumus yg dia gunakan itu akan membawanya mjd org kaya. Tetapi dia tidak akan membeli mio dan kemudian berharap secara pasrah suatu saat dia akan mendapatkan 2Milyar. Mungkin dibutuhkan penjudi yg baginya judi itu sudah mendarah daging untuk mau membeli mio atau motor Yamaha apapun dengan iming-iming hadiah milyaran rupiah. Kalaupun ada org yg demikian, barangkali di seluruh indonesia hanya ada bbrp gelintir orang saja, dan tdk semua nya pada akhirnya memutuskan utk membeli mio juga. Nah skrg tolong dibandingkan dengan efek negatif seperti yg telah saya jelaskan pada komen saya diatas. Kl ditmbang-timbang lebih berat yg mana?? Efek negatif atau efek positifnya?? Keep nice discussion bro..

  52. smart-innovation

    @ bro sas : mahabarata tp menurut saya masih tetep sehat kok diskusi nya…🙂

  53. @smart-innovation
    Lho,,, jadi heran nih😳 kalo menurut saya sih bukannya Yamaha sengaja gak menaikkan suply byson ke pasaran, tapi dari beberapa sumber karena gak lain dan gak bukan adalah
    1. Katanya masih ada beberapa komponen yang musti diimpor dari India, jadi inden bisa 3 bulanan bahkan lebih
    2. Adanya kecenderungan konsumen memailih warna tertentu, misalnya yang banyak dicari kan warna merah😀
    3. dealer mengtamakan yang beli kredit daripada Cash
    Jadi, seandainya Yamaha bisa mempercepat inden saya yakin bisa ngalahin NMP, disitulah ketika byson sudah bisa ngiringin NMP dalam hal penjualan gak lama lagi Era CBR150R dan R15 bakalah jadi bahasan menarik,,, ya gakkss:mrgreen:

    Kalo menurut saya juga, program iklan 2 milyar memang berdampak negatiff,,, tapi gak secara langsung broo,,, contoh kasusnya begini,,,
    1. Ada yang beli Mio yaa,,, kredit nihh,,, udah dapet undian khann,,, nah, dia sambil melunasi itu cicilan, dia menunggu dan berdoa semoga memang undian,,, ketika gak menang apa yang terjadi?? waw,,, yang beli kesel,,, dan bahkan bisa-bisa tu Mio langsung dikreditmacetin
    2. Skenario lainnyaa,,, beli secara cash,,, nah, yakin deh kalo konsumen gak sreg ama plihannya, doi bisa jadi nyeseli keputusanyaa,

    jadi efeknya itu menurunkan image motor dan pabrikannya secara agak lama dan gak lansung gituhh:mrgreen:

    Oleh karena itu coba bro smart-innovation yang notabenenya seorang FBY sejati (LEXAM),,, ya khann🙄 coba deh sarannya pada diterusinn…

    *bakarrr
    salam http://otomercon.wordpress.com

  54. @smart-innovation

    hmmm…
    diskusi yg sangat menarik bro.
    yg pasti sih untuk sementara program undian hadiah 2M masih sangat efektif bagi ymh agar bisa bertahan dari gempuran maha dahsyat dari hnd.

    terbukti dgn intensitas penayangan iklan hadiah 2m yg sangat tinggi baik di tv, radio, spanduk2, dll membuat market ymh naik cukup signifikan bln maret kmrn.

    klo aja gak ada undian spt itu mungkin market share ymh akan terus turun spt bln2 sebelumnya.

    meski jangka panjangnya bisa buat jelek image ymh…

  55. untuk kasus byson…., ane kok merasa ada sesuatu yg ganjil.
    biasanya utk produk2 dgn harga lebih murah target pasarnya akan semakin tinggi.

    spt nmp pasti lebih tinggi dibanding tiger dan tiger sendiri akan lebih tinggi ketimbang cbr250r.

    tp knp byson cuma ditargetkan 5000 unit sebulan?
    malah realnya cuma 3000-an sebulan?
    sangat jauh klo dibanding target vixy yg sampai 20 ribuan sebln.

    pendapat ane, byson sengaja dibuat kecil demi vixy yg udah terlanjur besar kapasitas produksinya.

  56. mungkin satu option lg dr ymh, engine swap byson pake mesin kalajengking xixixi siapa tau, keadaan terjepit bisa mbikin orang kreatip

  57. banyak org yg beli vixy dan scorpio gara2 males indent byson.
    apa jadinya klo byson diproduksi maksimal?
    bisa2 vixy dan scorpio z gak laku….!!
    setau ane kapasitas produksi vixy udah sampai 23 ribu sebulan…., bisa dibayangkan berapa banyak investasi yg dikucurkan buat bikin line up produksi segitu besar?
    apa jadinya klo investasi yg begitu besar gak kepake gara2 lebih memilih adiknya yg lebih ganteng secara fisik?

    alesan lain, ymki masih ragu dgn kualitas byson yg sebagian komponen masih impor dr india

  58. smart-innovation

    @ bro mercon : kebetulan nama ane sama dgn slogannya lexam, cm bedanya nama ane smart innovation, kl lexam tuh innovation but not smart.

    Bro, YMKI tuh pabrik segedhe gajah, kl dia bener2 mau konsen di satu type, masa production planningnya seperti itu bro?? Sampe komponennya telat2?? Kalaupun sampai telat, masa sampai berbulan-bulan gini?? Kecuali memang dikondisikan demikian utk kepentingan tertentu kan?? Untuk tujuan khusus… IMHO bro. Yg kedua kl soal warna, kl mslhnya di warna, artinya di warna yg lain ada stok dunk?? Lha ini setahu saya byson semuaa warna indent bro, jd ga ada hubungannya ama warna. Yg ketiga dealer menjual credit saja, tdk menjual cash, itu merupakan akibat dari tidak adanya stok, bukan mjd penyebab tidak ada nya stok.

    Terlalu dipaksakan rasanya bro kl sampe macetin kredit krn ga menang undian. Kl dihitung-hitung, total duit yg dikeluarkan utk DP dan angsurannya sampai undian diumumkan minimal udh keluar 2jt lebih bro, gak mungkin dunk kl duit segitu “dibuang” begitu saja krn ga menang undian, lagian semua org juga tau kl itu diundinya seindonesia bro, mereka sadar kl kemungkinannya juga sangat kecil, jd gak akan sampe segitunya berharapnya. IMHO, alasan itu terlalu dipaksakan dan tidak logis. Menurut ane, justru image sbg brand yg kebingungan krn produknya tidak laku itulah yg sangat berefek negatif.

  59. petinggi ymki pernah bilang klo motor buatan yamaha india itu kualitasnya rendah.

    sedangkan info dari bro mercon diatas klo sebagian part2 byson masih diimpor dari india.

    apa yg terjadi dilapangan ternyata memang menunjukkan klo kualitas byson masih jauh dibanding motor2 buatan lokal, dari setiga yg gampang patah, spido berembun, kondom tanki yg retak, dll.

    dgn kualitas byson yg masih meragukan ini, ymki sengaja membatasi produksi byson.

    semakin banyak yg dilepas akan semakin banyak yg komplain.
    IMHO

  60. wkwkwk,,, kok bisa bro,,, lexam = innovation but not smart:mrgreen:
    ➡ bro exyband ada benernya kok, mungkin kalo poin pertama,,, yakin deh, dari info yang beredar memang seperti itu,,, atau gimanaa gituu, yang jelas bukan faktor kesengajaan

    tapi kalo poin nomer 2 dan 3 sih sepertinya sampeyan ada benernya deh🙄

    *nyiapin artikel😀

  61. smart-innovation

    @ bro mercon: soalnya lexam memang sebuah inovasi tetapi tidak sesuai dgn karakter target market yang mau dituju, krn itu menurut ane lexam is innovation but not smart, just IMHO bro, CMIIW.

    ane setuju ama pendapat bro exyband bro, dalam hal byson, semakin banyak yg diluncurkan, akan semakin berbahaya, karena akan semakin banyak yg bermasalah, jd YMKI sengaja mengerem produksi byson, dan memaximalkan vixi.

    @ bro exyband
    IMHO bro, undian 2Milyar bukan faktor utama terhadap kenaikan Y di bulan maret, kalaupun ada efeknya, efek ini sangat lah kecil, IMHO, Y naik cukup banyak karena H tidak menggencarkan program2 pricingnya selama bulan maret kmrn, bukan karena undian 2Milyarnya. CMIIW.

  62. anton nugroho

    lha bank-bank besar di indonesia, pada ngasih hadiah milyaran juga. gak tau efek positifnya, tapi negatifnya gak ada tuh, malah keliatan bonafit kayaknya. Juga merek toyota, ngasih hadiah milyaran juga, padahal merek terlaris di indonesia. gimana analisisnya?

  63. @smart-innovation

    lho skrg ini cukup pake duit 500 ribu udah bisa bawa pulang mio plus hadiah langsung yg bisa berupa TV lho bro.

    jelas secara itung2an gak rugi, ibaratnya cuma dgn duit 500 ribu udah dpt TV, jaket, helm, plus pinjaman motor selama 2 bln.

    udah gitu masih bisa dpt undian hadiah 2 miliar, emas batangan, avanza, dll.

    siapa yg gak ngiler coba?

  64. Kasus byson menurut I tak lebih dari trias politica. Yamaha Global dalam penerapan efisiensi dan keseragaman produksi serta sistem mampu tukar produksi antar negara sebagai satu kesatuan produksi secara International sebagai kebijakan langkah baru YMC untuk mengatasi krisis Yamaha. Indonesia sebagai cash cow machine harus memasarkan Byson dengan Part India. Karena R and D Yamaha untuk kawasan ASIA selain Asia Timur untuk motor Sport berada di India. Alhasil…terjadilah seperti sekarang, suplai spare-part tersendat2 karena Yamaha India tak terbiasa produksi jumlah besar seperti di Indonesia. Belum lagi karena uji coba politik YMC masih tersendat banyak hal karena masih dalam tahap percobaan.

  65. Motorku malah namanya karisma.

    * Latihan diskusi nggak membangun.🙂

  66. wah manteb banget diskusinya.
    diskusi tingkat tinggi.
    ane mundur teratur aja deh…….
    takut diketawain…
    xixixiii………

  67. Ckckck…selalu ada yang baru dan fresh disini…artikel yang dalam dan tajam, serta diskusi tingkat tinggi.
    Nyimak dan monitor terus.

  68. Menurut I, soal undian 2 miliar di Bank dan di motor jauh berbeda. Pada produk jasa itu suatu added value. Kalau di produk motor, itu menambah harga jual. Ibaratnya nombok togel untuk diundi sama2 se Indonesia Raya. Dari pada gitu ya image konsumen dipotong aja langsung pada harga jual. Gak perlu pake undian segala. Sebaliknya di Bank, konsumen tidak merasa membeli suatu produk. Lagipula apa ada yang pindah Bank gara2 faktor undian. Misalnya nich Bank Mandiri dan Bank BCA sama2 menghentikan program undian berhadiah. Sedang ada Bank lain datang dengan Undian 100Milliar. Apa nasabah kedua bank itu akan hijrah bedol deso ke bank yang ada program Undian? Program undian di Bank cuma added value aja. I justru merasa program undian di motor adalah program promosi untuk buang budget yang telah ditetapkan. You know well what I mean.

  69. acara undian 2 milyar justru bukan bumerang atau merusak image Yamaha. dikarenakan ( menurut gw ) undian 2 milyar ini adalah untuk memanjakan dan memberikan surprise balik kepada konsumen Yamaha yang selalu setia dengan product Yamaha. jadi tolong ditelaah balik deh mengenai perkataan yang mengatakan bahwa undian 2 milyar menandakan product Yamaha ga laku.!!!

    Yamaha R15 vs CBR150 ?? Yamaha ga bisa berjibaku ?? siapa bilang. sekarang mari kita lihat, Yamaha dengan Vixion yang mempunyai kekuatan dan kedigdayaannya di kelas sport telah jelas mengatakan sebagai sport dengan performa yang baik dan stabil. sedangkan honda dengan NMP dan Tiger yang telah jadul tersebut malah jadi bumerang sendiri bagi kubu Honda. mari kita lihat bersama aja deh bagaimana pertarung 2 raksasa jepang ini. R15 vs CBR150.. kita buktikan bersama dilapangan nanti…

  70. powerpuffgirls

    Memang tidak bisa dipungkiri bahwa pergerakan pasar tidak terduga walaupun smua orang bisa aja memprediksi..Klo menurut prediksi ane dengan nama besar HOnda plus CBR, ya pasar CBR 150 akan terbuka cukup lebar..dan penerimaan pasar akan cukup positif, let see aja..tul ndak??

  71. semua emang tergantung selera masing2 konsumen n daya tarik dari produk tersebut serta bagaimana strategi penjualannya. honda cbr 250r emang udah mengambil hati banyak konsumen nie…

  72. lae togar anak medan

    ademmm blognya….. dingin sedingin es. pengunjung warung rata2x org cerdaz. zama dengan pemilik warungnya. mbrrrrrrr…….

  73. Kalau I pilih motor Sport, I gak bayar untuk undian, I pilih motor yang I suka, berperforma, hi tek, DOHC, injeksi, multi silinder, modelnya keren. Dan juga Punya Brand terpercaya.

  74. Aku beli cs1 juga krn cs1 adik paling kecil dari keluarga cbr. Dan nama besar cbr sbg motor sport peforma tinggi yg gampang dipakai tetap terasa bahkan di adiknya yg paling kecil ini. Tidak sia2 H membangun product image cbr, krn imagenya sesuai dgn kenyataan, tidak sekedar nunut terkenal.

  75. @black rider

    ente FBY ya bro?
    apa malah sales Y?

  76. tok tok tok
    crek crek
    kocap kacarita,….

  77. @lae togar,…
    Diskusi di atas itu merupakan diskusi khas orang indonesia,…
    Kalo gusdur bilang,…diskusi orng kita itu,…lama…panjang,….sampai di tinggal tidur dulu,…begitu bangun,…masih di situ situ juga,…
    Jadi bukan diskusi yang membangun.
    Itu kata gusdur yang di sebut wali karna kalo rapat tidur,…tapi pas bangun bisa ngikutin perkembangan rapat…la iya…wong gak berkembang. Hwe heh heh weh weh

  78. Tambahan lagi, kalau beli motor niatnya ikut undian 2 M, ya inilah profil calon customer yang suka togel.

  79. @bro smart-innovation
    yup,,, saya paham, pertimbanganya,,,
    – Jika ada iklan, maka antrian inden bukan hanya akan mengular, tapi mirip trend ulet blu yang makin banyak dimana-mana,,, ya too?? malah akan menjadi bumerang di kubu yamaha sendiri
    – Sendangkan kalopun misalnya byson emang bermasalahh,,, berarti semakin banyak yang keluar semakin banyak yang bermasalah,,, yakhann:mrgreen:

    setuju ama exyband
    ibu kos beli mio juga model 500 rb doank kok😀

  80. Apakah jika R15 keluar dan ada undian 3M, orang akan pilih R15 dari pada CBR150? Tanya knapa?

  81. @ pino

    gw bukan sales bro. tapi kenyataan di lapangan berbicara seperti itu. data2 juga berbicara bahwa performance Yamaha emank lebih mantap daripada honda kan?? banyak masalah klasik di honda yang harus diperbaikin. body yang perlu revisi ulang, gear ( rantai ) sport honda yang cepet aus serta harga nya mahal. performance sport honda yang memble, dsb
    hal2 tersebut sudah membuktikan bahwa honda bukanlah lawan Yamaha kalo berbicara soal performance dan kualitas product

    satu hal lagi, gw adalah masyarakat biasa. gw bukan FBY, FBH, ataupun gw sales. sales mah gw kagak sempet komen dan ngurusin soal beginian. mending juga gw kejar setoran hehehehehe

  82. smart-innovation

    @ bro anton : di perbankan, hadiah undian itu tidak terlalu memberikan efek apa2, sbg contoh, undian di bca, bank mandiri, dan bri , apakah krn undian maka sesorg yg mau menabung di sebuah bank lain akhirnya mengurungkan niatnya dan memutuskan utk menabung di bca?? Sama sekali bukan bro, sesorg menabung di bca adalah krn atm nya banyak, dan org yg menabung di bca jg bnyk, jd memudahkan transaksi, that’s all, kagak ada hubungannya ama undia2. Begitu pula dgn bank mandiri dan bank bri. Sebuah undian di bank hanya akan menambah “gebyar” nya saja, tidak menjadi concern factor dlm keputusan menabung di bank mana. Itu dalam hal perbankan. Sedangkan dlm kasus otomotif, penentuan pemilihan motor yg hendak dibeli sangat ditentukan oleh product dan brand imagenya, sekalipun Yamaha mengeluarkan undian 20Milyar, tidak akan serta-merta mengubah seseorg yg akan membeli beat mjd mio, revo mjd vega, ataupun supra mjd jup z, apalagi di segment sport yg notabene konsumennya cenderung “mencintai” produk yg dipilihnya, dan biasanya mempunyai pertimbangan yg matang dlm memutuskan membeli type motor ttt. Apakah undian 2Milyar tsb mampu mengubah keputusan pembelian motor H ke motor Y, pdhl itu diundi se-INDONESIA bro. Kemungkinan menangnya sangat-sangat kecil. That’s MHO bro.

    @ bro anton n bro black: kl tujuannya adalah apresiasi thdp konsumen setia, hrsnya bentuknya program Repeat Order bunga ringan, atau tukar tambah, motor lama anda kami hargai lebih tinggi dari harga pasaran, jd tujuannya jelas, konsumen lama akan mendapat keuntungan kl tetap setia pada yamaha dan membuktikan kesetiaannya dggn membeli produk baru, jd sasarannya jelas hanya konsumen lama. Sedangkan undian 2M tujuannya kan jelas masyarakat umum bro, jd itu bukan apresiasi thdp konsumen setia, tp itu usaha sales campaign, berusaha meningkatkan penjualan dengan memberi iming-iming hadiah undian milyaran rupiah dgn tujuan konsumen tertarik dgn undian itu dan membeli produk Yamaha. Nah, problem nya adalah kesan bahwa Yamaha adalah brand yg “semakin di depan” yg sudah semakin kabur image nya di masyarakat akan menjadi semakin kabur lagi imagenya dgn campaign besar2an mengenai undian 2Milyar ini. Seharusnya, Yamaha kembali ke DNA awalnya yaitu motor kenceng ygg “semakin di depan” , aktivitas promosi pun diarahkan kesana. Lha undian 2Milyar ini akan membentuk image Yamaha sebagai brand yg menjual mimpi dan mengiming-imingi konsumen dengan mimpi milyaran rupiah. Semakin intens iklan 2Milyar ini didengungkan, semakin kabur pula lah DNA yamaha sbg brand yg “semakin di depan”, konsumen jd tdk lagi melihat Yamaha sbg brand yg menelorkan motor2 kenceng yg semakin di depan, image yamaha mjd brand yg royal, yg mau memberi milyaran rupiah utk konsumen. Kok bisa seroyal itu yha?? Untungnya gedhe bgt berarti yha… Jangan2 produknya didownggrade makanya bs kasi hadiah milyaran. Kan image nya jd begitu bro. Lha trus gmn kl suatu saat undian itu distop??? Pdhl imagge yamaha sbg brand yg “semakin di depan” udh menghilang di benak konsumen krn terreplace image brand yamaha sbg brand yg “royal”. Otomatis konsumen melihat produk2 yamaha bukan lg sbg produk yg “semakin di depan”, butuh waktu brp lama lagi utk mengembalikan image yamaha sbg brand yg semakin di depan??? Semakin lama dan intens undian 2milyar ini, semakin mahal nanti effort yg dibutuhkan utk mengembalikan image Yamaha sbg brand yg “semakin di depan”. That’s IMHO bro, CMIIW

  83. @ Black Rider
    Siapa bilang Honda mesinnya pelan, itu dulu. Siapa bilang bodinya bergetar, itu dulu. Siapa bilang gearnya cepet aus? Sekarang Honda lebih cepet, lebih high tech, blade aja ada roller roker arm, seperti yang dipasang pada MX, lalu Jupiter Z masih konvensional. Kalah ama Blade.

  84. Aduh, padahal kalo beli honda sampai tgl 20 april, bisa dapet cbr250 lho..
    Terus masih ada ipad, gemini, dsb utk hadiah hiburan..ada juga revo at…

    Kepingin sih beli pcx, nggak usah dapet cbr,,dapet gemini juga bolehlah…
    Apa daya cuma kepingin..
    Hehehe

  85. @ Black Rider
    Soal harga, market berbicara, mungkin Bro yang lain bisa bantu I menjelasin ke Bro Black

  86. @ black rider
    “honda bukanlah lawan Yamaha kalo berbicara soal performance dan kualitas product”. Justru dua hal ini yg bikin aku kecewa dgn Yamaha. Satu2nya keunggulan Yamaha yg masih ada saat ini cuma enak buat nikung, selain itu, lainnya sudah luntur.

  87. @Black

    bukannya motor2 terbaru yamaha sekarang performanya memble2 semua bro?
    New jupiter Z aja maski cc-nya paling gede dikelasnya tapi performanya justru paling kecil.
    MX performanya lebih kecil dibanding CS1.
    Byson performanya kalah sama NMP.
    Mio series performanya kalah sama vario series.
    Xeon kalah juga sama PCX.
    Vega ZR kalah sama revo.
    New Jupi Z kalah sama Blade.

  88. R 15 masi bisa laris asal lebih murah dengan selisih signifikan dari CBR150, misal CBR150 28jt, ya R15 paling gak 25jt, tapi kalo range-nya agak di atas kisaran tersebut ya lebih baik supaya penjualan Vixion gak terganggu…

  89. JAFFAR_LEGEND OF THE CRAZY HORSE

    hehehehehehe undian 2 milyar apresiasi terhadap konsumen setia,emang yang menang yang bakal selalu membeli produk yamaha.kalo kebetulan baru kali ituh dia beli dan menang kasian nyang selalu setia dong,wakakakakak😆😆😆 masalah r15 ama cbr 150r,ngga ada cerita klan yzf ngalahin klan cbr,keduanya punya aura tersendiri.

  90. performa Yamaha kalah ?? itu dikarenakan Yamaha sekarang peduli terhadap safety riding bro.. tidak melulu harus kencang kan?? soal safety pun diperhatikan. mau kencang yamaha punya, mau safety yamaha pun punya kq😀

    mio series kalah ama vario ?? mana mungkin mio kalah ama vario wkwkwkwkwkk… xeon kalah ama PCX jelas lha, dari segi teknologi yang diusung aja uda berbeda :p

  91. Dalam perang selalu ada kejutan…mo baratayuda kek…perang vietnam aj USA bisa kalah, yakin deh Yamaha punya senjata rahasia yg belum dikeluarkan 100%😀

  92. new jupi emang lebih kalem dari Jupi Z yg beringas, tapi tetep aja kalo cuma blade or revo mah lewat….xixixi

    ada orang mabuk nie bandingin PCX ma Xeon…harga 30 jeti dibandingin sama yg 15 jeti😀

  93. robotic_munky

    mmmp, ngebahasnya udah kepanjangan, padahal harusnya cuma cbr250Xninja250 n cbr150Xr15
    kalo menurut ane sih
    cbr250Xninja250
    cbr250 unggul di nama honda + nama cbr + price yg OK = 3 poin plus
    ninja250 unggul di nama ninja + performance = 2 poin plus
    ni jawaban kenapa CBR250 langsung moncer . . .

    kalo cbr150Xr15
    cbr150 unggul di nama honda n cbr nya n cbr150 yg lama dikenal emang bagus mesinnya
    kalo r15 emang keren bentuknya tapi performancenya (maap) ‘cuma’ vixion
    —–
    masalahnya tinggal di pricing, berapa cbr150 matok harga, kalo emang bener ‘cuma’ 25-29jt ane sih mikir r15 bakalan kebingungan nentuin harga koz kalo mau ngikut strategi penetrasi cbr250Xninja250 bisa2 vixion turun harga . . .
    —–
    kunci perang di sport fairing 150 ada di cbr 150 sekarang

  94. Obrolan rusak gara gara Fansboy gatel bc .. Cape deh

  95. smart-innovation

    Diskusi sehat menjadi tak lagi sehat nih bro…. Ayo dunk kembali ke diskusi yg sehat lagi…

  96. iya nie. padahal saya aja cuma diam dan melihat2 aja😀

    titip lapak. Yamaha and friends akan mengadakan awards bagi blogger. dengan 25 sub kategori dan 5 kategory dan 1 the best blogger… http://www.yamaha-friends.com/?act=articles&aid=858

  97. He he he, bukan tempat bakar2an. Ini tempat diskusi paling berbobot. I setuju, lanjutkan.

  98. tapi kalo bebakaran ria seru juga
    *nyiapin jagung ama margarin:mrgreen:

  99. kembali ke jalan yang lurus
    nah, kalo kasus CBR150R VS R15 nihh,,, pertimbanganya➡
    – tampang fresh VS tampang lama
    – DOHC VS SOHC
    – Teknologi CBR VS Teknologi Vixion
    -Nama besar Honda dan CBR VS Nama besar Yamaha dan YZF
    -dll VS dll (silahkan ditambahin)😀

    *ngacir dulu:mrgreen:

  100. Wow.. Selain jago startegy taktik, anda juga penggemar epos n mytology bro.. Jangan bilang juga suka teory konspirasai n sejarah peradaban dunia y.. Karna nanti kesukaan kita benar2 sama..🙂

    N karna kesukaan kita sama, semoga rejeki n pencapaian saya bisa seperti anda kelak bro.. Karna saya seorang anak muda yg sedang merintis pencapaian besar dalam hidup ini.. Mohon doa..

  101. @mercon
    Dari tampang sebagian besar masyarakat bilang CBR 150 lebih keren, mirip kakaknya CBR 250. CBR jelas lebih Fresh dan Modern.
    Dari performa jelas sejelasnya R15 bukan tandingan CBR 150. Ama CBR lama aja bukan tandingan, I udah pernah coba ke 2nya. R15 versi IU dari india asli dan CBR 150 yang lama versi Thailand juga dari IU. Apalagi jika diadu ama CBR baru.
    Soal teknologi Jelas CBR yang menang, ini turunan dari light moge 250CCnya langsung. 250CCnya dapet teknologi moge kelas diatasnya. Injeksi terbaru, roller rocker arm, C-ABS dll. Lah R15, nyangkutin aja ke nama besar YZF, teknologi Vixion aja. Jadi soal Nama Besar yang boleh claim cuma CBR donk.
    Soal Brand…Honda jelas masih lebih unggul. Walau Yamaha sekarang memiliki pesona Brand tersendiri, akan tetapi I yakin masih belum mampu menandingi Nama Besar Honda.Masih jauhlah….silahken You tambahin sendiri.

  102. @ Blacky aka Black Rider.
    Begini Bro, kalau bicara soal performa gimana kalau Bro Blacky adu aja antara CBR 150 vs R 15. Gimana? Berani adu? He he he…pasti situ beraninya kelas bebek aja? Kalau MX lawan CS1….fuuur 10cc lho! Berani?

  103. @punk locust
    Saya Doakan untuk kesuksesan Anda Bro Punk Locust.
    Kalau soal epic, mythology, conspiration, war histories, peradaban mungkin Gue sekedarnya aja. Saya yakin Bro Punk lebih jago.
    Uhuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuy!!! buat Bro Punk.

  104. Gw mau beli mio buat istri,seandaiya gw dpt undian 2 milyar gw mau beli cbr 150 R buat gw pake harian,bokap am mertua gw beliin supra x 125,nyokap gw beliin vario,adik gw beliin satria fu buat sekolah,sisanya pasti masih bnyak lha gw tabung aja.(ngimpi.com)

  105. @ SAS
    Sedikit koreksi bro, mesin cbr250 memang mesin baru. Tapi utk cbr150, sebenarnya mesin cbr lama yg dikasih injeksi. Cuma injeksinya bagus, jadi tenaganya nambah, nggak seperti injeksi supra x yg sekarang. Jadi nggak ada c-abs, roller rocker arm di cbr150. Tapi tetap saja, karakter sport sebenarnya lebih kuat di cbr150 drpd cbr250 yg cenderung torque.

  106. @Joko
    Mantap Bro Joko, penjelasannya mantap. Tetap aja CBR 150 yang lebih perkasa khan? Sebab yang lama aja luar biasa, apalagi setelah pasang injeksi. R15 berat buat nandinginnya. I ragu seandainya mesin Vixion bisa diupgrade DOHC.

  107. hmmm…
    memang manteb diskusi disini, sayang

  108. hmmm…
    memang manteb diskusi disini, sayang masih ada aja yg jualan lpg.
    xixixixixii…

  109. pada bilang diskusi mantab,…mantab apa,…wong ndak ada perkembangan dari awal,…ini debat kusir,…biasanya kalo bakar bakar lebih seru,…tapi yang pake data,…kaya masterxeon tuh,…
    Ah….dasar dasar,…blog ming genesis ini punya orang yang cerdas,…sayang,…kalo baca komen dari sampeyan ini kok cuma capek doank.
    Harusnya koment tuh kaya bro joko di atas,itu komen konstruktif…salut.

    Lanjutkan bro

  110. smart-innovation

    Nah, kl jalannya lurus ginhi kan enak… Kl bakar2an disini ga enak ama yg pny warung, ini kan warung kelas atas, bukan warung sate pinggir jalan. Malu dunk ama yg pny warung…

    Lha yg ane takutkan kl yg tjd justru spt bro bahamut ini, sesorg bisa saja membeli motor Y krn keinginan utk mendapatkan hadiah 2Milyar nya, tp kecintaannya, favoritnya, motor yg dicitrakannya bagus, bahkan yg akan dibeli di waktu kemudian adalah justru bukan motor Y lagi, malah motor H. Jd posisi di benak konsumen adalah: kl mau beli motor yg ada undiannya ya beli motor Y, tp yg kualitasnya bagus ya motor H. Krn image motor Y yg kenceng tuh udh diserang abis2an ama H, diserang pula ama image motor “togel”, lhaaa jadinya yaaaa “semakin pasrah” . IMHO, harusnya seperti artikel bro genesis yg seblm2nya, Y harus back to DNA Yamaha sbg motor yg kenceng dan “semakin di depan”, bkn “mengakali” ataupun “menambal-sulam” kondisi saat ini dgn ide2 liar macam undian 2Milyar, dll yg justru akan mengaburkan image brand Yamaha di benak konsumen. Semakin promosi YMKI dijejali dgn ide2 liar semacam itu, IMHO, semakin cepat YMKI menggali kuburnya sendiri. Sangat disayangkan…. Jd inget kisah klasik coca-cola yg ketika itu bersaing ketat dgn pepsi sampai coca-cola kehilangan jati diri dan membuat minuman coca-cola yg “lebih sesuai dgn karakter konsumen” yaitu lebih manis, seperti produk pepsi. Dan yg tjd justru coca cola semakin terpuruk, sampai pada suatu titik dimana konsumen setia coca-cola melakukan “demo” utk menyampaikan aspirasi mereka bahwa mereka rindu dan cinta coca-cola yg lama, dan ketika coca-cola kembali ke DNA nya sendiri, maka brand dan penjualan coca-cola berangsur pulih. Semoga YMKI juga cukup wise utk mendengarkan suara2 dan aspirasi2 konsumen melalui dunia maya ini, dan kepada FBY2, IMHO, sebaiknya kita memberikan saran yg baik, bahkan kritik yg membangun kepada brand yg kita cintai, daripada terus membelanya ketika brand tsb sudah “salah jalan”, kl kita bela terus, semakin cepat brand kita tercinta tsb terpuruk. Just IMHO bro, semoga tdk ada yg tersinggung karena opini ane.

  111. boleh aja sie. mau adu mx lawan cs1 ?? jarak berapa KM ?? adu r-15 lawan cbr150 ?? ayo aja sama aku…

  112. komen dulu ah…enak neh diskusi nya….hehehe…cuma saya akan bahas CC150 aja…CBR 150 secara teknologi yang dipakai emang lebih hitech di banding R15…gw pengalaman beli dan pemakai kedua merk HND dan YMH…dari mulai Bebek jaman Astrea sampe terakhir TIGER 2007, sedang YMH mulai pake beberapa tahun kemudian sejak Vega R 2002…secara gw lebih lama pake honda…kalo gw bandingin neh…ya…Kalo mau bilang IRIT…Produk Honda Jauh2 lebih irit di banding YMH walau gak jauh2 amat kecuali MX..tuh motor boros bgt…Bicara MEsin..gw dulu minded bgt sama Honda…biarpun lebih mahal spare part nya pasti tetep aja di jabanin..tuh pakai spare part asli Astra….sampe beberapa tahun berjalan…keluhan itu muncul..pertama keluhan adalah sektor bodi…Honda kalo udah 2 tahun lebih mulai muncul masalah body satu persatu…bikin berisik bgt….akhirnya ade gw coba beli YMH ngeliat honda bodinya ringkih…pakelah Vega…Katanya mesin Vega itu masih kalah sama supra?…yah ditangan ade gw itu awet aj..body pun begitu..masih tetep kokoh gak gampang oblak….itu baru body….nah kalo yang SPOT gw pengalaman Punya TIGI…dulu gw pilih TIGI karena emang paling keren menurut gw bodynya….mesin mah gw kurang peduli….yang penting gw kuat biaya in nya…2 tahun pake tigi…kesimpulan gw neh motor “MAHAL” buat gw.sparepartnya gak nahan..kalo perfoma tigi menurut gw biasa2 aja…gak liat macem2nya…tenaga gede wajar karena cc..kalo body sepertinya masalah honda tetap sama..setelah 2 tahun mulai kendor2 tuh baut dan oblak…dah mulai berisik..lama2 kelamaan gw coba lirik YMH..kelaurin VIXI…belilah gw VIXI…dari pertama beli 2009 sampe sekrang alhamdulillah baik….body VIXI sampe skrang lom ada yang oblak atau hilang mur…ya alhamdulillah…keren..dan enak…mesin..wah kalo urusan ini gw rekomen rasain mesin vixi sama NMP…rasain bedanya….
    dari pertama beli sampe skr gw gak penah masalah tuh sama VIXI…puas lah…untuk kebutuhan gw..mau diajak buru2 ya ayo…mau di bawa lambat jarang sih…tapi lebih tepat gw bilang AWET mesin VIXI…dibanding TIGI…kedua SPARE PARTmotor tersebut yang biasa rutin harus diganti2 pun..LeBIH murah YMH…cek aja sendri Sparepart ORI nya…bandingin deh harga nya spare part ori VIXI, TIGI, dan NMP…..
    (untuk ukuran kantong gw, pekerja biasa aja dan bukan GAYUS)

    nah menyambut muncul nya CBR 150 ini…terus terang gw tertarik…cuma gw emang agak ragu sama harga sparepart nya (kata orang beli motornya sanggup..tapi gak kuat ngurusnya…sama juga bohong)…apakah honda bisa jual sparepart ori nya seperti harga spare part ori YMH., takut kaya TIGI..yang menurut gw harga sparepart nya overprice..”pastinya lebih mahal…yah fitur yang tinggi manunrut sesuatu yang mahal pula”..pasti lumrah kata banyak orang….tapi jujur gw lebih suka teknologi tinggi harga murah…itu pola pikir kebanyakan konsumen …so kalo harga CBR 15o murah atau beda tipis dari r15 itu bagus, banyak orang pasti pilih CBR 150 baru…tapi kalo harga sparepart nya jauh2 lebih dari r15 orang juga mikir….

    yah mungkin secara perform R15/vixi lebih rendah dari CBR 150 tapi bukan murahan udah terbukti koq…tpi awet mesinnnya..lah wong gw udah pake sendiri…dan harga spare partnya masih kompromi…hahaha……

    sekarang gw lagi nunggu kedua2nya hadir CBR150 dan R15…gw seneng ko kedua2nya…..yah sama2 lihat harga nya dan prare part pendukungnya….karena itu juga penting….kalo motor bagus bisa beli tapi gak kuat harga spare partnya sama aja bohong…saking takutnya rusak malah di pajang doang…buat apa nongkrong di garasi….mending yang gw bisa pake daily….body keren, mesin bagus…juga murah spare partnya..jadi punya value/nilai lebih di bisa di ambil….

  113. udah cbr mah g usah ma r-15…ma mio aja keok…ayo sapa brani lawan mio gue????

    *klonengan.com

  114. Please deh fansboy klo ilmunya cetek jgn mangap disini la.cukup ngabsen n nyimak kayak gw

  115. kalo yamaha masih seperti ini, yaa,,, masalah pricing nih sekarang, pertimbanganyya➡
    1. NMP VS Byson = lebih mahal byson padahal mesin dan fitur menang NMP, secara sebaiknya tampang gak dijual
    2. Revo AT VS Leksam = leksam lebih mahal,,, jauh malahh
    3. Mio VS Beat = Mio lebih mahal
    4. R15 VS CBR150R = palingan selisih harga gak sampe sejuta,,, soalnya berkaca dari poin 1,2, dan 3 dimana miskin fitur tapi harga luar biasa mahalll😀

  116. jadi inget komik ku yang dulu . .. mahabarata🙂

  117. Waduh, aku ketinggalan jauh nih… Aku kira warung ini udh ditinggal… Ternyata masih buka… Dan makin uhuuuyy nih…!! Baca bentar.

  118. Aha, I dapat ilham setelah baca artikel ini berulang ulang, Thanx Mr Genesis. U are the Best.

  119. CBR250 melejit boleh jadi melayani pesanan konsumen yang memang penasaran dengan motor ini, jauh sebelum motor itu resmi dilounch. Tapi setelah fakta bicara di lapangan…. time will tell, apakah 3-6 bulan ke depan penjualan masih moncer. Apalagi tengah taun bakal brojol Sang Adik yang punya tampang sama! Bisa-bisa ndlozorrr…

  120. Sebuah brand sangat kuat pengaruhnya thdp produk yg diluncurkannya. Dan kekuatan image honda dan yamaha saat ini menurut saya tidak berbeda jauh, jd seharusnya pertarungan cbr dan r15 lebih kepada produknya sendiri. Makin dalam aja pembahasan di warung ini… Two thumbs up

  121. Wis mbaca tok wae wis ngerti aku, komentatore wong pinter kabeh, FB gak payu jualan lapak disini, artikel yang selalu kutunggu

  122. Pingback: Kasus Byson VS New Megapro = Emotional Benefit VS Functional Benefit « Mercon Motor™

  123. @Ring Piston
    Brand Honda dan Yamaha memiliki equity Brand yang berbeda. Jelas Honda secara equity masih jauh diatas Yamaha. Variable Equity sendiri terdiri dr Brand Awareness (hampir sama sih, tapi Honda Top of Mind), Brand Image (Honda Unggul), Brand Loyalty (Honda Unggul), Brand Advocate (Honda Unggul- FBH lebih banyak dr FBY)
    Nah secara total Brand Equity atau Brand Value masih unggul Honda kok, I gak setuju pendapat You 100persen.

  124. @SAS dan Ring Piston
    Telak, telak…sebuah argumen yang telak.

  125. brand image saat ini untuk kasus indo masih oke lah..ten years later, brand yang inovatif akan menang….masyarakat semakin tahu…this time is globalizing era.. buka dulu topeng mu!

  126. Karisma ya?? ya..ya..ya… MX yang jauh lebih unggul di sisi Engine tak berdaya (di penjualan) lawan SupraX125…. apalagi SupraX125 dulu namanya Karisma :mrgreen:

    Perlu diingat, MX lahir (dulu) tujuannya adalah untuk menjungkalkan SupraX125 (dengan modal engine top markotop, model lebih sporty, tak lupa monoshock), baru sekarang2 kadang2 dihadapkan dengan CS1, padahal CS1 hanya penggangu

  127. Tiap produk tentu memiliki keunggulan masing”…Kebetulan sajqa CBR 150 itu lebih fresh.

    Saya setuju untuk pendapat bahwa Yamaha tidak memaintain dengan benar imagenya yang sudah di tanam di masyarakat. Salah satu faktornya, walaupun jauh banget hubungannya, sdh tidak adanya Brand ambassador yang begitu di cintai masyarakat (Valentino Rossi ). JLo belum sanggup menyamai Rossi dalam hal sebagai Brand Ambassador.

  128. @ SAS : kl brand awareness aku rasa hampir sama lahh, ga bs juga dikatakan honda Top of mind dan Yamaha tidak. Kl brand advocate masih menang honda ya iya lah, secara honda udh berkuasa lama banget dibanding Yamaha yg baru meningkat bbrp tahun terakhir ini saja. Tp kl soal brand image dan brand loyalty, apa dasarnya dikatakan honda lebih unggul dr Yamaha, menurut saya semua brand punya brand loyalty masing2. Bahkan kawasaki atau bajaj pun pasti ada penggemar loyal nya masing2

  129. mmm iya juga saya ikut kaget dengan hasil penetrasi CBR250… tapi saya penasaran pengen liat beberapa bulan ke depan….

    http://bestsoccervideo.blogspot.com/2011/04/as-roma-0-1-internazionale-spectacular.html

  130. @ Ring Piston, bicara soal brand awarenes, baik Yamaha dan Honda sudah aware di masyarakat Indonesia. Tapi bicara bicara soal TOP OF MIND. Dari seribu orang ditanya sebutkan 1 merk sepeda motor yang paling terkenal. Pasti lebih banyak yang jawab Honda dari pada Yamaha. Itu dah wajar kalau Brand Honda disebut TOM. Gitu aja gak mudheng…pasti FBY ya.

  131. @Ring Piston
    I Mau jelasin, eh dah dibantu satu oleh Bro Kamikaze. Thanks Bro Kamikaze, You menjelasin dengan Baik. Verry Good.
    Kalau masalah Brand Loyalty, emang semua merk sudah ada penggemar loyal masing2. Tapi banyak Mana? Disaat Suzuki turun MSnya I berpendapat turunnya gak mungkin lebih turun dari MS 5 persen, karena itu konsumen Loyalnya. Saat Honda Turun juga gak mungkin kurang dari MS 35 persen karena itu konsumen loyalnya. Saat Yamaha turun, MSnya gak mungkin kurang dari MS 15 persen karena itu lah konsumen loyalnya. Kalau Masalah Image, YOU lihat survei lembaga survei besar macam frontier dan Markplus. Image Honda masih diatas image Yamaha. Kalau ada yang kerja di lembaga Survei bisa bantu explain ya. Biar bisa bantu Bro Ring yang satu ini.

  132. Satu lagi, Brand Loyalty dapat terukur dari banyaknya pembeli re buying yang membeli merk motor yang sama. Kebanyakan konsumen Yamaha saat ini tediri dari konsumen yang bertipe suka coba2 merk motor baru sesuai trend. Kalau pembeli Honda kebanyakan adalah konsumen fanatik yang LOYAL dengan merk Honda.

  133. ASLI RA MUDENG

    yg pada mo beli motor tuh yg buta blog macem gini tuh bisa di bandingkan 1:100000, bro…. secara berapa sih blog stat masing2, udah gitu yg baca ya orang itu2 jg apa pada ndak mikir apa ? mereka pembeli itu kebanyakan beli jg karena marketing yg riil aja , ndak mikir kok debat kayak ente2 ini , yamaha meski semester awal th ini ndak ada produk baru, tuh dgn undian 2m penjualan jg bagus, tambah bagus malah dr bln2 awal, honda penjualanya bagus karena mindset mereka calon pembeli motor karena terkenal irit,banyak model, “mereka ” tuh banyak mas bro dibanding ente2 yg cuma debat tp ndak beli brand mereka…. sorry ya ndak ngecilin blog,blogger, komentator, karena itu cuma bisa mempengaruhi saya tapi bukan “mereka “..

  134. @ RA MUDENG
    Image dan positioning sebuah produk merk tertentu di benak konsumen merupakan faktor terbesar dalam penentuan produk yang akan dibeli. Pertanyaannya, darimana image ini terbentuk??
    1. Dari Iklan / Promosi baik ATL maupun BTL
    2. Dari image brand itu sendiri yang otomatis akan diturunkan (mempengaruhi) image produk itu sendiri
    3. Dari desain dan fitur / spesifikasi produk tsb.
    4. Faktor yang terpenting dalam proses pembentukan image suatu produk adalah public opinion. Public opinion yang disampaikan oleh rekan/teman calon konsumen itu sendiri (anda menyebutnya “mereka”) akan sangat powerful dalam menciptakan image suatu produk di benak konsumen. dari manakah public opinion ini terbentuk??? Sebelum internet berkembang, public opinion utk produk sepeda motor terbentuk dari word of mouth daripada bengkel2 yang ada, karena adanya anggapan bahwa mekanik bengkel itu sangat mengerti kondisi mesin produk2 yang ada, dari merekalah public opinion ini terbentuk dan berkembang. Ketika internet dan blog semakin berkembang, artikel yang ditulis dan diskusi2 yang kita lakukan di atas lah yang menjadi sangat dominan dalam pembentukan public opinion karena diskusi2 tsb dilakukan secara OBJEKTIF tanpa ada campur tangan dan kepentingan pihak produsen di dalamnya. Semakin objektif artikel2 yang ditulis di sebuah blog maka akan semakin blog tsb menjadi blog yang “terpercaya” sehingga diskusi2 dan artikel2 yg ada didalamnya akan dikonsumsi banyak pihak dan bahkan opini tsb akan dibahas di blog2 lain, bahkan setahu saya, opini tsb bisa sampai ke facebook. seperti peribahasa “mulut manusia lebih panjang daripada jalan”, maka word of mouth yang membawa public opinion itu akan menyebar dari mulut ke mulut. sehingga, biasanya, apa yang mjd public opinion di dunia maya akan menjelma mjd public opinion di dunia nyata dalam waktu tertentu. biasanya sekitar 6bulan (kira-kira). contoh : image bahwa mio itu boros, image bahwa jupiter z yang lama itu kualitasnya downgrade, dll. image2 tsb awalnya adalah berkembang dari dunia maya, dan sekitar 6ln kemudian mjd image di dunia nyata. jd terlalu dangkal mas kalau anda cuma mengatakan bahwa krn org2nya itu2 aja dan karena org2 di blog tsb bukan calon konsumen, maka semua diskusi kita sia2. tolong ditelaah lagi mas sebelum komen

  135. salah ketik, maksudnya: image bahwa jup z baru adalah downgrade secara kualitas.

  136. ASLI RA MUDENG

    @ ring seker….
    kan saya udah bilang, itu memang meracuni saya, tapi saya ndak sempat tuh ngomong sama pakde saya yg lg panen padi di desa sana, sama tetangga satu rt yg habis jual sapi, sama bakul siomay yg baru dpt warisan, sama saudara tetangga saya yg baru nguras tambak udang….

  137. @asli ra mudeng
    sesuai namanya, emang ra mudeng opo-opo tho le le…xi xi xi
    anti social.

  138. ASLI RA MUDENG

    ..iya bro udah ra mudeng dodol sisan xixixi….

  139. iya, wes ra mudeng, dodol , goblok, kebacut sisan… hua ha ha….
    wes podo ra mudenge jok kakeen bachot….ketok gobloke

  140. Semakin Di Depan PHK

    kalo mau mudeng coba cek ke dealer2 yamaha..silahkan cek stok motor di gudangnya yah .. kalo punya temen2 yg owner dari dealer2 yamaha silahkan dengar keluh kesahnya… lebih riil di lapangan langsung ketimbang lihat data2 distribusi aisi

  141. kucrut_bike's ƪ(˘⌣˘)┐ ƪ(˘⌣˘)ʃ ƪ(˘⌣˘)┐ ƪ(˘⌣˘)ʃ

    http://oto.detik.com/read/2011/04/21/131039/1622738/648/miliarder-dongkrak-penjualan-motor-yamaha?o991101638

    terbukti.. strategi “panik” yamaha mulai berhasil.. tapi mau sampai kapan???

  142. ASLI RA MUDENG

    …mas kucrut, wuih yang ketipu yamaha banyak jg ya , mampu dongkrak smp 30 %, tuh kalo bln maret aja yg beli yamaha ada 319 rb terus X rp 11jt aja dah berapa tuh uangnya, trs hadiahnya cuma 2m ,ndak sampai 1% dari penjualan, apalagi ini hadiah buat 2 bulanan…ckckck…. bener2 menjual mimpi….

  143. @ ra mudeng

    Tetangga mu, pakde mu, bakul siomay mu, termasuk saudaranya tetangga mu, mereka semua “belum tentu” membeli produk sesuai referensi anda kok meskipun anda secara super ngotot menjelaskan kepada mereka bahwa motor yg anda referensikan itu sangat luarbiasa cocok dgn kebutuhan “mereka”, bahkan mereka belum tentu membeli sepeda motor saat mendapatkan hadiah dadakan seperti itu. Bisa saja utk beli TV, handphone, alat pertanian, atau untuk kawin lagi, atau bahkan untuk main togel kan??? Tetapi jika anda dan ada bbrp teman mereka mengatakan hal yg sama, yaitu bahwa produk ttt itu bagus, minimal mereka akan menerima pengaruh dari public opinion ini dan kemudian akhirnya percaya kalau produk tsb benar2 bagus dan cocok utk “mereka”, sehingga kalau suatu saat “mereka” sendiri mau beli, atau temennya yg mau beli meminta pendapat mereka mengenai produk tsb, tentunya mereka akan meceritakan apa ygg mjd keyakinan mereka kan??? Wes mudeng durung dulur???

  144. @r1ngpiston
    paragrap terakhir benar sekali, tetapi tidak dapat sepenuhnya diterapkan pada honda minded atau netral.
    yamaha terkenal dengan kualiats bodynya yg bagus, itu fakta.
    yamaha terkenal dengan cepat dan enak buat selap-selip.
    tetapi buat sebagian orang, buat apa saya beli motor yg kencang dan enak buat selap-selip kalu hal itu bisa mempengaruhi gaya bawa motornya?
    contoh aja;
    kalu kita bawa motor yg kencang dan enak buat selap-selip, kita maunya yach bawa motor itu kencang dan selap-selip krn didukung motornya, jadi kalu bawanya alon-alon asal selamat ngak enak, walupun kualitas motor itu bagus, makanya jrg org usia 30-an bawa jupizer misalnya.
    jadi yach belinya honda aja, yg motornya lemot , biar ngak terpengaruh gaya bawanya, walaupun bodynya brisik
    just my opinion

  145. @ Asli ra mudheng
    Justru untungnya gak semua orang ra mudheng wk wk wk.

  146. Yamaha tidak mengusung motor sport 250 cc. Bagaimanakah kisah selanjutnya ? Tunggu saja di TKP.😀

  147. @ nr 1908

    Pengaruh dari public opinion itu bisa mempengaruhi siapa saja, tetapi keputusan pembelian tentunya juga dipengaruhi kebutuhan dan mindset seseorg seperti yg anda ceritakan. Tetapi meskipun dia tidak memilih yamaha krn alasan takut jd suka ngebut (seperti argumen anda), tetapi image bahwa motor yamaha enak buat selap-selip dan honda bodynya gampang rontok itu kan tetap melekat di benaknya, dan itu juga akan tersampaikan kpd teman2nya saat dia ngobrol

  148. Tukang Ngibul

    semenjak komentar si blacky….di awal jadi ngerusak suasana warung….kalo pikirin ngga nyampe, baca aja jgn ikutan diskusi…yg di bahas apa yg di komentarin apa…..!!!

  149. I setuju ama Bro tukang ngibul.

  150. artikel barunya mana bro?

  151. tunggu artikel baru nich

  152. ijin melihat dan menyimak aja deh😀

    Yamahandfriends mengadakan blog awards. info selengkapnya klik aja di http://www.yamaha-friends.com/?act=articles&aid=858
    semoga berhasil friends

  153. AJANG RIBUTKAH SEKARANG DI MUSIM SPORT..
    GA USAH DEGH!!!!
    PERANG BYASA JHA,LHOOO..MAKSUTNYA???
    HEHEHE…

  154. Goue Gitchu Lhowgh

    ditunggu menu barunya.

  155. Bozzzzz…mana lagi tulisannnnyaaaaaaaa…..

  156. menu barunya mana???
    dah gak sabar nih…..

  157. hahahahha…menyimak aja ah….berat bener deh koment ama artikelnya……yg oot dan dongok kaya aye…minggir aja……drpada jd gak enak dibaca…

  158. gw mo liat 2-3 bln ke depan buat ngebuktiin bahwa CBR250 emang banyak peminatnya…

    http://otobizz.blogspot.com/2011/05/video-motogp-le-mans-2011-in-funny.html

  159. GW gak demen sama iklan yamaha apalagi iklan sikomeng………………..iklan yamaha bikin orang terpacu egonya merasa paling kenceng mtrnya, padahalkan kenceng tidaknya suatu motor tergantung sama ridernya. Lagian mau kenceng ya bikin aja motor balap. Kan motor yg dijual buat keperluan harian jadi ya gak usah ngomporin pembelinya untuk ngebut………………Awas ngebut benjut…………………..

  160. aq pengen sekali mx 2011 tapi ibuk egak puya uwang
    bila anda ksian sama aq alat indrlaya kompelk ……
    yamaha semakin di depan😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s