Mengapa Honda harus “Pressure Superiority All Out War” ?

Minggu-minggu terakhir ini adalah minggu yang berat bagi Gue, disamping banyaknya kesibukan, jadwal Gue harus reschedule terus menerus karena beberapa client besar memajukan atau memundurkan jadwal konsultasi serta training pada perusahaan mereka. Sebenarnya beberapa minggu ini Gue sudah berusaha menyempatkan diri untuk menulis artikel baru, akan tetapi baru malam ini Gue berkesempatan menarikan jemari Gue di atas tuts keyboard computer ini.

Akhir-akhir ini perkembangan motor dan berita di berbagai blog terus menerus menyorot lahirnya sang calon juara bebek premium cc kecil, yaitu the New Blade. Rasanya Putra Mahkota kerajaan Honda ini memang layak menjadi pusat perhatian berbagai media otomotif, pemerhati dan calon konsumen roda 2. Dengan desain yang sesuai dengan impian dan harapan pasar Indonesia di kelas bebek tanggung, fiture unggul (double disk brake dan racy muffler, dll) dan tentu saja value for money terbaik dengan penetapan pricing strategy yang tepat. Lebih murah dari kompetitor yang mutlak head to head dengan produk ini, sehingga produk kompetitor di”amin”i over price oleh kahlayak umum Indonesia.

Nah karena yang ngebahas Blade udah banyak, Gue kagak bahas ini lagi, justru Gue mencoba membedah  pertanyaan sejuta umat masyarakat Indonesia yang lagi bertanya-tanya “mengapa Honda koq sampai sebegitunya?” “mengapa Honda sampai menelurkan puluhan Produk Baru, hanya untuk melawan segelintir produk Yamaha?” “mengapa harus main kroyokan?” “koq cuma modal produk banyak, refresh cepat, harga lebih murah?”

Seperti kita ketahui bersama di Matic, Honda sudah memiliki pasukan lengkap mulai dari PCX yang mewah dan canggih, Vartech CBS dan Vartech yang canggih dan modern, Scoopy yang retro stylish, Beat yang trendy, fun and simple. Belom lagi ada Vario lama yang masih aktif mengisi celah kosong range harga yang ada.

Sedangkan untuk barisan Bebek, tak kalah lengkapnya, dengan CS-1, Supra X 125 FI, Supra X 125, Blade, Abs Revo DX, Abs Revo, dan Revo Fit. Nah dengan Blade baru menggantikan yang lama, maka posisi Honda dibanding kompetitor akan semakin jelas dan Blade jelas diadu head to head dengan New Jupiter Z. Belom lagi rencana Honda menelurkan Bebek baru 125cc yang penuh kejutan.

Di category Sport, jelas Honda pamer ke digjayaan dengan menghadirkan varian CBR250 dan CBR150 yang memantapkan image mereka di kasta tertinggi ini. Jelas penguasaan terhadap Image jauh lebih penting dari pada market share real di category sport yang memiliki contribution 10%-11% dari total demand motor di Indonesia. Sport market yang unique ini lebih memerlukan penguasaan Mind Share dan Heart Share yang memiliki imbas terkuat terhadap keseluruhan image umbrella brand dan total line up product.

Jika kita mau mundur ke belakang, sebenarnya Gue sudah membahas ini di artikel Gue setahun yang lalu, yaitu di artikel: Belajar dari Grand Strategy Honda-AHM

Nah ini secuplik artikel tersebut yang membahas Grand Strategy Honda di tahun 2011-2012

NEXT 2011-2012

Grand Strategy di tahun 2011 ini adalah Pressure Superiority All Out War & Management Quality Up”. Merebut Kemenangan dan berusaha menghabisi Lawan sampai benar-benar tidak berkutik” Dimana segala keunggulan superiority Honda akan all out untuk mem-presure lawan sampai pada kondisi yang benar-benar tak berkutik. Disaat yang sama juga melakukan Management Quality Up Program secara keseluruhan dari tingkat atas sampai tingkat paling bawah.

Ditahun ini pula pembenahan terhadap Quality network dan management Network akan menjadi agenda utama. Quality Up Salesmanship system dan dealers service akan banyak dilakukan. Pembenahan Quality akan dilakukan bertahap mulai dari tingkat atas sampai ke paling bawah. Detail detail akan banyak disorot di tahun ini untuk mencapai tingkatan kesempurnaan yang lebih tinggi.

Nah target tahun 2011 ini adalah memenangkan pasar Sport sebagai bukti penguasaan secara mutlak dan menyeluruh terhadap pangsa pasar roda dua di Indonesia. Apalagi kasta sport adalah kasta tertinggi secara image, yang memberikan influence kepada all category motor.

Masalah Pricing Power akan sangat tergantung kebijakan Honda International. Jika memang mau menghancurkan lawan secara Global, hancurkan saja Cash Cow Machine-nya. Pricing Strategy akan sebagai senjata utama untuk menikam lawan. Tetapi Discount dan standardization harga akan teratur tersentral pada kebijaksanaan AHM pusat. Harga Produk turun, Value for Money lebih tinggi, akan tetapi discount tidak lagi besar-besaran dan akan terkendali.

Untuk lebih lengkapnya bisa baca disini.

Nah terjawab sudah khan alasan dan banyaknya pertanyaan tadi. “Pressure Superiority All Out War”, Habis-habisan secara totalitas memberikan tekanan dengan segala kelebihan yang dimiliki untuk menghabisi lawan. Bukan setengah-setengah, tapi totalitas, habis-habisan. Semua ini bagian dari strategy besar yang diaplikasikan dalam salah satu factor saja, yaitu product. Kita belum bahas factor-factor yang lainnya diluar product, seperti SCM, TQA, Manufacture Planning Strategy, Pricing Strategy, Network Strategy, Promotion Strategy dll. Apalagi masih ada Management Quality Up yang sedang dilakukan oleh Merk Otomotif Raksasa ini, perbaikan management, network, sampai salesmanship system secara besar-besaran juga dilakukan disamping satu dimensi yang sedang ramai dibahas yaitu tak lain banyaknya product baru yang memukau. he he he.

Sedikit menyentil mengapa Grand Strategy Honda di tahun 2011-2012 ini adalah “Pressure Superiority All Out War & Management Quality Up”.  Honda telah  sadar bukan baru-baru ini, akan tetapi perang 2011-2012 telah mereka persiapkan secara matang sejak lama, visi dan goal kedepan telah dirumuskan dalam grand strategy yang tepat. Mid Term Plan 5 tahunan telah memberikan direction yang tepat untuk program-program yang didetailkan dalam tactical operational tiap tahunnya.

Mengutip kata-kata Maha Guru Sun Tzu,

“Ketika tidak memadai , Hindarilah.”

“Ketika lebih sedikit, Bertahanlah.”

“Ketika seimbang, Pecah belahlah.”

“Ketika kekuatan kita dua kali lipat, maka Bertempurlah.”

“Ketika kekuatan kita lebih dominan, maka Seranglah musuh”

“Ketika kekuatan kita benar2 Mutlak, maka Kepunglah musuh!!!”

Nah jadi paham khan kenapa Honda harus “Pressure Superiority All Out War” !!!, Kenapa harus mengepung product kompetitor !!!, Kenapa harus mengepung semua segment di all category tanpa celah !!!

KARENA INILAH SAATNYA, KARENA INI SUDAH DIPERSIAPKAN DAN DITUNGGU_TUNGGU. PEPERANGAN BARU SAJA DIMULAI…tapi hasilnya sudah kelihatan di depan mata.

Salam Uhuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuy bagi para komentator yang sudah bersedia berbagi ilmunya di blog sederhana ini.

Advertisement

202 thoughts on “Mengapa Honda harus “Pressure Superiority All Out War” ?”

  1. Habis sahur, lanjut breakfast New Artikelnya Bro Genesis… Semoga puasa tidak dianggap batal… Xixixi. Ini nutrisinya lebih lgkp buat otak drpd menu sahur td. Butuh dicerna lebih halus, butuh pemahaman lebih mendalam, hrs dikunyah sekali lagi.

  2. Ibarat perang, ini maunya menang secara total, menang secara mutlak. Tidak hanya setengah-setengah. Honda berani bermain total.

  3. Kayaknya YMKI harus buru2 narik bro genesis jadi konsultan strateginya buat melancarkan counter attack nih hehe…

  4. Penjabaran lebih mendalam atas statement Bro SAS “H mulai menata, Y msh berusaha menjual” ada di sini. Memang level nya msh terlalu jauh. Ibarat msh sabuk hijau namun scr arogan menantang duel sabuk hitam, dibikin babak belur beneran, kalau perlu dibikin sampai trauma, supaya ketika mendengar nama sang sabuk hitam aja udh mundur duluan. Semoga mampu memetik hikmahnya, pelajaran akan makna sebuah kerendahan hati.

  5. H pasukan Nato dengan perlengkapan persenjataan yang modern. Sedangkan Y menggunakan siasat gerilya dan senjata pamungkas bambu runcing 🙂

  6. Mungkin jurus AHM masih dalam tahap ini,
    “Ketika seimbang, Pecah belahlah.”
    dan baru menuju
    “Ketika kekuatan kita dua kali lipat, maka Bertempurlah.”
    dan akan di akhiri dengan jurus pamungkas.
    “Ketika kekuatan kita lebih dominan, maka Seranglah musuh”

  7. @nha
    kalau sudah berani head to head secara langsung mirip 100% secara segmentasi market itu apa bukannya menyerang musuh ==> “maka Seranglah musuh”.

  8. Yamahal jelas salah startegi, dia terlalu cepat puas diri akan kemampuannya,
    Merancang product dengan price startegi yang begitu tinggi
    dianggapnya sudah memenangkan maindset konsumen
    sehingga dibawa kemanapun akan terus loyah, ternya itu hanya jebakan Honda untuk membuat product Yamahal tergiring ke arah OVER PRICE.
    begitu digempur dengan produk honda yang presh dan sangat lebih kompetitif namun dengan bandrol yg sangat wajar bahkan jauh lebih murah dari Yamahal. dar…. konsumenpun berbicara
    Lah ternyata produk Honda lah yang lebih masuk akal dan memset bahwa produk2 Yamahal overpresss…
    Karena Honda paham betul kalau konsumen indonesia itu sangat sensitif akan harga, jika ada produk lebih tinggi dengan value sangat minim namun dengan harga lebih mahal bakalan tercap OVERPRICEE ya itulah seperti produk2 yamahal sekarang ini.
    Tau sendiri jika begitu bakalan ditinggalkan konsumen, dan honda lah yang dapat memetik keuntungan dari startegi ini. Mantap Honda

  9. PEPERANGAN BARU SAJA DIMULAI
    —————————————————-
    kalimat ini yg membuat zaya ngak habiz fikir.
    baru dimulai zaja yg laen udh kelimpungan.

  10. Mantap nih, berarti ini baru pertempuran awal saja gimana kalau sudah masuk tahap peperangan.. ngeriiiii.

  11. belum sampe 9 motor baru honda keluar udah keburu selesai perangnya….belum lagi pasukan parts group dan fincoynya ikut bertempur secara simultan

  12. @ markminus

    Untuk saat ini terlalu dini kalau mengatakan Hnd dominan karena ngak semua segmen dan tidak semua wilayah di pegang Hnd. Jika bercermin dari MS 2 tahun terakhir bisa dibilang keduanya masih seimbang. baru tahun ini dengan strategi memecah konsentrasi lawan maka kekekuatan hnd mulai meningkat walau tidak sampai 2 kali lipat. hmm,,.. jadi keingatan artikel “Menepuk permukaan air untuk menimbulkan riak”

  13. apakah kenaikan harga dari motor yamaha ini ada penyebabnya :
    1. sbg peluru dealer2nya untuk fight diskon dengan H di market …or buat program 2M
    2. ingin meningkatkan harga jual beli motor bekas yamaha … membuat efek tambahan bagi konsumen yg mau beli motor yah beli motor yamaha karena harga jual kembalinya tinggi….tapi ada program undian 2M sejak 2010. tapi keliatannya bertolak belakang sama perang diskon sama undian 2M
    3. laporan keuangan tahun2 lalu secara profit tidaklah signifikan dibanding kenaikan share2nya yg dari no3 menjadi 2
    4. dinaikan karena perlu hepeng buat investasi kapasitas , karena kalo ngarepin saudara tuanya si jepun rada berat.
    5 apakah memang untuk membantu keuangan saudara tuanya di jepun yg ada sakit.
    6. apakah memang tahun2 sebelumnya yamaha masih difase menaikkan brandnya makanya profit dari produknya tidak besar …dan mereka sudah merasa: secara brand sudah selevel sehingga saatnya skrg menuai profit cukup maintain brand Y…impian mereka seperti ahm dulu yg hanya maintain brand tapi produknya itu2 aja plus dapet profit gede.
    or else …don’t know

  14. Yamaha cuma ingin memaksimalkan produk2 yang ada dulu, sambil menunggu line produksi bertambah yang diperkirakan akan selesai akhir tahun ini. Dengan line produksi yang tidak sebesar kompetitor, mustahil akan lahir produk2 baru. Yamaha juga tidak usah ikut2an kompetitor dengan mengeluarkan produk2 baru dalam jangka waktu yang cepat. Cukup memperhatikan konsumen dengan memberinya service yang terbaik, hal ini tentunya akan memenangkan hati konsumen loyalnya untuk terus menggunakan produk2 dari Yamaha. Produk baru haruslah dipikirkan matang2, agar produk2 tsb efektif diterima pasar.

  15. 1. wes kakehan duit
    2. ingin meng-HONDA-kan indonesia…
    3. serangan membabi buta
    4. ga jelas, ketakutan apa yg AHM rasakan, ga profesional!

  16. mantabs,Honda berusaha memperlihatkan kekuatan sesungguhnya.sama seperti apa yang terjadi di motogp.perlu orang kuat macam lorenso untuk membendung kekuatan repsol honda.begitu juga ymki,perlu produk yang kuat dan fenomenal untuk membendung kekuatan produk AHM macam yamaha v-ixion.

  17. Saking luar biasanya Honda di tanah air, sudah saatnya ganti merek HONDA dengan ASTRA Indonesia, seperti Hero India

  18. hanya menduga 2x… menyamakan keadaan sekarang dan beropini … hanya tuhan yang tahu masa depan kedua pabrikan tersebut. semoga dimasa depan ada produk otomotif dalam negri yang lebih unggul untuk konsumen di negri sendiri.

  19. Rasanya tidak seektrim yang dibayangkan fansboy.
    Bos jepun pasti mikir :
    kalo salah satu dari merk jepun ini digencet habis habisan, bisa bisa merk indihe nyerobot.
    Seperti yang terjadi di indihe, hero punya merk sendiri, honda jadi melorot ke no 3.
    pasti mereka tidak ingin terjadi lagi disini, lagipula konsumen sini belum begitu minded produk dalam negeri.

  20. Cuman tertarik ama contra strategy aja…xixixi
    Ada ga ya.. biar persaingan sengit tetap terjaga.. Kalo ga kembali ke era kegelapan kyk dulu2 bosyeen………

  21. What a nice artikel, i’ve been waiting so long…
    Keep the good analysis bro…biar biker di negeri ini tambah pinter…
    Always one Heart…alway honda..

  22. kemaren sempet mikir angka 33, pertama keluarnya cbr 150, dengan harga 33juta, blade penjualan optimis 33 rbu,,,,ehhhmmmm,,,,,apa ada hubungannya dengan mengambil alih market share sebesar 33% dri kompetitor, atau mau menyisakan 33% market share untuk kompetitor….sekarang bulan 8, masih tersisa 4 bulan lagi, kayanya prediksi bro komeng yg mengatakan 2++% untuk yamaha hanya berlaku dibeberapa daerah, untuk total kayanya 3++…apakah 33 itukah…..temweltel

  23. waktu awal tahun sempet baca dikoran,,,,kalo ahm punya target 60% ms saja untuk tahun 2011….skrg 51%…ehmm…apakah blade beserta penambahan kapasitas 400. ribu..sanggup menaikan sisa % dari target ahm…

  24. anihoh, ini analisis terbaik yang pernah kami baca.
    @red district
    data yang kita tahu sampai juni aja, lagi nungguin data juli bagemana?
    trus 4 bulan ke belakang ini bagemana?

    imho share Y sekarang bukannya dah 36% secara total Nas, emang dibeberapa area dah menyentuh angka 2X,xx%

    saya juga bingung…?

  25. hemmm… serangan delapan penjuru mata angin yang dilakukan Honda membuat Yamaha tidak bisa berbuat apa2, ibarat menghindar kekiri salah, kekanan salah karna disegala penjuru telah ada produk honda yang menjaga dan siap menggebuk…?!

    tapi, apakah ini berarti kiamat?! hmmm… maha guru sun tzu, juga mengatakan yg kira2 begini “bila kita terpojok oleh serangan musuh, dan kemungkinan menang sangat kecil, tempatkan pasukan kita di “medan maut”, tidak ada jalan keluar sehingga satu2nya cara untuk keluar dari “medan maut” hanyalah dengan memenangkan pertempuran..”

    ketika yamaha, yg selama ini terlena dan besar kepala karna hampir bisa mengalahkan honda, dipojokkan di “medan maut”, situasi dimana taruhannya terlalu besar untuk menyia-nyiakan waktu dan sumber daya, karna salah langkah berari tinggal menunggu waktu untuk “disuzukikan”
    maka akan keluar potensi tersembunyi dari yamaha yg tahun2 sebelumnya begitu terlihat. cmon yamaha kembalilah seperti dulu dengan pricing yg lebih masuk akal, lahirkanlah produk yg revolusioner karna peperangan yg hebat ini harus dipimpin oleh jendral digjaya so hanya R15 yg bisa… keluarkan juga fino, sudah saatnya semua prajurit diturunkan untuk perang puputan ini… ayo yamaha, masih bisa….!!!

  26. Tenang sodara-sodara..

    Episode bulan juli akan sangat menarik utk dinantikan..bagaimana hasil jualan para atpm..

    Apakah yamaha akan menambah deretan jupiter mx yg dipajang di showroom?
    Apakah mio tambah panjang barisannya sampai di halaman?

    Apakah beat dan spacy masih inden?

    Di jabar dan jatim ms yamaha dah kepala dua..apakah sdh jadi kepala 1?

    Nantikan drama dari yamaha dan honda..
    Yg satu full japanese, yg satu stengah indonesia.

  27. yah gua pilih yang setengah indonesia aja…..kalo bisa full indonesia…..ngapain juga nguras otak hasilnya cuma buat orang luar

  28. @ retrobish..

    Awal juli ketemu om yg bekerja sebagai IT di pabrik yamaha.
    Dulu dia dan istrinya kerja di astra, namun skitar tahun 2005 dia keluar.

    Dia bilang kerjaannya skrg tambah banyak..krn yamaha lagi naik daun..
    Sy agak bingung..mungkin maksudnya volume produksi yamaha naik ya..

    Tapi soal naik daun?
    Apa gitu ya pemikirannya internal yamaha?

  29. @vyzex
    mungkin juga karena kerjaan ngak jelas …mungkin juga lagi repair link data jualan dari dealernya sampe kepusat ymki…or mungkin hanya menghibur diri 😀

  30. @sas

    Hahaha

    Gak tau ya..

    Sy sih cuma manggut-manggut.
    Kebetulan ketemu di Bandung waktu ada keluarga yg nikah.

    Maunya sy sih nunjukkan penurunan ms Yamaha thn ini..
    Tp sepertinya momennya tdk tepat..
    Sy jadinya malah ngantri mi kocok..

  31. @ retrobish

    Hihihi..

    Mungkin juga ya..

    Sebenarnya mau nyindir dia, kok data aisi bisa diralat? ( pernah dulu Yamaha ralat)…

    Mau ty, yg itu tanggung jawab dia bukan?

    Kalo iya, malu-maluin aja..

    Tp sy tdk tega..

  32. Grand Strategy H berlapis-lapis, jika hanya melihat permukaannya akan nampak sebagai gerakan yg simple, pada pemahaman yg lebih dalam, akan semakin nampak “komprehensivitas” dan kejeniusan serta visi dibalik “simple” nya strategy tsb. Saya jd teringat film2 kungfu yg dulu sering saya tonton. Pendekar yg sangat hebat, yg mrp salah satu pendekar tak terkalahkan dr negri tiongkok ternyata hanyalah seorang ketua partai pengemis, yg tampak luarnya ya memang benar2 seorang pengemis.

    Sedangkan Y sebaliknya, di luar nampak wah, pdhl di dalamnya isinya hanya gerakan2 reaktif, yg dangkal, dan polos yg diterbangkan angin keberuntungan… He he he.

    Memang, sekali lagi, masih belum level nya.

  33. wkwkwk… pengen ketawa aj liat comen FBH… emang kalian pikir orang2 YMKI hanya sekumpulan bocah kemarin sore… ingat bung siapa sing yg membangunkan AHM dari alam monopolinya di indonesia…
    udah ga usah menyimpulkan seDangkal itu… pihak YMKI sdh punya alur dan Grand strategi sendiri dan tentu sangat2 mengetahui betul akan konsekuensinya.. untuk sementara silahkan anda bersuka cita dl.. tp tolong sisakan sedikit kesedian biar kalo YMKI tak sehancur yang kalian bayangkan anda tidak kaget dan kena serangan jantung.

  34. kenapa sih kita selalu dipusingkan dengan hal-hal beginian…. ujung2nya saling menjelekkan satu sama lain. Come on friends…. wake up…. daripada buang2 waktu & pikiran untuk hal yang bukan ranah kita, gak ada gunanya. mending juga berbuat hal yang lebih positif….

  35. kwwkwkwkwk….
    ketawa mbaca komen FBH@Vyzex…

    Ngapain YMKI malu karena meralat data penjualan ke aisi…
    Honda malah nggak tahu malu …karena menurunkan harga SUPRAX-125 sampai dgn 1jt ..tnpa mmngembalikan kelebihan 1 jt kepda customer yg trlanjur beli.
    jualan kok main-main.

    YMKI juga tidak perlu malu krna ms-nya turun..karena daya serap produknya rasionya masih cukup besar dan kapasitas produksi masih kalah.

  36. @Mat jibrut
    lah ente kenapa jadi nyolot ke ane…! ! !
    sampai ngatain sales yamaho segala
    emang sales itu haram ya…
    sampe segitunya itu maksudnya apa…???
    ane bilang apa adanya kok lu sewot……………..heran sm FBH satu ini…

  37. Satu2nya cara Yamaha bertahan yaitu dgn membuat motor dgn harga sama dgn Honda, tapi punya peforma yg lebih (bukan cc lebih). Walaupun dgn resiko untung yg tipis. Honda lebih gampang menjalakan strateginya krn Yamaha yg ambil untung terlalu banyak. Kalau sudah terdesak, kan harus all out. Oya, pecat saja para jurkam bc, malah bikin ilang simpati saja, sudah pengetahuannya rendah, suka merendahkan orang lain. Paling tidak market share sekarang bisa dipertahankan. Tapi kalau tetap seperti ini, siap2 nyusul Suzuki.

  38. Jadi ingat jaman keemasan Yamaha, mx seharga supra x, vixion seharga mega pro. Kalau itu bisa diulang, market share akan naik lagi. Kalau sekarang, masih pilih revo fit drpd n jupi z, bahkan dgn harga yg sama.

  39. Soal data harus malu bung..

    Data itu harus real time
    Emangnya ngitung pake gundu..

    Contoh perusahaan ritel macam lotte mart..
    Kalo ditanya bosnya, hari ini penjualan berapa?

    Harus bisa jawab detik itu juga..

    Gak ada itu cerita mesti ngitung dulu..

    Kecuali sistemnya bermasalah..

    Macam penerbangan, kalo ditanya berapa jumlah seat terjual? Harus bisa jawab langsung..

  40. @ vyzex
    Nggak perlu malu soal data, la wong yg ngomong tadi nggak punya malu. 🙂 Harga turun kok malu, yg malu yg jual, yg beli sih seneng2 saja.

  41. Soal sy fbh?
    Iya, saya memang ngefans sama honda freed..tp istri lebih suka terios..ya udah manut aja..hahahaha..

    Lagian, istri sy lebih pinter kalo urusan ngitung duit..

    Memang, perempuan itu diciptakan utk membantu laki-laki…

    Soalnya laki-lakinya agak bego macam saya.

    Hahahaha

  42. ada preman kampung ngak bisa comment secara logis tapi cuma bisa ngamuk2 ngak jelas 😀 …. isi komennya cuma sampah marah2 doang asli cuma ngotor2in blog ini…stress kali yah 😀

  43. @duphaks
    Yamaha khan bisa memproduksi 3xx.xxx kog sampai juli rata2nya cuman memproduksi 2xx.xxx?
    Terus kog mau menaikkan kapasitas produksi? Buat apa?
    Mohon penjelasannya…

  44. @ all

    Kira-kira target pertempurannya sampai mana nih? Apa sampai membuat ms lawan ada di angka 20an secara nasional?atau bahkan lebih kecil lagi?
    Atau cukup sampai memenangkan seluruh segmen?

    Kalo melihat ahm yg membangun pabrik skutik dan meluncurkan bebek, saya kok melihat target yg awal yg dituju..

    Mantap bro genesis

  45. Memang penerawangan yang hebat, artikel satu tahun yang lalu juga masih cocok dengan keadaan saat ini. Memang AHM sudah pasti persiapkan hari ini sejak lama untuk perang dan menunjukkan kebangkitannya di tahun 2011 ini. Gempuran produk all line up, massif promotion,management diskon, perbaikan kinerja dealer dan management sampai sales executing sop benar2 diperbaiki seperti prediksi Bro Genesis. Hebat…
    Memang tahun ini adalah tahun yang tepat untuk memulai peperangan yang telah dipersiapkan dengan matang tahun-tahun sebelumnya.

  46. Tunggu pembalasan yamaha, dengan produk sedikit, varian sedikit, market share beda tipis, apa gak hebat itu. Apalagi disini FBH bisanya cuma teriak-teriak karena baru aja menang dikit beberapa bulan ini.
    Vixion produk kelas 1, dibuat berdasarkan R1 dan M1 jelas CBR tidak akan ada apa-apanya. Beat, Spicy, Scoopy butuh kroyokan untuk melawan 1 mio saja.
    Begitu juga HSX 125 dan Beat butuh 2 varian mengeroyok Jupiter Z
    Absolute Revo DX, Abs Revo cw, Abs Revo spoke, Revo AT, Revo Fit, butuh 5 varian untuk melawan Vega ZR yang single type aja.
    Kelihatan orang AHM bodoh-bodoh, apalagi FBH kacungnya orang goblok.
    Ini berlaku untuk kalian semua FBH yang telah komen di atas.

  47. xixixixi…ada bocah alay masuk warung orang dewasa sambil teriak2 awas lu nanti gua panggil engkong gua luh :mrgreen:

  48. Gara -gara artikel ini dibahas di warung ijo…masuk dah FB..FB…jadi bukan diskusi malah cela-celaan…jadi males baca komen-komennya.

  49. Betul Bro Goyip. Kok malah jd diskusi kelas kampung begini. Saya pikir wajar kok kl Bro2 semua membela brand yg anda loyalin, tp cara diskusinya bukan begini, ini mah debat kelas kampung. Ini tempat diskusi intelektual, jd berlakulah intelektual. Anda mewakili brand yg anda cintai. Semakin anda tidak intelek dalam memberikan koment, semakin tampak tidak inteleklah brand yg anda cintai itu. Berlaku utk semua FB, baik FBY. FBH, FBS, maupun FBK.

  50. terbukti juga masih saja ada yang besar kepala……..
    25 type vs 12 type….
    tapi ms beda tipis ko’ (katanya dengan bangga)

  51. @RU n Forze 1z
    akhir tahun 2010 (AHM 46% YMKI 44%) selisih 2%
    akhir semester 1 2011 (AHM 54% YMKI 36%) selisih 18%.
    Akhir 2011 ????

    dengan pertumbuhan yg seperti ini apakah YMKI masih menutup mata dan menghibur diri dengan mengatakan mereka cuma beda tipis. buang CBR 250 cbr 150 pcx, n cs1, sekalian dengan revo at. maka perbedaanya masih signifikan. artinya yg perlu digaris bawahi :

    produk flagship ahm ga menambah banyak Market Share dengan penjualan mereka tetapi mereka meicu pertumbuhan penjualan produk lainnya, dan menurunkan MS produk kompetitor.

    YMKI harus mengakui demikian juga karyawan-karyawnnya, bahwa strategi mereka saat ini salah besar. selsih dah ga beda tipis lagi kaya dulu, sedikit varian = sedikit market share.

  52. Sy curiga bro genesis ini mengenal pihak ahm dg baik..
    Mungkin beberapa person di top level managemen adalah teman diskusi bahkan klien beliau.

    Pemaparannya mengenai managemen quality up dan inilah saatnya perang dimulai benar-benar membuat saya terperangah.

    Seorang kenalan di ahm mengatakan bahwa memang beberapa th terakhir, mereka melakukan pembenahan internal..mulai dari distribusi sampai sdm..istilah dia adalah pembenahan sistem..

    Saat ini sistem sdh cukup bagus dan skrg tinggal berperang sama kompetitor..

    Nah lho, kok sama dg yg dibilang bro genesis..

    Intelnya maantep nih..

    Atau jangan-jangan ahli nujum..

    Hehehehe

  53. kalau yang doyan game pasti tahulah.. sekarang Honda seperti Zerg.. keroyokan dan keprukan banyak2 produk.. sedangkan Yamaha seperti Protoss.. unit2nya mahal tapi kuat 😀

  54. Wahwahwah… jadi cemar nih blog dengan ulah fansboy… 😦

    Kalo emang gak terima merek idolanya dihina, jawabnya yang intelek donk beibh, kita wajib diskusi sehat dimari, jangan bikin keruh.

    Buat agan sas, smartinnovation, kakang ali monggo dilanjutkeun diskusi sehat dan bergizinya …

  55. @mxrider : ya ga bisa dianggep sama gitu,tiap ras di starcraft di bentuk dg kelebihan dan kekurangan masing2 oleh blizzard,,,yang menentukan kemenangan adalah mereka yang mampu menggunakan kelebihan unit2 mereka dan menimalisir kelemahan dalam berperang,mampu mengolah sumber daya alam secara efektif dan efisien dalam perang,,dan paling penting adalah STRATEGI,,mau protoss atau zerg,,klo yg maenin ga nhgerti strategi ya pasti kalah,,kecuali ada faktor LUCK” :mrgreen:

  56. @ Bro Vyzex : awalnya saya ada kecurigaan ke sana juga, namun jika dilihat dr artikel “yamaha akan kalah telak”, kecurigaan itu memudar, mengingat artikel itu dibuat saat Y msh di atas angin, msh bagus2nya.

    Mhmmm, siapa ya konsultan kelas wahid di indo? Mgkn jwbannya ada di sana.

    Hanya ada 2 kemungkinan skrg : Genius, atau time traveller. He he he

  57. @smartinnovation
    Gak mungkin kalo bro komeng ini genius, pasti dia time traveler!

    Yang jelas bro komeng ini dewa perang! Kongming!

  58. jangan2 bro Genesis ini team SPnya Pak H..or mungkin Pak H nya sendiri…atau mungkin time traveller lihat aja itu batu berlian hijaunya

  59. sebenarnya AHM dirugikan dengan paparan2an bro genesis ….ibaratnya strateginya kebaca …..nah seharusnya Yamaha bisa memenangi 1000 kali pertempuran dengan AHM ..spt kalimat suntzu..mengenal lawan mengenal diri memenangi 1000 petempuran . kalo sampe nga bisa hmmm jadi penasaran sama orang2 yang ada di ymki…apakah karena jendralnya atau prajuritnya…

    ….jujur ahm yg dulu beda jendralnya sama ahm yg sekarang …
    ahm yg dulu itu jendralnya veteran yg tugasnya menjaga keamanan kota saja , makanya ada kepanikan pada saat diserbu krn sudah lama tidak perang frontal tapi tetap bisa bertahan karena memang veterannya bekas champion dimasa lalu dan juga bantuan dari calon jendral2 muda potential yg mulai dimaksimalkan plus datangnya bala bantuan dari jendral championnya yg sudah terbiasa perang di perbatasan dgn negara lain/bisnis unit lainnya …maka terjadilah suksesi pemimpin di kota ahm …akhirnya sekarang ahm dipimpin jendral perang yg tujuannya menghancurkan penyerang sampai tuntas.

  60. jelang lebaran itu peak season jualan otomotif makanya distribusi akan ditingkatkan …….nah pas abis lebaran…hmmm

  61. Pas abis lebaran Yamaha akan berkibar menguasai Pasar Indonesia.
    Blade baru akan mengulangi sejarah Blade lama yang gak laku, CS-1 semakin gak laku. Revo Fit gak laku karena banyak yang mogok waktu mudik lebaran
    CBR gak laku karena kemahalan

    Mio kembali berjaya, Xeon kalahkan Vario Techno.
    Vixion tak terkalahkan, Byson siap memenuhin pasar
    Vega ZR baru indent karena laku keras.

    Yamaha, jelas semakin di depan.

  62. KITA BUKTIKAN SEHABIS LEBARAN, Waktu akan berbicara, FBH akan diam seperti patung. FBH akan menangis meratapi AHM.

    Hidup Yamaha Semakin Di Depan

  63. @force1zz
    maaf kang,sampeyan kayanya karyawan yamaha ya.ato operator lulusan stm yang hanya megang kerjaan berulang ulang.dan memiliki jiwa mudah puas.
    Secara,cara anda menyampaikan kata kata,mirip si ancuk.gak beretika dan akademis.jd terlihat merendahkan diri anda sendiri,.jika tdk memiliki kapasitas yang baik buat komen.ya lebih baik anda sangkal dengan data atau kata kata yang lebih rapih lah.atau istilahnya”diam itu emas”.

  64. @ smartinnovation

    Kalo melihat kata-kata bro genesis soal membaca strategi lawan bisa diliat dari produk yg digelontorkan…

    Ibarat dokter ahli yg bisa tau penyakit apa yg diderita pasiennya dg melihat gejala- gejala luarnya..

    Dulu setengah gak percaya waktu baca ada produk pengecoh…
    Sekarang….ckckck

    Ibarat Sherlock Holmes yg bisa merangkaikan apa yg terjadi dengan melihat kepingan-kepingan yg berserakan..
    Hebatnya lagi, sampai tau soal kepingan yg menyesatkan…

    Yang saya bayangkan sekarang..bagi pihak ahm dan ymki, setiap hari adalah perang..
    Cuma yg satu perang dg skenario yg jelas…sementara yg satu pake skenario apa ya?

    Mungkinkah hanya skenario wait n see dan hanya mencoba mengikuti kompetitor?

    Nampaknya 2 kali kejeglos, ( di byson dan lexam)..cukup membuat ymki berdebar keras..
    Apakah akan kejeglos lagi?

    Atau bussines AS usual dan berharap ini semua hanya mimpi..dan setelah itu ada kejaiban seperti yg komen di atas…

  65. @ semua saudara2ku, sekali lagi, di Blog ini, semua isi kepala anda akan KELIHATAN

    @ Bro Vyzex
    Byson kok bs dikategorikan “kejeglos” Bro?? Bs diuraikan lebih detail??

    @ Bro TPR
    Kalau boleh tau, siapa ya yg anda mksd dgn Pak H itu Bro??

  66. @smartinnovation
    hehehehehehe ane kaya’nya ngeh apa yang dimaksud si Vyzex.maybe AHM berharap memang byson akan laris manis dan menggerus market vixion dan memudarkan pamor vixion sebagai ikon produk yamaha yang laris manis karena hitech dan performa tinggi.sehingga ketika grand strategi AHM mulai di jalankan di lini sport,ikon produk tersebut sudah tidak ada taringnya,IMHO lho

  67. ehmmm..cukup baca komentarnya….

    saya tergelitik nih dengan salah satu koment di tmc, dan diatas juga ada yg menyampaikan….

    apakah dengan banyaknya line produk semakin banyak, seperti contohnya ahm 25 produk, apakah margin yg didapatkan semakin dikit, 25vs 12, 51%vs 44%, jadi incomenya ahm semakin dikit……

    adakah yg bisa memaparkan…..( sekaligus menjawab komentar2 bro2 yg diatas tuch…)

  68. lagi nih…
    kalo menurut saya yg awam nih…..misanya ahm produksi hsx, hasx125 sendiri terbagi 3 varian,,,inject, RR, dan D,,,nah kalo dalam pemikiran saya nih…ahm tetep produksi 1000 hsx…istilahnya apa sich tooling yah…nah kemudian setelah setengah jadi…..baik mesin, bodi ( wah kalo didetailin akan panjang bgt dah)..kemudian baru dibagi2 lagi…300 ke tipe RR, 600 tipe D, dan 100 tipe D,,,,

    gtu gak sih….apakah ada yg tau sistem perakitan motor?

  69. nich ngambil dari sebelah tempat mbah sattar…

    Adul
    Agustus 5, 2011 pukul 10:57 am

    Betul, tp sayang honda butuh effort 2x lipat lebih hanya utk unggul 7% dari yamaha.

    Honda dgn 25 varian hanya mampu mereguk 51% market share
    Yamaha hanya dgn 12 varian tp mampu merebut 44% market share

    Disini terlihat aset Honda yg begitu besar dibanding Yamaha masih belum optimal dipergunakan SDM Honda, sebaliknya SDM Yamaha betul2 terlihat lihai & pandai mengolah aset sehingga selling point aset sangat tinggi

    Yamaha = 44 / 12 = 3,67% market share / varian
    Honda = 51 / 25 = 2,04% market share / varian

    Byk belum brarti prestasi bagus, tergantung brapa aset yg dibutuhkan utk mencapai prestasi tersebut.

  70. eh maap yah saya bukan fby atau fbh, cmn naek ojek speda, naek busway….tapi pengen tau aja….hahahaha

  71. @ Bro SAS,
    Info anda benar2 akurat, setelah baca kompas emang H sibuk menata dan Y sibuk menjual.

    @ Bro Smart,
    Jangan-jangan ini Mr.H dari MP.

    Saat ini semuanya pada heboh New Blade, tapi saya mencoba untuk mengkaji dari sisi dalam, apakah dibalik ini masih ada yang tersirat lagi dari strategi AHM ???, termasuk strategi sekali tepuk dua lalat mati?

    Pada awal tahun ini H menyalip penjualan skutik Y, posisi H menurut saya belum benar2 aman dan sudah menang dengan aman dari skutik Y. Dalam hal ini saya lebih condong melihat posisi AHM ada pada level :
    “Ketika seimbang, Pecah belahlah.”
    IMHO, kekuatan kedua kubu masih seimbang dalam segmen skutik ( Secara Mind Share dan Heart Share H belum benar2 menang) karena :
    1. Kemengan Skutik Honda masih secara team, belum secara individual. (Segmen bebek H sudah menang secara team maupun di nomer individual bahkan punya beberapa pendekar sakti seperti HSX, Revo dan Revo Fit)
    2. H (mungkin) menang karena karena jajaran skutik Y masih belum di refresh.
    Disamping kedua point diatas, untuk kedepannya melihat segmen ini bakal menguasai lebih dari 60% dari total demand.
    Dengan di luncurkannya New Blade, Y sangat sibuk sekali dengan segmen bebek sampai2 delivery NJZ dibuat lebih dari dua kali lipat delivery bulan July. Saya yakin saat ini jenderal perang H pasti lagi menyusun rencana untuk menggempur segmen Skutik ditengah konsen lawan yg sedang sibuk dengan bebek.

    Bagaimana menurut Bro Smart, Bro SAS dan Bro sekalian.

  72. @ Bro red district,
    Menurut saya perhitungannya tidak bisa dihitung secara flat begitu. Sudahkan and meneliti dari 25 type, berapa platform yang dipakai Honda? Sekedar info aja, Honda Motor Corporation Japan adalah pelopor penggunaan satu platform ke beberapa jenis type mobil untuk efisiensi production cost, dari sedan bisa juga ke SUV.
    Walaupun Skutik bermacam-macam (kecuali CBUnya type PCX) semuanya hanya dari satu platform saja. Type bebek revo dan blade juga satu platform.
    Dari kedua platform saja kontribusi untuk AHM sudah diatas 70%. CBR dan PCX yg berkontribusi kecil adalah CBU dari Thailand dan punya misi khusus di sini.
    IMHO, Saya mencoba mengkategorikan berdasarkan platform.

    Honda:
    1. Platform 1 = Semua skutik.
    2. Platform 2 = Bebek Revo series dan Blade.
    3. Platform 3 = HSX-125
    4. Platform 4 = NMP
    5. Platform 5 = Tiger
    6. Platform 6 = CS-1

    Yamaha:
    1. Platform 1 = Mio CW dan Mio Soul
    2. Platform 2 = Xeon.
    3. Platform 3 = Vega ZR dan Jupiter
    4. Platform 4 = V-ixion
    5. Platform 5 = Byson
    6. Platform 6 = NSZ
    Yang CBU kagak dihitung karena ngak diproduksi di pabrik AHM. CMIIW

  73. @ kakang ali
    Antara vario dan beat beda platform, walaupun mirip, yg satu pakai radiator. Jadi masih banyak ahm. Soal keuntungan besar mana, aku yakin besar ymki. Tapi bukan persoalan jumlah platform, tapi produk yg dijual sudah jauh di atas production cost. Dan lebih susah belajar jadi orang miskin (menurunkan margin keuntungan) drpd belajar jadi orang kaya. Ini sebabnya, walaupun ymki bisa membaca strategi ahm, tetap saja sulit utk mengantisipasi jurusnya.

  74. @smartinovationan
    setuju sama statemen kamu, isi kepala kelihatan di blog ini, FBH pada kelihat goblok. 25 lawan 12 masih bilang yang 25 itu smart. ini khan jenis manusia paling tolol.

    Jelas Yamaha yang Genius bisa bertahan hanya dengan 12 varian lawan 25 varian. Yamaha Semakin Di Depan Honda.

  75. @force1Z | Agustus 5, 2011 pukul 6:48 pm |

    Anjrit nih orang… yang dimaksud tu elo maho…padahal dari atah gw lagi konsen baca juga.

  76. @ Bro Jaffar : kalau alasannya spt itu, saya pikir kurang tepat ya Bro, krn sekalipun sama2 kategory sport, tp vixion dan byson mempunyai segment yg berbeda scr psikographis, jd kenaikan penjualan byson tidak akan serta merta menurunkan penjualan vixion, malah, menurut saya kehadiran byson semakin memperkuat image brand Y di kategori sport. IMHO juga Bro.

    @ Bro force1Z : iya Bro. Anda memang seorang yg sangat genius, buktinya anda bs mempunyai keyakinan yg sangat kuat, bahkan, sekalipun gejala2 yg ada berkata sebaliknya, anda tetap tidak bergeming. Y sangat beruntung mempunyai team seperti anda. Di tangan org2 seperti anda, Y pasti akan semakin hebat Bro. Saya mengaku kalah.

  77. @ smartinnovation

    byson menurut saya tidak signifikan utk diajak bertarung di ceruk yg sempit.
    memang penjualannya lebih besar daripada scorpio..
    namun, yamaha justru harus rela melepas skutik..
    kalo saya sih, daripada impor byson dari india, mending impor skutik aja..

    soal varian yg ada, saya rasa tdk tepat kalo melihat dari tipenya saja..
    coba liat di xenia sebagai contoh.
    ada mi, lalu mi+,ada li deluxe,li deluxe +, li family, li sporty. itu yg 1000cc
    ada xi deluxe, xi deluxe +, xi family, xi sporty. itu yg 1300 cc

    ada 10 macam tuh, yg harganya beda…mesin beda..aksesoris beda..
    pelek beda, audio beda..

    kalo yg cw dan sw sih tdk diitung 2..tetep aja 1 tipe..
    wong bikin bodi sama mesinnya sama..

    yg pake cbs sama non cbs ya juga diitung satu..wong bentuknya aja sama persis..

    itukan seperti avanza e dan avanza g..satunya single blower, satunya dobel blower..

    tiger double lamp sama single lamp juga jangan dipisah dong…beda di lampu doang…

    soal mana yg lebih untung? ngeliatnya gampang kok..

    telkomsel pasti lebih untung dari indosat, soalnya karyawan telkomsel gajinya gede-gede. bonusnya aja setaun gaji..
    dua tahun kerja aja dah bisa beli mobil atau rumah..

    nah..liat tuh karyawan ahm sama ymki, mana yg lebih sejahtera…
    itulah yg untungnya lebih gede…

  78. @bro f1z

    Iy bro anda paling bener, genius, kalo diibaratkan di politik tuh sayap ultra kanan. Now the quetion for bro f1z is if y smart n genius dan sesuai yg bro katakan kenapa g ikut bikin differensiasi produk? Biar jadi 25vs25 kan gampang. Kalo lo bilang mentok dikapasitas lu kan bisa impor. Kalo bilang ga ada dana ngapain bikin program miliader dan sponsorin motogp. Trus kmana uang keuntungan 3tahun blakang. Trus napa produknya dimasukin cashcow? Dan seauai perkiraan H koq pas bener taun ini. Buktinya spacy,blade langsung dikeluarin

  79. @Fansboy : ya justru itulah.. sekarang Strategi Honda seperti Zerg, sumber daya melimpah, banjiri pasar dengan unit2nya, kalahkan musuh by the numbers… sedangkan Yamaha karena belum economic of scale dan terkendala output produksi mulai berlaku seperti Protoss.. naik2in harga terutama untuk produk2 yang jadi primadona (Vixion), yang lain dibuat jadi cash flow 😀

  80. @ el
    Bicara soal impor motor, justru ymki adalah eksportir terbesar di Indonesia. Jadi kalau bicara soal kapasitas produksi, alasan yg sangat aneh sebenarnya.

    @ vyzex
    Aku kok tetep berpendapat untung ymki lebih besar drpd ahm, karena production cost yg rendah dibanding ahm, padahal dijual lebih mahal. Cuma pertanyaannya, ke mana keuntungan itu mengalir, yg jelas sih bukan ke karyawannya.

  81. YMKI dapat memperbaiki MS di bln July, secara image ini merupakan langkah maju agar tidak semakin ketinggalan. Bulan Agustus AHM siap2 mau cetak rekor MURI lagi.

    @ Joko,

    Pabrik Honda di akui salah satu yang paling efisien di dunia.
    Dengan parameter apa Y bisa lebih low cost production dari H, ingat sebagian besar parts yang dipakai di motor H diageni oleh Astra, kayak busi, shockabsober, bohlam, gear dll.

  82. @Joko

    Sebenarnya bisa dilihat statemen tahunannya kok kalo mau diliat mana yg untung lebih gede…

    Cuma sy nggak punya…hahaha….

    Kadang- kadang dimuat juga sih di media nasional.
    Jurnalis macam kang Edo pasti punya datanya..atau dia bisa cari di kantornya.

    Soal keuntungan lari kemana sih nggak usah ditanya..
    Pastinya ya ke pemilik modal..

  83. @ Red District n All
    Kliatannya perlu baca grand strategy tulisannya bro komeng lagi deh, kalo mengukur performa hanya dari saat ini tentu (jangka pendek) ane kira ga tepat. yang dikejar AHM adalah jangka panjang yg efek/gejalanya sh bisa terlihat dari sekarang. dan ini kelebihan dari bro genesis, bisa baca tanda-tanda. yang paling penting dibaca adalah trend MS (ahm naik ymki turun)

    tp kl mau dipaksakan bisa juga.
    Market share : selisih tidak terlalu besar (sepertinya yg dipakai data juli) yg ane pake tadi data juni.

    Mind Share : dl YMKI murah n ga murahan Hitech
    sekarang : Over Price, lemot, jual body.
    ahm dulu : over price, jadul gonta ganti baju.
    sekarang : murah n ga murahan hitech, kenceng.

    top of mind : dl yamaha sekaranng honda naik lagi

    Product : dl bebek : Honda (revo series)
    matic : Yamaha (mio)
    sport : yamha (vixion)
    sekarang : bebek honda ( revo n supra)
    matic : honda (beat)
    sport : yamaha (vixion).

    sales dulu : AHM : diskon besar2an, tanpa dp (dp super ringan) ga ada inden jualan di pinggir jalan, hadiah bejibun dari tv mpe hengpon.
    YMKI : inden sana sini sales senang,
    sekarang : anda tau sendiri.

    jadi trend penguatan MS AHM sangat kuat, keungtungan intangible terlihat jelas, n selisih yg dibilang kecil makin lama makin membesar.

    kl kita pake logika SWOT adalah kesalahan besar jika AHM punya kelebihan (modal) tp ga dipake, ahm berhasil memanfaatkan kelebihannya dan YMKI gagal memanfaatkan kelebihan yg dl telah ia peroleh (sekarang sdh luntur).

  84. tambahan perbandingan bulan ini jg mengkhawatirkan , kenaikan YMKI ada di Jupiter Z, Vega Zr, scorpio,.
    dikeluarkannya new honda blade seperti AHM memang tau jupiter z akan menguat di bulan ini makanya disiapkan motor baru utk melawan Jupie z n Vega ZR sekaligus, timing pengeluaran bebek ahm sgt tepat. let see di bulan agustus, smg ga ada panic reaction dr YMKI.

  85. @ Bro Vyzex
    Saya sependapat dgn anda bahwa seharusnya Y sudah mengimport skutik utk mjd icon skutik Y di indo, sambil repositioning mio yg udh lewat life cycle nya. Namun, menurut saya, langkah memasukkan byson pun juga bukanlah sebuah langkah yg “kejeglos” (blunder, red) , karena byson mampu mengisi celah pasar di kategory sport yg tdk mampu diisi oleh vixion. Hal ini tentu nya menutup celah yg bisa jadi akan dimanfaatkan oleh kompetitor. Just MHO Bro.

  86. Kasih 2 jempol untuk komentar Bro Safety Rider, saya juga mengamini apa yang anda tulis.
    Setelah buka-buka lagi beberapa artikel lama Bro Genesis, pemaparan artikel-artikel lama tadi mampu menjelaskan fenomena kejadian saat ini dengan sangat baik, (12 varian lawan 25 varian). Bagaimanapun jangan lihat berapa varian lawan berapa varian. Tapi lihat buat apa jajaran varian ini untuk perang ke depannya. Hasil peperangan bahkan diketahui pada saat perang tersebut dimulai. Dan Honda tahu keunggulan yang di ciptakan selama ini. Inilah saat mengepung musuh dari segala penjuru. Semoga nantinya arwah Bro F1Z tenang saat akhir perang Honda-Yamaha Indonesia nanti. Wk k k k k

  87. @mxrider
    Penjelasan bro SAS diatas mgkin bisa menjabarkan “keroyokannya” ahm,, btw emg paling enak make zerg apalagi resourcesnya melimpah,, :mrgreen: fast massive attack slayer

  88. @smartinnovation

    Memang kalo dilihat pada penerimaan publik, byson jelas menjadi motor sport yg diincar selain vixion dan nmp..bahkan seperti yg saya tulis di atas, penjualannya melebihi kakaknya (scorpio ) bahkan sebenarnya juga melebihi sport milik ahm ( cs1)..

    Namun, apakah kemunculan byson mampu menambah market share Yamaha di segmen sport?
    Di skutik, hadirnya scoopy dan spacy jelas semakin menambah share Honda. Scoopy tdk menurunkan angka penjualan beat walaupun mesinnya sama…demikian juga spacy walaupun harganya malah lebih murah..
    Nampaknya spacy malahan sedikit mengambil share kompetitor..

    Nah, mungkin kita bisa melihat data di kang Edo, apakah di thn ini, share Yamaha di sport lebih tinggi daripada tahun lalu..kalo iya, byson emang berhasil..
    Kalo tidak, buat apa nambah varian?
    IMHO bro.

  89. @ Kakang ali
    Kalau paling efisien setahuku sih toyota, dan yamaha kan dekat dgn toyota, minimal bisa belajar dari mereka. Ukurannya dari harga produk saja. Harga produk ymki yg sekelas dgn ahm, kalau diperhatikan production costnya, ymki terlihat lebih rendah, tapi dijual lebih mahal. Faktanya dulu bisa jualan mx seharga supra x, bisa jualan vixion seharga mega pro. Fakta lain, onderdil ymki cenderung lebih murah drpd ahm, jadi komponennya memang dari sana harganya sudah murah. Ahm sudah berani menurunkan keuntungan per unit produk, bagaimana dgn ymki? Soal kenyataanya keuntungan siapa yg lebih besar, nggak tahu juga, cuma itu dasar dari perkiraanku.

    @ Safety Rider
    Sebenarnya jupiter z nggak menguat, hanya kembali ke rata2 bulanan setelah anjlok di bulan Juni.

  90. @ Vyzex
    Tergantung ukurannya berhasil. Memang byson gagal menaikkan market share kategori sport secara keseluruhan, tapi berhasil menahan laju market share ahm sehingga tidak lebih tinggi drpd sekarang. Itu kalau menurutku. Mungkin bro smartinnovation punya pendapat lain?

  91. @ bro Vyzex
    Menurut pendapat saya, tidak bisa dipandang dgn cara spt itu Bro, apakah setiap produk baru yg diluncurkan hrs lgsg menambah MS brand yg mengusungnya di kategory tsb?? Mgkn perlu anda pikirkan alasan2/tujuan2 lain diluncurkannya sebuah produk selain hanya SECARA LANGSUNG menaikkan MS. Ibaratnya, boyband papan atas indonesia pun, tdk hanya selalu mengejar honor pada saat manggung (mengejar keuntungan), kadang mereka lebih memilih konser amal utk mengangkat image boyband mereka, bahkan kadang mereka lebih memilih jumpa fans dlm sekup kecil utk menjaga kepuasan loyalis2nya dibanding melakukan konser2 besar yg dapat mengakuisisi new loyalis (menaikkan MS).

  92. Penjelasan Bro Smart diatas sama seperti yang dilakukan Honda dengan PCX dan CBR, yang walaupun tidak membantu menaikkan MS secara signifikan dan angka penjualan, tetapi dari image sangat membantu image pasukan skutik secara keseluruhan.

  93. @ Bro Joko
    Setubuh Bro… Dan ukuran keberhasilan nya adalah pencapaian TUJUAN yg sebenarnya, bisa jadi menaikkan/mempertahankan MS, atau TUJUAN LAIN yg ingin dicapai selain hanya sekedar kenaikan MS scr instan.

  94. Wah masih pada asik Ngobrol di sini pada, Sayang omongangan orang kelas kuliahan di campuri sama anak SMP alay. Walau sedikit menyimpang dari topik tapi cukup sehat nih diskusi mengenai Profit Margin.

    Ketika seorang pengusaha Mobkas menjual 1 uni mobil dalam satu bulan menghasilkan laba 5 juta rupiah, disebelahnya ada pengusaha lain menjual 10 mobil dalam 1 bulan dengan keuntungan 2 juta rupiah perunitnya.

    Kira kira keuntungan mana yang lebih untung? Bro @ Joko silahkan anda analisa jika masih bertahan dengna pendapat anda.

  95. honda emang hebat strateginya, penjualan rata2 di semua segment di menangkan oleh honda. image bagus honda udah melekat di hati masyarakat sepertinya….

  96. Oya..

    Memang ukuran keberhasilannya adalah diposisikan sebagai apa produk itu oleh pihak atpm.

    Mungkin utk bilang bahwa kita juga punya produk keren lho.

  97. @ nha
    Selisih penjualan ahm dan ymki nggak sebanyak itu bro. Mungkin perumpamaan itu lebih cocok utk honda vs kawasaki misalnya.

  98. @ nha
    Misalnya antara klx vs nmp, perbandingan itu pas. Tapi coba beat & spacy & scoopy lawan mio & mio soul. Terus revo & blade lawan vega zr & njupiz. Selisihnya unit yg terjual tidak terlalu banyak, ongkos produksi lebih tinggi honda, tapi harga tinggi yamaha. Untungnya pasti besar, dan walaupun sudah dijawab bro Vyzex kalau untung itu masuk ke pemilik modal, masih bisa dikejar lagi. Apakah itu dibelanjakan utk motogp, atau menutupi kerugian yamaha global, atau yg lainnya lagi. Tapi yg jelas tidak utk kesejahteraan karyawan atau peningkatan kapasitas produksi secara besar2an. Kalau sudah begini, mulai masuk wilayah strategi ymki. Mungkin ada yg tahu strategi ymki? Atau bro Komeng bisa mengungkap strategi apa yg sedang dilakukan ymki sekarang?

    Nb. Soal keuntungan ymki yg menurutku lebih besar drpd ahm, nggak terlalu ngotot kok. Yg penting ada dasarnya, dan kalau laporan tahunan bilang rugi, ya berarti aku perkiraannya salah.

  99. ckckcckkkk…
    paling enak baca komen2 di warung ini.
    diskusi sehat dan smart.
    meski kadang2 masih ada aja alay yg nongol.

  100. nah seperti comment gua sebelum2nya ….penasaran apa reaksi ymki atas gerakan ahm di akhir bulan juli (new blade)…menarik ditunggu hehehe.

    oh yah honda yg kita omongin ini juga perusahaan Astra dan groupnya jadi kalo ngomong2 soal cost produksi..tetap dia akan cost leadership , en keliatannya kata one heart/satu jantung itu seperti kata2 tanpa arti yg jelas en lelucon belaka tapi disitu terkandung banyak strategi maut …….kalo ngomong soal profit : bisa lihat laporan keuangan asii semester 1 dan 2 ..dan if i’m not wrong ahm termasuk penyumbang profit terbesar astra bahkan sudah melewati toyota astranya.

    oh yah infonya toyota mang udah lepas dari yamaha …so you are alone now….have a good weekend

  101. ga kebayang kalo yamaha ga nyentil honda 3 th lalu, mungkin para FBH cuma naek bebek impressa ama legenda doang huahahaha.

  102. @ vegadeth

    Iya, Anda benar

    Sebenarnya tdk tepat juga kalo dikatakan cuma naik legenda..krn Honda juga menelurkan karisma dan kirana yg merupakan bebek 125 cc pertama di Indonesia. Juga impor nsr dan sonic walaupun akhirnya dihentikan.

    Mereka (ahm) memang benar-benar kaget saat dipepet oleh Yamaha.
    3 tahun belakangan, Honda dan Yamaha bagaikan orang dan bayangannya.mepet terus.

    Ahm tdk menyangka bahwa pergantian Yamaha dari 2 tak ke 4 tak ternyata berhasil..bahkan produk 4 tak Yamaha digunakan sebagai bahan iklan bahwa Yamaha gak ganti baju doang…
    Selain itu, saat kymco mulai masuk, Yamaha cepat membaca selera pasar bahwa masyarakat mulai menerima matic..sementara Honda saat itu tetap pede jualan bebek.

    Saat yamaha telah dapat mengejar Honda, sementara pihak Honda Jepang juga menekan ahm, maka syarat para petinggi ahm pastilah semakin tegang dan kusut..
    Dipepet dari dua arah.
    Nah, ini telah ditulis oleh bro genesis. Ahm telah menyadari kekeliruannya dan membuat road map baru atau disebut juga grand strategi baru.
    Segera ia memperbaiki sistem yg ada dan seperti yg ditulis bro genesis, inilah saatnya berperang…

    Mengenai Yamaha, saat ini adalah ujian apakah keberhasilannya mengejar Honda beberapa tahun lalu merupakan tanda kejeniusan atau hanya beruntung krn ahm lagi salah jalan?

    Kalo memang yamaha jenius, makan tidak sulit baginya utk mengulang prestasi itu.memepet honda sampai ms berbeda tdk sampai 1 persen. Lupakan soal kalah modal..itu bukan masalah…kalo memang tdk punya uang ( ini sih nggak mungkin). Dengan penjualan hampir 2 juta unit masak dia nggak punya uang..
    Oya, kalo memang uang kurang..kan ada bank..
    Kalo proyeksi ke depan yamaha akan untung, bank pasti memberi pinjaman..malah sekarang bank suka menawarkan pinjaman…
    Jadi, tidak punya modal itu bukan alasan utk tdk memulai bisnis..
    Bisnis mana sih yg nggak ngutang ?

    Gampangnya, kalo nggak ngutang bank ya paling nggak ngutang sodara atau teman.

    Jadi, kembali kita harus lihat, apa sih grand strategi Yamaha saat ini?

    Kalo hanya bangga telah dapat mengejar Honda …wah..Yamaha harus bangun dan berhenti bermimpi…Cukup sudah..

    Tunjukkan bahwa anda jenius dan bukan hanya beruntung.
    Atau? Jangan-jangan nyali Yamaha dah mengkerut dan mulai bicara seperti orang mabuk? Karena sudah bingung?
    (ingat pernyataan pak Eko bahwa ms Yamaha akan mencapai 50% di akhir tahun?)

  103. @ SKU
    Kenapa isunya beralih jadi ongkos produksi sebenarnya cuma menunjukkan kalau ymki masih punya kekuatan. Buktinya dulu bisa jual murah, kenapa sekarang jual mahal. Terus kekuatan keuangan yg terkumpul selama ini mau digunakan utk apa? Soalnya ahm benar2 serius ngajak perang.

  104. @ Joko,
    Apakah Honda dengan serius mengajak perang?
    Dunia bisnis itu sama dengan medan perang, drama persaingan dalam bisnis tidak kalah kejam dan dramatis daripada di medan perang.
    Hanya saja apakah perangnya kecil atau besar tergantung kondisi pasar dan para pemain di katagori bisnis yang digelutinya.
    Jadi suka atau tidak suka, Yamaha pasti sdh harus masuk dan ikut medan perang industri roda dua kalau tidak mau tersisih begitu saja.

    Kondisi pasar yang semakin sengit persaingannya setelah Yamaha mulai mengganggu status quo sang market leader memaksa Honda memperbaharui Grand Strateginya, IMHO saya melihat Honda sudah melakukan berhasil dengan varian2 yang ada dan yg baru launching atau akan launching dlm tahun ini:

    Mungkin beberapa point yang dapat saya catat dari kiprah Honda antara lain :
    1. Menambah market share dari varian produk yg sdh ada, kita dapat melihat bagaimana HSX dan Revo mendominasi di segmen bebek. Beat dan Vario Lama yang berkontribusi dalam pertempuran merebut wilayah skutik dari genggaman Yamaha. Untuk segmen sport Honda bahkan kembali merombak headlamp bulat sesuai permintaan pasar.

    2. Mengembangkan dan Mencari pasar baru yang dapat menambah market share. Honda melaunching skutik retro, peran dan kontribusi Scoopy sangat besar dalam perang merebut wilayah Skutik. Walaupun pasar baru bebek matik Revo AT tidak begitu menggembirakan, tapi memberikan citra positif dan mindset Honda sebagai First Mover new category.

    3. Menelurusuri dan mengembangkan produk baru untuk pasar yang ada. Yg dilakukan adalah dengan Vario Techno, New Mega Pro dan New Blade yg kontroversial headlampnya karena ada yang menuduhnya sebagai plagiat.

    4. Menjepit varian kompetitor sehingga produk kompetitor terlihat inferior, jadul dan overprice, sehingga Mind Share konsumen akan menjadi positif, ini lho Honda, produknya valuable, keren, fitur lengkap tapi kagak mahal. Kita semua sdh tau dengan aksi Absolut Revo yg sukses, dan kita juga sedang menantikan kiprah Spacy dan New Blade di masa mendatang.

    Saya yakin sekali di AHM bukan terdiri dari sekumpulan orang2 bodoh yg tidak tau apakah yg harus dilakukan, saya yakin mereka pasti sdh tahu seni perang kuno “Kenali musuh anda dan diri anda, dan kemenangan anda tidak tergoyahkan. Dengan mengenal medan dan cuaca, maka kemenangan anda akan lengkap”.

    IMHO, Selain analisa SWOT, tentu mereka juga sdh matang dengan komponen 7 M, CMIIW yaitu:
    1. Management, disini siapa yang tidak mengenal kelompok bisnis Astra?
    2. Man Power, saya yakin jenderal perang di AHM pasti luar biasa.
    3. Machine, apa ada yg ragu dgn mesin2 pabrik AHM secara kapasitas dan cost efisiensi?
    4. Money, wah kalo ini bodoh sekali bila tidak dipergunakan secara maksimal oleh Honda.
    5. Material, kayaknya ngak masalah tuh walaupun kampung induknya baru dihajar tsunami. terlihat ngak ada pengaruhnya dikapasitas produksi.
    6. Methods, soal teknologi Honda sdh termasuk industri otomotif papan atas.
    7. Markets, posisi sbg market leader dan pastinya ada competitive advantage.
    Dari point diatas silakan dihitung berapa point keunggulan Honda dari Yamaha.

    Mungkin Bro2 lain yang sangat brilian seperti Bro SAS, Smart, Vyzex, SKU dapat memberikan komen.

  105. bro joko iseng2 jawab maklum saya masih awam jadi harap dikoreksi kalo salah. pemikiran saya yg terbatas mengatakan spt ini :
    kalo anda pemimpin pasar , umumnya main brand dan biasanya brandnya juga top di kepala konsumen ..umumnya setting pricenya tinggi dan otomatis profitnya besar – biasanya kalo ada kepanikan ,main tuh diskon2 karena mang masih ada spare – … nah kalo anda posisinya sebagai penantang tentu selain menaikkan image brandnya tentu setting price produknya dibuat sekompetitif mungkin dibanding si pemimpin pasar (otomatis profitnya tidaklah besar – umumnya jarang mau diskon2 karena mang sudah mefet) ……..nah keliatannya sekarang si pemimpin pasar sudah merubah system setting pricenya yg dulu begitu juga si kompetitor …nah reasonnya kenapa , atau strateginya gimana saya kurang ngerti mungkin para master2 yg ada di blog yg mengerti.

  106. @ Kakang ali, SKU
    Itulah sebabnya masih ada satu hal yg aku belum ngerti. Ymki baru hampir jadi pemenang, tapi jelas belum menang, seharusnya mrk berbuat lebih banyak drpd ahm. Tapi kenyataanya, malah terjadi profit taking, dan selain program hadiah, nggak kelihatan mau bergerak ke arah mana. Benar2 hanya luck?

  107. 25 vs 12 varian. lihat hazilnya beberapa taon kedepan baru biza ngomong.

    mungkin ini zuga yg dimakzud bro komeng bahwa perang baru dimulai.

    di lain sizi, ymki berfikir mungkin perangnya udh di tengah jalan atau mungkin akan berakhir.

  108. all comentator yg sudah berbaik memaparkan pertanyaan saya…say thanks…..hahahaha,,,,sekalian menjawab pertanyaan dan pandangan2 dari komentator lain juga…..

    nb: saya pengikut setia blog komeng dah lama kok….

  109. mang bukan hoax kalo bonus astra group nyampe 10-11 gaji, sama dengan mandiri dan ancol……………

  110. Jika menilik tulisan bro komeng beberapa tahun lalu, bahwa sebenarnya atpm jepang di indonesia seolah-oleh punya ‘deal’ agar semua dapat ‘jatah’ di indonesia, maka nampaknya ‘deal’ itu sdh tdk berlaku atau mungkin berlakunya tinggal stengah.

    Mengapa honda berhenti jualan nsr, padahal nsr adalah raja di farrc? Motor wahid di kelas 150 cc..
    Mengapa suzuki stop jualan rgr, motor raja road race domestik?
    Mengapa mereka membiarkan kawasaki sendirian yg jualan 2 tak? Seolah-olah memberi ruang hidup bagi kawasaki krn kalo kawasaki jualan bebek, ya nggak laku-laku..

    Begitu juga honda yg tdk mengisi kelas bebek 110 cc, malah setia dg c100, padahal mesin bebek 110 mereka juga punya? (Mesin honda nice misalnya)..
    Malahan mereka langsung loncat ke 125cc.

    Skrg honda udah mulai head to head..mulai bikin bebek 110 cc, mulai main sport 250 cc..bahkan terang-terangan ‘menggoda’ yamaha dg bikin new blade.

    Mengapa deal itu tdk dipatuhi lagi?
    Apakah deal itu tdk pernah ada? Atau kompetitor udah ‘keterlaluan’?

    Pesan yg disampaikan honda lewat new blade sangatlah jelas…honda mau penguasaan total..
    Kalo diliat data juni terakhir, trio bebek honda udah menguasai podium, supra, revo, dan revo fit..gabungan 3 varian ini saja sdh menguasai pasar bebek (tanpa ada blade sekalipun)..
    Namun, honda nggak puas. Tdk cukup juara 1,2,3. Kalau bisa sampai podium 5 juga dia kuasai (lewat new blade dan calon bebek 125 cc). Kabarnya, ms yamaha di bebek udah kepala 3..kalo ada new blade? Dan laris? Wah..benar-benar penguasaan total..

    Di skutik, honda udah menang ..namun tdk cukup..pabrik baru khusus matik telah dibangun dan pastinya ms honda di matik akan bertambah..

    Mengapa ‘deal’ itu tdk nampak lagi?
    Tdk sayangkah honda dg saudara sebangsanya?

    Atau saudara ini telah keterlaluan? Semakin pasrah lah? Nggak bisa ngikutin lah? Motor monyetlah?

    Atau ini sekedar kebutuhan akan uang?
    Bagaimanapun honda jepang juga perusahaan yg tujuannya adalah memperoleh keuntungan..

    Atau, gabungan keduanya?

  111. Pemaparan yang baik sekali oleh Bro Vyzex, jujur pikiran yang sama juga menghantui saya. Deal2 ke bersamaan yang dulu sudah dirusak salah satu pihak. Kalau sudah begini penguasaan dan peperangan frontal adalah jawaban yang akan memberikan penegasan yang mutlak.

  112. waah sudah mbrojol lagi ini artikel…. mbaca aja aah, sambil ngeliat spt apa komen2 tentang honda new blade yg keren yg mirip jupiter z, bagaimana dgn komen saya sebelumnya? sebuah omong kosong kalo mengejar MS tapi tidak konsentrasi pada kue2 yg paling empuk. monggooo silakan dinilai sendiri,…. sori belum baca komen2 diatas…..

  113. @ Bro Joko, Bro Ali, Bro SKU

    Ikutan berpendapat Bro…

    Sebuah perusahaan yg mempunyai visi yg jauh ke depan dan dapat menyusun strategy yg tepat utk mencapainya tentu akan menjadi market leader diantara perusahaan2 pesaing yg hanya memiliki visi jangka pendek yg otomatis hanya akan menghasilkan strategy dan taktik jangka pendek.

    Ibarat permainan catur, seorang pemain yg hanya mempunyai strategy 3langkah ke depan tentu akan kalah dengan pemain lain yg mempunyai strategy hingga 10langkah ke depan, apalagi jika pemain yg mempunyai strategy 10langkah tsb dihadapkan pada pemain catur yg hanya memikirkan kondisi saat ini saja, yg hanya memikirkan bgmn hrs bereaksi thdp kondisi yg sedang terjadi, tanpa punya strategy ke depan, tentunya kemenangan TELAK pasti segera didapatkan.

    Strategy jangka pjg tentunya sudah meliputi kapankah timmingnya utk “tiarap”, “maju bertahap”, “flanking/behind enemy line”, “SERBU”, dll. Kapan harus serang habis2an ke pasar dgn produk baru, kapan mulai bisa utk “profit taking”, kapan harus upgrade pasukan mulai pabrikan sampai ke ujung tombak(dealer).

    Tanpa visi dan strategy yg jauh ke depan, maka perusahaan2 non market leader tsb akan menyerbu pada saat timmingnya tiarap, atau maju bertahap pada saat timmingnya flanking.

    Itulah yg membedakan level market leader dengan market follower yg “merasa” sudah menjadi market leader.

  114. Setiap ATPM pasti punya strategy masing2…..dan itu adalah hal yang sangat lumrah, namun yang penting adalah bersaing dg sehat, dan tidak menjelek-jelekan produk lain.
    Qta hargai apa yang dilakukan oleh ATPM besar tsb….., dari strategy yg sdh mereka lakukan qta bs belajar byk dan bisa menilai mana yang bisa memberikan hal yang baik dan hal yang kurang baik.
    So…..tinggal qta yang menentukan…..mana produk yg baik buat qta…..
    pilihan ada di diri qta…… 😉 😉

  115. @ HYPERSEX AND FAST COITUS….
    IYA DEHHHH…. ORANG TANDANYA SOMBONG YA HARUS DI AMININ… AMIN… AMIN…

  116. tp gw salut sama yamaha, produk sedikit dihajar banyak banget tu sama honda.

    kalo honda cuma ngeluarin 1-2 casing dalam 1 kelas ane rasa penjualan yamaha tetep tinggi.

    tapi soal motor batang bajaj lom ada yang ngalahin teknologinya, temen2 gw pake ini motor emang bagus kok.

    ya cuma opini ane yang masih awam soal motor…

  117. apa artinya yagh…
    aku ga bisa bhs inggris…
    hehehe…bcanda!!!
    salut ama honda…tapi aku titip pesan yagh,buat motor yagh bnyak biar ga inden…!!!!

  118. Wah gila bro bahasannya..kutipan sun tzu bikin gw merinding..Jika diibaratkan perang yang berdarah-darah maka sangat, sangat wajar Honda bertempur habis-habisan, menyangkut idup dan mati e..dan Honda sudah on the right track so keep going…

  119. honda emang hebat, seranganya terhadap pabrikan laen secara total dan tidak setengah2….itulah yg membuktikan bahwa honda serius dlam manajemen marketingnya n memberikan yg terbaik untuk konsumenya.

  120. @zyrex
    AUGUST 8, 2011 AT 6:01 PM
    Jika menilik tulisan bro komeng beberapa tahun lalu, bahwa sebenarnya atpm jepang di indonesia seolah-oleh punya ‘deal’ agar semua dapat ‘jatah’ di indonesia, maka nampaknya ‘deal’ itu sdh tdk berlaku atau mungkin berlakunya tinggal stengah.

    telah ada tuduhan kartel di tahun 2018 klo ga salah

    dulu motor honda indonesia dibawah Federal Motor……kemudian Astra Honda Motor (lokal+japan) yamaha YMKI (japan+lokal) ada kesepakatan tidak saling membunuh, misal membiarkan experience 4tak yamaha bersinar dulu

    menurutku AHM dah tau/diberitahu YMKI akan berubah jd YIMM (full/mayoritas japan) sehingga terjadi perubahan kesepakatan karena keuntungan investor japan jg berubah sehingga semua menyesuaikan porsinya seperti modal, kapasitas produksi, dll

    lihat kasus CEO Nissan yg dikejar2 otoritas japan dgn tuduhan yg tdk jelas (versi ceo)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s