Bagaimana sebaiknya Product Strategy Mio J

Mio, sebuah product pioner di category skuter matic  Indonesia yang cukup unik. Bayangkan product pioner yang satu ini memiliki product life cycle yang sangat panjang untuk sebuah motor di low end price category. Tidak seperti umumnya product low end yang bersifat massal dan memiliki tingkat persaingan tinggi yang tentu saja akan mengakibatkan penerapan kebijakan product life cycle yang di-setting relative pendek. Secara produksi quantity-nya akan membantu untuk percepatan model changing. Akan tetapi Mio begitu perkasa, produk ini walau telah uzur, mau tidak mau harus kita akui kehebatan dan kekuatan daya tahan life cycle productnya yang begitu lama. Bayangkan 8 tahun sudah Mio bertahan melawan perubahan dunia yang makin cepat berputar ini. Walau memang ada sedikit sentuhan perubahan minor change, akan tetapi ini bukan perubahan yang cukup significant untuk peremajaan suatu product. Terutama di Low End Price Category.

Sedikit Flash Back kebelakang, Mio yang pada awal peluncurannya ditujukan bagi wanita muda yang independent dan  membutuhkan suatu bentuk sarana mobility yang modern serta unik sesuai untuk menjawab kebutuhan wanita saat itu telah menjadi tolak ukur kemajuan jaman dan peradaban bagi wanita Indonesia. Tak lama kemudian virus kebebasan berkendara bagi wanita ini dengan cepat menyebar ke semua wanita di hampir semua lapisan golongan. Baik yang modern maupun yang sekedar membutuhkan sarana transportasi. Tak lama kemudian, kaum adam dengan segala keingin tahuan dan rasa penasaran mulai mencoba dan mengikuti memakai mio sebagai salah satu bentuk kebebasan berekspresi dalam berkendara. Beberapa mulai mencoba memodifikasi kendaraan unique ini dan mencari batas-batas kemampuan mesinnya. Sedang yang lain mulai mencari jati diri dengan memadukan unsur fashion yang aneka ragam pada Mio, sehingga munculah berbagai aliran modifikasi pada motor matic ini.

Waktu mulai berjalan, Pengguna Mio mulai meluas, tak lagi pada kalangan muda yang expressive, bahkan kalangan umum mulai mencoba dan berani memakainya sebagai alat transportasi yang semakin wajar keberadaannya. Bahkan kaum conservative tak lagi ragu untuk memakainya sebagai bagian dari kenormalan budaya.

Kini jaman telah banyak berubah, dunia semakin cepat berputar, keberadaan Mio telah mengubah wajah dunia roda 2 di Indonesia. Pemakainya tak lagi kalangan muda yang trend setter, melainkan sebagian besar adalah kaum conservative masa kini yang 8 tahun yang lalu menggerakan wajah dunia.  Mulai dari Ibu-ibu dan Bapak-bapak yang menuntut kepraktisan dalam berkendara akan lebih familiar dengan bentuk dan model Mio jika harus dihadapkan pada model-model yang lebih modern dan lebih baru. Model Baru dan modern tentunya akan lebih cocok dengan generasi muda. Cracking Jaman telah terjadi, so bagaimana dengan Mio J sebagai pengganti Mio untuk menyikapi keadaan ini? Mio J sebagai Model Changing dari Mio yang lama tentunya memiliki beban berat untuk meneruskan tongkat estafet keberhasilan dan kepopuleran pendahulunya itu.

Bagaimana Product Strategy yang baik dan yang harus diterapkan?

Gue coba menerka-nerka saja, karena kasus ini akan sangat menarik untuk dibahas sebagai bahan kajian marketing modern. Sebelum kita tebak product strategynya, ada beberapa pertimbangan yang perlu kita kaji bersama terlebih dahulu.

  1. Mio yang lama sekarang sudah semakin uzur, dimana konsumennya akan memiliki spectrum yang sangat luas (pengguna umum), terutama konsumen golongan conservative yang berusia tak lagi muda.
  2. Kompetitor utamanya menyasar kaum muda yang lebih trendy dan lebih fashionable.
  3. Lawan dari Mio bukan hanya Beat yang head to head dengan Mio secara specification. Competitor bahkan telah mensegment market skuter matic dengan sangat baik secara psikomatrix, mulai dari pengguna muda yang bersifat trendy, pengguna yang fungsional, pengguna yang menyukai trend retro modern (fashionable people), pengguna yang exclusive dan mature, bahkan pengguna ber-mind set modern futuristic yang super exclusive. Mio melawan banyak model.
  4.  Mio J yang baru mengadopsi fuel injection technology, dimana butuh penetrasi dan sosialisasi mengenai Fuel Injection ini terhadap market low end. Belum lagi penerapan Diasil Cylinder dan Forged Piston Technology pada mesin 115cc ini.

So, Gue merasa perlu perlakuan khusus pada product strategy Mio J ini untuk menghadapi pasar yang sudah dikuasai banyak lawan yang hendak menerkam bersama-sama ini. Mengingat point 1-4 diatas, maka;

  • Mio J harus dapat mengembalikan kejayaan brand Mio sebagai product pelopor dan trend setter anak muda, khususnya wanita muda yang Dinamis dan Smart (Kalau dulu wanita muda yang independent, untuk kondisi di jaman itu. Sekarang wanita muda yang Dinamis dan Smart untuk kondisi tahun 2012)
  • Mio J juga harus dapat meng-grab konsumen conservative yang sekarang sebagai konsumen SETIA  Mio lama. User daily mobility secara fungsional dan family minded.
  • Keberadaan Mio J diharapkan akan mampu berdiri tegap melawan serangan semua arah dari keroyokan pesaing yang ada sebagai Brand Skuter Matic Super Power. Beat yang ramping, lincah, muda dan trendy, Spacy yang modern, fungsional dan family minded.
  • Sebagai pengganti Brand Skuter Matic yang Super power, Mio J juga diharapkan (jika tak mau menggunakan kata “dipaksa”) membantu melawan Vario series yang exclusive dan Scoopy yang fashionable. Walau sebenarnya sudah ada Xeon, Soul dan nantinya Fino.

Untuk dapat menjawab semua tantangan berat ini, Gue merasa Mio J haruslah memiliki beberapa varian. Artinya dengan basic model yang sama, spesifikasi basic mesin yang sama, frame yang sama dan basic model body yang MIRIP. Mio J bisa hadir memenuhi semua tantangan dan kebutuhan yang ada pada point-point di atas.

Varian ini bolehlah Gue usulkan sebagi berikut;

  1. Varian Anak muda yang Trend Setter, dengan setting performa mesin pada sistem ECU yang disetting sedikit lebih powerfull dan responsive. Body yang smart-dinamic dengan beberapa pernik ornamen pemanis yang modern, update dan trendy kaya warna (misal duo tone atau kalau perlu bahkan tri tone atau four tone). Fiture berteknologi modern yang memperkuat kesan Smart mutlak harus ada, seperti spido digital, MP3 build in, atau kalau perlu GPS (ngarep mode on). Varian ini khusus untuk mendobrak lagi pasar Skuter Matic Indonesia, sebagai varian Mio J yang dapat mengembalikan kejayaan brand Mio sebagai product pelopor dan trend setter anak muda, khususnya wanita muda yang Dinamis dan Smart.
  2. Varian Calm untuk replacing Mio lama. Dimana varian ini harus tampak New tapi tidak meninggalkan kaidah-kaidah conservative yang ada pada benak konsumen SETIA Mio lama. Varian ini haruslah  dapat meng-grab konsumen conservative yang sekarang sebagai konsumen SETIA  Mio lama. User daily mobility secara fungsional dan family minded harus dapat dipenuhi dalam varian ini. Jadi setting mesin lebih difokuskan pada effisiensi bahan bakar dan kenyamanan berkendara. Body minim ornamen, cenderung polos dengan warna-warna konservatif yang cenderung disukai konsumen yang mature dan dewasa. Bentuk polos dan elegant lebih dapat diterima pada segment ini.
  3. Varian Racy-Sporty, tak dapat dipungkiri bila Mio lama disukai Wanita dan terutama dipuja Pria karena kemampuannya untuk dikilik menjadi mesin yang bertenaga liar untuk tampangnya yang feminim. Segment penyuka balap dan kecepatan ini harus dipuaskan dengan suntikan adrenalin. Harus diakui berbagi keunggulan mesin Mio J nantinya akan lebih mudah diterima oleh segment ini. Diasil Cylinder & Forged Piston akan maksimal terasa manfaatnya pada saat sistem Fuel Injeksi ini disetting untuk performa dan power yang MAXimal. Mereka yang akan membantu edukasi lewat Word of mouth berbagai keunggulan specification mesin Mio J. Desain Body harus Racing dengan warna-warna mencolok yang kuat. Diperlengkapi dengan fitur racing semisal ban bertapak lebih lebar ala racing dan stripping balap ala team racing Yamaha. Para Speed freak pasti akan menerima kehadiran Mio J varian Racy-Sporty ini pada tempat yang khusus di dalam hati mereka.

So, ketiga varian tadi pastinya dapat bersaing dan bertempur dengan maximal menghadapi semua kompetitornya. Varian Anak muda yang Trend Setter untuk menggebrak jalan dan merebut konsumen muda yang saat ini dikuasai kompetitor. Varian Calm untuk replacing konsumen Mio lama. Varian Racy-Sporty sebagai differentiation flag, untuk memperkokoh posisi dan DNA Yamaha yang racing, anak muda dan trendy. Varian ini juga dapat digunakan sebagai ujung anak panah yang menggoyahkan posisi barisan product musuh.

Mudah-mudahan terawangan Gue mengenai Strategy Product ini bermanfaat bagi banyak Bro-Bro yang mampir membaca artikel Gue.

Sekali lagi tetap Uhuuuuuuuuuuuuuuuuuy.

About these ads

114 responses to “Bagaimana sebaiknya Product Strategy Mio J

  1. mio suka suka..suka suka mio…suka mio suka..mio sakukurata..

  2. masuk podium :)

  3. smartinnovation

    Mio yg smart-dinamic utk memenangkan kembali mind share yg saat ini sudah dikuasai H,
    Mio yg calm yg functional nan elegan utk menjaga market share melalui pemenuhan kebutuhan konsumen mio lama yg masih mencintai mio yg bercitarasa “lama”
    Mio yg sporty – racy utk kembali ke “soul” nya Yamaha yaitu racing performance, tujuannya tentu memenangkan kembali heart-share konsumen, bahkan mengangkat kembali image umbrella brand.

    Disamping itu, kl mau dibuat scr segmented pun, beat dan spacy yg trendy dan modern akan dilawan oleh mio smart-dinamic, vario dan spacy yg exclusive dan modern akan ditabrakkan pada racing aura new mio yg sporty – racy (hanya jika racing aura new mio benar2 tampak pada produknya), baik melalui fitur, performance, dan desain nya. (Belum bahas gabungan new mio dgn soul, xeon, dan fino vs H products).

    So, kemenangan di skutik akan berpadu dengan kembalinya soul Yamaha sbg motor yg sporty-racing, ini akan mjd modal awal utk bertempur di pasar bebek nantinya….

    Sebuah solusi elegan, bukan hanya menyentuh satu masalah dan menyelesaikan satu masalah itu saja, namun selesaikan banyak hal, bahkan sekaligus telah mempersiapkan next steps, hanya melalui satu gerakan tadi. Benar2 materpiece sang maestro…

    Tapi sayang….. Sungguh sayang……
    Strategy yg brilliant ini hanya akan berhenti sampai strategy, tanpa ada implementasi, karena memang benih yang GREAT, tidak akan bertumbuh di tempat yg keras dan berbatu.

  4. asal jgn operpress lg aja…

  5. @Smart
    Kita lihat saja, apakah team Yamaha mau mengikuti dan mengadopsi strategi ini atau tetap lenggang kangkung seperti biasanya. :)

  6. Maaf agak melenceng sedikit. Soal diasil cylinder dan forged piston, secara bahasa pemasaran memang bisa dijadikan senjata. Tapi secara teknis, walaupun teknik pembuatan itu penting, lebih mahal dan signifikan pengaruh dari finishing. Jadi, apakah ada yg sudah merasakan pengaruh dua teknologi ini, misalnya membuat mesin lebih bertenaga/irit/awet dibanding dgn mesin yg tdk menggunakannya? Berdasarkan pengalaman di jalan maupun di bengkel kok nggak ada bedanya ya?

  7. @EXYBAND
    Seharusny dengan strategi produk seperti yang dipaparkan Bro Komeng diatas ini.1 Platform untuk 3 varian yang berbeda (1 model dengan 3 varian body yang berbeda) maka HPP Mio FI dijamin akan dibawah kompetitornya dan lebih efisien dari pada kompetitornya Beat dan Spacy (serta jika mau mengikutkan Vario sebagai skutik 110cc) yang beda sampai di rangkanya dan beberapa fitur teknisnya. Justru proses manufaktur akan lebih simpel, mudah dan cepat. Tentunya lebih murah. Tinggal bagaimana Yamaha menyikapinya dengan strategi harganya / Pricing strategy yang tepat pula.

  8. semoga petinggi Y membacanya…

  9. paparan strategy yg jelas dan bisa di mengerti …di banding di salah satu blog yang selalu berbicara di awang2 meciptakan ambigu

  10. beneran nie mio baru sudah diasil cylinder ama forged piston??????????????????

    waduh keren2

  11. mungkin artikel Mind Genesis ini salah satu jawaban yang dicari para ahli strategi yamaha pada artikel ini http://iwanbanaran.wordpress.com/2011/11/24/yamaha-sadar-betul-bahwa-posisinya-digenjet-dari-segala-posisi/

  12. sepertinya masih kurang berpengaruh terhadap penjualan mio, karena faktor kapasitas produksi yamaha yang masih terbatas, sehebat apapun marketingnya kalau tidak diimbangi investasi penambahan kapasitas produksi akan tetap sulit bersaing dengan honda yang lagi ‘ngamuk’, blm lagi penerimaan konsumen terhadap produk baru yang harus diuji pasar…??????????

  13. Wach,mantab…nice info:
    saya pribadi berharap sech….yang penting jangan sampai menghilangkan image Mio yang dulu,yaitu:
    1. Soprty looking body (Racing Looking)
    2. Nyaman dalam handling
    3. Dan yang paling penting…MUDAH UNTUK DI KOREK, itulah yang membuat MIO moncer, tanpa disadari dunia balap adalah ajang Promosi yang sangat tepat….dan sangat berpengaruh, kepada penjualan!!

  14. klo tiap varian(1-3)pny model yg brbeda,apa gk berat dproduksinya mazbro?…bijimana jk 2varian saja standart(1,2) dan sporty(3) dengan prbedaan pd striping dan maping ECU
    cmiiw…

  15. Yang diatasku ini adalah karakter khas yang diulas dalam varian ke 3. Segment yang pas buat varian Racy-Sporty. he he he he
    @Gesang
    Pasti nunggu yang striping balap dengan kemampuan moncer ya Bro.

  16. Mantafff ulasannya… Makasih Browwww…

  17. smartinnovation

    @ Bro SAS : tim yg mana Bro??? Kan ada kabar 3bln lagi armagedon…. ;)

  18. @JET: heheheheeee, so pasti…sob, biasa pan saia pengguna setia MIO juga….dan memilih MIO karena saya LOVE SPEED,hehehehee..tapi mengutamakan Safetty Riding, walau LOVE SPEED.. :D

  19. @Smart
    He he he, itu namanya bukan armagedon Bro Smart, tapi anak dimakan bapak sendiri. Kasihan ya, yang penting hitungannya pas aja. Kalau udah terima ya cepat ngacir aja. Betul Bro Smart?

  20. @Joko
    menurut aku Bro Joko ini contoh yang pas untuk statement artikel berikut ……..Mio J yang baru mengadopsi fuel injection technology, dimana butuh penetrasi dan sosialisasi mengenai Fuel Injection ini terhadap market low end. Belum lagi penerapan Diasil Cylinder dan Forged Piston Technology pada mesin 115cc ini. …..

    Sekali lagi saya perjelas, dimana butuh penetrasi dan sosialisasi ….terhadap market low end.

    Nah itu tadi komentar di atas benar-benar kondisi yang mencerminkan hal ini. he he he he he Eh…..Peace aku.

  21. @Joko,

    Ane setuju, diasil cylinder dan forged piston lebih pas sebagai strategi diferensiasi daripada kemajuan teknologi apalgi disebut fitur.

    BTW, menurut ahli marketing strategi yang lain mio mah cuma butuh SSS. ngak perlu lain lain xixiixixiii, wkwkkwkwkkkkkkk

  22. smartinnovation

    Justru itu, saya kasihan sama teman2 lama yg masih di sana Bro… Kabarnya hitungannya sangat-sangat TIDAK PAS. Mau pindah rugi dan tidak berani, bertahan sakit hati…. Ckckckckck
    Untung ane udh bebas dari kemelut karamnya titanic. Ha ha ha ha

  23. Ada satu PR berat juga untuk YMKI, AHM baru saja meluncurkan Spacy dan HSX-125 Helm in dengan penambahan harga cuman Rp.250ribu.
    Apakah YMKI sanggup mengikutinnya dengan Mio J injection dengan penambahan harga tidak lebih atau sama dengan Honda?, karena tahun ini Honda selalu ganti model tanpa penambahan harga, contoh New Blade dan HSX-125 Helm in.
    Bila Harga Mio-J diset jauh lebih mahal, mindset overprice akan berkembang.

  24. @nha
    apa itu sss bro Nha? strategi ahli marketing siapa emangnya?

  25. smartinnovation

    @ Boy : target produksi tahun ini 3,6 jt Bro. Masih mau ngomong masalahnya di kapasitas produksi?? Lha stok yg numpuk di dealer itu gmn??? Bangun Bro… Ini tahun 2011 bukan 2008. Ha ha ha ha

  26. Menurut saia, MIO J pastinya akan jauh lebih baik daripada injection produk sebelah, karena bagaimanapun juga…selama ini, YAMAHA yang jelas-jelas berhasil memegang pasar, dalam hal pengaplikasian technologi Ijection….so, pastinya dengan bukti itu, dimana masyarakat sekarang lebih melek technologi…jadi pastinya pandai memilih yang mana bukan sekedar janji, tapi benar-benar bukti…. :D ((IMHO))

  27. dari pada beli spacy injeksi yang modelnya nyata-nyata tidak berubah dari versi karbu. lebih baik tunggu kehadiran Mio Fuel Injeksi yang modelnya jelas-jelas keren dan berbeda dari model yang karbu.

    lihat saja bagaimana Yamaha telah berpengalamanselama 5 tahun menangani teknologi injeksi, terbukti lewat v-ixion yang berhasil leading selama 5 tahun ini. jaringan service dan spare part Yamaha juga telah terbukti siap menangani sistem injeksi pada motor V-ixion. Mechanic Yamaha telah terlatih untuk siap FI, juga selama 5 tahun ini terbiasa dan siap menangani aneka problema seputar berbagai persoalan mesin injeksi.

    ya kalau mau yang pasti-pasti saran saya ya beli motor injeksi merk Yamaha. bagi yang ingin coba-coba juga boleh mencoba yang baru. Tapi motor ini investasi jangka panjang bagi kebanyakan orang Indonesia. Hati-hati dalam memilih motor Fuel Injection.

  28. @ JET
    Edukasi yg bagaimana? Utk membuat forged piston dgn finishing yg bagus, biayanya sangat mahal. Atau mau coba edukasi yg ini? http://www.motorcycleproject.com/motorcycle/text/cows-pistons.html

  29. @ gesang listofan (@gesang86)
    Honda baru bisa bikin injeksi ya? Berarti mogenya yg laris itu masih karbu semua?

    @ Y Friends
    Mio jet keren ya? Bagi dong gambarnya…

  30. @Joko
    kalau mau gambarnya boleh-boleh aja. COD

  31. @ JET

    Itu Side Stand Switch, ahli strategi jagoannyanya Nobita aka Keong Master.

  32. @joko
    mogenya laris???
    larisnya seberapa sih??sma ninja aja kalah kuantiti apalagi mau bandingin ama vixion…yg jelas Yamaha lebih siap injeksi dari pada pabrikan sebelah, yg buat service motor injeksi aja harus ke bengkel yang besar yg jauh dari rumah, kalo mau service motor injecsi vixion tnggal ke bengkel resmi yamaha da sedia semua tools injectionnya….

  33. @Nha
    oh yang biasanya suka menyebut dirinya juragan-juragan itu ya?

    walah aku kira strategi yang disebut sss adalah strategi yang canggih bagaimana gitu, ternyata cuma itu strateginya, berbekal fitur side stand switch aja, bagaimana bisa disebut strategi? (bingung sampai geleng-geleng terus).

  34. @Joko: maaf,sob….disini tadi saia kan menilai tentang pangsa pasar tentang matic yang mau mengaplikasikan Injection, dan tentang pangsa pasar motor injection di Indonesia…
    Okeylah, memang belakangan ini Honda moncer denga mogenya..tapi menurut saia kan tak seindah YAMAHA, dalam menguasai pasar di Indonesia yang sudah 5 tahunan lebih???thanks you :D ((IMHO))

  35. @Joko
    dari artikel loe nih;
    Summary
    To sum up, the cast piston is light and very dimensionally stable. It is found in high-rpm mass-produced engines that are not subject to modification or prone to detonation. The piston is however fairly brittle, and the cost of its manufacture has limited its availablity outside the OEM sources and applications. On the other hand, the forged piston is inherently heavy and less dimensionally stable. It is a good choice for engines in which detonation is probable, and its wide availability has made it the choice of engine modifiers. The special demands of these end users has given the forged piston its own niche in the powersports market

    Selain itu biaya manufakturnya bisa lebih murah dan prosesnya lebih cepat untuk forged piston

  36. @Joko
    sekedar info buat Bro Joko, V-ixion adalah market leader dari 2 kategori berbeda;
    1. market leadear motor sport di Indonesia
    2. market leader motor fuel injeksi (berdasarkan data aisi jan-oct 2011, v-ixion menempati urutan utama dengan angka mutlak 86,6%)

  37. nach ini, saia setuju dengan bukti konkrit sobat @Y friends

  38. disinyalir ini spyshot si MIO J bro….cekidot

    http://www.motorexpertz.com/read/lagi-belanja-buah

  39. terkuak sudah modelnya.
    jadi bener ini mio injeksi yang namanya Mio J itu ya?

  40. Kalau memang itu modelnya ya cocoknya untuk varian ke 2, varian Calm untuk replacing konsumen mio lama.
    Tapi tentunya Bro Smart sebagai punggawa di sana lebih paham. Bagaimana Bro Smart? Benarkah demikian?

  41. wach….ada penampakan, hhohohohoooo……

  42. @ Bro SAS,

    Bagaimana dengan jaringan S/D baru di provinsi SU, katanya banyak S/Dealer yang mau mengundurkan diri ya???

  43. @Kakang Ali
    Dari yang saya dengar juga begitu Bro Ali. Jelasnya bagaimana Bro Smart yang pastinya jauh lebih tahu kondisinya.

  44. hach, apakah sedrastis itu…???What happent??

  45. smartinnovation

    @ Bro SAS n Bro Ali: jujur, saya baru dengar masalah ini sekarang Bro…. Mksdnya SU itu apa ya Bro??? Sulawesi Utara?? Sumatera Utara??

    @ Bro SAS : sumber ente benar2 kuat ya Bro?? Kl bkn org nomor satu di leasing A, tdk mgkn sumbernya secepat dan se”confidential” itu… Mulai pencaplokan YMKI oleh YIMM, dmn pada komen anda sbg respon atas komen Bro rajanya matic sangat menunjukkan bahwa anda sangat tahu berita itu dan anda keep, pdhl setahu saya berita tsb blm tersiar di blog2, juga mengenai berita di provinsi SU ini, anda sudah dapat info nya lebih dulu… Saya semakin yakin bahwa anda adalah Mr. SSA. Sungguh sebuah kebanggan bagi kami bisa berdiskusi dgn anda disini Mr.

    Dan mengenai set-up network AS*O, anda jd set-up 100 titik di indonesia Mr?? Apakah tdk dipertimbangkan lg melihat kondisi spt demikian??
    IMHO

  46. @ Bro Smart,

    SU dgn MD PT.AS. (anda sdh pasti tau), sempat diskusi dengan beberapa SD, katanya sich karena stock, diskon gila gilaan tak terkendali, ironisnya MD Shop ikutan main, banyak SD yang ngak tahan lagi bersaing dan rugi. Malah Ada yang ganti bendera di daerah / kota yang lebih kecil. Bulan ini berita 2 SD yang resmi mundur. Mungkin anda boleh turun kesana dan siapa tahu mereka ikut bendera Bro Smart. Hahahaha..,….

    Mengenai jaringan SD bro SAS sdh buka 2 di Tj.P dan Stbt dua duanya di kab. Lgkt. Luar biasa besar gede tuh SDnya.
    Mengenai informasi pasti Mr.SA selalu mendapat up date dari Mr.HgKy yang notabene pernah satu kapal ama Bro Smart dan bahkan pernah handle daerah sana thn 90an akhir.
    Menurut info, rencana set up jaringan di rem ya? Banyak yang bertanya-tanya koq jaringan AS*O masuk ke wilayah sana karena secara emosional lebih dekat dgn pabrikan om nya hehehehe

  47. @ aryo
    Berpikirlah dgn cara global, jangan cuma lokal.

    @ Jet
    Biaya manufaktur murah, tapi biaya per unit produksi jadi mahal krn nggak bisa masal. Lagian pasarnya sempit, makanya masih belum yakin forged piston dgn finishing bagus dibuat produk masal dgn harga murah.

    @ Y friends
    Betul, memang vixion pemimpin pasar, tapi mengatakan Honda baru belajar injeksi juga aneh. Lagian injeksi lebih gampang dari karbu kok, asal dikasih alatnya, siapapun bisa. Lain dgn karbu yg harus telaten dan butuh perasaan.

  48. Kan di awal sudah minta maaf agak melenceng. Tapi sbg orang teknik yg pernah kecebur di pemasaran, rasanya nggak rela bahasa pemasaran diterima dgn logika teknik. Kalau soal strategi Mind Genesis, moga2 didengar Yamaha. Bagaimanapun persainganlah yg membuat produk jadi lebih baik dgn harga lebih masuk akal.

  49. @smart
    Sedikit mengulang komen anda Bro.
    ….sangat menunjukkan bahwa anda sangat tahu berita itu dan anda keep, pdhl setahu saya berita tsb blm tersiar di blog2,…

    Wah anda justru lebih hebat lagi Bro Smart, saya sampai salut, kok sampai sebegitunya anda memperhatikan setiap berita dan setiap komen di blog blog sampai yakin bahwa berita tersebut belum pernah tersiar di blog2. Yang saya heran, walau tentunya anda sudah lebih dahulu tahu berita ini, kok sampai cari tahu dan mmperhatian seluruh blog2 hanya karena kekawatiran akan berita tersebut. Jujur kalau saya gak akan sekuat Bro Smart untuk memperhatikan jutaan komen satu per satu yang ada di ratusan blog motor.

  50. Harga MOGE yamaha diobral/dibanting harganya ada apa gerangan……………?

  51. wuiiihhh, banyak orang dalem, Bro!
    Melihat coretan desainya maupun penampakannya, kayaknya bakal tidak sesuai ekspektasi, Bro! Tapi kalau satu varian bentuknya kayak Nozza saya mau ambil atu buat anak!

  52. @angop
    mengulang komentar Bro Angop;
    klo tiap varian(1-3)pny model yg brbeda,apa gk berat dproduksinya mazbro?…bijimana jk 2varian saja standart(1,2) dan sporty(3) dengan prbedaan pd striping dan maping ECU
    cmiiw…
    ========================================================
    Sebetulnya dengan dihadirkannya Mio J dalam 3 varian yang berbeda akan mampu memberikan perlawanan yang maksimal terhadap keroyokan product kompetitor.
    Varian 1, sebagai Trend Setter “Smart-Dinamic” akan maksimal melakukan penetrasi di Mind Share, sekaligus merebut image life style anak muda yang saat ini sudah dikuasai kompetitor.
    Varian 2, sebagai replacing product untuk Mio lama “Calm-Elegant” akan maksimal menggantikan pendahulunya, varian ini bertujuan untuk mempertahankan Market Share yang sudah dimiliki pendahulunya.
    Varian 3, sebagai icon matic dengan Spirit Yamaha, “Racy-Sporty” akan maksimal untuk memanjakan konsumen Yamaha SEJATI. Dimana akan maksimal sebagai pemacu Heart Share yang akan memuaskan para Yamaha Fans & Loyalist. Dimana varian ini akan mengembalikan DNA sejati Yamaha yang sudah “terkubur” dan “diperkosa” beberapa tahun terakhir ini.

    Apakah berat di produksi?, konsekuensi selalu ada. Tapi ini konsekuensi paling murah untuk hasil terbaik :) . Biaya produksi 1 platform motor yang sama untuk 3 varian akan murah. Dengan perbedaan mendasar hanya pada body dan striping saja. Masalah perbedaan program di ECU itu masalah gampang yang hampir tidak ada effect significant pada biaya produksi. Fuel Injection model memang memiliki keunggulan itu, tinggal bedakan pada program mapping pengapian dan konstanta parameter input untuk menghasilkan out put yang berbeda untuk setiap karakter varian Mio J yang ada.

    Seperti pertanyaan Bro Angop diatas, bagaimana jika hanya 2 varian saja? Bisa saja pilih 2 varian yang paling dibutuhkan untuk menghadapi kompetitor terdekat dan ancaman yang paling nyata. Tapi ingat tidak akan MAXimal.
    Untuk menghadapi kondisi pasar yang sudah Panas mendidih seperti saat ini tentu saja membutuhkan product planning dan product strategy yang paling MAXimal. MAXimal atau MATI, itu pilihannya.

    Uhuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuy Bro?

  53. Yang pasti Bro Smartinovation, bro Sas dan Bro Kakang Ali semua adalah para pembesar dan pakar dalam bidang Otomotif, tak perlu sembunyikan diri dan ilmu Bro semua. Justru kami berharap banyak belajar dari Bro2 semuanya.
    Salut buat Blog ini yang dikunjungi dan dikomentari oleh para Pembesar ATPM roda2, tidak ada blog yang sanggup mengguncang dan mengusik ATPM seperti blog ini.
    Ilmu marketingnya juga bukan ilmu marketing picisan seperti tetangga juragan jual jamu marketing di sebelah yang suka delete komen-komen cerdas.

  54. Kabooooooooooooooor setelah lempar tabung elpiji 3 kg. Kabooom!

  55. @Bro Komeng
    Takutnya YMKI tidak sampai disitu pemikirannya, bisa-bisa tidak terlaksana lagi ide Briliantnya Bro Komeng, atau malah cuma separuh-separuh tidak maksimal, justru percuma. Nol besar lagi.

  56. ::ikutan MEMANTAU saja doloe….hehehhhe::

  57. sya masih g percaya bro komeng kalo mio dalam hal ini produk low, dibekali forged piston&diasil cylinder, harganya bisa2 g terjangkau, atau Yamaha akan memakai strategi yg sama waktu meluncurkan vixion pertama kali??

  58. @Smart
    Mana nih orangnya (Bro Smart), mungkin masih meeting pagi dan sarapan omelan dari duo Jepang Mr.Se dan Mr.At xixixixixixi

  59. Vixion pertama kali di luncurkan itu penuh pengorbanan profit…ngak heran indent…tapi setelah masuk target share maka harganya di sesuaikan jadi naik dan tidak indent kembali … byson pun di sinyalir spt itu…nah apakah mio jet ini akan menggunakan strategy yg sama

  60. smartinnovation

    @ Bro Ali : waaaoowww….!!! Info2 nya Bro Ali juga sangat mantab nih… Lantas bgmn dgn grup dealernya Bro ALIsta…?? Apakah masih akan expand Bro?? Jangan2 satu kaki udh diperahu yg lain…. Hue he he he.

    @ Bro SAS :
    Sarapan org jepang itu masa lalu Bro, kan skrg udh jaman kemerdekaan… Udh ndk dijajah jepun… :-) kl Bro SAS kenal bgt ya sama org2 jepun yg lg berkuasa… Seperti mengenal sekali seluk-beluk YMKI… Diminta ngumpulin data FID bulanan juga ndk Bro?? he he he. Trus apa kl tau FID jd bs perbaiki image??? Ga nyambung ya bro… Malah nambah2in kerjaan yg ga penting… Ikan kok diajarin berenang ya Bro… Wk wk wk

  61. smartinnovation

    @ Bro Kamen: jujur saya akui, komen2 Bro Kamen selama ini sangat tepat sasaran, menunjukkan pengetahuan dan pemikiran yg sangat memahami kondisi roda2 di indo. Justru, saya lah yg bnyk belajar dari Bro2 semua di sini. Keep nice discussion all Brothers…

    Buat yg punya warung… KEEP UHUUUUUUYYYYYY….!!!

  62. smartinnovation

    @ Bro Ali : mengenai kenaikan yg hny 250rb. Ternyata tdk spt perkiraan ane ya Bro… H tdk lg perlu membuat Y kejeglos dulu baru dihajar, tp kali ini lgsg sumbat ujung knalpotnya. Mampet dech… Kl dipaksain bs jebol mesinnya… Wkwkwkwkwk

  63. @ Bro Komeng
    satu :
    Mio mo pake Diasil, dan forged piston ?? Imho sedikit melenceng dari kaidah asli sebuah Mio yaitu easy oprekable. Setahu saya sangatlah susah untuk memodif silinder Diasil (Alumunium dengan kandungan Silikon tinggi). Kalo forged piston okehlah diterapkan, tinggal copot dan ganti. Dan…bukannya paket forged piston dan diasyl dah ada dan diwakili oleh Xeon ?? dan terbukti mahal..hehe

    dua :
    Dengan sistem Palugada, memperbanyak varian yang signifikan berbeda, berarti juga akan menambah total investasi yang harus ditanamkan YIMM, sanggupkah ?? Anggap saja 1 variant 50M kalo kali tiga ..?? wani piro ??
    Dengan investasi banyak, imho mending buat brand name lain, misal
    1. Mio, 2. May, 3. Mail hehehehe

  64. @ Bro Smart,
    Wkwkwkwk…………
    Mengenai kenaikan 250rb, kali ini bukan Y yang kejeglos, tapi kita yang kejeglos ama H alias salah prediksi. Tapi istilah langsung sumbat ujung knalpot dan kalo dipaksain membuat mesin mampet benar2 perumpamaan sempurna.

    Trus, siapa tuh grup dealernya ALIsta…??
    Wkwkwkwk………….
    tertutup bayang2 group A*** terus.

    Btw, ane doa agar Bro Smart tahun depan dapat membawa perahu semakin di depan dan bendera berkibar lebih tinggi. Ganbatte Bro.

    @ Bro Kamen,
    Terus terang saja, setelah banyak main2 di sini dan berguru ama Bro Komeng, Bro Smart, Bro SAS serta Bro2 lainnya, banyak sekali ilmu yang ane dapat. Cuman saran kalo baca artikel Bro Komeng mesti lebih dari sekali.

  65. saya org medan.
    bro sas, smart in dan kang ali.
    itu PT.AS SU itu mksdny diler yamaha sumut terbesar ya. alias Alfa Scorpio namanya.
    emg si tiap hari dkoran ngasih diskon buat 3 type.
    new jupiter, mio, vega. klo gk salah, dpt bbm 400rb, handpohe android, jaket, blender. itu pun hadiah langsung. dsamping itu msh ada undian utk wil sumut, sperti mobil, puluhan motor dll. itu dlakukan oleh pt Alfa scorpio sbg dealer terbesar. menurut bro ali, sas dan smart in, itu bs gk buat bumerang buat diler yamaha lain ny?

  66. @Kakang Ali
    Siap saya laksanakan Bro Ali

  67. 5 Alasan Memilih FUEL INJECTION YAMAHA
    1. YAMAHA adalah Market leader untuk motor FULE INJECTION
    2. Teknologi FUEL INJECTION YAMAHA sudah teruji selama 5 tahun
    3. Jaringan service terbesar dan terluas untuk layanan motor FUEL INJECTION
    4. Peralatan yang lengkap dan canggih untuk menangani FUEL INJECTION
    5. SDM YAMAHA berstandart Internasional dan siap untuk menangani motor FUEL INJECTION

  68. tukang underestimate

    ..mengerikan….

  69. strategynya mantab.
    gak spt juragan sebelah yg harus tunduk pd pesan sponsor
    xixixiii

  70. nyimak sadja

  71. @sodok
    bunuh diri itu namanya, sebelum jadi bumerang buat yang lain udah klepex klepex duluan.

  72. @sodok | November 25, 2011 pukul 1:45 pm |

    kalau daerah ane selain DP super murah, potongan tenor, hadiah langsung berupa Hp blackberry, TV, VCD, juga dapet undian hadiah yamaha leXam…

  73. smartinnovation | November 25, 2011 pukul 10:17 am |

    @ Bro Ali : mengenai kenaikan yg hny 250rb. Ternyata tdk spt perkiraan ane ya Bro… H tdk lg perlu membuat Y kejeglos dulu baru dihajar, tp kali ini lgsg sumbat ujung knalpotnya. Mampet dech… Kl dipaksain bs jebol mesinnya… Wkwkwkwkwk
    ———————————————————————————————-
    wkwkwk ibarat makan buah simalakama …mengerikan ….mau lari kemana lagi tuh ? …

    @ sodok
    diskon buat 3 type.
    new jupiter, mio, vega. klo gk salah, dpt bbm 400rb, handpohe android, jaket, blender. itu pun hadiah langsung. dsamping itu msh ada undian utk wil sumut, sperti mobil, puluhan motor dll.
    ———————————————————————————————
    dijamin berdarah2 dealer2nya ..menyimpan bom waktu…BOOOM !!!

  74. Strategy nya kurang lengkap nih masbro…
    Gimana Pricing strategy-nya?
    Spacy-i cuman naik 250 ribu dari versi lama…
    So, how low can you go?
    diacyl cylinder + injeksi = naik 250 ribu?
    Kalo berani, persaingan pasti lebih seru…

  75. ^^^^ mau ngak mau akan tergiring dan ikut dalam irama tarian maut sambil bernyanyi “how long can you go” sampe gempor…..wkwkwk…siapa yg ngatur siapa bisa terlihat jelas

  76. lalu apakah next vario 125 yang pake mesin global memang ditujukan untuk membungkan xeon/hayate atau akan membuka blue ocean baru? sebagai alternatif produk premium seperti PCX? malah jadi OOT :mrgreen:

  77. bicara soal injeksi.. sbg first mover Yamaha udh punya senjata ampuh.. tak lain tak bukan V-ixion yg udh beredar 4 tahunan.. IMHO mindset calon konsumen lbh gampang kepegang ketimbang Honda yg “gagal” dgn proyek “susi”nya

  78. @awakku
    satu:
    Paket Diasil Cylinder dan forged piston justru mempermudah proses manufacture, kedua komponen mesin ini memiliki production time yang lebih pendek dengan lead time lebih rendah. Selain itu jumlah proses manufacture yang dibutuhkan juga lebih sedikit untuk menghasilkan kedua komponen ini. Pastinya effisiensi waktu, proses sekaligus BIAYA akan sangat membantu menghasilkan produk yang lebih kompetitif sebagai langkah global pabrikan untuk penerapan kemampuan produksi global yang mampu tukar dan saling ter-integration satu sama lain antar pabrik di berbagai negara.
    Gue rasa Yamaha global akan mengambil dan memilih keputusan ini karena berbagai faktor tadi.

    Untuk mindset easy oprekable, sepertinya mengalami degradasi contribution yang cukup significant dari tahun ke tahun. Bukan berarti gue sepelekan hal ini, tapi bisa saja pabrikan membaca tak lagi faktor penting bagi banyak orang dalam mengambil keputusan pembelian produk ini pada segment market yang dituju oleh mio j ini. Bukan tak lagi dianggap, mungkin saja jumlah atau kontribusinya terlalu kecil dibanding keuntungan strategic perusahaan jika menerapkan kebijakan komponen global ini. Untung – Ruginya dah dihitung-hitung gitulah.
    Pendek kata masyarakat modern yang lebih mementingkan fashion dan life style lebih simple, udah banyak yang malas oprek mesin (walau masih ada saja). Toh pembeli sebagian besar masyarakat umum yang daily user, berapa persen biker sejati yang doyan oprek mesin? seandainya mau main oprek, bubut aja dan kasih liner baja tuch silinder mesin he he he. Biker sejati pasti ada dan punya banyak solusi khan.

    By the way, bisa saja Yamaha memakai diasil cylinder dan forged piston sebagai bumbu nilai tambah di marketing promonya. Bahasa promonya mungkin Matic LPM, fiture mesin Hi Tech>Mio J dengan YMixture-Jet fuel injeksi dan teknologi mesin tinggi (asal harga gak tinggi juga) nah lho!!! Uhuuuuuuuuuuy khan.

  79. @awakku
    dua:
    mohon dibaca lagi artikel gue diatas dan coba ditelaah lagi,
    investasi pada sistem ini tidak akan semahal itu. Mohon bedakan dengan sistem palugada yang sudah ada.
    Misal di Honda Beat, Scoopy dan Spicy memang memakai basic engine yang sama. Tapi benar-benar type yang berbeda. frame /rangka berbeda, mounting beda, body benar-benar beda. investasi akan masih tinggi. Walau penghematan akan banyaknya komponen mesin yang sama, tapi perbedaan komponen sangat banyak, terutama pada bagian body dan komponen luar.
    Beda dengan usulan Gue, varian akan banyak bermain pada body saja. Body antar varian MIRIP, basic yang sama, hanya saja berbeda pada beberapa ornamen saja. Misal detail kecil pada tail atau speedo meter (basic komponen speedonya sama, beda misal di warna lampu speedo , grafik dan bentuk jarum kecepatan saja). Handle gas yang beda bentuk, beberapa part body ada yang beda, permainan warna body (moldingnya khan sama), permainan grafis, perbedaan kulit, desain dan bahan jok. Jadi bentuk body nyaris 80 persen sama, yang 20 persen beda antar varian. Tentunya disesuaikan dengan segment varian yang ada dan hendak dituju. Tentu saja beda varian beda performa focus, ada yang focus di kecepatan, ada yang fokus di keiritan ada juga yang mix keduanya. Dengan adanya sistem injeksi hal ini sangat mudah dilakukan dengan hanya menyediakan varian program pada sistem ECU-nya, murah khan.
    Misal buat yang Racy-Sporty, ECU diprogram fokus di akselerasi dan top speed, mau agak boros dikit konsumen segment ini gak akan terlalu perduli, Ban tapak lebar yang lebih racy, Jok kaya warna dengan desain yang racing look. Body yang berbeda pada head lamp depan yang lebih runcing, tail handle yang lebih kecil, spartbor depan model sport, dll. Basic Bodynya sama Mio J. Striping yang racing look ala racing team Yamaha. Handle gas yang lebih kecil dan lengket, Syukurlah kalau knalpotnya juga beda (he he he).
    Misal Buat type yang lain, Dynamic-Smart kita buat ECU setting Mix antara irit dan akselerasi, ada fiture tambahan mp3, ban standart, dll……………………..
    Semoga membantu memperjelas aja.

    Salam Uhuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuy!!!

  80. boombox walker

    petinggi ymki bilang mio baru akan brojol di sekitar bulan 2-3 tahun depan. sedangkan Honda dah brojol Spacy injeksi. dan ga menutup kemungkinan yg lain juga. mio kurang banget scr fitur. org jaman sekarang juga butuh sesuatu. ga cuma sekedar “jalan” tapi ada added value dari uang yg dikeluarkan

  81. ga usah ribet2 ah, ckp nambah SSS aja ud ckp kata juragan seberang sana..

  82. ga usah ribet2 ah, ckp nambah SSS aja ud ckp kata juragan seberang sana…

  83. analisa yg mantap, apalagi denger2 harga mio J g akan lebih dri 500rb, kalo sudah injeksi&diasil cylinder. bukan hanya motor tetangga tapi xeon bkalan terlihat sangat…sangat overprice, apa g akan memakan teman seperjuangannya sendiri bro komeng??

    BTW denger2 Mio Soul jg akan reborn http://ridertua.wordpress.com/2011/11/26/hot-info-mio-soul-akan-lahir-dengan-nama-mio-g/

    bagaimana bro2 semua dengan serangan beregu yang akan terjadi nantinya
    Mio J dng beberapa varian, new Mio Soul, Fino, xeon
    melawan Beat, spacy, scoopy, vario, vartech, pcx

    tahun dpn perang akan lebih seimbang dan seru

  84. Boleh boleh . . . .
    Boleh boleh . . . .
    Boleh boleh . . . .
    Boleh boleh . . . .
    Boleh boleh . . . .
    Boleh boleh . . . .
    Boleh boleh . . . .
    Boleh boleh . . . .
    Boleh boleh . . . .
    Boleh boleh . . . .
    Boleh boleh . . . .
    Boleh boleh . . . .
    Boleh boleh . . . .
    Boleh boleh . . . .
    Boleh boleh . . . .
    Boleh boleh . . . .
    Boleh boleh . . . .
    Boleh boleh . . . .
    Boleh boleh . . . .

  85. Bro Genesis,

    bagaimana jika ternyata Honda memakai strategy yang Bro tulis atau bahkan ternyata Honda sudah siap untuk itu tahun depan ?

    yang istilah kerennya di dunia mobil disebut “single platform, multi variants”,

    Toyota menerapkan hal ini untuk Innova, Fortuner dan Hilux,

    sebetulnya single platform multi variants diterapkan pertama kali oleh VW group (Audi Porsche, VW, Skoda, Buggati), dan terbukti dapat menekan development cost, apalagi dengan bantuan komputer hal itu sangat dipermudah

  86. ………….eeeeeeehhhhhhhhhhhhmmmmm………..
    …………..go greeeeeeeeeennnnnnnnnnn………….

  87. @nDagel Tenan
    bagaimana jika ternyata Honda memakai strategy yang Bro tulis atau bahkan ternyata Honda sudah siap untuk itu tahun depan ?

    Saran Gue kalau Honda melakukan ini ya, jangan semua type, tapi varian ini dibuat untuk type yang gemuk saja. Sehingga stock di dealer tidak terlalu besar untuk ready stock setiap varian. Dealer Honda cash flownya udah kuat, financial powernya juga oke. Mantap sekali ini Bro nDagel.

    Yamaha bisa Klepek-klepek kalau saran Gue untuk Yamaha ini justru dilakukan Honda.

  88. Saran Bro Komeng rupanya ditanggapi YMKI. Cuma bukan 1 mesin 3 varian. Tapi 1 varian 5 Desain Striping xixixi….. Striping Sporty banged, Muda Banged, Agresif Banged, Konservatif Banged, dan Wanita Banget. Konon, total ada 12 warna. Menurut Bro Komeng, ini langkah smart atau sekadar efisiensi?

  89. @Binladen
    Masa sih? Tidak hanya 3 tapi sampai 12 varian? Gak salah nich?

  90. Bukan 12 varian. Tapi 12 warna untuk 5 kategori striping …. Nih linknya http://ridertua.wordpress.com/2011/11/27/hot-info-mio-j-lampu-balakang-oval-dan-ada-12-varian-warna/

  91. @ Binladen
    Jika info tersebut benar adanya,
    Kalau cuma stripping sih, ibarat melangkah setengah setengah, justru tidak maksimal….hendak memenangkan kompetisi tetapi tidak mau berlari, hendak berenang menuju pulau harta karun tetapi tidak mau basah.

    apalagi 5 category stripping, apa gak terlalu banyak categorynya, 3 saja sudah cukup untuk menggebrak 3 new wave subculture, Attack Mind Share, Heart Share and Market Share.

    Sayang kok cuma strippingnya, minimal ada beda sedikit-sedikit di body motornya lah, beda fiture sedikit aja masih lebih baik. Yang gue maksud seperti All New Avanza dan Avanza Veloz..

    Ya bagaimanapun keputusan mutlak ditangan yang punya Business, biar Yamaha sendiri yang menentukan.

  92. Biar lebih paham, ini sedikit mengenai All New Avanza dan New Avanza Veloz.

    All New Avanza hadir bagi mereka yang mengutamakan fungsi dan value for money, tanpa mengesampingkan tampilan yang dinamis dan modern serta performa dan kualitas yang baik.
    Sementara itu The New Avanza Veloz 2012, dihadirkan bagi mereka yang ingin tampil beda dan sangat menikmati berkendara dengan desain yang lebih sporty dan didukung oleh fitur-fitur yang menjamin dan kemudahan berkendara,

    Berikut penjelas dari President Director PT Toyota Astra Motor, Jhonny Darmawan.

  93. susah ya bro komeng kalo cuma striping….

    ayo Yamaha tunjukkan kamu bisa, moga2 didengar

  94. berharap sech, pasti lebih bagus….dan tidak cuma ganti baju/striping saja….(yang pasti, produk sebelah…pasti klepek-klepek dalam menghadapinya…)

  95. Owch….kayanya YAMAHA benar-benar siap adakan genjatan senjata dengan honda tahun depan nich, wach…bakalan serruuuu….dan yang peling untung adalah konsumen, selalu di manja dengan banyak pilihan…

  96. bener-bener genjatan yang sangat seru nich untuk tahun depan…..

  97. biyuh…biyuh… disini analisa bener2 mantabs semua, ga komentator – ga yg punya warung …. bener2 ahli, salut bener ama blog ini … Mantabsssss…..

  98. Problem Yamaha yg sebenarnya adalah :
    1. Kembalikan Sub Dealer sebagai ujung tombak Sales & Marketing. YMKI hanya perlu sediakan unit yg sesuai permintaan Sub Dealer ( Type & Warna ). Itu berarti bersihkan kembali chaos yg terjadi karena arogansi DDS Manager & Main Dealer. Point Utama : Unit di berikan sesuai dgn permintaan Sub Dealer.
    2. Reorganisasi kembali struktur organisasi Yamaha terutama di lini yg berhubungan dgn service & support ke Sub Dealer. Point : Semuanya akan bekerja dengan baik bila ada PROFIT.
    3. Hapus / Kurangi Sub Dealer yg beraffiliasi ke Main Dealer atau Grup atau Leasing ( Karena menimbulkan chaos di lini depan Sales Sub Dealer ).

  99. @ Boncel,

    Ini benar-benar jeritan dari hati para Sub Dealer yang (maaf) tertekan bathin, apa yang anda alami juga dialami banyak Sub-Dealer lainnya, semuanya lagi ngos-ngosan fight ama kompetitor, yang ironisnya juga harus berjuang dari tikaman musuh dalam selimut (MD Shop atau Sub Dealer kepunyaan Group Nasional ), belum lagi delivery paksa dari MD untuk model dan warna yang tidak sesuai dengan area pemasaran SD. (tidak seperti H, walaupun banyak warna pilihan, tetapi hanya mendelivery 3-4 warna yang menjadi pilihan utama di area pemasaran).
    Masalah re-organisasi tunggu aja tanggal mainnya Bro.
    Akibatnya banyak SD yang cash flownya ngos-ngosan.

    Info saja, level stock sudah s/d stadium alert, berkisar 1,1 – 1,25 bulan stock akibat penuruanan sales 25-30% di berbagai wilayah. Type2 seperti NJZ, Mio, Xeon dan Vega benar dibuat tiarap ama kompetitor.
    Bahkan ada SD yang nyelutuk, bulan Desember dengan zero delivery juga ngak apa2, biar bisa ambil nafas dulu.

  100. kakang ali.
    serem info nya.
    hehe.

  101. @ Sodok,
    Gimana dengan dengan level stock CV.ITC hahahaha……..
    rumor Mr.H dan Mr.DT lagi tertawa lihat performance bulan ini ya…..

  102. ヤマハ を つぶす!

    Mr HK mah happy selalu dong ..krn banyak bisnisnya ..wkwkwk…tapi dengan performance yg sekarang pasti tambah happy …namun sayang disaat2 jaya gini Mr AP sedang sakit keras.

  103. Redribbon Army

    mantap bro analisanya…. membaca grand strategi mio dengan ciamik… saya pun jua pernah berpikir demikian… dimana kompetitor menggunakan quantity maka mau tidak mau yamaha harus menggunakan quality….. kalah modal duluan kalau ngotot…

  104. @ ヤマハ を つぶす!
    Ini Mr.LW ya ??? hahahaha………

    Turut bersedih atas sakitnya Mr.AP, teman saya bilang sangat parah sekali. Gimana dengan kompetitor utama anda di sana? Dengar2 mereka juga dah mulai over stock ya?

  105. ヤマハ を つぶす!

    @ kakang
    bukan LW bro …tapi ヤマハ を つぶす! :D

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s