Menelanjangi Strategy, Kebijakan dan Kondisi Yamaha di 2012

Setelah pada artikel sebelumnya Gue menelanjangi Honda, sekarang giliran menelanjangi Yamaha biar adil pembahasan mengenai strategy di tahun 2012 he he he…

Artikel ini sebenarnya atas permintaan seorang pengunjung dan sekaligus komentator yang memakai nick name khusus yaitu Bro ヤマハ を つぶす! , Inilah komentarnya

ヤマハ を つぶす! | November 28, 2011 pukul 4:15 pm |

Bro komeng kalo ada waktu dan berkenan ..minta tolong dibuatkan artikel tentang prediksi strategy yamaha 2012 …. kami di ahm penasaran dengan pemikiran bro komeng…uhuuuy

Oke, tak menunggu lama lagi, Gue langsung aja bahas mengenai prediksi Strategy, Kebijakan dan Kondisi Yamaha di 2012.

Flash Back sedikit, di tahun 2011 ini, kondisi Yamaha kalah telak, baik secara image maupun secara penjualan real. Market Share memiliki trend negative yang cukup kuat, turun terus. Image juga habis-habisan tergempur oleh kompetitor. Sehingga Baik secara Image dan Market Share, Yamaha jatuh, sedang kompetitornya yaitu Honda semakin Perkasa. Belum lagi gempuran Produk-produk baru Honda yang innovative cukup memberikan pressure kuat baik secara langsung di market maupun pressure secara mental terhadap dealer-dealer Yamaha dan segenap jajaran karyawan Yamaha.

Sebelumnya, berbagai kritikan membangun telah diungkap oleh banyak blog-blog automotive, dealer dll.  Sayang reaksi berjalan lamban. YMKI susah bergerak dan cenderung lamban menanggapi. Mereka masih terlalu PD dengan image yang masih kuat menurut mereka. Gue Yakin reaksi lamban ini disebabkan oleh keyakinan berlebihan akan kekuatan product image mereka, terutama backbone product semisal Mio dan Jupiter Z.

Setelah di akhir sem 1 dan awal sem 2 2011, beberapa prediksi terjadi, maka barulah mereka mulai serius untuk mencari penyebab kejatuhan image dan penjualan ini. Miss informasi ke atas bisa saja selalu terjadi. Jika Gue melihat reaksi lamban ini, Gue merasa seperti ada penghalusan dan pengemasan informasi ke atas, padahal di jajaran atas adalah orang-orang yang tak pernah mengerti “dunia motor” yang sesungguhnya itu seperti apa.

Pendek kata, untuk 2012 beberapa hal pasti telah mulai di rancang oleh Yamaha. Jujur Gue agak kesulitan memprediksi sesuatu hal yang masih belum terencana dengan baik. Itulah sebabnya lebih mudah bagi Gue memprediksi langkah Honda yang jelas memiliki Visi. Dari pada memprediksi langkah Yamaha yang Visinya tidak terlalu jelas, sepenggal-sepenggal dan kadang tidak sinkron antar strategy atas dan tactical di bawah.

Oke mari kita bahas secara singkat Strategy Yamaha di 2012;

Pastinya Yamaha akan focus di 3 komponen utama pembentuk image sebagai berikut:

  1. Yamaha akan kembali ke DNAnya yang semula. Speed adalah DNA utama Yamaha. penjelasan lebih lengkap bisa baca di artikel ini dan di artikel ini juga. Kalau masih mau menekankan pada “Irit” siap siap aja adu power dengan Honda yang sudah sangat super kuat di image iritnya.
  2. Yamaha akan focus di Anak Muda. Setelah menyadari jika produknya semakin menyasar ke usia yang semakin tua dan kompetitor justru focus ke anak muda, Yamaha akan segera melakukan peremajaan imagenya. Yamaha akan Focus kembali ke anak muda. ( lihat saja mio suka-suka dan my way, keduanya melakukan penetrasi image ke anak muda.)
  3. Yamaha akan berusaha memperkuat image Technology Canggihnya. Sadar akan kompetitor yang rajin dengan mengekspose aneka fiture andalannya dan membungkusnya dengan image Hi-Tech, Yamaha harus berani melawan jika tidak ingin dikata-katai “Jadul” terus-terusan. Apalagi tahun 2012 adalah tahun perang product Injection. Image Hi-Tech harus kuat menyangga barisan Product Injection yang akan keluar nantinya.
Mengapa image menjadi pr utama Yamaha di tahun 2012 nanti? sebab Yamaha merasa yakin dengan banyaknya produk dan amunisi yang telah disiapkan Yamaha nantinya, mereka tidak akan kalah di faktor product. Justru image mereka yang telah hancur dan mulai tenggelam menjadi  suatu perjuangan yang menentukan sukses tidaknya mereka di tahun-tahun mendatang. Hard Selling Concept justru telah menjatuhkan mereka di tahun 2011, Imagelah yang harus mereka perjuangkan kini. Untuk lebih lengkapnya dapat baca di sini.
Kebijakan dan Kondisi Yamaha
Kebijakan Yamaha tahun 2012 adalah kembali membenahi basic-basic marketingnya. Mulai dari Product, Price, Place (Management Jaringan 3S), Promotion. Terutama khususnya masalah Jaringan 3S, pasti akan menjadi agenda utama. Pokoknya yang back to basic lah, sebab disinilah kondisi mereka pasti masih kacau balau akibat gerakan reaktif terhadap permainan kompetitornya selama ini.
Product
Mengenai Model baru, bisa jadi Yamaha akan berusaha mengimbangi banyaknya kepungan Product Honda dengan Jumlah varian yang berfungsi sebagai segmented product varian untuk mengimbangi peperangan product yang berat sebelah dengan cost yang lebih murah. Masalahnya jika mendengar isu akhir-akhir ini, Yamaha akan setengah-setengah menggarap varian ini. Varian tidak hadir sebagai full varian yang berbeda, akan tetapi dengan hanya menggunakan perbedaan aksen warna dan stripping. Bisa jadi konsep ini hanya akan diterapkan pada type-type yang gemuk  sebagai backbone product dan strategic product, semacam Mio, Fino, dan Jupiter Z. (Soal isu Mio J bakal ada 5 varian kayaknya Gue masih tidak yakin, tidak perlu sebanyak itu karena masih ada Fino dan Next Soul FI)
Menurut Gue product baru Yamaha pastinya akan ada lagi selain Mio J, Fino dan Next Soul FI. Jupiter Z versi FI memiliki khans kuat untuk keluar juga tahun 2012 ini. (New Blade sudah menghajar Jupiter Z). Sport baru juga diperlukan untuk mempertahankan penguasaan di category sport yang semakin terancam. Prediksi Gue untuk kondisi Yamaha saat ini kemungkinan mereka akan mengeluarkan product yang seperlunya saja untuk mempertahankan Market Sharenya dan membenahi barisan product line up-nya.
Price
Gue yakin seyakin-yakinnya, Yamaha tidak akan berani terlalu overprice di market. Market sudah mulai berdarah-darah, apakah masih mau taking profit besar-besaran? pastinya akan berfikir panjang atau cepat mampus.
Place (Management Jaringan 3S)
Ini bisa jadi PR Yamaha yang paling berat.
Kepercayaan telah luntur, Mental Berjuang telah sirna, dan yang paling penting adalah Hubungan antara ATPM dan Dealer sudah ternoda dengan kebijakan Nasional Group Dealer.
Tidak ada visi yang sama dan kepentingan yang berbeda akan mempersusah usaha untuk mendevelope jaringan 3S ini. Sistem salesmanship yang terbukti gagal memperparah kondisi. Mudah-mudahan Yamaha bisa segera mengatasi krisis ini. Pastinya perkuatan dan Develope Jaringan 3S dengan perbaikan management system akan menjadi agenda utama. Sedangkan penyelesaian masalah terutama di jaringan adalah mencari role model untuk salesmanship yang cocok akan jadi pr utama di tahun 2012. Tapi sebelum itu semua, raih kembali keyakinan, kepercayaan dan hati dealer yang terluka bukan tugas yang mudah.
Promotion
Tahun 2012 adalah tahun untuk memperjuangkan Image Yamaha sebagai Brand yang Imagenya Speed, have collaboration image with Youth, dan tentunya di Perception-kan sebagai product yang High Technologies. Kita lihat saja bagaimana aplikasi dari strategy ini bisa dieksekusi oleh team Promosi Yamaha dalam kondisi cash flow yang semakin berat untuk berputar dan tentunya budget yang mengikuti akan semakin seret.
===============================================
Overall:
Nantinya di tahun 2012, Yamaha akan berbenah dan berbenah, dan banyak lagi berbenah pada hal yang basic dan mendasar. Gue rasa untuk strike back sudah tidak memiliki kekuatan.
Apalagi isu gonjang-ganjing management YMKI yang diakuisisi oleh YIMM atau bahkan YMC Japan (oleh trio Bro Kakang Ali -Bro Sas – Bro Smart Innovation) sepertinya benar adanya. Bila hal ini terjadi, butuh waktu lama untuk settle kembali dan barulah bisa fight back dikemudian hari. Perebutan kekuasaan dan perebutan pengaruh secara internal akan menguras banyak energi sehingga akan mengalihkan focus untuk berperang melawan musuh yang sesungguhnya, yaitu Honda dan Suzuki, sekali lagi…Honda & Suzuki.
Tahun 2012 pasti akan jadi tahun yang berat bagi Yamaha, jauh lebih berat dari tahun Kejatuhan Yamaha di 2011 ini.
Udah sekian saja ya, kalau Gue terlalu detail menelanjanginya khan bisa beneran telanjang bulat-bulat. he he he he he….. Uhuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuy dulu!!! Gue mau mandi biar segar.
Sekali lagi Uhuuuuuuuuuuuuuuuuuuuy!!!!
About these ads

108 responses to “Menelanjangi Strategy, Kebijakan dan Kondisi Yamaha di 2012

  1. mantap ulasannya…sampe daleman Yamaha ditelanjangi puooll

  2. dibalik keterpurukan yamaha 2011, ternyata Kebijakan toh biang keroknya….. baru mudeng gw…

  3. @ Predix
    Biar gue gak dibilang berat sebelah, abis selama ini katanya lebih banyak menelanjangi strategy H. Gantian kini strategy Y juga gue telanjangi.

    Gue yakin tak akan banyak mengubah keadaan……kok.

    Uhuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuy!!!

  4. Cukup.. cukup Bro..
    mreka sdh cukup dtelanjangi o/ Bro Smart, Bro SAS dan Bro Kakang Ali..
    Jgn dtambah lg. Please…
    Aihiiihihiii..! :D

  5. sumpeh kalo cm dengar dari FB kemelut yg ada di tubuh Yamaha, asli…ga mempan dan ga masuk diotak……karna Bro Komeng yg sampaiken, jd tau deh penyebab MS yamaha turun di 2011 walopun faktor itu tidak 100% mutlak penyebab terjun MSnya…..

  6. @Predix
    Kejatuhan di 2011 terutama terjadi karena masalah Grand Strategy yang miss di tahun-tahun sebelumnya kok, kemelut cuman jadi salah satu bumbu kecilnya saja.
    Next 2012 kemelut yang telah membesar seperti bara api raksasa bakalan menjadi Bumbu Utama, catet sekali lagi Bumbu Utamanya.

  7. tukang underestimate

    .miris dengernya….hehehe, salut buat bro uhuuy…..artikelnya brojol trs….. kira2 motor apa yg kira wajib di beli sesuai dgn kebutuhan di tahun depan….? apakah harus beli merk tertentu yg kondisi pabrik n manajemennya superior…? secara tehnical apakah akan terjadi penurunan kwalitas dr pabrikan yg sedang mengalami gonjang-ganjing….? apakah yamaha bisa bernasib spt suzuki ataukah malah bisa lebih parah…? bro komeng tau ndak secara finansial berapa sih kekuatan antara honda dgn yg lain…. tq

  8. Mantep bro Komeng. Like this….

  9. Miris dengernya…. Padahal perang terberat adalah perang melawan musuh yang bersembunyi di benteng pertahanan kita ……

  10. Miris dengernya…. Padahal perang terberat adalah perangmelawan musuh yang bersembunyi di benteng pertahanan kita ……
    Oleh binladeen on November 29, 2011 pada 7:44 pm

    ==================

    NAh! Itu Dia… Air keruh semakin keruh krn ada yg mancing..
    Strategi makintak terlihat. Penglihatan kabur…

    tik.. tak.. tik.. tak.. BOOOOMM!!!

  11. @Bro Smart
    Dimana dimana dimana harus kucari…dirimu Bro Smart. Kemana….kemana…..kemana harusuberitakan kabar ini?
    Lihat ceriteramu dijadikan sebuah artikel. He he he

  12. miris…..

  13. Salam Uhuuuuyyyyyyy……!!!!! untuk Bro Komeng dan semuanya.

    Senang sekali Bro Komeng bisa seproduktif ini. Mudah mudahan artikel selanjutnya membahas Suzuki, apa keuntungan atau peluang yang dapat Suzuki dari Kemelut kompetitornya.

    Saya mau tambahkan sedikit bumbu untuk artikel ini.
    Flash back ke tahun 2008 saat Main Dealer meeting, ambisi Petinggi Y adalah menaklukkan Bebek Honda yang menjadi tulang punggung H, alasan sederhana saja, bila bebek H takluk otomatis Y menjadi No.1 karena skutik Y menang mutlak dan Sport hanya beda tipizzz dan tendensi terus menguat karena Vixion berhasil menggasak dan memporakporanda pasukan Sport H. Dan ini akan menjadi rekor dunia bila berhasil, cuman di Indonesia Y bisa juara 1, ambisi yang luar biasa. Blundernya adalah Y terlalu pede dengan skutik dan lengah, H melihat celah ini akhirnya sdh diketahui bersama.

    Sebenarnya ada juga pihak yang kurang setuju dengan ide untuk melibas H, karena dianggap menbangunkan harimau yang sedang tertidur dan memyarankan agar konsentrasi di skutik karena tendensi skutik yang terus menguat, disini terlihat Visi petinggi Y yang sekali lagi arahnya kurang tepat.
    Karena sanggup menempel ketat dengan H, para BOD Y menjadi over confidence, H hanya dianggap ngak punya ide, hanya bisa ikut program promosi Y dengan budget lebih besar. Padahal H sdg melakukan restrukturisasi dengan datangnya Mr.JL. Parahnya lagi laporan dari bawah keatas di modifikasi sedemikian indah kedengarannya, yang lebih parah lagi Mr.D sampai pernah nyerocos di meeting kurang berhasil di pasar awal peluncurannya.

    Itu saja yg bisa ane sharing, lainnya grand strategy, marketing dan lain lain sdh Bro Komeng telanjangi smpai habis.

  14. @ Bro SAS,

    Gara gara radio com kapal tanker tadi perut gw sakitt sampai sekarang, benar benar luar bisa, di artikel berat dan serius Bro masih sanggup buat humor lelucon yang ngakak abizzz.

    @ Bro Smart,

    Sdh baca belum radio com kapal tanker????

  15. Mind Genesis | November 29, 2011 pukul 6:40 pm |
    @ Predix
    Biar gue gak dibilang berat sebelah, abis selama ini katanya lebih banyak menelanjangi strategy H. Gantian kini strategy Y juga gue telanjangi.

    Gue yakin tak akan banyak mengubah keadaan……kok.

    Uhuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuy!!!

    =========================================

    Mind Genesis | November 29, 2011 pukul 6:54 pm |
    @Predix
    Kejatuhan di 2011 terutama terjadi karena masalah Grand Strategy yang miss di tahun-tahun sebelumnya kok, kemelut cuman jadi salah satu bumbu kecilnya saja.
    Next 2012 kemelut yang telah membesar seperti bara api raksasa bakalan menjadi Bumbu Utama, catet sekali lagi Bumbu Utamanya.
    ===========================================

    kayanya respon dr Bro Komeng dr dua paragraf diatas yg di bolt…. masih ada yg tersirat…….. mudah2an next artikel bisa disurati saja apa yg masih tersirat biar keingin tahuan kita2 para pembaca diblog yg tiada duanya ini terpuaskan….cieee…….. maksa banget ye gw…….

  16. Newbie, apa bener ya bro komeng, menurut suara dari langit, sang Y masih banyak meninggalkan banyak PR: dari sisi jaringan ato SD,diskon,image,harga jual kembali,salesmanship, dan tentunya Dealer Spirit, hal inilah PR besarnya, sepertinya bro komeng harus kembali untuk membantu menyelamatkan Y, dan masalah terbesar adalah para BOD tidak mau mendengar dan berempati dengan tentara2 Y, akibatnya tentara2 terbaiknya pada hengkang satu persatu, kalo yg tersisa tinggal tentara baru. Yang notabene masih mengenal dunia persilatan sabuk hitam pada akhirnya mental juga,denger2 upeti yg diterima oleh para tentara Y masih sangat kecil di banding kacab SDnya maka banyak juga yang lari ke SD, kalo uang laup pauk kurang gmn bisa beli makanan bergizi,kalo gak ada gizinya gmn bisa cerdas untuk memberi semangat pada SDnya sedangkan dia aja nggak ada spirit untuk hidup, apalagi suruh perang ya pada akhirnya tentararanya Semakin Pasrah,semoga petinggi Y membaca ini, semoga cepat bereaksi kami pecinta Otomotif sangat menyayangkan salam uhuuuuuyyr

  17. Wah kalau saya nggak ngerti kondisi riil internal atas sampai ke bawah Yamaha…
    Yang saya lihat riil nya, sekarang dekat kantor saya lebih sering ada dangdutan gratis dealer2 Yamaha dengan tambahan diskon dan berbagai hadiah langsung dobel-dobel…
    Dan showroom nya sekarang benar-benar terlihat seperti showroom dengan banyaknya motor yang dipajang…
    Tidak seperti tahun2 sebelumnya, dimana showroom2 nya cenderung minim stock…

    Dan yang pasti, saya menikmati dangdut gratisnya dari ruangan…
    (busyeet sound systemnya)

    Mungkin terlambat bagi Yamaha untuk strike back, tapi belum terlambat untuk memasyaratkan dangdut dan mendangdutkan masyarakat… :mrgreen:

  18. smartinnovation

    @ Bro Ali : Gue udh baca Bro, Bro SAS emang paling hebat bikin perumpamaan. Dan alat penyadapnya jg bgs bgt ya… Bs denger radio com antar negara… He he he

    @ Bro SAS : aku masih di sini untuk setia…. #Jikustik

    @ All : menurut saya,
    1.ttg produk: kok br skrg ngeluarin fino??? ya udh telat. Hr ini penjualan H yg jelek kan scoopy. Tren udh lewat baru masuk… Yg ada justru malah akan jd stok di dealer dan akan sekali lagi membebani cash flow dealer. Apalagi, dgn pricing FI nya H yg hanya seharga 250rb… Apa Y rela naikin harga injeksinya cm 250rb??? Kl ndk rela, image overprice makin menancap…
    2. Tentang harga, diskon besar2an tjd hampir di seluruh area, lha gmn mau batasin diskonnya kalau dealernya overstok trus… 3.promotion: sampai harus berguru pada event lokal jatim… *speechless sambil geleng2 kepala
    4.Network: udh terlalu banyak yg sakit hati, ga akan mudah mengubahnya mjd semangat lagi, kecuali produk2 baru Y tiba2 booming, tp itu sama saja mengharap hujan di gurun sahara.

    2012 akan jauh lebih berat bagi Y daripada tahun 2011. Apalagi hal2 yg bersifat politis akan sangat mendominasi kebijakan2 yg diambil…

  19. Yamaha,ayo benahi rem belakangmu yg selalu tromol sebelum konsumen mu tambah melek.. Ga perlu bnyak pertimbangan ini itu, udah jelas tuh fakta di lapangan, konsumen udah alergi liat tromol.. Huhuy..

  20. Tahun 2012 adalah tahun Restrukturisasi bagi Yamaha bukan tahun untuk Fight Back ke Honda.
    1. SDM. Yamaha seharusnya Konsolidasi Internal lebih dahulu untuk menenangkan SD-SD yg dulunya merupakan Team Inti ( Yang masih tersisa ) & bukannya men-support Group seperti sekarang. Bukannya saya anti dgn Group tetapi Group yg punya dana besar, SDM yg lebih terlatih, Dana Promosi yg lebih besar malah menyebabkan terjadinya kesenjangan antar SD & Group yang akhirnya menyebabkan perpecahan di internal & menyebabkan price war & iri hati SD. Akibatnya SD tidak fokus lagi ke Sales & profitnya menurun shg SD tidak punya kemampuan untuk modernisasi System & SDM nya. Dan akhirnya SD berpindah ke lain hati yg memberikan tawaran & profit yg lebih baik lagi. Pihak Yamaha berbeda dgn Honda, Honda yg di backup Astra punya kemampuan untuk Training yg baik ke SD nya shg SD Honda hanya perlu fokus ke Sales & tidak perlu repot untuk membangun System, Mendidik SDM, Merancang Promosi. Karena semuanya sudah di backup dari Pusat. Struktur Oganisasi, Tugas Pokok & Fungsi ( TUPOKSI ) di Honda tertata dgn baik.
    ( Jalankan program Training ulang SDM & dengarkan keluhan SD langsung )

    2. PRODUCT. Yamaha tidak perlu harus mengekor ke Honda. Yamaha harus mulai Fokus kembali pada produk yg ada skrg yg sudah sukses jangan di hilangkan & produksinya harus ditambah / Non Indent ( jupiter Z 110, Byson, V-Ixion, MX). Sedangkan produk yg kalah image ( boros, jadul, minus fitur ) harus diperbaiki ( Matic ) ==> Injeksi, New Design, Fitur baru. Dan Perlu adanya 2 tambahan produk matic baru ( Fino 125 cc, injeksi & Produk yg design baru / New Segmen ). Untuk Vega perlu ada penyegaran design & penambahan fitur biar murah tapi tidak tampak murahan ( Velg Racing, Behel yg Trendy, Design Body yg tampak lebih kokoh, tidak perlu injeksi ). Perlu ada konsep baru untuk Scorpio ( injeksi, fairing ). Untuk Jupiter Z 115 tetap saja di produksi tapi perlu mengeluarkan kembali Jupiter Z 110 lama sebagai pendamping untuk menguasai penuh kembali segmen bebek. jupiter Z 110 masih tetap jadi legenda yg di cari konsumen ==> Re-Born Jupiter Z 110 ( Honda tidak bisa apa2 dengan Jupiter Z 110 yg menjadi Legenda di Dunia Balap & terkenal akan mudah di setting & tangguh ).

    3. PROMOSI. Tidak perlu promosi yg spt honda yg banyak menghabiskan tenaga, waktu & biaya tapi hasilnya nggak maksimal. Lebih baik Line Up Promosi di atur ulang / Segmentasi. Pabrik promosi untuk Image secara Nasional, MD / DDS promosi untuk Sektoral & SD melakukan perbaikan di lini depan sales, pembagian brosur & spanduk2 untuk menanamkan Image di Konsumen di wilayahnya masing2. Dulu Yamaha pernah sukses dgn HANYA promosi nasional + sedikit promosi sektoral. Yg penting ujung tombak sales tidak banyak urusan / promosi yg tidak perlu yg menghabiskan waktu, tenaga & biaya sehingga mereka bisa fresh otaknya untuk merancang strategi sales & mendengarkan masukan dari konsumen. SD yg profit pasti akan bertarung sekuat tenaga & habis2an demi Profit & Image Yamaha.

  21. lae togar anak medan

    hmmmm….. zampai zegitunya ymki nya. lebih parah di dalamnya nehh.

  22. “Jujur Gue agak kesulitan memprediksi sesuatu hal yang masih belum terencana dengan baik. Itulah sebabnya lebih mudah bagi Gue memprediksi langkah Honda yang jelas memiliki Visi. Dari pada memprediksi langkah Yamaha yang Visinya tidak terlalu jelas, sepenggal-sepenggal dan kadang tidak sinkron antar strategy atas dan tactical di bawah.”

    Dari sepenggal tulisan Bro Komeng diatas, saya mengamini, memang lebih sulit membaca sesuatu yang tidak jelas dari pada membaca sesuatu yang sudah tidak beraturan sama sekali.
    Pada saat dulu masih belajar karate, lebih susah memperkirakan serangan seorang bersabuk putih dari pada serangan karateka bersabuk kuning atau coklat.Bahkan yang bersabuk hitam sekaligus.
    Sangat berat membaca strategi besarnya atau grand strategi dari berbagai operasional bawah yang awut-awutan bahkan tidak cocok satu sama lain.

    Artikel ini artikel yang luar biasa. Ikutan Uhuuui juga ah.

  23. mungkin faktor moto gp jg bro, hengkang nya rossi ke ducati ditambah mlempemnya lorenzo IMHO menjadi salah satu penyebab mlempemnya penjualan yamaha, lorenzo daya jualnya kurang yamaha jd seperti kehilangan icon. Uhuy….

  24. Strategi honda yang akan menginjeksikan semua lini produk dengan injection sudah dimulai saat ini, berarti grand strategi ini sudah lama di siapkan honda. Bro komeng gimana prediksi yamaha menghadapinya nih! Apalagi sempat keceplosan dari petingginya bahwa keputusan membuat diferensiasi harga hanya 250ribu dari versi karburator sudah lama di pikirkan. Berarti honda sudah sangat siap menghadapi pertempuran di tahun yg akan datang, bagaimana dengan yamaha?

  25. ヤマハ を つぶす!

    Thanks to Mr Mind Genesis untuk kesediaanya ……salam uhhuuuyyyyy :)
    ————————————————————————————————–
    hmmm diluar segala permasalahan internalnya , menarik untuk di teliti apa yg bro komeng prediksikan tentang ini :
    Tahun 2012 adalah tahun untuk memperjuangkan Image Yamaha sebagai Brand yang Imagenya Speed, have collaboration image with Youth, dan tentunya di Perception-kan sebagai product yang High Technologies.

  26. Bro Komeng, ada beberapa point yang ingin saya tanyakan, terlepas dari kemelut internal yang akan sangat mempengaruhi performance Y di tahun 2012:

    1. Yamaha akan kembali ke DNAnya yang semula. Speed adalah DNA utama Yamaha. penjelasan lebih lengkap bisa baca di artikel ini dandi artikel ini juga. Kalau masih mau menekankan pada “Irit” siap siap aja adu power dengan Honda yang sudah sangat super kuat di image iritnya.

    =>Imho, mungkin bagi orang Indonesia speed sering dihubungkan dengan balapan MotoGP, dulu sewaktu Rossi disana akan lebih mudah memposisikan Speed, tapi saat ini RC212V jauh lebih perkasa dari pada M1, strategy apa yang paling baik untuk kembali ke DNAnya semula? Mengingat motor Honda saat ini juga membangun image sebagai motor kencang melalui MotoGP. CMIIW.

    2. Yamaha akan focus di Anak Muda. Setelah menyadari jika produknya semakin menyasar ke usia yang semakin tua dan kompetitor justru focus ke anak muda, Yamaha akan segera melakukan peremajaan imagenya. Yamaha akan Focus kembali ke anak muda. ( lihat saja mio suka-suka dan my way, keduanya melakukan penetrasi image ke anak muda.)

    => Bagaimana kalo Honda juga masuk ke anak muda juga? Terlihat dari iklan2 Honda Beat dan Scoopy juga nyasar ke anak muda. Apakah ada cara agar tidak h2h dgn H?

    3. Yamaha akan berusaha memperkuat image Technology Canggihnya. Sadar akan kompetitor yang rajin dengan mengekspose aneka fiture andalannya dan membungkusnya dengan image Hi-Tech, Yamaha harus berani melawan jika tidak ingin dikata-katai “Jadul” terus-terusan. Apalagi tahun 2012 adalah tahun perang product Injection. Image Hi-Tech harus kuat menyangga barisan Product Injection yang akan keluar nantinya.

    =>Sampai saat ini Teknologi canggihnya Yamaha terwakili oleh V-Ixion, tapi H juga sdh punya CBR-150 yang lebih canggih walau secara harga tidak head to head.

    Apakah yang harus dilakukan Y bila H sampai meluncurkan sport semacam V-ixion killer dengan harga super kompetitif???
    Apakah Y masih punya tenaga untuk adu otot untuk strategi pricing apabila H main gila untuk memperparah kondisi Y?
    Bila kondisi ini terjadi, sungguh kayak buah simalakama.

    Image Y sedikit banyak rusak oleh New Blade yang lebih murah tapi lebih canggih drpd NJZ. Belum lagi PCX sebagai flagshipnya skutik juga mewakili Hi-Tech Honda. CMIIW.

  27. luar biasa artikel ini bro…

  28. mantap euy, lagi-lagi tambah wawasan… 2 thumb up buat pemilik warung & komentatornya juga keren2…

  29. Speed vs Honda akan mudah melabrak dengan kemenangan di Motogp

    Kaum Muda vs …. ini lah kesempatan utama, Honda sangat tua disini

  30. Ulasan yang muantab…
    YAMAHA harus tetap konsisten dengan image-nya yang keceng,lincah,nang stabil dalam handling….

  31. @Kakang Ali
    He he he, 3 komponen yang Bro Ali tanyakan itu adalah prediksi Gue mengenai concept strategy yang akan Yamaha lakukan. Sekali lagi PREDIKSI GUE atas yang AKAN Yamaha lakukan.

    Mengenai ke 3 pertanyaan tadi….mhm…harusnya Yamaha bayar sangat mahal untuk konsultasi ini…he he he.

    Tapi tak apalah kalau di sentuh-sentuh dikit aja…

    1>Imho, mungkin bagi orang Indonesia speed sering dihubungkan dengan balapan MotoGP, dulu sewaktu Rossi disana akan lebih mudah memposisikan Speed, tapi saat ini RC212V jauh lebih perkasa dari pada M1, strategy apa yang paling baik untuk kembali ke DNAnya semula? Mengingat motor Honda saat ini juga membangun image sebagai motor kencang melalui MotoGP. CMIIW
    ================================================
    persaingan sekarang jauh lebih berat dari dahulu….solusi di pertanyaan ini, “think global, act local.” Membangun image speed emang bisa aja lewat balap local. Tapi anak muda saat ini tak seperti 10 tahun lalu. Image speed bisa dibangun dimana aja, termasuk di on-line, event, adv. dll yang bersentuhan dengan dunia anak muda yang tepat. Penetration image speed tak harus slalu lewat event balap. Contoh jadulnya sih, iklan “jembatan roboh” itu salah satu iklan yang mampu membentuk image speed di benak konsumen.
    ================================================
    2.Bagaimana kalo Honda juga masuk ke anak muda juga? Terlihat dari iklan2 Honda Beat dan Scoopy juga nyasar ke anak muda. Apakah ada cara agar tidak h2h dgn H?
    ===============================================
    Gampang, anak muda khan macam-macam Bro…pilih segment anak muda yang cocok dan tepat dengan image yang ingin Yamaha bangun. Tentunya pilih segment yang marketnya juga maknyuuss.
    Event Yamaha Music Matic Fest yang diadakan oleh Yamaha Jatim itu udah tepat menurut Gue, Image Trend Setter akan memperkuat Tag Line Yamaha Semakin Di Depan.
    Anak muda itu khan selalu lihat yang lebih keren dan ikut-ikutan pada golongan yang lebih keren. Kalau Golongan Paling keren pake suatu produk dan image mereka blending dengan image produk itu, maka golongan yang lain akan ikut dan seterusnya dan seterusnya….
    =============================================
    3.Apakah yang harus dilakukan Y bila H sampai meluncurkan sport semacam V-ixion killer dengan harga super kompetitif???
    Apakah Y masih punya tenaga untuk adu otot untuk strategi pricing apabila H main gila untuk memperparah kondisi Y?
    Bila kondisi ini terjadi, sungguh kayak buah simalakama.

    Image Y sedikit banyak rusak oleh New Blade yang lebih murah tapi lebih canggih drpd NJZ. Belum lagi PCX sebagai flagshipnya skutik juga mewakili Hi-Tech Honda. CMIIW.
    ==========================================
    He he he…ini juga sebenarnya masih bisa diatasi…..tapi…eits….kalau dibahas tuntas…kepanjangan, bisa buat buku…..ntar Gue jadi Konsultan Yamaha Donk. Peta persaingan akan berubah, ntar ada yang marah dan menuduh Gue merubah sejarah. he he he.

    Anyway…very good question Bro!!! Uhuuuuuuuuuuuuy for Your Questions!

  32. Jadi….. 2012, prediksinya Honda masih menang ??
    MS berapa % bro..hehehehe

    uhuyyy

  33. Bro Komeng,

    Terima kasih sekali sentuhannya :D
    Sepertinya salah satu pihak diatas angin dan yg lain siap-siap kalah telak di tahun 2012.
    Kalau strategi bisa lebih baik mungkin kalahnya tidak telak2 amat. :D

    Bagaimana dengan jurus “Dealing” ?
    Apakah memungkinkan?

  34. numpang eksis pak komeng…
    mantaap artikel2 nya….stlh habis baca2…
    ternyata problem ada di dalam komunikasi bawah ke atas dan jg sebaliknya di yamaka….
    kekeke….beraat….hahahha…

  35. kalo sampe gak bisa dilihat jelas komunikasi di yamaka….dan menyatakannya ke bagian2 frontlinersnya maupun untuk memberi kesan kuat ke konsumen……jelas sudah masalah berat komunikasi internal….gak straight….bisa jadi krn terlalu percaya diri berlebihan.

  36. Membangun image kencang dari even global sudah berat karana moto GP sudah tidak seperti dulu tapi membagun image kencang dari even lokal juga bukan hal ang mudah karena secara riil di l lapangan sudah dihancurkan oleh si bebek super satria FU.

  37. ヤマハ を つぶす!

    jujur gua salut sama Mr komeng ini …jadi inget sobat gua waktu dia melihat move Y di 2009 dia langsung bekoar2 itu adalah senjata makan tuan ….efeknya akan terasa besar sekarang2 ini ….hehehe

    .. lihat dan baca artikel ini yg di tulis mr komeng di tahun 2010 …kalo yg mengerti situasi sesungguhnya akan kaget dan kagum sama tulisan bro komeng ini ….uhuuy lagi dah

    https://mygoldmachine.wordpress.com/2010/07/17/bagaimana-cara-melihat-grand-strategy-dari-suatu-perusahaan-pesaing/

  38. “Perebutan kekuasaan dan perebutan pengaruh secara internal akan menguras banyak energi sehingga akan mengalihkan focus untuk berperang melawan musuh yang sesungguhnya, yaitu Honda dan Suzuki, sekali lagi…Honda & Suzuki.”

    Sepertinya bro Komeng sudah mencium grand strategy nya Suzuki untuk kembali bersaing mengambil posisi runner up???
    Ditunggu ulasannya bro…

  39. jurus yang di atas kan pernah di pake yamaha, waktu awal awal mendekat ke honda.

    jamannya mx dan vixion, yamaha keluarin harga kompetitif, cust di kasih cc lebih gede…kasus mx, pikiran orang awam cc gede alas speed nambah…
    teknologi waktu jaman vixion membantai mega pro, plus waktu timing rossi juara… ya paas banget image produk yamaha adalah speed dan teknologi.

  40. sampe lupa … yamaha di dalam negeri juara road race…

    jadi saat itu semua product yamaha adalah product fresh jawara dari desaign dan speed… dari vega…jupiterz,mx dan mio

    just IMHO loe yaa…
    kalau yamaha mau deketin honda lagi. ya harus keluarin lagi product jawara selanjutnya…
    CMIAW

  41. @fandiartz
    artinya, kalau dulu Yamaha cukup focus pada gerakan 1 lawan, sekarang dalam kondisi demikian, perlu focus melihat gerakan 2 lawan.
    Focus disini artinya bukan hanya melihat pada yang focus saja, sedang yang lain tidak dilihat.
    Akan tetapi melihat semua dan focus terlebih pada yang difocuskan tersebut.

    Uhuuuuuuuuuuuuuuuuuy khan.

  42. Salam Uhuuy Bro komeng dah lama ga komen disini.

    ngliat penjelasan Bro komeng dan kemontator lain terutama Bro smart n kakang Ali, terjawab sudah mengapa YMKI begitu lamban selama ini.
    Dan Catatan Bro Komeng tentang Focus pada Honda dan Suzuki juga selaras dg pandangan ane. ane liat Lambannya Gerakan Suzuki (spin baru /nex ga keluar-luar, thunder facelift lama banget n gitu-gitu aja) ane harap berbeda dengan lambannya Yamaha, lambannya suzuki disini lebih seperti Honda 2007-2008. mempersiapkan diri. ini yg ane khawatirkan.
    kejatuhan image YMKI bisa dijadikan batu landasan untukSuzuki berbenah diri. tentu lebih baik bertarung dengan YMKI dibanding dengan AHM, aplg basic suzuki jg di speed n harga suzuki jg setara dg YMKI di tahun 2005-2007. (satu lg speed YMKI masih kalah ma kawasaki).
    digencet atas bawah MS YMKI bisa terjun bebas. sekarang YMKI dah kaya Honda 2007-2008 obral n diskon sana-sini (bedanya tanpa persiapan visi yg jelas). Mungkin salah satu penyebabnya takut ramalan bro komeng terjadi.
    walaupun kabar terakhir yg ane denger jajaran top managementnya masih kaya dl.

  43. Kl saran ane lebih baik YMKI fokus ke segmen yg menjadi keahliannya (tulang punggungnya) sport (kelas vixion byson) n matic (kelas mio) bebek (jupiter z plus mx kl ada dana). tambah variasi disana untuk head to head dengan AHM, segme-segmen preimum yg YMKI ga bisa lawan jangan ikut masuk daripada masuk tapi setengah-setengah/half effort yg akan makin tenggelam. ckp pertahankan apa yg ada. skorpio dg upgrade, lexam didiskontinu, mx dah bener, soul lebih baik diganti dg varian mio seperti bro genesis ungkapkan.
    Finansial YMKI termasuk yamaha japan ga mungkin ngeladeni Astra plus Honda japan.

  44. @ Safety Rider
    Wah lama tidak membaca komentar komentator wahid sekelas Bro Safety Rider. Sebagai sesama komentator saya gembira kita bisa berjumpa dan berdiskusi di blog paling istimewa ini.

  45. @ Bro Safety Rider
    Setuju, Pertahankan yg sudah baik, Upgrade Scorpio, Discontinue Lexam, upgrade Matic ke Injeksi.

  46. Bro Sas
    Sama Bro ane paling seneng kl diskusi di sini paling interaktif, tp sayang ane ketinggalan kapal tangker kemarin, walaupun masih ngakak berat… perumpamaanya mantap, terutama aksi sadap menyadap.

    ada beberapa bocoran halus dari pihak AHM tp masih NDA euy. dan perkiraan ane tentang varian matic AHM sepertinya bakal terjadi. kl dari suzuki dah lama ga ngobrol ma sepupu di indomobil. tp ngliat iklan trio Titan Suzuki kliatannya dah mulai fokus.

  47. @Safety
    Honda emang fokus buat menghabisi Yamaha.

    Bahkan leasing-leasing kini semua matanya melihat Honda. Honda akan menjadi Penguasa Mutlak lagi. Bagaimanapun juga leasing butuh kuantiti besar untuk hidup. Jadi apapun kondisinya saat ini akn suport abis ke Honda. Sebaliknya dengan Yamaha yang kini mulai penuh masalah, bagaimana harus suport kalau tingkat resikonya semakin tinggi.

  48. Waduh bahaya….tinggal tunggu waktu KOnya iki, suoro rek.

  49. knalpot guaring

    Justru Yamaha yang akan menjungkalkan Honda, kami siap selalu membela Yamaha. Hidup Yamaha hidup Vixion.

  50. Kita selalu support Yamaha ……. Masih banyak lagi yang harus kita lakukan untuk hal ini.. tentunya dengan TEAM WORK yang solid …… perkembangan YAMAHA adalah salah satu hidup kita Bro ….

  51. @Kakang Ali

    Komentar ente disini and diwarung sebelah sangat2 kontras…kayaknya mantab kalo ente bikin blog pribadi……dijamin seperti blog ini…ulasannya gak ngawur & sangat2 mendidik bagi yang awam.

  52. Boncel | November 30, 2011 pukul 8:56 am |

    …………………menyebabkan price war & iri hati SD. Akibatnya SD tidak fokus lagi ke Sales & profitnya menurun shg SD tidak punya kemampuan untuk modernisasi System & SDM nya. Dan akhirnya SD berpindah ke lain hati yg memberikan……………
    ==================

    maap ada yg bisa jelasin, sdm, sd, dan bod,,,kalo di dealer..itu sapa2 aja yah……

    hahahahha, byar nyambung baca komentar2nya,,,,…….

  53. @ ash

    sepertinya

    SDM itu sumber daya manusia
    SD (sub dealer)
    BOD (board of director) alias dewan direksi alias bos-bos..hahaha

  54. yamaha fazer 250 nya kapan d launching khan pak bozz….?

    “bocoran price nya juga d tempel yooeeee….”

    hhaahhhaaaayyyyyy…..

  55. vyzex

    oh sdm /kirain ada arti khusus buat dealer2…sd….sub dealer….bod…oke deh..nyambung skrg….

  56. Nobita tgl 1 Des ini sudah resmi menikah, sudah teken perjanjian. Hanya nasibnya Nobita masih terkatung-katung belum ada kejelasan, bagaimanakah kondisinya nanti? Jadi terima emas kawin atau malah diceraikan dulu kemudian baru bergabung lagi atau justru berpisah selamanya di Januari 2012 nanti. Mari berkabung untuk Bro Nobita.

  57. smartinnovation

    @ Bro SAS
    HAHAHAHAHAHA. Ternyata nasib PARA NOBITA disana masih terkatung-katung ya Bro??? Pasti makan gak enak, tidur pun gak bisa nyenyak…. Huahahahaha.

    Nobita kan “bisa” melakukan sesuatu HANYA JIKA ada alat – alat canggihnya Doraemon (produk2 Yamaha yang laku) Bro… Alat Doraemon nya yang canggih, kalau Nobita nya mah, kagak bisa apa2… WKWKWKWK.

    Kalau pas alat Doraemon nya canggih, Nobita nya “kelihatan” hebat, lha kalau alatnya pas “JELEK” seperti skrg ini???? ya Nobitanya cuma bisa nangis sambil teriak : “Doraemonnn…… Gimana ini Doraemon…..???”

    Giant (AHM) udah nunggu di ujung gang sambil bawa pentungan, “Kamu mau lari kemana lagi Nobita!!!!!!” Huakakakakak.

    Padahal sebenernya, kalau Nobita mau berusaha lebih keras, dia bisa kok menghilangkan ketergantungannya pada alat doraemon, tapi sayangnya, NOBITA TIDAK SADAR KALAU YANG HEBAT ITU ALAT NYA DORAEMON, BUKAN DIRINYA SENDIRI, SEHINGGA BUKANNYA MENAIKKAN KUALITAS DIRINYA, NOBITA MALAH MENYOMBONGKAN DIRINYA DAN MERASA MENJADI ANAK PALING HEBAT DI DUNIA.

    Mhmmm, atau Mungkin Doraemonnya kesal kali ya Bro???
    GUA YANG BIKIN ALAT YANG CANGGIH-CANGGIH, KOK NOBITA YANG DAPAT NAMA AND KELIHATAN PINTAR YA????
    COBA DECH GUA KASI ALAT YANG JELEKKKKK….. BISA GAK LOE NOB????
    # kok jadi bicarain yang dibawah meja gini, udh ah gak enak bahasnya…. (Lempar kaleng ijo 3KG)

  58. Ini nobita yg kuliah di ui bukan?

    Hehehe

  59. Siiiiip, sbg kritik thd YMKI. HIDUP BRO KOMENG UHUUUUUUUUUUUUUUUY

  60. om sas ama om smart neh emang bener2 dah tau bgt jeroan disana…..hahahahaha…..sekarang gak mudeng dengan sebutan nobita dan doraemon nich…..hahahahaha…..menyimak aja deh….

  61. @ash
    Masa tidak tahu dengan Nobita sih? Para Nobita yang bekerja membela merk…..dengan jiwa raganya, sekarang malah kehilangan semuanya itu….tanya kenapa? Bro Smart mungkin anda bisa bantu perjelas.

  62. smartinnovation

    @ Bro ash
    di artikel sebelum2 ini Bro, kan ada orang yang mati2an membela merk nya, disinyalir ordal. Cb bro ash cari, komen nya masih terpampang disana kok. Kalau soal doraemon, ada di komen saya di atas ^

  63. …seneng banget nih kayaknya 2 orang ini….kayaknya puaass….banget ada apa ini…??? hehehe…piss om..

  64. @bro sas

    kira-kira para nobita lama. Masih dpercaya nggak bro sebagai teman doraemon barunya. Kira2 nobita pst dan nobita daerah gmn tuh nasibnya, mohon pencerahan radio kapal tenkernya,xixixixixixi

  65. @bro smart
    Ouwh…yang itu toh “para nobita” ….baru ngeh sayanya… :D :D

  66. @ Bro SAS, Smart dan Bro2 sekalian,

    Wah…. ketinggalan nich saya.

    Karena tanker yang diawaki para Nobita sdh bocor sana sini, perusahaan induk kapal instruksikan mereka akan dievakuasi ke tanker yang lain lebih besar.
    Sayang sekali pada proses evakuasi penyelamatan Nobita2 yg di pimpim oleh Kapten Tsuneo, prosesnya pilah-pilih, hanya personel yang belum ada di kapalnya di selamatkan, yang sdh ada di kapalnya cuman ditaruh di skoci dan disuruh dayung ke tepian sendiri atau tunggu diselamatkan kapal tangker perusahaan lain, katanya sich untuk apa berat-beratin tanker yang ujung2nya meningkatkan biaya opersional. :D

    Sementara itu Hiu-hiu kelaparan sedang menunggu moment2 untuk berpesta pora dengan hidangan lezat.

    Hanya itu saja dari channel radio com yg berhasil disadap pada waktu proses evakuasi, cuman segitu aja karena cuaca yg kurang bersahabat dan antena ane kurang canggih.
    Ada yang berhasil memantau lengkap radio com tanker Kapten Tsuneo?
    Mungkin Bro SAS dan Bro Smart berhasil. :D

  67. untung ane ikut MD

    :p

  68. ^^ hati2 mar nanti pada ngungsi ke MD …kalo pengungsinya cuma awak kabin sih gpp…tapi kalo pengungsinya para kepala awak kabin bisa buat resah pegawai2 di MD loh :D

  69. SAS | Desember 4, 2011 pukul 1:25 pm |
    Honda emang fokus buat menghabisi Yamaha.
    Bahkan leasing-leasing kini semua matanya melihat Honda. Honda akan menjadi Penguasa Mutlak lagi. Bagaimanapun juga leasing butuh kuantiti besar untuk hidup. Jadi apapun kondisinya saat ini akn suport abis ke Honda. Sebaliknya dengan Yamaha yang kini mulai penuh masalah, bagaimana harus suport kalau tingkat resikonya semakin tinggi.

    ——————————————————————————————

    Andil Ieasing sangat signifikan dalam dunia permotoran, menurut salah satu petinggi MD, faktor external dari leasing seperti yang dikemukakan Bro SAS sangat memperparah kondisi dan mereka sangat terpukul dengan mata leasing yg condong ke H , posisi stock bahkan diatas level 2 dan alokasi delivery bulan Desember dari YIMM dibawah 50% dari bulan lalu.

  70. @RS
    sbelum capai kapal MD kyaknya da tenggelam dulu :D

    @sa469
    wah untung di artikel itu cuma komen au ah gelap wkwkwkk

  71. @ maRio
    Tetap semangat, bagaimanapun kita perlu Yamaha.

  72. @AM & @Kakang Ali
    Nobita lama? Mhm kalau dari pelayan kapal tanker Tsuneo…kabarnya juga gusar, jangan sampai kehadiran nobita nobita ini masuk memenuhi dek bagian atas, sediakan saja dek bawah. Nobita harus ikut peraturan Tsuneo yang keras dan lebih tertib.

    Disamping itu Nobita-Nobita lama juga lagi dipilah2 saat ini. Info selanjutnya akan saya kabari.

  73. Info terbaru, menurut sumber radio com malam sabtu kemarin.
    Info yang terbaru, tsuneo mendapatkan perintah dari raja Doraemon untuk memilah nobita nobita lama menjadi 2.
    Golongan pertama diberi kesempatan untuk ikut di kapal tanker Tsuneo dengan posisi stack dan tergariskan nasib masa depannya di dalam catatan buku hitam Tsuneo. Yang golongan kedua disingkirkan dengan tudingan karena dianggap bertanggung jawab sebagai penyebab bocornya kapal tanker yang lama.
    Sedangkan nobita2 yang memiliki job yang sudah ada di tanker milik Tsuneo, seperti info Bro Kakang Ali, sudah pasti dibuang ke skoci menunggu kapal lain lewat dan menyelamatkan.

    Jika Bro Smart dan Bro Kakang Ali ada tambahan berita selanjutnya dan info-info yang sanggup menyadap radio com yang paling tinggi frekunsinya cepat di share ya sebelum ombak makin pasang.

  74. Gw males ma yamaha,leasingnya. Bikin bangkrut tuh ambil untungnya banyak.cek cicilan &uang mukanya,Ṁ̭̈αÕ ambil vixion ampe Ъќ>:/ jadi mahal bgt cicilanya,mnding milh ninja,jatuhnya lebih murah ninja,leasingnya ninja Ъќ>:/ overprice

  75. smartinnovation

    Dari penyadapan radio com antar benua, diperoleh bocoran signal yang mengindikasikan bahwa terjadi PERPECAHAN di KELUARGA DORAEMON, terjadi perang antar antar robot.

    Seberapa buruk kondisinya…..???

    Tiiittttttt…………. Signal Putus!!

    # Pergi nyari alat sadap yang lebih canggih dulu. . . . . .

    Mungkin Bro SAS dan Bro Ali sudah mendapatkan hasil sadapan lebih lanjut mengenai kondisi terakhir perang antar robot???
    Atau malah Bro ヤマハ を つぶす! mempunyai info yang “tajam”??

  76. kemaren rombongan yimm keliling ke seluruh dealer semua merek ada apa ya ????????…………

  77. Sinyal di tempat saya sedikit lebih terang…

    Kreeerkkk ..sreeekk…rrrrh….Perang Dingin yang terjadi oleh 2 kubu, yaitu antara Raja Doraemon dan…… ….tiiiiit…kreeekkk…….tiiiiiiiiiiittt

    Arrrgh putus juga.

    Mudah-mudahan info dan signal Bro Kakang Ali lebih kuat?

  78. Hohoho

    Asyik juga jadi penonton..

    Kalo perang gini kan seru…

    Nggak perlu mutual understanding..

  79. wah, dari kompetisi sekarang berubah jadi perang ya?
    Menarik untuk di simak…

    Ato saya yang salah baca?

    Lanjut juragannn…

  80. Baca YIMM caplok YMKI jadi merinding. Ini orang yamaha dah konfirmasi di sini http://mariodevan.wordpress.com/2011/12/05/ymki-bubar/

  81. smartinnovation

    Encrypted report dari beberapa agent semalam menyebutkan bahwa mantan presiden direktur untuk I*****sia yaitu Mr. Y T bahkan telah menjadi korban PERANG antar DORAEMON. Beliau telah TERDEPAK dari NEGRI DORAEMON. Apakah Bro SAS, atau Bro Ali telah mendapatkan klarifikasi mengenai hal ini?? Atau mungkin Brothers yg lain memiliki info yang lebih jernih??

    Tampaknya perang antar doraemon semakin memanas, korban bukan hanya kelas prajurit lagi, bahkan salah satu jendral veteran pun menjadi korban. Kalau kondisi ini berlangsung terus (IMHO ini akan berlangsung terus krn banyak yg mengail di air keruh), maka prophecy dari Bro Genesis mjd kenyataan, perpecahan ini akan mjd bumbu utama di tahun 2012.

    Semakin seru untuk diikuti.

  82. walah….kok malah perang internal…..pantesan…statement2 yang keluar ke media oleh pimpinan terkesan sembrono dan kurang elegan.

  83. akhirnya mudeng juga saya……sebernya saya dlu salut loh dengan pak dion, yang sampai dengan puncak tertinggi ymki,,,,sebernya salah strategy dimana yah……toh pencapaian saat ini nyaris mendekati ahm,,,,,padahal modal jauh,,,,,,

  84. kalo diliat2 mustinya modal ymki gede yah…

    ====================================================

    binladeen 6 Desember 2011 pada 10:43 pm #

    Coba you liat Vietnam. Penjualan seuprit, maticnya seabreg. Ada Cuxi, Nozza, Luvias (Xeon), Mio Classico (Fino), Mio Ultimo (Soul), Nouvo 115, dan Nuvo 135. 7 varian Cuy ! Lhaa Indonesia yang pasarnya paling gede cuma dikasih 3 biji (Mio Sporty, Soul dan Xeon)…. Apa gak kurang ajar namanya tuh YMKI ??
    Balas

    maRio 7 Desember 2011 pada 8:17 am #

    hehehehehehe….g bisa ngomong saya :p

  85. @bro ash…
    Mungkin bisa di baca lagi, luck or genius dari bung komeng…

    Ymki mendekati ahm dari segi apa nih? Penjualan? Aset? Kesejahteraan karyawan? Atau yang lain?

  86. Koq ada ya orang begini analisisnya, gokil banget kang…. *bengong

  87. Untuk YMKI pesannya adalah sering-sering bikin acara dangdutan, kasih diskon gede-gedean, kanvasing ke ke jalanan, bikin freetyle-ga usah mikirin safety riding krn lu gak mampu, dijamin maknyusssss…..

    BTW, dealer Yamaha tu pelit sama lingkungan. RT / RW minta sumbangan aja ditolak syukur2 di kasih ceban. Beda sama dealer Honda, ngasih kambing kurban sama doorprize buat 17 Agustusan trus ikutan kerja bakti, panteslah Honda dido’ain mulu biar sukses sama org sekampung. Dealer Yamaha? disumpahin, diomelin mulu.

    Saran buat YMKI, cari rejeki yang berkah jangan sombong dan ngeledekin org mulu. hukumannya liat aja di tahun 2011.

  88. Yang menentukan sebenarnya karena faktor utama yaitu Moto GP, kedua baru produknya…

    - Yamaha penjualannya jatuh karena hengkangnya V. Rossi ke Ducati 2011. V. Rossi merupakan Icon dan Penglaris paling ampuh dlm marketing Yamaha 2010, sayang dia dilepas karena bela2in J. Lorenzo yg sebenarnya Lemah (Weak).

    - Yamaha yg diwakili J. Lorenzo kalah sama Honda yg diwakili C. Stoner di Moto GP 2011. Motor Honda yg dibawa oleh C. Stoner terlihat sekali sangat kencang, powerfull dan tampil dengan sangat konsisten.

    - Produk Motor Yamaha miskin fitur canggih. Contoh lihat Matic Yamaha Mio Sporty vs Honda BeAT. BeAT sudah dilengkapi fitur: brake lock, side stand switch & magnetic keylock tapi Mio Sporty tidak ada. Mio Sporty cuma berkoar2 bagasi lebih gede padahal gedenya tanggung alias perbedaannya tidak seberapa (ini pun langsung dibalas Honda dengan mengeluarkan Spacy Helm In dengan Bagasi Super Gede + Tangki Bensin Besar).

    Sekian dari saya…

  89. Artikel yg bermutu..

  90. yamahasukadikandang

    @..Sizka | Januari 10, 2012 pukul 1:06 pm |

    Yang menentukan sebenarnya karena faktor utama yaitu Moto GP, kedua baru produknya…
    ====================================
    kalo aku ga sependapat siz…. pengalaman saya pernah jadi sales motor yamaha, suzuki dan honda tahun 2004-2008 konsumen gak memandang hal ini, percayalah.

  91. prediksi 1 sedikit meleset ternyata yamaha msh ngiklanin iritnya mio j

  92. wah,la kalau satu tubuh saling makan,gimana fokus ke tujuan?
    prinsip v.rossi :1 kandang 1 ayam jago, mestinya dipakai disini. kalau 1 kandang saling berlomba jadi utama dari dlm,beda visi,bkn mengarah ke 1 kepala/jago, gmna bisa menghadapi tantangan dari luar?

  93. kalo gw bilang sih yg bikin orang males beli jupe z bukan karena bodynya , kalo body gitu sih siapa yg gak mau gitu. tapi ccnya harusnya dibikin 125 apalagi suprax bapak2 banget bodynya, sekaligus biar honda tambah ko bikin yang mesin tegap tapi body sama kaya jupe mx cuma 125 dengan spesifikasi yang lebih cihuy tentunya.
    kalo mx sih tinggal tambah fersi fi cukup dah gak bakal berkutik fu dkk

    gw punya ide kenama gak yamaha bikin motor bebek 150 kaya fu cuman pake nama rx-king, tenaganya bikin segede2nya kalo bisa ampe 22hp pasti anak2 muda bakal beli sekaligus mampusin suzuki yang kalo fu gak laku bakal mati!

  94. Artikel yang sangat2 menarik. agan2 di YIMM tau ga ya???? sayang klo tdk tau.

  95. Wah kebongkar semua donk rahasianya Yamaha di tahun 2012 ini..

    Kalau Honda sudah sangat jelas di tahun 2012 akan menggempur kompetitornya dengan Hi-Tech (ex: injeksi)….

    Jempol deh buat Honda……….
    :-) :-) :-)

  96. 2&3 sudah terprediksi :thumbup
    Bentar lagi honda bakal nyungsep

  97. @Mono
    Nah…ternyata artikel ini point 2&3 nya terbukti (at least hingga saat komen ini ditulis)..
    Menurut bro, bagaimana dengan artikel yang lain??
    *lha wong strategy keduanya dipampang disini semua…trus diikutin…masak kompetitor nggak nyadar??

  98. Pingback: Serpihan Info . . . disinyalir Jupiter Z Fi Mass Pro Bulan Agustus 2012 « TMCBlog – Motorcycle News

  99. kutnvturowr lmfaaqlegvz

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s