Yamaha Review 2011 and View 2012

Terbukti sudah dari data AISI per December 2011, bahwa Yamaha Indonesia telah menyentuh level pencapaian Market Share sebesar 29,01% pada tahun 2011 ini. Seperti banyak komentator mungkin lebih akrab dengan menyebutnya level 2x,xx%. Seperti  prediksi Gue sebelumnya di tahun lalu, pada artikel ” Yamaha Indonesia akan Kalah Telak tahun ini (2011)“, terbukti Yamaha Indonesia (baca: “bukan lagi YMKI”) kalah telak di tahun 2011 dari kompetitor utamanya. Data dan artikel selengkapnya mengenai Market Share di bulan December 2011 ini bisa dibaca di Blog Kang Edo yang selalu komplit dengan data-data Market Share,  Klik di sini.

Level 2x,xx% ini akan membawa tahapan yang berbahaya bagi tahun 2012 nantinya. Dimana dari bulan kebulan pergerakan akan berada di level merah. Di tahun 2012, walau ada pergerakan naik di bulan awal tahun, ini akan hanya bertahan sementara saja. Secara total dikemudiannya trend yang terjadi bisa terbawa terjun. Yang pasti kalau ada yang mau membandingkan year on year akumulasi MS bulanan yang terangkum dalam satu tahun antara tahun 2012 dengan 2011 lampau, tidak akan ada yang berani bilang turunnya gak significant he he he, nanti pasti kelihatan njeglooos. Karena total Mean MS bulanan Yamaha di tahun 2012 ini pastinya akan selalu di angka merah. Kejadian kali ini tidak akan seperti memperbandingkan akumulasi satu tahun MS bulanan dari tahun 2011 dibanding akumulasi satu tahun MS bulanan tahun 2010. Kali ini akan berbeda Bro, percayalah…!!!

Dengan amunisi product baru saja tidaklah cukup, Strategy lah penentu kemenangan sebenarnya!!! Jika kita membaca dan membandingkan strategy yang ada antara 2 atau 3 pabrikan yang sedang lagi berkompetisi, maka dengan mudahnya pemenang dan pecundang langsung terlihat saat itu juga, walau perang di market masih belum dimulai.

Bagaimana komentar Bro semua?

Salam Uhuuuuuuuuuuuuuuuuuuy untuk tahun 2012, Selamat Tahun Baru !!!

193 responses to “Yamaha Review 2011 and View 2012

  1. pertamax,
    analisis sampean artikel yg dulu emang joos, lam kenal bro uhuuy

  2. lam kenal juga Bro Id
    Uhuuuuuuuuuuuy!!!

  3. Jika kita membaca dan
    membandingkan strategy
    yang ada antara 2 atau 3
    pabrikan yang sedang lagi
    berkompetisi, maka
    dengan mudahnya
    pemenang dan pecundang
    langsung terlihat saat itu
    juga, walau perang di
    market masih belum
    dimulai.

    Menurut bro komeng apa suzuki dah bersiap diri tuk mencuri ms kompetitor?

  4. membaca strategi? gimana caranya ya? ada yang bisa ngasih link-nya? ilmunya belum sampe nih………

  5. smartinnovation

    Produk baru hanyalah bagian dari strategy besar yang telah dirancang sblmnya, tanpa strategy yang tepat, produk baru ibarat pukulan uppercut yang diluncurkan pada timming yg salah, bukannya mengenai musuh malah menghabiskan stamina. Semakin banyak uppercut yg diluncurkan pada timming yg salah, semakin cepat habis staminanya, semakin menguntungkan pula bagi musuh. Terutama jika musuh mempunyai stamina yg jauh lebih kuat.

    Musuh punya stamina dan strategy yg jauh lebih kuat, terbukti mampu menurunkan MS Y dari kepala 4 mjd kepala 2 dlm tahun yg sama. Kali ini, bahkan lucky pun tidak akan banyak membantu. Sebelum berperang di lapangan pun, hasil sudah sangat jelas terlihat.

    Leasing sebagai pihak ke tiga tentunya sudah membaca hal ini dan konsekuensi logisnya tentu leasing akan lebih support ke H. Hal yg sangat wajar. Betul Bro SAS??

  6. @anton nugroho
    Baca aja di artikel lama blog ini dah kebahas tuntas, seingatku yang ada gambarnya james bond 007 itu lho. Mungkin bro lain ada yang masih inget linknya?

  7. cuma blog ini yg pantes bilang “time will tell”
    karena prediksinya jauh lebih akurat dan dgn penjelasan yg logis yg bisa diterima semua pihak mau fby ato fbh karna dlm tulisannya bukan bermaksud menjatuhkan ato mempromosikan salah satu brand tapi bener2 sharing dan kebenarannya cuma bisa dijawab oleh waktu
    trus berkarya bro ane newbie cuma bisa mantau saja

  8. hm…tadi pagi liat berita di TV..buruh yamaha mogok…apakah ada kaitannya dengan peleburan YMKI dan YIMM bro??

  9. eits….menunggu yang cium knalpot dulu..😀😀

  10. Knalpot Panas atau yang langsung digeber? Wk k k k k, pasti bibir Nobita jadi seperti sandal jepit yang direndam air panas.

  11. lae togar anak medan

    makin terperosok aza neh yamaha taon ini. gak musuh dari luar gak dari dalam. era kegelapan lah.

  12. Dradjat_Djati

    grand strategy Honda emang Jos gandos…

  13. sa469
    beritanya dimana bro….

  14. Kalau saya baca ulasan mengenai Grand Strategy yg dulu bro komeng ulas, dimana strategy AHM ditahun ini “Pressure Superiority All Out War & Management Quality Up”. Merebut Kemenangan dan berusaha menghabisi Lawan sampai benar-benar tidak berkutik”. Apa yg seharusnya Yamaha lakukan dalam menyikapi hal ini? melihat kondisi 2011 dan next strategy apa yg segera hrs dilakukan oleh Yamaha. Mohon pencerahan…

  15. sa469
    ke tekape….

    hahahah,,,minta jamsostek, kenaikan gaji, pengangkatan karyawan….mang gaji kurang gede apa yah…kalo kita mengikuti napsu dan naluri manusia mang segala halnya kurang..pasti kurang…..abis ini ntar karyawan honda kah?

  16. kalo dimetro minta asuransi,,diberita yang laen minta kenaikan gaji….

  17. Tahun ini Grand Strategy AHM masih akan tetap diatas YIMM yang lagi sibuk re-organisasi. Seperti tahun lalu, tahun ini Grand Strategi AHM masih akan meluluh-lantakkan Grand Strategi YIMM.
    Pasukan Yamaha yang sudah mulai kocar kacir masih tetap akan diserang dan dibombardir seperti tahun lalu, Vario 125i sudah menampakkan diri di Thailand dan akan bergabung dengan pasukan lainnya menyerbu Xeon. Setelah Benteng Utama jatuh ke pasukan AHM, kini Benteng Terakhir Sport Yamaha lagi diintai dan menunggu momen dan timing yang tepat untuk diserang.
    Begitu juga Pasukan untuk menjegal New Mio juga sedang digodok untuk memperkuat pasukan Beat & Spacy.
    Sementara jalur pendukung logistik (baca: leasing) juga di blok dan full support pasukan AHM.
    Tahun 2012 benar-benar tahun yang sulit bagi Yamaha Indonesia. Panglima dan Komandan Pasukan YIMM yang saling perang dingin masih bingung dan belum tahu cara dan strategi apa untuk menghadapi pasukan lawan yang
    diorganisir secara baik. Sudah kayak Roman Tiga Kerajaan😀

    Bagaimana Bro Komeng, Bro Smart, Bro SAS, Bro sa469 dan Bro Bro lainnya?

  18. hehehehehe jangan terlalu pede lach tapinya,masih banyak celah yang bisa di manfaatkan yimm.itu kalo mereka jeli melihat peluang ………..

  19. masalah yamaha yg terkuat ada di dalam yamaha sendiri…
    seakan YIMM gak mampu utk menggoda yamaha global agar lebih efektif membantu YIMM,,dana yimm kecil,,RnD juga kecil

    AHM juga sama saja…gk bisa menggoda honda global tp masi memiliki modal yg kuat serta analis strategi yg baik…serta juga berkoordinasi dengan beberapa honda di negara tetangga macam ap honda

    yang jelas image yamaha dah mulai jatuh :
    inovasi berhenti
    portolio produk yg fresh tdk ada..beda ama honda yg bertelur terus
    mau nekan harga sudah tidak bisa…krn sekarang yamaha global lagi krisis uang

    gw berani menebak klo FBY macem nobita dan mariodevan udah mulai iri dengan AHM serta mulai bertanda tanya pada YIMM (setelah YMKI bubar jalan)

  20. @kakang ali
    Benteng sport kemungkinan masih tertolong “fanatisme” terhadap produk2 YIMM, branding image di kelas sport mungkin bisa sedikit menambah kekuatan benteng. Namun kalau benteng utama masih dikuasai akan tetap sulit untuk rebound kembali ke level semula

  21. smartinnovation

    @ Bro Ali
    Dr facelift jup z tampaknya gerakan Y msh stgh2, blm mantab, mgkn blm menemukan strategy yg tepat. IMHO masih tambal sulam. Krn jup z mulai turun, diganjal dgn facelift. Blm menyentuh titik masalah yg sbnrnya, dan msh gerakan 1 lapis. Mgkn fokus para punggawa2nya masih pada perebutan kekuasaan spt prediksi Bro Gen, terlihat dari gerakan yg masih sama spt sblm2nya, tdk ada perubahan apa2. Melihat kondisi ini, mgkn H tdk akan berfokus utk menghajar Y, tp lebih menata masa depan H sendiri, spt komen Bro SAS bhw H mulai menata, Y msh berusaha menjual. Bgmn menurut Bro Ali, Kamen, Legenda, SAS, dll?? *wanna keep nice discussion

  22. Saya pikir semua fihak dan terlebih lebih Blog ini sudah meperingatkan akan kejatuhan yamaha jauh jauh hari sebelumnya, bahkan ketika artikel tentang “menepuk air menimbulkan riak” di blog ini juga sudah memberikan “Red Alert” kalau dipahamai waktu itu. Namun bahkan sampai saat semua stake holder termasuk fanboy belum memahami akan kondisi saat ini sepenuhnya. Heran ya?

  23. pantesan YMKI guluing tikar….

  24. sayang Mr Jaos belum urun rembug, biar ada pencerahan dari sisi yg lain

  25. jadi 2012 masih gelap ya??

    sama aja deh dng comentku yg dulu waktu keluar prediksi MS 2%

    Au ah Gelap

    wkwkwkwwkwkwk

  26. @mario

    udah ga gelap kalee, lah itu kata bro Komeng 2012 dah Merah….. dah keliatan kan warnanya udah ga gelap ?

  27. SAS | Januari 11, 2012 pukul 8:05 am |
    Knalpot Panas atau yang langsung digeber? Wk k k k k, pasti bibir Nobita jadi seperti sandal jepit yang direndam air panas.
    =========================
    di sanyilir huf…disinyalir Nobita sudah mengganti modem yg baru dan mengganti alamat ismail yg baru biar tidak keliatan dimana rimbanya Nobita aka marterxeon yang asli…….

  28. atau mungkin salah satu dari sekian banyak karyawan yg demo seperti yg terlihat di linknya Bro aoitsukishrine…Entah…. iwanfals mode….

  29. bro komeng

    klo ms yamaha mis 30 per sen tiap bulan thn 2012 ini. pertanyaan saya
    knapa ahm hanya mematok target ms 2012 hanya 55 % ya?
    apakah mreka tdk yakin dgn strateginy sndri?

  30. bro komeng

    klo ms yamaha mis 30 per sen tiap bulan thn 2012 ini. pertanyaan saya
    knapa ahm hanya mematok target ms 2012 hanya 55 % ya?
    apakah mreka tdk yakin dgn strateginy sndri?

    mhn pencerahan ya
    hehe

  31. yamahasukadikandang

    @ predik | Januari 11, 2012 pukul 1:34 pm |

    SAS | Januari 11, 2012 pukul 8:05 am |
    Knalpot Panas atau yang langsung digeber? Wk k k k k, pasti bibir Nobita jadi seperti sandal jepit yang direndam air panas.
    =========================
    di sanyilir huf…disinyalir Nobita sudah mengganti modem yg baru dan mengganti alamat ismail yg baru biar tidak keliatan dimana rimbanya Nobita aka marterxeon yang asli…….
    =============================
    bhuahahahaha…sudahlah bro, nobitt lagi oprasi bibir sumbing sekarang, jangan diganggu dulu… percaya saya; gak nyampe sebulan dia udah sembuh kok…

  32. @predik..

    merah y gelap om…ntr kalo ditulis Hitam tambah gelap donk
    😀

  33. Disinyalir kejatuhan kerajaan Y diawali dgn Prahara yg dialami para punggawa didalamnya. Terlihat satu persatu punggawa meninggalkan kerajaan Y dikarenakan sang kaisar tdk mendukung setiap strategy perang yg diusulkan oleh para punggawa yg lbh mengetahui medan tempur. Akhirnya strategy yg dijalankan hanya melihat musuh dari luar dan kemudian menyerang secara sporadis. Padahal sang musuh yakni H sdh mempunyai strategy perang yg jitu yg dlm mengepung musuh dan tdk bisa diantisipasi oleh pasukan Y. Dan akhirnya pasukan H berhasil memukul mundur pasukan Y dari medan pertempuran.

  34. Cuma Rossi yang bisa membalikkan keaadaan…seperti dulu lagi…untuk sementara mungkin yamaha bisa konsentrasi ke pembuatan gitar,piano dan harmonika…eh sory pianika…Suling boleh juga.

  35. safety rider aka legenda rider

    @ Smart Innovation,
    Yup, ane setuju, dulu ketika sebagian blog sibuk mengatakan YMKI atau AHm dalam menghadapi persaingan harus bertelor n bertelor, ane selalu berkata (n berpikir) telor yg mana? strategi bisnis tidak hanya 1+1 = 2. bisa 1+1 = 5 atau 1 + 1 = 0 Alias blunder.
    Inovasi produk tidak dapat dilakukan asal-asalan, harus dilihat peta persaingan, kemampuan internal (baik modal, manajemen, teknis, dan distibusi kebawah) perusahaan, perkiraan gerakan balasan dari kompetitor dll.

  36. safety rider aka legenda rider

    @ Arjuna
    nada-nadanya dari orang Yamaha, minta petuah. hehehe.

    tp gpp, ane juga sekarang lebih tertarik membahas bagaimana strategi Yamaha daripada strategi AHM, mengingat ini menjadi case studies bagi ane. dimana posisi usaha yg ane miliki juga underdog dibandingkan kompetitor, dan kompetitor yg sangat aggresiv bersaing (terutama dg selalu mengikuti produk ane dg harga yg menjatuhkan blm aksi spionase murahanyya).

    Ok, bagaimana solusi buat Yamaha? (tanpa melihat politik top managementnya yah, kl itu mah ga bisa kita intervensi).

    sebenernya hal ini sering dibahas oleh bro mind genesis.pada awalnya ane sediri bingung 7 keliling dg kondisi Yamaha (waktu itu msh YMKI), namun Bro genesis memberikan hint yg sangat menggugah di salah satu artikelnya yaitu strategi yin n yang. dimana yin dan yang akan selalu seimbang,dimana ada kelebihan disitu akan ada titik kelemahan yg bisa kita manfaatkan. (dan terimakasih buat Bro Komeng/Genesis, ulasan di artikel tersebut sgt bermanfaat bagi usaha ane, sehingga berkembang dg sgt baik).

    pertama tentu analisa SWOT dr yamaha. ane titik beratkan di SW yamaha n AHM terlebih dahulu.
    1. Lupakan persaingan dan Ambisi mengalahkan AHM yg dl dan buat strategi yg lebih ke mempertahankan Market share yg tersisa), efesiensikan dan aktifkan kembali pionir dealer n main dealer, karena itu merupakan garda depan mereka, jgn biarkan kekecewaan yg berkelanjutan,
    2. apa image utama yg masih tersisa dari Yamaha harus dipertahankan (mind share), kencang, handling dan harga (sdh aga goyah). dengan produk-produk baru yg tepat (termasuk facelift bentuk fitur dan harga)
    3. fokus produk pada subsegment tertentu pada tiap segmen dan produk, jangan terpancing dengan banyaknya produk AHM, quality before quantity. contoh sport : fokus di naked sport 150cc n 250 cc (pengganti scorpio) jgn terpancing di beberapa segment yg kecil seperti fairing 250, enduro/trail, maupun supermoto (dtracker), walaupun dihina-dina di forum internet.kl mampu r-15 CKD ok tp kl CBU ga usah ikutan.
    disini strategi Yin n Yang berperan dimana bagaimanapun banyaknya produk AHM akan membebani Finansial AHM dan terutama Dealer dalam ketersediaan Parts yg berfariasi, bbrp produk yg kurang sukses (CS1, revo deluxe, revo at), dan profit AHM jg lebih kecil dibanding dl per motornya.
    masih banyak yg lain, krn udah kepanjangan dilanjutkan kapan-kapan. mungkin ada banyak masukan dari suhu-suhu komentator yg lain.
    tp bagaimanapun strategi ini ga akan menghasilkan cerita David vs Goliath,dimana Yamaha bisa mengalahkan AHM, namun meminimkan kekalahan. mempertahankan MS (25-30% yg masih tersisa dg ttp menjaga kesehatan Dealer, kasian itu dealer motor numpuk di obral pake dangdutan segala,
    bagi ane idealnya AHM 55% Yamaha 30% n suzuki 10% untuk menjaga persaingan ttp sehat.

  37. safety rider aka legenda rider

    kl ttg mio J, ke engganan yamaha untuk segera menggantinya bisa dimaklumi karena mio merupakan tulang punggun utama Yamaha, dan Yamaha telah salah dg terlalu lama mempertahankan mio tanpa tandem ataupun minimal facelift, momentum dimana consumer awareness matic itu mio sdh luntur, digantinya Mio dg Mio yg lain (mio J) diposisi saat ini membuat mio baru dianggap sebagai matic baru dan memerlukan waktu untuk mendapatkan traksi seperti sebelumnya. mengganti mio dg mio J ane liat sebagai waktu keruntuhan matic yamaha (apalagi setelah itu honda menggempur dg vario 125 beat facelift dan tentunya fino facelift).

    strategi tandem seperti jaman vega r n vega zr hrs ttp dilakukan (kl modal kuat) dan satu variasi baru (vino).tp ttp tahun 2012matic yamaha akan dibawah matic honda.

  38. Mantab, berarti telah terbukti bahwa ms Yamaha Indonesia berada di level 2x% di tahun 2011. Sesuai dengan judul dulu Yamaha Indonesia akan Kalah Telak tahun ini (2011)
    =====
    Yang pasti kalau ada yang mau membandingkan year on year akumulasi MS bulanan yang terangkum dalam satu tahun antara tahun 2012 dengan 2011 lampau, tidak akan ada yang berani bilang turunnya gak significant he he he, nanti pasti kelihatan njeglooos.
    =====
    Jika yang kemarin judulnya Yamaha Indonesia akan Kalah Telak tahun ini (2011), maka tahun ini judulnya apa ya? Yang bisa menggambarkan keadaan yang lebih buruk daripada kalah telak?
    =====
    Jika kita membaca dan membandingkan strategy yang ada antara 2 atau 3 pabrikan yang sedang lagi berkompetisi, maka dengan mudahnya pemenang dan pecundang langsung terlihat saat itu juga, walau perang di market masih belum dimulai.
    =====
    Ini yang menarik, saat honda menginjeksikan Spacy dan Supra, Menurut saya, langkah cerdas justru di tunjukkan Suzuki. Promosi dan peluncuran Nex adalah contoh pergerakan Suzuki yang cantik. Brand ambasador sesuai selera pasar (anak muda), ndak perlu injeksi dulu, tapi konsepnya jelas dan arahnya tepat. Semoga peluncuran Mio J nanti ada sedikit perubahan pergerakan dari Yamaha, tidak sekedar “yang penting injeksi juga dan ganti model juga”.
    CMIIW

  39. membaca dari press release yamaha :
    “.. “Tahun lalu Yamaha bukannya tidur tapi kami merancang persiapan untuk 2012. Waktu yang tepat untuk mengeluarkan kekuatan sesungguhnya dengan senjata produk-produk yang dibuat dengan kualitas tinggi. Semuanya untuk kepuasan konsumen, jadi bukan hanya sekedar melempar produk di pasaran. Kami juga menekankan pada pelayanan dan after sales bagi konsumen,” ungkap Eko Prabowo, General Manager Marketing Communication and Community Head Yamaha Indonesia…”

    Hm…bagaimana menurut bro semua mengenai pernyataan tsb?
    sumber : http://proud2ride.wordpress.com/2012/01/13/kuasai-motor-sport-indonnesia-mio-rajai-penjualan-yamaha-press-release/

  40. @sa469 |

    berita itu sumbernya dr kompas otomotif….. hari selasa atau rabu kemaren…..

    bagaimana mau mengeluarkan kekuatan sesungguhnya (fight), mempertahankan MS aja ga kuat…tanya kenapa???

  41. Yamaha tahun ini siap siap fight back, lihat saja tahun ini, time will tell.
    persiapan yang baik akan menghasilkan kemenangan.

  42. @sandal japit

    persiapannya udah baik toh?…. baguslah kalo begitu…. tapi kalo utk urusan fight…. pasti yamaha mikir 2 kali deh….

  43. Uforia Rossi, Vega R dan Jupiter Z telah lewat, sulit untuk kembali lagi.

  44. tukang underestimate

    @predik
    ..lha mosok mau bilang, “taun kemarin kita memang tidur…ndak kuat berdiri, rasanya badan sempoyongan , kalo taun ini ya nggak tau kita lg gonjang-ganjing di dalam, produk kita yg akan kita keluarkan pun asal-asalan….”
    optimis harus ada walau dalam tekanan sekalipun, saya kira bahasa yg sangat wajar.

  45. @tukang underestimate
    kalau ada logo jempol seperti di fesbuk, I pasti kasih “like”.

  46. @sandal jepit
    gini aja deh saran sederhana, selama Iklan Yamaha cuma omong gedhe ala transformer Komeng, susah naikin persepsi..
    Kata Komeng “cangih”..apanya?
    Bandinging iklan SupX-125 helm in, ga banyak lebay tapi semua fitur unggulan diperlihatkan..simple but kena

  47. smartinnovation

    @ Bro Legenda

    Saya mempunyai pemikiran yg sama dgn anda mengenai “bertelor” Bro. 1+1 malah bisa jadi minus (-) , karena resource sudah terbuang utk invest new product, namun hasilnya tidak sesuai harapan malah mjd stok di dealer.

    Artinya dibutuhkan sebuah pertimbangan yg matang dan timming yg tepat, tidak boleh terlalu cepat (spt vega r dan jup z), namun juga tidak boleh terlambat (spt mio). Langkah Y pada waktu itu awalnya tampak bernafsu (mjd no1) sehingga tdk mempertimbangkan scr matang mana produk yg seharusnya diganti, mana yg cukup facelift. Stlh kejeglos, tindakannya mjd berbalik arah, namun sama-sama salah, mjd terlalu berhati-hati hingga timming nya lewat. Tampak sekali ketidak-matangan pada level pengambil keputusan. Mgkn petinggi Y dipenuhi orang2 textbook yg tidak berpengalaman, dan decision maker levelnya dipenuhi org2 professional “berbaju bersih” yg “tidak memahami dunia motor dan dunia biker”.

    Saya pikir, sebelum Y membuat kebijakan apapun, semua level karyawannya HARUS MENGENDARAI MOTOR YAMAHA ke kantor setiap 1minggu 1x, terutama level Manager ke atas, dan terutama lagi para decision maker. Tujuannya “supaya bisa merasakan apa yg biker rasakan, dan memiliki pride thdp produk2 Y sendiri”.

    Ibaratnya: bagaimana bisa membuka restoran masakan italia yang LARIS, apabila ownernya/managernya sendiri TIDAK PERNAH makan makanan italia????
    Hanya pernah mencicipi sedikit saja pada saat launching produk baru TIDAKLAH CUKUP!!! Apalagi jika tidak mau ke kantor naik motor dengan alasan MALU/MALAS….. Kalau begitu, ya jangan masuk di bisnis motor!! Kalau anda tidak pernah mau merasakan apa yang kami (bikers) rasakan, bgmn bisa anda memberikan apa yg kami ingin dan butuhkan????

    Just MHO

  48. @Bro SmartInnovation
    Saya kira nggak perlu pihak manajemen harus naik motor karena percuma saja, mereka nggak akan bisa merasakan apa2 & nggak ngerti juga.
    Yang penting adalah jalankan kembali sistem lama yang sudah benar dan buang jauh2 arogansi pribadi. Sekalian cek up ke dokter THT.
    Kita harus kembali kepada Teori dasar dagang :
    1. “Konsumen adalah Raja”.
    – Konsumen minta A jangan diberikan B.
    Jangan pakai teori-teori yang tidak perlu di dagang.
    Konsumen minta apa kasihkan saja. Jadi dengarkan suara Sub Dealer
    sebagai ujung tombak penjualan. Minta daftar pesanan dari Ujung
    Tombak penjualan bukannya dari Manager Teoritis yang baca data
    yang salah dan meramal berdasarkan teori.
    – Supply & Demand harus seimbang.
    Motor-motor yang pesanannya lama dan sering kosong seperti
    byson dan vixion secepatnya dipenuhi agar konsumen dan sub
    dealer senang. Ini yang namanya “Kepuasan Pelanggan”.

    2. Distribusi
    – Perbaiki jalur distribusi motor agar cepat sampai ke konsumen
    yang membutuhkan.
    – Jangan ada perbedaan pembagian motor.
    Sub dealer A di beri banyak motor yang laku. Sedangkan ke
    sub dealer B di berikan sedikit.

    3. Laba
    Sub Dealer harus punya laba yang cukup. Dan jangan ada Perang Harga
    antara sesama sub dealer.

    Saran untuk YIMM :
    Face Lift Vega zr dan keluarkan Vega zr bintang. Akan membantu
    untuk membuat Honda terpecah perhatiannya untuk jaga revo.
    Face Lift vega zr dengan menganti behel belakang dgn yg lebih
    mewah dan kunci magnet.

  49. smartinnovation

    @ Boncel

    Mhmmm, barisan sakit hati Yamaha, dan sudut pandang anda sudut pandang dealer, atau bisa jadi Main Dealer.

    Dengan mindset anda spt itu, bagi saya malah wajar jika Yamaha memberikan jatah motor anda ke orang lain, lha anda mindsetnya jaman flinstones.

    Anda baca dulu artikel2 Bro Genesis yg lain, kalau udh maju minimal sampe ke jaman revolusi industri, udh bukan jaman flinstones lagi, baru komen lagi ya Bro… Supaya rada nyambung dikitttt….🙂

  50. @ Bro Smartinnovation
    Barisan sakit hati Yamaha …. hahaha
    Maaf sudut pandang anda terhadap orang yg menjelekkan “Manajer Teoritis” di Yamaha membuat saya curiga bila anda adalah salah satu diantaranya ! Benarkah dugaan saya Bro ?
    Mindset yg mana yg anda anggap mindsetnya jaman flinstones ?
    Boleh di diskusikan saja Bro, biar orang-orang yang ada di sisi marketing, sub dealer dan Main Dealer Yamaha yang baca dapat mengerti apa salahnya dengan mereka ? Jelaskan saja Bro biar terbuka jalan pikiran kita semua ?
    Artikel Bro genesis yang mana yang perlu dibaca Bro ?
    Anda telah menunjukkan kelas anda dalam suatu diskusi Bro ?
    Peace Bro🙂

  51. tukang underestimate

    …hehehe kalo komen sampai memeras otak berusaha menunjukkan kelasnya…., sayang nggak pake hati…… sabar bro boncel xixixixi…..

  52. @Boncel
    Sub dealer Yamaha Banget….
    Sekarang coba kita resapi mind set sub dealer Yamaha lewat tulisannya….mhm beda banget ya mind set nya ama sub dealer Honda.

    Salah satu faktor yang bikin Yamaha jatuh adalah manager YMKI yang teoritis dan mind set dealer owner yang primitif.

    Udah terbukti khan.

  53. Emang di Blog ini isi otak anda kelihatan, kualitas level anda kelihatan jelas. Ada yang level master, ada yang level genius, ada yang level pintar, ada yang level smart, ada yang level cuman “juragan” ada yang bersahaja, ada yang sok pintar, ada yang gak level ada juga yang “mau nunjukin levelnya kelas atas tapi kelihatan mind set flinstone” kliatan sub dealer Yamaha banget. Sesuatu banget githu lho.

  54. smartinnovation

    Sejak awal, saya tidak pernah mengatakan bahwa Tim Yamaha Hebat, toh juga sudah terbukti melalui kebijakan2 yang diambil bahwa mereka MEMANG (sesuai sebutan anda) “TEORITIS”. Menurut saya, definisi TEORITIS adalah “memahami” suatu teori secara dangkal dan sempit, sehingga tentu saja tidak dapat mengaplikasikannya dalam praktek, atau malah mengaplikasikannya secara SALAH.

    Yang saya tidak setujuu adalah pada mindset anda. OK, kita bahas satu per satu.
    1. Ilmu dagang adalah ilmu “tertua”, dimulai dari system barter, namun ilmu ini tidak stag (berhenti), melainkan terus berkembang, salah satu contoh nya adalah manajemen resiko dengan cara melakukan “hedging” di pasar future komoditi trading untuk. Mengenai “konsumen adalah raja”, sebenarnya jaman itu sudah bergeser Bro, skrg, konsumen adalah partner. Pada jaman konsumen adalah raja, produsen membuat produk/jasa sesuai keinginan sang raja, ibaratnya, memberi segelas anggur lagi ketika sang raja sudah benar2 mabuk. Jaman itu telah berlalu…. Sekarang, Produsen memberikan SOLUSI kepada konsumen, bukan sekedar produk/jasa yang diinginkan konsumen saja. Namun, untuk mencapai tahap ini,dibutuhkan KEMAUAN UNTUK BERUBAH, dari mencari apa KEMAUAN pelanggan menjadi apa ANXIETIES and DESIRES pelanggan. Sesuatu yang lebih dalam, yang bahkan seringkali pelanggan belum menyadarinya.

    Begitu pula cara memahami kepuasan pelanggan, tentu saja juga berubah, bukan hanya soal dijadikan raja, tapi diberikan solusi yang tepat utk anxieties dan desires nya.

    Intinya, Tanpa “KEMAUAN UNTUK BERUBAH”, seseorang akan hidup di jaman flinstones, pakai mobil tapi jalannya pakai kaki nya bkn pakai mesin. huehehehe. Semoga anda bisa memahaminya dan MAU BERUBAH….

    2. Distribusi. Memberi privilege yang berbeda kepada dealer yang berbeda (bisa lewat klasifikasi, dsb) adalah salah satu tactic yang harus disesuaikan dengan strategi besar yang sedang dijalankan. Kadang butuh diberi privilege yang sama, kadang butuh beda, tergantung situasi dan kondisi nya. Cth: Utk saat ini, H sudah benar dengan memberi privilege yang berbeda, krn tujuannya adalah quality up. Namun Y tidak boleh melakukan hal yang sama, krn lebih banyak efek negatifnya.

    3. Soal perang harga, itu hanya asap, kalau mau singkirkan asap, ya matikan api nya. Selesai. Ga usah dibahas panjang lebar.

    4. Soal produk, anda bisa baca diskusi saya dengan bro Safety rider di artikel “Yamaha akan kalah telak”. Satu hal yang pasti, H tidak akan terpecah sama sekali perhatiannya thdp perubahan facelift2 pada produk anda, ini juga sudah ada di komen saya di artikel “Yamaha akan kalah telak”.

    5. Soal artikel yang harus dibaca, itu sangat tergantung RASA INGIN TAHU ANDA SENDIRI DAN KEINGINAN ANDA UNTUK MAJU DAN BERUBAH. Lagian kalau cuma dibaca dan dipahami saja tanpa direnungkan secara mendalam, anda baca 1000X pun juga percuma. Belajar yang sebenarnya membutuhkan hasrat HATI dan JIWA, bukan sekedar OTAK.

    Pesan saya : PERUBAHAN itu abadi Bro, jika anda tidak mau berubah, anda menjadi dinosaurus. Tinggalkan mindset jaman flinstones.

  55. smartinnovation

    Mungkin Bro Boncel lg di pesawat menuju jkt utk 3S meeting jd tdk bs balas comment. Nanti kl sudah landing, pas di hotel, suasana tenang, berpikir yg jernih ya bro utk berikan comment balasan… Saya tunggu balasan commentnya… Xixixixi

  56. @ safety rider aka legenda rider: Saya hanya pengunjung warung yg sgt tertarik dgn warung ini, pembahasannya begitu jelas dan lugas sehingga membuka pengetahuan dan wawasan saya.

  57. Jet Aviation 1 fuel

    Berpikir dangkal saja :
    Wajar si eko cuap2 klo mereka bakal fight tahun 2012
    Entah dengan alasan tahun lalu persiapan utk 2012,,tapi kok bisa dengan mengorbankan market share yg begitu besar dan image yg dulu telah terbangun dengan sangat baik??
    Klo mau fight tahun ini dengan langsung melawan honda..tanpa ada perbaikan image..supply line…dealer etiquet dll??
    Ngakak aja lah..blom lagi transformasi petinggi ex ymki dengan yimm??..segampang itukah? Yg jelas petinggi yamaha masi terlihat gak solid dan hanya membentuk faksi2 di tubuh yamaha

    Jadi ucapan si eko itu gak lebih hanya gertakan saja…

    Dan saya yakin org ahm bakal bervisi lebih jauh tentang perkembangan yimm drpd org yimm sendiri…

    Knp? Lingkungan kerja ahm jauh lbh baik..petingginya bekerja pada porsinya masing2…comdev lebih diterima masyarakat…dan yg terpenting dari kalangan bawah pekerja pun mendukung karena emg kebijaksanaan ahm menunjang kesejahteraan pekerja…antara bagi hasil astra-honda jpg udah mencapai titik temu
    Imbasnya : produk global jpg baru2 ini secara instan juga langsung diturunkan ke ahm

    Itulah bedanya ahm dengan yimm
    “pendapat dr nubi”

  58. Mangut mangut, nubie aja hebat kayak gini pendapatnya. Sungguh komentator hebat. Setuju dengan pendapat anda Bro Aviation

  59. Tahun lalu Yamaha bukannya tidur tapi kami merancang persiapan untuk 2012. Waktu yang tepat untuk mengeluarkan kekuatan sesungguhnya dengan senjata produk-produk yang dibuat dengan kualitas tinggi.
    ========================================================
    Bisa jadi statement ini cuma buat nenangin FBYnya,agar gak tambah stress dan setia sama yamaha,walaupun motornya dari dulu itu2 aja….
    Padahal sefanatik apapun kalo motornya kian jadul,kalah sama pabrikan sebelah lambat laun akan pindah juga kelain hati,kecuali siNOBITA,siTHOLE dan siJAOS………………yg hidup matinya sama yamaha…

  60. hhhmmmm….

  61. @kakang ali
    bener jg tu, leasing dh diblokade, sdikit nambahin subcont yg dulu memproduksi part yamaha plus honda jg diblokade honda, spt contoh per 3 januari ini musashi gk akn memproduksi part2 yamaha, bgt jg keihin, showa, yutaka, dll yg pnya saham honda..sepakat memblokade part yamaha masuk. akibatnya byk motor yamaha kekurangan stok part..dan merevisi planning perbulannya…
    smtara ini honda akn menambah pesanan part ke subcont tsbt, diibarakat saya bapakmu urusi dulu keluargamu dulu, baru urusi org lain..bapakan masih mampu, kira2 bgt.

  62. @joeloe2 : informasi dari mana itu Bro? yang minta Blokade Honda Japan atau AHM?

  63. aoitsukishrine pada Januari 15,
    2012 pukul 2: 13 pm berkata:
    @joeloe2 : informasi dari mana itu Bro? yang
    minta Blokade Honda Japan atau AHM?

    ………………………………
    wah klo itu ane gk tau bro. tp yg jelas part2 ymh dh gk diproduksi. mgkn msih ada bbrp, tp kontraknya gk lama lg berakhir. dan kekosongan line upnya akan diisi part2 honda yg notabene akn up capacity di2012, dgr2 jg pd bln maret ahm cikarang dh 3 shift. demi mengejar permintaan matic yg membludak

  64. @joeloe2 :
    baru denger informasi ini sih bro…
    CMIWW ya, setahu ane Keihin ga supply ke Yamaha..biasanya ambil Mikuni
    showa juga ga supply, melainkan kayaba…

  65. Jet Aviation 1 fuel

    @kang aoit :
    Nambah info aja kang..keihin juga menyuplai yamaha..tp untuk satu tipe aja..karbu mio series
    Klo mio jet udah keluar dan rencana yamaha bakal diskontinyu mio karbu..maka keihin tidak akan menyuplai lagi…dan ymjet fi bakal comot throtle body dr mikuni sperti vixion
    Mengenai shock..showa emg tidak menyuplai yamaha..tetapi kyb/kayaba
    Sementara kayaba sendiri tidak menyuplai ahm tapi honda mobil/hpm
    CMIIW
    Kabar yg berhembus emg awal tahun hondut gk akan jor2an ngeluarin varian baru…tapi fokus kenaikan produksi…
    Vario 125 masi dlm tahap uji dan paling cepet Q2 2012 keluarnya..
    Trelis? Gk yakin keluar pd Q3..paling cepat pada Q4 2012…begitu juga cs1..malah ada kabar usia cs1 malah diperpanjang..karena ahm sibuk pada peningkatan produksi..peningkatan knowledge akan transisi ke injeksi dan rekonsiliasi organisasi serta supply line dlm produksi ahm sendiri dan supply line rekanan pembuat komponen…
    Sekali lagi ahm fokus pada peningkatan diri..dan gk begitu concerm utk mendesak pangsa sport yamaha..trkecuali yamaha bakal menambah varian sport yg bersifat ofensif

  66. aoitsukishrine pada Januari 15,
    2012 pukul 8: 44 pm berkata:
    @joeloe2 :
    baru denger informasi ini sih bro…
    CMIWW ya, setahu ane Keihin ga supply ke
    Yamaha..biasanya ambil Mikuni
    showa juga ga supply, melainkan kayaba…
    ………………………………………….
    keihin pernah bikin karbu mio bro, showa jg pnh bikin shock scorpio, tp kelanjutanya ane gk tau, yg jelas mereka akn menolak part2 mereka.
    setau ane bgt.. liat aja ntr.. byson akn difacelift disinyalir kuat ketergantungan part export akn dikurangi plus cost terlalu tinggi, makanya part dlm negeri akn dipake salah satunya mgkn shock depan akn sama kyk scorpio…dll

  67. diskusi2nya lebih sedap…dibandingkan gossip model2 baru sekalipun…

  68. Pertempuran mulai masuk ke tahap merongrong kekuatan musuh dari sekutu-sekutunya. Bisa menyentuh sekutu, kualitas produk bisa turun. Image adalah tujuan utamanya. Setelah itu tuntas sudah.

  69. Setelah berhasil merebut benteng utama, sekarang merongrong para sekutu yang mensupport lawan, perang memasuki tahap “Mencuri Kayu Bakar dari Bawah Kuali” musuh. Daripada mengaduk-ngaduk kuali agar masakan tidak mendidih dan masak, lebih baik mengambil kayu api dari bawah kuali.
    Mhm……..
    Strategi apa yang harus dipakai Y untuk secepatnya mendapatkan kembali kayu (api) bakar agar yang di kuali cepat mendidih hingga masak, tidak keburu dingin bahkan basi sebelum masak. Mengingat banyak juragan kayu bakar yang sudah teken kontrak ama dapur H.
    Bagaimana Bro SAS, Bro Smart dan Bro-Bro lainnya?

  70. @kakang ali :
    bisa seperti ini kang solusi jangka pendeknya
    1. import dari Thailand dan India (sesama Yamaha Group)
    2. cari supplier sejenis di China (tapi butuh waktu buat studi kelayakan)
    3. nego ulang sama supplier yang dah mau habis kontrak, tapi harga beli part dinaikan..
    jangka panjang :
    minta supplier Yamaha Group di Thailand dan India untuk bikin pabrik di Indonesia…

  71. Kalo solusi gitu sih alamat
    1. Oper press
    2. Nggak ada bedanya sama iu, bedanya ini ckd dong
    3. Modelnya akan semakin tdk indonesia krn ngikutin model di luar. Lihat vega zr dan jupiter z.
    4. Emangnya kapasitas produksi dari luar cukup gitu. Dari india yg market yamaha kecil ? Pasti produksi juga kecil.
    5. Bangun pabrik di sini? Jualan tahun 2011 aja lebih kecil dari 2010. Mau dijual sama siapa tuh motor? Mau dijadikan rumpon apa?
    Mending buat mesin motor tempel. Yamaha hebat nih di sini.

    Kalo saya jadi yamaha, saya akan berubah.
    Menata hidup saya kembali.

    Saya ingat tulisan di sebuah buku,
    ” berubah memang sulit, akan tetapi lebih sulit lagi kalau tidak berubah”

    Pertama, saya akan memupuk rasa bangga. Bangga akan produk saya. Bangga pake yamaha. Tapi bukan arogan ya? Atau merasa diri tak terkalahkan dan bikin iklan katro macam komeng.
    Dengan bangga akan yamaha, saya akan merasa percaya diri. Kepercayaan diri itu akan terwujud dalam langkah-langkah yang mantap, terukur, jelas. Percaya diri ini bukan takabur ya shg anda hanya melihat ke atas dan lupa sekeliling anda. Percaya diri ini adalah kepercayaan yang membuat ada peduli, awas, sekaligus kritis akan diri anda dan lingkungan yg anda hadapi.

    Yg kedua, setelah sy mantap dan tenang. Sy akan tularkan kemantapan ini kepada karyawan dan semua yg terlibat. Buat mereka( karyawan dan sales dan dealer) merasa mantap seperti saya. Nah, bagaimana supaya mereka merasa mantap dan tenang?
    Kenapa sih ada sales yg ngotot jual kredit? Pasti krn komisi dari leasing.kenapa mau komisi? Bisa jadi karena gaji dirasa kurang atau mau nambah pacar?hahaha
    Nah, kalo karyawan nggak tenang dan mantap menjalani hidupnya, bagaimana perusahaan juga bisa berdiri kokoh.
    Membaca berita bahwa ada yg 15 th tanpa jamsostek membuat saya terperangah. Gimana kalo mereka sakit, butuh periksa dokter, butuh beli obat, butuh opname, mungkin operasi. Hari ini karyawan nggak ada jamsostek?

  72. Lanjut

    Bisa dibayangkan betapa mereka hidup dalam ketidakpastian.
    Saya pernah jadi karyawan kontrak selama 2 tahun di sebuah perusahaan. Masih kontrak aja udah ada jamsostek.
    Nggak cuma dapat tunjangan hari tua, mungkin yg lain juga tau, kita kredit rumah di jamsostek.
    Apakah sedemikian pelitnya yamaha ( kalo berita itu benar ya) sampai nggak mau bayar jamsostek yg hanya beberapa persen dari gaji.
    Kalo berita itu benar, sebaiknya yamaha harus berubah.
    Pembantu aja, kalo gaji kurang atau bos suka marah-marah, minta berhenti.

    Nggak sombong ya, tapi istri saya, suka naikin gaji pembantu. Kalo dia lihat kerjanya rajin, bagus, dinaikin biar baru kerja beberapa bulan. Tapi yg males atau nggak bisa diajarin atau telminya kebangeten ya disuruh pulang aja.
    Cari orang sekarg susah, apalagi orang yg baik. Makanya kita jaga dia. Kalo dia layak utk dapat uang lebih, ya kasih aja. Jangan sampai orang lain yg tarik dia. ( lho kok jadi ngomongin pembantu)

    Nahh, kembali ke karyawan.
    Kalo karyawan dah mantap. Katakan pada mereka:
    Nggak usah takut miskin, nggak usah takut nggak bisa makan.kita semua satu keluarga. Kerja yang baik. Beretiket.percayalah bahwa anda akan dapat uang walaupun nggak memaksa org kredit.
    Ngomong-ngomong, pada percaya karma nggak?
    Bahwa 1 perbuatan baik akan dibalas dengan 100 kebaikan pula. Nah, gmana kalo berbuat jelek.
    Selama ini, kalo berhubungan dengan yg percaya sama karma, baik-baik aja. Kayak orang c i n a gitu, rata-rata kalo janji ditepati atau jarang banget nipu.
    Kalo org pribumi, wah……..bukan menjelekkan bangsa sendiri, lha saya juga hidup di sini, tapi secara persentase, tau sendirilah ( lho kok jadi s a r a?)
    Hahaha…maksudnya sih, kepercayaan itu harus dijaga.
    Nah, kalo dah mantap, karyawan semangat, nggak mikir anak istri mau dikasih makan apa, manuver apapun akan berjalan dengan gegap gempita.
    Ibarat formasi perang yg sempurna.

  73. Ketiga.
    Saya pernah baca dahlan iskan meniadakan beberapa jabatan agar lebih efisien dan sigap, juga cepat.
    Kalo kita bisulan, buang bisulnya.mau dibakar, dipotong, dilaser. Apa kek, yg penting itu bisul ilang.bayangkan kita menjalani hari-hari dengan bisulan. Atau menjalani kegiatan dengan rasa gatalmdi pantat karena cacingan.
    Udah gak bisa mikir, makan tdk enak, dsb.
    Lihat kedalam diri yamaha,tentu dengan hati dan pikiran jernih. Lihat apa bisul-bisul yg mau dibuang. Entah bisul itu berupa benda , berupa kegiatan, atau berupa sikap dan pola pikir.

    Udah dulua, disambung nanti, kekasih dah manggil nih…hahaha

  74. jet aviation 1 fuel

    @vyzex : itulah knp ymki carut marut lalu bubar…dan ternyata peleburan ymki-yimm gk semudah yg dibayangkan…

    kembali ke masalah sekutu yg mulai berbalik arah
    apakah emang sedemikian parahkan posisi yimm? apa yimm tidak berusaha meminta bantuan dari induknya? meskipun meminta bantuan induknya itu juga sebenernya “luar biasa gawatnya” mengingat posisi yimm sbg penopang utama yamaha global….
    yamaha india? pangsa pasar yamaha disana tidak setrategis di indonesia…bukan rahasia lagi
    terus apa yg bakal diperbuat oleh yimm klo sekutu dah balik arah dengan sah mulai “menyudutkan balik” yimm??
    knp yimm sangat lalai melupakan peranan strategis karyawan dan rekanannya?

  75. @ jet aviation

    Nah, ini dia.
    Yang namanya bisnis, pasti profit oriented.mau untung terus.
    Namun, apakah hanya keuntungan tujuannya?

    Seorang dokter yang mendirikan rumah sakit pastilah mengharapkan keuntungan. Namun, tidak hanya keuntungan yg melulu ada dalam pikirannya.
    Rumah sakit juga membantu kesembuhan pasien. Bisa dengan ruangan yang bersih, lingkungan yg asri, ataupun pelayanan yg ramah.
    Jadi, pasien juga mendapatkan manfaat dari rumah sakit itu.

    Bagaimana dg yamaha? Apa tujuan dia sekarang? Cari uang sebanyak-banyaknya?
    Setau saya, pendiri honda sangat tdk suka dg mesin 2 tak.ia beranggapan bahwa mesin 2 tak boros dan tdk ramah lingkungan.sepanjang hidupnya ia berusaha membuat mesin yg efisien. Tentu saja sesuai dg teknologi saat itu.tdk hanya itu, ia selalu ingin agar kendaraan yg dibuatnya user friendly dan awet.
    Saya katakan bahwa yg bersangkutan selain menjual barang, ia juga mengikutsertakan idealismenya dalam bisnisnya.
    Semangat ini akhirnya menjadi ciri khas honda dan diwariskan ke penerusnya. Walaupun yg bersangkutan telah tiada, namun idealisme itu tetap hidup.
    Honda tetap mempertahankan yg namanya user friendly dan mesin yg lebih efisien, bahkan juga lebih canggih.
    Idealisme ini seolah-olah menjadi roh.saat merancang kendaraan, desainernya selalu ingat akan kata-kata user friendly itu.dengan demikian, masyarakat yg membeli juga merasakan manfaat dari barang yg ia beli dg mengorbankan sebagian uang mereka.
    Tdk hanya honda, produsen seperti toyota, ducati, ferrari, bentley, juga punya ciri khas masing-masing.idealisme itu tdk luntur.

    Gmana yamaha di indonesia?
    Sepertinya memang yamaha cuma niat jualan dan memperoleh keuntungan sebesar-besarnya.
    Keliatannya sepele, tapi coba liat ini
    1. Saat yamaha belum pake disk brake belakang di mx, alasan mereka adalah ada biaya extra utk buat rem cakaram belakang.wah, kalo biayanya. 500 rb permotor aja, dg jualan sport 20 rb unit perbulan, ada 10 milyar yg dihemat.
    2.ban kecil. Kalo selisih harga utk ban mio aja 20 rb rupiah dan sebulan jual 100 rb unit, ada 2 milyar lagi. Belum pelek yg lebih kecil. Oya, ban kecil ini juga ada di vixion, padahal asinya r15 ban lebih gede.
    3. Ngotot nggak pake stand switch di maticnya walaupun katanya yg mio baru dah pake.ini juga mau nambah untung. Kalo saklar dan kabel seharga 20 ribu, dapat 2 milyar lagi.
    4.aki basah yg dipake di hampir seluruh produknya.berapa nih selisih aki kering dg basah, kali 200an ribu unit perbulan.
    5. Kesejahteraan karyawan yg nasibnya tdk jauh dari tukang becak. Tukang becak kalo sakit ya nggak dapat uang.sama dong, mungkin karyawan mereka kalo nggak masuk karena sakit,mjuga nggak digaji. Udah nggak digaji, mesti berobat biaya sendiri. Wooww…tukang becak aja masih mending, bisa urus jamkes.
    Ini sih keliatan sekali mau keuntungan sebesar-besarnya.
    Semua bentuk kegiatan jadinya orientasinya untung semata.
    Apa idealisme yamaha di situ?
    Apa cirikhas yamaha indonesia sekarang?
    Kok nggak kelihatan?
    Speed?
    Keren?
    Canggih?
    Murah?
    Nyaman?

    Kalo saya jadi yamaha, saya akan temukan atau rumuskan kembali jati diri saya.
    Selama ini, yamaha hanya jualan…sekali lagi hanya jualan.
    Apakah vixion itu bukan suatu bentuk idealisme?
    Bukan…vixion itu dimasukkan hanya utk mengisi segmen 2 tak yg ditinggalkan.
    Buktinya, itu motor sejak masuk gak pernah diganti kan?
    Kenapa nggak bikin tipe baru lagi?
    Wait, yamaha nggak pernah jualan motor yg nggak dibuat dulu di luar.
    Di sini mental jualannya kelihatan.
    Vega zr sama jupiter z yg nggak keren, dimasukkan begitu saja.
    Apa merk lain nggak gitu?
    Ya sama juga, tapi ada penyesuaian.
    Lihat supra x dan blade yg didesain khusus.
    Atau tiger.

    Kalo dah mikiran untung saja, langkah yg diambil jadinya kayak orang mabuk.vario direcall, disambut dg selebaran bertuliskan vario itu produk gagal.well,untung masyarakat kita tdk sepicik itu.
    Nah, saat produknya ternyata ada yg catat, recall diam-diamlah dia.nggak diumumkan,kalonada yg complain, baru ganti.
    Saya bingung jadinya. Dimana kebanggaan dia sebagaimorg jepang.mana mental bushidonya.apa org jepang nggak ngajarin? Kok bushidonya brubah jadi bodo?

    Saat anda hanya memikirkan keuntungan diri sendiri, saat itulah anda menganggap diri anda sajalah yg berharga. Karyawan, rekanan, merekalahnyg membutuhkan anda, bukan anda yg butuh mereka.
    Ibarat orang nyolong, bagi jarahannya nggak sama.yg satu ini mau dapat semua,nggak mau bagi-bagi.
    Kalo dah gini, dia bagaikan monster tak bernyawa.
    Dia udah kelihangan arah.
    Keburu nafsu ngejar angka penjualan. Bukannya nambah malah turun.
    Kalo di pbnu ada kata-kata kembali ke khittah. Ini juga berlaku buat yamaha.
    Kalo bangunan masih bisa diperbaiki,ya perbaikilah.tapi kalo dah bolong sana sini,dan bocor, bangunan dah gak jelas kayak apa, mengapa tdk dirobohkan dan ganti baru yang lebih kokoh.

    Kembali ke cerita awal soal dokter.
    Ada dokter yg di kepalanya cuma duit. Mertua berobat pun dimintai bayaran.
    Ada yg bicaranya dikit. Ditanya anak saya sakit apa, mengapa, pencegahannya apa, jawabannya pendek:beli aja obatnya, pasti sembuh.
    Ada juga yg mau menjelaskan kalo kita bertanya. Sampai kita merasa jelas.

    Nah, saya mau lihat yamaha yg baru ini, apa yg mau dia tampilkan.energi dan semangat apa yg keluar?
    Semoga bukan semangat tong kosong nyaring bunyinya atau semangat air beriak tanda tak dalam.

  76. Setuju dengan curhat bro Vyzex, idealisme yang tertanam di jiwa dan budaya perusahaan itu sangat penting. Kepuasan dan pelayanan konsumen menjadi value yang disakralkan pada idealisme tersebut. Yamaha, ups sori, tepatnya Yamaha Indonesia sudah tidak punya itu semua. Yang ada usaha keruk keuntungan semata.

    Menunggu pendapat Bro Smart, Bro Safety Rider dan Kakang Ali?

  77. smartinnovation

    @ Bro SAS
    Setuju
    “Cash cow machine”

    Bisa jadi target dari sono nya adalah target volume dan target profit, jadi tentu saja sbg professional yg baik harus menjalankan amanat sang penguasa… Atau malah utk berlipstick di depan sang penguasa, ditunjukkan lah pencapaian profit yg didapat.

    Sebuah statement hari minggu kemarin: “di luar pulau kita masih naik, penjualan masih bagus, yg turun adalah di pulau jawa, ini tjd krn selama ini selling method kita (dealer) banyak bergantung pada broker”. Dealernya lagi nih yg disalahin…. Lha kl “presiden”nya (mantan, skrg status nya ga jelas) masih mempunyai sudut pandang spt ini, gmn dgn kabinetnya??? Masih begitu susah kah untuk menundukkan kepala dan menggalang dukungan utk memulai sesuatu yg baru?? Mau sampai kapan “luka parah” itu dibalut dengan alasan2 dan kemunafikan??

    Menyambung Bro Ali, tepat sekali Bro, exactly.
    Strategy merusak yg tdk scr lgsg nampak dari luar, tapi sangat dahsyat daya rusaknya, ditambah lg dilakukan dgn timming yg tepat.

  78. saya malah merasa di era 2 stroke Yamaha lebih punya “sedikit” idealisme..

    membaca dari sisni : http://tmcblog.com/2012/01/17/disinyalir-mio-j-bakal-hadir-dengan-14-pilihan-bener-juga-sinyalemen/

    Apakah strategi ini diterapkan dengan polos begitu saja? Hm…bagaimana dengan AHM?Mungkinkah mereka juga membaca artikel Bro Genesis tentang strategi untuk Mio J?
    Menarik…

  79. Bos2 yg pintar2, dan ganteng2 tolong dikupas donk strategi Yamaha untuk Fino
    http://mariodevan.wordpress.com/2012/01/17/exclusifeyamaha-mio-fino/

  80. mungkin om bro Genesis kudu kasih artikel analisis efek “OneHeart” dan “my way” juga…
    Btw, kok ya rada susah percaya kalo supplier Jepang juga pada mau cabut dukungan ke Yamaha..biasanya antar perusahaan Jepang kan solid ikatan bisnisnya…pasti ada yang salah nih…

  81. @ Bro SAS & Bro Vyzex,

    Membaca komen Bro Vyzex yang panjang, Apakah di Yamaha Indonesia tidak mengenal CSR yang sdh tidak asing bagi perusahaan global maupun nasional, terhadap lingkungan dan masyarakat aja care koq ama asset berharga sendiri SDM kagak care? Padahal kabar yg beredar, banyak yang terima pesangon milyaran rupiah, mungkin ini ketimpangan yg buat gejolak.

    Setuju dengan anda Bro SAS, saat ini Yamaha Indonesia sdh kehilangan jati diri mereka.
    Yamaha harusnya sdh punya idealisme yang di tanam dalam jiwa dan budaya perusahaan, kan pernah ada tagline “Touching Your Heart” yang mengutamakan pelayanan dan kepuasan konsumen sampai2 mengadopsi Customer Satisfaction SQ disosialisikan sampai jaringan dari YMKI, MD, SD sampai Bengkel Resmi.
    Apa gara2 perusahaan induk ada financial problem ditambah gempuran dashyat kompetitor ke segala arah membuat Idealisme semula luntur berubah menjadi Idealisme Cash Cow Machine sebagai panic action, utk cari muka ke petinggi Nihon.
    Saya rasa problem internal juga mempengaruhi idealisme mereka. Kalau sudah mengutamakan kepentingan pribadi, idealisme akan jadi nomor yang kesekian. Pembubaran dan merger ke YIMM pasti ada tujuannya, salah satunya menurut ane adalah pembersihan dan menanamkan kembali idealisme, tapi pasti butuh waktu yg tidak pendek.

  82. @mario
    wani piro????😀😀😀

  83. @Bro Smart,
    Tidak mungkin Bro kagak tahu kalo ada konflik dan perang kepentingan pribadi ditubuh para petinggi Y Indonesia, “Untungnya apa buat gue” dlm semua proyek terutama yg menyangkut networking dan promotion activity hehehe…. you know lah Bro….. Konsultan wahid kelas dunia mereka aja cabut gara2 adanya prioritas kepentingan pribadi di dalam setiap strategi maupun keputusan yg akan diambil.

    Menyambung petinggi yang jg sdh keracunan MSG menyalahkan sales method SD yg tergantung Channel/Broker (M/D yang justru membuka borok kalo jaringan Channel/broker mereka mulai diambil alih dan dikuasai H. Mengapa Channel/Broker dari Touching Your Heart menjadi One Heart? Tanya donk pada diri sendiri😀
    Teman saya yang punya beberapa jaringan SD Y didatangin petinggi merek laen😀 , ditawarin ganti jubah sebelum terlambat, sekarang dia lagi pusing mikirin hehehehe… ane cuman bisa kasih saran baca blog ini aja sebelum ambil keputusan😀
    Bayangin aja efeknya kalo sampai ada SD yg punya jaringan yang luas sampai pindah hati, berapa banyak Channel dan Broker juga akan berubah menjadi One Heart. hehehehe……
    Gimana ya kalo tiba2 Bro Sas mengibarkan bendera “One Heart” mengikuti langkah sesepuhnya.
    Wkwkwkwkwk………………..

  84. @Mario
    Diskusi di sini aja lebih enak dan dalam,
    Mulai dari saya dulu ya, Mio Fino ikut strategi varian yang bro Komeng paparkan. Sudah jelas dan pasti tuh.

  85. @ Mario,
    Ane seneng karna MSG dalam tubuh ente mulai berkurang dan otak sdh mulai mampu berpikir secara logik.
    Apa ngak tanya dulu ke warung dari dedengkot fby trimomok yang katanya banyak kasih masukan untuk para atpm roda 2? Dari dulu trimomok dah pengen jadi konsultan ymki sampe yimm.
    Kita lihat aja yamaha ikut saran warung ini atau trimomok. Time will tell lagh…..

  86. @ebony
    hedeuh…ada dedengkot fby,tuyul alay…dll dll

  87. Saran atau masukan yang salah akan membawa dampak yang fatal. Contoh sudah ada di tetangga seberang….wk k k kk

  88. jet aviation 1 fuel

    no offence..kita disini diskusi bukan bermaksud mendiskreditkan salah satu blogger yg udah berpengalaman…namun lebih diskusi ke review yamaha 2011 dan next plan yamaha 2012
    haknya yamaha klo lebih mempertimbangkan masukan beliau😀

    btw kapan nih kang komeng mbrojolin artikel review honda di 2011 dan next plan honda di 2012?
    yg jelas kita sudah tahu bahwa AHM sangat pintar menjaga rahasia organisasinya..baik akan isu produk baru,spyshot,dan biasanya hanya ketahuan dari TPTnya saja yg untuk kemudian baru bisa kita analisa bersama

    sapa tau ada org AHM yg membaca dan akhirnya mau ngasi bocoran next produknya😀

    @kang aoit :
    masalahnya sekarang rekanan yg juga berbau jepang ternyata juga lebih dekat ke grup astra…
    dan yimm sendiri bukanlah salahsatu grup astra….
    seperti yg ane kemukakan dulu..sekarang AHM yg terdiri dari honda motor co jpg+astra bisa dibilang udah mencapai titik temu dimana astra (sisi indonesia) diikutsertakan oleh honda motor co untuk ikut menggarap project global dan keputusan strategis bisnis honda
    ketika CBR150-250R-PCX diputuskan mendapat permision utk dipasarkan di indonesia oleh honda,maka sudah terlihat jelas bahwa AHM adalah “Member of Decision maker” di tubuh honda jepang layaknya AP honda thailand di era 90an
    sementara yimm terlihat dominan yamaha jepangnya
    kasarnya ane melihat bahwa petinggi yimm gak lebih dari bawahan yg manut2 kepada yamaha global daripada sebagai “member of decision makernya” yamaha global,,yimm gk bisa memberikan ide dan gagasan buat next project yamaha…lihat modelnya mio j sangat thailand sekali,,

    lihatlah federal nittan…chemco…showa..gs…dll semua memiliki konsolidasi yg kuat dengan astra grup CMIIW

  89. @kakang ali

    Csr itu bukannya kewajiban eh salah..keharusan dari pemerintah..

    Pernah memang nyumbang pesantren…nominalnya saya lupa. Tapi pastinya nggak lebih dari harga 1 unit vega zr

    Bukan mengecilkan nilai 10 jutaan..tapi uang segitu sih cuma uang sekali makan buat bos-bos yamaha.

    Itu uang receh lah buat mereka ( kalo buat saya sih gede).

    Kalo bener itu suplai part udah diblok honda, jalan lain biisa pesen ke smk.
    Kasih mereka alatnya, ajarin, dan dampaknya bisa luar biasa. Nama yamaha akan terangkat dan orang akan bangga pakai yamaha. Bisa dibilang, yamaha adalah hasil karya anak-anak indonesia.
    Saya yakin, support pemberitaan akan dashyat efeknya.
    Apalagi kalo melibatkan banyak smk.

    Atau sebagian kecil aja..Yg gak gitu riskan.kayak pijakan kaki, sepatu rem, pedal gigi.
    Itung-itung iklan gratis lah.

    Soal kenapa sesama Jepang nggak support yamaha lagi?
    Hemm…kayaknya gara2 ni ymh nggak menghargai sesama produk jepang lainnya.

    Atau ada yg lain yg lebih tau?
    Mungkin yamaha nawar terlalu rendah?
    Atau sering telat bayar?
    Atau tawaran merk lain lebih menggiurkan?

  90. Ayo Dukung Suzuki Jadi No. 2
  91. @kakang Jet :
    mungkin bukan diblok, tetapi AHM sukses merayu agar produksinya yang didahulukan, jadi bagi supplier yang kapasitasnya ga cukup melayani AHM+YIMM, line produksinya diutamakan buat AHM..
    Federal Nittan dkk bukannya sebagian (kecil) sahamnya dipegang Astra juga?pastilah omongan AHM didengerin..
    @kakang vyzex
    kalo YIMM sampai bikin part di SMK, berapa banyak tuh SMK yang harus dilibatkan? sejatuh-jatuhnya produksi Yamaha, toh masih ada 100rb lebih sebulannya, terus tracebility partnya gimana? tambah remuk aja QCnya..

  92. @aoitsukishrine

    Well, sy pikir bisa aja.
    Katakanlah jalan yamaha jadi 100 ribuan unit perbln seperti kata anda.
    Asumsi 3500 part perhari.
    Utk tiap jenis bikin di smk yg berbeda.

    Kasih mereka mesinnya. Mungkin akan lebih otomatis, jd tdk perlu banyak pekerja.
    Ada pembuat roti yg menyuplai ke 50an toko perhari dengan rata-rata 100 roti pertoko. Itu setara dg 5000 roti.
    Asalkan anak smk nggak males aja, saya yakin bisa.
    Biar nggak males, bayarannya ya kudu lumayanlah.

    Soal qc, nah ini masalah di produk massal.
    Blackberry dan apple aja ada yg rusak.

    Namun, kalau mesin produksi udah standar yamaha dan dirawat teratur, tdk masalah deh. Yamaha bisa taro beberapa org utk qc.

    Nah, mengadakan mesin dan pelatihan investasinya besar kan.
    Sama aja kalo mereka harus cari supplier lain.
    Inilah jalan yg harus diambil.
    Mengobati memang mahal.

    Kalo dah sakit, pasti keluar uang nggak sedikit.

    Atau mau instan, memang lebih baik pesan ke cina.
    Bukannya selama ini pabrikan jepang memang sebagian partnya diimpor dari sana.
    Harga murah, kuantitas besar.
    Kualitas? Itu tergantung yamaha kan, mau pesan yg kw berapa.
    Kasih contoh partnya aja, nggak sampai sebulan dan jadi sama deh..

  93. @ sa469
    ora wani :p

    @ SAS
    melebar ke mana-mana nie nanti pembicaraanya, ikut topik Y kesulitan suku cadang saja😀

    @ Ebony
    Sentimen amat ama blogger sebelah….ada apakah gerangan??ada kasih tak sampai :p

    @vysex
    ide buat menggandeng smk emang oke, tapi menurut pengalaman saya, beberapa tahun lalu yg sempat jdi guru untuk SMK, kita harus sadar betul bahwa SMK itu bukan perusahaan industri, waktu untuk praktek produksipun dalam satu minggu hanya 4-6 jam mata pelajaran, dan hanya dilakukan siswa kelas XI ke atas, yg sudah punya basic dasar skill.
    tujuan utama SMK saya rasa lebih baik kembalikan ke jalan yg benar yaitu untuk pembelajaran, ataupun untuk riset, untuk produksi masal harus dibuat PT sendiri mungkin PT. SMK yg dikelola secara profesional, mengambil karyawan dari lulusan SMK, karena, bukan hanya produksi saja yg diurus, tapi juga keuangan dan manajemennya harus dipikirkan… SMK untuk Produksi rasanya g relevan 😀

  94. Ikut nimbrung ah soal “blogger papan atas”
    Menurut pengamatan saya, nasibnya sama dengan yamaha, kalo yamaha MS nya melorot, maka sang “blogger papan atas” kredibilitasnya turun..
    Saya pengunjung setia warung “sang juragan” sejak tahun 08. Dan menurut pendapat saya baru di tahun 2011 mulai tidak netral, tp dibungkus dengan rapi, namun pemilihan kata dan bahasa yang berbeda thd artikel H dan Y memberikan gbran yang cukup jelas..
    *cuma pendapat pribadi..

  95. smartinnovation

    @ Bro Ali

    Piring yg semakin mengecil namun dimakan oleh jumlah dealer yg sama. Otomatis profit turun, beban stok naik, secara hitung2an bisnis bisa dikatakan tidak profitable lagi.

    Mau menunggu penjualan naik kembali, kl melihat kondisi saat ini, tampaknya akan sangat2 lama. Bagi dealer yg tdk punyai bisnis lain, terpaksa harus bertahan, namun sakit dan berdarah-darah, mgkn sebagian akan banting setir ke bidang lain. Bagi dealer yg punya bisnis lain tentu saja sudah siap2 hengkang, mgkn hanya melihat kondisi harapan terakhir pada mio j ini, yg notabene, IMHO tdk akan mampu menggantikan mio. Saat harapan ini kandas, kejatuhan akan lebih cepat lagi krn banyak dealer yg tdk kuat dan memutuskan hengkang. Minimal, mereka akan memindah konsentrasi mereka pada bisnis mereka yg lain, bisnis Yamaha hanya akan mjd prioritas nomor ke sekian.

    Benarkah 2012 ini akan mjd “it’s our change” utk Ymh Indonesia?? Apanya yg akan di”change” ???
    Apakah “change” itu akan membawa dampak perbaikan atau malah makin kejeglos???

    However they have one thing which is right. This year they’re gonna desperately need magic.

  96. smartinnovation

    @ Bro Ali lagi

    And ke depan, gmn dgn planning Bro ALIsta sendiri?? Apakah hendak menjadi the last man standing?? Atau malah satu kaki sudah di perahu yg lain?? He he he

  97. Mio j keluar pun sdh ada sambutan menanti.

    Bisa jadi new beat udah menghadang…

  98. @ Bro Smart,
    Memang kue semakin dan banyak di perebutkan banyak SD, level stock melambung terus, masih untung akhir tahun lalu YMKI injak rem dalam2.
    Tahun ini tidak ada pilihan harus change kalo tidak mau digilas mentah2.😀

    Hehehe………
    Mengenai the last man standing, Bro SAS pasti punya visi lebih tajam.

  99. Walah Bro Smart koog kgk tahu group Ali sdh jadi main dealer produk skuter asal Negri Pizza wkwkwkwwk

  100. untuk bro komeng

    semua bebas mengeluarkan pendapat dan ketika di blog anda ada yg nulis menjelek2kan orang lain apa yang akan anda lakukan….

    untuk bro komengtator
    yang saya tangkap terhadap tulisan warung senior memang sudah mulai condong…mulai rumor cbr250 sepertinya tapi….kemooonnnn stop penjelekkan vulgar dari belakang…

  101. mau tau bedanya …yang satu blognya bagaikan periuk nasi jadi sensitif sekali kalo di singgung2 krn bersebrangan , komen2 tidak berkenan di delete , rating hitzzz sangat penting (makanya ngak heran ada artikel duel Pansboyz yg di urut 1 per 1, dimulai artikel dari merk panboy A berlanjut ke merk Panboy B dengan dalih Netral Coy :lol:) , prestise sangat penting , kedudukan di mata bloger2 lain prinsipal banget , senioritas tentu penting banget dimata2 blogger lain dong

    …yang satu blognya adalah merupakan hobynya untuk menuangkan ide , analisa , gagasan , visinya ke semua orang , semua orang bebas menanggapinya sesuai kapasitasnya , rumahnya demokrasi : komen2 kasar yg menyinggung penulis or komentator lain krn bersebrangan tidak setuju dgn pengagas pun tidak di hapus akan tetapi tetap masih dalam koridor (tidak menyangkut SARA, etc) ….komen2 sampah dari panboy2 alay akan tereliminir sendiri dalam blog ini krn tidak di anggap sama kometator lainnya or bagaikan alay2 yang sudah ngeper dulu mau ngomen di dalam suatu diskusi para pakar2 ekonomi yg sedang di siarkan langsung oleh televisi di seluruh indonesia ( Alay pun jadi jaim , sopan , sok pintar (bukannya sok bego yah :D) , soalnya malu kalo komen ngasalnya terdengar yg akhirnya kelihatan bodohnya di seluruh mata org yg nonton)… lambat laun akhirnya mrk yg alay2 umumnya menghilang karena kurang nyaman/gelisah menetap di blog macam begini😀

  102. Bener banget bos… Saya aja komen motor berground clearance tinggi seperti beat dan vario justru punya penjualan lebih tinggi di bulan desember kemarin daripada yang bergroundclearance rendah, langsung di del…
    Dan kalo cuman melihat dari groundclearance saja dengan asumsi variabel lain ceteris paribus, trend penjualannya, yang berground clearance tinggi cenderung naik penjualannya…
    Ternyata analisanya secetek groundclearance motor matic…
    Lumayan buat lucu-lucuan, namanya juga marketing dagelan…:mrgreen:

    CMIIW…

  103. jet aviation 1 fuel

    @fandiartz :
    namanya analisis penjualan dan performa skutik emang sangat tidak masuk akal hanya diadu dari ground clearance…makanya sempat ane maen kesana utk sementara tp dipikir2 mau kesana malah jd ngakak sendiri
    @org awam :
    ikutin aja cara simple : org alay ya dibalas dengan cara alay,org diskusi dibalas diskusi…gak perlu pusing2 khn,,gitu saja kok repot
    saya sih yakin seyakin2nya…blogger dan komentator elegan hingga komentator alay kayak ane = manusia….jadi yah kudu dipahami klo ada juga blogger elegan,ada blogger alay dan bahkan blogger agresor

  104. most of us know that he is a pathetic blogger.. :shakehand:
    case closed aja lah..
    mending lanjutin diskusinya gan.. :thumbup:

  105. Batu permata dalam lumpur juga tetap batu permata. Sedang kaca yang menyerupai berlian tetaplah cuma seonggok barang tak berharga.
    ……….
    Terus terang saya tergelitik terus akan salah satu kalimat dalam artikel di atas, ini copasnya;
    “Di tahun 2012, walau ada pergerakan naik di bulan awal tahun, ini akan hanya bertahan sementara saja. Secara total dikemudiannya trend yang terjadi bisa terbawa terjun.”

    Jadi menafsirkan sesuatu yang tersirat,Sepertinya bau-baunya MS Yamaha bisa naik lagi? Akan tetapi hanya kondisi rebound sementara? Kembali ke 3x.xx% baru setelah beberapa saat turun ke 2x.xx% atau akan lebih parah lagi?

    Artikel yang penuh makna tersirat dan tersurat. Mohon bantuan para komentator Pro macam Bro Kakang Ali, Bro Safety Rider, Bro Smart dan Bro Jet untuk membantu menafsirkan artikel Bro Komeng yang menyebabkan kemelut di hati dan otak saya.

  106. @ Sas
    Prediksi ane Yamaha akan naik sementara dengan lounching Mio J n Fino, spike 2-3 bulan, tapi dengan segera dibalas oleh honda dengan New Beat, n mungkin Minor Change Scoopy.

    Yang Ane paling khawatirkan justru Mio J, karena ane lihat perubahan (major change) mio adl saat yg dinanti AHM, dengan lunturnya nama besar Yamaha scr Umum dan mio scr khusus, perubahan atau kemunculan mio baru membutuhkan effort yg baru pula untuk memperkenalkan kembali ke pasar. dan disini AHM lebih siap.

    Dilain sisi Mio, kl benar bocoran di blog2, modelnya jauh dari harapan lebih mirip matic taiwan. sepertinya statement Bro Jet Aviation 1 Fuel memang benar adanya. org YIMM bukan bagaian dari decision maker. ditambah lagi dengan banyaknya varian warna (14), harusnya yamaha berkaca dengan kasus Blade pertama dengan tujuh varian warna. semakin banyak variasi, akan mempersulit manajemen stock barang. lebih baik mio diturunkan jadi 3 model, mirip gajah mada diganti 4 mentri.

  107. jet aviation 1 fuel

    @bro SAS :
    ane juga sama kayak bro SAS…malah terbawa seperti apa kedepan perkembangan dari yamaha (meskipun ane tidak begitu tertarik dengan brand yamaha)😀
    dalam 2-3 bulan,pastinya bakal ada rebound MS yamaha,terutama dari skutik namun dengan asumsi berikut :

    pertama : kemungkinan besar sumbangsih terbesarnya adalah dari mio karbu yg hanya berubah warna (jika masi dijual barengan mio j),
    kedua : jika mio karbu sebelumnya udah didiscontinue (mengingat yamaha udah gencar campaign ym jet saat ini) maka sumbangsih terbesar ada di tangan mio j
    bagaimana dengan fino? menurut ane fino bukan diplot yamaha sbg ujung tombak skutik,melainkan hanya melemahkan penetrasi scoopy yg melenggang sendiri di pasar skutik
    sekali lagi nama besar mio masi menjadi kartu truf yamaha..

    bagaimana dengan bebek?
    kemungkinan ada peningkatan tapi tidak setajam skutik, mwskipun hanya menawarkan warna baru, tapi cenderung dinikmati oleh ABG,terutama jupiter mx dan jupiter z,
    faktor x yang bakal mempengaruhi peningkatan ialah jika honda ternyata menaikkan harga bebek yg terbukti ampuh yaitu new blade,dijamin jupiter z bisa menambah pundi2 market share yamaha…
    supra? sepertinya honda tidak mungkin menaikan harga supra mengingat value nya udah sangat mepet dan rawan…

    sport?
    kenaikan penjualan bakal ada..terlebih dari persiapan new colour byson,tapi tidaklah banyak,
    karena produksi byson gak bakal ditekan terlalu jauh,,yamaha menyisakan space buat plant reserve next vixion yg nantinya digunakan utk menghalau sport 150cc yg bakal dibenturkan ke vixion…dengan kata lain,byson hanya dipersiapkan untuk menghadang penjualan NMP yg lumayan moncer selama ini

    itu sih gambaran yg ada di kepala ane untuk 2-3bulan kedepan…
    kenaikan bakal kembali ke 35%,namun dengan asumsi AHM defensif,
    tapi apakah defensifnya AHM adalah defensif bertahan? rasanya tidak😀

  108. @cub70
    Semoga kebebasan menulis dan mengeluarkan pendapat menjadi pembelajaran bersama untuk mencapai tingkatan penyampaian pendapat yang dewasa, bermanfaat, serta bertanggung jawab.

    Selama ini “all comment approve” menjadi kebijakan dasar.
    Semoga setiap individu dapat menikmati serta bertanggung jawab terhadap tulisannya. Blog Gue hanya sebagai mediator aja. Tentunya Gue sendiri jarang menulis atau buka blog ini setiap waktu, sehingga “all comment approve” adalah kebijakan yang Gue pilih untuk menunjang kebebasan menulis dan mengeluarkan pendapat di blog Gue ini..

    Kepada pihak-pihak yang merasa dituding (kadang termasuk Gue sendiri 🙂 ) dimohon mengambil hikmah positifnya saja.

    Jika ada pihak-pihak yang tersinggung oleh komentar-komentar yang ada di blog ini, Gue sebagai pemilik Blog, saat ini juga mewakili meminta maaf terhadap pihak-pihak tersebut. “Gue Mohon Maaf dan Pengertiannya”, sekali lagi mohon disikapi dengan hikmah yang positif thinking.

    Selama ini, kebijakan ini Gue ambil dikarenakan; jika salah satu komentar saja Gue hapus, nantinya banyak terjadi permintaan penghapusan terhadap komen-komen lain yang dianggap terlalu tajam oleh pihak-pihak tertentu. Krisis kepercayaan komen akan terjadi mengakibatkan krisis kepercayaan kebebasan berpendapat dan krisis netralitas itu sendiri. Mohon pengertiannya.

    To all Komentator teruskan Diskusi yang sehat dan intelek, Informasi yang up date juga akan mempermanis jalannya diskusi. Thank You atas partisipasinya Bro-Bro semua selama ini, Uhuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuy!!!

  109. smartinnovation

    Setelah bbrp kali membaca ulang artikel di atas, perhatian saya terus tertarik pada statemen Bro Gen : “Level 2x,xx% ini akan membawa tahapan yang berbahaya bagi tahun 2012 nantinya”

    Ketika saya mencoba memahami makna yang mendalam di balik statement di atas, saya sampai pada sebuah pemahaman bahwa Turunnya Y ke level 2X,xx% bukanlah sekedar sebuah angka yg fantastis/spektakuler, melainkan lebih kepada masuknya Y ke sebuah tahapan/stadium(ibarat sakit) dimana stadium ini akan “automatically leads to another worse stadium in an accelerated velocity”. Artinya penurunan MS Y akan terjadi lagi, bukan secara linier, melainkan mengalami percepatan. Ibarat kita mendorong mobil mogok, tahapan saat ini adalah tahapan dimana mobil tsb telah mencapai kecepatan tertentu, sehingga mobil tsb mampu bergerak sendiri dgn percepatan tertentu secara otomatis meskipun kita sudah tidak mendorongnya lagi. Incapability dan perebutan kekuasaan di Manajemen dan decision maker Y adalah seperti hilangnya gaya gesek yang seharusnya memperlambat laju mobil mogok tsb. Mungkin inilah dasar mengapa Bro Gen selanjutnya memprediksi bahwa kondisi MS 2012 : 2011 TIDAK AKAN SAMA DENGAN kondisi MS 2011 : 2010. (selain karena memang kondisi closing akhir tahun 2011 tidak sama dgn kondisi closing akhir tahun 2010).

    Saya ingin mencoba masuk lebih mendalam lagi, mengapa Y sampai masuk pada kondisi/tahapan/stadium ini??? Dan Mengapa dapat disimpulkan demikian??

    Penguasaan Market Share hanyalah sebuah hasil (akibat), dimana Proses (sebab) nya adalah Penguasaan Mind Share dan Heart Share. H telah memenangkan Mind Share dan Heart Share, ini sudah sangat jelas, tidak perlu dibahas lebih panjang lagi. Namun sekarang pertanyaannya, Mind Share dan Heart Share konsumen yang mana, atau yang bagaimana, yang telah dimenangkan H sehingga mampu membuat Y masuk ke dalam tahapan ini?

    IMHO, berdasarkan kecepatan dan giliran serta pengaruh-mempengaruhi konsumen dalam menerima perubahan/trend, kita dapat mengkategorikan konsumen ke dalam 4 segment:
    1.Trend Setter, mereka adalah pelaku perubahan
    2.Update/Trendy People, mereka adalah agent perubahan, selalu mencari trend2 baru, peka thdp perubahan2 yg tjd, dan berkaca kepada trend setter dalam melakukan perubahan, dan mereka selalu dimonitor/diperhatikan dan pada gilirannya akan ditiru/diikuti oleh common people.
    3. Common people, masyarakat umum, jumlahnya terbesar/mayoritas dari keseluruhan segment/total market; harus dimenangkan untuk bisa menguasai Market Share
    4.Konvensional, baru mau menerima perubahan apabila common people telah mayoritas menerima perubahan tsb, atau terpaksa menerima perubahan karena produk/jasa yang biasa mereka gunakan telah tidak diproduksi lagi.

    Tampaknya H telah berjuang untuk memenangkan Mind Share dan Heart Share segment no1 dan no2 sejak 2-3 th yg lalu. Sehingga, pada akhir th 2011 penetrasi penguasaan telah mencapai sebagian dari segment no3, hasilnya, MS H memukul telak MS Y. Selanjutnya, percepatan terjadi.

    IMHO, mungkin inilah dasar pemikiran dari statement Bro Gen di atas, yang merupakan gambaran kondisi untuk tahun 2012….

    Mungkin Bro SAS, Bro Jet, Bro Ali, dan Bro Safety serta Bro2 yang lain punya pendapat yang berbeda?? CMIIW

  110. saya masih menunggu hasil Mio Fino dan Mio J terhadap Beat + Scoopy..mungkin sedikit banyak Click 125 bisa membuat image matic canggih Honda semakin bagus, tapi saya ga tahu apakah Beat vs Mio J dan Scoopy vs Fino akan menguntungkan YIMM..

  111. smartinnovation

    Kondisi titanic yg sudah rusak parah, dan sedang tenggelam, akhirnya membuka kepribadian dari masing2 org yg di dalam nya…

    Saat dihadapkan pada kondisi hidup dan mati, terkuak lah jati diri seseorg, jati diri yg sebenarnya…

    Seberapa besar ketakutan “menguasai” pemikiran seseorg dlm mengambil keputusan dan seberapa cepat org tsb membaca situasi, akan sangat tampak di moment ini. Dua org mgkn akan mengatakan dua kata yg sama, yaitu : “jangan menyerah”, namun yg satunya melompat, yg satu nya tetap berada di kapal. Antara ketekunan dan “kenaifan yg dicampur dgn kebodohan” seringkali mirip, namun tetap tidak pernah sama, krn lahir dr tingkat pemahaman dan situasi yg berbeda.

    Yg melompat adalah cerminan mereka yg tidak membiarkan ketakutan menguasai mereka. Nah, justru org2 spt ini lah yg menurut saya “org2 yg tepat, yg seharusnya justru dipertahankan oleh pemilik kapal agar tdk melompat”, krn mereka adalah org yg masih bs membaca situasi(meskipun terlambat), dan memiliki keberanian utk mengambil keputusan dengan segala resiko yg mjd konsekuensi nya. Org2 ini lah seharusnya yg msh bs menyelamatkan kapal. Saya yakin, ketika mereka melompat, mereka justru tdk akan “mati”, krn kapal2 lain pun membutuhkan org2 dgn karakter yg demikian. Namun sayang, kondisi kapal dan kebijakan pemilik kapal akan memaksa org2 yg “baik” ini utk melompat keluar dari kapal.

    Sehingga yg tersisa ya hanya orang2 yg “menumpang hidup” dari Yamaha, org2 spt ini adalah org2 yg tidak punya kapabilitas, mungkin sudah OVERPAID, dan mereka sadar itu, krn itu mereka jd tdk berani melompat. Yg terkumpul di kapal adalah org2 yg spt ini.

    Sayang sekali…. Padahal sebenarnya, Jika seseorg tdk membiarkan ketakutan nya yg membuat keputusan utk nya, maka masa depan yg cerah sudah menanti di seberang. Ketika kita telah bersiap scr mental utk menghadapi kemungkinan terburuk, biasanya kemungkinan tsb justru tdk pernah tjd. Hal ini yg sangat sering saya alami scr pribadi.

    Bgmn menurut Bro SAS, Bro Jet, Bro Ali, Bro Safety, dan Brothers semua?? Apakah ada pendapat lain? Atau mau menambahkan?? Atau Apakah Brothers semua punya pengalaman yg menarik seputar hal ini? Mgkn bs disharing di sini….

  112. smartinnovation

    Jujur, sbg mantan ordal, saya ada kenal bbrp dealer baik yg di jawa maupun yg di luar jawa. Yg di luar jawa masih semangat krn masih profit, meskipun, dr obrolan kami saya dpt menyimpulkan bhw didalam mereka sbnrnya sangat khawatir, krn bbrp dr mereka selalu mengikuti blog ini, dan selalu baca nya sambil geleng2 kepala…. “Bahaya”, itu kata2 yg keluar dr mulut mereka…
    Bahkan kenalan saya yg org M/D pun banyak yg selalu baca blog ini dan scr tersirat tampak sekali bhw mereka selalu membawa sapu tangan utk menyeka keringat dingin yg mengucur saat membaca blog ini…

    Utk yg di Jawa, udh banyak yg pindah fokus ke bisnis lain, blm ditutup, tp sudah sangat tidak fokus. Kebanyakan mereka sama dgn Bro aoit, “melihat Mio J dan Fino ini dulu”. Artinya kl jelek ya siap2 langkah seribu. Tapi ada satu yg SANGAT LUCU menurut saya, teman saya yg mrp dealer di pulau jawa menceritakannya sambil tertawa-tawa. Dia bercerita bahwa dia diancam jika penjualannya begitu2 saja, dan tdk menunjukkan progres kenaikan, dealer nya akan “discrub”. Otomatis,,,, saya ikut tertawa terbahak-bahak!!! Kok msh bisa ngancam dealer pada kondisi yg sudah spt ini????

  113. smartinnovation

    Tergelitik utk kembali membahas apakah S dpt memanfaatkan situasi turunnya Y sbg pijakan utk tinggal landas.

    Sayang nya dr langkah yg diambil utk Nex, tampaknya arsitek jebolan universitas sebelah juga blm mampu memahami masalah yg sbnrnya. Bgmn menurut Bro semua??

  114. @ Smart
    Jadi tertarik komen Bro Smart masalah pengaruh trend dan segmen Trend yang diambil oleh Yamaha VS Honda. Justru disinilah akar masalahnya. Honda membidik kalangan Update people dan segera diikuti oleh Common people sehingga sharenya menggembung. Sedang Yamaha membidik langsung di Common people yang karena pergeseran trend beralih jadi konvensional people. Akhirnya Yamaha jadi pilihan konvensional people.

    Sedang major of Common people menerima trend baru dari up date people.

    Jadi teringat artikel ini;
    https://mygoldmachine.wordpress.com/2011/11/26/menciptakan-trend-setter-brand-image-motor-tidak-harus-selalu-lewat-jalur-convensional/
    Disini terlihat langkah cerdik Yamaha untuk membalik kondisi dengan menyembuhkan penyakit dari pangkal dasarnya dengan effort terkecil. Mempengaruhi Update people dari trendsetter people. Langkah yang genius. Cukup kaget dan heran hal ini bisa muncul dari Yamaha. Jujur saya kaget. Sayangnya kok dari Jatim saja, tidak diikuti nasional.

    Saya jadi curiga ini murni ide lokal dari orang yang special pula. Jadi ada keinginan bertatap muka secara langsung dengan Mr. Wiyanto yang komen dan press realese beliau cukup menyentak saya pada saat saya baca. Ini bukan buah pikiran orang berlevel Marketing Manager. Tapi menurut saya Visi dari seorang berlevel Director. Komen yang menyentak dan menyadaran saya bahwa sebenarnya banyak orang pintar diluar lingkaran hidup komunitas saya.

  115. Uups, ternyata saya salah, mohon maaf ternyata jabatan beliau bukan Marketing Manager, akan tetapi Promotion Manager. Sesuatu yang bikin saya makin terkagum-kagum. Okelah nanti kalau saya ada kesempatan ke Surabaya saya coba temui Mr Wiyanto untuk diskusi yang cantik he he he.

    @ Smart
    Prediksi yang menarik mengenai para jumper cerdik nan pemberani yang duluan terjun Bro. Mudah-mudahan saya bisa dapet yang berpotensi besar. Sambil melirik lagi ke atas.

  116. @SAS&Smart Innovation
    Diskusi yang sangat menarik soal Trend, terutama bagaimana meraup share dari menanam image yang tepat di segment trend yang tepat. timming yang tepat Pula, Diskusi yang sangat membuka pikiran.

  117. Kl apa yg diceritakan bro samrt benar adanya, tampaknya mustahil mempertahankan apalagi meningkatkan penjualan yamaha, tanpa memperbaiki manajemen dalam terlebih dahulu, percuma berbagai analisa bisnis dari luar kl dalamnya masih ancur-ancuran.
    kl diluar, harusnya dewan komisaris nunjuk CEO baru, yg punya visi dan keberanian.

  118. ane liat ditempat kerja sekarang, berbagai perubahan model bisnis strategi bisnis tidak akan berjalan tanpa manajemen yg mampu dan mau menghandlenya. tanpa monitoring hnaya respons sepintas atas gejolak yg ada, strategi, implementasi, monitoring, dan pengukuran harus selalu dilakuka bersamaan, tanpa hal itu tidak akan diperoleh continues improvement perkembangan yg berkelanjutan dan kemampuan menyesuaikan diri/bertahan terhapdap tantangan pasar/industri.
    melihat berbagai sumber berita disini ane lihat inilah kesalahan utama yamaha, manajemen yg tidak selevel dengan visi perusahaan sehingga tidak adaptif dengan perubahan, kesuksean yg ada tidak mampu di tindak lanjuti dengan follow up yg tepat.

  119. empat jempol buat bro komeng…..

    trimakasih jawabannya.

  120. mengulur waktu dengan advertising produk baru secara massive…bahkan produknya pun belum dijual…apakah membantu dalam penjualan?? Saya teringat kasus Byson dulu…dari kabar-kabur, gosip, sampai benar2 dijual (belum ditambah inden) rentangnya sangat lama..konsumen potensial jadi beralih ke NewMP. Di beberapa warung sering muncul pernyataan ” karena byson kalah kapasitas produksi…”, kalau kapasitas produksinya cukup, apakah yakin mampu menggoyang NewMP??
    Itu di kelas Sport, apakah akan sama hasilnya untuk kelas matic??

  121. tukang underestimate

    saya kira yimm harus sangat berterima kasih kepada anda2 semua…..

  122. ibarat ngajarin anak kecil untuk membuka 9 jalur meridian untuk memgenerate chi … wkwkwkw

  123. Nanang Himawan

    saya cuma menunggu entri level yamaha yang irit,…
    Ini lo manfaat rokok.. bagi perokok wajib baca..
    http://nananghimawan.wordpress.com/2012/02/01/ini-lho-manfaat-rokok-ngimpi/

  124. Katanya ada yg bermain sandiwara.

  125. juragan ningrat lg ngelenong, maksa bgt..

  126. TPT belom keluar, tapi fino dan mio dah iklan, gimana analisisnya?

  127. hahaha….sandiwaranya nyampai juga disini…😀😀

  128. Ck….ck…..ck………..

    Artikel si trimomok ttg market share sandiwara emang kuper bgt, masak masalah overstock dealer yg sampe 2 bulan dia kagak ngert, tapi at all okelah soalnya prediksi trimomok on the track.

  129. Jet Aviation 1 fuel

    Di warungnya kang udin dah keluar raport lapz 1
    Sepertinya yamaha makin nge drop
    Ada apa gerangan
    Apa serangan fajar yimm melalui teaser2 skutik terbarunya dk dunia maya serta permainan warna di produknya tidak mampu mengangkat bahkan mempertahankan marketnya??

  130. akhirnya selesai juga baca dari atas ampe bawah…..nih,,kayanya orang2 dalem atau ex ymki yah….pada ngerti isi perutnya yamaha indonesia yah…

  131. Bused dah ini blog sok kepinteran amat yah.
    Jgn mentang2 org dlm jd bisa sok2an ngramal masa depan. Klo emang smart n ga pake bocoran, bahas dong selain honda ma yamaha. Blog kaya model gni, sekalinya mleset, hancur langsung ga bersisa.

  132. ms ymh trennya memang turuuun

  133. sed dah bnyak bgt sih ID klonengan nih blog, sampe segitunya yah, orang bisa diskusi dengan dirinya sendiri.
    NIH GW KASIH TANTANGAN TANPA IMBALAN.
    TOLONG PREDIKSI BRAND BAJAJ 2 TAHUN MENDATANG DI INDONESIA.
    Kalo Brand Yamaha ama Honda tuh gitu2 aja.

  134. @kuya
    kok ga ikutan pake capslock nulisnya??:mrgreen:

  135. awas ada alay mabok …tuh alay kena krisis kepercayaan diri , dia teriak2 pake caps lock supaya ada yang mau nanggapi rengekkan tololnya:mrgreen:

  136. Ooo tukang capslock rusak nyampe disini juga ya?? Bhuahahahahaha

  137. Asyik….banyak orang Y teriak teriak

  138. @Kuya

    apakah om kuya = om tri?

  139. kutunggu tulisan TERBARU… PUAS! PAS!

  140. yamahasukadikandang

    ada uang nantang nih….
    dari warung sebelah pengkolan…
    ==========================================================
    48. fitriansyah – Februari 18, 2012

    makin kobongan dah pasukan tuyul alay warung grand strategy…. makin benci ama warung ini…..
    ======================================
    ayo bejabanin om….

  141. yamahasukadikandang

    198. fitriansyah – Februari 18, 2012

    ini akal-akalan yg punya warung,karena dr dulu cenderung pro yamaha, dah keliatan, pasti cuma pura2 aja beli , aslinya corong yamaha………

    *komen dr pasukan alay warung grand strategy
    ===============================
    ini lagi…barusan!

  142. ehmm……belom ada berita baru yah…..masih mau liat review 3 bulan dlu yah om gen…..

  143. Memang mantap pembahasan yang punya warung nih, komen2 miring otomatis bakal minder sendiri di sini. Setelah sekian lama jadi silent reader akhirnya gua komen juga di sini.

  144. hmm, berarti honda sukses karena “kepintaran” mereka dalam pemasaran ya? sangat disayangkan, saat konsumen memiliki pilihan lain yg memiliki kualitas lebih baik dari honda pada akhirnya memilih honda karena tergiring grand strategy honda yg luar biasa

  145. @user aja.
    kan yg populer di dunia blum tentu yg terbaik toh?kayak port usb dibanding firewire,yg lbh populer di konsumen ya usb.padahal dari segi kecepatan msh jago firewire,syg sedikit fendor yg support firewire tsb.

  146. @A46,
    bener juga yah, yg terbaik belum tentu jadi yg terpopuler.
    tapi rada sedikit tergelitik sama honda, seharusnya dengan keuntungan dia yg luar biasa besar, karena memang kemampuannya menciptakan strategy pemasaran hebat, bisa juga meningkatkan kualitas motornya (kaya honda dulu). seharusnya honda membayar kepercayaan konsumen dengan meningkatkan kualitas dari motor yg saat ini (mohon maaf) dibawah standar motor jepang lainnya.
    maaf sebelumnya, hanya pengen ngeluarin unek2,

  147. @user aja
    strategy bung…kalo mau kualitas ningkat yah…harus dibuat gak laku dulu😀😀..atau minimal dikasih iklim kompetisi yang ketat. Sayangnya kompetitor kuatnya malah salah langkah..

  148. @user aja
    mas ajarin dong cara ngukur kualitas secara terukur antara merk A dan merk B sehingga kesimpulannya bisa valid ? ngukurnya jangan perasaan ente yah😀

  149. hmm..mulai nih ada adu domba n terbit prasangka..
    saya yakin dah om komeng mind genesis n mas tri aka juragan rondo it bkin blog karna hobby aja..n punya tjuan mulia yaitu sharing ilmu n menjd org bermanfaat buat yg lain..ane jg yakin baik om komeng,mas tri n komengtator d sini hany manusia biasa yg puny kelbhn n kekurangan masing2
    tidak arif n tidak elok jikalau kita memperbandingkan antara om komeng dgn mas tri
    mereka punya kelebhn n kekurangan masing2..blognya juga punya citarasa brbda..so g usah saling menjelekkan aplg adu domba antar blogger
    suka tulisan blogger y monggo lanjut bacanya,kalo gsuka y jgn dbaca..kalo blogger khilaf y diingetin dgn sopan n santun..
    thanks buat smuany

  150. motor batangan

    mas komeng mana aartikel baruuuu?😀

  151. rony
    saya setuju ama anda…..lama2 nich kebanyak orang -komentator pada personal insult

  152. yamahasukadikandang

    mohon maaf lahir batin

  153. kadang kalah kadang menang dengan kompetitor utama kan wajar. namanya dagang

  154. masih valid-an analisa strategi marketing warung sebelah nih…..

  155. kenapa sih scorpio nggak diupgrade jadi 250 aja tapi bisa bahaya kalo gak bener karena banyak saingan tapi pasti berhasil kalo ngikutin ciri2 yamaha yaitu kenceng,muda+gaya

  156. g ada yg baru y om komeng..bikin artikel baru donk om

    biar g banyak yg OOT…saling serang personal😀

  157. sekalian bahas keluh kesah leasing soal revo. yg kredit jarang yg sampe lunas 😀

    ini konsumen honda bgt 😀

  158. Mana nih artikel baru tntang ramalannya.
    Banyak noh yg bisa dibahas.
    Ada bbm yg mau naek. Ada dp 25%.
    Gw bantu kasih judul dah.
    Dampak bbm dan dp terhadap penjualan honda vs yamaha 2012.
    Bikin yg bner yah, jgn nyontek.

  159. @kuya
    ayo, kuya kamu bisa nebak duluan…

  160. Para FBY koq pada nyerbu ke sini minta artikel baru, bukankah sdh ada blogger piaraan yimm yg dinobat sbg best partner yg KATANYA lebih smart dari Bro Komeng?

  161. @trimomok
    Best Partner? best partner apaan Bro? Best partnernya Yamaha? atau budak nafsu?

  162. review Yamaha 2012..
    kalo boleh tahu ditahun 2012 ini akan ada berapa banyak product yang akan dikeluarkan ?????
    tapi ga pake nama Mio lagi kan????
    bingung banyak mionya!!!!

  163. mio j, mio j teen, soul gt, fino, new vixion, jupiter zx

  164. Smart?
    Smart apaan? Yg ditulis cuman H ato Y.
    Paling jg si Komeng org dlm yg pegang data. Jadi merasa smart.
    Gw suruh tulis selain HY eh mlempem.
    Nih blog termasuk kategori blog smart abal2. Kw4.
    Ibarat maen bola jago kandang.
    Gak sesuai ama judul blognya. Mind Genesis yg artinya mlempem.
    Apalagi url nya mygoldmachine mesinemasku.
    Apa tuh mksdnya.

  165. Sirik tanda tak mampuuu….jangan digubris mas komeng, biarin aja si kuya 3. Dia gak pernah baca artikel suzukinya mas komeng yang bikin adempanas diler suzuki. Atau artikel bajajnya mas komeng. Ditengarai kuya 3 lagi iri hati dan dendam blognya dikiritik abis2an para komentator.

  166. Menurut info terpercaya dari dedengkot kenalanq, fino dah gak laku, barang numpuk di deler deler yamaha. Mio J juga gak laku. Mio lama malah yang dicari.

  167. @JT Devan
    Hm…padahal iklannya Mio J bener2 massif…btw beneran nih infonya??

  168. bertanya nih…. kira kira strategi yamaha memecah konsumen berdasarkan gender, menurut mas komeng bakalan gagal begitu???
    saya lihat di daerah saya (banyuwangi) kok, pengguna motor tidak berorientasi pada gender. biarpun pria, banyak yang pake mio (menurut yamaha ini untuk cewek). cewek juga begitu, make satria juga ada. saya melihat, bagi pengguna motor nilai fungsional itu lebih utama daripada sekedar pemisahan gender.
    jika dihubungkan dengan mio j, dimana targetnya adalah konsumen cewek. maka secara alamiah yamaha telah mempersempit pasarnya sendiri. demikian pula dengan soul gt (tanpa mio). saya kok berpikir yamaha sedang membentuk mindset yang tidak tepat dan berpotensi menghancurkan pangsa pasarnya sendiri. kira-kira apakah benar demikian masbro sekalian??

    @jt devan dan sa469
    di banyuwangi daya terima mio j juga tidak sebagus vartech 125, bahkan dengan vario lama sekalipun. saya menggunakan indikasi jumlah kedua motor yang saya temui di jalanan. semoga yamaha tidak bernasib sama seperti suzuki yang salah menerapkan strategi dulu….

  169. @kuya trimomok, blogger ternakan yimm.

    Blog entelah yang paling mantap, kalo ngak plg smart jilat merek y mana mungkin ente dapat predikat best partner blogger dari y jatim.

  170. @ JT Devan,

    Koq bisa kayak di daerah ku, spike fino cepat sekali berakhir, pertama launching lbh laku dr mio j, tapi saat ini mio j lebih laku drpd fino.
    Tapi setelah soul gt brojol, takutnya malah mangsa mio j.
    Gimana menurut komentator lain?

  171. Kayaknya semua daerah sama kondisinya. Mio J seret. Fino mati muda, justru Scoopy masih ada taringnya. Info nich dari kita yang di dalam juga tidak percaya pada Soul GT yang aneh bentuknya. Bisa-bisa mati muda kayak Lexam. Terpaksa di eutanasia. Pasar susah menerima. Teman2 YIMM juga pesimis dalam hatinya.

  172. semoga lorenzo mampu mendongkrak penjualan yamaha… wah mana nich artikel terbaru bro komeng

  173. Ah hoax tuh….dasar FBH koplaxxx

  174. @ mono momok,

    Percaya dech ama warung 3momok yang bilang yamaha lagi bersandiwara, mio j fino dan soul bakal menghabisin beat dan vario.

  175. yellow hamster

    sandiwara kok, penjualan macet terus nyetok banyak?

  176. baru baca kompas http://otomotif.kompas.com/read/2012/04/11/1661/Aksi.Spekulasi.Bisa.Terjadi.pada.Semester.Pertama.2012
    kemungkinan untuk antisipasi DP 30%, tinggal lihat saja sampai pertengahan tahun ini, siapa saja yang nggenjot penjualan di awal2

  177. @sa469 apakah yamaha menerapkan strategy ini juga? kenapa AHM tidak melakukan hal yg sama? bombardir produk diawal taun… kenapa ahm terlihat akan meluncurkan produk2nya di semester 2 … ada yg tau alasannya

  178. kurang tau juga bro….itu juga perkiraan awal dari TAM.

  179. @Trimomok
    Nama yang jorok….momok = kelamin wanita (bahasa sunda)…..

  180. @Kuya
    kuya dapet “Best Yamaha Partner”, buah ha ha ha


  181. market share yamaha sebenarnya dr data samsat udh 29% per oktober 2011

  182. trimomok piaraan yimm

    @kuya trimomok, blogger ternakan yimm.

    Warung ente koq kagak pernah buat prediksi lagi, cuman artikel partner ente aja?
    Artikel pepesan kosong koq makin buanyak?

  183. Yang pasti kalau ada yang mau membandingkan year on year akumulasi MS bulanan yang terangkum dalam satu tahun antara tahun 2012 dengan 2011 lampau, tidak akan ada yang berani bilang turunnya gak significant he he he, nanti pasti kelihatan njeglooos. Karena total Mean MS bulanan Yamaha di tahun 2012 ini pastinya akan selalu di angka merah. Kejadian kali ini tidak akan seperti memperbandingkan akumulasi satu tahun MS bulanan dari tahun 2011 dibanding akumulasi satu tahun MS bulanan tahun 2010. Kali ini akan berbeda Bro, percayalah…!!!

    ===================================================

    Ini kah Jawabannya Mas Komeng ???

    http://otomotif.kompas.com/read/2012/05/08/2127/April.Penjualan.Sepeda.Motor.Jalan.di.Tempat

  184. Aw, this was an incredibly good post. Finding the time and actual effort to produce a superb article… but what can I say… I hesitate a whole lot and don’t seem to get nearly anything done.

  185. Aw, this was an exceptionally good post. Taking a few minutes and actual effort to create a good article… but what can I say… I hesitate a whole lot and never manage to get nearly anything done.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s