ACT OF VALOR vs RAMBO

Sudah nonton ACT of VALOR, film bertemakan kehidupan, perjuangan, misi dan real action pasukan US NAVY SEAL team 7. Kalau belum berarti Bro-Bro wajib nonton nich. Dalam film tersebut diceritakan betapa misi-misi mereka adalah misi-misi special yang berbahaya, behind enemy line, dan tentu saja tidak diakui resmi keberadaannya oleh negara. Betapa presisi plan dan strategy mereka. Betapa detail tactic mereka untuk menjalankan strategy, tentunya didukung dengan superioritas peralatan militer yang mereka miliki.

Act Of Valor, Best War Movie

Saat nonton film ini, eh jadi teringat lagi dengan Blog Gue yang dah lama vakum. Bukan karena ceritanya, akan tetapi karena muatan perencanaan yang begitu akurat dan presisi mengingatkan Gue akan salah satu pabrikan motor di Indonesia. Dengan Superioritasnya yang mumpuni, detail-detail tactic dan operational dapat dijalankan dengan mulus, tentunya sesuai plan yang diharapkan. Persis banget gayanya.

 

Sebaliknya, sang kompetitor memiliki gaya yang hampir berkebalikan, ya jadi teringat film RAMBO. he he he. Dengan modal keberanian yang luar biasa, tanpa plan dan tactic yang matang, Sang Lucky Rambo ini berhasil menghajar ratusan pasukan musuh dengan keberanian yang hebat dan tentu saja keperkasaan mental yang luar biasa. Nah jadi inget lagi, siapa pabrikan yang mirip dengan gaya Rambo?

Rambo, best action Movie

Bagaimana jika pasukan SEAL harus berhadapan dengan pasukan Rambo di kehidupan dan perang NYATA? Jadi rame khan kalau dibayangin? Persis dengan kondisi Honda vs Yamaha di Indonesia.

Ayo coba diskusikan aja…. kali ini coba yang sedikit ringan tapi rame.

Uhuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuy dulu!!!

About these ads

132 responses to “ACT OF VALOR vs RAMBO

  1. lae togar anak medan

    absen dulu bah

  2. lae togar anak medan

    tentunya dengan perencanaan yg matang yang lebih berhasil. hambatan /tantangan yg ada udh dipredikzi dan diantisipasi sebelumnya.

  3. Wah, yang pasti perang taktik dan segala-galanya di medan pertempuran

  4. akhirnya……..

  5. yang ditunggu-tunggu….

  6. si rambo persis the a team… there’s no plan b

  7. dengan perencanaan yang matang tentu lebih bisa diprediksi, namun tentu tetap ada resiko “korban”…yah kalau di AOV si LT nya yang tewas. Tapi hasil akhir yang diperoleh adalah kesuksesan penuh.
    Kalau Rambo, imho, kebanyakan bagus untuk sort term. Untuk survive di long term harus memiliki “keberanian” extra plus “tenaga”. Memang dengan bombardir serangan secara massif akan menghasilkan efek positif, namun tanpa strategy yang jelas tiap serangan ini tidak bisa bertahan lama. Gimana kalau kehabisan amunisi, sedangkan serangan2 yang diberikan ternyata banyak yang meleset??

  8. eh…bro komeng nulisnya Lucky Rambo… hehehe :D

  9. para fb lg asik nunggu new sport om…
    jadi biarlah yg dah digaji tinggi di internal H & Y yg berfikir qiqiqi

  10. Aduh belum Nonton Filmnya, tapi kalau Rambo menurut saya mah taktik bertahan hidup (survival) doang bukan buat jadi pemenang (winner).

  11. gak mau komen, besok nonton dulu… :D

  12. Kok malah bahasnya jd masalah beginian om….Coba itu dikupas lagi strategy Yamaha sekarang yg balik ngegebuk Honda….

  13. Maafkan Rambo..Mama

  14. Ni artikel sudah langsung menjelaskan situasi pertempuran ckckck muantabh

  15. masih sesuai dalam jalur yg benar .. grand strategy msh berjalan… .. gebukan yamaha hanya sesaat… karena amunisi mereka gak sebanyak honda… paling banter nelorin produk taun ini taun depan ganti stripping lg… so lihat akhir taun ini saja akankah yamaha mencapai MS 2x.xx lg?

  16. Kalau ada yg bilang Y menggebuk H, paling di kelas sport yg jumlahnya sedikit. Atau kelas matic retro, tapi mungkin juga cuma spike. (Nggak pernah dengar matic retro Y sampai inden). Tapi kalau lihat penjualan matic 125 H vs matic entry level Y, setelah dipertimbangkan volume, inden sama harganya, Y kena pukul di bagian ulu hatinya.

    Mudah2an S bisa mulai fight, krn Y sudah mulai kedodoran. Monopoli itu nggak bagus.

    Btw, H belum bisa dianggap menang kalau belum menang kelas sport, krn orang yg beli motor sport itu beli krn emosi. Jadi kalau dari segi kebutuhan sudah menang (bebek dan matic), tapi dari segi kebanggaan belum.

  17. banyak makna yang tersirat dari yg tersurat :)

    #nice mr. komeng

  18. gimana tiba-tiba act of valor kolaborasi dengan rambo untuk melawan wiro sableng…… ga nyambung :mrgreen:

  19. yellow hamster

    Tambal sulam strategi vs plan dan akuisisi operational excellent

  20. Selalu ada nilai lebih jika baca nih blog…. mangstabbbbb…

  21. IMO, untuk saat ini memang lebih baik gaya si “rambo” bagi YAMAHA.

    design suatu strategy dan berjalannya strategy yg terencana tersebut pastinya akan membutuhkan waktu yg lebih panjang.

    cuma 2 perak dari pemula

  22. mas MG, mau nanya… dalam ilmu marketing tanpa tanpa plan dan tactic yang matang apakah hanya berharap pada faktor luck???

  23. CHAOS di tubuh Yamaha

    Selain kondisi external (perang dengan Honda), yang tidak kalah destruktif adalah CHAOS di tubuh Yamaha sendiri. CHAOS di tubuh YIMM yang telah menyebabkan YIMM kehilangan banyak personel2 handal nya, kini telah terwariskan sampai ke level regional. CHAOS terjadi baik di DDS dimana BANYAK SEKALI personel2 handal yang SUDAH, SEDANG, dan AKAN MENGUNDURKAN DIRI, maupun di MD dimana komando yang terus berubah dan intervensi YIMM yang memaksakan system kerjanya menyebabkan CHAOS di tubuh MD.

    Gue dapet info dari temen gue yang 100% DAPAT DIPERCAYA, karena temen gue adalah ORDAL YAMAHA JATIM (Baca: PT.STSJ, Surya Timur Sakti Jatim) dengan posisi jabatan yang cukup penting.

    CHAOS terjadi pada semua level, mulai dari pembuatan strategi yang sangat mentah, hanya ABS (Asal Bos Senang), dan strategi dan konsep yang bisa BERUBAH DALAM HITUNGAN JAM (baik strategi lokal utk regional jatim sendiri, maupun konsep nasional yang diberikan dari YIMM). juga di level tengah yang otomatis kinerja nya juga ikut berantakan karena terus berubahnya guidance dari atasannya, sebentar diperintahkan maju ke utara, 2jam lagi direvisi diperintahkan mundur ke selatan, ketika sudah siap mundur ke selatan, datang lagi perintah untuk bergabung dengan pasukan di barat, di tengah jalan, direvisi lagi, diperintahkan saat itu juga harus bergerak ke timur karena harus menahan serangan dari gerilyawan di timur (perang gerilya pun ada taktik yang sudah ditetapkan terlebih dahulu, tapi ini perang yang taktiknya diubah-ubah secara mendadak dalam waktu singkat, bisa dibayangkan bgmn reaksi pasukan tsb), CHAOS belum berhenti sampai di sana, kekacauan dalam hal implementasi, dan reporting di level bawah bahkan lebih parah. Kekacauan bahkan perebutan kekuasaan dalam kepemimpinan di level atas menyebabkan banyak alur kerja yang diubah-ubah sehingga menjadi tidak jelas, seorang staff bisa MENGERJAKAN HAL YANG SAMA BEBERAPA KALI karena terus berubah nya perintah yang diberikan, lebih parah lagi jika BOS A minta BEGINI, BOS B minta BEGITU, BOS C minta SEPERTI INI dan SEPERTI ITU. Dengan LOAD perkerjaan yang semakin banyak, alur yang tidak jelas, perintah yang berubah-ubah, otomatis tingkat emosi naik, mood kerja menurun, produktivitas merosot tajam.

    CHAOS tsb menyebabkan MD pun banyak kehilangan personel2 kunci nya. Kabar yang saya dengar, di Level manager MD ada beberapa yang resign. salah satunya Mr. Wiyanto yang merupakan pencetus ide YMMF yang bahkan diapresiasi oleh pemilik warung ini. Di level bawah juga banyak yang sudah, sedang, dan akan resign, yang notabene mereka ini adalah personel2 lama yang sudah mampu mengerjakan pekerjaannya secara cekatan, cepat dan tepat. Orang – orang baru yang masuk juga banyak yang tidak betah dengan kondisi yang ada, dan bersiap-siap untuk pindah ke tempat lain.

  24. wkwkwkwk….
    ilustrasinya pas banget siapa itu ramboo siapa itu valor…

    jadi pingin nonton lum nonton nie….

    ada yg mau traktir nonton :p

  25. CHAOS di tubuh Yamaha

    @ bro pemula
    Sudah terjawab oleh komen bro masdiisya, mau cuma ngarepin LUCK???

    Mungkin ORDAL-ORDAL YIMM dan MD-MD nya saat ini cara berpikirnya kaya’ elo semua bro, sehingga terjadilah seperti yang diceritakan temen gue di atas.

    Atau malah emang bener bro pemula nih ORDAL YIMM atau MD-MD nya??
    Kalau emang iya, selamat dech buat Suzuki, elo dapet chance utk naikin MS.

  26. Vario lari kencang

    Wah Bro Devan curhat….

  27. hahaha.. lucu sekali disini
    ngomong dikit dibilg ordal -_-”

    ane cuma liat sebagai org awam om,, kalau yamaha tahun ini masi bicarain strategy yg ga jalan2. MS nya akan makin tergerus,,, kalau uda terlalu jauh akan susah diangkatnya
    makanya ane bilg saat ini yg paling tepat ya “rambo” itu,,

    kalau masalah sampai yg anda bilg itu ya saya ora ono..
    rambo kalau bilg perang ya perang, masa bilg maju mundur lg,.,,

    cuma 7perak om, maaf kalau ga berkenan

  28. iya menurutku gaya rambo itu hebat, buktinya rambo selalu menang terus, 1 orang lawan 1000 orang ya menang rambo.

  29. http://mariodevan.wordpress.com/2012/04/12/info-soul-gt-100-akurat-d/

    Blog ini paling akurat masalah info product baru Yamaha.
    Top, Mantap, Joss.

  30. itu cuma di film om.. hehe
    seperti kata sesepuh kita
    sa469
    “Kalau Rambo, imho, kebanyakan bagus untuk sort term”

  31. Mana nich pakar-pakar kita mr smart inovation, mr sas dan mr legenda?
    kita butuh diskusi yang panas dan mendalam nich

  32. smartinnovation

    @ pemula
    Syukurlah kalau emang elo bukan ordal Bro, masih bisa selamat tuh Yamaha, krn kl elo ordal n cara pikir nya begitu, gue pesimis banget.

    @ pemula n agung
    Rambo bisa menang krn lawannya bukan tentara terlatih, melainkan para pemberontak yg memiliki kemampuan perang, dan peralatan perang ala kadar nya, yg seringkali tdk punya plan dan strategy yg bagus, atau bahkan tdk punya sama sekali. Sebuah serangan kejutan dari Rambo yg menimbulkan chaos, ditambah dgn persenjataan otomatis, peluru yg tiada habis nya, serta LUCK, maka Rambo menang.

    Tapi, harus disadari sepenuhnya, bahwa kali ini lawan si Rambo bukan lagi para pemberontak/gerilyawan yg ala kadarnya, melainkan sekelompok pasukan khusus, Navy SEAL yg senjata dan strategy nya tidak kalah atau bahkan di atas si Rambo, atau malahan JAUH di atas si Lucky Rambo.

    Musuh nya beda, cerita nya juga akan berbeda Bro, jd kl memahami sesuatu jgn sepotong-sepotong.

  33. smartinnovation

    @ Bro Kamen

    Iya Bro, saya juga udh kangen berdiskusi dengan para sesepuh Bro Kamen, Bro SAS, Bro Ali, dan Bro2 yg lain semua

  34. Bro smartinnovation aka lexam yang gak laku
    ente pasti belom pernah lihat Rambo IV, dimana rambo yang berprofesi sebagai pendayung perahu untuk mengantar tentara bayaran eks pasukan khusus inggris malah menolong para pasukan khusus yang sudah tidak lagi berdaya. Rambo lebih Hebat. Ente pasti tidak pernah nonton film perang ya. jangan asal nyerocos.

  35. Kalo diliat2 film Rambo tuh ada beberapa bagian dimana si Rambo berjuang atas nama negaranya, berjuang buat temannya truz yg g kalah penting dia juga berjuang untuk dirinya sendiri supaya dia bs bertahan hidup…
    Kalo AOV, emang belum liat sih, cman kalo bicara US Navy Seal mereka terkenal dengan kemampuan dan peralatan tempur yang memadai, belahan dunia manapun bisa mereka jangkau, mulai dari perang vietnam, konflik panama hingga perang irak.. Singkat kata grup ini udah COMBAT PROVEN-lah tapi hal itu tak lantas membuat mereka meremehkan tiap pertempuran karena “THE ONLY EASY DAY WAS YESTERDAY” sesuai dengan motto mereka.
    Kalo melihat pertempuran dua pabrikan roda dua di Indonesia, memang kita bisa tahu siapa si RAMBO dan siapa si US Navy Seal. Kalo di Rambo kita juga bisa tahu dimana si Rambo g bisa klop dengan atasannya karena masing-masing punya ego sendiri, masing-masing punya kepentingan. Kalo Navy Seal saya yakin mereka udah 1 komando, 1 tujuan, perencanaan yang baik kalo bisa plan itu g hanya plan A ato plan B tapi bs disiapkan sampai plan Z hehehehe……. Kalo kita liat tembakan si Rambo dengan machine gun-nya membabi buta, ditembakkan ke segala arah, granat terbang kesana kemari, kalo diitung-itung prajurit kyk Rambo bisa menghabiskan cost yang banyak, Negara bisa tekor gara2 si Rambo hehehe… Navy Seals berperang dengan cara yang efektif, tembakan mereka punya akurasi dan presisi yang baik, cost pasti ada tapi jika cost yang dikeluarkan sebanding dengan tujuan yang dicapai, kenapa tidak?
    Bagaimanapun tiap pertempuran memerlukan perencanaan untuk menang! Buat apa berperang kalo kita mengincar kekalahan.. Namun ada saat dimana kita juga harus realistis dengan keadaan, kita pilih menang ato bisa bertahan hidup? Buat apa menang tapi cuman bisa hidup sesaat terus mati…
    Tiap prajurit apa pun pangkatnya mulai dari Prattu sampai Jenderal, mereka memiliki kontribusi untuk sebuah kemenangan, mulai dari perencanaan, persiapan, hingga pertempuran…
    Jangan biarkan prajurit-prajurit terbaik berlalu begitu saja setelah pertempuran usai…
    Hidup kemenangan dan kemampuan bertahan hidup!

  36. CHAOS di tubuh Yamaha

    @ Bro Smart
    Mantap Bro….

    Gue setuju kalau ordal2nya Yamaha pemikirannya seperti Bro Pemula, pasti lebih cepet nyungsep nya tuh Yamaha.

    Ha ha ha

  37. Dalam SEAL hanya ada kemenangan, untuk mencapai kemenangan butuh perencanaan, untuk perencanaan butuh pengetahuan medan lewat recon. Dalam AOV terlihat dengan jelas semua keunggulan tadi dan ini the best war movie menurut saya. realismenya dapat digambarkan secara porposional.

  38. Kalau suatu perusahaan seperti SEAL pastilah dapat menjadi pemimpin pasar yang tak terkalahkan, mutlak.
    Karena saya awam dalam industri motor, bolehlah saya dikasih info siapa yang seperti SEAL? Yamaha atau Honda?

  39. Ini artikel kelihatannya cerita filem, ternyata dalam juga pemahamannya, mantap mantap. Mbah dukun monitor terus Cu!

  40. Yang penting disini kerja keras, dari film rambo yang tak terkalahkan itu, kita belajar pentingnya kerja keras. ulet dan mental baja. Rambo adalah sosok yang berani menghadapi lawan yang lebih kuat dan lebih banyak. Mental baja, pantang menyerah, kerja keraslah yang membawa Yamaha Semakin di Depan. Bukan dengan kucuran dana dan peralatan yang lebih canggih. Yang Smart kalah dengan yang Kerja Keras.

  41. CHAOS di tubuh Yamaha | April 13, 2012 at 11:28 am |

    @ Bro Smart
    Mantap Bro….

    Gue setuju kalau ordal2nya Yamaha pemikirannya seperti Bro Pemula, pasti lebih cepet nyungsep nya tuh Yamaha.

    Ha ha ha

    tentunya yg pemula seperti saya ini ga mungkin keterima kerja sebagai marketing di yamaha bro

    silent reader aja deh

  42. Bakul Motor Bekas

    @smart
    setuju ama Bro Pemula, bagi Yamaha yang saat ini kocar kacir dan intern konflik emang lebih cocok style Rambo

  43. @ Bro Agung
    emang klo liat Rambo kita bisa liat gimana kerja keras dia, semangat dia, sesuatu yang menjadikan dia tangguh… Tp klo film AOV bukan tentang gimana Navy Seal itu dibentuk tp lebih gimana mereka mengorganisir, mempersiapkan segala sumber daya yang mereka punya secara optimal untuk sebuah pertempuran

    ijin menyimak lagi….

  44. Bakul Motor Bekas

    Mana tuh MarioDevan abis curhat kok gak muncul lagi?
    mungkin lagi……….

  45. smartinnovation

    @ Bro Agung

    Bro, jangan terlalu suka nonton film perang, belajarlah dulu sejarah perang, mulai dr persenjataan perang, strategy perang, pahami dulu seperti apa kemiliteran, baru nonton film perang, supaya pemahaman anda soal perang tidak sedangkal itu.

    Mengenai pasukan khusus, jangan dibayangkan spt yg di cerita Rambo itu. Sebaiknya anda nonton AOV dulu lah, supaya anda tahu seperti apa pasukan khusus itu. Baca juga literatur mengenai Navy SEAL. Pemahaman medan, pemahaman musuh, battle plan yg matang, persenjataan yg disiapkan, rantai komando, serta bgmn jika ada kejadian yg di luar plan mendadak terjadi dan merubah sikon, bgmn menangani nya, itu yg perlu dipeljari dulu Bro. Setelah itu baru nonton Rambo, maka anda akan mempunyai sudut pandang yg lebih kaya dalam memahami film Rambo.

    Dan kalau sudah anda nonton semua tapi masih ngeyel, ya barangkali pemikiran anda yg harus di-reset.

  46. @ CHAOS di tubuh Yamaha
    ————————————————————————–
    wuik…..spa tuh ordalnya :D

    Vario lari kencang | April 13, 2012 at 10:35 am |
    Wah Bro Devan curhat….

    ————————————————————————-
    emangnya sya coment apa y kok dibilang curhat :bingung:

    Kapten Kirk | April 13, 2012 at 10:56 am |
    http://mariodevan.wordpress.com/2012/04/12/info-soul-gt-100-akurat-d/

    Blog ini paling akurat masalah info product baru Yamaha.
    Top, Mantap, Joss.

    —————————————————————————
    wkwkwkkwk ini lagi ada yg promosiin blog saya :D

    lucu2 ya komentator2 hari ini :D

  47. klo suzuki dan kawasaki ibaratnya apa Om? jngn cuma jago ngupas H&Y aja….

  48. CHAOS di tubuh Yamaha

    @ Mario
    Bukannya elo ordal nya?? Elo ordal Yamaha jatim kan??

    @ Agung
    Ini Bp. A M P dari Yamaha Jatim kah??

    @ Pemula
    Lantas, jika masa short term sudah lewat dan masih kalah dan Market Share turun terus padahal sudah fight habis2an utk short term menahan Market Share (ingat lho bro, musuhnya pasukan khusus yang punya senjata dan stratgey yg JAUH LEBIH UNGGUL), trus gmn bro?? Mau ditutup begitu bisnis Yamaha nya??? Trus DIPECATIN semua gitu PEGAWAINYA??? Bagaimanapun juga bisnis Ujung-ujngnya duit kan bro, kalau gak ada untung ya buat apa berbisnis kan??? Kalau memang begitu ya mending ditutup sekarang aja kan bro daripada rugi lebih banyak???

  49. @mario
    donlod aja bro…..masak donlod juga minta traktiran… :D :D :D

  50. @chaos..

    bukan cuma anak komunitas aja yg dekat sama Y di jatim :)

    @sa469

    aku g punya pulsa…..xixixixi

  51. #Memantau saja dulu#

  52. @mario
    haxixixix…yah situ maennya pake HP sih…. minta sama Rambo donkk… :D :D :D

  53. @sa469

    pulsa modem mas bro…..
    rambo lagi sibuk berperang :p

  54. hmmm…
    intinya
    kesuksesan bermula dr cita cita
    cita cita bermula dr mimpi,
    mimpi bermula di saat kita tidur
    jd mari kita tidur biar sukses

  55. CHAOS di tubuh Yamaha

    @ Mario
    Rambo yang mana bro?? Rambo semarang atau Rambo Bandung??
    Kalau perang nembak musuh ya bro, jangan temen sendiri ditembak… Apalagi sampe buka celana temen sendiri sampe kelihatan GT Man nya. He he he

  56. CHAOS di tubuh Yamaha

    @ Mono
    Kalau mau belajar ya belajar dari Juara kelas bro, jangan belajar dari juara paling bawah. Apalagi belajar dari SANG PENYESAT. Ha ha ha.

  57. yahonsuwakanja

    yupss….
    harus realistis dgn keadaan
    diluar ada banyak cans…ambilah…
    ini corporate bung…
    harus tetap survive

    salam ngabrettttt…

  58. ada yang bilang yamaha sedang bersandiwara, belum pernah unggul dari honda kok dibilang sandiwara
    and sptnya yamaha masuk perangkap honda dg mengeluarkan banyak produk baru,
    sy lebih senang melihat suzuki bermain santai, mudah2an suzuki bangkit dan mengimbangi yamaha.

  59. Dua tahun yang lalu, Rambo hampir menang karena lawannya “barongsai” semua. Peluru lawannya juga cuma “kembang api”. Lain dengan sekarang. Lawannya “alien beneran”, meskipun pelurunya dah ganti pake peluru karet, gas air mata, atau air keras yang kemaren bikin demonstran kocar-kacir itu. wk wk wk wk ……….

  60. Pasukan Navy SEALs

    @DEVAN
    Makanya kalau kerja jangan ikut Rambo, nanti dijadiin kudanya rambo, kalau rambonya di Boom musuh, rambo lompat, kudanya yang mati.
    Kalau mau ikut SEAL akan dipandang sebagai teman satu team yang sinergi, team mate untuk melawan musuh.

  61. ah gak mungkin yamaha kalah sama Honda.
    klopun kalah itu kan cuma sandiwara doank…
    (kata juragan warung sebelah)
    wkwkwkkk

  62. Rambo ki ayame upin ipin,

  63. satu2nya blogger yg saya anggap idealis untk saat ini cuma TMCBLOG ama bro KOMENG MG .. .. selain itu kayaknya ada yg sedikit condong ada yg bener2 nyales contohnya blog 3@mono.. kalau pro yama.. komen langsung nongol giliran kontra ya apalagi pro hond NUNGGU MODERASI DULU YAH… kalau yg bener2 mengancam yama langsung SKAKMAT.. . jan2jane bayaran piro tho dadi blogger ngono iku

  64. @No
    Saya juga ngrasa gitu..seperti ngopy strategi brojol banyak produk kompetitor tahun lalu..takutnya memang itu yg diharapkan kompetitor. Apalagi kalau hal ini diyakini sebagai langkah yang tepat oleh rambo.bisa bahaya malah..moga2 nggak deh..

  65. ya biarlah ada blog condong y atau h , biar sama2 laku…..

  66. trimomok piaraan yimm

    Om Komeng emang dashyat, dari film aja bisa dibuat artikel marketing dan strategy.

  67. Baru baca blog ini (sigh *.*”)….kelihatan adanya kedalaman dan keluasan materi riset.. mantap. Analoginya jg memudahkan pemahaman… :idea:

  68. Rambo selalu menang, kalau kalah itu cuma sandiwara aja kok…
    xixiii..

    aslinya yamaha menang mulu lho dari dulu saudara-saudara sebangsa dan setanah air…..
    kalah kan CUMA SANDIWARA aja.
    wkwkwkkkk…

    sumpah sampai ngakak klo baca artikel warung sebelah…
    udah makin ngaco aja…
    kelihatan banget keberpihakannya…
    makanya makin hari makin sepi warungnya

  69. ^^^ ngakak tanda gak ngerti …. xi xi xi xi ….”

  70. Bro komeng kluarin ilmu ilmu(artikel) seminggu sekali jg gpp, ga perlu tiap hari klo bro komeng sibuk, karena artikel anda bermanfaat……..!!!
    setujuaa smuaaa………(angkat tangan klo setuju)

  71. pletak pletuk…. rambo dulu suka maen AK dan metraliur…but rambo sekarang lagi maen zuma…itu tuh, nembak bola2 bola warna… lagi seneng maen warna… ajaib katanya….

  72. sumpah ane ngeri lihat MS Honda Vs yamaha dari data samsat ini di dikasih bro Duwan di warung Om Edo:

    http://i1076.photobucket.com/albums/w459/Dara_81/Motor/Share04.jpg

    ckckckkkk….
    Data Samsat:
    Honda 71% Yamaha 24%
    sandiwaranya yamaha manteb banget euy….!!

    ini data samsat lho bukan distribusi….
    ckckckkk

    ternyata prediksi Bro Genesys beberapa tahun lalu terbukti AKURAT…!!!

  73. Bocah Tua Nakal

    Melihat kondisi saat ini, model Rambo juga pilihan tepat, dimana korps sudah ditinggalkan oleh prajurit2 yang visioner dan tahu strategi perang. Justru disaat ini, model rambo saat cocok buat prajurit2 bloon yang tak tahu arah. Pokoknya survival dulu. Dan jangan harap lagi memenangkan perang. Cukup bisa hidup ⓐⓙⓐ dan bertahan mempertahankan market share terakhir saja sudah bagus. Tambal sulam dulu lah ala rambo, keep ‎​   …
    ‾\(:|/‾Semangat Lagii 

     / \ ,, yang penting hidup.

  74. terlihat yamaha seperti mengikuti arahan dari bro komeng, seperti:
    - membuat banyak varian warna untuk matic entry level.
    - membagi category segmen fino & mio j.
    - kembali “memposisikan” mio ke segmen perempuan.
    - mem-pricing product secompetitive mungkin.
    - memberi value lebih dibanding competitor.
    - gelontor produk hampir tiap bulan.

    menurut para suhu disini, langkah yg diambil YIMM tsb sudah dan cukup dan tepat kah?
    atau hanya sekedar usaha bertahan atau strategi tambal-sulam ?

  75. @trimbil
    terlihat yamaha seperti mengikuti arahan dari bro komeng, seperti:
    - membuat banyak varian warna untuk matic entry level.
    - membagi category segmen fino & mio j.
    - kembali “memposisikan” mio ke segmen perempuan.
    - mem-pricing product secompetitive mungkin.
    - memberi value lebih dibanding competitor.
    - gelontor produk hampir tiap bulan.
    ===========================================================
    Nubi ikut diskusi yak…
    Memang bener banget mas bro, yamaha sudah melaksanakan hal-hal tersebut di atas. Akan tetapi seperti bro komeng pernah bilang sebelumnya faktor internal yang belum kondusif merupakan duri dalam daging, membuat susah untuk bergerak. Implementasi dari atas ke bawah belum mengalir, masih cari jalur sendiri-sendiri.
    Satu lagi Yamaha belum kembali ke DNA yang bro komeng sarankan: “Speed!”. Malah campaign nya ke arah irit, yang udah jadi makanan honda selama puluhan tahun….
    Dan sekarang malah lebih parah, Yamaha malah mau hard selling seperti tahun lalu (yang sukses meremukkan image mio) dengan program sensasi matic 1 milyar rupiah, apa mau menghancurkan image produk yang baru muncul juga?
    CMIIW…

  76. Rambo mengadakan uji coba nasional berkendara berhadiah undian 1 M

  77. Sayangnya seperti hanya menangkap kulit luarnya saja. Ibarat mengaplikasikan rumus fisika tanpa memahami filosofinya, hitungan matematika boleh benar, tetapi hasilnya tak berarti bagi keadaan dan perhitungan yang ada. Seperti memasak nasi goreng dengan bahan baku yang sama tetapi tidak memahami cita rasanya. Alhasil tak berarti dan tak bernyawa. Gebrakan yang ada bagaikan pukulan karateka dengan “Kata” bernilai bagus tetapi tidak dapat berkelahi di jalanan. Jurus bisa dicopy dengan mudah, akan tetapi filosofi di baliknya tak mudah dipahami.

  78. wah yg punya warung nongol…SALAM SUPER.. sembari nonton reply MTGW

  79. “…Sayangnya seperti hanya menangkap kulit luarnya saja..”
    _____________
    hmm….mungkin decision maker yimm melihat langkah yg bro komeng tawarkan tsb. sangat “masuk akal” untuk diterapkan dengan kondisi yamaha seperti sekarang ini.

    sayangnya emang tidak diimprovisasi lebih cantik lagi….

    masihkah kereta itu bisa dikejar…atau ya sudah relakan saja karena jatahnya memang sekarang cukup naik bis kota saja…

  80. smartinnovation

    Hancurnya kredibilitas pemimpin pusat dan hilangnya kepercayaan terhadapnya memang akan menyebabkan pemimpin2 regional bergerak sendiri2 sehingga, muncul jiwa Rambo pada pasukan lokal, bergerak sendiri2, semakin lama akan semakin susah dikendalikan, rantai komando tidak berjalan, gerakan semakin tidak terkoordinir dan tidak terkontrol dgn baik. Karena itu, saya tidak sependapat jika dikatakan bahwa gaya Rambo ini adalah cara terbaik bagi Yamaha untuk survive (dalam arti mempertahankan MS).

    Di samping itu, sudah terlihat dengan sangat jelas bahwa senjata otomatis mio J dan mio Fino ternyata tidak efektif dalam melumpuhkan lawan. Karena Rambo mulai panik, granat 1Milyar dilempar, memang ada sedikit pasukan musuh yg terluka, namun hal ini tidak sebanding dengan kerusakan yg disebabkannya thdp senjata otomatis yg baru itu. Kini senjata otomatis itu menjadi semakin tidak presisi, semakin tidak efektif. Semakin banyak Rambo meluncurkan senjata2 canggih dan granat2 mahal secara SALAH dalam perang ini, semakin pendek episode film AoV vs Rambo ini. IMHO.

    Bgmn menurut Bro2 yg lain?? Mgkn Bro SAS, Bro Ali, Bro Legenda, Bro Kamen, Bro Joko, Bro Vyzex, dan Bro2 semua punya pendapat yg sama/berbeda??

  81. perang strategi yg luar biasa…. strategi terplanning vs the power of kepepet……

  82. @bro Smart
    untuk strategy lempar granat, apakah kasusnya sama dengan tahun kemarin? atau memang inovasi baru yang dikenalkan oleh rambo? Beberapa warung mengulas strategy baru ini sebagai sesuatu yang kreatif, out of the box…atau cuma istilah lain saja untuk menutupi ketidak mampuan senjata otomatis mereka? Kalau saya lihat memang senjata mereka yang baru itu memang kurang mempan…kalaupun ada efeknya saya rasa baru spike saja…

  83. Walk the talk

    ibarat kata mengeluarkan jurus pukulan machine gun Wing Chun ala Yip Man tapi ngak punya Fa Jin di dalam pukulan tersebut …. keliatan keren dan sadis doang/kerja keras gitu mksdnya :D , tapi yang di pukul maksimal cuma luka luar lecet doang sedangkan yang mukul akan kehabisan tenaga …tinggal nunggu1 pukulan Fajin balasan dari lawan…. wkwkwk bisa langsung luka dalam :D

  84. Megah Putra Makmur

    @Mario Rambo
    Gimana tanggapannya? Benerkah yamaha lagi dalam kondisi yang digambarkan oleh bro-bro di sini? Denger2 banyak orang pinter-pinter yang dah tidak cocok dan henkang ya?

  85. CHAOS di tubuh Yamaha

    Data bro Boy mantap.

    Semakin membuktikan kejeniusan yang punya warung.
    Memang sangat berbeda dengan WARUNG SANDIWARA ,a k a
    WARUNG PICISAN ,a k a WARUNG DUDA GENIT yang suka foto2 sama cewek sampe cewek nya RISIH. Xixixixi.

  86. smartinnovation

    @ Bro sa469
    Di dealer stok mio J menumpuk, diskon pun sudah besar-besaran (tentu saja laporan ke atas nya diskon cuma 300rb, yang 1 juta nya lupa belum dilaporkan. He he he). Padahal ini adalah masih berada pada kondisi spike seperti yang Bro sampaikan, dan sudah mengerahkan tenaga habis2an. Lihat saja promosi ATL dan BTL nya, namun hasil nya masih seperti ini. Apalagi mio fino nya (#can’t watch).

    @ Bro Trimbil
    Kalau saya tidak salah menangkap petuah dari Bro Gen. Menurut saya, masalahnya justru di ketidak-pahaman mengenai filosofi jurusnya, sehingga improvisasinya pun jauh dari filosofi yang dimaksud oleh Bro Gen. Seperti juru hitung berotak canggih bersenjatakan calculator scientific, namun tidak paham konsep mendasarnya (yg disampaikan oleh Bro Gen), tidak ada kesalahan perhitungan sama sekali, namun hasil nya SALAH.

    @ Bro Walk the talk
    Setuju Bro. Apalagi kondisi stamina Rambo dan pasukannya saat ini sudah sangat lelah. Pukulan yang diluncurkan ini sudah merupakan sisa-sisa tenaga yang ada. IMHO, AOV sengaja membiarkan agar pukulan ini tampak seolah-olah berhasil , sehingga akan diberikan tenaga dan amunisi sebanyak mungkin oleh Rambo, kalau diserang balik saat ini, AOV akan butuh biaya lebih besar dibanding jika timming itu datang, karena itu AOV hanya maintain dan menunggu saat emas itu, yaitu saat semangat Rambo mengendur karena merasa pukulan ini tidak memberikan hasil sesuai yang diharapkan, itulah saat nya menyerang balik. Saat serangan balik itu dilakukan, kali ini efeknya akan berlipat ganda, karena pasukan Rambo sudah kelelahan kerja bareng Rambo, sudah dipaksa kerja keras, eh hasilnya gak sepadan. Saat itu pasukan Rambo yang smart pasti akan melarikan diri dari perang ini. Luka nya pasti luar biasa, IMHO, MS bisa jadi akan turun drastis, lebih parah dari penurunan tahun lalu (sekali lagi forecast Bro Gen akan menjadi kenyataan).

    Pada saat itu terjadi, apakah Yamaha akan meminta WARUNG SANDIWARA untuk membuat cerita yang mirip OVJ begitu???

    Disana gunung, disini gunung,
    di tengah-tengah nya pulau jawa.
    Pabriknya bingung, hewan ternakannya juga bingung
    sudah jelas jelas kalah, alasannya sandiwara

    Hahahaaha

  87. @bro Smart
    Kalau memang seperti itu faktanya…yah hebat juga berarti tim marketingnya…membuat kekalahan seolah-olah menjadi “kehebatan” dalam ide kreatif hehe… :D :D
    Saya juga ngrasa ada yang “tidak beres” dengan AOV…dari jan-april ini tidak ada peluru yang ditembakkan, adapun cuma di segmen atas…itu juga satu…lha kalau si AOV bener2 “ambush” bisa bahaya nih buat Rambo….

  88. @ smartinnovation
    Aku nggak pinter strategi. Pokoknya ada barang bagus, harganya murah, kemungkinan besar laris. Rumus itu yg dulu dipakai jupiter z vs supra 97cc dan vixion vs mega pro. Ditambah dgn kemenangan di moto gp. Resep itu sebenarnya punya suzuki waktu shogun 110 vs grand + juara moto gp.

    Kalau utk moto gp, tahun ini kesempatan bagus, krn Stoner kurang disiplin, sedangkan Pedrosa kurang konsisten. Tapi utk sediakan produk yg lebih baik dan lebih murah, sepertinya akan sangat sulit. Paling ya main di segmen yg Honda belum serius. Kalau lawan langsung, seperti kasus mio j, fino dan soul gt, jadi ingat cerita Daud lawan Goliath. Itu diceritakan krn kemenangan Daud adalah hal yg luar biasa. Biasanya yang kecil yang kalah. Dalam perang Yamaha versus Honda, kalau tidak ada kejadian luar biasa, hasilnya sudah bisa ditebak. Lagipula, keberuntungan itu biasanya justru tidak datang ke orang yg berharap akan dapat keberuntungan.

  89. @92.Joko
    Udah berkali-kali bahkan gak keitung lagi ane baca komentar tentang persaingan pasar sepeda motor yang mengait-ngaitkan dengan hasil perlombaan motogp. Dan semuanya begitu ane membandingkan apa yang terjadi di pasaran dengan motogp gak ada hubungan yang signifikan, kalo gak mau dibilang gak ada hubungan sama sekali. Coba lihat di tahun 2004-2006 dan 2008-2010, di situ yamaha menang motogp berturut-turut, apakah penjualan honda nyungsep di tahun2 itu, apakah market share yamaha secara akumulatif per tahun mengungguli honda? Beri datanya kalo benar ada di antara tahun2 itu market share per tahun yamaha secara akumulatif mengungguli honda.

  90. smartinnovation

    @ Bro sa469
    Rambo nya udh bukan berbahaya lagi Bro, tapi sudah jelas kepepet dan blunder terus. Jika dugaan kita mengenai AOV benar, maka episode perang ini bakal lebih pendek. Baru bbrp pukulan, musuh nya udh angkat bendera putih… He he he.

    @ Bro Joko
    Saya sependapat, ini merupakan blunder besar Yamaha, dmn biasanya perusahaan pesaing selalu memberikan harga lebih murah dgn kualitas lebih baik daripada sang market leader. Begitu pula sang market leader biasanya tidak serta merta lgsg profit taking jika dirasa belum saat nya. Namun, ketika Yamaha baru mendekati sang market leader, sudah over confidence, produk2nya mulai overprice. Image overprice menempel kuat hingga skrg.

  91. @joko
    Kalau utk moto gp, tahun ini kesempatan bagus, krn Stoner kurang disiplin, sedangkan Pedrosa kurang konsisten.
    ————————————————-
    stoner kurang disiplin dan Pedrosa kurang konsisten gimana ?
    wong racenya baru sekali…….

  92. @smart
    hehe..iya nih..sayang rasanya kalo rambo “finish” duluan..cuma udah kelihatan kalo amunisinya tinggal beberapa saja..paling tinggal permak beberapa rudal biar lebih canggih..sedang AOV masih punya banyak alternatif amunisi kayaknya..mau mortir,rpg,hellfire,granat, atau malah rudal nuklir.. :D :D

  93. Megah Putra Makmur

    Kemana anaknya Rambo, kok tidak muncul?

  94. trimomok piaraan yimm

    Koq anak2 Rambo pada tiarap semua? Ayo kasih komentar mencerdaskan para tuyul alay momok macam qwerty, nobita, jaos, thole, mbelgedhes, hermesh, vegadeth, dkk (dan klonengan klonengannya)

  95. @ Joe Black
    Ya nggak mungkin dari nomor tiga langsung jadi nomor satu. Pertama kan ngalahin suzuki dulu. Lagipula moto gp cuma satu faktor, tapi faktor yg pada kenyataannya signifikan utk penjualan motor di Indonesia. Nggak mungkin pecinta mercy berubah pakai bmw dalam semalam. Begitu juga motor, semua ada prosesnya. Itulah sebabnya yimm dan ahm pasang iklan di moto gp. Kalau nggak pengaruh, buat apa?

    @ kentut
    Stoner selalu pakai mini race waktu latihan, nggak pernah simulasi jumlah putaran secara keseluruhan. Akibatnya arm pump muncul bukan waktu latihan, malah waktu lomba. Dia butuh lebih banyak latihan. Kalau Pedrosa tahun ini sudah mending, berani fight. Tapi dia belum cukup percaya diri utk menang, padahal punya kemampuan utk menang. Paling bagus justru Lorenzo, semangat juangnya tinggi dan sangat pintar mengatur ritme balap.

  96. Menurut gue, ini baru cerita awal perang aov vs rambo. Senjata2 otomatis nan canggih milik aov belum semua dikeluarkan. Bagi aov tentu tujuan yg dicari adalah kemenangan MUTLAK, bukan menang setengah2. Kalau masih setengah menang, musuh masih bisa mengumpulkan kekuatan dan menyerang balik, ini sangat berbahaya. Harus ditumpas sampai ke akar2nya supaya musuh membutuhkan waktu yg lama untuk bisa pulih kembali.

    Kapal akan segera karam, yg lompat duluan punya chance besar utk selamat. Pindah ke sekoci bahkan akan lebih aman dibanding tetap berada di kapal besar yg segera karam ini. Yg masih ragu2 dan terlambat melompat tidak akan selamat. Pusaran air akibat tenggelamnya kapal akan menarik semua benda dan org di kapal dan sekitarnya utk tenggelam di lautan lepas yg gelap.

  97. @joko Nah, kan ente bilang sendiri motogp cuma satu faktor, dan faktor tersebut ternyata tidak memberi pengaruh besar dan tidak dipandang sebagai yang terpenting bagi mayoritas konsumen. Dari dulu konsumen sadar yang mereka beli motor harian, jadi mereka gak peduli hasil yang terjadi di motogp.

  98. Megah Putra Makmur

    Kuya juga tenggelam dulu kalau yang komen pada pinter2, takut muncul….xi xi xi

    Gimana nich tanggapan dr Mario Devan Rambo? Benar kejadiannya seperti ini? Cerita donk!

  99. @ Joe Black
    Satu faktor tapi pengaruhnya besar. Gabungan dari value motor dan kemenangan di moto gp asalah satu2nya senjata yg pernah berhasil utk menggoyang Honda di Indonesia. Kalau cuma salah satu, ya nggak akan berhasil. Memang alasan moto gp tidak rasional, tapi rasionalitas bukan satu2nya alasan beli motor. Itulah sebabnya pabrikan beriklan. Apa masih ragu manfaatnya iklan?

  100. trimomok piaraan yimm

    Panas dingin sampai galau ngak karu-karuan si trimomok kalo sampai ada sajian baru di warung ini.

    Kalo melihat hard selling yamaha bulan ini yg kembali pake hadiah milyaran, dapat dirasakan ini sebagai panic action dari mandegnya strategy brojol banyak produk di kuartal awal (trimomok bilang ini paling good action lho).

    Suksesi dari mip cw ke mio j tidak boleh gagal, gimanapun yamaha harus tetap mempunyai pengganti mio j sebagai back bone, tapi melihat suksesi yang tidak berjalan sesuai skenario, maka bulab bulan berikutnya, dosis obat batuk akan lebih tinggi lagi.
    Bisa tewas bro kalo kebanyakan minum obat batuk dosis tinggi.

    Ditunggu komen pencerdasan dari para piaraan trimomok yaitu tuyul alay momok dkk.

  101. wah kayae fitur injeksi bwt tipe lowend yamaha sptnya tidak terlalu disukai konsumen….. mending balik ke karbu aja dech… kayak bajaj tuh karbu tp lolos euro 3… atau pk jurus laen…. pokoke jgan terkesan mengekor.. itu ciri konsumen yamaha…

  102. yang apes jika AoV juga memiliki system monitoring pergerakan lawan yang canggih.
    pergerakan sekecil apapun terpantau dengan baik, dengan demikian bisa melakukan serangan seperlunya tanpa membuang banyak amunisi.

  103. Mantaunya tidak perlu repot2 kok khan sudah ada Bro Mario dari Yamaha Jatim yang berkicau kicau dimana-mana.

  104. @joko, keberhasilan yamaha “menggoyang” honda lebih karena pada saat itu yamaha udah melenggang duluan sebagai pabrikan jepang pertama yang memasarkan matik di indonesia yang ternyata sukses di pasaran dan direspon positif oleh konsumen sehingga menancapkan image yamaha pelopor matik, ditambah lagi keluarnya motor yang dipandang memiliki value yang tinggi di segmen sport, plus honda yang terlihat adem ayem aja lebih banyak melakukan facelift pada produk-produknya. Motogp hanya memberi pengaruh sangat kecil bahkan hampir tidak ada, toh pada tahun2 yamaha berturut-turut menjuarainya market share honda tetap teratas. Jadi sebenarnya kesuksesan yamaha saat itu bisa menempel ketat penjualan honda karena mereka jeli membaca selera pasar dan mengeluarkan produk yang bisa memenuhi ekspektasi konsumen. Gampangnya deh, seandainya yamaha gak pernah ngeluarin mio atau vixion, apa bisa pada saat itu menempel ketat penjalan honda?

  105. @ Joe Black
    Ya terserah kalau menurutmu moto gp pengaruhnya kecil. Tapi kalau menurutku sih sangat besar. Sebesar ongkos pasang tulisan “semakin di depan” dan “satu hati”. Lihat saja kawasaki, pernah bebeknya sangat murah dan termasuk bagus (zone 125, murah banget lho), tapi penjualannya malah meredup.

  106. Bakul Motor Bekas

    @Joko & Joe
    oke studi kasus aja dech, kalau kawasaki nempel iklan gede2 di moto GP, lantas juara dunia moto GP itu Kawasaki, apa bisa zone 125 atau blitz apalah penjualannya moncer ngalahin Yamaha dan Honda?

  107. @Joko
    Stoner selalu pakai mini race waktu latihan, nggak pernah simulasi jumlah putaran secara keseluruhan. Akibatnya arm pump muncul bukan waktu latihan, malah waktu lomba. Dia butuh lebih banyak latihan. Kalau Pedrosa tahun ini sudah mending, berani fight. Tapi dia belum cukup percaya diri utk menang, padahal punya kemampuan utk menang. Paling bagus justru Lorenzo, semangat juangnya tinggi dan sangat pintar mengatur ritme balap.
    —————————————————
    bagaimana mungkin ente bisa mengeneralisir seperti itu sementara race br saja dimuali….cckckckck….. kita semua jg tau dan nonton secara live kemenangan Lorenso itu sebab akibat dr permasalahn ditangan kana stoner….. keliatan banget ditiap tikungan motor stoner bergetar………
    saya koq lebih ngeh pedapat anda ini kalo diutarakan race sdh berjalan setengah…kalo skrg mah….sorry anda telan sendiri saja komen anda…..

  108. Moto GP mah gak ada efekna sama penjualan motor, kalaupun ada juga serempet dikit-dikit aja untuk pemerhati lumba motor balap.

  109. @ Bakul Motor Bekas
    Kalau ngalahin nggak, tapi bisa dipastikan jualan akan meningkat.

    @ kentut
    Justru masalah terlihat di awal musim lebih baik drpd di akhir musim, soalnya makin banyak waktu utk perbaiki masalah itu. Tuh, Stoner lagi latihan pakai sepeda gunung biar lengannya lebih kuat. Pedrosa sendiri mengaku kaget bisa nomor dua. Coba deh baca di motogp.com atau crash.net. Paling tidak kesimpulan saat ini sesuai dgn keadaan saat ini. Kalau besok keadaan berubah, ya wajar. Toh kita bukan peramal.

  110. Kucing Garong

    @Joko
    ningkat iya, tapi tipissss tipisssss

  111. Buat yg nggak percaya kalau moto gp bisa meningkatkan penjualan, mungkin bisa pertimbangkan fakta ini :

    1. Biaya pasang stiker “semakin di depan” dan “satu hati”. Buat apa bayar mahal kalau nggak pengaruh.

    2. Varian blade paling laris, justru blade edisi repsol.

    3. Tren grafik penjualan pabrikan yg sedang menang di moto gp.

    Aku sendiri kalau beli nggak mikir siapa juara moto gp. Lucu memang, tapi itulah pasar Indonesia.

  112. 1. perlu dipikirkan lagi apakah cara ini efektif
    2. varian paling laris repsol, karena blade diposisioningkan bebek sport, lah corak sport ya blade repsol itu, sesuai dengan mind set target market. kalau vario dikasih varian repsol apakah selaku itu?
    3. tidak nyambung. “jadi bingung”
    matur nuwun mas Joko.

  113. @Joko
    point 1 menurut saya lebih kepada faktor “gengsi”, dimana pabrikan sekelas AOV masak gak berani kaya Rambo..atau mungkin dari jepangnya sendiri ada kebijakan ke arah itu. Toh 2004-2006 gak ada tuh stiker2 tersebut di ajang balap dunia. Baru 2010 mulai ada stiker tsb kan? (CMIIW)

  114. SANGAT SETUJU DENGAN Bro sa469

  115. @ sa469 & Kamen Rider

    1. Dan lucunya, banyak lho orang beli motor krn faktor gengsi. Ingat nggak, kalau ada iklan jupiter ngomong kalau pakai teknologi balap? Padahal selain jumlah roda dan merk, persamaan lain nggak ada. Ada rasa bangga bagi orang yg beli motor yg sedang juara, merasa bahwa krn merknya sama, dia sama2 juara. Tulisan itu hanya penegasan faktor gengsi tadi. Btw, stiker merk motor sudah ada sejak pertama, tp krn Indonesia sudah mjd tempat utama peperangan H & Y di dunia, maka tulisan itu muncul.

    2. Blade sbg bebek sport, dgn mesin yg sama persis dgn revo fit? “Sport” dlm kasus blade adalah sport gengsi, salah satu tujuan dari moto gp. Satria dua tak dulu pernah di jual dgn livery moto gp, demikian juga jupiter series, sayang harganya kemahalan.

    3. Jangan dianggap kalau nomor satu di balap berarti nomor satu di penjualan. Tapi nomor satu di balap, membantu menaikkan penjualan. Selain riset, tujuan moto gp itu utk promosi, dan tujuan promosi, ujung2nya ke penjualan.

  116. Jupiter laku bukan karena ada livery atau iklan di moto GP, tapi karena ketangguhannya terbukti di pasar senggol Bro.

  117. @Joko
    Betul….
    Tapi liat faktanya…kapan Y masang tagline tsb di GP? Apakah di tahun tsb naik/stagnan/turun?? Justru meroketnya Y pada masa sebelum tagline tsb dipasang. ini salah satu artikel dari warung sebelah http://edorusyanto.wordpress.com/2012/04/18/berebut-kue-motor-jawa/

    saya quote
    ===
    ” Honda mencatat lonjakan pangsa pasar, mengingat pada triwulan pertama 2011, sekitar 53,24% dengan volume hampir 566 ribu unit. Apalagi jika dibandingkan dengan triwulan pertama 2010 yang baru 47,33%.
    Jejak Honda tak bisa diikuti begitu saja oleh kompetitor utama, Yamaha. Pemain nomor dua terbesar di Indonesia tersebut, justeru harus mencatat penurunan pangsa pasar. Dalam rentang tiga tahun terakhir, merosot dari 46,29% menjadi 40,68%, hingga akhirnya pada 2012 menjadi 32,33%.”
    =====
    Kalau iya faktor tagline berpengaruh besar, apa iya dalam 1 triwulan penjualan H tiba2 saja naik pesat ( H pasang di akhir 2010), Terus kenapa Y malah merosot jauh??Toh sama2 pasang tagline juga, malah itu di motor yang pake nomor 1 lho…atau karena Y jarang juara lagi selama periode itu??

    Untuk yang point 2, dari komen bro joko…
    ” Satria dua tak dulu pernah di jual dgn livery moto gp, demikian juga jupiter series, sayang harganya kemahalan.”
    Kalau menurut bro, faktor gengsi atau harga (value??) yang lebih bermain disini??

  118. ikut-ikut
    “Untuk yang point 2, dari komen bro joko…
    ” Satria dua tak dulu pernah di jual dgn livery moto gp, demikian juga jupiter series, sayang harganya kemahalan.”
    Kalau menurut bro, faktor gengsi atau harga (value??) yang lebih bermain disini??”

    iki seng paling manteb Pak Dhe. Aku melu wae.

  119. @ sa469
    Lorenzo walau pakai nomer satu memang jarang menang kan?
    Tentu saja gengsi dan value jalan bersamaan. Sewaktu ducati juara, tetep saja penjualannya kurang, krn tdk terjangkau. Sebaliknya bebek kawasaki, walau valuenya bagus, tapi nggak ada gengsinya, penjualannya tetap tiarap. Jadi ketika harga masih terjangkau, maka gengsi mulai pengaruh. Jadi dua faktor itu tetap saja bermain, tidak bisa dipilih salah satu terus menghilangkan faktor lain.

    Kalau bicara soal pemasaran, faktor teknis (value) baru sebagian cerita. Sebagian yg lain adalah faktor non teknis (gengsi).

  120. Lagian jangan terlalu sempit ke masalah tagline, krn merk saja sebenarnya sama tujuannya dengan tagline. Tagline itu hanya menjelaskan kalau perangnya secara khusus terjadi di Indonesia.

  121. @megah putra makmur

    wah itu tentu rahasia dapur masing-masing saya hanya sebagai komunitas Yamaha-Friends yg dekat tentu tidak tahu banyak dibandingkan top level atpm..jadi salah kalo anda bilang saya rambo dan minta pendapat saya xixixixi

  122. breaking news

    @megah putra makmur,

    Mario hanya untuk kelas bawah khusus bc honda dgn banyak klonengan, yg sering komen konsumsi bbm 73, ngibul, bintang ketjil itulah kerja mario.

  123. @Joko
    ” Kalau bicara soal pemasaran, faktor teknis (value) baru sebagian cerita. Sebagian yg lain adalah faktor non teknis (gengsi).”
    Saya sependapat bro, cuma ya itu…faktor gengsi ini baru sebagian (*kecil)…Kalau segment nya di kelas panigale,fireblade baru faktor gengsi tsb menjadi senjata utama. Nah kalau saya lihat, khususnya untuk Y, mereka bisa laku bukan karena mereka menang di GP semata (gengsi??)…namun karena mereka memang memberikan value yang lebih baik dari kompetitor (saat itu), terutama di segment entry level (cash cow machine??) plus strategi pemasaran yang cantik. Nah…faktor gengsi tsb “baru” dimunculkan pada 2010 kan? Dimana tagline (bukan merk lho yah) semakin diekspose, figur Rossi semakin banyak dipake untuk mendongkrak image jupiter, belum lagi di tandemkan sama JL. Kalau memang “asumsi” faktor gengsi tsb benar,,apa yang terjadi di akhir 2010??
    Penjualan H memang baru terlihat “laju” mulai 2011,,,namun seperti yang sudah diulas di warung ini…bahwa itu bukan hasil instant…namun dengan perencanaan matang di tahun2 sebelumnya. Pas banget dengan momentum kemenangan mereka di arena GP, sehingga terlihat “seolah-olah” faktor gengsi tsb sangat berpengaruh. Nah…mumpung lagi jaya..dipakailah sekalian “image” dan “gengsi” tsb untuk lebih mendukung penjualan H. IMHO,,tanpa nonjolin oneHeart trus majang trio repsol pake baliho besar, tetap saja bebek dan matik H lebih laku dari Y.

  124. Masalah Tagline itu…saya rasa bukan karena “perang”nya terjadi di Indonesia…namun lebih kepada siapa yang punya dana lebih untuk menyelamatkan Y. Nah,,dimana lagi Y meraup keuntungan penjualan tertinggi?? Kemudian kenapa kok pasang tagline, toh sama2 Y juga??Lah ini masalah sponsorship, dimana sudah ngucurin uang masak gak ada logo/tagline/foto atau apalah bentuknya. Kalau cuma nempelin Y (merk),, dimana tanda yang spesifik mengarah ke Y Indonesia??

  125. Yah, Yamaha Indonesia di”paksa” sponsorin MOTOGP karena keuntungannya pada waktu itu yang paling baik. Yamaha negara lain dah keok termasuk pusatnya. dari pada uangnya tidak kelihatan dari kontribusi Yamaha Indonesia, kasih aja tulisan SEMAKIN DI DEPAN yang jelas jelas bahasa indonesia. gitu kok repot.

  126. Saat saya melihat film AOV, maka artikel diatas sudah sangat SEMPURNA menyampaikan maksudnya dengan sangat jelas.

    Thanks to Bro Komeng, saya akhirnya menonton film tersebut. hampir saja terlewatkan dari perhatian saya. untung saja akhirnya saya menonton film inspiratif tersebut berkat artikel ini.

  127. geli kalo inget!!!
    apa tes top speed yg di copotin kabel spido meter nya adalah strategi cerdas? sori bray, hanya orang culas aja yg pakai cara gini.

  128. Very well written article. It will be useful to anyone who employess it, as well as me. Keep doing what you are doing – i will definitely read more posts.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s