Kawasaki bisa Terancam lho!!!

Di artikel Gue yang lalu, mengenai Potential Value di Sport Category, https://mygoldmachine.wordpress.com/2013/04/28/astaga-potential-value-di-sport-category-untuk-5-pabrikan-motor-indonesia/

ada seorang pengunjung yang berkomentar….

======================================================

SAS | May 1, 2013 at 6:08 pm | |

ehmmm

Mheeem.. Kalau lihat dan menganalisa dari grafik saji riset di atas….Kawasaki dalam kondisi BAHAYA….benar-benar BAHAYA.

=======================================================

Ya betul sekali…..

Karena itu Gue angkat sebagai artikel kali ini. sebelumnya mari kita lihat sekali lagi grafik hasil research mengenai BVIP dan SIIP berikut.

Research for Indonesian Motorcycle 2013 Q1

Brand Value Indicator Research

Grafik BVIP ini jika dipadu dengan Grafik SIIP maka akan sangat penting bagi analisis untuk men-forecast kondisi potensi market bagi brand yang bersangkutan, bahkan sekaligus treat-nya dimasa yang akan datang.

Dengan Info BVIP & SIIP diatas, secuil tambahan informasi di market akan sangat membantu untuk menyempurnakan analisis yang sedang dibangun di benak para ahli Marketing Forecast, Corporate Planning bahkan seorang Business Planning Director.

Nah kali ini dengan Analisa BVIP dan SIIP, kita akan coba menuangkannya bagi Brand Kawasaki.

Brand Kawasaki memiliki BVIP 28.2 point dengan share BV sebesar 12.4  . Disini Kawasaki memiliki potensi untuk mengembangkan Brandnya…terlihat Kawasaki berada diurutan ke 3, bahkan memiliki BVIP hampir 2x lipat diatas Suzuki yang berada diurutan ke 4. Padahal Kawasaki nyaris hanya jualan motor Sport Hi-End kalau tidak mau dibilang bebeknya kagak laku…

march

Memang jika dibanding dengan 2 Penguasa MS tertinggi, BVIP Kawasaki bukanlah apa-apa. Yamaha, apalagi Honda memiliki BVIP yang jauh diatasnya.

Akan tetapi jika kita melihat presepsi masyarakat terhadap Sport Image dalam Brand-Brand tersebut. Kawasaki memiliki SIIP tertinggi dengan 97.5point menguasai share sebesar 31.2. Bahkan nama Ninja sebagai subbrandnya memiliki SIIP urutan ke2 dibenak konsumen Indonesia, yaitu sebesar 91.3point. Jauh diatas Image Sport pada Yamaha yang hanya 60.3point apalagi Honda yang cuma 35.6point.

Artinya kalau masyarakat ditanya merk motor apa yang kencang, berkesan racing, atau memiliki image sport ya….pilihan itu jelas merk Kawasaki yang memiliki tempat tertinggi, kedua “Ninja” ketiga baru Yamaha, Honda dst….

Atau jika seseorang menyukai kecepatan tinggi, suka hal berbau racing, motor IMPIAN bisa sangat mungkin jatuh pada Brand ini. (penting: bukan motor yang dibeli, karena sangat berpengaruh terhadap banyak hal lain, Value merk, model dan terutama masalah harga dan ekonomi faktor yang lain)

Hara International Indonesia

Nah Ancaman bisa terjadi jika Brand lain yang memiliki BVIP jauh lebih tinggi (secara mutlak) secara tiba-tiba memperbaiki image sportnya (racing, kecepatan, racing graphic, engine performance, dll…) sehingga akan menaikkan SIIP brand tersebut untuk bersaing dengan brand Kawasaki.

Baca juga artikel ini sebagai info tambahan: https://mygoldmachine.wordpress.com/2013/04/30/yamaha-siap-dengan-motor-sport-cc-besar/

Nah bagaimana jika Yamaha kemudian diikuti oleh Honda juga mulai masuk ke pasar Sport Hi-End (250cc premium – Moge CC besar) ?

Yamaha dan Honda memiliki BVIP yang jauh diatas Kawasaki….ini menunjukkan Value Brand yang sudah mantap. Baik secara awareness, image, loyalty, dst…. Sehingga disini Kawasaki harus berjuang menaikkan Brand Valuenya secara cepat berpacu melawan waktu.

Terancam ….Ya

Bahaya…..Ya

Bagaimana cara mengatasinya???

Nantikan di episode selanjutnya di Mind Genesis

Uhuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuy!!!

17 responses to “Kawasaki bisa Terancam lho!!!

  1. Pingback: Strategy Kawasaki; langkah yang seharusnya ditempuh untuk mengatasi serangan Sport MOGE Yamaha atau Honda di kemudian hari | Mind Genesis

  2. di gencet 2 pabrikan😀

  3. absen

  4. cen mind genesis tenan

  5. harus dibaca beberapa kali nih biar paham🙂

  6. kawasaki harus membiasakan diri untuk bertarung di segmen yang sama, karena lambat laun segmen yang enak buat main sendiri akan habis.

  7. soale yamaha honda sudah punya modal brand value yg tinggi dibanding kawasaki.. jd ngga sulit lah klo cm melengserkan kawasaki dikelas sport.

  8. Brand value (BV) Honda & Yamaha memang menjadi ancaman buat Kawasaki, namun perlu dilihat BV disini adalah dari seluruh produk dari mulai bebek – sport. Apabila di antara pabrikan Honda & Yamaha berhasil meningkatkan Sport Image Indicator-nya, maka Kawasaki akan runyam.

    Kita melihat strategi sport products dari Honda, menggunakan 1 platform mesin untuk 3 produk (CBR, CB, atau CB-X) dari yang 500cc sd 400cc, pertanyaannya adalah produk siapa yg menjadi sasarannya? Kalau untuk pasar Eropa tentu Kawasaki Er-6N dan Ninja 650F. Produk Honda tersebut merupakan produk “value for money” yg diharapkan bisa kuat dengan “Brand Value” yg dimiliki

    Apa yg telah dilakukan Kawasaki, untuk berjaga2 adalah dengan meluncurkan Kawsaki Rouser (Pulsar 200NS), ini pertahanan lapis pertama untuk mengadang serbuan awal, entah itu Yamaha R15, YZF250R4, VTR250 atau new CBR dll. Di level 250cc ini nantinya apabila Yamaha & Honda benar2 meluncurkan produk 250cc, (diharapkan) Kawasaki akan mengeluarkan Ninja 250 (4 cylinders) sebagai pertahanan lapis kedua, karena dari sebelumnya Kawasaki merupakan first mover di kategori ini, sehingga inovasi menjadi kunci. Namun apabila Yamaha & Honda mendahului dengan 250cc (4 cylinder) & harga msh reasonable, maka Kawasaki akan kehilangan sport image secara drastis ditambah kekuatan Brand Value dr Yamaha & Honda

    Di pasar moge, menilik strategi Honda global adalah localize. Apabila Honda benar2 memasukkan CBR,CB & CB-X series (400cc atau 500cc), sebenarnya produk Kawasaki yg ditarget adalah Kawasaki ER & Ninja 650, dengan 2 varian 400cc & 500cc dari CBR, CB dan CB-X. AHM kemungkinan besar tidak akan memasukkan 2 kapsitas mesin ini bersamaan. Apabila Honda serius akan menghantam, maka strategi yg hrs dilakukan adalah melakukan perakitan di Indonesia. Tapi hal tersebut sepertinya belum masuk ke strategi jangka pendek.

    Yang paling siap disini adalah Kawasaki Indonesia, karena perakitan big displacement yg tadinya ada di Thailand, akan secara bertahap akan dibagi dengan Indonesia. Pasar sport premium 200cc – moge akan menjadi medan persaingan yg seru di berbagai rentang harga. Persaingan yg akan terjadi di rentang harga 20jt-an (Kawasaki Rouser, NVL, CB150); 40-50jt (Ninja250R, CBR250, Honda VTR, Honda CB250 (Tiger), Suzuki Inazuma, Yamaha YZF250 etc); 50-60jt (Kawasaki ZX250R, Honda ?, Yamaha ?); 100-150jt (Kawasaki Z800, Kawasaki ER6n, Kawasaki Ninja 650, Versys, Honda CBR 500, Honda CB500, Honda CB500X etc); serta di atas 200jt (Kawasaki ZX636, ZX14 Yamaha R6, Yamaha R1, T-Max, V-Max etc)

    Tahun 2014 akan semakin panas pemirsa – GloCal (Global goes Local)

  9. gmana nasib kawasaki jikalau yamaha dan honda sama2 melokalkan sport streetracingnya? sehingga harga dpt ditekan jauh dibawah kawasaki?

  10. Jelas Kawasaki mesti nyari jalan ke luar, kalo tidak lewat “pintu” ya….lewat “jendela” ga apa2….yang penting singgasana sport tertinggi msh bisa dipegang. Pintu ya mana? dan jendela yang mana? akan dibahas oleh Bro komeng…monggo… 😀

  11. Sudah dibahas di artikel terbaru Bro Hadi….monggo…
    Uhuuuuuuuuuuuuuuy!!!

  12. he he he lugas banget bro . .. keep it up

  13. nambah wawasan tapi jadi bingung mo beli yg mana

  14. harus dibaca berulang2 baru paham..
    manteb bro artikelnya…

  15. kog tiba2 ber-password…
    jadi bingung…
    lama gak absen…
    berrooowww…
    mintaakkk top nya…
    ^_^

  16. halah paling kawak bentar lagi juga digilas… lha opo tumon kok malah main brand tetangga

    http://survei-motor.blogspot.com/2013/06/berapa-harga-paling-cocok-untuk-r15.html

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s