Mau naikan harga BBM kok ragu-ragu terus. IDE sederhana solusi kenaikan harga BBM from MG

Artikel Gue kali ini rada beda dikit, abis kesel juga dengan ke ragu-raguan dalam pengambilan kebijakan soal harga BBM.

Ketika ada isu atau rencana kenaikan harga BBM (premium), maka respon pasar adalah segera terjadi kenaikan harga dengan alasan penyesuaian harga. Nah sering terjadi isu dan isu dan isu dan rencana dan rencana dan ….. akan tetapi sikap ragu-ragu ini mengakibatkan harga pasar naik terus dan terus dan terus ….sedang kenaikan harga BBM (premium) yang hendak dilakukan untuk mengurangi subsidi dari pemerintah tetap NOL.

Disaat ekonomi Indonesia membaik, rencana kenaikan BBM (Premium) tidak segera diikuti oleh tindakan eksekusi nyata. Padahal saat itu (dulu red.) adalah saat yang tepat. Sayang memang….. Berhati-hati dengan kebijakan sangat baik, yang disayangkan keraguan terus menerus ini….

Saat ini dimana rencana yang terlalu sering muncul tadi dan isu dan isu dan isu telah membuat harga pasar kebutuhan pokok naik dan naik dan naik dan naik, inflansi naik tinggi, ekonomi masyarakat jadi sulit…eh ada rencana lagi kenaikan harga BBM (premium), ya kalau saat ini, disaat ekonomi sudah mulai tidak baik begini ya sudah terlanjur berat jika harus benar-benar terjadi.

Pakar ekonomi berkata, “tingkat inflansi Indonesia masih dikisaran 6% sekian…masih wajar dan kecil”. Jawab Gue, “Gundulmu!!!”. Iya memang 6%sekian…kalau dirata-rata dari semua sektor ekonomi. Sektor ekonomi yang besar dan seringkali tidak berhubungan dengan hajat hidup orang banyak memang tingkat inflansinya kecil antara 1%-3%  saja. Tapi di sektor ekonomi yang berhubungan dengan harga barang kebutuhan hidup, harga pasar, terjadi tingkat inflasi yang luar biasa tinggi, bisa 30%-70%. Gaji naik berapa persen coba?

Solusi yang diidekan mulai dari pembatasan dengan pemakaian Chip, mobil 1500cc ke atas non premium dan kendaraan pribadi harus petramax dan petramax plus telah menghadirkan solusi penuh masalah dengan menciptakan masalah baru. Misal saja trik-trik penimbunan cara baru yang lebih canggih, program mengakali chip, harga mobil 1500cc ke atas mengalami revisi harga pasar…tentunya semua ini akan menghadirkan masalah ekonomi yang baru dan dampak sosial yang besar di masyarakat.

Rencana terakhir dengan menaikkan Premium di angka 6500rupiah. Bayangkan revisi pasar dan gejolak ekonomi-sosial yang akan timbul di masyarakat!!! Pemberian subsidi uang bantuan tunai pada masyarakat yang menurut pemerintah adalah benar benar membutuhkan subsidi tersebut juga bukan solusi, justru menimbulkan masalah baru. Bayangkan jika bantuan uang tunai itu diterimakan 2 bulan sekali atau 4 bulan sekali, apa gak dibelikan HP baru coba? Uang cash money yang cukup besar bagi kelas bawah itu akan memberikan shock social climber. Paling yang agak pinter dikit dijadikan uang DP motor baru, setelah berjalan beberapa bulan kemudian motor bekas mulai banyak karena banyak yang rontok di angsuran. Ingat masyarakat kelas bawah kita bukan masyarakat yang terbiasa bijak memegang keuangan, kebiasaan konsumtif ini akan mengakibatkan dana yang sangat besar akan mengalir deras ke industri telekomunikasi, elektronik dan otomotif roda 2. Percayalah!!!

Masalah yang terlanjur mengakar dan rumit mendalam ini jangan diselesaikan dengan cara yang rumit-rumit, apalagi mencakup banyak masyarakat yang belum tentu mengerti dampak dan sistem yang rumit-rumit.

Just make it Simple Stupid!!!

Ide Gue begini, simpel aja.

Selama ini Bensin kita dipresepsikan murah karena selalu diacukan terhadap negara-negara lain dimana harga bensinnya memang lebih tinggi, tapi coba bandingkan juga RON berapakah itu? 🙂

Kita buat simple aja

Saat ini

Premium ron 88

Petramax ron 92

Petramax Plus ron 95

Jikalau Premium mau naik rp6500 boleh dan sah-sah aja, asal ron juga naik diangka ron 90 setuju??? mesin motor dan mobil modern rata-rata membutuhkan ron 91, jadi ron 90 cukup lah, yang mau mendapatkan BBM kualitas memadai harus rela meronggoh kocek pindah ke ron 92 dengan membeli petramax.

Sedang agar dampak sosial teredam untuk masyarakat yang membutuhkan, buat 1 jenis baru, misal econo ron 85, harga rp4000 aja lah. 🙂

Jika warna premium adalah kuning bening, kemudian petramax dan petramaxplus berwarna merah dan biru bening. Pertamina harus berani buat warna bensin econo ini berwarna coklat kehitam-hitaman. 🙂  toh teknologi itu ada dan memungkinkan.

Bagi yang ada uang dan jijik / tidak tega kendaraan pribadinya meneguk bensin econo yang berwarna coklat kehitaman dengan ron 85 ya pasti tetap beli premium di harga rp 6500.

Akan tetapi bagi masyarakat yang benar-benar membutuhkan bahan bakar agar kendaraannya yang sebagai kaki sehari-hari ini tetap pokoknya bisa menggelinding, dan umumnya mesin-mesin motor tua, ron 85 menjadi solusi di tengah keterpaksaan. Masalah warna coklat kehitaman bukan lagi kendala, asal dapur tetap ngebul. 🙂

Pembelian ditakar maksimal 2 liter per beli khusus bagi bensin econo, mau beli bolak balik silahkan asal tega pada motornya.

Kalau sudah begini yang punya kendaraan pribadi mobil mewah atau motor kesayangan pasti gak akan mau menegak econo, sudah warnanya menjijikan, mobil atau kendaraan mereka bisa mogok dan rusak jika dipaksakan di ron 85 terus. wk k k k k.

Gampang aja kok dibuat rumit…..

Kalau pom bensin belum siap nambah 1 selang lagi, sementara econo bisa pake drum minyak tanah jaman tempo dulu, di sedot pake pompa wk k k k k, solusi praktis dan murah kok. Ada campuran karat dikit ya hajar saja….lah wong solusi murah meriah….

Uhuuuuuuuuuuuuuuuuuuuy!!!

Advertisements

47 thoughts on “Mau naikan harga BBM kok ragu-ragu terus. IDE sederhana solusi kenaikan harga BBM from MG”

  1. tapi ada 1 hal yg bro komen lupa cantumkan, selain unsur ekonomi yg disebut di atas, coba cantumkan unsur POLITIK, bubar deh 😀

  2. solusinya, pertamina ya harus bikin kilang minyak baru, biar bisa swasembada minyak, malah bisa ekspor bukannya impor, punya potensi tambang kok malah dikasih investor asing, wes mbohlah???

  3. kalo menurut saya, di pemerintahan mungkin ada usulan kayak gini, tp ya itu kendalanya kalo ada pihak2 yg “berkepentingan” ya bubar

  4. Ane dulu kerja di industry migas di Indonesia & terpaksa harus pergi ke LN karena mencari kehidupan yg lebih baik bagi keluarga..

    Migas di Indonesia udah jelas semakin menurun potensi penemuan cadangan baru… Mungkin kudu dikembangkan potensi Geothermal kita karena setting geology busur kepulauan kita sendiri adalah volcanic arc. Sayang banget potensi panas bumi yg masih minimal penggunaanya…

  5. kalo menurutku kalo pemerintah mau naikin harga langsung aja naikin, ga usah publikasi beberapa minggu/bulan sebelumnya karena membuat spekulan menaikkan harga sebelum bbm naik. karena meskipun bbm akhirnya ga jadi naek, harga barang2 kebutuhan ga bakal turun lagi. tegaslah pak presiden, ga usah pencitraan melulu, tahun depan ga nyalon lagi kok.

  6. idenya ngawur!bensin impor kebayakan ron92!klo ide ku yg namanya subsidi/bantuan ya harusnya terbatas!motor kasih jatah sehari 1L,mobil angkutan barang/penumpang kasih 5L ,Premium dihapus,mobil tidak dapat!trus klo jatah subsidi nya habis silahkan beli sesuai dengan harga pasaran!subsidi dialihkan buat pendidikan dan pembangunan!lakukan operasi pasar barang sembako di tiap kelurahan !supaya jgn ada yg kelaparan kasih bantuan ketela pohon (jgn beras)dan sayuran!!!!

  7. Ada Ɣǟ perlu diingat ƄƦƠ̴̴̴̴̴̴͡”” komeng :
    Bahwa penentuan bbm jg dipengaruhi harga daging sapi eh salah maksutnya perpollitikan.
    Problemnya pemerintah ragu2 karna masalah ini.
    Tapi overall idenya ƄƦƠ̴̴̴̴̴̴͡”” komeng memang uhhhhhhuuuuuuuuuuuyyyyyyyyy

  8. menaikan harga premium dan kompensasi dengan bantuan langsung tunai adalah akal2an buat cari dana kampanye taun depan. yakin dana BLT nyampe ketangan yang katanya berhak? kalo saya mah 100% gak yakin, bakal banyak kebocoran dana yang bakal jadi bancakan partai2 yang setuju dengan langkah tersebut.

  9. itu masih kurang simple. dan teknik penjernihan sudah banyak yang tau.
    yg lebih simple lagi adalah kendaraan roda 4 dilarang minum premium/solar kecuali mobil angkutan umum/barang resmi (KIR).

    dengan demikian masyarakat bawah tidak tergangggu dan tidak ada barang naik dg alasan tranport.

    kebocoran sedikit pasti ada tinggal ditertibkan atau abaikan.

  10. lain kali pilih presiden yang tegas ….tampang boleh rinto tapi berani tegas ngambil keputusan yang tidak populis.

  11. Seharusnya anggota DPR dan MPR gaji dan tunjangan harus diturunin.
    Berapa duit rakyat untuk gaji plus tenjangan mereka untuk satu anggota saja.

  12. broo,ane pikir malah pemerintah kita saat ini lebih mementingkan pencitraan deh, coba aja ente lihat bro, pas saat perekonomian kita baik kan pas presiden kita baru menjabat yah, terus pemerintah nggak jadi menaikkan bbm alasannya yaa gara2 mrk masih butuh simpati masyarakat! kemudian saat ini juga, pas bbm masih ragu2 naik kan pas akhir masa jabatan juga kan… masalah paling utama sih ane rasa pemerintah nggak berani mengambil langkah nyata buat bener2 memperbaiki masalah ekonomi… toh masayarakat kita bukanlah masayarakat lemah! akan ada prgolakan memang tapi akan segera berlalu!

  13. Sebenarnya dulu ada usulan menarik utnuk membuat premix ron 90 seperti dulu dengan harga 6000. Namun alasan pertamina bermacam2 bro hingga usulan itu dimentahkan.

  14. Yang gak disadari sama masy. kan harga bbm itu juga ditentukan dari biaya pengiriman pake tanker yg sedari dulu dikuasai mafia aslinya mah harga premium dan pertamax itu beda tipis. Beda jauh karena subsidi. Gak usah susah2 bikin bensin warna baru malah nambah biaya lagi, kasih pelayanan pertamax dan non subsidi lebih baik dari premium (misalnya motor gak perlu antri), kurangi pasokan premium, hapus garansi mesin kalo pake premium, larang pabrikan bikin mobil dan motor baru yg bisa minum premium, bedakan nozzle dan corong pipa bensin di mobil-motor baru harusnya penggunaan premium bakal berkurang.

  15. Sedang agar dampak sosial teredam untuk masyarakat yang membutuhkan, buat 1 jenis baru, misal econo ron 85, harga rp4000 aja lah.
    —————————————————————
    kalau yang ini kayaknya susah bro Komeng,menurut Pertamina,kalau membuat varian baru BBM lagi,maka harga varian baru tersebut gak bakal bisa murah(mungkin dkisaran 5000an.Karena proses mesin dari Pertamina sendiri udah kewalahan melayani kuota BBM (untuk BBM Bersubsidi),sehingga Pertamina sendiri sampe import dari negara lain (yang d import bukan RON 88,tapi sudah ron 90 kata Pertamina sendiri lho).Itu kata mereka,entah faktanya Pertamina emang males,jadinya main import sembarangan,atau sebenarnya emang mereka mampu untuk menghasilkan varian baru.

    Kalau mengenai sistem chip saya lebih setuju,ditambah lagi tahun pembuatan mobilnya harus d atas tahun 2000 ke atas (kan dulu masih ada Kijang yang 1800cc dbawah tahun 2000,dan yang punya adalah orang yang ekonomi menengah kebawah).ya biar rakyat kelas seperti itu tetap bisa menikmati mobilnya.Dan harusnya yang punya mobil keluaran terbaru harusnya mampu beli Pertamax lho..jadi harus wajib pertamax,dan pihak pabrikan sendiri gak boleh menyesuaikan mesin agar bisa nenggak Premium lagi.

    Tapi ya semua itu tergantung Pemerintah,percuma aja rakyat menjerit sana sini,tapi kalau Pemerintah gak berpikir yang sama dengan rakyat,ya gak bakal terlaksana

  16. yang penting bbm-nya tetep ada, mahal dikit nggak apa2, kalo ada herga2 yg naik duluan, padahal nggak berhubungan langsung dengan kenaikan harga bbm, itu mah ulah tengkulak bermental serakah, krena petani (produsen) tetep aja miskin. Pemerintah perlu menetralisir ulah2 tengkulak2 bejad tersebut.
    titip mas : http://motogokil.wordpress.com/2013/06/19/nyok-ngobrolin-mesin-nilai-oktan-ron-knocking-multi-spark-menggali-keunggulan-teknologi-pengapian-bajaj-pulsar/

  17. Potong gaji PNS aja agar APBN lebih sehat, masak kerjanya cuma nunggu jam pulang, nunggu hari sabtu, sama nunggu gajian?

  18. Kenaikan harga BBM memang berat bagi rakyat. Semoga hal itu juga menadi pelajaran berharga Pemerintah RI untuk lebih fokus penggunaan sarana transportasi masal.
    Semoga para elt politik akan insyaf 🙂

  19. Bensin naik 2000perak dari 4500, hampir 50%, tapi barang-barang dah naik banyak lebih dari 30% berkali-kali totalnya lebih dari 250%. Uang 100ribu perak sudah tidak lagi berarti

  20. pemerintah gak mau ribet…kalo gak mau ribet ngurusin rakyat harusnya yo gak usah mimpoin yo….bisa aja subsidi di minyak ….kalo pintar mending di bebani nya ya ke barang mewah kayak motor ma mobil sekalian harga elektronik di pajakin dua kali lipat….toh kalo di itung bisa nutupin tuh pajak jadi subsidi salah sasaran…yo semua warga negara mau miskin mau kaya ya punya hak kok buat disubsidi ….tinggal yang barang konsumis yang sering orang kaya nikmatin itu yang di naikan pajaknya

  21. bbm udah naik kang mas, yang naik biarlah naik, toh harga kenaikan bbm kita masukkan lagi dalam kenaikan harga jual produk, tidak masalah, bisnis jalan terus.
    Yang mau ikutan bisnis, cari untung buka aja lapak aku
    http://www.rak-toko.com
    dijamin untung dan bisnis anda menghasilkan uang, tidak perlu ribut bbm naik atau turun, keuntungan masuk terus.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s