Honda juga makan Toyota loh.

Eit…ini bukan Honda AHM roda 2  yang gue maksud. Tapi Honda Mobil.

Saat ini dengan makin up datenya model model Honda yang terbaru, dan mulai seriusnya Honda masuk di portofolio lini produk low end dan medium end bikin ketar ketir Toyota loh.  Kegalauan Toyota ini bukan tanpa alasan, market share Toyota turun terus dari tahun ke tahun belakangan ini. Hampir semua lini product yang dimiliki Toyota, Honda juga perlahan lahan mulai masuk dengan produk produk terbarunya. Terutama di low segment yang mampu merebut market size cukup besar.

Apa sih value advantages produk produk honda low end sehingga mampu mengguncang supremacy Toyota, walau saat inipun Toyota masih tetap nomer satu sebagai market leader dalam market share. Pertanyaan ini bikin gusar banyak pemerhati otomotif roda 4 .

Pertama market behavior, market behavior konsumen low end (kelas mobil loh ya) sebagian mulai bergeser dan ternoda dengan gaya hidup hedonis yang mengagungkan merk yang branded.
Bukan sekedar brand tapi branded. Dimana mereka pilih barang yang diinginkan karena passion dengan banyak memaksa kantong walau sebenarnya diatas kemampuan gaya hidup mereka. Jadi Brand begitu penting menunjukkan siapa gue, ini merk yang gue pakai loh.

Kedua, market mulai peka model desain dan life style karena tuntutan gaya hidup. Desain yang berkelas menjadi tuntutan dan kebutuhan.

Ketiga, market mulai meninggalkan pola pikir ekonomis setelah pembelian suatu produk. Nilai ekonomi spare part dan harga jual kembali mulai turun dari peringkat atas ke tengah dalam aspek aspek penting pembelian mobil. Tendency ini dapat terlihat oleh beberapa pengamatan berikut; beres alias bengkel resmi mulai rame dan jadi pilihan. Spare part ori mulai jadi pilihan. Mulai naiknya penjualan mobil mobil uncommon yg biasanya harga jualnya anjlok.

Keempat, trend dan lifecycle umur produk semakin pendek secara desain. Dimana tuntutan desain terbaru dan modern sebagai fashion menjadi makin penting. Tendency ini dapat dilihat dalam pengamatan umur penggantian mobil baru sekitar rata rata 2-3 tahun saja di Indonesia. Bosan jual ganti Baru.

Kelima Honda memiliki brand yang branded, berkelas dan eksklusive

Keenam desain mobil honda cukup modern dan ekslusive walaupun type low end macam brio satya sekalipun.

Ketujuh Harga mobil low end Honda saat ini cukup terjangkau atau bahkan murah dibandingkan value brand dan kompetitornya.

Maka tidak heran apabila Brio, Mobilio telah menyodok angka penjualan yang tinggi. Pastinya HRV juga akan begitu dengan desainnya yang Uhuuuuuuuuuy banget dan bikin Gue ngiler wk k k k.

Sedang CRV, Freed, Civic tetap mengukuhkan posisinya masing masing dan memberikan keseimbangan antara image building dan market quantities sebagai sumber cash flow yang rigid. Type atas seperti Accord, Odyssey masih boleh memiliki kelas tersendiri yang membentuk image Siapakah Honda itu. (Di Indonesia)

Kedepannya Honda juga patut memperhitungkan Flagship product sebagai leverage imagenya.

Uhuuuuuuy dulu ah.

Makin lama makin Uhuuuuuuuuuuuuuy!!!

21 responses to “Honda juga makan Toyota loh.

  1. penganguran wahid

    tapi menurut petinggi honda mobil ..penjualannya tahun ini belum sesuai ekspektasi mereka ..masih banyak yang turun walaupun secara total naik.

    toyota dan daihatsu skrg spt AHM jaman dulu ….modelnya itu2 aja dan untungnya besar …saking besarnya tuh untung bisa di pakai untuk aksesoris dan amunisi sales diskon….tapi tahun depan mereka bergerak agresif ..sementara tahn ini facelift2 aja ..kita lihat gimana inova baru di semester 2

  2. tapi kenapa kompetitor totyota itu tdk pernah buat design yg head-to head?

    toyota selalu buat design mobil itu atap tinggi, ground clreace tinggi, bisa muat banyak.

    sehingga bentuknya keliatan gagah dan elegan, macam rush/fortunuer , alphard,

    masuk mobil juga kepala ndak perlu nunduk

    sedangkan honda contohnya, desing dah mulai oke, tapi ceper, jadi gagahnya kurang.

    nah karena konsumen mareh mayoritas msh memerlukan mobil yg serba guna, maka toyota laris manis

  3. honda mobil model ny keren2…

  4. konsumen honda mobil kebanyeken kebalikan dgn honda motor.

    honda mobil konsumennya kalangan anak muda yg dah mapan,

    ngak mikirin mobil muta banyak, bisa naek gunung

  5. produk honda mobil, sptnya menuju segmentasi yg sama, kaya ymh motor lah.

    saling mengkanibal, karena konsumennya itu.

    jazz, fredd, mobilio, hrv itu sptnya satu segment.

    crv, itu klas lebih tinggilah.

    kalu produk toyota jelas segmentnya, kaya honda motor

    avanza kelas murah, mau naek kelas ke innova, naek kelas lagi ke noah, naek kelas lagi ke alphard.

    rush ke fortuner ke harrier,

    produknya menyasar segmentasi yg beda-beda , tdk saling makan

  6. kalau d roda4 saya melihatnya sih Toyota sedang terdesak. mau bkin new model memang bisa, tapi mau dipasang harga berapa?? kompetitor sekarang juga sedang nyerang dg cara new model dengan harga dbawah Toyota. Namun Toyota punya senjata khas dari dulu smpe sekarang,yaitu ada pada jaringan service yang memang terbaik, serta image masyarakat yg baik juga. mengandalkan image pun belum tentu sukses, tapi kalau masalah jaringan service ini yg bkin pedang bermata 2. dsatu sisi masyarakat merasa nyaman, dsatu sisi membuat harga mobil makin mahal (mana ada pengembangan jaringan service tanpa biaya??)

    yaa sangat wajar bila masyarakat menilai modelnya Toyota terkesan kurang update, ya karena tadi itu, mau bkin new model, tapi harganya sama bahkan mgkn turun, kayaknya susah banget, sekarang saja Avanza (contoh), harganya paling tinggi d antara produk pesaing lainnya, dbkin new model yang lebih bagus pun harga pasti naik, lalu apakah menjamin avanza bs lebih laku dari produk kompetitor?? apalagi kelas Avanza merupakan kelas yang sangat sensitif soal harga.

  7. toyota yang justru digawangi astra di r4 kebalikan dengan honda di r2 segmentasinya mirip..tiap segmen ada penjenjangannya…diatas A ada B trus ada C dan mereka punya 3S yang sudah menjamur dan reputasi sparepart gampang..menurut gw sebentar lagi mereka akan bounce back …honda di sisi lain sangat mirip dengan yamaha..tiap segmen keliatan malah saling makan…freed makin ga laku kemakan mobilio, jazz yang makin mahal dimakan oleh brio yang secara akomodasi jelek banget terutama di bagasi..itu yang bikin keluarga kecil masih lebih milih duo agya ayla dibanding brio satya..untung ada HRV yang bisa membantu segmen CUV yang dulu ditinggali CRV tapi sekarang makin mahal dan sekarang honda makin kehilangan soul mesin jadulnya yang disenangi fans fanatiknya yang dulu kalo habis honda ya beli honda lagi..ada kuda hitam kek kawasaki r2 dalam r4 yaitu mazda..produk mereka walau keliatan mahal tapi punya package yang bagus, gengsi tinggi, desain baik dan mesin+handling yang disukai oleh driving enthusiast…
    oya ada tambahan , cara jualan (warna A harganya segini..kalo mau warna lain lu tambah 5 juta dan sistem servis dengan paket yang mesti nambah 2,5 jutaan di suatu model …yang kalo dipikir2 nambahin harga 7 juta per model) plus honda juga main upgrade model gapake lama..freed kompor, mobilio prestige yang ga sampe berapa bulannya nongol mobilio RS..brio CBU yang ga berapa lama kemudian nongol brio CKD dan selanjutnya suda nongol kode HRV RS …gimana ga sakit hati pembeli model top of the line jika ga berapa lama nongol model yang lebih tinggi..

  8. @ subaru,

    betul om, temen sekantor dulu fanatik honda, sekarang pindak merk,

    katanya kualitasnya tambah jelek, tapi tambah mahal interior juga

  9. makan hanya sementara..
    habis itu dimakan balik kah?

  10. Akeh wong astrane di sini, jadi pada berang bela Toyota. Aku loh wes pindah ke Honda, dulu avanza dan yaris, dijuwal kabeh beli mobilio dan brio modelnya jauh lebih keren harga masuk. Baru aja beli HRV. Keren bok.

  11. Emang keren mobilnya…mas komeng…

  12. Motor Batangan

    Semua merek mobil makin kesini kualitasnya makin berkurang kalo dibanding sama yang dulu.

    Toyota, menurut gue amat overpriced. Gue amat kaget pas pertama liat rav4 tipe baru yang di iims akhir tahun lalu baru diperkenalkan aja belum dirilis, pas masuk yaaampuuunn itu interioorrr.. jeleeeekkkkkk!
    Dashboard kaya dashboard angkot, amat murahan keliatannya. Padahal seenggaknya menurut gue rav4 akan head to head dengan CRV harusnya. Pun masih ada CX5 dan xtrail disitu, tapi rav4 bener bener menyedihkan, cheap banget terasanya. Pun produk lain semisal rush yang kaleng banget terasanya pas dibawa. Diantara semua produknya, gue menilai yaris lama masih termasuk yang menawarkan value baik dikelasnya, gak kaleng banget lah. Tapi kalo dah avanza, rush, dan pas liat rav4, kayanya dengan harga segitu kemahalan dibanding value yang ditawarkan.

    Di sisi lain, merek lain semisal H r4 bisa menawarkan harga yg bersaing dengan kualitas lebih baik di beberapa sisi termasuk kualitas. H r4 bisa mengemas produk sehingga gak terasa amat murahan lah seenggaknya, walau masih ada kekurangannya juga, misal jazz yg tidak mampu meredam noise dari luar pas dibawa kenceng.
    Tapi H r4 sama sama jeli dalam melihat kebutuhan konsumen, imo. Contohnya ada di fitur tempat duduk jazz yg bisa direbahkan semua hingga ruangan jadi amat lapang, ini sejalan dengan selera konsumen Indo yang ingin mobil bisa muat banyak, walau mobil kecil. Mungkin memang sudah filosofi dari H sananyanya di pusat, sehingga gak di r2 atau r4 filosofinya sama.

    Efeknya, H bisa menggerogoti pasar T, karena pada mobil H, value yang bersinggungan langsung dengan konsumen terasa lebih baik namun harga bersaing. Apalagi konsumen r4 menurut gue overall lebih smart dari konsumen r2. Orang lama lama akan belajar mana yg overpriced mana yang reasonable. Dan dari dulu image H diatas T, saat orang melihat harganya bisa bersaing, mereka akan merasa bisa mendapat prestige lebih tinggi dengan harga yang sama, why not Honda then?
    Walau gue gak suka cara jualan H yang nambah anu nambah duit nambah itu nambah sekian, ribet.

  13. Hanyuuuk keren abis HRV ini, asem tenan jadi mupeng pingin nich mobil keren satu ini gara gara liat video iklan di atas. Aseeem tenan. Besok meluncur ke deler Honda ah. Persetan dgn Toyota…yang ini keren banget Honda.

  14. para petinggi toyota juga sadar kok kalo kemakan, uda sempat aku tulis nie http://mariodevan.com/2015/01/30/market-info-toyota-versus-honda-toyota-patut-berhati-hati/ tpi dibahas lebih gamblang sama mindgenesis, tiap peluncuran produk baru share toyota mulai turun dan Honda naik, ini fakta yang gak terbantahkan!!

    tapi memang Avanza akan sangat mustahil ditumbangkan, karena karakter mobil itu sendiri, avanza bukan hanya masuk ke konsumen biasa, tapi juga sudah masuk sebagai kendaraan niaga (mobil rental, travel, bahkan di sulawesi dijadikan taksi), maupun mobil operasional, market yang susah diambil kompetitornya. penggerak roda belakang, ground clearence tinggi, after sales jempolan, sparparts murah, value avanza yang sangat kuat di segment mobil penumpang.

    Mobilio justru banyak mengambil market ertiga yang semakin jeblok, dan Livina yang sekarang lenyap gak tau kemana.

  15. Motor Batangan

    Mobil sejuta umat itu juga dijadiin sarana buat eksekusi loh.. hehe.

    Yak itu RWD gak ada lawan.
    Sayang sekali ya ertiga, baru berkembang sebentar trus layu..

  16. Jozzz mas…. dan sang penantang RUSH berbasis mobilio akan makin menggerogoti pasar Toyota ….

  17. Ane jg salah satu yang beralih dari Toyota ke Honda.
    Salah satu yg bikin keki salesnya, udah harga mahal bonus dikit, pelayanan kurang memuaskan. Biarin DP ilang 50% di Toyota, yang penting puas pake Honda.

  18. Salah satu yg bikin toyota bertahan ya diskon avanza sampai 25 juta itu.
    Kalo bandingkan mobil honda dan toyota ya seperti vario vs mio

  19. Pilih apa aja, asal bukan yamaha

  20. Sebelum di rakit di jadikan sebuah mobil, sparepart yang di datangkan honda dari berbagai Perusahaan dengan kualitas terbaik telah melalui pengecekan / pemeriksaan kualitas sparepart sebanyak 2 x di dalam perusaahan suplayer Sparepart tersebut dan setelah Sampai di Honda sparepart tersebut sebelum di pasang di periksa lagi kualitasnya sebaknyak 2 x .. Jadi sparepart yang di pasang di mobil telah di periksa sebanyak 400% dan body mobil honda memiliki ketebalan dan kekuatan yang berani di adu..

  21. menurut saya model honda jauh lebih bagus dan comfortable dibanding toyota. anehnya harga mobil baru toyota lebih mahal dari honda, tapi harga bekas mobil toyota lebih murah dibanding honda.
    model toyota itu aneh, dan ga ada ciri khusus, sperti jass ada ciri khusus, civi juga ada ciri khusus, accord juga sama ada khas khususnya.
    dulu saya pemakai toyota, kemudian ada teman pakai honda, saya coba jauh lebih nyaman, langsung deh saya jual toyota ganti honda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s