Kemarin siang Gue menemui kejadian unik, seorang cewek berusia 23tahunan mengendarai CB150SF warna putih. Singkat cerita karena penasaran gue sedikit survei, ini motor siapa, milik kakak atau adiknya? Milik keluarga? Pinjam teman? Atau milik pribadi? Jawaban yang mencengangkan meluncur dari mulutnya, motor ini adalah miliknya pribadi, dp dari uang yang ditabungnya selama 3 bulan pertama kerja, dan cicilan selama 3 tahun ditanggungnya dari menyisihkan sebagian dari gaji yg diterimanya. Wow lady biker ternyata.
Dasar penasaran,
gue tanya tanya lagi…knapa gak pilih vixion, knapa pilih cb150?
LB: aku pilih cb karena DOHC mesinnya, 6speed, dan baut dan plastik plastiknya lebih halus dan gak kasar seperti vixion.
MG: Emangnya kenapa dgn DOHC?
LB: DOHC jelas khan, mesinnya lebih bagus.
MG: Kalau cbr150 gimana?
LB: jelas lebih bagus lah, pingin itu juga..tapi sayang cicilannya belum mampu.
MG: kalau sama R15 gimana?
LB: jelas lebih bagus CBR lah, DOHC.
MG: emang R15 mesinnya knapa?
LB: ya belum DOHC.
MG: pura pura manggut manggut aja.
Itu insight dari lady biker…. Gimana menurutmu sob?
Vixion harus segera ganti mesin DOHC jika tidak ingin mati besok.
Makin lama makin Uhuuuuuuuuuuuuuy!!!
Mindset dohc lbih bagus dari sohc masih kuat sepertinya
Sama seperti dua slndr lebih bgus dari jomblo
Walaupun kenyataannya mungkin bedanya ga seberapa tuk cc kecil tpi ini realita yg ada di publik so jika perlu sudah waktunya vixi update mesin coz mengikuti perkembangan zaman ato pengen kekeh tpi kegilas zaman
joss
Mungkin melihat Satria 150 F yang menggunakan mesin DOHC dan hasilnya memang kencang 😀
Hahahahaha….lady biker yang tak biasa tentunya… mungkin bergabung dgn club CB yang pasti diracuni dgn doktrin dohc lebih kencang dari sohc… stuju sih dohc punya nafas lebih panjang dari sohc, dan itu pun terbukti jika punya nyali dijalan raya atw sirkuit.. artinya untuk pemakaian harian sebenernya justru sohc hampir unggul banyak sisi… irit, perawatan murah dan mudah… konsumen segmen ini sebagian besar gak terlalu expert dgn performa mesin tp memang unsur yg penting gaya termasuk utama… lihat saja pertarungan penjualan tahun ini, jika CB berhasil menggerogoti bahkan menjungkalkan sang raja sport brrti YIMM harus cepat berbenah… sebenrnya masih ada andalan sohc yamaha klo diaplikasikan VVA nya Nmax… mungkin performa akan sama atw bahkan mengungguli, paling tidak untuk adu drag… klo mentok jg ya harus dohc pilihan trakhir…
Oh gitu ya? DOHC lebih bagus? 😆
Sebenernya sih gampang aja kalo cuma sekedar banding2in mesin dengan berapa camshaft yg lebih bagus.
Tanya ke pengendara cb150 n cbr150 kalo boleh pilih mesin motornya mau pake sohc apa dohc?
Tanya ke pengendara vixion n r15 kalo boleh pilih mesin motornya mau pake sohc apa dohc?
mungkin YIMM harus survey sendiri kali ya…
Yimm busukk berani gak lo bikin motor yg juooss kek SUZUKI FXR teknologi yg mendahului zamanya…!!!
Komstir busukk ma sobreker tipis dibenahin kualitasnya..!!!
Herannya penjualan gabungan antara FU+cb150+cbr150 yg DOHC masih dibawah NVL yg SOHC..
Lagian kenapa ambil sampelnya sama yg punya cb? Jelaslah dia ngomong bagusan cb, lah dia punyanya yg itu..
Coba tanya lady biker yg make Vixion, jelas dia jg bakal bilang bagusan Vixion dibanding cb.. its just a common sense
g ditanya lg om komeng?
perbedaan SOHC ma DOHC 150cc gmn? ladybiker e tau apa kagak? ap cuman ikut”an heheh
emang kalo niatnya mengamankan pasar MS harus diupgrade DOHC,tp kalo cuman mau jualan biasa y ttp SOHC karena cost lbh murah n margin banyak jg..
kalo udah niat tinggal bikin aja kayak bkin R25
jurus utama kalo penjualan CB facelit kali ini 2/3 bln bisa bunuh vixion baru d tahun depan dikluarin,kalo ga bisa kill y ttp sohc paling naek jadi 6 speed kayk R15 beda di gear ratio
@thedeadbone
Lady biker gag tau beda DOHC dan SOHC, saat ditanya bilangnya ya bedalah xixixi.
Vixion DOHC sangat tergantung HONDA CB150, kalau bisa kill Vixion, baru varian DOHC keluar …setuju…uhuuuuuuy
kalo facelit cb150r tar ttp ga bisa killer vixion ada beberapa cara yg diambil YIMM sebelum keluar DOHC kayak e..
salah satu e update 6 speed seumpama MS terancam ttp sohc..
kalo dalam 3 bulan ud bener” di kill baru DOHC awal tahun keluar ato keluarin cara yg lain..
kluarin MT Series DOHC (fresh design)
jadi bisa jualan beriringan walaupun vixion tergerus
mau DOHC powerfull MT150
mau SOHC irit Vixion series 6 speed
yamaha cerdik e itu disegmen sport ini SOHC masih bejaban kok
kalo alesanne karena mesin SOHC itu mesin bebek…
ambil kutipan dari sales”
“masa motor sport kok sohc (identik mesin bebek),g malu apa bebek aja dohc”
nah dr kalimat diatas bisa diambil satu kesimpulan sohc ma dohc sekarang ada di mesin bebek jd sama” bebek
yg dohc 1 slinder 250 cc pun bisa dikatakan mesin bebek yg 1 silinder n 6 speed
hahaha..
YIMM harus melakukan sosialisasi n bukti real kalo SOHC 150cc lbih pas untuk sportnya membangun image sohc 150cc lbh pas CMIIW
Sedih baca artikel ini, bukti bahwa sekali lagi doktrin mengalahkan fakta, stupid yet ridiculous. Semua tipe mesin PUNYA PERANnya masing masing, kalo nggak masa iya sekelas goldwing aja masih pake SOHC. Yang ngomong cewek pula.. makin menguatkan stereotype cewek kalah dibanding laki soal pengertian akan otomotif. Yah.. yang laki juga banyak yg keblinger sih.
Tapi ini adaiah puncak gunung es buat YIMM, bahwa mindset ngaco begini ambil bagian di konsumen. Entah mereka mau lawan arus dan sosialisasikan SOHCnya paling pas untuk tujuan dan peran penggunaan vixy, atau ikuti arus pindah agama 150ccnya ke DOHC.
Btw masa sekelas om MG buat artikel dengan contoh kasus sedangkal ini, jika dibandingkan market yang jutaan, trus langsung kasih punch line vixy kudu ganti jadi DOHC kalo gak besok mati sih? Kayanya ada udang di balik bakwan nih :p
@motor batangan
@motor batangan
Bawan Udang iya….uhuuuuuy, udang di balik bakwan kagaklah.
Gue cuma mau bahas insight dr kasus yg paling bego. Kalau dibawa pakai research strategic, ntar jadi panjang. Kalau dibicarakan pake kasus bego gini khan langsung crooot. Biar gag disimpen kelamaan, ntar keburu busuk.
waduh misal saja kalo pemikiran Ymh kaya gini.
lihat saja
pertarungan penjualan tahun ini, jika
CB berhasil menggerogoti bahkan
menjungkalkan sang raja sport brrti
YIMM harus cepat berbenah…
ngalamat bangkrut ..
harusnya milirnya sebelum padar dimakan CB series mesin hendaknya diupgrade!
jd gak nunggu terjungkal dulu .. klo dah kemakan ya sudah … terlambat.
Tull
bisa jadi strategy Y rilis NVL hanya minor change karena rata2 umur facelift bisa pendek & bisa panjang ( biasanya sih 6 bln – 1 thn ) so kemungkinan besar dibalik minor facelift ada riset mesin utk NVL kedepan dalam usaha menggiring trend market sesuai filosofi Y sekarang sambil menunggu penyerapan market cbsf mayor change, dalam arti entah tetep kekuh pakai sohc+vva/ migrasi dohc, coz dgn migrasi dohc dgn terburu2 secara psikologis akan menghancurkan image NVL it sndiri yg memblowup bahwa mesin sohc NVL lebih bagus dri dohc sebelah dan secara tidak langsung memberikan pesan untuk mengakui dohc sebelah emang diatas mesin NVL sekarang
Sepertinya sudah terprediksi oleh Y sebelumnya akan hasil penyerapan market disemester 2 nanti cbsf mayor change tidak akan sampai menggulingkan tahta NVL dlm kurun jangka pendek/ 3 – 6 bln dan akhir tahun isa jadi momen mayor change NVL nantinya
@eiscell
Yup tul bro, kasus mio bakal terulang jika yimm bangkrut dableg gak mau riset dohc overbore. Di tambah lg suzuki gixxer spek FXR rumor dr laskar suzuki dah rame dibahas & jika beneran keluar siap2 cb ma pikson bakal kerepotan…!!! Bakal rame petarung 150 cc 2016..
@O=O wow….sejalan dgn pemikiran saya… sepertinya Y masih pede dgn kondisi minor facelift pada nvl nya… sohc +vva, itu lah kondisi maksimal buat nvl dan saya yakin akan menjadi senjata Y buat menghadapi CB yang sudh major facelift… seandainya CB ttp gak bisa mengalahkan NVL kira2 mo diapain lg ya? Jgn2 jadi kasus Mio kehabisan akal vs beat versi sport neh…. hehehehehehe
@motor batangan, yup doktrin dari pihak H tujuannya biar Y keluar dari jalur amannya dan justru ikut arus permainan si H….hehehehe mungkin itu bisa terwujud jika memang ms nya nanti mulai terdesak… walaupun masih ada opsi2 dari upaya pemaksimalan sohc pada nvl…
@eiscell, santai aja… gak perlu terburu2… sampai detik inipun, dohc secara penjualan jauh dari sohc… toh….sampeyan belom liat kyk apa CB yg sudah dimajor FL.. sesuai ekspektasi atw belom…
@Numpang lewat. Yup, dri perkiraan strategy Y mnurut ane emang akan berjalan demikian krn menghindari manuver trend yg akan dimainkan H saat cbsf facelift.
Akan tetapi jika dikupas lebih dalam oleh ahli analis market strategy maka akan terlihat kondisi NVL sebenarnya sudah kalah 1 langkah dgn H soal trend market kedepan, tinggal H akan bermain seperti apa, jika H menjalankan strategy seperti yang dilakukan Y saat awal OVI rilis maka persaingan akan sangatlah panas & jangka pergeseran tahta akan berjalan lebih singkat dari yg diperkirakan sehingga memaksa Y bermain new produk diatas NVL dan dibawah R15, nah jika H bermain aman utk H2H saja maka hasilnya akan tidak jauh seperti yg saya ulas diatas
1 lagi, dri hasil perang cbsf vs nvl utk jilid kesekian ini utk kedepan secara tidak langsung dapat membuat market segmented akan menjadi kanibal strategy, NMP-CBR utk H dan byson-R15 utk Y
point 1 adalah NMP-Byson akan menjadi produk yg tanggung dan akan terkanibal oleh strategy produk diatasnya sehingga akan lebih pada segmented market/ produk pengisi range harga saja
point 2 adalah dengan deviasi value yg tipis dgn produk dibawahnya akan memaksa cbr-R15 utk berbenah total dri segi product value dan bergerak menyasar pasar ninja 150 premium sehingga akan mendekati market 250cc low class
fitur simple spt, sss, parking brake lock, cakram belakang semua dikeluarkan kalau produknya sdh klepek,
vixion 6 speed DOHC ? plg keluar di seri R15 nya dulu, soalnya varian itu sdh KO sama CBR150 lokal
saya yakin jika honda mdmang sudah siap dg plant barunya pasti QTY CB bakal digeber.. lau ga laku geber qty selama 3-5bln buat nyiptain image laris .. ntah itu diumpetin digudang atau dg promo gede2an…
Sepertinya dejavu kasus mio nich!
kl ane sbg konsumen otomotip mau sohc,dohc tnp klep,noken,kamprat skalipun gk mslh krn bakal gk ada ujungnya kl debat sohc dohc,,yg penting tuh jualan kualitas.
matetial no.1 ,jgn asal lah demi menekan hrg jual,mmg. bnr prinsipnya jualan tp kl mindset nya gk dirubah bs ancur sndr.
krn membangun mindset di indonesia itu susah&jk dah dpt y bakal awet.
bikinlah mindset “ini lho mtr gw tangguh,,jrg rewel”
tuh cewek tau mesin rupanya. bagaimanapun basic dohc banyak keunggulan bagi yang pentingkan power. contoh kasus banyak nvl ngebul karene dipaksakan power lebih tinggi dan bagi dohc untk power tinggi lebih mudah didapat.klo sohc bisa tapi lebih mahal dalam material.klo gak ya seperti kesus sekarang ngebul.berkaca dari sistem yamaha dalam mengurangi bobot dengan kualitas material yang lebih tipis.(kecuali plastiknya yang ditebelin)
vixion dohc ? sepertinya masih lama,
r15 kalah sama cbr150 lokal juga gak masalah kox, r15 laku saja dah bagus 😀
cb150sf baru juga gak langsung kill kox, kebiasaan H itu seperti perumpamaan om komeng diartikel terdahulu tentang riak di kolam.
apa value vixion ?
pasti gak jauh jauh dari irit, ban gambot, body kekar, mudah perawatan. kalau cuma itu ya wassalam saajaaah
gue user cbsf, jdi tahu kelebihan dn kekurangan cb, ketawa aja, “body plastik cbsf > nvl????” yg bener smua part body, sasis cbsf < nvl kec mesinnya, catet
Info dari blog sebelah, DOHC engine yamaha sudah siap. Isuenya buat vixion baru, tapi menurut saya pasti masuk ke r15 duluan di tahun 2016, baru turun ke mt atau vixion.
Stock mesin sohc kelebihan forecast, jadi ya terpaksa jual dulu sohcnya dengan segala upaya.
Bisa jadi kalau dohc cepat keluar akan menakutkan bagi honda. Honda harus siap menambahkan value di cb maupun cbr barunya.
Tapi kalau mau invest motor sport 150cc saat ini ya mending beli Honda dulu yang jelas jelas mesinnya sudah DOHC sebelum pamor sohc meredup dan jaman sohc usai… Itung itungan harga jual dll dll. Pastinya trend DOHC makin menguat belakangan ini. Bisa jadi kebanggan tersendiri bagi empunya jika motor sportnya sudah DOHC.
Eehh ternyata ntar vixy keluar versi DOHC+VVA plus swing arm kaya R15, mesin vixy sekarang ditaro ke byson yg katanya lemot, byson digeser buat lawan verza.. XD
@MG
Hahaha.. Tapi justru asik yg ada research strategi mendalam, om. Biar bisa belajar dan nambah pinter kaya artikel artikel lalu, kalo kasus begini nanti jadi pada bakar bakaran kaya blog lain, malah blog om MG kebawa arus ntar.. XD
@motor batangan
Nanti kalau soal artikel strategi mendalam ada sendiri. Saat ini kita bahas gelombang di permukaan dulu. Hampir Tsunami nich tanda tandanya. Kalau arus dalam masih kuat dan arahnya masih sama aja. Belum ada pergantian arah arus.
Kalau blog ini kebawa arus, ngak lah…anti mainstream hi hi hi…buktinya komentatornya masih mendalam semua, komen komennya uhuuuuuuy semua. Mampu menyingkap maksut dibalik artikel yg cuma cerita aja. Hi hi hi.
kalau awal launching new Vixion memang belum pas blla Vixion membawa mesin DOHC, karena memang sport DOHC belum terlalu banyak. Namun, kayaknya ini sudah waktu yang pas, denger2 sih Suzuki akan memasangkan mesin Satria FU ke Gixxer. jadi populasi sport DOHC makin banyak. Tapi karena facelift New Vixion belum DOHC, sepertinya akan terealisasi dalam 2-3 tahun. Dan kalau mau timingnya sangat pas, harusnya YZF R15 dulu baru Vixion, jadi kesannya R15 bukan lagi Vixion yang berkerudung.
hehe ini fanboys kalo nanggepin tulisan artikel ini langsung naik darah (sumbunya pendek plus pikirannya pendek) …..padahal ini clue kalo yamaha mau beralih ke dohc ….pertanyaannya kenapa yamaha mau ke dohc …silahkan di bedah
stidaknya permasalahan mesin dohc made in ahm dah lebih teruji.
yg beli gen 1 st pasti msh ada permasalahan
diliat perkembangan di lapangan, troubel apa saja
disempurnaken di mayor change cb 15o pastinya
dohc ymh pasti nunggu penyerpurnaan blue core system
ato vva system,
dohc ymh mesti beda dgn dohc ahm, mungkin pake vva
ngak bisa selamanya ymh andelin desing doang
@MG
Ow.. percikan di permukaan menunjukkan mau tsunami tapi arus dalam masih sama? Tapi apa bisa bertahan kalo cuma arus dalemnya yg bertahan? hehe.
Jadi penasaran sama data survey mindset konsumen sini, apa DOHC mulai nimbulkan riak rame di permukaan ya? Sampe sampe mau bedol desa ke DOHC.
@bdt
setuju, DOHC digabung VVA nanti pasti cakep, motor sport bisa irit macam accord XD
tapi kayanya yg uprage ke dohc si r15,
dah jelas mesin sohc nvl ndak dijinken buat balapan ama pihak jepang
menurut q yamaha belum perlu menelurkan mesin dohc sohc aja dah bisa ngimbangi dohc…lagian kedepan motor akan semakin banyak dan semakin macet trus orang mau ngebut dimana orang pasti akan kembali ke mesin sohc karena lebih irit krn g semua orang pingin kebut2an…ada yg pilih style motor dan sparepart mudah dan murah…apa sparepart dohc lebih murah dari sohc….?
kok dejavu ya, sya ktemu lady biker yg sma… umur 23, pengendara cb150 di acara honda sport motoshow sidoarjo…. jawabbny jug sma persis wktu ditanya….
hehehehe
@mariodevan
Wow another lady bikers.
Yamaha harus membuat produk yang jadi legenda atau landmark pada kelasnya. kalo dulu yamaha (bukan YIMM) yang selalu membuat gebrakan teknologi yang dipake kompetitornya mpe sekarang. contoh Monoshock (YZ250 1975), deltabox (TZR250 1985), exup (FZR series tahun 87), vertical stacked gearbox (R1 1998), advanced clutchless shift crutchlow’s R6 (SBK 2010), dan rangka teralis 2 tahun sebelum ducati monster (SDR 200 tahun 1986).
kalo mau membuat gebrakan di kelas 150cc, ya harus mentok dohc, v-twin (FZR150), atau pararel twin, dengan desain yang khas, fairing kokoh gaya supersport, usd, banana arm dengan advanced shock (minimal pro link), speedo digital, led light, performa yang jauh dari kompetitor.
harga memang bakal mahal.. tapi pembeli tetap akan ada. yang penting jadi pasak untuk posisi yamaha di kelas 150cc. ini bakal jadi investasi image jangka panjang.
langkah ini adalah langkah yang dilakukan KMI di negara kita dengan image Ninja 250. YIMM harus bisa juga melakukannya.
Tetep Honda pilihanku sudah terbukti ketangguhanya yang laena antri saja ya.hehehe