Gue yang meram JKT48, Lu yang nikmati Matengnya

Ya kira kira begitu kata Yamaha melihat brand ambassador Honda Beat saat ini. Kesalahan Yamaha ini berbuah banyak kerugian material dan imaterial buah ha ha ha.

Diawal kemunculannya, JKT48 sangat disupport Yamaha sampai munculnya berbagai Konser tunggal JKT48 dan aneka POP material JKT48 di berbagai dealer Yamaha. Serasa jualan motor atau jualan Group Band? Iku komentar banyak pengamat promosi saat itu.
Support yang terlalu berlebihan oleh Yamaha ini tentunya tidak membuahkan hasil significant terhadap penjualan motor yang di ambassador-i JKT 48 saat itu, yaitu Mio J. Honda Beat punya tandingan yang lebih superior saat itu, cherrybelle. Image anak muda, cewek lucu, centil, bening-bening dan menggemaskan para Bro Bro Biker saat itu masih ada di tangan Cherrybelle, begitu pula kaum ibu ibu, bapak bapak, cewek cewek semua pada suka Cherrybelle karena euphoria demam Girlband from Korea. JKT saat itu yang masih lecek lecek, terlihat kurang ranum, gak centil dan kusam berpadu image dengan produk matic Yamaha saat itu. Yamaha kurang bisa melihat sikon dan trend. Alhasil influence image  dan brand collaboration antara produk dan brand ambassador tersebut tidak membuahkan hasil yang baik terhadap penjualan matic Yamaha. Mio J vs Beat = JKT48 vs Cherrybelle. Kusem kusem vs Bening Unyu Unyu menggemaskan.

Melihat peluangnya jelek….dilepaskanlah JKT48 yang selama ini di full support banget oleh Yamaha. Eitttt….jaman berubah loh, trend bergeser loh….dari Girlband/Boyband menjadi IdolGroup. Gue berani taruhan culekan mata, orang dalem Yamaha / YIMM kagak tau bedanya girlband ama idolgroup!!! #layani #tantangan gue!!!  Nah trend bergeser from korea girlband …. Ser ..ge…ser..ge ser menjadi idolgroup baik korea maupun japan. Ya seperti JKT48 ini. Apalagi berkat support Yamaha dan jam terbang yang makin tinggi, JKT48 makin kelihatan semakin bening dan unyu unyu, apalagi dengan pertambahan usia mereka makin terlihat matang, menggairahkan dan berisi, makin centil dan pandai membawa diri.

Honda yang pandai melihat trend dan dan peak dari bintang(personal maupun group) langsung ambil kesempatan bagus ini. Jadilah JKT48 yang disukai om om #eh biker biker dan berbagai kalangan muda tua, cowok dan juga diidolakan cewek menjadi brand ambassador Beat series Honda. Makin moncer image collaboration dan brand image product, makin moncer juga penjualan Beat.

Yamaha cuma bisa berkata” aseeeem gue yang meram, eh elu yang mengambil jandanya #eh mendapatkan “Matangnya”.

Sekian artikel kocak gue kali ini, jangan dianggap terlalu serius, ntar bisa mimisan.

Makin lama makin Uhuuuuuuuuuuuuuy!!!

25 responses to “Gue yang meram JKT48, Lu yang nikmati Matengnya

  1. jkt48 n cerrybelle sesuatu binggo..

  2. fans JKT loyal yang 3 taun lalu belum boleh naik motor kini udah mulai dewasa…. sudah bisa punya SIM, sudah berani minta motor……
    JKT yang dulu masih ingusan, sekarang juga makin dewasa. Fans makin luas rentang usianya, ga cuma ABG-ABG culun…..
    wah, Honda udah merhatiin ini ya??? jadi Honda tau konsep idol yang katanya tumbuh bersama fans itu yah??? saya baru sadar…….

  3. hihihihihi kebajak lagi deh

    misi sob share info bocoran terbaru nie, maaf kalo g berkenan

    http://mariodevan.com/2015/05/05/wow-yamaha-mt-25-akan-dibandrol-lebih-murah-10juta-dari-yamaha-r25/

  4. Numpang lewat

    Produk H saat ini, gak pake JKT48 pun akan sulit ditumbangkan Y dengan produk Y saat ini yang secara value produk segmen entry level itu sendiri aja masih lebih inferior dari produk H… so, pemilihan Ambasador ini seperti penambahan kecap pada soto bagi H, jadi makin maknyuss….hehehehehehe

  5. Penambahan kecap pada soto itu perumpamaan yg Pas

  6. Numpang lewat

    soto H udah terkenal enak dan nikmat, bumbu pas, ayamnya pun empuk dan terasa bumbunya, pake kecap apapun pasti tetep enak… klo soto Y masih banyak yang bilang kurang garem, ayamnya lebih hambar dan keras bla bla…ditambah lagi pake kecap yang gak cocok dengan sotonya….makin jadi dah…. gak enaknya….hahahahahahaha so, yang harus dibenahi meracik sotonya dlu….

  7. Apalagi mbaknya yang jualan nganterin soto ke meja juga cantik dan centil centil

  8. Numpang lewat

    Nunggu analisa dari master of marketing, om WS neh… kok gak muncul2 ya… mungkin om MG bisa ngajakin buat urun rembug neh…

  9. Numpang lewat

    @MG
    absolutely yes…..hehehehehe

  10. @Numpang lewat
    Tul….utk soto & kecapnya ( perumpamaan yg ajib & ciamix )

  11. ekekeke….
    trend yg cuman sesaat
    yg masih wah itu si mbah Rossi

    harus e saingan og yamaha datengin akb48 lsg impor di jepun
    ngahaha

  12. Motor Batangan

    Wah setuju.

    “MENGGAIRAHKAN.”

    Hahahahahahha.
    Yaahh.. banyak kasus cem itula di fans fansnya. Eh apa namanya, wattaaa?

    H lebih pinter baca insights ya, YIMM kalah mulu. Apalagi sampe skrg H belum bergerak banyak di awal tahun, YIMM dan ngegas. Alamat bakal di tikung H lagi dah..

    Awas yang bilang jeketi itu girlband ntar ditusbol light stick kang parkir!😄

  13. Insight dalam memilih brand ambassador sangat penting. Saya setuju kalau orang yamaha tidak paham beda girlband ama idolgroup. Ha ha ha

  14. nganu ngini

    skrng cheerybelle malah ga ada pamor nya ya

  15. @nganu ngini
    Justru itu. Ketajaman melihat peak bintang sebagai brand ambassador sangat diperlukan. Kalau sudah turun …ya…lepas.

  16. yamaha kecepetan…sekarang ngambil tatjana saphira dan aliando..padahal yang lagi hype sekarang tu si chelsea islan sama si al..aliando dan tatjana masih kurang pamor

  17. @subaru
    Iya betoool

  18. sama kasusnya saat yamaha buka padar matic dengan susah psyah meng icon kan mio matic buat kaum hawa.. setelah moncer dipanen sama honda

  19. Bentar lagi keluar beat special edition jkt48

  20. @eiscell
    Betul Bro, sportpun pasti juga demikian…saat masa Panen tiba, Honda akan tuai market Sport.

  21. AHM harus banyak berterima kasih pada YIMM, kirim parcel pas lebaran, krn sudah sudi ‘babat alas’ demi kesuksesan AHM meski scr tidak langsung dan tidak disadari😀

  22. Numpang lewat

    Yang namanya jual barang apapun itu harus ada nilai plusnya dibanding produk sekelas kompetitor… lihat saja persaingan di smartphone, banyak SP baru yang dari china malah bisa mencuri perhatian dan market share dikarenakan ada fitur unggulan yang tidak dipunyai produk dari market leader untuk rentang harga yang sama… hal ini harusnya bisa dilihat oleh yamaha… lha klo kayak sekarang, berawal dari produk yang tidak lebih baik dari kompetitor dari segi apapun maka apapun strategi marketing yang dilakukan akan sulit bahkan gagal dan akhirnya seperti serba salah… Klo masalah Y buka pasar H yang memanen, menurut hemat saya lebih dikarenakan Inovasi produk Y sendiri yang sering terkesan stagnan malah mundur.. sementara H membaca dulu reaksi pasar terhadap produk Y dan dicari kekurangan dan ditambahi nilai plus, pada saat diluncurkan tidak ada counter back dari Y sehingga produk H seperti melenggang tanpa rintangan berarti… Hal sebaliknya yang dilakukan Y disport NVL dan CB.. disaat H mengeluarkan CB untuk target OVI, Y meluncurkan NVL yang mana desain dan beberapa keunggulan dari CB yang akhirnya membuat H gagal untuk merebut market NVL… Yang saya tau, Beat dan vario awal saat merebut tahta mio perlu waktu yang cukup lama hingga akhirnya tergeser mio dari tahta nya….

  23. Numpang lewat

    @subaru, faktor budget kali hehehehehehe

  24. Motor Batangan

    Berarti AHM less effort ya dalam membuka pasar baru, orang manen hasial yg dituai Y😄

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s