Isue 150 DOHC engine, bahaya laten bagi M/S Sport Yamaha

Once upon a time, ….cerita berawal dari ajakan seorang kawan lama yang mengajak nyetreet cafe di pinggir terotoar di sebuah kota yang berhawa sejuk di Indonesia. Berbekal sebuah motor TZM miliknya, kawan gue ini menjemput gue di hotel. Nostalgia ceritanya….langsung aja gue minta ganti pegang kendali…rong tong toong tongg tongg…suara yang garing dan bikin kangen bikin adrenalin naik…. Langsung ngebut sejadi jadinya….tapi angka spido menthok di 90km…cause kondisi lalu lintas malam yg agak agak gimana githu dan bikin makin aware. (Alasan sebenarnya nyali udah mengkeret karena usia).

Nah…seperti biasanya, kawan ngajak ngafe trotoar… Dan emang ini juga pilihan gue alih alih dari makan di resto yang fellnya ordinary githu. Gue tepikan motor….ciet…rem pakem khas Yamaha kuno bikin teringat motor jadul F1z gue.

Nah malem ini kami ditemani 4 porsi roti bakar keju, 2 porsi pisang bakar, dan 5 botol bir bintang. Dan tentu saja dinginnya malam walau jaket udah tebel. Gak seberapa lama kami makan dan mulai menyeruput bir, datanglah kawanan pemuda berwajah suangar, galak dan beberapa diantara mereka berbadan besar. 6 orang menggunakan vixion shinchan, 1 orang naik r15, dan 2 orang pemuda berbadan besar tambun dan salah satunya bersuara kencang naik byson. Duduk di lesehan meja panjang di sebelah kami. Ke 9 orang ini biker look banget, memesan menu yang mirip dengan kami. Lah emang adanya ya menu itu itu aja wk k k k. Canda tawa dan gojlokan langsung meramaikan meja mereka. Satu geng ini pastinya.

Tak seberapa lama menyusul 1 orang pemuda kawanan mereka menggunakan vixion shincan juga. Langsung merapat dan salam bikerhood dengan semua yg ada di meja itu. Tak seberapa lama mengeluarkan smart phone samsung, dan menunjukkan photo vixion advance ke teman yang lain….nampaknya ini anak mau ganti motor baru. Langsung teman teman segengnya pada komentar… Si tambun bersuara kenceng yang naik byson berkata “Tahan napsu dulu bro Wan, Vixion advance ini cuma produk cuci gudang, tahan duit tabungan loe, entar lagi keluar Vixion DOHC. Nich kabarnya santer di blog yang gue ikuti. Pasti keluar Maz Brow. Dijamin beritanya ama yang punya blog. Paling lambat awal taon 2016… Sabaarrr.”
Pernyataan itu langsung di timpali ama pemuda tinggi yang naik r15. “Iya sabar aja Broww, jangan ampe nyesel kayak gue, denger denger juga r15 ganti mesin DOHC. Masa vixion DOHC lah r 15 nya kagak. Pasti juga DOHC lah. Apalagi kalau liat punya club lain agama (penyebutan ini ditafsirkan merk Honda) motornya tuh kalau dah di tune up jadi kenceng kenceng karena DOHC bisa keceng, lain ama mesin SOHC kayak punya kita ini yang kalau tune up juga menthok segegithuan speednya.”

Pemuda lainya segera saling menimpali komentar komentar lain… Intinya masalah seputar DOHC vs SOHC… Nampaknya  eksekusi dari strategi pabrikan Honda untuk take Superiority DOHC engine image through community . (dalam hal ini club club Honda) telah berhasil baik, edukasi DOHC more superior saat di tune up untuk penggunaan balap telah terpenetrasi dalam, bahkan influencing nya nyampe ke komunitas merk merk tetangga. Wes modhar….. Isue ini berkembang cepat lewat komunitas dengan starting bloger news isue.

Dalam pembicaraan mereka mulai bergeser tidak hanya masalah DOHC vs SOHC, bahkan mulai nyebut nyebut merk motor Tertentu, mulai Satria yang perkasa di jalan, next MT 150 DOHC harapan si suara keras penunggang Byson, MT25 yang desainnya gag sesuai ekspetasi mereka, Diskon 7 juta yang boleh dan worth it untuk ditunggu akan terulang di MT25, dan mulai bergeser lagi ke CS one 150 DOHC, CB150 DOHC yang baru. Bahkan si kumis panjang yang naik vixion berkomentar “lah wes lah Wan, murtad pindah agama yo ra popo kalau gak kuwat ngenteni vixion DOHC, abis ini loh CB ne wuapik desaine , pelek gedhe guabot body keren. ” Si biker yang di panggil Wan itu manggut manggut aja. Apalagi beberapa temannya juga nambahin.  ” wes ojo bingung, awake dhewe tetep seduluran masio awakmu tuku CB. Agama lain saiki halal”.
Beberapa malah bilang CB baru nantinya lebih worth it dari pada nunggu Vixion DOHC apalagi kalau sampai keblowok membeli Vixion Advance. Sedang 2 orang penunggang byson malah berkata nunggu MT150DOHC takut kecewa kasus desain ala MT25 terulang, lihat dulu desain CB baru gimana, kalau oke ya di pinang githu.

So terlepas dari obrolan mereka gue merasa isue DOHC engine 150 Yamaha ini justru menjadi bahaya laten bagi posisi M/S sport Yamaha di beberapa bulan ke depan.

Bagaimana tanggapan bro n sist?

Makin lama makin Uhuuuuuuuuuuuuuy!!!

31 responses to “Isue 150 DOHC engine, bahaya laten bagi M/S Sport Yamaha

  1. Bahaya Laten, betul banget itu. Sayangnya Yamaha masih asyik dengan “mainan” barunya.

  2. cuman saya aja kali ya yang ga peduli sama sohc atau dohc, saya mah orang nya emang begitu

  3. bener juga sama dgn pemikiran ane,

    mereka nunggu diskonan mt25

  4. yamaha mah selalu salah😀

  5. yamaha itu unik. pemegang ms sport tetapi seperti suka suka dia. 6 speed n dohc hanya di tepis dengan kualitas terbukti dan irit.
    tinggal tunggu gelombang datang gak bisa dibendung.

  6. Menarik..
    Strategi yamaha selalu salah..

  7. Numpang lewat

    @popin
    hahahahaha….itulah nasib minority… Apapun yang dilakukan market leader jadi acuan… sehingga bagi si minority jika keluar dari jalur sileader maka akan salah…. Si leader juga pintar memainkan mindset konsumen terutama yang tergabung dalam komunitas2 si leader yang secara masif akan memberikan impact kepada sekitarnya… Padahal apa yang salah dengan SOHC? moge metik nya si H pun mengusung SOHC. lha itu kan metik bukan buat kenceng2an? terus ngapain buat CC lebih gede klo bukan buat itu… anehnya, moge metik Y justru ada yang DOHC… Trus berarti moge metik H yang SOHC salah dong? hehehehehe…. ini hanya sebagai satu usaha dari H untuk menggeser mindset konsumen terhadap produk Y agar terlihat inferior dan ketinggalan jaman.. setelah Y pun ikut arus, maka produk H lah yang pertama dilihat.. jika sudah jadi leader pula dalam sport maka sulit buat Y untuk menggeser kembali.. Kita lihat saja pertarungan tahun ini, seberapa besar pengaruhnya SOHC/DOHC dalam segmen sport entry level ini….

  8. Oot soal disain mt25 yamaha tau tren senter kedepan gmana jadi rangka tralis, head lamp berkonde ama tanduk wifi yg di populerkan oleh honda sekarang di aplikasikan di motor kasta tertinggi neked yamaha nih…

  9. motor batangan

    Wah panjang, baca dulu baru ntar komen pas dah santai dah :))

    Btw om MG bahas tentang pabrikan anu yg mau gulung tikar itu donk. Pemerhati pasar premium kah?

  10. g usah bingung”
    intinya konsumen lebih banyak pilihan n ga lagi overprice
    hahaha

    beda ma jaman jahiliah dlu n semoga ga terulang lg

  11. @ motor batangan
    Ducati? Yg diindo bukan pabrikan.

  12. Memang maunya honda (AHM?) begitu, menggiring yamaha biar ikut ganti pakai dohc. Setelah itu baru mereka keluarin mesin baru untuk cb/cbr yg lebih powerful lagi, tewas lah yamaha…. Secara model kalau beneran pakai konsep sfa bakal ganteng banget.

  13. penganguran tajir

    berharap aja model sport honda masih model tuwir …..tapi kalo ternyata modelnya top …siap2 aja effort besar yamaha untuk habis2an di sport ….sementara si honda udah punya cash cow di metic ….hahaha ribet

  14. Min bahas sport mesin satria spek fxr dong rame lo dilaskar suzuki.

  15. Si Jago Ngebul

    @rem pakem | May 8, 2015 at 1:19 pm |
    Menarik..
    Strategi yamaha selalu salah..

    ==========================================

    Sebenernya ga selalu salah juga gan
    tapi kadang ga terarah…

    Strategi sekarang ini akan dituai dalam beberapa tahun mendatang.
    Dan yg terjadi sekarang ini juga sebuah hasil dari strategi masa lalu.

    Berhasil atau ga sebuah strategi tolok ukurnya jelas penerimaan pasar.
    Kita lihat sekarang, penerimaan terhadap produk2 yamaha cenderung menurun dan terus menurun.
    Artinya apa?

    Hebatnya lagi kondisi seperti ini udah diprediksi yg punya warung ini 5-7 tahun yg lalu lho….

    Ente akan lihat yg sangat2 berbeda klo berkunjung ke warung ningrat sebelah.
    Disitu strategy yamaha, produk2 yamaha sama sekali ga ada cacat…, sangat2 sempurna.
    tapi gimana kondisi real di lapangan…???

    Mengenaskan…!!

  16. 3 thn peliara mx lalu ganti motor vixion dipeliara sampe 4thn,sekarang peliara new satria fu,bagaimana kesannya?kalo saya analogikan sohc 4 klep sensasinya seperti motor 2tak 100cc,sedangkan dohc 4klep sensasinya seperti motor 2tak 150cc.

  17. Motor Batangan

    @MG

    Iya. Oh maksudnya bukan pabrikan begitu sih, tp brandnya. Iya sih bukan atpm ya😄
    Tapi iya bahas kenapa brand itu bisa sampe terancam gulung tikar padahal bbrp tahun lalu berjaya sekali, penunggangnya pun masih banyak suka gue liat seliweran di jalan. Paling banyak malah suka ketemu dibanding yg lain. Lagian market premium kan unik, kalo ada pembahasan juga akan menarik😀

    Anyway, baru selesai baca :))
    Hmm.. Sebenernya masalah utama SOHC kalah di mata konsumen sini apa sih? (dan makin mencuat tajam)
    Soal top speed kalah gak bisa dikilik setokcer DOHC ya keliatannya? Padahal krn emang dah sifatnya. Ini kaya bandingin kenapa kuda bisa lebih cepet larinya dibanding kambing.. Konyol, tapi jadi pembicaraan. Keliatan level pasarnya baru sampe mana? hehe.

    MT25 salah kenapa lagi desainnya? Ada aja ya gak puasnya, hahaha. Tapi menurut gue pun kalo MT25 bisa lebih diturunin dikit lagi aja itu headlampnya, bisa keren. Lebih mengintimidasi tp tetep elegan ya kaya MT07nya gitu, yg sekarang ketinggian lampunya kayanya. Tapi nanti liat langsung pas rilis lah.

    Ini berarti isu vixy mau dohc pun bahkan menahan laju vixy sekarang saat ini juga ya.. Malah jadi penghambat, orang nahan diri. Apesnya Y lagi adalah lingkungan sekitar seperti membantu berkembangnya isu DOHC lebih superior jadi lebih panas. Liat aja bebek kaya satria aja DOHC, 250 cc sekarang semua DOHC, calon bebek yg mau keluar juga DOHC, motogp DOHC, sport suzuki baru yang bahkan baru gosip pun DOHC, moge yang masuk sini mayoritas DOHC, DOHC semua! Jadi langkah pendoktrinan mindset DOHC adalah segalanya terlihat ikut direstui alam, H di atas angin. Y SOHC sendirian di sport.. Jadi ya happy new year lah buat Y😄

    Tapi cerita ini juga menggambarkan bahwa ada pasar yg tidak fanatik brand macam fanboys dan gue rasa cukup besar jumlahnya. Kalo ceruk ini bisa direbut, mungkin permainan bisa seru kembali.

  18. Motor Batangan

    @SAS

    Mainan baru Y apa? VVA? Blue core? Belum ada yg keliatan bertaji utk mukul balik soalnya.

    @jojon

    Setuju😄
    Kasus mio pertama kali terulang lagi ya, udah di atas keenakan terlena lupa inovasi jadi ketinggalan.

    @niceguy

    Kalo pun begitu, Y bisa balikin strategi H sebenernya. Andai ya, walau jadi second mover, tunjukkan bahwa bisa lebih baik. Gantian lah jangan mau terus terusan Y yg bangun market H yg tuai, skrg gantian; DOHC H yg bangun, Y yg tuai. Kasih pukulan telak menggelegar!

    If you can’t beat them, find a way to convince them against running in the first place.

  19. bahaya laten DOHC buat yamaha ya termasuk bersumber dari blog ini.. Dari kemaren bahas isu DOHC yamaha mulu😀

  20. @chibiyabi
    anda benar😀
    sedikit banyak mempengaruhi blogger laen yang notabennya cukup sangat mengidolakan MG dalam mengupas bawang merah😀

    @motorbatangan
    yamaha terlalu terlambat, dalam pikiran gue sih yamaha dipenuhi orang yang kurang mengerti soul yamaha sendiri.
    kurangnya koordinasi, strategi yang timpang tindih, dst dst dst

    @MG
    artikel yang dijanjikan ditunggu mengudara Om MG.

  21. Numpang lewat

    @ jojon
    Hehehehe sepikiran ma ane…. sama kayak kita memandang timnas sepakbola indonesia.. kenapa sulit buat bersaing di asean? Selama ini masyarakat umum hanya melihat timnya saja yg jelek, kurang kompetitif… padahal yang mendalangi merekalah sumbernya… kekisruhan ditubuh pssi, perekrutan yang tidak lazim bla bla bla… begitu pulalah Y adanya…hehehehehe

  22. padahal harapannya sih R15, mengingat image yg dbawa oleh R15 adalah motor sport fairing. kalau pada Vixion duluan, maka kesannya sama dengan kemarin, maka R15 menjadi Vixion yang dkasih kerudung. sebenarnya sih g masalah mau imagenya bkin MS turun atau merusak image produk sport 150cc Yamaha sendiri, tinggal bagaimana value Vixion DOHC nanti, apakah lebih besar dari CB150 facelift, atau sama namun dengan harga lebih murah (karena pakai common part Vixion Advance) atau bahkan lebih mahal dkarenakan biaya riset mesin DOHC ini yg mahal (maklum Honda kan mesin DOHC sdh ada sejak tahun 2003-2004) d era sekarang. biar waktu yg akan menjawab.

  23. oh iya kelupaan, kalau bisa sih namanya jgan pakai Vixion, image produk cuci gudang pada Vixion advance makin kental, pke MT150 mungkin oke juga, meski frame tetap deltabox, namun bila sektor mesin seperti DOHC,6speed, tampilan mesin berbeda banyak perubahan pada MT150, mungkin kesannya “All New Product” sehingga kedua motor bisa djual bersamaan dan image produk cuci gudang berkurang lah.

  24. Tuh kan yh dilihat konsumen itu dohc ama sohc, bukan operstruk ama operbore….
    Kek jualan matic tapi pake diasil, gak dilirik mah sama ibu ibu….
    scorpio itu kurang apa banding tiger, tetep krg laku juga…
    Apa YMKI better than YIMM ???

  25. @jojon @chibiyabi

    Emang blog gue ini bahaya laten, liat aja semua sponsor di sini. Gak ada H maupun Y. Jadi bebas bergerak dan tajam mengupas, menyayat setajam silet. Uhuuuuuuy khan.

  26. gilaaaakkkk mt25 belom keluar udh nunggu diskonnya…!!! seolah2 ms ni mongtor bakalan nyungsep terjun bebas penunggu gudang… bener2 big warning bwt yamaha….

  27. berita spt ini bagai pisau bermata 2 ….ada untungnya juga ada ruginya….nonton wae ahhh sinambi ududan

  28. Vixion dibanding CB itu ibarat Vario-nya Honda dibanding Xeon-nya Yamaha di matic. Desain & Kenyamanan VS Teknologi & Kecepatan. Lucu, ya! Padahal di matic, urusan desain dan kenyamanan itu miliknya Honda. Di segmen sportnya, malah kebalik! Tanya, kenapa?

  29. SOHC aja laku, ngapin produksi DOHC?

  30. Vixion bakalan senasib mio

  31. Sudah tidak sabar menunggu lahir nya sang jabang bayi r15 dohc, jangan terlalu lama dong……

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s